Senin, 15 Juli 2024

Modul Belajar IPS Kelas 9 2024-2025, Peran individu, komunitas, dan pemerintah dalam menanggulangi perubahan iklim bencana alam

 

Modul belajar

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/IX/D

Tema

faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam

Submateri

Peran individu, komunitas, dan pemerintah dalam menanggulangi perubahan iklim  bencana alam

Tahun Ajar

2024/2025

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu merefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana untuk menunjang Sustainable Development Goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global.

Profil Pelajar Pancasila

 

Dimensi         : Bernalar ritis

Elemen          :

1)      Memperoleh  dan  memproses  informasi  dan gagasan

2)      Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

3)      Mengevaluasi pemikiran sendiri

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

2)      Peserta  didik  mampu  mengambil  keputusan dan kesimpulan terhadap suatu masalah secara kritis

Dimensi         : Kreatif

Elemen          :

1)      Menghasilkan gagasan yang orisinil

2)      Menghasilkan    karya    dan    tindakan    yang orisinil

3)      Memiliki  keluwesan  berpikir dalam  mencari alternatif solusi permasalahan

Indikator di akhir fase

1)      Peserta  didik  mampu  menghasilkan  gagasan atau ide yang orisinil

        2)      Peserta didik mampu mencari alternatif solusi permasalahan yang dihadapi

Pemahaman Kontekstual:

a.   Memahami konsep perubahan iklim dan dampaknya

b.   Menganalisis peran individu, komunitas, dan pemerintah dalam menanggulangi perubahan iklim

c.   Mengembangkan strategi untuk

menanggulangi perubahan iklim di tingkat lokal, regional, dan global

d.   Memahami kaitan antara strategi perubahan iklim dengan Sustainable

Development Goals (SDGs)

e.   Meningkatkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan pengambilan keputusan

2.   Pengembangan Keterampilan Tinggi:

a.   Pengambilan Keputusan: Memilih solusi terbaik, mengevaluasi solusi yang berbeda, dan menyusun argumen yang logis untuk menanggulangi perubahan

iklim berdasarkan pertimbangan yang matang dan bertanggung jawab.

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : Discovery Learning

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam.

Tujuan Pembelajaran

1)      Siswa mampu memahami konsep dasar perubahan iklim dan penyebabnya.

2)      Siswa mampu menjelaskan peran individu dalam upaya menanggulangi perubahan iklim.

3)      Siswa mampu mengidentifikasi kontribusi komunitas dalam mengatasi perubahan iklim.

4)      Siswa mampu menjelaskan kebijakan dan tindakan pemerintah yang berkontribusi dalam menanggulangi perubahan iklim.

5)      Siswa mampu merumuskan tindakan nyata yang dapat dilakukan oleh individu, komunitas, dan pemerintah dalam menghadapi perubahan iklim.

Pertanyaan pematik

1)      Apa yang kalian ketahui tentang perubahan iklim? Bagaimana kalian melihat dampaknya dalam kehidupan sehari-hari?

2)      Menurut kalian, apa saja tindakan yang bisa dilakukan oleh individu untuk mengurangi dampak perubahan iklim?

3)      Bagaimana peran komunitas dalam mendukung upaya penanggulangan perubahan iklim? Bisakah kalian memberikan contoh nyata dari komunitas di sekitar kalian?

 

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi dan Motivasi :

Hari ini kita akan membahas topik yang sangat penting dan relevan bagi kita semua, yaitu peran individu, komunitas, dan pemerintah dalam menanggulangi perubahan iklim. Sebelum kita mulai, mari kita renungkan sebentar.

Coba bayangkan, saat pagi hari kalian bangun, udara terasa segar, langit berwarna biru jernih, dan burung-burung bernyanyi. Sekarang bayangkan jika udara yang kalian hirup terasa berat dan berdebu, langit selalu mendung, dan burung-burung tidak lagi bernyanyi. Kedua gambaran ini mencerminkan dua kemungkinan masa depan: satu di mana kita berhasil melawan perubahan iklim, dan satu lagi di mana kita gagal.

Nah, apa yang bisa kita lakukan agar kita bisa menikmati masa depan yang cerah dan sehat? Perubahan iklim bukanlah masalah yang hanya bisa diselesaikan oleh satu orang atau satu kelompok saja. Dibutuhkan usaha bersama dari individu, komunitas, dan pemerintah untuk membuat perubahan yang nyata.

Motivasi:

Mari kita mulai dengan keyakinan bahwa setiap tindakan kita, sekecil apapun, memiliki dampak. Ketika kita mematikan lampu yang tidak digunakan, mengurangi penggunaan plastik, atau menanam pohon, kita sedang berkontribusi untuk masa depan yang lebih baik.

Sebagai individu, kita memiliki kekuatan untuk membuat pilihan yang lebih ramah lingkungan setiap hari. Ketika kita bersatu dalam komunitas, kita bisa melakukan aksi bersama yang lebih besar, seperti kampanye lingkungan atau kegiatan bersih-bersih lingkungan. Dan ketika kita mendukung kebijakan pemerintah yang berfokus pada keberlanjutan, kita membantu menciptakan sistem yang mendukung upaya kita dalam menjaga bumi.

Bayangkan jika setiap orang di dunia ini, setiap komunitas, dan setiap pemerintah, melakukan upaya nyata untuk melawan perubahan iklim. Betapa indahnya dunia kita nanti!

Jadi, mari kita belajar dan memahami peran kita masing-masing dalam menanggulangi perubahan iklim. Ingatlah, masa depan yang cerah ada di tangan kita. Ayo kita mulai dari sekarang, karena perubahan besar dimulai dari langkah kecil yang kita ambil hari ini, tentang desa yang berhasil memitigasi banjir dengan menanam mangrove di pesisir pantai mereka

KEGIATAN INTI

Langkah-Langkah Kegiatan

1.      Stimulation (Stimulasi)

    • Guru memulai dengan memberikan video pendek atau artikel singkat tentang dampak perubahan iklim. Siswa diminta untuk menonton atau membaca dan mencatat poin-poin penting yang mereka temukan.

2.      Problem Statement (Identifikasi Masalah)

    • Guru memfasilitasi diskusi kelas dengan mengajukan pertanyaan pematik, seperti:
      • "Apa dampak terbesar dari perubahan iklim yang kalian ketahui?"
      • "Bagaimana peran individu, komunitas, dan pemerintah dalam mengatasi perubahan iklim?"
    • Siswa diajak untuk menyebutkan masalah-masalah utama yang terkait dengan perubahan iklim dan menuliskannya di papan tulis.

3.      Data Collection (Pengumpulan Data)

    • Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil dan setiap kelompok diberikan tugas untuk mencari informasi lebih dalam tentang peran individu, komunitas, atau pemerintah dalam mengatasi perubahan iklim.
    • Siswa bisa menggunakan buku, internet, atau wawancara dengan orang yang berkompeten sebagai sumber informasi.

4.      Data Processing (Pengolahan Data)

    • Setiap kelompok menganalisis informasi yang telah mereka kumpulkan dan menyusunnya menjadi presentasi atau laporan singkat.
    • Kelompok membahas langkah-langkah konkret yang dapat dilakukan oleh individu, komunitas, atau pemerintah dalam mengatasi perubahan iklim.

5.      Verification (Verifikasi)

    • Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka di depan kelas.
    • Kelompok lain diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan masukan.
    • Guru membantu menyusun hasil diskusi dan menambahkan informasi yang mungkin belum disampaikan oleh siswa.

6.      Generalization (Generalisasi)

    • Guru bersama siswa merangkum poin-poin penting yang telah dipelajari tentang peran individu, komunitas, dan pemerintah dalam menanggulangi perubahan iklim.
    • Siswa diajak untuk membuat rencana aksi sederhana yang bisa mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk berkontribusi dalam mengurangi perubahan iklim

: Refleksi

Refleksi diri:

    • Setiap siswa melakukan refleksi diri tentang pembelajaran yang telah dilakukan, seperti:
      1. Apa yang telah dipelajari?
      2. Bagaimana proses belajarnya?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?

Refleksi kelompok:

    • Setiap kelompok melakukan refleksi tentang kerja sama dan kinerja kelompok, seperti:
      1. Bagaimana kerja sama antar anggota kelompok?
      2. Apakah semua anggota kelompok berkontribusi secara aktif?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk kerja sama kelompok selanjutnya?

Asesmen

Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya:

A.     Pengetahuan : Rubrik dan lembar Penialaian Soal

B.     Sikap : Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap

C.     Ketrampilan : Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar kerja siswa

Lembar Kerja Siswa

Nama: ___________________ Kelas: _______________ Tanggal: _______________

1: Menonton Video / Membaca Artikel

  1. Catat poin-poin penting yang kalian temukan tentang dampak perubahan iklim:



2: Identifikasi Masalah

  1. Tuliskan masalah-masalah utama yang terkait dengan perubahan iklim:



3: Pengumpulan Data

  1. Cari informasi lebih lanjut tentang peran (individu/komunitas/pemerintah) dalam mengatasi perubahan iklim. Tuliskan informasi yang kalian temukan:



4: Pengolahan Data

  1. Diskusikan dengan kelompok kalian langkah-langkah konkret yang dapat dilakukan:



5: Presentasi

  1. Siapkan presentasi singkat tentang hasil kerja kelompok kalian. Sertakan informasi utama dan langkah-langkah konkret yang telah kalian diskusikan.

6: Rencana Aksi Pribadi

  1. Buatlah rencana aksi sederhana yang bisa kalian terapkan untuk mengurangi perubahan iklim:



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar