Senin, 15 Juli 2024

modul belajar kelas 9 2024-2025. Peluang dan tantangan ekonomi di era digital

 

Modul belajar

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/IX/D

Tema

Peran Masyarakat dan Negara dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital

Submateri

Menganalisis peluang dan tantangan ekonomi di era digital

Tahun Ajar

2024/2025

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu menganalisis peluang dan tantangan ekonomi di era digital.

Profil Pelajar Pancasila

 

Dimensi         : Mandiri

Elemen          :

1)      Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik  memiliki  rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya dan hasil belajarnya

Dimensi         : Berkebhinekaan global

Elemen          :

1)      Mengenal dan menghargai budaya

2)      Komunikasi dan interaksi antar budaya

3)      Refleksi    dan    tanggung    jawab    terhadap pengalaman kebhinekaan

4)      Berkeadilan sosial

Indikator di akhir fase

1)      Peserta   didik   mampu   menghargai   adanya perbedaan kebudayaan di loingkungan mereka

2)      Peserta  didik  mampu  berlaku  adil  kepada seluruh  teman  tanpa  memandang  latar belakang budaya

 

Pemahaman Kontekstual

1. Definisi dan Latar Belakang:

  • Pertumbuhan Ekonomi: Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan kapasitas suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa dalam kurun waktu tertentu. Ini mencakup peningkatan pendapatan nasional dan peningkatan standar hidup masyarakat.
  • Era Digital: Era digital merujuk pada periode di mana teknologi digital dan internet memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk ekonomi, pendidikan, komunikasi, dan hiburan.

2. Peran Masyarakat dalam Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital:

  • Kewirausahaan Digital: Masyarakat dapat mendirikan usaha berbasis teknologi seperti toko online, aplikasi mobile, dan platform digital lainnya.
  • Inovasi dan Kreativitas: Pemanfaatan teknologi digital untuk menciptakan produk dan layanan baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.
  • Partisipasi dalam Ekonomi Digital: Masyarakat sebagai pengguna dan konsumen layanan digital dapat mendorong pertumbuhan pasar digital melalui e-commerce, fintech, dan platform digital lainnya.

Keterampilan

1. Keterampilan Digital:

  • Kemampuan Teknologi Informasi (IT): Menguasai penggunaan perangkat lunak, aplikasi, dan perangkat keras yang relevan dengan ekonomi digital.
  • Analisis Data: Kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk pengambilan keputusan bisnis.
  • Pemrograman dan Coding: Dasar-dasar pemrograman untuk mengembangkan aplikasi dan solusi digital.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : PBL

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju.

Tujuan Pembelajaran

·  Tujuan Kognitif:

  • Siswa dapat menjelaskan berbagai peluang ekonomi yang muncul di era digital.
  • Siswa dapat mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam ekonomi digital.
  • Siswa dapat menganalisis dampak dari peluang dan tantangan tersebut terhadap perekonomian.

·  Tujuan Afektif:

  • Siswa menunjukkan sikap positif terhadap perkembangan teknologi dan ekonomi digital.
  • Siswa menghargai peran inovasi dalam menciptakan peluang ekonomi di era digital.

·  Tujuan Psikomotor:

  • Siswa dapat menggunakan perangkat digital untuk mencari informasi tentang ekonomi digital.
  • Siswa dapat membuat presentasi atau laporan tentang peluang dan tantangan ekonomi di era digital.
  •  

Pertanyaan Pemantik

1.      Bagaimana teknologi digital mengubah cara kita bekerja dan berbisnis?

2.      Apa saja peluang ekonomi baru yang muncul dengan adanya teknologi digital?

3.      Apa saja tantangan yang dihadapi oleh bisnis dan pekerja di era digital?

4.      Bagaimana kita dapat memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan dalam ekonomi digital?

5.      Apa dampak dari peluang dan tantangan ekonomi digital terhadap perekonomian global dan lokal?

 

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi

1.      Mengaitkan dengan Pengalaman Siswa:

    • Tanyakan kepada siswa tentang pengalaman mereka dengan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan media sosial, e-commerce, atau aplikasi mobile.
    • Minta siswa berbagi cerita tentang bagaimana teknologi digital telah memudahkan atau mengubah cara mereka melakukan sesuatu, misalnya berbelanja online atau belajar secara daring.

2.      Mengaitkan dengan Fenomena Terkini:

    • Diskusikan perkembangan terkini dalam teknologi digital yang mereka kenal, seperti startup teknologi, fintech, dan tren e-commerce.
    • Gunakan contoh nyata dari perusahaan teknologi besar (misalnya, Tokopedia, Gojek, Amazon, Google) dan bagaimana mereka memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan peluang ekonomi baru.

Motivasi

3.      Menekankan Pentingnya Materi:

    • Jelaskan kepada siswa bahwa memahami peluang dan tantangan ekonomi di era digital sangat penting untuk masa depan mereka, terutama dalam dunia kerja yang semakin terhubung dengan teknologi.
    • Tekankan bahwa kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi adalah keterampilan yang sangat dihargai di pasar kerja saat ini.

4.      Menggunakan Tokoh Inspiratif:

    • Ceritakan kisah sukses tokoh-tokoh inspiratif dalam ekonomi digital, seperti para pendiri startup teknologi yang berhasil mengembangkan bisnis mereka dari nol hingga menjadi perusahaan besar.
    • Diskusikan bagaimana tokoh-tokoh ini mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam ekonomi digital untuk meraih kesuksesan.

Menghubungkan dengan Cita-Cita Siswa:

  1. Ajak siswa untuk membayangkan bagaimana mereka bisa menjadi bagian dari ekonomi digital, baik sebagai pengusaha, inovator, atau profesional di bidang teknologi.
  2. Diskusikan bagaimana pemahaman dan keterampilan yang mereka pelajari dalam topik ini dapat membantu mereka mencapai cita-cita tersebut.

 

KEGIATAN INTI

Langkah langkah pembelajaran

 

·  Pengenalan Masalah:

  • Deskripsi: Perkenalkan masalah nyata atau studi kasus terkait peluang dan tantangan ekonomi di era digital.
  • Contoh Masalah: "Perusahaan startup A ingin memperluas pasar mereka dengan memanfaatkan teknologi digital, namun mereka menghadapi beberapa tantangan seperti keamanan siber dan persaingan yang ketat. Bagaimana mereka dapat mengatasi tantangan ini dan memanfaatkan peluang yang ada?"

·  Penelitian Masalah:

  • Deskripsi: Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk melakukan penelitian tentang peluang dan tantangan ekonomi di era digital.
  • Aktivitas: Setiap kelompok mencari informasi tentang peluang ekonomi baru (misalnya, e-commerce, fintech, remote work) dan tantangan yang dihadapi (misalnya, keamanan siber, kesenjangan digital).

·  Diskusi dan Analisis:

  • Deskripsi: Kelompok-kelompok membahas temuan mereka dan menganalisis bagaimana mengatasi tantangan serta memanfaatkan peluang.
  • Aktivitas: Setiap kelompok mendiskusikan solusi untuk mengatasi tantangan dan strategi untuk memanfaatkan peluang dalam ekonomi digital.

·  Presentasi dan Feedback:

  • Deskripsi: Kelompok mempresentasikan hasil analisis mereka di depan kelas, dan memberikan umpan balik kepada kelompok lain.
  • Aktivitas: Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka, diikuti dengan umpan balik dari siswa dan guru.

 

Penutup

1.      Refleksi:

    • Diskusikan dengan siswa apa yang telah mereka pelajari tentang peluang dan tantangan ekonomi di era digital.
    • Pertanyaan Refleksi:
      • “Apa yang kalian pelajari tentang cara teknologi digital mempengaruhi ekonomi?”
      • “Bagaimana kegiatan ini membantu kalian memahami tantangan dan peluang dalam ekonomi digital?”

2.      Tugas Rumah:

    • Siswa diminta untuk menulis esai pendek tentang bagaimana mereka melihat peran teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan ekonomi mereka..

Asesmen

Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya:

A.     Pengetahuan : Rubrik dan lembar Penialaian Soal

B.     Sikap : Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap

C.     Ketrampilan : Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar kerja siswa

 

 Judul: Lembar Kerja Siswa - Peluang dan Tantangan Ekonomi di Era Digital

Instruksi:

  1. Pembagian Kelompok: Kelompokkan siswa dalam kelompok kecil (4-5 siswa per kelompok).
  2. Penelitian: Teliti peluang dan tantangan ekonomi di era digital. Gunakan sumber daya yang ada (buku teks, artikel, video).

Bagian 1: Peluang Ekonomi di Era Digital

Peluang

Deskripsi

Contoh

E-commerce

 

 

Fintech

 

 

Remote Work

 

 

Inovasi Produk/Layanan

Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama penelitian.

Bagian 2: Tantangan Ekonomi di Era Digital

Tantangan

Deskripsi

Contoh

Keamanan Siber

 

 

Kesenjangan Digital

 

 

Persaingan yang Ketat

 

 

Perlindungan Data

 

 

Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama penelitian.

 

 

 

Bagian 3: Analisis Masalah dan Rekomendasi Solusi

1.      Deskripsi Masalah:

    • Jelaskan masalah yang dihadapi oleh perusahaan startup A.
    • Bagaimana masalah ini mempengaruhi operasi mereka di era digital?

2.      Peluang yang Relevan:

    • Bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan peluang ekonomi digital untuk mengembangkan bisnis mereka?

3.      Tantangan yang Relevan:

    • Apa saja tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dan bagaimana mereka dapat mengatasinya?

4.      Dampak Solusi:

    • Bagaimana solusi yang kalian usulkan dapat membantu perusahaan startup A mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital?

Contoh Format Lembar Kerja Siswa:

Nama Anggota Kelompok

Tugas

 

Peneliti Peluang Ekonomi

 

Peneliti Tantangan Ekonomi

 

Pembuat Tabel dan Rangkuman

 

Penyusun Rekomendasi Solusi


Bagian 1: Peluang Ekonomi di Era Digital

Peluang

Deskripsi

Contoh

E-commerce

 

Fintech

 

Remote Work

 

Inovasi Produk/Layanan

 


 

Bagian 2: Tantangan Ekonomi di Era Digital

Tantangan

Deskripsi

Contoh

Keamanan Siber

 

Kesenjangan Digital

 

Persaingan yang Ketat

 

Perlindungan Data

 


Bagian 3: Analisis Masalah dan Rekomendasi Solusi

1.      Deskripsi Masalah:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2.      Peluang yang Relevan:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.      Tantangan yang Relevan:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4.      Dampak Solusi:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4o

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar