PERENCANAAN
PEMBELAJARAN MENDALAM
SEKOLAH : SMPN 8
Malang
NAMA GURU : Drs. Sumarno
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS / SEMESTER / FASE : IXI / 1 / D
ALOKASI WAKTU : 3 x 45 menit
MATERI : Jenis-jenis bencana alam yang dipengaruhi oleh perubahan iklim (banjir, kekeringan, badai, tanah longsor) dan Dampak aktivitas manusia terhadap frekuensi dan intensitas bencana alam.
IDENTIFIKASI |
Peserta
Didik |
|
||
Materi
Pelajaran |
Kaitannya dengan kehidupan: Pengetahuan ini membantu
siswa memahami fenomena di sekitar mereka dan menumbuhkan tanggung jawab
terhadap lingkungan. |
|||
Dimensi
Profil Lulusan (DPL) |
Pilihlah
dimensi profil lulusan yang akan dicapai dalam pembelajaran |
|||
|
|
|||
DESAIN PEMBELAJARAN |
Capaian
Pembelajaran |
Peserta didik memahami dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi,
sosial, budaya masyarakat serta
merefleksikan
pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana
untuk menunjang sustainable development goals (SDGs)
dalam konteks lokal, regional,
dan global. |
||
Lintas
Disiplin Ilmu |
1.
Geografi: Jenis-jenis bencana alam (banjir, kekeringan, badai,
tanah longsor), persebarannya di wilayah Indonesia, dan dampaknya terhadap
kehidupan sosial ekonomi, 2. IPA : Penjelasan ilmiah
perubahan iklim: efek rumah kaca, pemanasan global, siklus air, dan atmosfer
bumi. 3. TIK : Penggunaan aplikasi
digital untuk membuat kampanye, pencarian data, dan presentasi 4. Matematika
: Interpretasi
data iklim dan bencana (grafik curah hujan, data suhu, diagram kejadian
bencana) 5. Seni budaya :Pembuatan poster,
infografik, atau video kampanye mitigasi bencana. |
|||
Tujuan
Pembelajaran |
|
|||
Topik
Pembelajaran |
Dampak Perubahan Iklim
terhadap Lingkungan dan Kehidupan
|
|||
Praktik
Pedagogis |
·
Model: Problem Based Learning
(PBL) ·
Strategi: Pembelajaran berbasis
proyek (project-based) ·
Metode: Diskusi kelompok, studi
kasus, presentasi interaktif o
Berkesadaran: Mengaitkan materi dengan
kondisi nyata di lingkungan siswa. o
Bermakna: Siswa memecahkan masalah
nyata (misalnya solusi banjir lokal). o
Menggembirakan: Melibatkan aktivitas
kreatif seperti membuat infografik atau vlog lingkungan. |
|||
Kemitraan
Pembelajaran |
Mitra: o
BPBD
(Badan Penanggulangan Bencana Daerah) o
Orang
tua dan warga sekolah |
|||
Lingkungan
Pembelajaran |
Lingkungan Belajar: o
Fisik: Kelas, laboratorium IPS,
lapangan sekolah. o
Virtual: Google Classroom, Canva,
YouTube. o
Budaya
belajar:
Kolaboratif, terbuka berdiskusi, dan responsif terhadap isu lingkungan
sekitar. |
|||
Pemanfaatan
Digital |
Platform
Daring Interaktif:
3.
Canva/PosterMyWall: Mendesain kampanye
mitigasi bencana dalam bentuk poster atau media digital |
|||
PENGALAMAN BELAJAR |
AWAL (tuliskan
prinsip pembelajaran yang digunakan, misal berkesadaran, bermakna,
menggembirakan) |
|||
|
||||
INTI |
||||
Pada tahap
ini, siswa aktif terlibat dalam pengalaman belajar memahami, mengaplikasi,
dan merefleksi. Guru menerapkan prinsip pembelajaran berkesadaran, bermakna,
menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengalaman belajar tidak
harus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. |
||||
Memahami (Bermakna,
Berkesadaran) 40
menit |
||||
Tujuan: Peserta
didik mampu mengenali jenis-jenis bencana alam dan memahami kaitannya dengan
perubahan iklim serta aktivitas manusia. Aktivitas:
|
||||
Mengaplikasi
(Menggembirakan) 35 menit |
||||
Tujuan: Peserta
didik dapat menerapkan pemahaman mereka dalam menyusun solusi kreatif dan
menyampaikan gagasan secara komunikatif. Aktivitas:
|
||||
Merefleksi (Berkesadaran)
20 menit |
||||
Tujuan: Peserta
didik mampu merefleksikan pemahaman dan pengalaman belajarnya untuk membangun
kesadaran dan sikap bertanggung jawab. Aktivitas:
|
||||
PENUTUP (berkesadaran,
bermakna) 5
menit |
||||
1.
Rangkuman Singkat (2
menit): ○
Guru
dan peserta didik bersama-sama menyimpulkan poin-poin penting tentang
perubahan iklim dan rencana aksi. ○
Guru
menekankan kembali pentingnya memahami tentang terjadinya perubahan iklim dan
peran aktif peserta didik dalam menanggulangi dan mengahadapi terjadinya
perubahan iklim ○
Prinsip: Bermakna (mengaitkan
pembelajaran dengan makna yang lebih luas).
○
Guru
meminta peserta didik mengungkapkan satu kata atau kalimat singkat tentang
perasaan atau pemahaman mereka. ○
Guru
memberikan apresiasi atas partisipasi aktif peserta didik. ○
Prinsip: Berkesadaran (mendorong
refleksi diri), Menggembirakan (menciptakan suasana positif).
○
Guru
memotivasi peserta didik untuk menerapkan rencana aksi mereka. ○
Guru
menyampaikan informasi tentang materi selanjutnya atau tugas yang perlu
disiapkan. ○
Guru
menutup pembelajaran dengan salam dan doa. ○
Prinsip: Bermakna (mengarahkan
pada penerapan nyata) |
||||
ASESMEN PEMBELAJARAN |
Asesmen pada Awal Pembelajaran |
Asesmen Awal Pembelajaran Materi: Jenis-jenis
bencana alam yang dipengaruhi oleh perubahan iklim (banjir, kekeringan,
badai, tanah longsor) dan Dampak aktivitas manusia terhadap frekuensi dan
intensitas bencana alam. Kelas: IX SMPN 8 Malang Jenis Soal: Pilihan Ganda dan
Esai Jumlah Soal: 5 Soal Terlampir |
||
Asesmen awal |
Asesmen Awal
○
Apa
saja contoh bencana alam yang kamu ketahui? ○
Apakah
kamu tahu perbedaan antara banjir dan kekeringan? ○
Setuju/Tidak:
Badai hanya terjadi di daerah pantai. ○
Pernahkah
daerah tempat tinggalmu mengalami bencana alam? ○
Menurutmu,
apa yang menyebabkan banjir sering terjadi sekarang? |
|||
Asesmen proses Pembelajaran |
|
|||
Asesmen akhir pembelajaran |
|
|||
Asesmen
dalam pembelajaran mendalam disesuaikan dengan assessment as learning,
assessment for learning, dan assessment of learning. Tentukan metode atau
cara yang digunakan secara komprehensif untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik. Contoh: Tes tertulis, Tes lisan, Penilaian Kinerja, Penilaian
Proyek, Penilaian Produk, Observasi, Portofolio, Peer Assessment, Self
Assessment, penilaian berbasis kelas, dan sebagainya. |
||||
LAMPIRAN 1
Asesmen Awal Pembelajaran
Materi: Jenis-jenis bencana
alam yang dipengaruhi oleh perubahan iklim (banjir, kekeringan, badai, tanah
longsor) dan Dampak aktivitas manusia terhadap frekuensi dan intensitas bencana
alam.
Kelas: IX
SMPN 8 Malang
Jenis Soal: Pilihan Ganda dan Esai
Jumlah Soal: 5
1. Asesmen Formatif (Dalam Proses Pembelajaran)
Tujuan:
Mengetahui pemahaman dan keterlibatan peserta didik
selama proses pembelajaran berlangsung, serta memberikan umpan balik yang
membangun.
Jenis dan Bentuk Instrumen:
- Jenis: Non-tes
- Bentuk: Observasi dan penilaian kinerja
Instrumen:
Indikator yang Dinilai |
Teknik |
Alat/instrumen |
Keaktifan siswa dalam diskusi |
Observasi |
Lembar observasi guru |
Keterlibatan dalam kerja kelompok |
Observasi |
Lembar penilaian kolaborasi kelompok |
Kemampuan menjelaskan hasil analisis |
Presentasi |
Rubrik presentasi |
Kreativitas dalam membuat kampanye |
Unjuk kerja |
Penilaian produk kampanye kelompok |
Rubrik Observasi Diskusi Sederhana:
Aspek |
Belum Terlihat |
Mulai Terlibat |
Aktif |
Sangat Aktif |
Bertanya dan menjawab |
☐ |
☐ |
☐ |
☐ |
Memberi ide pada kelompok |
☐ |
☐ |
☐ |
☐ |
Mendengarkan dengan baik |
☐ |
☐ |
☐ |
☐ |
2. Asesmen Sumatif (Akhir Pembelajaran)
Tujuan:
Mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran secara
menyeluruh setelah kegiatan belajar berlangsung.
Jenis dan Bentuk Instrumen:
- Jenis: Tes dan non-tes
- Bentuk: Tes uraian pendek & penilaian kinerja
(produk kampanye)
Soal Uraian
(Tes Tertulis):
- Jelaskan dua
jenis bencana alam yang dipengaruhi oleh perubahan iklim serta contohnya
di Indonesia!
- Bagaimana
aktivitas manusia dapat memperburuk dampak bencana alam?
- Sebutkan dua
cara mitigasi yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana akibat
perubahan iklim!
- Apa dampak
sosial dan ekonomi dari bencana alam bagi masyarakat sekitar?
- Menurutmu, apa
langkah kecil yang bisa kamu lakukan sebagai pelajar untuk menjaga
lingkungan dari perubahan iklim?
Rubrik Penilaian Diskusi/Presentasi Produk Kampanye:
Indikator |
Baru Memulai (1) |
Berkembang (2) |
Cakap (3) |
Mahir (4) |
Keaktifan bertanya |
Belum bertanya |
Bertanya 1x |
Bertanya aktif |
Bertanya & menanggapi |
Kerja sama tim |
Pasif |
Mulai bekerja sama |
Aktif membantu |
Sangat kolaboratif |
Kreativitas konten |
Ide biasa |
Sedikit unik |
Menarik dan relevan |
Sangat kreatif dan inspiratif |
Kemampuan komunikasi |
Kurang jelas |
Cukup jelas |
Jelas dan runtut |
Sangat meyakinkan dan ekspresif |
Jenis Asesmen:
Asesmen Sumatif Otentik (berbasis kinerja/proyek)
→ Diberikan di akhir pembelajaran berupa presentasi hasil proyek
(kampanye, poster digital, video edukatif, dll.)
Rubrik Penilaian Sumatif (Skala 1–4)
Aspek yang Dinilai |
Baru Memulai (1) |
Berkembang (2) |
Cakap (3) |
Mahir (4) |
1. Keaktifan Bertanya |
Jarang atau tidak pernah bertanya |
Bertanya jika diminta atau diarahkan |
Bertanya secara spontan tentang hal yang relevan |
Aktif bertanya dengan pertanyaan mendalam dan kritis |
2. Kerja Sama |
Kurang berkontribusi dalam kelompok |
Bekerja sama tetapi masih perlu bimbingan |
Aktif bekerja sama dan berkontribusi dalam kelompok |
Menjadi penggerak kerja tim, menghargai dan
mendukung semua anggota |
3. Kreativitas |
Hasil karya sederhana dan belum menggambarkan
pemahaman materi |
Hasil karya cukup menarik, namun masih umum atau
meniru |
Hasil karya orisinal, menarik, dan relevan dengan
tema perubahan iklim |
Hasil karya sangat kreatif, inovatif, dan
menyampaikan pesan dengan kuat |
4. Komunikasi |
Kurang percaya diri atau sulit menjelaskan idenya |
Dapat menjelaskan, tapi masih terbata-bata |
Menyampaikan ide dengan jelas dan runtut |
Komunikatif, percaya diri, dan mampu memengaruhi
audiens dengan baik |
Cara
Menggunakan:
- Digunakan saat
presentasi proyek kelompok/individu
- Dapat diisi
oleh guru dan/atau sebagai penilaian teman sejawat (peer
assessment)
- Skor maksimal
per aspek: 4, total skor maksimal: 16
- Dapat
ditambahkan kolom catatan atau saran perbaikan
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8
Malang
Sri
Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Malang, 14
April 2025 Guru Mata Pelajaran Drs
Sumarno. NIP. 1966308
200501 1 006 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar