Senin, 15 Juli 2024

MOdul belajar IPS Kelas 9 2024-2025, Hubungan antara perubahan iklim dan Sustainable Development Goals (SDGs)

 

Modul belajar

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/IX/D

Tema

faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam

Submateri

  Hubungan antara perubahan iklim dan

Sustainable Development Goals (SDGs)

Tahun Ajar

2024/2025

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu Menjelaskan hubungan antara perubahan iklim dan Sustainable Development Goals (SDGs).

Profil Pelajar Pancasila

 

Dimensi         : Bernalar ritis

Elemen          :

1)      Memperoleh  dan  memproses  informasi  dan gagasan

2)      Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

3)      Mengevaluasi pemikiran sendiri

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

2)      Peserta  didik  mampu  mengambil  keputusan dan kesimpulan terhadap suatu masalah secara kritis

Dimensi         : Kreatif

Elemen          :

1)      Menghasilkan gagasan yang orisinil

2)      Menghasilkan    karya    dan    tindakan    yang orisinil

3)      Memiliki  keluwesan  berpikir dalam  mencari alternatif solusi permasalahan

Indikator di akhir fase

1)      Peserta  didik  mampu  menghasilkan  gagasan atau ide yang orisinil

        2)      Peserta didik mampu mencari alternatif solusi permasalahan yang dihadapi

Pemahaman Kontekstual:

a.   Memahami konsep perubahan iklim dan dampaknya

b.   Menganalisis peran individu, komunitas, dan pemerintah dalam menanggulangi perubahan iklim

c.   Mengembangkan strategi untuk

menanggulangi perubahan iklim di tingkat lokal, regional, dan global

d.   Memahami kaitan antara strategi perubahan iklim dengan Sustainable

Development Goals (SDGs)

e.   Meningkatkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan pengambilan keputusan

2.   Pengembangan Keterampilan Tinggi:

a.   Pengambilan Keputusan: Memilih solusi terbaik, mengevaluasi solusi yang berbeda, dan menyusun argumen yang logis untuk menanggulangi perubahan

iklim berdasarkan pertimbangan yang matang dan bertanggung jawab.

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : Discovery Learning

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam.

Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa mampu memahami konsep dasar perubahan iklim dan dampaknya.

2.      Siswa mampu menjelaskan apa itu Sustainable Development Goals (SDGs) dan tujuannya.

3.      Siswa mampu mengidentifikasi hubungan antara perubahan iklim dan SDGs.

4.      Siswa mampu menguraikan bagaimana tindakan untuk mengatasi perubahan iklim dapat mendukung pencapaian SDGs.

5.      Siswa mampu merumuskan tindakan nyata yang dapat mereka lakukan untuk mendukung SDGs melalui upaya penanggulangan perubahan iklim.

Pertanyaan pematik

1.      Apa yang kalian ketahui tentang perubahan iklim dan bagaimana perubahan ini mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari?

2.      Pernahkah kalian mendengar tentang Sustainable Development Goals (SDGs)? Bisakah kalian menyebutkan beberapa tujuan dari SDGs?

3.      Menurut kalian, bagaimana perubahan iklim dapat mempengaruhi pencapaian SDGs?

 

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi dan Motivasi :

Selamat pagi, siswa-siswa yang luar biasa!

Hari ini kita akan membahas dua topik penting yang memiliki dampak besar bagi masa depan kita: perubahan iklim dan Sustainable Development Goals (SDGs). Sebelum kita mulai, mari kita ingat sejenak tentang apa yang telah kita pelajari tentang perubahan iklim.

Ingatkah kalian ketika kita membahas tentang bagaimana perubahan iklim mempengaruhi cuaca, ekosistem, dan kehidupan manusia? Sekarang, coba bayangkan bagaimana perubahan ini dapat mempengaruhi berbagai aspek lain dalam kehidupan kita, seperti kesehatan, kemiskinan, pendidikan, dan banyak lagi.

Nah, di sisi lain, ada yang namanya SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Ini adalah 17 tujuan yang disepakati oleh negara-negara di seluruh dunia untuk mencapai kesejahteraan bersama pada tahun 2030. Tujuannya mencakup banyak hal seperti mengakhiri kemiskinan, melindungi planet kita, dan memastikan bahwa semua orang menikmati perdamaian dan kemakmuran.

Apa hubungan antara perubahan iklim dan SDGs? Mari kita telusuri bersama!

Motivasi:

Saya ingin kalian bayangkan sesuatu. Bayangkan kita memiliki kekuatan super untuk membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik. Kalian memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi kemiskinan, memperbaiki pendidikan, meningkatkan kesehatan, dan melindungi lingkungan.

Sekarang, bayangkan kalau kita bersama-sama bisa menggunakan kekuatan super ini dengan cara-cara yang sederhana dan nyata dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan memahami hubungan antara perubahan iklim dan SDGs, kita bisa melihat bagaimana setiap tindakan kecil kita bisa berdampak besar.

Ketika kita mematikan lampu saat tidak digunakan, kita tidak hanya menghemat energi, tetapi juga mendukung tujuan SDGs yang berfokus pada energi bersih dan terjangkau. Ketika kita menggunakan transportasi umum atau bersepeda, kita membantu mengurangi emisi karbon dan mendukung tujuan iklim.

Ingat, setiap tindakan kecil kita bisa membuat perbedaan besar. Mari kita belajar dan menemukan bagaimana kita bisa menjadi bagian dari solusi untuk masalah global ini. Dunia membutuhkan pahlawan seperti kalian yang peduli dan siap bertindak. Mari kita mulai perjalanan kita untuk memahami lebih dalam tentang hubungan antara perubahan iklim dan SDGs, dan bagaimana kita bisa berkontribusi.

KEGIATAN INTI

Langkah-Langkah Kegiatan

  Stimulation (Stimulasi)

  • Guru menampilkan video atau presentasi singkat yang menjelaskan perubahan iklim dan SDGs.
  • Siswa diminta untuk mencatat poin-poin penting dan pertanyaan yang muncul di benak mereka.

  Problem Statement (Identifikasi Masalah)

  • Guru mengajukan pertanyaan pemantik untuk mendiskusikan hubungan antara perubahan iklim dan SDGs.
  • Siswa diminta untuk menyebutkan masalah-masalah utama yang terkait dengan perubahan iklim dan bagaimana hal ini bisa mempengaruhi pencapaian SDGs.

  Data Collection (Pengumpulan Data)

  • Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil, setiap kelompok memilih beberapa SDGs dan mencari informasi tentang bagaimana perubahan iklim mempengaruhi pencapaian tujuan-tujuan tersebut.
  • Siswa bisa menggunakan buku, internet, atau wawancara dengan ahli sebagai sumber informasi.

  Data Processing (Pengolahan Data)

  • Setiap kelompok menganalisis informasi yang telah mereka kumpulkan dan menyusunnya menjadi presentasi atau laporan singkat.
  • Kelompok membahas langkah-langkah konkret yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak perubahan iklim dan mendukung pencapaian SDGs yang mereka pilih.

  Verification (Verifikasi)

  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka di depan kelas.
  • Kelompok lain diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan masukan.
  • Guru membantu menyusun hasil diskusi dan menambahkan informasi yang mungkin belum disampaikan oleh siswa.

  Generalization (Generalisasi)

  • Guru bersama siswa merangkum poin-poin penting yang telah dipelajari tentang hubungan antara perubahan iklim dan SDGs.
  • Siswa diajak untuk membuat rencana aksi sederhana yang bisa mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendukung SDGs melalui upaya penanggulangan perubahan iklim.

: Refleksi

Refleksi diri:

    • Setiap siswa melakukan refleksi diri tentang pembelajaran yang telah dilakukan, seperti:
      1. Apa yang telah dipelajari?
      2. Bagaimana proses belajarnya?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?

Refleksi kelompok:

    • Setiap kelompok melakukan refleksi tentang kerja sama dan kinerja kelompok, seperti:
      1. Bagaimana kerja sama antar anggota kelompok?
      2. Apakah semua anggota kelompok berkontribusi secara aktif?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk kerja sama kelompok selanjutnya?

Asesmen

Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya:

A.     Pengetahuan : Rubrik dan lembar Penialaian Soal

B.     Sikap : Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap

C.     Ketrampilan : Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar kerja siswa

 

Nama: ___________________ Kelas: _______________ Tanggal: _______________

Tugas 1: Menonton Video / Membaca Artikel

  1. Catat poin-poin penting yang kalian temukan tentang perubahan iklim dan SDGs:



Tugas 2: Identifikasi Masalah

  1. Tuliskan masalah-masalah utama yang terkait dengan perubahan iklim dan bagaimana ini mempengaruhi SDGs:



Tugas 3: Pengumpulan Data

  1. Pilih beberapa SDGs dan cari informasi lebih lanjut tentang bagaimana perubahan iklim mempengaruhi pencapaian tujuan-tujuan tersebut. Tuliskan informasi yang kalian temukan:
    • SDG yang dipilih: ___________________
    • Informasi:



Tugas 4: Pengolahan Data

  1. Diskusikan dengan kelompok kalian langkah-langkah konkret yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak perubahan iklim dan mendukung pencapaian SDGs yang kalian pilih:



Tugas 5: Presentasi

  1. Siapkan presentasi singkat tentang hasil kerja kelompok kalian. Sertakan informasi utama dan langkah-langkah konkret yang telah kalian diskusikan.

Tugas 6: Rencana Aksi Pribadi

  1. Buatlah rencana aksi sederhana yang bisa kalian terapkan untuk mendukung SDGs melalui upaya penanggulangan perubahan iklim:



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar