Modul belajar
Tahun Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/IX/D |
Tema |
faktor aktivitas
manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana
alam |
Submateri |
Strategi untuk
mengurangi dampak
perubahan iklim dan
bencana alam bencana
alam |
Tahun Ajar |
2024/2025 |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Kompetensi Awal Peserta didik mampu Mengembangkan strategi
untuk mengurangi dampak
perubahan iklim dan bencana alam. |
Profil Pelajar Pancasila • Dimensi : Mandiri Elemen :
Pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir fase 1) Peserta
didik mampu
melakukan
refleksi
terhadap kondisi
dirinya baik kelebihan
maupun keterbatasan dirinya
sehingga menyadari
kebutuhan pengembangan
dirinya • Dimensi : Bergotong-royong Elemen
: Kolaborasi Indikator di akhir fase 1.
Peserta didik peduli terhadap kondisi lingkungan fisik dan sosial sekitar |
Pemahaman
Kontekstual: Pemahaman kontekstual mencakup pengetahuan tentang faktor-faktor lokal
yang mempengaruhi kerentanan terhadap perubahan iklim dan bencana alam, serta
adaptasi terhadap perubahan lingkungan. Ini termasuk memahami kondisi
geografis, sosial, ekonomi, dan lingkungan di suatu wilayah. Komponen Pemahaman Kontekstual:
Keterampilan
Menganalisis: Untuk
memahami dampak aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi
bencana alam di Indonesia, siswa perlu mengembangkan keterampilan
menganalisis yang meliputi:
|
Sarana dan Prasarana Media:
PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor,
LKPD • Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud
dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran
: PBL { Problem Based
learning
} Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
presentasi. |
KOMPETENSI
INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan
pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan
iklim dan potensi bencana alam. |
Tujuan Pembelajaran 1.
Peserta
didik mampu memahami dan menjelaskan konsep perubahan iklim dan bencana alam. 2.
Peserta
didik mampu menganalisis berbagai strategi untuk mengurangi dampak perubahan
iklim dan bencana alam. 3.
Peserta
didik mampu mengembangkan solusi kreatif untuk mengurangi dampak perubahan
iklim dan bencana alam di lingkungan mereka. |
Pertanyaan pematik 1.
Pernahkah
kamu melihat atau merasakan dampak perubahan iklim, seperti cuaca ekstrem
atau kenaikan permukaan laut? 2.
Pernahkah
kamu mendengar tentang bencana alam yang terjadi di Indonesia, seperti
banjir, tanah longsor, atau gempa bumi? 3.
Menurutmu
apa yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim dan bencana alam? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Pendahuluan Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru
menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah. Apersepsi dan Motivasi : Apersepsi
1. Pengaitan
dengan Kehidupan Sehari-hari:
2. Contoh
Nyata:
3. Menghubungkan
dengan Topik Pembelajaran:
4. Tayangan
Visual:
Motivasi
Membangkitkan Rasa Penasaran dan Kesadaran: 1. Tujuan
Pembelajaran:
2. Keterlibatan
Aktif:
3. Motivasi
Emosional:
|
KEGIATAN INTI |
Identifikasi Masalah (20 menit)
Penelitian dan Pengumpulan Data
(30 menit)
Pengembangan Solusi (30 menit)
Presentasi dan Diskusi (30 menit)
|
: Refleksi Refleksi diri:
Refleksi kelompok:
|
Asesmen Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya: A.
Pengetahuan : Rubrik dan lembar Penialaian Soal B.
Sikap : Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap
C.
Ketrampilan : Rubrik dan lembar diskusi dan
presentasi |
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru
Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd.
NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
Lembar kerja siswa
Tema: Pemanfaatan dan Pelestarian Potensi Sumber Daya Alam di
Indonesia
Kelompok: ...
Anggota Kelompok:
- ...
- ...
- ...
Masalah yang dapat digunakan untuk kegiatan
diskusi kelompok di lembar kerja siswa:
Skenario 1: Banjir di Perkotaan
Deskripsi: Kota A sering
mengalami banjir setiap musim hujan. Banjir menyebabkan kerusakan
infrastruktur, kehilangan tempat tinggal, dan gangguan aktivitas ekonomi.
Banyak saluran air yang tersumbat sampah dan drainase yang tidak memadai
memperburuk kondisi.
Masalah: Bagaimana strategi yang
dapat dilakukan untuk mengurangi dampak banjir di Kota A?
Skenario 2: Kekeringan di Daerah Pertanian
Deskripsi: Desa B menghadapi
kekeringan yang berkepanjangan setiap musim kemarau. Hal ini menyebabkan gagal
panen, kekurangan air bersih, dan masalah kesehatan bagi penduduk desa. Sistem
irigasi yang ada tidak cukup untuk mengatasi kekurangan air.
Masalah: Bagaimana strategi yang
dapat dilakukan untuk mengatasi kekeringan dan memastikan ketersediaan air di
Desa B?
Skenario 3: Badai dan Angin Kencang di Pesisir
Deskripsi: Wilayah pesisir C
sering diterjang badai dan angin kencang, merusak rumah, infrastruktur, dan
mengganggu mata pencaharian nelayan. Selain itu, naiknya permukaan air laut
juga mengancam pemukiman pesisir.
Masalah: Bagaimana strategi yang
dapat dilakukan untuk mengurangi dampak badai dan angin kencang di Wilayah C?
Skenario 4: Kebakaran Hutan di Daerah Pegunungan
Deskripsi: Daerah Pegunungan D
sering mengalami kebakaran hutan yang disebabkan oleh cuaca panas ekstrem dan
aktivitas manusia. Kebakaran hutan menyebabkan kerusakan ekosistem, polusi
udara, dan mengancam keberlangsungan hidup satwa liar.
Masalah: Bagaimana strategi yang
dapat dilakukan untuk mencegah dan mengurangi dampak kebakaran hutan di Daerah
Pegunungan D?
Skenario 5: Gelombang Panas di Perkotaan
Deskripsi: Kota E menghadapi
gelombang panas yang ekstrem setiap musim panas, menyebabkan masalah kesehatan
seperti dehidrasi, heatstroke, dan meningkatkan angka kematian. Kurangnya ruang
hijau dan banyaknya bangunan beton memperparah kondisi suhu di kota ini.
Masalah: Bagaimana strategi yang
dapat dilakukan untuk mengurangi dampak gelombang panas di Kota E?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar