Modul belajar
Tahun Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan
Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/IX/D |
Tema |
Peran Masyarakat dan
Negara dalam Mendorong
Pertumbuhan Ekonomi di
Era
Digital |
Submateri |
Mempelajari
strategi untuk mendorong
pertumbuhan ekonomi di
era
digital |
Tahun Ajar |
2024/2025 |
Alokasi Waktu |
3 x 40
menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32
orang |
Kompetensi Awal Peserta didik
mampu menganalisis peluang
dan tantangan ekonomi
di
era digital. |
Profil
Pelajar Pancasila Dimensi : Mandiri Elemen : 1) Pemahaman
diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir
fase 1) Peserta
didik memiliki rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya
dan hasil
belajarnya Dimensi :
Berkebhinekaan global Elemen : 1) Mengenal dan menghargai budaya 2) Komunikasi dan interaksi antar
budaya 3) Refleksi dan tanggung jawab
terhadap
pengalaman kebhinekaan 4) Berkeadilan sosial Indikator di akhir
fase 1) Peserta
didik mampu
menghargai
adanya
perbedaan kebudayaan
di loingkungan mereka 2) Peserta didik
mampu
berlaku
adil kepada seluruh
teman tanpa memandang
latar belakang budaya |
Pemahaman
Kontekstual 1. Definisi dan Latar Belakang:
2. Peran Masyarakat dalam
Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital:
Keterampilan 1. Keterampilan Digital:
|
Sarana dan Prasarana Media:
PPT, Video, internet • Alat
dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD • Lingkungan Belajar: Ruangan
Kelas • Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud
dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran
: cooperatif
learning Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta
didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar,
lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam
mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital,
serta potensi Indonesia
menjadi negara maju. |
Tujuan Kognitif:
Tujuan Afektif:
Tujuan Psikomotor:
|
Pertanyaan Pemantik
Tujuan
Pembelajaran
Pertanyaan
Pemantik
|
LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN |
Pendahuluan Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru menanyakan
kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek kebersihan kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah. Apersepsi
Motivasi
|
KEGIATAN
INTI |
Langkah langkah
pembelajaran
1. Pembentukan Kelompok
Deskripsi:
2. Penugasan Topik
Deskripsi:
3. Penelitian Kelompok
Deskripsi:
4. Diskusi Kelompok
Deskripsi:
Aktivitas:
5. Presentasi Kelompok
Deskripsi:
6. Refleksi dan Penutup
Deskripsi:
|
Penutup
1. Refleksi:
2. Tugas
Rumah:
|
Asesmen Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya: A.
Pengetahuan
: Rubrik dan lembar Penialaian Soal B.
Sikap
: Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap C.
Ketrampilan
: Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi |
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru
Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd.
NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
Lembar kerja siswa
Judul: Lembar Kerja Siswa - Strategi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di
Era Digital
Instruksi:
- Pembagian
Kelompok:
Kelompokkan siswa dalam kelompok kecil (4-5 siswa per kelompok).
- Penelitian: Teliti strategi yang
diberikan kepada kelompok kalian. Gunakan sumber daya yang ada (buku,
artikel, video).
Bagian 1: Penelitian Kelompok
Topik |
Deskripsi |
Contoh
Strategi |
Inovasi Teknologi dan Kewirausahaan |
|
|
Digitalisasi Layanan Publik |
|
|
Pendidikan dan Pelatihan Digital |
|
|
Infrastruktur Digital |
|
|
Regulasi dan Kebijakan Pemerintah |
|
|
Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama
penelitian.
Bagian 2: Diskusi Kelompok
1. Deskripsi
Strategi:
- Jelaskan komponen kunci
dari strategi yang kalian pelajari.
- Bagaimana strategi ini
dapat mendorong pertumbuhan ekonomi?
2. Tantangan
yang Dihadapi:
- Apa saja tantangan yang
mungkin dihadapi dalam implementasi strategi ini?
- Bagaimana cara mengatasi
tantangan tersebut?
3. Dampak
Strategi:
- Bagaimana dampak dari
strategi ini terhadap pertumbuhan ekonomi di era digital?
Contoh Format Lembar Kerja Siswa:
Nama
Anggota Kelompok |
Tugas |
|
Peneliti
Strategi |
|
Peneliti
Tantangan |
|
Pembuat
Tabel dan Rangkuman |
|
Penyusun
Rekomendasi Solusi |
Bagian 1: Penelitian Kelompok
Topik |
Deskripsi |
Contoh
Strategi |
Inovasi Teknologi dan Kewirausahaan |
||
Digitalisasi Layanan Publik |
||
Pendidikan dan Pelatihan Digital |
||
Infrastruktur Digital |
||
Regulasi dan Kebijakan Pemerintah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar