Modul belajar
Tahun Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan
Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/IX/D |
Tema |
Peran Masyarakat dan
Negara dalam Mendorong
Pertumbuhan Ekonomi di
Era
Digital |
Submateri |
Menganalisis
peluang dan tantangan ekonomi di
era
digital |
Tahun Ajar |
2024/2025 |
Alokasi Waktu |
3 x 40
menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32
orang |
Kompetensi Awal Peserta didik mampu menganalisis peluang dan
tantangan ekonomi di era
digital. |
Profil
Pelajar Pancasila Dimensi : Mandiri Elemen : 1) Pemahaman
diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir
fase 1) Peserta
didik memiliki rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya
dan hasil
belajarnya Dimensi :
Berkebhinekaan global Elemen : 1) Mengenal dan menghargai budaya 2) Komunikasi dan interaksi antar
budaya 3) Refleksi dan tanggung jawab
terhadap
pengalaman kebhinekaan 4) Berkeadilan sosial Indikator di akhir
fase 1) Peserta
didik mampu
menghargai
adanya
perbedaan kebudayaan
di loingkungan mereka 2) Peserta didik
mampu
berlaku
adil kepada seluruh
teman tanpa memandang
latar belakang budaya |
Pemahaman
Kontekstual 1. Definisi dan Latar Belakang:
2. Peran Masyarakat dalam
Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital:
Keterampilan 1. Keterampilan Digital:
|
Sarana dan Prasarana Media:
PPT, Video, internet • Alat
dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD • Lingkungan Belajar: Ruangan
Kelas • Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud
dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran
: PBL Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta
didik memahami upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar,
lembaga keuangan, perdagangan internasional, peran masyarakat dan negara dalam
mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital,
serta potensi Indonesia
menjadi negara maju. |
Tujuan Pembelajaran ·
Tujuan Kognitif:
·
Tujuan Afektif:
· Tujuan Psikomotor:
|
Pertanyaan Pemantik
1.
Bagaimana teknologi digital mengubah cara kita
bekerja dan berbisnis? 2.
Apa saja peluang ekonomi baru yang muncul dengan
adanya teknologi digital? 3.
Apa saja tantangan yang dihadapi oleh bisnis dan
pekerja di era digital? 4.
Bagaimana kita dapat memanfaatkan peluang dan
mengatasi tantangan dalam ekonomi digital? 5.
Apa dampak dari peluang dan tantangan ekonomi
digital terhadap perekonomian global dan lokal? |
LANGKAH
LANGKAH PEMBELAJARAN |
Pendahuluan Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru menanyakan
kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek kebersihan kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah. Apersepsi 1. Mengaitkan
dengan Pengalaman Siswa:
2. Mengaitkan
dengan Fenomena Terkini:
Motivasi
3. Menekankan
Pentingnya Materi:
4. Menggunakan
Tokoh Inspiratif:
Menghubungkan dengan Cita-Cita
Siswa:
|
KEGIATAN
INTI |
Langkah langkah
pembelajaran
·
Pengenalan Masalah:
·
Penelitian Masalah:
·
Diskusi dan Analisis:
·
Presentasi dan Feedback:
|
Penutup
1. Refleksi:
2. Tugas
Rumah:
|
Asesmen Asesmen Formatif yang akan digunakan diantaranya: A.
Pengetahuan
: Rubrik dan lembar Penialaian Soal B.
Sikap
: Rubrik dan lembar Obsrvasi penilaian Sikap C.
Ketrampilan
: Rubrik dan lembar diskusi dan presentasi |
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru
Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd.
NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
Lembar kerja siswa
Judul: Lembar Kerja Siswa - Peluang dan
Tantangan Ekonomi di Era Digital
Instruksi:
- Pembagian Kelompok:
Kelompokkan siswa dalam kelompok kecil (4-5 siswa per kelompok).
- Penelitian: Teliti peluang
dan tantangan ekonomi di era digital. Gunakan sumber daya yang ada (buku
teks, artikel, video).
Bagian 1: Peluang Ekonomi di Era Digital
Peluang |
Deskripsi |
Contoh |
E-commerce |
|
|
Fintech |
|
|
Remote Work |
|
|
Inovasi Produk/Layanan |
Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama
penelitian.
Bagian 2: Tantangan Ekonomi di Era Digital
Tantangan |
Deskripsi |
Contoh |
Keamanan Siber |
|
|
Kesenjangan Digital |
|
|
Persaingan yang Ketat |
|
|
Perlindungan Data |
|
|
Isilah tabel di atas dengan informasi yang kalian temukan selama
penelitian.
Bagian 3: Analisis Masalah dan Rekomendasi Solusi
1. Deskripsi
Masalah:
- Jelaskan
masalah yang dihadapi oleh perusahaan startup A.
- Bagaimana
masalah ini mempengaruhi operasi mereka di era digital?
2. Peluang
yang Relevan:
- Bagaimana
perusahaan dapat memanfaatkan peluang ekonomi digital untuk mengembangkan
bisnis mereka?
3. Tantangan
yang Relevan:
- Apa
saja tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dan bagaimana mereka dapat
mengatasinya?
4. Dampak
Solusi:
- Bagaimana
solusi yang kalian usulkan dapat membantu perusahaan startup A mengatasi
tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital?
Contoh Format Lembar Kerja Siswa:
Nama Anggota Kelompok |
Tugas |
|
Peneliti Peluang Ekonomi |
|
Peneliti Tantangan Ekonomi |
|
Pembuat Tabel dan Rangkuman |
|
Penyusun Rekomendasi Solusi |
Bagian 1: Peluang Ekonomi di Era Digital
Peluang |
Deskripsi |
Contoh |
E-commerce |
|
|
Fintech |
|
|
Remote Work |
|
|
Inovasi Produk/Layanan |
|
Bagian 2: Tantangan Ekonomi di Era Digital
Tantangan |
Deskripsi |
Contoh |
Keamanan Siber |
|
|
Kesenjangan Digital |
|
|
Persaingan yang Ketat |
|
|
Perlindungan Data |
|
Bagian 3: Analisis Masalah dan Rekomendasi Solusi
1. Deskripsi
Masalah:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Peluang
yang Relevan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Tantangan
yang Relevan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Dampak
Solusi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4o
Tidak ada komentar:
Posting Komentar