Senin, 15 Juli 2024

Modul Belajar IPS Kls 9 2024-2025, Perdagangan internasional dan manfaatnya (Kerjasama Internasional).

 

Modul belajar

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/IX/D

Tema

Peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital untuk memahami potensi Indonesia menjadi negara maju.

Submateri

Memahami konsep perdagangan internasional dan manfaatnya (Kerjasama Internasional).

 

Tahun Ajar

2024/2025

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu menjelaskan konsep perdagangan internasional dan manfaatnya.

 

Profil Pelajar Pancasila

 

Dimensi         : Bernalar ritis

Elemen          :

1)      Memperoleh  dan  memproses  informasi  dan gagasan

2)      Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

3)      Mengevaluasi pemikiran sendiri

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

2)      Peserta  didik  mampu  mengambil  keputusan dan kesimpulan terhadap suatu masalah secara kritis

Dimensi         : Berkebhinekaan global

Elemen          :

1)      Mengenal dan menghargai budaya

2)      Komunikasi dan interaksi antar budaya

3)      Refleksi    dan    tanggung    jawab    terhadap pengalaman kebhinekaan

4)      Berkeadilan sosial

Indikator di akhir fase

1)      Peserta   didik   mampu   menghargai   adanya perbedaan kebudayaan di loingkungan mereka

2)      Peserta  didik  mampu  berlaku  adil  kepada seluruh  teman  tanpa  memandang  latar belakang budaya

 

1.   Pemahaman Kontekstual

a.   Kegiatan ekonomi di era digital: Era digital membawa perubahan pada

kegiatan ekonomi, seperti munculnya e- commerce, fintech, dan ekonomi kreatif.

b.   Dampak kegiatan ekonomi di era digital: Kegiatan ekonomi di era digital memiliki

dampak positif dan negatif bagi masyarakat dan lingkungan.

c.   Peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era

digital: Masyarakat dan negara perlu beradaptasi dan berinovasi untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan ekonomi di era digital.

d.   Potensi Indonesia menjadi negara maju: Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi negara maju dengan memanfaatkan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan kemajuan teknologi.

2.   Pengembangan Keterampilan Tingkat Tinggi:

Keterampilan Inovasi kewirausahaan: Berinovasi untuk menciptakan proyek dan layanan ekonomi baru untuk menjadi wirausahawan yang sukses dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : Discovery Learning

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju.

Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa mampu memahami konsep dasar perdagangan internasional.

2.      Siswa dapat menjelaskan berbagai bentuk kerjasama internasional dalam perdagangan.

3.      Siswa mampu mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional bagi negara-negara yang terlibat.

4.      Siswa mampu menganalisis dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian suatu negara.

5.      Siswa dapat merumuskan pendapat mengenai pentingnya kerjasama internasional dalam perdagangan.

Pertanyaan pematik

1.      Apa yang kalian ketahui tentang perdagangan internasional? Bisakah kalian memberikan contoh dari kehidupan sehari-hari?

2.      Mengapa negara-negara melakukan perdagangan dengan negara lain? Apa yang mereka dapatkan dari perdagangan tersebut?

3.      Bagaimana perdagangan internasional dapat mempengaruhi perekonomian suatu negara?

 

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi

Selamat pagi, anak-anak!

Hari ini, kita akan membahas sesuatu yang sangat penting dan menarik: perdagangan internasional dan kerjasama internasional. Sebelum kita mulai, coba kalian pikirkan tentang barang-barang yang kalian miliki, seperti pakaian, gadget, atau makanan kesukaan kalian. Dari mana asal barang-barang tersebut?

Misalnya, coba lihat label di pakaian kalian. Mungkin kalian menemukan bahwa pakaian tersebut dibuat di negara lain. Atau pikirkan tentang smartphone kalian, yang komponennya mungkin berasal dari berbagai negara. Mengapa barang-barang ini bisa sampai di tangan kita? Itulah yang disebut dengan perdagangan internasional.

Perdagangan internasional memungkinkan kita untuk menikmati berbagai barang dan jasa dari seluruh dunia. Tidak hanya itu, perdagangan ini juga membantu negara-negara untuk saling bekerja sama, saling membantu, dan berkembang bersama.

 

Motivasi:

Sekarang, bayangkan dunia tanpa perdagangan internasional. Apa yang akan terjadi jika kita hanya bisa menggunakan barang-barang yang dibuat di negara kita sendiri? Mungkin kita tidak akan bisa menikmati cokelat dari Swiss, teknologi dari Jepang, atau bahkan buah-buahan tropis yang lezat dari negara tetangga.

Dengan memahami perdagangan internasional dan kerjasama internasional, kita bisa melihat betapa saling terhubungnya kita dengan negara-negara lain. Setiap negara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Melalui perdagangan dan kerjasama, kita bisa saling melengkapi dan mendapatkan manfaat yang lebih besar.

Perdagangan internasional bukan hanya tentang barang-barang, tetapi juga tentang pertukaran ide, budaya, dan teknologi. Ini adalah cara bagi negara-negara untuk saling membantu dan membangun masa depan yang lebih baik bersama-sama.

Jadi, mari kita pelajari lebih dalam tentang konsep perdagangan internasional dan manfaatnya. Kita akan melihat bagaimana perdagangan ini mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari dan bagaimana kita bisa berperan dalam kerjasama internasional. Dengan pengetahuan ini, kalian bisa menjadi bagian dari generasi yang membawa perubahan positif bagi dunia.

 

KEGIATAN INTI

Langkah-Langkah Kegiatan

  Orientasi pada Masalah

  • Guru memulai dengan memaparkan situasi masalah terkait perdagangan internasional, misalnya: "Indonesia ingin meningkatkan ekspor produk pertanian ke negara lain, tetapi menghadapi beberapa tantangan seperti tarif tinggi dan standar kualitas yang ketat."
  • Siswa diajak untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang muncul dari situasi tersebut.

  Organisasi Belajar

  • Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil dan diberikan lembar kerja siswa yang berisi tugas-tugas yang harus mereka selesaikan.
  • Setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan dan merumuskan masalah utama yang terkait dengan perdagangan internasional dan kerjasama internasional.

  Investigasi Mandiri dan Kelompok

  • Setiap kelompok mencari informasi dan data yang relevan tentang konsep perdagangan internasional, bentuk-bentuk kerjasama internasional, manfaat dan tantangan perdagangan internasional.
  • Siswa bisa menggunakan berbagai sumber informasi seperti buku teks, artikel, internet, dan wawancara dengan ahli.

  Pengembangan dan Penyajian Hasil

  • Setiap kelompok menganalisis data yang mereka kumpulkan dan menyusun solusi atau rekomendasi untuk mengatasi masalah perdagangan internasional yang mereka identifikasi.
  • Kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan analisis mereka di depan kelas.
  • Guru dan siswa lainnya memberikan umpan balik dan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman.

  Analisis dan Evaluasi Proses Pemecahan Masalah

  • Guru bersama siswa mengevaluasi solusi dan rekomendasi yang telah disampaikan, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan setiap solusi.
  • Siswa diajak untuk merefleksikan apa yang mereka pelajari tentang konsep perdagangan internasional dan manfaatnya melalui proses pemecahan masalah ini.
  •  

: Refleksi

Refleksi diri:

    • Setiap siswa melakukan refleksi diri tentang pembelajaran yang telah dilakukan, seperti:
      1. Apa yang telah dipelajari?
      2. Bagaimana proses belajarnya?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?

Refleksi kelompok:

    • Setiap kelompok melakukan refleksi tentang kerja sama dan kinerja kelompok, seperti:
      1. Bagaimana kerja sama antar anggota kelompok?
      2. Apakah semua anggota kelompok berkontribusi secara aktif?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk kerja sama kelompok selanjutnya?

Asesmen

Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya:

A.     Pengetahuan : Rubrik dan lembar Penialaian Soal

B.     Sikap : Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap

C.     Ketrampilan : Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar kerja siswa

 

Nama: ___________________ Kelas: _______________ Tanggal: _______________

Tugas 1: Identifikasi Masalah

  1. Dari situasi masalah yang diberikan, identifikasilah masalah-masalah utama yang terkait dengan perdagangan internasional:



Tugas 2: Investigasi Informasi

  1. Cari informasi tentang konsep perdagangan internasional, bentuk-bentuk kerjasama internasional, manfaat, dan tantangan perdagangan internasional. Catat informasi yang kalian temukan:
    • Konsep Perdagangan Internasional:


    • Bentuk-bentuk Kerjasama Internasional:


    • Manfaat Perdagangan Internasional:


    • Tantangan Perdagangan Internasional:


Tugas 3: Analisis dan Penyelesaian Masalah

  1. Diskusikan dengan kelompok kalian dan buatlah solusi atau rekomendasi untuk mengatasi masalah perdagangan internasional yang telah kalian identifikasi:
    • Solusi/Rekomendasi 1:

    • Solusi/Rekomendasi 2:

    • Solusi/Rekomendasi 3:

Tugas 4: Presentasi

  1. Siapkan presentasi singkat tentang hasil kerja kelompok kalian. Sertakan informasi utama dan solusi yang telah kalian diskusikan.

Tugas 5: Refleksi

  1. Tuliskan refleksi pribadi tentang apa yang kalian pelajari dari kegiatan ini dan bagaimana pemahaman kalian tentang perdagangan internasional dan kerjasama internasional meningkat:



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar