Modul belajar
Tahun Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/IX/D |
Tema |
faktor aktivitas
manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana
alam |
Submateri |
Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan perubahan
iklim dan bencana
alam di Indonesia |
Tahun Ajar |
2024/2025 |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Kompetensi Awal Peserta
didik mampu Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan perubahan
iklim dan bencana
alam. |
Profil Pelajar Pancasila • Dimensi : Mandiri Elemen :
Pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir fase 1) Peserta
didik mampu
melakukan
refleksi
terhadap kondisi
dirinya baik kelebihan
maupun keterbatasan dirinya
sehingga menyadari
kebutuhan pengembangan
dirinya • Dimensi : Bergotong-royong Elemen
: Kolaborasi Indikator di akhir fase 1.
Peserta didik peduli terhadap kondisi lingkungan fisik dan sosial sekitar |
Pemahaman
Kontekstual: Perubahan
iklim dan potensi bencana alam di Indonesia merupakan isu yang kompleks dan
saling terkait. Aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil,
deforestasi, dan penggunaan lahan yang tidak berkelanjutan, merupakan salah
satu faktor utama penyebab perubahan iklim. Dampak perubahan iklim, seperti
kenaikan permukaan laut, suhu ekstrem, dan pola curah hujan yang berubah,
meningkatkan risiko terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor,
dan kekeringan. Indonesia,
sebagai negara kepulauan yang terletak di kawasan tropis, sangat rentan
terhadap dampak perubahan iklim dan potensi bencana alam. Hal ini disebabkan
oleh beberapa faktor, seperti:
Keterampilan
Menganalisis: Untuk
memahami dampak aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi
bencana alam di Indonesia, siswa perlu mengembangkan keterampilan
menganalisis yang meliputi:
|
Sarana dan Prasarana Media:
PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor,
LKPD • Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud
dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran
: PBL { Problem Based
learning
} Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
presentasi. |
KOMPETENSI
INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan
pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan
iklim dan potensi bencana alam. |
Tujuan Pembelajaran 1.
Peserta
didik mampu menjelaskan pengertian perubahan iklim dan bencana alam. 2.
Peserta
didik mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan perubahan iklim
dan bencana alam di Indonesia. 3.
Peserta
didik mampu menganalisis dampak perubahan iklim dan bencana alam terhadap
lingkungan dan manusia. 4.
Peserta
didik mampu mengusulkan solusi untuk mencegah atau mengurangi dampak
perubahan iklim dan bencana alam. 5.
Peserta
didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah. |
Pertanyaan pematik 1.
Pernahkah
kamu melihat atau merasakan dampak perubahan iklim, seperti cuaca ekstrem
atau kenaikan permukaan laut? 2.
Pernahkah
kamu mendengar tentang bencana alam yang terjadi di Indonesia, seperti
banjir, tanah longsor, atau gempa bumi? 3.
Menurutmu
apa yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim dan bencana alam? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru
menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah. Apersepsi dan Motivasi : Guru menunjukkan beberapa gambar atau video tentang dampak
perubahan iklim dan bencana alam di Indonesia. gambar:
Guru mendiskusikan dengan siswa
tentang pentingnya memahami faktor-faktor yang menyebabkan perubahan iklim
dan bencana alam.
Motivasi:
|
KEGIATAN INTI |
|
: Refleksi Refleksi diri:
Refleksi kelompok:
|
Asesmen Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya: A.
Pengetahuan : Rubrik dan lembar Penialaian Soal B.
Sikap : Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap
C.
Ketrampilan : Rubrik dan lembar diskusi dan
presentasi |
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru
Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd.
NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
Lembar kerja siswa
Tema: Pemanfaatan dan Pelestarian Potensi Sumber Daya Alam di
Indonesia
Kelompok: ...
Anggota Kelompok:
- ...
- ...
- ...
- Identifikasi Faktor:
- Jelaskan faktor yang menyebabkan
perubahan iklim yang kelompok kalian teliti.
- Bagaimana faktor tersebut
mempengaruhi perubahan iklim di Indonesia?
- Analisis Hubungan:
- Bagaimana faktor yang kalian
teliti berkontribusi terhadap bencana alam di Indonesia?
- Berikan contoh konkret dari
bencana alam yang terkait dengan faktor tersebut.
- Pengumpulan Data:
- Sumber informasi apa saja yang
kalian gunakan untuk penelitian ini?
- Apakah kalian melakukan
wawancara atau survei? Jelaskan temuan penting dari wawancara atau survei
tersebut.
- Penyusunan Proyek:
- Buatlah proyek yang
menjelaskan faktor penyebab perubahan iklim, hubungannya dengan bencana
alam, dan rekomendasi mitigasi.
- Pastikan proyek kalian mudah
dipahami dan menarik untuk masyarakat.
- Presentasi:
- Siapkan presentasi kelompok
kalian.
- Jelaskan proyek kalian dengan
jelas dan menarik kepada teman-teman sekelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar