Senin, 15 Juli 2024

Modul belajar kelas 9 2024-2025. jenis- jenis perdagangan internasional dan kebijakan perdagangan

 

Modul belajar

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/IX/D

Tema

Peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital untuk memahami potensi Indonesia menjadi negara maju.

Submateri

jenis- jenis perdagangan internasional dan kebijakan perdagangan

 

Tahun Ajar

2024/2025

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu menjelaskan jenis-jenis perdagangan internasional dan kebijakan perdagangan.

Profil Pelajar Pancasila

 

Dimensi         : Bernalar ritis

Elemen          :

1)      Memperoleh  dan  memproses  informasi  dan gagasan

2)      Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

3)      Mengevaluasi pemikiran sendiri

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

2)      Peserta  didik  mampu  mengambil  keputusan dan kesimpulan terhadap suatu masalah secara kritis

Dimensi         : Berkebhinekaan global

Elemen          :

1)      Mengenal dan menghargai budaya

2)      Komunikasi dan interaksi antar budaya

3)      Refleksi    dan    tanggung    jawab    terhadap pengalaman kebhinekaan

4)      Berkeadilan sosial

Indikator di akhir fase

1)      Peserta   didik   mampu   menghargai   adanya perbedaan kebudayaan di loingkungan mereka

2)      Peserta  didik  mampu  berlaku  adil  kepada seluruh  teman  tanpa  memandang  latar belakang budaya

 

1.   Pemahaman Kontekstual

a.   Kegiatan ekonomi di era digital: Era digital membawa perubahan pada

kegiatan ekonomi, seperti munculnya e- commerce, fintech, dan ekonomi kreatif.

b.   Dampak kegiatan ekonomi di era digital: Kegiatan ekonomi di era digital memiliki

dampak positif dan negatif bagi masyarakat dan lingkungan.

c.   Peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era

digital: Masyarakat dan negara perlu beradaptasi dan berinovasi untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan ekonomi di era digital.

d.   Potensi Indonesia menjadi negara maju: Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi negara maju dengan memanfaatkan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan kemajuan teknologi.

2.    Keterampilan Inovasi kewirausahaan:

Berinovasi untuk menciptakan proyek dan layanan ekonomi baru untuk menjadi wirausahawan yang sukses dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : Discovery Learning

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju.

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat memahami dan menjelaskan berbagai jenis perdagangan internasional seperti ekspor, impor, re-ekspor, perdagangan bilateral, dan perdagangan multilateral.
  2. Siswa dapat menjelaskan berbagai kebijakan perdagangan internasional seperti tarif, kuota, subsidi, dan perjanjian perdagangan, serta menganalisis dampaknya terhadap perdagangan antar negara.
  3. Siswa dapat menilai bagaimana kebijakan perdagangan seperti tarif dan kuota mempengaruhi ekonomi global, serta memahami peran perjanjian perdagangan internasional.
  4. Siswa dapat menerapkan pengetahuan mereka tentang jenis-jenis perdagangan dan kebijakan perdagangan dalam menganalisis studi kasus nyata.

Pertanyaan Pemantik

1.      “Apa yang kalian ketahui tentang ekspor dan impor? Bagaimana prosesnya?”

2.      Kalian pernah mendengar tentang perdagangan bilateral atau multilateral? Bagaimana menurut kalian perbedaannya?”

 

 

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi

Selamat pagi, semuanya!

Sebelum kita memulai pelajaran hari ini, mari kita lihat beberapa barang yang ada di sekitar kita. Coba kalian sebutkan beberapa barang yang kalian gunakan setiap hari, seperti makanan, pakaian, atau gadget. Apakah kalian tahu dari mana asal barang-barang tersebut?

Misalnya, mungkin kalian memakan buah apel yang berasal dari negara lain atau memakai pakaian dari brand internasional. Kalian pernah bertanya-tanya bagaimana produk-produk tersebut bisa sampai ke tangan kita?

Nah, hari ini kita akan membahas perdagangan internasional. Perdagangan internasional adalah proses di mana negara-negara saling membeli dan menjual barang serta jasa. Ini adalah cara negara-negara di dunia saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain.

Apa yang terjadi ketika suatu negara mengimpor atau mengekspor barang? Bagaimana negara menentukan barang apa yang mereka jual dan beli dari negara lain? Dan bagaimana kebijakan perdagangan mempengaruhi keputusan tersebut?

Kita akan belajar tentang berbagai jenis perdagangan internasional dan kebijakan perdagangan yang mempengaruhi bagaimana negara-negara melakukan transaksi ini.

Motivasi

Sekarang, mari kita bayangkan jika kita hidup di dunia di mana setiap negara hanya memproduksi barang-barangnya sendiri dan tidak melakukan perdagangan dengan negara lain. Bayangkan seberapa terbatasnya pilihan kita dalam makanan, pakaian, atau teknologi.

Dengan memahami berbagai jenis perdagangan internasional dan kebijakan perdagangan, kalian akan melihat betapa pentingnya perdagangan internasional dalam kehidupan kita sehari-hari. Kalian akan belajar bagaimana negara-negara memutuskan barang apa yang mereka beli dan jual, dan bagaimana kebijakan-kebijakan ini mempengaruhi ekonomi global.

KEGIATAN INTI

Pengenalan Masalah

Perkenalan dengan masalah nyata atau studi kasus terkait perdagangan internasional dan kebijakan perdagangan.

Masalah: “Negara A dan Negara B mengalami ketidakseimbangan perdagangan. Negara A menghadapi defisit perdagangan karena impor yang lebih tinggi dibandingkan ekspor. Negara B juga menghadapi masalah serupa tetapi dengan surplus perdagangan. Bagaimana kedua negara tersebut dapat mengatasi masalah ini melalui jenis-jenis perdagangan dan kebijakan perdagangan internasional?”

Tanya Jawab Awal:

  • “Apa yang kalian ketahui tentang defisit dan surplus perdagangan?”
  • “Bagaimana kalian berpikir negara-negara bisa mengatasi masalah perdagangan internasional mereka?

Penelitian Masalah

Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk melakukan penelitian tentang jenis-jenis perdagangan internasional dan kebijakan perdagangan yang relevan dengan masalah yang diberikan.

Aktivitas:

  • Tugas: Setiap kelompok diminta untuk melakukan penelitian tentang berbagai jenis perdagangan internasional (seperti ekspor, impor, re-ekspor, perdagangan bilateral, dan multilateral) dan kebijakan perdagangan internasional (seperti tarif, kuota, subsidi, dan perjanjian perdagangan).
  • Sumber Informasi: Buku teks, artikel online, video edukasi, dan sumber daya internet.

3. Diskusi dan Analisis

Kelompok-kelompok membahas temuan mereka dan menganalisis solusi untuk mengatasi masalah perdagangan antara Negara A dan Negara B.

Aktivitas:

  • Tugas: Setiap kelompok mendiskusikan jenis perdagangan dan kebijakan yang dapat diterapkan untuk mengatasi defisit dan surplus perdagangan. Mereka juga diminta untuk menyusun rekomendasi kebijakan yang bisa diambil oleh Negara A dan Negara B.

Pertanyaan Diskusi:

  1. “Jenis perdagangan internasional mana yang dapat digunakan oleh Negara A dan Negara B untuk mengatasi masalah defisit dan surplus perdagangan?”
  2. “Apa kebijakan perdagangan yang dapat diterapkan untuk mengatasi defisit perdagangan oleh Negara A dan surplus perdagangan oleh Negara B?”
  3. “Bagaimana kebijakan tersebut akan mempengaruhi perdagangan antara kedua negara?”

4. Presentasi dan Feedback

Kelompok mempresentasikan hasil analisis mereka di depan kelas, dan memberikan umpan balik kepada kelompok lain.

Aktivitas:

  • Tugas: Setiap kelompok mempresentasikan jenis perdagangan dan kebijakan yang mereka pilih untuk mengatasi masalah perdagangan serta dampaknya.
  • Feedback: Siswa dan guru memberikan umpan balik mengenai solusi yang diusulkan oleh kelompok lain.

: Refleksi

1.      Refleksi:

    • Diskusikan dengan siswa apa yang telah mereka pelajari tentang jenis-jenis perdagangan internasional dan kebijakan perdagangan melalui kegiatan ini.
    • Pertanyaan Refleksi:
      • “Apa yang kalian pelajari tentang cara negara-negara mengelola perdagangan internasional mereka?”
      • “Bagaimana kegiatan ini membantu kalian memahami hubungan antara perdagangan internasional dan kebijakan perdagangan?”

2.      Tugas Rumah:

    • Siswa diminta untuk menulis esai pendek tentang salah satu kebijakan perdagangan internasional yang telah mereka pelajari dan bagaimana kebijakan tersebut dapat mempengaruhi ekonomi suatu negara.

Asesmen

Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya:

A.     Pengetahuan : Rubrik dan lembar Penialaian Soal

B.     Sikap : Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap

C.     Ketrampilan : Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

Lembar kerja siswa

Judul: Lembar Kerja Siswa - Jenis-Jenis Perdagangan Internasional dan Kebijakan Perdagangan

Instruksi:

1.      Pembagian Kelompok:

    • Kelompokkan siswa dalam kelompok kecil (4-5 siswa per kelompok).

2.      Penelitian:

    • Teliti berbagai jenis perdagangan internasional dan kebijakan perdagangan. Gunakan sumber daya yang ada (buku teks, artikel, video).

Bagian 1: Jenis-Jenis Perdagangan Internasional

Jenis Perdagangan

Deskripsi

Contoh

Ekspor

 

 

Impor

 

 

Re-ekspor

 

 

Perdagangan Bilateral

 

 

Perdagangan Multilateral

 

 

Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama penelitian.

Bagian 2: Kebijakan Perdagangan Internasional

Kebijakan Perdagangan

Deskripsi

Dampak

Tarif

 

 

Kuota Impor

 

 

Subsidi

 

 

Perjanjian Perdagangan

 

 

Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama penelitian.

Bagian 3: Analisis Masalah dan Rekomendasi Kebijakan

1.      Deskripsi Masalah:

    • Jelaskan masalah defisit perdagangan Negara A dan surplus perdagangan Negara B.
    • Bagaimana masalah ini mempengaruhi kedua negara?

2.      Jenis Perdagangan Internasional yang Relevan:

    • Jenis perdagangan apa yang dapat digunakan oleh Negara A dan Negara B untuk mengatasi masalah perdagangan mereka?

3.      Kebijakan Perdagangan:

    • Kebijakan apa yang dapat diterapkan oleh Negara A untuk mengatasi defisit perdagangan?
    • Kebijakan apa yang dapat diterapkan oleh Negara B untuk mengatasi surplus perdagangan?

4.      Dampak Kebijakan:

    • Bagaimana kebijakan perdagangan yang kalian usulkan akan mempengaruhi perdagangan antara Negara A dan Negara B?

Contoh Format Lembar Kerja Siswa:


Nama Anggota Kelompok

Tugas

 

Peneliti Jenis Perdagangan

 

Peneliti Kebijakan Perdagangan

 

Pembuat Tabel dan Rangkuman

 

Penyusun Rekomendasi Kebijakan


 

 

Bagian 1: Jenis-Jenis Perdagangan Internasional

Jenis Perdagangan

Deskripsi

Contoh

Ekspor

Impor

Re-ekspor

Perdagangan Bilateral

Perdagangan Multilateral


Bagian 2: Kebijakan Perdagangan Internasional

Kebijakan Perdagangan

Deskripsi

Dampak

Tarif

Kuota Impor

Subsidi

Perjanjian Perdagangan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar