Senin, 15 Juli 2024

MOdul Belajar kelas 9 2024-2025. Memahami peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital

 

Modul belajar

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/IX/D

Tema

Peran Masyarakat dan Negara dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital

Submateri

Memahami peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital

 

Tahun Ajar

2024/2025

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu menjelaskan peran masyarakat dan negara dalam mendorong

pertumbuhan ekonomi di era digital.

Profil Pelajar Pancasila

 

Dimensi         : Bernalar ritis

Elemen          :

1)      Memperoleh  dan  memproses  informasi  dan gagasan

2)      Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

3)      Mengevaluasi pemikiran sendiri

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

2)      Peserta  didik  mampu  mengambil  keputusan dan kesimpulan terhadap suatu masalah secara kritis

Dimensi         : Berkebhinekaan global

Elemen          :

1)      Mengenal dan menghargai budaya

2)      Komunikasi dan interaksi antar budaya

3)      Refleksi    dan    tanggung    jawab    terhadap pengalaman kebhinekaan

4)      Berkeadilan sosial

Indikator di akhir fase

1)      Peserta   didik   mampu   menghargai   adanya perbedaan kebudayaan di loingkungan mereka

2)      Peserta  didik  mampu  berlaku  adil  kepada seluruh  teman  tanpa  memandang  latar belakang budaya

 

Pemahaman Kontekstual

1. Definisi dan Latar Belakang:

  • Pertumbuhan Ekonomi: Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan kapasitas suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa dalam kurun waktu tertentu. Ini mencakup peningkatan pendapatan nasional dan peningkatan standar hidup masyarakat.
  • Era Digital: Era digital merujuk pada periode di mana teknologi digital dan internet memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk ekonomi, pendidikan, komunikasi, dan hiburan.

2. Peran Masyarakat dalam Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital:

  • Kewirausahaan Digital: Masyarakat dapat mendirikan usaha berbasis teknologi seperti toko online, aplikasi mobile, dan platform digital lainnya.
  • Inovasi dan Kreativitas: Pemanfaatan teknologi digital untuk menciptakan produk dan layanan baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.
  • Partisipasi dalam Ekonomi Digital: Masyarakat sebagai pengguna dan konsumen layanan digital dapat mendorong pertumbuhan pasar digital melalui e-commerce, fintech, dan platform digital lainnya.

Keterampilan

1. Keterampilan Digital:

  • Kemampuan Teknologi Informasi (IT): Menguasai penggunaan perangkat lunak, aplikasi, dan perangkat keras yang relevan dengan ekonomi digital.
  • Analisis Data: Kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk pengambilan keputusan bisnis.
  • Pemrograman dan Coding: Dasar-dasar pemrograman untuk mengembangkan aplikasi dan solusi digital.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : Discovery Learning

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju.

Tujuan Pembelajaran

  Tujuan Kognitif:

  • Siswa dapat menjelaskan peran masyarakat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital.
  • Siswa dapat menjelaskan peran negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital.
  • Siswa dapat menganalisis tantangan dan peluang yang dihadapi dalam pertumbuhan ekonomi digital.

  Tujuan Afektif:

  • Siswa menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan teknologi digital dalam kegiatan ekonomi.
  • Siswa menghargai peran masyarakat dan negara dalam mendukung ekonomi digital.

  Tujuan Psikomotor:

  • Siswa dapat menggunakan perangkat digital untuk mencari informasi tentang ekonomi digital.
  • Siswa dapat menyusun presentasi tentang peran masyarakat dan negara dalam ekonomi digital.

Pertanyaan Pemantik

1.      Bagaimana teknologi digital mengubah cara kita melakukan bisnis dan berinteraksi di pasar global?

2.      Apa peran masyarakat dalam mendukung perkembangan ekonomi digital?

3.      Bagaimana negara dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital?

4.      Apa saja tantangan yang dihadapi dalam memajukan ekonomi digital?

5.      Bagaimana kita dapat memanfaatkan peluang yang ada dalam ekonomi digital untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat?

 

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

  1. Mengaitkan dengan Pengalaman Siswa:
    1. Tanyakan kepada siswa bagaimana mereka menggunakan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, seperti berbelanja online, menggunakan media sosial, atau belajar secara daring.
    2. Minta siswa berbagi pengalaman mereka tentang bagaimana teknologi digital telah memudahkan atau mengubah cara mereka melakukan sesuatu.
  1. Mengaitkan dengan Fenomena Terkini:
    1. Diskusikan perkembangan terkini dalam teknologi digital, seperti e-commerce, fintech, dan startup digital.
    2. Gunakan contoh nyata seperti perusahaan teknologi besar (Google, Amazon, Tokopedia, Gojek) dan bagaimana mereka berkontribusi terhadap ekonomi digital.

Motivasi

  1. Menekankan Pentingnya Materi:
    1. Jelaskan kepada siswa bahwa memahami peran masyarakat dan negara dalam ekonomi digital adalah penting untuk masa depan mereka, terutama dalam dunia kerja yang semakin digital.
    2. Tekankan bahwa kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi adalah keterampilan yang sangat dihargai di pasar kerja saat ini.
  1. Menggunakan Tokoh Inspiratif:
    1. Ceritakan kisah sukses tokoh-tokoh inspiratif dalam ekonomi digital, seperti para pendiri startup teknologi yang berhasil mengembangkan bisnis mereka dari nol hingga menjadi perusahaan besar.
    2. Diskusikan bagaimana tokoh-tokoh ini mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam ekonomi digital.

 

KEGIATAN INTI

Langkah langkah pembelajaran

. Pengenalan Masalah

Deskripsi: Perkenalan dengan masalah nyata atau studi kasus terkait peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital.

Masalah: “Negara X sedang berusaha mendorong pertumbuhan ekonominya dengan memanfaatkan teknologi digital. Namun, negara tersebut menghadapi beberapa tantangan seperti kesenjangan digital, kurangnya keterampilan digital di masyarakat, dan infrastruktur digital yang terbatas. Bagaimana negara X dapat mengatasi tantangan ini dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital?”

Tanya Jawab Awal:

  • “Apa yang kalian ketahui tentang pertumbuhan ekonomi digital?”
  • “Bagaimana teknologi digital dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi?”
  • “Apa saja peran masyarakat dan negara dalam mendukung ekonomi digital?”

2. Penelitian Masalah

Deskripsi: Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk melakukan penelitian tentang peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital serta tantangan yang dihadapi.

Aktivitas:

  • Tugas: Setiap kelompok diminta untuk melakukan penelitian tentang peran masyarakat (kewirausahaan digital, partisipasi dalam ekonomi digital) dan peran negara (kebijakan, infrastruktur digital, pendidikan dan pelatihan) dalam mendorong ekonomi digital.
  • Sumber Informasi: Buku teks, artikel online, video edukasi, dan sumber daya internet.

3. Diskusi dan Analisis

Deskripsi: Kelompok-kelompok membahas temuan mereka dan menganalisis solusi untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh Negara X.

Aktivitas:

  • Tugas: Setiap kelompok mendiskusikan peran masyarakat dan negara yang relevan serta solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi tantangan ekonomi digital di Negara X.
  • Pertanyaan Diskusi:
    1. “Bagaimana masyarakat dapat berkontribusi dalam mendorong ekonomi digital?”
    2. “Apa kebijakan dan infrastruktur yang perlu disediakan oleh negara untuk mendukung ekonomi digital?”
    3. “Bagaimana solusi tersebut dapat mengatasi tantangan yang dihadapi oleh Negara X?”

4. Presentasi dan Feedback

Deskripsi: Kelompok mempresentasikan hasil analisis mereka di depan kelas, dan memberikan umpan balik kepada kelompok lain.

Aktivitas:

  • Tugas: Setiap kelompok mempresentasikan peran masyarakat dan negara yang mereka pilih untuk mengatasi tantangan ekonomi digital serta dampaknya.
  • Feedback: Siswa dan guru memberikan umpan balik mengenai solusi yang diusulkan oleh kelompok lain.

 

: Refleksi

1.      Refleksi:

    • Diskusikan dengan siswa apa yang telah mereka pelajari tentang peran masyarakat dan negara dalam ekonomi digital.
    • Pertanyaan Refleksi:
      1. “Apa yang kalian pelajari tentang cara masyarakat dan negara mendukung ekonomi digital?”
      2. “Bagaimana kegiatan ini membantu kalian memahami tantangan dan peluang dalam ekonomi digital?”

2.      Tugas Rumah:

    • Siswa diminta untuk menulis esai pendek tentang bagaimana mereka melihat peran teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan ekonomi mereka.

 

Asesmen

Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya:

A.     Pengetahuan : Rubrik dan lembar Penialaian Soal

B.     Sikap : Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap

C.     Ketrampilan : Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar kerja siswa

Judul:  Peran Masyarakat dan Negara dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital

 

Instruksi:

1.      Pembagian Kelompok:

    • Kelompokkan siswa dalam kelompok kecil (4-5 siswa per kelompok).

2.      Penelitian:

    • Teliti peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Gunakan sumber daya yang ada (buku teks, artikel, video).

Bagian 1: Peran Masyarakat dalam Ekonomi Digital

Aspek

Deskripsi

Contoh

Kewirausahaan Digital

 

 

Inovasi dan Kreativitas

 

 

Partisipasi Ekonomi Digital

 

 

Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama penelitian.

Bagian 2: Peran Negara dalam Ekonomi Digital

Aspek

Deskripsi

Contoh

Kebijakan dan Regulasi

 

 

Infrastruktur Digital

 

 

Pendidikan dan Pelatihan

 

 

Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama penelitian.

Bagian 3: Analisis Masalah dan Rekomendasi Solusi

1.      Deskripsi Masalah:

    • Jelaskan masalah kesenjangan digital, kurangnya keterampilan digital, dan infrastruktur terbatas di Negara X.
    • Bagaimana masalah ini mempengaruhi pertumbuhan ekonomi digital?

2.      Peran Masyarakat yang Relevan:

    • Bagaimana masyarakat dapat berkontribusi dalam mengatasi masalah tersebut?

3.      Peran Negara yang Relevan:

    • Kebijakan dan infrastruktur apa yang perlu disediakan oleh negara untuk mengatasi masalah tersebut?

4.      Dampak Solusi:

    • Bagaimana solusi yang kalian usulkan dapat mengatasi tantangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Negara X?

Format Lembar Kerja Siswa:


Nama Anggota Kelompok

Tugas

 

Peneliti Peran Masyarakat

 

Peneliti Peran Negara

 

Pembuat Tabel dan Rangkuman

 

Penyusun Rekomendasi Solusi


Bagian 1: Peran Masyarakat dalam Ekonomi Digital

Aspek

Deskripsi

Contoh

Kewirausahaan Digital

Inovasi dan Kreativitas

Partisipasi Ekonomi Digital


Bagian 2: Peran Negara dalam Ekonomi Digital

Aspek

Deskripsi

Contoh

Kebijakan dan Regulasi

Infrastruktur Digital

Pendidikan dan Pelatihan


Bagian 3: Analisis Masalah dan Rekomendasi Solusi

1.      Deskripsi Masalah:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2.      Peran Masyarakat yang Relevan:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.      Peran Negara yang Relevan:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4.      Dampak Solusi:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar