Senin, 15 Juli 2024

Modul belajar IPS Kelas 9 2024-2025, Faktor- faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional

 

Modul belajar

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/IX/D

Tema

Peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital untuk memahami potensi Indonesia menjadi negara maju.

Submateri

Menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional

).

 

Tahun Ajar

2024/2025

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional.

Profil Pelajar Pancasila

 

Dimensi         : Bernalar ritis

Elemen          :

1)      Memperoleh  dan  memproses  informasi  dan gagasan

2)      Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

3)      Mengevaluasi pemikiran sendiri

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

2)      Peserta  didik  mampu  mengambil  keputusan dan kesimpulan terhadap suatu masalah secara kritis

Dimensi         : Berkebhinekaan global

Elemen          :

1)      Mengenal dan menghargai budaya

2)      Komunikasi dan interaksi antar budaya

3)      Refleksi    dan    tanggung    jawab    terhadap pengalaman kebhinekaan

4)      Berkeadilan sosial

Indikator di akhir fase

1)      Peserta   didik   mampu   menghargai   adanya perbedaan kebudayaan di loingkungan mereka

2)      Peserta  didik  mampu  berlaku  adil  kepada seluruh  teman  tanpa  memandang  latar belakang budaya

 

1.   Pemahaman Kontekstual

a.   Kegiatan ekonomi di era digital: Era digital membawa perubahan pada

kegiatan ekonomi, seperti munculnya e- commerce, fintech, dan ekonomi kreatif.

b.   Dampak kegiatan ekonomi di era digital: Kegiatan ekonomi di era digital memiliki

dampak positif dan negatif bagi masyarakat dan lingkungan.

c.   Peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era

digital: Masyarakat dan negara perlu beradaptasi dan berinovasi untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan ekonomi di era digital.

d.   Potensi Indonesia menjadi negara maju: Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi negara maju dengan memanfaatkan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan kemajuan teknologi.

2.    Keterampilan Inovasi kewirausahaan:

Berinovasi untuk menciptakan proyek dan layanan ekonomi baru untuk menjadi wirausahawan yang sukses dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : Discovery Learning

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju.

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat menjelaskan konsep dasar dari perdagangan internasional.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional.
  3. Siswa dapat menganalisis dampak faktor-faktor tersebut terhadap perdagangan antar negara.
  4. Siswa dapat membandingkan pengaruh faktor-faktor perdagangan internasional di berbagai negara.
  5. Siswa dapat merumuskan solusi atau strategi untuk mengatasi tantangan dalam perdagangan internasional.

Pertanyaan Pemantik

1.      Apa yang kalian ketahui tentang perdagangan internasional?

2.      Mengapa negara-negara melakukan perdagangan dengan negara lain? Apa manfaat utama dari perdagangan internasional?

3.      Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional antara dua negara?

 

 

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi

Selamat pagi, anak-anak!

Sebelum kita mulai pelajaran hari ini, mari kita lihat beberapa produk yang kalian gunakan sehari-hari. Cobalah sebutkan beberapa barang yang kalian miliki, seperti makanan, pakaian, atau gadget. Dari mana asal barang-barang tersebut?

Misalnya, kalian mungkin memiliki smartphone yang dibuat di Korea Selatan, atau mungkin kalian suka makan cokelat dari Swiss. Kalian pernah berpikir tidak, bagaimana produk-produk ini bisa sampai ke tangan kita? Inilah yang kita sebut sebagai perdagangan internasional!

Perdagangan internasional adalah proses jual beli barang dan jasa antara negara. Tapi, perdagangan internasional bukan hanya sekedar transaksi; ada banyak faktor yang mempengaruhi bagaimana dan mengapa negara-negara terlibat dalam perdagangan ini.

Mari kita bayangkan bagaimana negara-negara yang berbeda berinteraksi satu sama lain dalam hal perdagangan. Misalnya, bagaimana jika satu negara memiliki banyak sumber daya alam, sementara negara lain memiliki teknologi tinggi? Bagaimana mereka bisa saling memenuhi kebutuhan masing-masing? Inilah yang akan kita pelajari hari ini!

Motivasi

Sekarang, mari kita pikirkan sejenak tentang manfaat yang kita dapatkan dari perdagangan internasional. Bayangkan jika kita hanya bisa membeli barang dari negara kita sendiri. Mungkin kita tidak akan bisa menikmati barang-barang yang unik dan berkualitas tinggi dari seluruh dunia.

Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional, kalian akan dapat melihat betapa kompleks dan menariknya dunia perdagangan global. Kalian akan belajar tentang berbagai hal yang mempengaruhi bagaimana negara-negara berinteraksi dalam perdagangan, mulai dari kebijakan pemerintah hingga faktor geografis dan ekonomi.

Kenapa ini penting? Karena dengan pengetahuan ini, kalian bisa memahami bagaimana dunia di sekitar kalian bekerja, dan bagaimana keputusan yang diambil oleh negara-negara lain bisa mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Kalian juga bisa belajar tentang cara-cara untuk mengatasi tantangan dalam perdagangan internasional dan bagaimana negara bisa meningkatkan hubungan perdagangan untuk mendapatkan manfaat lebih besar.

Mari kita jelajahi bersama-sama faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional dan lihat bagaimana kita bisa menggunakan pengetahuan ini untuk memahami dunia yang lebih luas. Siap untuk memulai petualangan ini?

KEGIATAN INTI

Langkah-Langkah Kegiatan

Langkah-Langkah Kegiatan Inti

1. Identifikasi Masalah

Masalah: Negara A ingin meningkatkan ekspor produk pertanian mereka ke Negara B. Namun, mereka menghadapi beberapa tantangan yang mempengaruhi volume perdagangan tersebut. Sebagai kelompok, kalian diminta untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan antara Negara A dan Negara B, serta merumuskan strategi untuk mengatasi tantangan tersebut.

Contoh Kasus: Negara A adalah negara penghasil beras, sedangkan Negara B adalah negara yang kekurangan pasokan beras. Meskipun ada potensi untuk perdagangan, volume ekspor beras dari Negara A ke Negara B belum optimal.

Pertanyaan untuk Diskusi:

  • Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan beras antara Negara A dan Negara B?
  • Bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi volume perdagangan beras?
  • Apa strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan volume perdagangan beras antara kedua negara?

 

2. Organisasi Belajar

  • Pembagian Kelompok: Ajak siswa membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang.
  • Penjelasan Tugas: Setiap kelompok akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional menggunakan kasus yang diberikan dan menyusun strategi untuk meningkatkan perdagangan.

3. Investigasi Mandiri dan Kelompok

Aktivitas: Siswa melakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional, seperti kebijakan pemerintah, kondisi ekonomi, faktor geografis, dan sosial budaya. Siswa dapat menggunakan buku teks, artikel, internet, dan sumber-sumber lainnya.

Sumber Informasi:

  • Buku teks ekonomi
  • Artikel online tentang perdagangan internasional
  • Data ekonomi dan kebijakan perdagangan dari situs web pemerintah atau organisasi internasional

Instruksi untuk Siswa:

  • Teliti faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional dalam konteks kasus yang diberikan.
  • Catat informasi yang relevan dan diskusikan dalam kelompok untuk menentukan bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi perdagangan antara Negara A dan Negara B.

4. Pengembangan dan Penyajian Hasil

Aktivitas: Setiap kelompok menyusun presentasi yang mencakup analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan dan strategi untuk meningkatkan perdagangan antara Negara A dan Negara B.

Format Presentasi:

  • Slide 1: Judul dan Nama Anggota Kelompok
  • Slide 2: Deskripsi Kasus
  • Slide 3: Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perdagangan
  • Slide 4: Analisis Dampak Faktor-Faktor Terhadap Perdagangan
  • Slide 5: Strategi untuk Mengatasi Tantangan dan Meningkatkan Perdagangan
  • Slide 6: Kesimpulan

Instruksi untuk Presentasi:

  • Presentasikan temuan kalian dan strategi yang diusulkan.
  • Jawab pertanyaan dari guru dan siswa lainnya.

5. Analisis dan Evaluasi Proses Pemecahan Masalah

Aktivitas: Guru bersama siswa mengevaluasi hasil presentasi dan strategi yang diusulkan. Diskusikan kelebihan dan kekurangan dari setiap strategi dan refleksikan proses pembelajaran.

Pertanyaan Refleksi:

  • Apa yang kalian pelajari tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional dari kegiatan ini?
  • Apa tantangan terbesar yang kalian hadapi dalam menganalisis faktor-faktor tersebut?
  • Bagaimana kalian bisa menggunakan pengetahuan ini untuk situasi perdagangan internasional di dunia nyata?

 

: Refleksi

Refleksi diri:

    • Setiap siswa melakukan refleksi diri tentang pembelajaran yang telah dilakukan, seperti:
      1. Apa yang telah dipelajari?
      2. Bagaimana proses belajarnya?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?

Refleksi kelompok:

    • Setiap kelompok melakukan refleksi tentang kerja sama dan kinerja kelompok, seperti:
      1. Bagaimana kerja sama antar anggota kelompok?
      2. Apakah semua anggota kelompok berkontribusi secara aktif?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk kerja sama kelompok selanjutnya?

Asesmen

Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya:

A.     Pengetahuan : Rubrik dan lembar Penialaian Soal

B.     Sikap : Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap

C.     Ketrampilan : Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar kerja siswa

 

Nama: ___________________ Kelas: _______________ Tanggal: _______________

Instruksi:

Kalian akan bekerja dalam kelompok untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional antara Negara A dan Negara B. Ikuti petunjuk berikut untuk menyelesaikan tugas kalian.


Tugas 1: Identifikasi Masalah

Deskripsi Kasus: Negara A adalah negara penghasil beras, sedangkan Negara B adalah negara yang kekurangan pasokan beras. Meskipun ada potensi untuk perdagangan, volume ekspor beras dari Negara A ke Negara B belum optimal.

Tugas:

1.      Identifikasikan masalah utama yang mempengaruhi perdagangan beras antara Negara A dan Negara B.

    • Masalah Utama:




Tugas 2: Investigasi Informasi

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perdagangan Internasional:

·         Kebijakan Pemerintah:



·         Kondisi Ekonomi:



·         Faktor Geografis:



·         Faktor Sosial dan Budaya:



Catat informasi dari hasil penelitian kalian.


Tugas 3: Analisis dan Penyelesaian Masalah

Analisis Dampak Faktor-Faktor Terhadap Perdagangan:

1.      Faktor 1: Kebijakan Pemerintah

    • Dampak:

2.      Faktor 2: Kondisi Ekonomi

    • Dampak:

3.      Faktor 3: Faktor Geografis

    • Dampak:

4.      Faktor 4: Faktor Sosial dan Budaya

    • Dampak:

Strategi untuk Mengatasi Tantangan:

  • Strategi 1:

  • Strategi 2:

  • Strategi 3:


Tugas 4: Presentasi

Persiapkan presentasi tentang analisis kalian dan strategi untuk meningkatkan perdagangan beras antara Negara A dan Negara B.

Contoh Struktur Presentasi:

1.      Judul dan Nama Anggota Kelompok


2.      Deskripsi Kasus


3.      Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perdagangan


4.      Analisis Dampak Faktor-Faktor Terhadap Perdagangan


5.      Strategi untuk Mengatasi Tantangan dan Meningkatkan Perdagangan


6.      Kesimpulan



Tugas 5: Refleksi

Jawablah pertanyaan refleksi berikut setelah presentasi:

1.      Apa yang kalian pelajari tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional dari kegiatan ini?



2.      Apa tantangan terbesar yang kalian hadapi dalam menganalisis faktor-faktor tersebut?



3.      Bagaimana kalian bisa menggunakan pengetahuan ini untuk situasi perdagangan internasional di dunia nyata?




Contoh Hasil Kegiatan Pembelajaran

Langkah

Deskripsi

Identifikasi Masalah

Menentukan masalah utama dalam perdagangan beras antara Negara A dan Negara B.

Investigasi

Mencari informasi tentang kebijakan pemerintah, kondisi ekonomi, faktor geografis, dan sosial budaya.

Analisis

Menganalisis dampak dari berbagai faktor terhadap perdagangan dan menyusun strategi.

Presentasi

Menyajikan hasil analisis dan strategi dalam bentuk presentasi.

Refleksi

Merefleksikan proses pembelajaran dan strategi yang diusulkan.

Media dan Sumber Belajar

  • Video: Video tentang perdagangan internasional dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  • Artikel: Artikel mengenai kebijakan perdagangan, kondisi ekonomi, dan faktor-faktor perdagangan internasional.
  • Infografis: Infografis yang menjelaskan faktor-faktor perdagangan internasional.

Dengan kegiatan inti dan lembar kerja ini, siswa diharapkan dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional melalui analisis masalah nyata dan merumuskan strategi yang efektif.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar