Minggu, 14 Juli 2024

Modul belajar kelas 9 kurikulum merdeka bidang studi IPS tahun 2024-2025 (Pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam di Indonesia)

Modul belajar

Tahun Pelajaran 2024-2025

Pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam di Indonesia

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/IX/D

Tema

faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam

Submateri

Pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam di Indonesia

Tahun Ajar

2024/2025

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu Menjelaskan berbagai upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam di Indonesia.

Profil Pelajar Pancasila

 

   Dimensi         : Mandiri

Elemen          :  Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik  memiliki  rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya dan hasil belajarnya

 

   Dimensi : Bergotong-royong

Elemen  : Kolaborasi

Indikator di akhir fase

1)              Peserta didik mampu menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan  dan mencapai tujuan kelompok, memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama

 

Pemahaman Kontekstual:

Pemahaman Kontekstual:

Menjaga kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama yang melibatkan individu, masyarakat, dan pemerintah. Setiap pihak memiliki peran dan tanggung jawab yang unik dalam mencapai tujuan ini.

Peran dan Tanggung Jawab Individu:

  • Mengubah kebiasaan sehari-hari: Individu dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan mengubah kebiasaan sehari-hari, seperti:
    • Menghemat air dan energi.
    • Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.
    • Mendaur ulang dan mengompos sampah.
    • Menggunakan transportasi ramah lingkungan.
    • Menanam pohon dan memelihara tanaman.
  • Meningkatkan kesadaran: Individu dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan:
    • Mempelajari tentang isu-isu lingkungan hidup.
    • Berbagi informasi dengan keluarga dan teman.
    • Berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan hidup.
    • Mendorong orang lain untuk mengubah kebiasaan mereka.

Pemahaman Keterampilan:

Untuk memahami peran dan tanggung jawab individu, masyarakat, dan pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, kita perlu mengembangkan beberapa keterampilan, seperti:

  • Keterampilan berpikir kritis: Kita harus mampu menganalisis informasi tentang isu-isu lingkungan hidup dan mengidentifikasi solusi yang efektif.
  • Keterampilan komunikasi: Kita harus mampu berkomunikasi dengan jelas dan persuasif tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.
  • Keterampilan kolaborasi: Kita harus mampu bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.
  • Keterampilan kepemimpinan: Kita harus mampu memimpin dan memotivasi orang lain untuk terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.
  • Keterampilan kewirausahaan: Kita harus mampu mengembangkan ide-ide dan solusi inovatif untuk mengatasi masalah lingkungan hidup.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : PBL { Problem Based learning }

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam.

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mampu menjelaskan pengertian sumber daya alam dan jenis-jenisnya.

2.      Peserta didik mampu menganalisis potensi sumber daya alam di Indonesia.

3.      Peserta didik mampu mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia.

4.      Peserta didik mampu mengusulkan solusi kreatif dan inovatif untuk pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di Indonesia.

5.      Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok secara efektif untuk menyelesaikan masalah..

Pertanyaan pematik

1.             Sumber daya alam apa yang sering kamu lihat di sekitarmu?

2.             Apa manfaat sumber daya alam bagi kehidupan manusia?

3.             Pernahkah kamu melihat atau mendengar tentang kerusakan sumber daya alam?

4.             Bagaimana menurutmu cara memanfaatkan sumber daya alam agar lestari?

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi dan Motivasi :

  • Guru menunjukkan beberapa gambar atau video tentang sumber daya alam di Indonesia.
    • gambar:
      • Hutan tropis yang lebat
      • Keindahan pantai dan laut Indonesia
      • Kekayaan mineral dan tambang di Indonesia
      • Dampak kerusakan lingkungan akibat aktivitas manusia
  • Guru mendiskusikan dengan siswa tentang pentingnya sumber daya alam bagi Indonesia.
      • Apa saja keunggulan Indonesia dalam hal sumber daya alam?
      • Bagaimana sumber daya alam berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia?
      • Apa yang akan terjadi jika sumber daya alam di Indonesia tidak dikelola dengan baik?
      • Bagaimana kita dapat menjaga kelestarian sumber daya alam untuk generasi mendatang?

Motivasi:

  • Guru menjelaskan kepada siswa bahwa tema pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam di Indonesia sangat penting untuk dipelajari karena:
    • Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa.
    • Pemanfaatan sumber daya alam yang bijak dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi.
    • Pelestarian sumber daya alam sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan dan memastikan keberlanjutan hidup manusia di masa depan.
    • Memahami tema ini dapat membantu siswa untuk menjadi generasi yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan dan melestarikan sumber daya alam.

KEGIATAN INTI

Penyajian Permasalahan (10 menit)

  1. Guru menyampaikan permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di Indonesia, misalnya:
    • Permasalahan 1: Bagaimana cara memanfaatkan sumber daya alam hutan secara berkelanjutan untuk menghasilkan produk kayu dan non-kayu, sekaligus menjaga kelestarian hutan dan keanekaragaman hayati?
    • Permasalahan 2: Bagaimana cara mengatasi pencemaran air sungai dan laut akibat limbah industri dan rumah tangga?
    • Permasalahan 3: Bagaimana cara mengembangkan energi terbarukan untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil yang tidak ramah lingkungan?
  2. Guru meminta siswa untuk memikirkan dan mencatat ide-ide awal untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Penyelidikan Kelompok (40 menit)

  1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil yang heterogen, dengan mempertimbangkan kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa.
  2. Setiap kelompok menunjuk seorang ketua, sekretaris, dan juru bicara.
  3. Guru membagikan Lembar Kerja Siswa kepada setiap kelompok.
  4. Guru menjelaskan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dalam Lembar Kerja Siswa, yaitu:
    • Tugas 1: Mengidentifikasi potensi sumber daya alam di Indonesia.
    • Tugas 2: Menganalisis tantangan dan peluang dalam pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia.
    • Tugas 3: Mengusulkan solusi kreatif dan inovatif untuk pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di Indonesia.
  5. Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk mengerjakan tugas-tugas dalam Lembar Kerja Siswa.
  6. Setiap kelompok mencari informasi tambahan dari berbagai sumber, seperti:
    • Buku teks
    • Artikel jurnal
    • Situs web terpercaya
    • Narasumber
  7. Siswa mencatat hasil diskusi dan informasi yang diperoleh dalam Lembar Kerja Siswa.

Presentasi dan Diskusi Kelas (30 menit)

  1. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan solusi yang mereka usulkan untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
  2. Kelompok lain memberikan pertanyaan dan tanggapan terhadap presentasi yang disampaikan.
  3. Guru memfasilitasi diskusi kelas untuk memperdalam pemahaman siswa tentang tema pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam di Indonesia.

Penutup (5 menit)

  1. Guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam di Indonesia berdasarkan hasil diskusi kelas.
  2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan.
  3. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat poster atau infografis tentang pentingnya pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di Indonesia.

: Refleksi

Refleksi diri:

    • Setiap siswa melakukan refleksi diri tentang pembelajaran yang telah dilakukan, seperti:
      1. Apa yang telah dipelajari?
      2. Bagaimana proses belajarnya?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?

Refleksi kelompok:

    • Setiap kelompok melakukan refleksi tentang kerja sama dan kinerja kelompok, seperti:
      1. Bagaimana kerja sama antar anggota kelompok?
      2. Apakah semua anggota kelompok berkontribusi secara aktif?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk kerja sama kelompok selanjutnya?

Asesmen

Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya:

A.    Pengetahuan : Rubrik dan lembar Penialaian Soal

B.     Sikap : Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap

C.     Ketrampilan : Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

Lembar kerja siswa

Tema: Pemanfaatan dan Pelestarian Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia

Kelompok: ...

Anggota Kelompok:

  1. ...
  2. ...
  3. ...

Berikut adalah empat skenario atau studi kasus yang berkaitan dengan pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di Indonesia.

Studi Kasus 1: Deforestasi di Kalimantan

Skenario: Desa Mandiri di Kalimantan Tengah mengalami masalah deforestasi yang cukup parah akibat penebangan hutan untuk lahan perkebunan kelapa sawit. Sumber daya hutan yang berkurang mengakibatkan rusaknya habitat satwa liar dan menurunnya kualitas lingkungan.

Pertanyaan untuk Diskusi:

  1. Apa dampak dari deforestasi terhadap ekosistem hutan di Kalimantan?
  2. Bagaimana cara masyarakat dan pemerintah dapat mengatasi deforestasi tersebut?
  3. Apa solusi kreatif yang dapat diusulkan untuk pemanfaatan lahan tanpa merusak hutan?

Studi Kasus 2: Penambangan Nikel di Sulawesi

Skenario: Perusahaan tambang nikel di Sulawesi mengalami tekanan dari masyarakat lokal karena penambangan tersebut merusak lingkungan dan mengurangi kualitas air. Di sisi lain, nikel merupakan salah satu komoditas ekspor utama yang mendukung perekonomian daerah.

Pertanyaan untuk Diskusi:

  1. Apa saja dampak negatif dari penambangan nikel terhadap lingkungan dan masyarakat?
  2. Bagaimana perusahaan tambang dapat meminimalkan dampak negatif dari kegiatan penambangan?
  3. Apa langkah-langkah yang dapat diambil untuk memastikan penambangan berkelanjutan?

Studi Kasus 3: Pengelolaan Sumber Daya Laut di Maluku

Skenario: Wilayah perairan Maluku memiliki potensi sumber daya laut yang sangat besar, terutama dalam bidang perikanan. Namun, aktivitas penangkapan ikan yang berlebihan dan praktik perikanan yang tidak ramah lingkungan mengancam keberlanjutan ekosistem laut.

Pertanyaan untuk Diskusi:

  1. Apa saja dampak dari overfishing terhadap ekosistem laut di Maluku?
  2. Bagaimana cara masyarakat dan nelayan dapat memanfaatkan sumber daya laut secara berkelanjutan?
  3. Apa teknologi atau metode yang bisa diterapkan untuk mendukung praktik perikanan berkelanjutan?

Studi Kasus 4: Energi Terbarukan di Bali

Skenario: Pulau Bali berupaya untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil dengan mengembangkan proyek energi terbarukan, seperti tenaga surya dan angin. Namun, implementasi proyek ini menghadapi berbagai tantangan teknis dan sosial.

Pertanyaan untuk Diskusi:

  1. Apa manfaat dari pengembangan energi terbarukan di Bali?
  2. Tantangan apa saja yang dihadapi dalam implementasi proyek energi terbarukan di Bali?
  3. Bagaimana solusi kreatif dapat membantu mengatasi tantangan tersebut dan mempercepat adopsi energi terbarukan?

Panduan Diskusi dan Presentasi

Langkah-langkah untuk setiap studi kasus:

  1. Identifikasi Masalah:
    • Diskusikan dalam kelompok untuk mengidentifikasi masalah utama yang terdapat dalam skenario.
  2. Penyelidikan dan Pengumpulan Informasi:
    • Lakukan riset untuk mengumpulkan informasi tambahan mengenai masalah, dampak, dan praktik pemanfaatan/pelestarian yang relevan.
  3. Analisis dan Sintesis:
    • Analisis informasi yang telah dikumpulkan dan temukan solusi kreatif untuk masalah yang ada.
  4. Rencana Aksi:
    • Buat rencana aksi yang konkret dan dapat diterapkan, serta strategi untuk mengukur keberhasilan.
  5. Presentasi:
    • Presentasikan hasil diskusi dan rencana aksi kepada kelas, diikuti dengan sesi tanya jawab dan feedback.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar