Modul belajar
Tahun Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan
Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/IX/D |
Tema |
Peran Masyarakat dan
Negara dalam Mendorong
Pertumbuhan Ekonomi di
Era
Digital |
Submateri |
Memahami peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital |
Tahun Ajar |
2024/2025 |
Alokasi Waktu |
3 x 40
menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32
orang |
Kompetensi Awal Peserta
didik mampu menjelaskan peran
masyarakat dan negara
dalam
mendorong pertumbuhan ekonomi di
era
digital. |
Profil
Pelajar Pancasila Dimensi : Bernalar
ritis Elemen : 1) Memperoleh dan
memproses
informasi dan
gagasan 2) Menganalisis dan
mengevaluasi
penalaran 3) Mengevaluasi pemikiran sendiri Indikator di akhir fase 1) Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang
tinggi 2) Peserta
didik mampu mengambil
keputusan
dan kesimpulan
terhadap suatu
masalah secara
kritis Dimensi : Berkebhinekaan global Elemen : 1) Mengenal dan menghargai budaya 2) Komunikasi dan interaksi antar
budaya 3) Refleksi dan tanggung jawab
terhadap
pengalaman kebhinekaan 4) Berkeadilan sosial Indikator di akhir
fase 1) Peserta
didik mampu
menghargai
adanya
perbedaan kebudayaan
di loingkungan mereka 2) Peserta didik
mampu
berlaku
adil kepada seluruh
teman tanpa memandang
latar belakang budaya |
Pemahaman
Kontekstual 1. Definisi dan Latar Belakang:
2. Peran Masyarakat dalam
Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital:
Keterampilan 1. Keterampilan Digital:
|
Sarana dan Prasarana Media:
PPT, Video, internet • Alat
dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD • Lingkungan Belajar: Ruangan
Kelas • Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud
dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran
: Discovery
Learning Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta
didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar,
lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam
mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital,
serta potensi Indonesia
menjadi negara maju. |
Tujuan Pembelajaran
Tujuan Kognitif:
Tujuan Afektif:
Tujuan Psikomotor:
|
Pertanyaan Pemantik
1.
Bagaimana teknologi digital mengubah cara kita
melakukan bisnis dan berinteraksi di pasar global? 2.
Apa peran masyarakat dalam mendukung perkembangan
ekonomi digital? 3.
Bagaimana negara dapat membantu mendorong pertumbuhan
ekonomi di era digital? 4.
Apa saja tantangan yang dihadapi dalam memajukan
ekonomi digital? 5.
Bagaimana kita dapat memanfaatkan peluang yang ada
dalam ekonomi digital untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat? |
LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN |
Pendahuluan Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru menanyakan
kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek kebersihan kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah.
Motivasi
|
KEGIATAN
INTI |
Langkah langkah
pembelajaran
. Pengenalan Masalah
Deskripsi: Perkenalan
dengan masalah nyata atau studi kasus terkait peran masyarakat dan negara
dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital. Masalah:
“Negara X sedang berusaha mendorong pertumbuhan ekonominya
dengan memanfaatkan teknologi digital. Namun, negara tersebut menghadapi
beberapa tantangan seperti kesenjangan digital, kurangnya keterampilan
digital di masyarakat, dan infrastruktur digital yang terbatas. Bagaimana
negara X dapat mengatasi tantangan ini dan mendorong pertumbuhan ekonomi
digital?” Tanya Jawab Awal:
2. Penelitian Masalah
Deskripsi:
Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk melakukan penelitian
tentang peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di
era digital serta tantangan yang dihadapi. Aktivitas:
3. Diskusi dan Analisis
Deskripsi:
Kelompok-kelompok membahas temuan mereka dan menganalisis solusi untuk
mengatasi tantangan yang dihadapi oleh Negara X. Aktivitas:
4. Presentasi dan
Feedback
Deskripsi:
Kelompok mempresentasikan hasil analisis mereka di depan kelas, dan
memberikan umpan balik kepada kelompok lain. Aktivitas:
|
: Refleksi 1. Refleksi:
2. Tugas
Rumah:
|
Asesmen Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya: A.
Pengetahuan
: Rubrik dan lembar Penialaian Soal B.
Sikap
: Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap C.
Ketrampilan
: Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi |
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru
Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd.
NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
Lembar kerja siswa
Judul: Peran
Masyarakat dan Negara dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital
Instruksi:
1. Pembagian
Kelompok:
- Kelompokkan siswa dalam kelompok
kecil (4-5 siswa per kelompok).
2. Penelitian:
- Teliti peran masyarakat dan
negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Gunakan sumber daya
yang ada (buku teks, artikel, video).
Bagian 1: Peran Masyarakat dalam Ekonomi Digital
Aspek |
Deskripsi |
Contoh |
Kewirausahaan Digital |
|
|
Inovasi dan Kreativitas |
|
|
Partisipasi Ekonomi Digital |
|
|
Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama
penelitian.
Bagian 2: Peran Negara dalam Ekonomi Digital
Aspek |
Deskripsi |
Contoh |
Kebijakan dan Regulasi |
|
|
Infrastruktur Digital |
|
|
Pendidikan dan Pelatihan |
|
|
Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama
penelitian.
Bagian 3: Analisis Masalah dan Rekomendasi Solusi
1. Deskripsi
Masalah:
- Jelaskan masalah
kesenjangan digital, kurangnya keterampilan digital, dan infrastruktur
terbatas di Negara X.
- Bagaimana masalah ini
mempengaruhi pertumbuhan ekonomi digital?
2. Peran
Masyarakat yang Relevan:
- Bagaimana masyarakat dapat
berkontribusi dalam mengatasi masalah tersebut?
3. Peran
Negara yang Relevan:
- Kebijakan dan infrastruktur
apa yang perlu disediakan oleh negara untuk mengatasi masalah tersebut?
4. Dampak
Solusi:
- Bagaimana solusi yang
kalian usulkan dapat mengatasi tantangan dan mendorong pertumbuhan
ekonomi digital di Negara X?
Format Lembar Kerja Siswa:
Nama
Anggota Kelompok |
Tugas |
|
Peneliti
Peran Masyarakat |
|
Peneliti
Peran Negara |
|
Pembuat
Tabel dan Rangkuman |
|
Penyusun
Rekomendasi Solusi |
Bagian 1: Peran Masyarakat dalam Ekonomi Digital
Aspek |
Deskripsi |
Contoh |
Kewirausahaan Digital |
||
Inovasi dan Kreativitas |
||
Partisipasi Ekonomi Digital |
Bagian 2: Peran Negara dalam Ekonomi Digital
Aspek |
Deskripsi |
Contoh |
Kebijakan dan Regulasi |
||
Infrastruktur Digital |
||
Pendidikan dan Pelatihan |
Bagian 3: Analisis Masalah dan Rekomendasi Solusi
1. Deskripsi
Masalah:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Peran
Masyarakat yang Relevan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Peran
Negara yang Relevan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Dampak
Solusi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar