Senin, 15 Juli 2024

Modul Belajar IPS Kelas 9, Perubahan iklim dan bencana alam di Indonesia

 

Modul belajar

Tahun Pelajaran 2024-2025


IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/IX/D

Tema

faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam

Submateri

Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan perubahan iklim dan bencana alam di Indonesia

Tahun Ajar

2024/2025

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan perubahan iklim dan bencana alam.

Profil Pelajar Pancasila

 

   Dimensi         : Mandiri

Elemen          :  Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Indikator di akhir fase

1)      Peserta   didik   mampu   melakukan   refleksi terhadap kondisi dirinya baik kelebihan maupun      keterbatasan     dirinya     sehingga menyadari kebutuhan pengembangan dirinya

   Dimensi : Bergotong-royong

Elemen  : Kolaborasi

Indikator di akhir fase

1.      Peserta    didik    peduli    terhadap    kondisi lingkungan fisik dan sosial sekitar

 

Pemahaman Kontekstual:

Perubahan iklim dan potensi bencana alam di Indonesia merupakan isu yang kompleks dan saling terkait. Aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi, dan penggunaan lahan yang tidak berkelanjutan, merupakan salah satu faktor utama penyebab perubahan iklim. Dampak perubahan iklim, seperti kenaikan permukaan laut, suhu ekstrem, dan pola curah hujan yang berubah, meningkatkan risiko terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan kekeringan.

Indonesia, sebagai negara kepulauan yang terletak di kawasan tropis, sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim dan potensi bencana alam. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Letak geografis: Indonesia terletak di sepanjang Cincin Api Pasifik, yang merupakan zona aktif gempa bumi dan gunung berapi.
  • Kepulauan: Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, yang berarti banyak daerah pesisir yang rentan terhadap kenaikan permukaan laut dan badai.
  • Hutan: Indonesia memiliki hutan hujan tropis yang luas, yang berperan penting dalam menyerap karbon dioksida dan menjaga keseimbangan iklim. Namun, deforestasi yang masif telah mengurangi kemampuan hutan untuk menyerap karbon dioksida dan meningkatkan emisi gas rumah kaca.
  • Kepadatan penduduk: Indonesia memiliki populasi yang besar dan terus meningkat, yang membebani sumber daya alam dan meningkatkan kerentanan terhadap bencana alam.

Keterampilan Menganalisis:

Untuk memahami dampak aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam di Indonesia, siswa perlu mengembangkan keterampilan menganalisis yang meliputi:

  • Mengumpulkan dan menginterpretasikan data: Siswa harus mampu mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti statistik resmi, penelitian ilmiah, dan laporan media. Data tersebut kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi tren dan pola yang terkait dengan perubahan iklim dan potensi bencana alam.
  • Memahami hubungan sebab akibat: Siswa harus mampu memahami hubungan sebab akibat antara aktivitas manusia, perubahan iklim, dan potensi bencana alam. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat diagram alur, peta konsep, dan model visual lainnya.
  • Menilai risiko dan kerentanan: Siswa harus mampu menilai risiko dan kerentanan suatu wilayah terhadap bencana alam. Hal ini dapat dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti letak geografis, kondisi geologi, dan kepadatan penduduk.
  • Mengembangkan solusi: Siswa harus mampu mengembangkan solusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan potensi bencana alam. Hal ini dapat dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai pendekatan, seperti mitigasi, adaptasi, dan edukasi.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : PBL { Problem Based learning }

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam.

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mampu menjelaskan pengertian perubahan iklim dan bencana alam.

2.      Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan perubahan iklim dan bencana alam di Indonesia.

3.      Peserta didik mampu menganalisis dampak perubahan iklim dan bencana alam terhadap lingkungan dan manusia.

4.      Peserta didik mampu mengusulkan solusi untuk mencegah atau mengurangi dampak perubahan iklim dan bencana alam.

5.      Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah.

Pertanyaan pematik

1.      Pernahkah kamu melihat atau merasakan dampak perubahan iklim, seperti cuaca ekstrem atau kenaikan permukaan laut?

2.      Pernahkah kamu mendengar tentang bencana alam yang terjadi di Indonesia, seperti banjir, tanah longsor, atau gempa bumi?

3.      Menurutmu apa yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim dan bencana alam?

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi dan Motivasi :

Guru menunjukkan beberapa gambar atau video tentang dampak perubahan iklim dan bencana alam di Indonesia.

gambar:

    • Banjir yang melanda ibukota Jakarta.
    • Tanah longsor yang terjadi di Jawa Barat.
    • Kebakaran hutan di Kalimantan.
    • Kenaikan permukaan laut di Bali.

 Guru mendiskusikan dengan siswa tentang pentingnya memahami faktor-faktor yang menyebabkan perubahan iklim dan bencana alam.

    • Mengapa kita perlu memahami faktor-faktor yang menyebabkan perubahan iklim dan bencana alam?
    • Apa manfaat yang dapat diperoleh dengan memahami faktor-faktor tersebut?
    • Bagaimana pemahaman tersebut dapat membantu kita dalam mencegah atau mengurangi dampak perubahan iklim dan bencana alam?

Motivasi:

  • Guru menjelaskan kepada siswa bahwa tema Menganalisis Faktor-faktor yang Menyebabkan Perubahan Iklim dan Bencana Alam di Indonesia sangat penting untuk dipelajari karena:
    • Perubahan iklim dan bencana alam merupakan salah satu isu yang paling mendesak dihadapi Indonesia saat ini.
    • Memahami faktor-faktor yang menyebabkan perubahan iklim dan bencana alam dapat membantu kita dalam mengambil tindakan untuk mencegah atau mengurangi dampaknya.

KEGIATAN INTI

  1. Pendahuluan (Introduction)
    • Kegiatan: Guru memulai pelajaran dengan memperlihatkan gambar, video, atau berita terbaru tentang bencana alam yang terjadi di Indonesia seperti banjir, tanah longsor, atau kebakaran hutan.
      • Pertanyaan pemantik: "Apa yang kalian ketahui tentang perubahan iklim dan bagaimana hal itu mempengaruhi bencana alam di Indonesia?"
    • Tujuan: Menarik perhatian dan memotivasi peserta didik untuk mempelajari lebih lanjut tentang faktor-faktor yang menyebabkan perubahan iklim dan bencana alam.
  2. Definisi Masalah (Problem Definition)
    • Kegiatan: Guru mengajak peserta didik untuk merumuskan masalah utama yang akan mereka selesaikan melalui proyek.
      • Misalnya: "Bagaimana faktor-faktor yang menyebabkan perubahan iklim berkontribusi terhadap bencana alam di Indonesia dan apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampaknya?"
    • Tujuan: Mengidentifikasi masalah utama yang akan menjadi fokus proyek.
  3. Penugasan Proyek (Project Assignment)
    • Kegiatan: Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok diberikan tugas untuk meneliti salah satu faktor yang menyebabkan perubahan iklim (seperti deforestasi, emisi gas rumah kaca, polusi udara, dll.) dan bagaimana faktor tersebut mempengaruhi bencana alam di Indonesia.
      • Setiap kelompok akan membuat proyek berupa poster, presentasi, atau video yang mengedukasi masyarakat tentang topik yang mereka teliti.
    • Tujuan: Memberikan tugas proyek yang jelas dan spesifik kepada peserta didik.
  4. Pengumpulan Data (Data Collection)
    • Kegiatan: Setiap kelompok melakukan penelitian menggunakan berbagai sumber seperti buku, artikel, internet, dan wawancara dengan ahli atau masyarakat setempat. Mereka mengumpulkan data tentang faktor yang mereka teliti dan bagaimana faktor tersebut berkontribusi terhadap perubahan iklim dan bencana alam.
    • Tujuan: Mengumpulkan informasi yang akurat dan relevan untuk proyek.
  5. Pengolahan Data (Data Processing)
    • Kegiatan: Setiap kelompok menganalisis data yang telah mereka kumpulkan. Mereka membuat hubungan antara faktor yang mereka teliti dengan bencana alam yang terjadi di Indonesia, serta menyusun rekomendasi untuk mitigasi.
    • Tujuan: Melatih peserta didik dalam menganalisis data dan membuat hubungan kausal.
  6. Penyusunan Proyek (Project Creation)
    • Kegiatan: Setiap kelompok menyusun proyek mereka (poster, presentasi, video) yang berisi:
      • Penjelasan tentang faktor yang menyebabkan perubahan iklim.
      • Hubungan antara faktor tersebut dengan bencana alam di Indonesia.
      • Rekomendasi untuk mitigasi dampak perubahan iklim.
    • Tujuan: Membuat produk yang edukatif dan informatif.
  7. Presentasi dan Evaluasi (Presentation and Evaluation)
    • Kegiatan: Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas. Guru dan teman-teman sekelas memberikan umpan balik dan evaluasi terhadap setiap presentasi.
    • Tujuan: Melatih keterampilan presentasi dan memberikan umpan balik yang konstruktif.

: Refleksi

Refleksi diri:

    • Setiap siswa melakukan refleksi diri tentang pembelajaran yang telah dilakukan, seperti:
      1. Apa yang telah dipelajari?
      2. Bagaimana proses belajarnya?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?

Refleksi kelompok:

    • Setiap kelompok melakukan refleksi tentang kerja sama dan kinerja kelompok, seperti:
      1. Bagaimana kerja sama antar anggota kelompok?
      2. Apakah semua anggota kelompok berkontribusi secara aktif?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk kerja sama kelompok selanjutnya?

Asesmen

Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya:

A.    Pengetahuan : Rubrik dan lembar Penialaian Soal

B.     Sikap : Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap

C.     Ketrampilan : Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

Lembar kerja siswa

Tema: Pemanfaatan dan Pelestarian Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia

Kelompok: ...

Anggota Kelompok:

  1. ...
  2. ...
  3. ...
  1. Identifikasi Faktor:
    • Jelaskan faktor yang menyebabkan perubahan iklim yang kelompok kalian teliti.
    • Bagaimana faktor tersebut mempengaruhi perubahan iklim di Indonesia?
  2. Analisis Hubungan:
    • Bagaimana faktor yang kalian teliti berkontribusi terhadap bencana alam di Indonesia?
    • Berikan contoh konkret dari bencana alam yang terkait dengan faktor tersebut.
  3. Pengumpulan Data:
    • Sumber informasi apa saja yang kalian gunakan untuk penelitian ini?
    • Apakah kalian melakukan wawancara atau survei? Jelaskan temuan penting dari wawancara atau survei tersebut.
  4. Penyusunan Proyek:
    • Buatlah proyek yang menjelaskan faktor penyebab perubahan iklim, hubungannya dengan bencana alam, dan rekomendasi mitigasi.
    • Pastikan proyek kalian mudah dipahami dan menarik untuk masyarakat.
  5. Presentasi:
    • Siapkan presentasi kelompok kalian.
    • Jelaskan proyek kalian dengan jelas dan menarik kepada teman-teman sekelas

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar