PERENCANAAN
PEMBELAJARAN MENDALAM
SEKOLAH : SMPN 8
Malang
NAMA GURU : Drs. Sumarno
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS / SEMESTER / FASE : IX / 1 / D
ALOKASI WAKTU : 2 X (3 x 45) menit
MATERI : Peristiwa Penting dalam sejarah Nasional
a.
Proklamasi kemerdekaan Indonesia,
b.
Peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
IDENTIFIKASI |
Peserta
Didik |
1. Aspek Pengetahuan Awal
2. Aspek Minat Belajar
3. Aspek Latar Belakang Sosial dan Budaya
4. Aspek Kebutuhan Belajar
5. Aspek Gaya Belajar dan Kecenderungan Belajar
6. Aspek Psikologis dan Emosional
|
||
Materi
Pelajaran |
1. Pengetahuan Faktual Pengetahuan faktual mencakup informasi dasar seperti
nama, tanggal, tempat, dan tokoh yang berperan penting dalam peristiwa
sejarah. Dalam konteks proklamasi kemerdekaan Indonesia, siswa diharapkan
mengetahui tanggal proklamasi (17 Agustus 1945), lokasi pembacaan proklamasi
(Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta), serta tokoh-tokoh utama seperti Ir.
Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan peran pendukung seperti Laksamana Maeda, Sutan
Sjahrir, dan golongan muda. Kaitannya dengan kehidupan sehari-hari adalah
menumbuhkan kesadaran nasionalisme siswa. Mereka dapat memahami pentingnya
memperingati hari kemerdekaan, menghargai jasa para pahlawan, dan mencintai
tanah air melalui kegiatan seperti upacara, lomba 17-an, atau karya tulis
tentang tokoh sejarah. 2. Pengetahuan Konseptual Pengetahuan konseptual meliputi pemahaman terhadap
konsep, definisi, dan keterkaitan antaride atau kategori. Dalam materi ini,
siswa memahami konsep proklamasi sebagai pernyataan resmi tentang kemerdekaan
suatu bangsa dari penjajahan. Siswa juga mempelajari konsep nasionalisme,
patriotisme, kedaulatan rakyat, serta dinamika perbedaan pandangan antara
golongan tua dan muda dalam menyikapi kemerdekaan. Kaitannya dengan kehidupan sehari-hari terlihat dari
sikap siswa dalam menghargai keberagaman pandangan, belajar bekerja sama
antar generasi, serta menumbuhkan rasa bangga terhadap identitas bangsa.
Konsep-konsep tersebut juga dapat dihubungkan dengan nilai Pancasila dan
kehidupan bernegara. 3. Pengetahuan Prosedural Pengetahuan prosedural mencakup cara atau
langkah-langkah dalam melakukan suatu proses atau analisis. Dalam materi ini,
siswa dilatih untuk menyusun kronologi peristiwa penting menjelang dan
sesudah proklamasi, seperti peristiwa Rengasdengklok, penyusunan naskah
proklamasi, pembacaan proklamasi, dan penyebaran berita kemerdekaan. Siswa juga diajarkan prosedur analisis sumber
sejarah, seperti menelaah isi dokumen proklamasi, memahami konteks rekaman
suara, serta membandingkan berbagai sumber sejarah. Ini melatih keterampilan
berpikir kritis, teliti, dan logis. Dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan ini membantu
siswa berpikir runtut, menyusun informasi secara sistematis, dan membentuk
dasar keterampilan literasi sejarah serta pengambilan keputusan berbasis
bukti. 4. Pengetahuan Metakognitif Pengetahuan metakognitif meliputi kesadaran siswa
terhadap cara mereka belajar, memahami kekuatan dan kelemahan mereka dalam
memahami materi, serta strategi yang tepat untuk memahami peristiwa sejarah
secara mendalam. Dalam materi ini, siswa diarahkan untuk
merefleksikan: bagaimana cara mereka memahami peristiwa proklamasi, apakah
mereka lebih mudah memahami melalui cerita tokoh, video dokumenter, atau
diskusi kelompok. Mereka juga diajak untuk menyadari pentingnya berpikir dari
berbagai sudut pandang (misalnya, sudut pandang golongan tua vs muda), serta
mengevaluasi dampak proklamasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia saat ini. Kaitannya dalam kehidupan sehari-hari adalah siswa
menjadi lebih sadar akan cara belajar yang paling efektif bagi dirinya
sendiri, lebih reflektif dalam memahami sejarah, dan lebih peka terhadap
makna kemerdekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. |
|||
Dimensi Profil Lulusan (DPL) |
Pilihlah
dimensi profil lulusan yang akan dicapai dalam pembelajaran |
|||
|
|
|||
DESAIN PEMBELAJARAN |
Capaian
Pembelajaran |
Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya
melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan
internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi
di era digital, serta potensi Indonesia menjadi
negara maju |
||
Lintas
Disiplin Ilmu |
1. Pengetahuan Faktual
(Lintas Disiplin: Bahasa Indonesia, Geografi, Seni Budaya) Siswa mempelajari fakta-fakta sejarah seperti
tanggal 17 Agustus 1945, tempat pembacaan proklamasi (Jakarta), dan
tokoh-tokoh utama seperti Soekarno dan Hatta. Lintas disiplin:
2. Pengetahuan Konseptual
(Lintas Disiplin: PPKn, Sosiologi, Ekonomi) Siswa memahami konsep kemerdekaan, kedaulatan,
nasionalisme, perbedaan pandangan antar generasi (golongan tua dan muda),
serta perjuangan kolektif. Lintas disiplin:
3. Pengetahuan Prosedural
(Lintas Disiplin: Bahasa Indonesia, Informatika, PPKn) Siswa mempelajari cara menyusun kronologi sejarah,
menganalisis sumber sejarah (primer dan sekunder), serta mendiskusikan makna
peristiwa sejarah. Lintas disiplin:
4. Pengetahuan Metakognitif
(Lintas Disiplin: Bimbingan Konseling, Pendidikan Agama, P5/Profil Pelajar
Pancasila) Siswa merefleksikan bagaimana mereka belajar
sejarah, cara terbaik memahami kronologi, dan menumbuhkan kesadaran nilai
dari sebuah peristiwa. Lintas disiplin:
|
|||
Tujuan
Pembelajaran |
1. Peserta
didik dapat menyebutkan minimal 3 tokoh penting yang berperan dalam peristiwa
proklamasi kemerdekaan Indonesia secara tepat. 2. Peserta
didik dapat menjelaskan secara runtut kronologi peristiwa menjelang dan
sesudah proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan benar. 3. Peserta
didik dapat menganalisis perbedaan pandangan antara golongan muda dan
golongan tua dalam proses menuju kemerdekaan Indonesia. 4. Peserta
didik dapat menyimpulkan makna proklamasi kemerdekaan bagi kehidupan
berbangsa dan bernegara saat ini secara logis dan relevan. 5. Peserta
didik dapat membuat laporan singkat berupa teks naratif atau infografis
tentang peristiwa sekitar proklamasi dengan menggunakan minimal dua sumber
informasi. |
|||
Topik
Pembelajaran |
"Memahami Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia dan Peristiwa-Peristiwa Sekitarnya sebagai Tonggak
Sejarah Bangsa" Topik ini dapat dijabarkan
dalam subtopik untuk memperjelas alur pembelajaran, seperti:
|
|||
Praktik
Pedagogis |
Model Pembelajaran: Project Based Learning
(PjBL) Strategi Pembelajaran: Collaborative Learning Metode Pembelajaran:
Alasan dan Kesesuaian
Prinsip Pembelajaran Mendalam:
|
|||
Kemitraan
Pembelajaran |
1. Kemitraan dengan Museum
atau Instansi Sejarah Lokal
2. Kemitraan dengan
Komunitas Sejarah dan Pemerhati Budaya
3. Kemitraan dengan Orang
Tua dan Warga Sekitar
4. Kemitraan dengan Guru
Mapel Lain (Kolaborasi Lintas Kurikulum)
5. Kemitraan dengan Media
Lokal atau Sekolah Lain
|
|||
Lingkungan
Pembelajaran |
Lingkungan Fisik:
Lingkungan Sosial:
|
|||
Pemanfaatan
Digital |
Lingkungan Digital:
|
|||
PENGALAMAN BELAJAR |
AWAL (tuliskan
prinsip pembelajaran yang digunakan, misal berkesadaran, bermakna, menggembirakan) |
|||
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembuka:
|
||||
INTI |
||||
Pada tahap
ini, siswa aktif terlibat dalam pengalaman belajar memahami, mengaplikasi,
dan merefleksi. Guru menerapkan prinsip pembelajaran berkesadaran, bermakna,
menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengalaman belajar tidak
harus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. |
||||
Memahami (Bermakna,
Berkesadaran) 40
menit |
||||
Tujuan: Agar
siswa memahami konteks, tokoh, dan peristiwa terkait Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia.
|
||||
Mengaplikasi
(Menggembirakan) 35 menit |
||||
Tujuan: Agar
siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari dalam konteks
kehidupan mereka dan mengembangkan kreativitas.
|
||||
Merefleksi (Berkesadaran)
|
||||
Tujuan: Agar
siswa dapat merefleksikan pembelajaran, memahami makna proklamasi, dan
menghubungkannya dengan kehidupan masa kini.
|
||||
PENUTUP (berkesadaran,
bermakna) 5
menit |
||||
1. Refleksi Materi (5 Menit)
2. Refleksi Akhir
Pembelajaran (5 Menit)
3. Motivasi (5 Menit)
4. Tugas Pertemuan
Berikutnya (5 Menit)
|
||||
ASESMEN PEMBELAJARAN |
Asesmen pada Awal Pembelajaran |
1. Jenis Asesmen Asesmen ini berupa Tes Awal (Pre-test) dan Kuesioner
Minat. Tes ini dapat dilakukan secara lisan atau tertulis dan akan
memberikan gambaran mengenai pemahaman siswa tentang materi sebelumnya serta
seberapa besar minat mereka terhadap topik yang akan dipelajari. 2. Bentuk Instrumen A. Tes Awal (Pre-test) Tes ini akan digunakan untuk mengevaluasi
pengetahuan awal siswa mengenai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan peristiwa
sekitar proklamasi. Bentuknya berupa soal pilihan ganda dan pertanyaan
singkat. Contoh Soal:
B. Kuesioner Minat Kuesioner ini untuk mengetahui minat siswa
terhadap topik pembelajaran dan kesiapan mereka untuk mempelajari
lebih lanjut. Contoh Pertanyaan Kuesioner:
3. Tujuan Asesmen
|
||
Asesmen pada Proses Pembelajaran |
1. Jenis Asesmen Asesmen proses ini berupa pertanyaan lisan
dan tugas kelompok yang dapat dilakukan selama pembelajaran
berlangsung. Ini akan membantu guru mengevaluasi pemahaman siswa secara
berkelanjutan dan memberikan umpan balik yang tepat. 2. Bentuk Instrumen A. Pertanyaan Lisan (Kuis
Kecil) Tujuan: Untuk
menilai pemahaman siswa secara langsung, memberikan kesempatan bagi siswa
untuk berpikir kritis, dan memberikan umpan balik cepat. Contoh Pertanyaan Lisan
(Bertanya Secara Acak atau Berdasarkan Kelompok):
B. Tugas Kelompok (Diskusi
atau Poster) Tujuan: Untuk
mendorong kerja sama dan kolaborasi antar siswa serta menguji kemampuan
mereka dalam menghubungkan pengetahuan dengan aplikasi praktis. Aktivitas Tugas Kelompok:
C. Kuis Tertulis (Refleksi
Pendek) Tujuan: Untuk
memberikan siswa kesempatan menuliskan kembali apa yang telah dipelajari dan
untuk mengetahui pemahaman mereka secara lebih mendalam. Contoh Soal Kuis Tertulis (5
menit):
3. Tujuan Asesmen Proses
4. Manfaat Asesmen Proses
|
|||
Asesmen pada Akhir Pembelajaran |
1. Jenis Asesmen Asesmen ini berupa tes tertulis
yang terdiri dari soal pilihan ganda, esai singkat, dan pertanyaan
terkait aplikasi kehidupan nyata. Tes ini akan mengukur pemahaman siswa
mengenai peristiwa sejarah, konsep-konsep penting terkait
dengan peristiwa tersebut, dan penerapan pemahaman sejarah dalam
konteks saat ini. 2. Bentuk Instrumen A. Pilihan Ganda (20 Menit) Tujuan: Untuk
menilai pemahaman siswa terhadap fakta-fakta dasar dan konsep utama terkait
peristiwa proklamasi kemerdekaan. Contoh Soal Pilihan Ganda:
B. Esai Singkat (20 Menit) Tujuan: Untuk
mengukur kemampuan siswa dalam mengorganisir informasi, menganalisis,
dan menyampaikan pendapat terkait materi yang dipelajari. Contoh Soal Esai Singkat:
C. Pertanyaan Aplikasi (15
Menit) Tujuan: Untuk
mengevaluasi kemampuan siswa dalam menghubungkan materi yang dipelajari
dengan konteks kehidupan nyata. Contoh Soal Aplikasi:
3. Tujuan Asesmen Sumatif
4. Manfaat Asesmen Sumatif
|
|||
Asesmen
dalam pembelajaran mendalam disesuaikan dengan assessment as learning,
assessment for learning, dan assessment of learning. Tentukan metode atau
cara yang digunakan secara komprehensif untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik. Contoh: Tes tertulis, Tes lisan, Penilaian Kinerja, Penilaian
Proyek, Penilaian Produk, Observasi, Portofolio, Peer Assessment, Self
Assessment, penilaian berbasis kelas, dan sebagainya. |
||||
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8
Malang
Sri
Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Malang, 14
April 2025 Guru Mata Pelajaran Drs
Sumarno. NIP. 1966308
200501 1 006 |
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas : IX
Topik : Peristiwa
Penting dalam Sejarah Nasional (Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Peristiwa
Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia)
Waktu : 60 Menit
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengerjakan LKPD ini, siswa diharapkan dapat:
- Menjelaskan
peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia dan peristiwa sekitar
proklamasi.
- Menganalisis
peran tokoh-tokoh penting dalam peristiwa tersebut.
- Menyadari
pentingnya nilai-nilai perjuangan dalam konteks kehidupan masa kini.
Instruksi Umum:
- Bacalah setiap
pertanyaan dengan seksama.
- Jawablah
setiap pertanyaan dengan jelas dan singkat.
- Kerjakan tugas
kelompok jika ada, dan presentasikan hasil kerja kelompok.
- Gunakan
pengetahuan yang kamu miliki untuk menjawab setiap pertanyaan.
- Jika terdapat
pertanyaan yang sulit, diskusikan dengan teman atau guru.
Bagian I: Pendahuluan
A. Pengantar Singkat
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh Soekarno pada 17 Agustus
1945 adalah peristiwa monumental dalam sejarah bangsa Indonesia. Namun,
peristiwa ini tidak berdiri sendiri. Ada banyak peristiwa penting yang terjadi
sebelum dan setelah proklamasi yang turut mempengaruhi jalannya sejarah Indonesia.
B. Pertanyaan Diskusi Pendahuluan (Individu)
- Apa yang kamu
ketahui tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
- Mengapa
proklamasi kemerdekaan Indonesia sangat penting bagi bangsa Indonesia?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Bagian II: Mengetahui Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
A. Menyusun Kronologi Proklamasi Kemerdekaan
Berdasarkan informasi yang kamu ketahui, susunlah kronologi peristiwa
proklamasi kemerdekaan Indonesia dari tanggal 14 Agustus 1945 hingga 17
Agustus 1945!
- Tanggal 14
Agustus 1945: ____________________________________________
- Tanggal 15
Agustus 1945: ____________________________________________
- Tanggal 16
Agustus 1945: ____________________________________________
- Tanggal 17
Agustus 1945: ____________________________________________
B. Tokoh-Tokoh Penting dalam Proklamasi
Lengkapilah tabel berikut dengan nama tokoh dan peran mereka dalam peristiwa
proklamasi kemerdekaan Indonesia:
Nama Tokoh |
Peran dalam Proklamasi Kemerdekaan |
Soekarno |
|
Moh. Hatta |
|
Ahmad Subarjo |
|
Soedirman |
Bagian III: Menghubungkan Sejarah dengan Kehidupan
Sekarang
A. Menyadari Nilai-Nilai Perjuangan
Berdasarkan pemahaman kamu tentang perjuangan para pahlawan kemerdekaan
Indonesia, jawablah pertanyaan berikut:
Bagaimana perjuangan para pahlawan dalam proklamasi
kemerdekaan Indonesia dapat menginspirasi kita dalam menghadapi tantangan masa
kini?
Jawaban: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
B. Refleksi Diri (Kelompok)
Dalam kelompokmu, diskusikan bagaimana kita sebagai generasi muda dapat menjaga
dan meneruskan semangat kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan hasil
diskusimu di bawah ini:
- Ide 1: …………………………………………………………………………………………..
- Ide 2: …………………………………………………………………………………………..
- Ide 3: …………………………………………………………………………………………..
Bagian IV: Tugas Kreatif
A. Pembuatan Poster (Kelompok)
Buatlah poster yang menggambarkan kronologi peristiwa proklamasi
kemerdekaan Indonesia. Gunakan gambar dan teks untuk memperjelas pesan yang
ingin disampaikan.
- Tema Poster: "Proklamasi Kemerdekaan Indonesia"
- Waktu
Pengerjaan: 20 Menit
Bagian V: Evaluasi (Refleksi Akhir)
A. Pertanyaan Refleksi Individu
- Apa yang
paling kamu pelajari hari ini tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan
Indonesia?
Jawaban: …………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
- Bagaimana kamu
akan mengaplikasikan nilai-nilai kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban: …………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………………….. - B. Kesimpulan
Tuliskan satu kalimat yang merangkum pembelajaran yang kamu peroleh dari materi tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia dan peristiwa sekitarnya.
Jawaban: …………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………..
Tugas Berikutnya:
Siapkan laporan tentang pengaruh proklamasi kemerdekaan terhadap pembangunan
Indonesia dan bagikan hasilnya di kelas pada pertemuan berikutnya.
Catatan untuk Guru:
- Pastikan siswa
aktif berdiskusi dan memberikan umpan balik selama kegiatan kelompok.
- Berikan
penghargaan kepada siswa yang menunjukkan kreativitas dalam tugas poster.
- Gunakan hasil
refleksi akhir untuk memahami bagaimana siswa menghubungkan materi dengan
kehidupan nyata mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar