Modul belajar
Tahun Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan
Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/IX/D |
Tema |
Peran masyarakat dan negara
dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital untuk
memahami potensi Indonesia menjadi
negara maju. |
Submateri |
jenis- jenis perdagangan internasional dan kebijakan perdagangan |
Tahun Ajar |
2024/2025 |
Alokasi Waktu |
3 x 40
menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32
orang |
Kompetensi Awal Peserta didik
mampu menjelaskan jenis-jenis
perdagangan internasional
dan kebijakan perdagangan. |
Profil
Pelajar Pancasila Dimensi : Bernalar
ritis Elemen : 1) Memperoleh dan
memproses
informasi dan
gagasan 2) Menganalisis dan
mengevaluasi
penalaran 3) Mengevaluasi pemikiran sendiri Indikator di akhir fase 1) Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang
tinggi 2) Peserta
didik mampu mengambil
keputusan
dan kesimpulan
terhadap suatu
masalah secara
kritis Dimensi :
Berkebhinekaan global Elemen : 1) Mengenal dan menghargai budaya 2) Komunikasi dan interaksi antar
budaya 3) Refleksi dan tanggung jawab
terhadap
pengalaman kebhinekaan 4) Berkeadilan sosial Indikator di akhir
fase 1) Peserta
didik mampu
menghargai
adanya
perbedaan kebudayaan
di loingkungan mereka 2) Peserta didik
mampu
berlaku
adil kepada seluruh
teman tanpa memandang
latar belakang budaya |
1. Pemahaman
Kontekstual a. Kegiatan
ekonomi
di
era digital: Era digital membawa
perubahan pada kegiatan ekonomi, seperti munculnya e-
commerce, fintech, dan ekonomi kreatif. b. Dampak kegiatan ekonomi di
era
digital: Kegiatan
ekonomi
di era digital
memiliki dampak positif dan negatif
bagi
masyarakat dan lingkungan. c. Peran masyarakat dan negara
dalam mendorong pertumbuhan ekonomi
di era digital: Masyarakat dan negara perlu beradaptasi
dan berinovasi untuk
memanfaatkan peluang dan mengatasi
tantangan ekonomi di era
digital. d. Potensi Indonesia
menjadi negara
maju: Indonesia memiliki potensi
besar untuk menjadi negara maju
dengan memanfaatkan sumber
daya alam, sumber daya
manusia, dan kemajuan teknologi. 2. Keterampilan Inovasi kewirausahaan:
Berinovasi untuk
menciptakan proyek dan layanan ekonomi baru untuk
menjadi wirausahawan yang sukses dan
berkontribusi pada pertumbuhan
ekonomi. |
Sarana dan Prasarana Media:
PPT, Video, internet • Alat
dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD • Lingkungan Belajar: Ruangan
Kelas • Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud
dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran
: Discovery
Learning Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta
didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar,
lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam
mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital,
serta potensi Indonesia
menjadi negara maju. |
Tujuan Pembelajaran
|
Pertanyaan Pemantik
1. “Apa yang kalian ketahui
tentang ekspor dan impor? Bagaimana prosesnya?” 2. Kalian pernah mendengar tentang
perdagangan bilateral atau multilateral? Bagaimana menurut kalian
perbedaannya?” |
LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN |
Pendahuluan Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru menanyakan
kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek kebersihan kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah. Apersepsi Selamat pagi, semuanya! Sebelum kita memulai pelajaran
hari ini, mari kita lihat beberapa barang yang ada di sekitar kita. Coba
kalian sebutkan beberapa barang yang kalian gunakan setiap hari, seperti
makanan, pakaian, atau gadget. Apakah kalian tahu dari mana asal barang-barang
tersebut? Misalnya, mungkin kalian memakan
buah apel yang berasal dari negara lain atau memakai pakaian dari brand
internasional. Kalian pernah bertanya-tanya bagaimana produk-produk tersebut
bisa sampai ke tangan kita? Nah, hari ini kita akan membahas perdagangan
internasional. Perdagangan internasional adalah proses di
mana negara-negara saling membeli dan menjual barang serta jasa. Ini adalah
cara negara-negara di dunia saling berhubungan dan berinteraksi satu sama
lain. Apa yang terjadi ketika suatu
negara mengimpor atau mengekspor barang? Bagaimana negara menentukan barang
apa yang mereka jual dan beli dari negara lain? Dan bagaimana kebijakan
perdagangan mempengaruhi keputusan tersebut? Kita akan belajar tentang
berbagai jenis perdagangan internasional
dan kebijakan perdagangan
yang mempengaruhi bagaimana negara-negara melakukan transaksi ini. Motivasi
Sekarang, mari kita bayangkan
jika kita hidup di dunia di mana setiap negara hanya memproduksi
barang-barangnya sendiri dan tidak melakukan perdagangan dengan negara lain.
Bayangkan seberapa terbatasnya pilihan kita dalam makanan, pakaian, atau
teknologi. Dengan memahami berbagai jenis
perdagangan internasional dan kebijakan perdagangan, kalian akan melihat
betapa pentingnya perdagangan internasional dalam kehidupan kita sehari-hari.
Kalian akan belajar bagaimana negara-negara memutuskan barang apa yang mereka
beli dan jual, dan bagaimana kebijakan-kebijakan ini mempengaruhi ekonomi
global. |
KEGIATAN
INTI |
Pengenalan Masalah
Perkenalan dengan masalah nyata atau studi kasus terkait perdagangan
internasional dan kebijakan perdagangan.
Masalah: “Negara A dan Negara B mengalami ketidakseimbangan
perdagangan. Negara A menghadapi defisit perdagangan karena impor yang lebih
tinggi dibandingkan ekspor. Negara B juga menghadapi masalah serupa tetapi
dengan surplus perdagangan. Bagaimana kedua negara tersebut dapat mengatasi
masalah ini melalui jenis-jenis perdagangan dan kebijakan perdagangan
internasional?” Tanya Jawab Awal:
Penelitian Masalah
Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk melakukan
penelitian tentang jenis-jenis perdagangan internasional dan kebijakan
perdagangan yang relevan dengan masalah yang diberikan.
Aktivitas:
3. Diskusi dan Analisis
Kelompok-kelompok membahas temuan mereka dan menganalisis solusi untuk
mengatasi masalah perdagangan antara Negara A dan Negara B. Aktivitas:
Pertanyaan Diskusi:
4. Presentasi dan Feedback
Kelompok mempresentasikan hasil analisis mereka di depan kelas, dan
memberikan umpan balik kepada kelompok lain. Aktivitas:
|
: Refleksi 1. Refleksi:
2. Tugas
Rumah:
|
Asesmen Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya: A.
Pengetahuan
: Rubrik dan lembar Penialaian Soal B.
Sikap
: Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap C.
Ketrampilan
: Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi |
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru
Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd.
NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
Lembar kerja siswa
Judul: Lembar Kerja Siswa -
Jenis-Jenis Perdagangan Internasional dan Kebijakan Perdagangan
Instruksi:
1. Pembagian
Kelompok:
- Kelompokkan
siswa dalam kelompok kecil (4-5 siswa per kelompok).
2. Penelitian:
- Teliti
berbagai jenis perdagangan internasional dan kebijakan perdagangan.
Gunakan sumber daya yang ada (buku teks, artikel, video).
Bagian 1: Jenis-Jenis Perdagangan Internasional
Jenis Perdagangan |
Deskripsi |
Contoh |
Ekspor |
|
|
Impor |
|
|
Re-ekspor |
|
|
Perdagangan Bilateral |
|
|
Perdagangan Multilateral |
|
|
Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama
penelitian.
Bagian 2: Kebijakan Perdagangan Internasional
Kebijakan Perdagangan |
Deskripsi |
Dampak |
Tarif |
|
|
Kuota Impor |
|
|
Subsidi |
|
|
Perjanjian Perdagangan |
|
|
Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama
penelitian.
Bagian 3: Analisis Masalah dan Rekomendasi Kebijakan
1. Deskripsi
Masalah:
- Jelaskan
masalah defisit perdagangan Negara A dan surplus perdagangan Negara B.
- Bagaimana
masalah ini mempengaruhi kedua negara?
2. Jenis
Perdagangan Internasional yang Relevan:
- Jenis
perdagangan apa yang dapat digunakan oleh Negara A dan Negara B untuk
mengatasi masalah perdagangan mereka?
3. Kebijakan
Perdagangan:
- Kebijakan
apa yang dapat diterapkan oleh Negara A untuk mengatasi defisit
perdagangan?
- Kebijakan
apa yang dapat diterapkan oleh Negara B untuk mengatasi surplus
perdagangan?
4. Dampak
Kebijakan:
- Bagaimana
kebijakan perdagangan yang kalian usulkan akan mempengaruhi perdagangan
antara Negara A dan Negara B?
Contoh Format Lembar Kerja Siswa:
Nama Anggota Kelompok |
Tugas |
|
Peneliti Jenis Perdagangan |
|
Peneliti Kebijakan Perdagangan |
|
Pembuat Tabel dan Rangkuman |
|
Penyusun Rekomendasi Kebijakan |
Bagian 1: Jenis-Jenis Perdagangan Internasional
Jenis Perdagangan |
Deskripsi |
Contoh |
Ekspor |
||
Impor |
||
Re-ekspor |
||
Perdagangan Bilateral |
||
Perdagangan Multilateral |
Bagian 2: Kebijakan Perdagangan Internasional
Kebijakan Perdagangan |
Deskripsi |
Dampak |
Tarif |
||
Kuota Impor |
||
Subsidi |
||
Perjanjian Perdagangan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar