Senin, 15 Juli 2024

Modul belajar kelas 9 IPS, 2024-2025. Strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital

 

Modul belajar

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/IX/D

Tema

Peran Masyarakat dan Negara dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital

Submateri

Mempelajari strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital

Tahun Ajar

2024/2025

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu menganalisis peluang dan tantangan ekonomi di era digital.

Profil Pelajar Pancasila

 

Dimensi         : Mandiri

Elemen          :

1)      Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik  memiliki  rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya dan hasil belajarnya

Dimensi         : Berkebhinekaan global

Elemen          :

1)      Mengenal dan menghargai budaya

2)      Komunikasi dan interaksi antar budaya

3)      Refleksi    dan    tanggung    jawab    terhadap pengalaman kebhinekaan

4)      Berkeadilan sosial

Indikator di akhir fase

1)      Peserta   didik   mampu   menghargai   adanya perbedaan kebudayaan di loingkungan mereka

2)      Peserta  didik  mampu  berlaku  adil  kepada seluruh  teman  tanpa  memandang  latar belakang budaya

 

Pemahaman Kontekstual

1. Definisi dan Latar Belakang:

  • Pertumbuhan Ekonomi: Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan kapasitas suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa dalam kurun waktu tertentu. Ini mencakup peningkatan pendapatan nasional dan peningkatan standar hidup masyarakat.
  • Era Digital: Era digital merujuk pada periode di mana teknologi digital dan internet memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk ekonomi, pendidikan, komunikasi, dan hiburan.

2. Peran Masyarakat dalam Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital:

  • Kewirausahaan Digital: Masyarakat dapat mendirikan usaha berbasis teknologi seperti toko online, aplikasi mobile, dan platform digital lainnya.
  • Inovasi dan Kreativitas: Pemanfaatan teknologi digital untuk menciptakan produk dan layanan baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.
  • Partisipasi dalam Ekonomi Digital: Masyarakat sebagai pengguna dan konsumen layanan digital dapat mendorong pertumbuhan pasar digital melalui e-commerce, fintech, dan platform digital lainnya.

Keterampilan

1. Keterampilan Digital:

  • Kemampuan Teknologi Informasi (IT): Menguasai penggunaan perangkat lunak, aplikasi, dan perangkat keras yang relevan dengan ekonomi digital.
  • Analisis Data: Kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk pengambilan keputusan bisnis.
  • Pemrograman dan Coding: Dasar-dasar pemrograman untuk mengembangkan aplikasi dan solusi digital.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : cooperatif learning

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju.

  Tujuan Kognitif:

  • Siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital.
  • Siswa dapat menganalisis keefektifan berbagai strategi dalam konteks yang berbeda.

  Tujuan Afektif:

  • Siswa menunjukkan sikap kolaboratif dan menghargai kontribusi setiap anggota dalam kelompok.
  • Siswa menunjukkan ketertarikan dan keterlibatan aktif dalam diskusi tentang strategi ekonomi digital.

  Tujuan Psikomotor:

  • Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk merumuskan strategi mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital.
  • Siswa dapat membuat dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka.

Pertanyaan Pemantik

Tujuan Pembelajaran

  1. Tujuan Kognitif:
    • Siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital.
    • Siswa dapat menganalisis keefektifan berbagai strategi dalam konteks yang berbeda.
  2. Tujuan Afektif:
    • Siswa menunjukkan sikap kolaboratif dan menghargai kontribusi setiap anggota dalam kelompok.
    • Siswa menunjukkan ketertarikan dan keterlibatan aktif dalam diskusi tentang strategi ekonomi digital.
  3. Tujuan Psikomotor:
    • Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk merumuskan strategi mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital.
    • Siswa dapat membuat dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka.

Pertanyaan Pemantik

  1. Bagaimana teknologi digital dapat digunakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi?
  2. Apa saja strategi yang dapat diterapkan oleh pemerintah dan bisnis untuk memanfaatkan teknologi digital?
  3. Bagaimana kita dapat mengatasi tantangan yang muncul dalam implementasi strategi ekonomi digital?
  4. Apa saja contoh sukses dari penerapan strategi ekonomi digital di berbagai negara?
  5. Bagaimana peran masyarakat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di era digital?

 

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi

  1. Mengaitkan dengan Pengalaman Siswa:
    • Tanyakan kepada siswa tentang pengalaman mereka menggunakan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, seperti belanja online, belajar daring, atau menggunakan aplikasi pembayaran digital.
    • Minta siswa berbagi cerita tentang bagaimana teknologi digital telah mengubah cara mereka melakukan sesuatu atau memberikan manfaat dalam kehidupan mereka.
  2. Mengaitkan dengan Fenomena Terkini:
    • Diskusikan perkembangan terkini dalam teknologi digital yang mereka kenal, seperti e-commerce, fintech, dan startup teknologi.
    • Gunakan contoh nyata dari perusahaan teknologi besar (misalnya, Gojek, Tokopedia, Amazon) dan bagaimana mereka menggunakan teknologi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Motivasi

  1. Menekankan Pentingnya Materi:
    • Jelaskan kepada siswa bahwa memahami strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital sangat penting untuk masa depan mereka, terutama dalam dunia kerja yang semakin terhubung dengan teknologi.
    • Tekankan bahwa kemampuan untuk beradaptasi dan memanfaatkan teknologi digital adalah keterampilan yang sangat dihargai di pasar kerja saat ini.
  2. Menggunakan Tokoh Inspiratif:
    • Ceritakan kisah sukses tokoh-tokoh inspiratif dalam ekonomi digital, seperti para pendiri startup teknologi yang berhasil mengembangkan bisnis mereka dari nol hingga menjadi perusahaan besar.
    • Diskusikan bagaimana tokoh-tokoh ini mengimplementasikan strategi yang efektif untuk memanfaatkan teknologi digital dan mendorong pertumbuhan ekonomi.
  3. Menghubungkan dengan Cita-Cita Siswa:
    • Ajak siswa untuk membayangkan bagaimana mereka bisa menjadi bagian dari ekonomi digital, baik sebagai pengusaha, inovator, atau profesional di bidang teknologi.
    • Diskusikan bagaimana pemahaman dan keterampilan yang mereka pelajari dalam topik ini dapat membantu mereka mencapai cita-cita tersebut.

 

KEGIATAN INTI

Langkah langkah pembelajaran

1. Pembentukan Kelompok

Deskripsi:

  • Siswa dibagi menjadi kelompok kecil (4-5 siswa per kelompok) secara acak atau berdasarkan minat.

2. Penugasan Topik

Deskripsi:

  • Setiap kelompok diberikan topik yang berbeda terkait strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital. Contoh topik meliputi:
    • Inovasi Teknologi dan Kewirausahaan
    • Digitalisasi Layanan Publik
    • Pendidikan dan Pelatihan Digital
    • Infrastruktur Digital
    • Regulasi dan Kebijakan Pemerintah

3. Penelitian Kelompok

Deskripsi:

  • Setiap kelompok melakukan penelitian tentang topik mereka menggunakan berbagai sumber (buku, artikel, internet).
  • Siswa mencatat poin-poin penting tentang strategi yang mereka pelajari.

4. Diskusi Kelompok

Deskripsi:

  • Kelompok-kelompok mendiskusikan hasil penelitian mereka dan merumuskan strategi yang efektif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital.
  • Siswa juga diminta untuk mengidentifikasi tantangan yang mungkin dihadapi dalam implementasi strategi tersebut.

Aktivitas:

  • Pertanyaan Diskusi:
    • “Apa saja komponen kunci dari strategi ini?”
    • “Bagaimana strategi ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi?”
    • “Apa saja tantangan yang mungkin dihadapi?”
    • “Bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut?”

5. Presentasi Kelompok

Deskripsi:

  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
  • Kelompok lain memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan.

6. Refleksi dan Penutup

Deskripsi:

  • Siswa merefleksikan apa yang telah mereka pelajari tentang strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital.
  • Guru menyimpulkan hasil diskusi dan memberikan penekanan pada poin-poin penting.

 

Penutup

1.      Refleksi:

    • Diskusikan dengan siswa apa yang telah mereka pelajari tentang strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital.
    • Pertanyaan Refleksi:
      • “Apa yang kalian pelajari tentang cara strategi ekonomi digital diterapkan?”
      • “Bagaimana kegiatan ini membantu kalian memahami tantangan dan peluang dalam ekonomi digital?”

2.      Tugas Rumah:

    • Siswa diminta untuk menulis esai pendek tentang bagaimana mereka melihat peran strategi digital dalam pertumbuhan ekonomi di masa depan.

Asesmen

Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya:

A.     Pengetahuan : Rubrik dan lembar Penialaian Soal

B.     Sikap : Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap

C.     Ketrampilan : Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar kerja siswa

Judul: Lembar Kerja Siswa - Strategi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital

Instruksi:

  1. Pembagian Kelompok: Kelompokkan siswa dalam kelompok kecil (4-5 siswa per kelompok).
  2. Penelitian: Teliti strategi yang diberikan kepada kelompok kalian. Gunakan sumber daya yang ada (buku, artikel, video).

Bagian 1: Penelitian Kelompok

Topik

Deskripsi

Contoh Strategi

Inovasi Teknologi dan Kewirausahaan

 

 

Digitalisasi Layanan Publik

 

 

Pendidikan dan Pelatihan Digital

 

 

Infrastruktur Digital

 

 

Regulasi dan Kebijakan Pemerintah

 

 

Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama penelitian.

Bagian 2: Diskusi Kelompok

1.      Deskripsi Strategi:

    • Jelaskan komponen kunci dari strategi yang kalian pelajari.
    • Bagaimana strategi ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi?

2.      Tantangan yang Dihadapi:

    • Apa saja tantangan yang mungkin dihadapi dalam implementasi strategi ini?
    • Bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut?

3.      Dampak Strategi:

    • Bagaimana dampak dari strategi ini terhadap pertumbuhan ekonomi di era digital?

Contoh Format Lembar Kerja Siswa:

Nama Anggota Kelompok

Tugas

 

Peneliti Strategi

 

Peneliti Tantangan

 

Pembuat Tabel dan Rangkuman

 

Penyusun Rekomendasi Solusi


Bagian 1: Penelitian Kelompok

Topik

Deskripsi

Contoh Strategi

Inovasi Teknologi dan Kewirausahaan

Digitalisasi Layanan Publik

Pendidikan dan Pelatihan Digital

Infrastruktur Digital

Regulasi dan Kebijakan Pemerintah



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar