Minggu, 23 November 2025

Kegiatan Projek TERINTEGRASI – IPS, PKn, & TIK (KELAS 9) Pengganti ASAS

 

MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI – IPS, PKn, & TIK (KELAS 9)

Soal Evaluasi Asesmen Sumatif Akhir Semester

 

 

Sekolah                          : SMPN 8 Malang
Mata Pelajaran           : IPS / PKn / TIK (Terintegrasi)
Kelas/Semester         : IX / 1
Alokasi Waktu            : 1 Pekan
Tema IPS                       : Literasi Digital & Literasi Ekonomi
Tema PKn                      : Kebebasan Berpendapat di Era Digital
Tema TIK                        : Pembuatan Web, Blog, dan Vlog


 

I. IDENTIFIKASI PESERTA DIDIK

  1. Aspek Pengetahuan Awal

·       Siswa memahami dasar literasi digital, literasi ekonomi, dan kebebasan berpendapat.

·       Beberapa siswa masih kesulitan membedakan opini dan fakta di media digital.

  1. Aspek Minat Belajar

·       Tertarik pada proyek digital, kolaborasi, pembuatan website/blog/vlog, dan visualisasi data.

  1. Aspek Latar Belakang Sosial & Lingkungan

·       Aktif di media sosial, memiliki interaksi lintas budaya di sekolah.

·       Beberapa siswa sudah terlibat dalam organisasi/komunitas digital atau usaha kreatif.

  1. Aspek Kebutuhan Belajar

·       Panduan visual dan digital untuk memahami literasi digital, literasi ekonomi, dan kebebasan berpendapat.

  1. Aspek Gaya Belajar

·       Mayoritas visual dan kinestetik; metode berbasis proyek sangat sesuai.

  1. Aspek Emosional & Psikologis

·       Senang berekspresi kreatif, menulis opini, dan menyampaikan pendapat secara digital.

  1. Aspek Sarana & Prasarana

·       Proyektor, komputer/laptop, akses internet, platform digital (Google Classroom, Canva, Jamboard, Google Sheets/Excel).

 

 

 

II. MATERI PELAJARAN

Jenis Pengetahuan

Materi

Faktual

Literasi digital, literasi ekonomi, kebebasan berpendapat, pembuatan website/blog/vlog

Konseptual

Hubungan literasi digital & ekonomi, kebebasan berpendapat dengan etika, penggunaan media digital secara bertanggung jawab

Prosedural

Pengumpulan data, observasi, pembuatan grafik digital, blog, atau vlog, pembuatan konten edukatif

Metakognitif

Refleksi diri, evaluasi opini digital, penerapan literasi ekonomi dan digital, penilaian sikap etis dan kreatif

 

III. DIMENSI PROFIL LULUSAN (DPL)

  • DPL 1: Keimanan & Ketakwaan
  • DPL 2: Kewargaan (toleransi, tanggung jawab)
  • DPL 3: Penalaran Kritis (analisis informasi digital)
  • DPL 4: Kreativitas (konten digital, website/blog/vlog)
  • DPL 5: Kolaborasi (diskusi kelompok)
  • DPL 8: Komunikasi (presentasi proyek, publikasi digital)

 

IV. DESAIN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran:

Siswa mampu memahami literasi digital & ekonomi, menganalisis informasi digital, menyampaikan pendapat secara etis, membuat website/blog/vlog, memvisualisasikan data menjadi grafik digital, serta merefleksikan peran pribadi di era digital.

 

Lintas Disiplin Ilmu:

  1. IPS: Literasi digital & ekonomi, analisis perilaku ekonomi remaja
  2. PKn: Kebebasan berpendapat, etika dan hukum digital
  3. TIK: Pembuatan website, blog, vlog, dan visualisasi data digital

 

Model Pembelajaran: Project Based Learning (PjBL)
Strategi: Inkuiri, Kolaboratif, Digital
Metode:

  • Observasi, studi kasus, diskusi kelompok, refleksi diri
  • Pembuatan poster, blog, website, vlog, grafik digital
  • Presentasi proyek dan umpan balik

 

Pemanfaatan Digital:

  • Google Sheets / Excel: visualisasi data ekonomi dan literasi digital
  • Canva / CapCut / InShot: poster, video kampanye, konten edukatif
  • Jamboard / Padlet: diskusi kolaboratif online

 

V. PENGALAMAN BELAJAR

Awal (Bermakna & Menggembirakan, 13 menit)

  • Menyapa siswa dan menayangkan video motivasi tentang literasi digital dan ekonomi.
  • Diskusi: “Bagaimana literasi digital dan ekonomi memengaruhi kehidupanmu?”
  • Motivasi membuat proyek digital yang mencerminkan literasi ekonomi, kebebasan berpendapat, dan kreativitas digital.

Inti

  1. Memahami (Bermakna & Berkesadaran, 40 menit)

·       Contoh nyata literasi digital dan ekonomi di sekolah dan masyarakat.

·       Diskusi tantangan generasi muda dalam mengekspresikan opini digital dan mengelola keuangan digital.

·       Analisis kasus nyata: hoaks ekonomi, komentar tak etis, perilaku konsumtif digital.

  1. Mengaplikasi (Menggembirakan, 35 menit)

·       Proyek kelompok:

    • IPS: Analisis data literasi ekonomi & digital → visualisasi grafik.
    • PKn: Membuat artikel/blog atau vlog opini etis.
    • TIK: Membuat website/blog sederhana menampilkan konten proyek.

Presentasi hasil proyek, peer review, dan umpan balik guru.

  1. Merefleksi (Berkesadaran, 20 menit)

·     Refleksi diri: “Langkah bijak apa yang bisa aku lakukan dalam literasi digital, literasi ekonomi, dan berpendapat online?”

·     Diskusi kelas: komitmen tindakan nyata dan publikasi konten digital.

Penutup (5 menit)

·       Rangkuman materi: literasi digital & ekonomi, kebebasan berpendapat, etika digital

·       Refleksi cepat: satu kata terkait pembelajaran hari ini

·       Tindak lanjut: proyek digital dipublikasikan di blog/website kelas

 

VI. ASESMEN PEMBELAJARAN

Asesmen Awal:

  • Kuis singkat/pertanyaan lisan: literasi digital, ekonomi, kebebasan berpendapat.

Asesmen Proses:

  • Observasi kolaborasi & partisipasi siswa
  • Penilaian grafik digital, blog, atau vlog
  • Refleksi diri

Asesmen Akhir:

  • Penilaian proyek digital (website/blog/vlog + grafik)
  • Refleksi jurnal atau laporan narasi
  • Rubrik Penilaian: Kreativitas, relevansi pesan, kolaborasi, komunikasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                   Malang, 18 November 2025

                                                                                                                   Guru bidang studi

 

 

 

                                                                                                                   Drs. Sumarno
                                                                                                                   NIP. 196603082005011006

 

PROYEK 1 – Literasi Digital dan Literasi Ekonomi

Narasi:
Di era digital, generasi muda memiliki akses luas terhadap informasi dan peluang ekonomi online. Namun, kemampuan memanfaatkan literasi digital dan literasi ekonomi dengan bijak sangat penting agar tidak terjebak hoaks, penipuan online, atau keputusan ekonomi yang merugikan diri sendiri.

Pertanyaan Problematis:

  1. Bagaimana cara membedakan informasi ekonomi yang benar dan hoaks di media digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa saja risiko ekonomi yang bisa terjadi jika literasi digital rendah?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana literasi digital mempengaruhi keputusan keuangan pribadi?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana generasi muda bisa memanfaatkan media digital untuk memulai usaha kecil?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa dampak positif dan negatif media digital terhadap perilaku konsumtif remaja?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Smart Economy”
Langkah-langkah:

  1. Bentuk kelompok 3–4 siswa.
  2. Pilih satu topik: edukasi ekonomi, tips berhemat, atau peluang usaha digital.
  3. Telusuri informasi dari situs resmi dan media tepercaya.
  4. Buat infografis digital atau poster interaktif menggunakan Canva atau Piktochart.
  5. Presentasikan hasil proyek di kelas, sertakan alasan sumber informasi dipilih.

 

Pilih Topik Proyek (1 dari 3)

  1. Cara Aman Bertransaksi Digital
  2. Mengelola Uang Jajan dengan Aplikasi Keuangan
  3. Mengenal Penipuan Digital dan Cara Menghindarinya

 

3. Pengumpulan Informasi

Siswa mencari informasi dari sumber tepercaya:

  • Situs resmi (OJK, BI, Kominfo, Kemendikbud)
  • Aplikasi keuangan digital (contoh: Google Finance, aplikasi dompet digital)
  • Artikel berita kredibel

Catat:

  • Fakta penting (minimal 5 poin)
  • Contoh kasus nyata
  • Alasan memilih sumber

 

4. Pembuatan Produk Digital

Kelompok membuat salah satu produk berikut:

  • Infografis Digital
  • Poster Edukatif
  • Video Edukasi 2 menit
  • Slide Presentasi Digital

Gunakan Canva, CapCut, atau Google Slides.
Isi minimal memuat:

  • Definisi
  • Penjelasan topik
  • Tips praktis
  • Contoh penerapan bagi siswa
  • Sumber informasi

5. Presentasi Proyek

Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya selama 3–5 menit, mencakup:

  • Ringkasan materi
  • Produk digital
  • Cara kerja atau cara menerapkan
  • Alasan pemilihan sumber

 

6. Refleksi Singkat

Setiap siswa menjawab 3 pertanyaan:

  1. Apa hal baru yang saya pelajari tentang literasi digital?
  2. Apa hal penting yang saya pahami tentang literasi finansial?
  3. Bagaimana saya bisa menerapkan keduanya dalam kehidupan sehari-hari?

 

Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop/PC atau tablet
  • Akses internet
  • Canva / Google Slides / CapCut
  • Sumber informasi tepercaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROYEK 2 – Kebebasan Berpendapat di Era Digital

 

Narasi:
Media sosial memungkinkan setiap orang menyuarakan opini. Namun, kebebasan berpendapat harus tetap memperhatikan etika, hukum, dan tanggung jawab sosial. Siswa diajak memahami batasan dan cara menyampaikan pendapat secara bijak.

Pertanyaan Problematis:

  1. Apa batasan kebebasan berpendapat di media digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara mengekspresikan kritik tanpa menyinggung orang lain?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa risiko hukum jika berpendapat sembarangan di media sosial?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara mengidentifikasi berita palsu sebelum berkomentar?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa peran generasi muda dalam menjaga diskusi online tetap sehat?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Voice with Responsibility”
Langkah-langkah:

 

Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)

Tentukan peran anggota:

  • Pencari data
  • Penulis naskah/skrip
  • Editor konten digital
  • Presenter

 

2. Pilih Isu Sosial atau Lingkungan

Kelompok memilih 1 isu yang relevan di sekolah atau masyarakat, misalnya:

  • Sampah plastik di lingkungan sekolah
  • Perundungan (bullying)
  • Penggunaan gadget berlebihan
  • Hemat energi di kelas
  • Disiplin dan kebersihan toilet sekolah
  • Isu polusi udara atau banjir lokal

Tuliskan alasan memilih isu tersebut (1–2 kalimat).

 

3. Pengumpulan Informasi & Referensi

Tugas kelompok:

  • Cari data, fakta, atau contoh kasus dari situs tepercaya (Kominfo, Kemendikbud, KLHK, Kompas, BBC).
  • Catat minimal 3 informasi penting untuk mendukung opini.
  • Tulis alasan memilih sumber (akurat, terbaru, kredibel).

 

4. Pembuatan Produk Digital

Kelompok memilih salah satu bentuk konten:

A. Artikel Blog

Isi minimal:

  • Judul menarik
  • Penjelasan isu
  • Pendapat/solusi siswa
  • Data atau referensi pendukung
  • Ajakan bertindak (call to action)

B. Video Vlog (2 menit)

Langkah:

  • Buat skrip singkat
  • Rekam menggunakan HP
  • Edit menggunakan CapCut/Canva/InShot
  • Masukkan teks, gambar, atau grafik sederhana
  • Cantumkan sumber data di akhir video

Produk yang dihasilkan harus:

  • Berbahasa sopan
  • Tidak menyerang pihak tertentu
  • Berisi pendapat yang disertai fakta

 

5. Publikasi & Presentasi Kelas

  • Unggah ke blog kelas, Google Sites, atau platform aman yang disediakan guru.
  • Setiap kelompok mempresentasikan kontennya selama 3–4 menit.
  • Kelompok lain memberi 1 pertanyaan atau tanggapan.

 

6. Refleksi Singkat Siswa

Jawab tiga pertanyaan:

  1. Bagaimana saya menggunakan media digital secara bertanggung jawab?
  2. Apa yang saya pelajari tentang isu sosial/lingkungan yang saya pilih?
  3. Bagaimana pendapat saya dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar?

 

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop/PC atau tablet
  • HP untuk merekam video
  • Akses internet
  • Platform blog: Blogger, WordPress, Google Sites
  • Aplikasi edit video: CapCut, Canva, InShot
  • Sumber data tepercaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROYEK 3 – Pembuatan Website/Blog Sekolah

 

Narasi:
Website dan blog merupakan media penting untuk menyebarkan informasi secara profesional. Siswa belajar membuat platform digital sendiri untuk berbagi konten positif, informasi pendidikan, atau karya ekonomi kreatif.

Pertanyaan Problematis:

  1. Apa saja elemen penting dalam website atau blog yang menarik dan informatif?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana memilih topik yang tepat untuk target audiens tertentu?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana etika menulis konten digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa saja tantangan teknis dalam membuat website/blog?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara mengukur efektivitas konten digital yang dipublikasikan?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “My First Blog/Website”
Langkah-langkah:

 

1. Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)

Tentukan peran:

  • Penulis konten
  • Desainer tampilan
  • Pencari referensi
  • Presenter

 

2. Pilih Topik Blog/Website

Pilih salah satu topik:

  • Edukasi (tips belajar, pengetahuan umum, lingkungan)
  • Literasi Digital (keamanan digital, etika online, penggunaan teknologi)
  • Ekonomi Kreatif (konten kreator, UMKM digital, ide usaha pelajar)

Tuliskan alasan memilih topik tersebut.

 

3. Membuat Akun Platform Gratis

Pilih salah satu:

  • WordPress.com
  • Blogger.com
  • Google Sites

Buat akun dan tentukan nama blog/website.

 

4. Mendesain Halaman & Membuat Konten

Kelompok membuat:

  • Halaman utama (Home)
  • Minimal 3 artikel atau konten berisi teks + media
    (misalnya tips, opini, edukasi, ulasan, atau informasi kreatif)

Tambahkan:

  • Gambar bebas hak cipta (Pixabay, Unsplash)
  • Video atau infografis sederhana
  • Cantumkan sumber referensi yang digunakan

 

5. Finalisasi & Presentasi Kelas

Setiap kelompok:

  • Menampilkan tampilan website/blog
  • Menjelaskan isi artikel
  • Menceritakan proses pembuatan
  • Menyebutkan referensi yang digunakan

Setelah itu lakukan peer review:

  • Kelompok lain memberi kritik/saran singkat
  • Berdiskusi mengenai kekuatan dan kelemahan blog tersebut

 

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop/PC atau tablet
  • Akses internet
  • Akun WordPress / Blogger / Google Sites
  • Gambar, video, atau infografis bebas hak cipta
  • Referensi konten terpercaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROYEK 4 – Literasi Keuangan Digital

 

Narasi:
Siswa belajar mengelola keuangan digital, termasuk penggunaan e-wallet, transaksi online, dan pencatatan keuangan sederhana. Literasi ekonomi digital membantu siswa menjadi generasi yang cerdas finansial.

Pertanyaan Problematis:

  1. Bagaimana cara mencatat transaksi digital dengan benar?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa risiko keamanan transaksi online?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara membedakan kebutuhan dan keinginan saat berbelanja online?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana teknologi mempermudah pengelolaan keuangan pribadi?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana literasi digital berperan dalam menghindari penipuan finansial?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Smart Digital Wallet”
Langkah-langkah:

 

1. Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)

Tentukan peran:

  • Pencatat transaksi
  • Pengelola Excel/Google Sheet
  • Analis pengeluaran
  • Presenter

 

2. Simulasi Penggunaan E-Wallet

  • Gunakan aplikasi e-wallet sekolah atau simulasi digital.
  • Setiap anggota melakukan minimal 5 transaksi digital (misal: membeli snack, membayar transportasi, donasi).
  • Catat semua transaksi lengkap dengan tanggal, nominal, dan jenis pengeluaran.

 

3. Buat Laporan Keuangan Digital

  • Gunakan Excel atau Google Sheet.
  • Buat tabel:
    • Tanggal
    • Nama transaksi
    • Nominal
    • Kategori: kebutuhan / keinginan
  • Tambahkan grafik ringkas untuk visualisasi pengeluaran.

 

4. Analisis Pengeluaran

  • Bandingkan pengeluaran untuk kebutuhan vs keinginan.
  • Identifikasi pola boros atau efisien.
  • Buat rekomendasi penghematan minimal 3 tips praktis.

 

5. Presentasi Laporan Keuangan

  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil laporan dan rekomendasi.
  • Jelaskan:
    • Total pengeluaran kebutuhan vs keinginan
    • Tips penghematan yang bisa diterapkan
  • Diskusi kelas singkat untuk membandingkan hasil antar kelompok.

 

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop / PC
  • Akses Google Sheet atau Excel
  • Aplikasi simulasi e-wallet (contoh: Dompet Digital sekolah)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROYEK 5 – Kampanye Literasi Digital

 

Narasi:
Generasi muda perlu menyebarkan literasi digital kepada teman sebaya agar lebih bijak dalam memanfaatkan media digital, menghindari hoaks, dan memanfaatkan peluang ekonomi.

Pertanyaan Problematis:

  1. Bagaimana cara menyusun pesan kampanye digital yang menarik?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa saja bentuk konten yang efektif untuk literasi digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara mengukur keberhasilan kampanye digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana memilih target audiens kampanye digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana kampanye digital dapat mendorong perubahan perilaku positif?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Literacy Campaign”
Langkah-langkah:

 

Tentukan peran:

  • Penulis konten
  • Desainer poster/video
  • Pengelola media sosial
  • Evaluator kampanye

 

2. Pilih Tema Kampanye

  • Bijak Berinternet (misal: etika online, keamanan data, hoaks)
  • Literasi Ekonomi Digital (misal: pengelolaan uang digital, e-wallet, usaha online)

Tuliskan alasan memilih tema.

 

3. Buat Konten Kampanye

  • Pilih salah satu format:
    • Poster digital (Canva)
    • Video pendek 2 menit (CapCut)
    • Blog post / artikel singkat (Google Sites)
  • Sertakan informasi yang benar, relevan, dan menarik.

 

4. Publikasikan di Media Sosial Sekolah

  • Unggah konten ke platform yang disepakati (misal: Instagram kelas, Google Classroom, blog sekolah).

 

5. Evaluasi Dampak Kampanye

  • Gunakan polling, komentar, atau survei singkat untuk menilai:
    • Apakah pesan kampanye dipahami teman sekelas
    • Tanggapan teman terhadap konten
  • Diskusikan hasil evaluasi dan pelajaran yang didapat.

 

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop / PC / tablet
  • Akses Canva, CapCut, atau Google Sites
  • Platform media sosial kelas (misal Instagram kelas)
  • Data polling atau survei untuk evaluasi

 

 

PROYEK 6 – Etika Berpendapat Online

 

Narasi:
Dalam dunia digital, etika berpendapat sangat penting agar opini tetap konstruktif dan tidak menimbulkan konflik atau perpecahan di masyarakat.

Pertanyaan Problematis:

  1. Apa perbedaan kritik dan provokasi di media digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana menghindari ujaran kebencian saat beropini online?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara menyampaikan pendapat yang kontroversial dengan aman?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa konsekuensi hukum dari komentar online yang tidak bertanggung jawab?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana generasi muda bisa mempromosikan diskusi sehat di media sosial?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Responsible Digital Opinion”
Langkah-langkah:

 

Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)

Tentukan peran:

  • Penulis artikel / skrip vlog
  • Pencari data dan fakta
  • Editor video / konten digital
  • Presenter / penyaji

 

2. Pilih Isu Sosial

  • Pilih satu isu kontroversial yang relevan, misal:
    • Sampah digital / data pribadi
    • Literasi keuangan digital
    • Etika berinternet

Tuliskan alasan memilih isu tersebut.

 

3. Buat Konten Digital

  • Pilih format:
    • Artikel blog (Blogger, WordPress)
    • Video vlog (YouTube, CapCut, Canva)
  • Pastikan konten memuat:
    • Opini kelompok
    • Fakta / data pendukung dari sumber tepercaya
    • Tips menjaga etika berpendapat

 

4. Publikasi & Diskusi

  • Unggah konten ke platform yang disepakati (blog kelas, YouTube privat, Google Classroom).
  • Diskusikan dengan kelompok lain untuk menerima umpan balik:
    • Apakah opini jelas dan didukung data?
    • Apakah etika berpendapat dijaga?

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop / PC / tablet
  • Platform blog atau vlog (Blogger, WordPress, YouTube),Data/fakta terpercaya Aplikasi editing video (Canva)

 

PROYEK 7 – Membuat Mini Website Ekonomi Kreatif

 

Narasi:
Siswa dapat memanfaatkan keterampilan digital untuk membuat website sederhana yang menampilkan usaha ekonomi kreatif atau bisnis kecil.

Pertanyaan Problematis:

  1. Bagaimana cara menampilkan produk/jasa di website dengan menarik?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa strategi pemasaran digital yang sederhana tapi efektif?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana menulis deskripsi produk yang persuasif?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana memilih platform web/blog yang sesuai untuk usaha kecil?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara mengukur keberhasilan website?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Creative Economy Mini Website”
Langkah-langkah:

 

1. Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)

Tentukan peran:

  • Penulis konten/deskripsi
  • Desainer tampilan website
  • Fotografer / editor gambar
  • Presenter

2. Pilih Jenis Usaha Kreatif

Contoh:

  • Kerajinan tangan
  • Makanan ringan
  • Produk digital
  • Jasa kreatif

Tuliskan alasan memilih jenis usaha.

3. Buat Website / Blog

  • Gunakan platform gratis: WordPress, Blogger, atau Google Sites.
  • Buat halaman utama (Home) dan halaman produk.
  • Minimal tampilkan 3–5 produk dengan informasi:
    • Gambar produk
    • Nama & deskripsi singkat
    • Harga
    • Kontak atau cara pemesanan

4. Finalisasi & Publikasi

  • Pastikan tampilan menarik dan mudah dibaca.
  • Unggah website/blog ke platform yang digunakan.

5. Presentasi Kelas & Peer Review

  • Setiap kelompok mempresentasikan website di depan kelas.
  • Kelompok lain memberikan kritik dan saran perbaikan.
  • Catat masukan untuk pengembangan lebih lanjut.

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop / PC
  • Platform WordPress / Blogger / Google Sites
  • Foto produk, deskripsi, dan harga
  • Akses internet

 

PROYEK 8 – Analisis Dampak Media Digital terhadap Ekonomi Remaja

 

Narasi:
Media digital mempengaruhi perilaku ekonomi remaja: belanja online, investasi kecil, hingga peluang usaha. Siswa perlu menganalisis dampak positif dan negatifnya.

Pertanyaan Problematis:

  1. Bagaimana media digital memengaruhi keputusan ekonomi remaja?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa saja efek konsumtif dan kreatif dari media digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara mengatur pengeluaran digital pribadi?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana literasi ekonomi dapat mencegah kerugian finansial?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa peluang ekonomi yang bisa dimanfaatkan remaja secara digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Economy Impact Analysis”
Langkah-langkah:

 

1. Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)

Tentukan peran:

  • Pencatat data / pengelola polling
  • Analis data / pembuatan infografis
  • Penulis laporan
  • Presenter

2. Kumpulkan Data

  • Buat polling sederhana menggunakan Google Forms atau Excel.
  • Tanyakan pengaruh media digital terhadap kegiatan ekonomi teman sebaya, misal:
    • Membeli produk online
    • Menjual barang/jasa digital
    • Mengikuti promosi digital

3. Buat Laporan Analisis

  • Gunakan Canva atau Piktochart untuk membuat infografis digital.
  • Sertakan:
    • Ringkasan data polling
    • Temuan penting
    • Diagram atau grafik pendukung

4. Diskusi Kelas

  • Presentasikan temuan kepada kelas.
  • Diskusikan pengaruh positif dan negatif media digital terhadap kegiatan ekonomi remaja.

5. Buat Rekomendasi Bijak

  • Setiap kelompok menyusun 3–5 tips bijak menggunakan media digital untuk kegiatan ekonomi, misal:
    • Memilih transaksi yang aman
    • Mengelola pengeluaran dan pemasukan digital
    • Memanfaatkan platform digital untuk belajar dan berwirausaha

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop / PC
  • Google Forms / Excel
  • Canva / Piktochart
  • Akses internet

 

PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital

 

 

Narasi:
Hoaks ekonomi digital dapat merugikan remaja. Siswa perlu membuat kampanye untuk mengedukasi teman sebaya agar cerdas literasi digital.

Pertanyaan Problematis:

  1. Bagaimana cara mengenali hoaks ekonomi di media sosial?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa dampak negatif menyebarkan hoaks ekonomi?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana kampanye anti-hoaks dapat mempengaruhi teman sebaya?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Media digital apa yang efektif digunakan untuk kampanye?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana mengukur keberhasilan kampanye anti-hoaks?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Stop Digital Hoax”
Langkah-langkah: 1. Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)

Tentukan peran:

  • Penulis konten / naskah
  • Desainer poster / editor video
  • Pencari fakta dan referensi tepercaya
  • Pengelola publikasi dan evaluasi

2. Pilih Tema Hoaks

  • Pilih salah satu tema:
    • Hoaks ekonomi digital
    • Hoaks informasi digital lainnya

Tuliskan alasan memilih tema.

3. Buat Konten Edukatif

  • Pilih format: poster, video pendek, atau blog post.
  • Pastikan konten:
    • Menyampaikan fakta yang benar
    • Menjelaskan dampak hoaks
    • Memberikan tips mengidentifikasi hoaks

4. Publikasi Konten

  • Unggah ke platform sekolah atau media sosial kelas (misal: Instagram kelas, Google Sites).

 

5. Evaluasi Kampanye

  • Gunakan polling atau survei singkat untuk mengetahui:
    • Pemahaman teman sekelas terhadap hoaks
    • Efektivitas konten dalam mengedukasi

 

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop / PC
  • Canva / CapCut / Google Sites
  • Sumber referensi terpercaya
  • Platform media sosial kelas

 

 

 

 

 

KISI-KISI MODUL TERINTEGRASI KELAS 9

No

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator

Level Kognitif

No. Soal

Jenis Soal

1

Literasi digital: memahami peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari

Literasi digital

1. Siswa dapat mendefinisikan literasi digital dan perbedaannya dengan sekadar menggunakan gadget

Level 2 / C2

1

P

2. Siswa dapat menjelaskan manfaat literasi digital dalam belajar dan ekonomi

Level 3 / C3

2

PG

3. Siswa dapat menganalisis dampak negatif penggunaan media digital yang tidak bijak

Level 3 / C4

3

PG

4. Siswa dapat memberikan contoh aplikasi literasi digital dalam kehidupan sehari-hari

Level 2 / C3

4

PG Komplek

5. Siswa dapat mengevaluasi peran literasi digital dalam pengambilan keputusan ekonomi

Level 4 / C5

5

PG Komplek

2

Literasi ekonomi: memahami perilaku ekonomi di era digital

Literasi ekonomi

1. Siswa dapat mendefinisikan literasi ekonomi dan jenis transaksi digital

Level 2 / C2

6

PG

2. Siswa dapat menganalisis pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumtif remaja

Level 3 / C4

7

PG

3. Siswa dapat membuat tabel atau grafik sederhana perilaku ekonomi remaja

Level 3 / C3

8

Isian Singkat

4. Siswa dapat menyimpulkan data ekonomi digital yang telah dikumpulkan

Level 4 / C4

9

Isian Singkat

5. Siswa dapat menilai dampak penggunaan uang digital terhadap pengelolaan keuangan pribadi

Level 4 / C5

10

Isian Singkat

3

Kebebasan berpendapat di era digital

Hak dan batasan berpendapat

1. Siswa dapat mendefinisikan kebebasan berpendapat di era digital

Level 2 / C2

11

Isian Singkat

2. Siswa dapat menganalisis perbedaan opini dan hoaks di media digital

Level 3 / C4

12

Isian Singkat

3. Siswa dapat memberikan contoh cara berpendapat yang etis di media sosial

Level 3 / C3

13

Isian Singkat

4. Siswa dapat menyimpulkan konsekuensi hukum dan sosial dari penyebaran informasi tidak benar

Level 4 / C5

14

Isian Singkat

5. Siswa dapat mengevaluasi sikap teman atau masyarakat terhadap opini digital yang disampaikan

Level 4 / C5

15

Isian Singkat

4

Pembuatan Web, Blog, dan Vlog

Konten digital

1. Siswa dapat menjelaskan perbedaan website, blog, dan vlog

Level 2 / C2

16

Isian Singkat

2. Siswa dapat menentukan topik dan target audiens konten digital

Level 3 / C3

17

Isian Singkat

3. Siswa dapat membuat konten blog atau vlog sederhana

Level 3 / C4

18

Isian Singkat

4. Siswa dapat mempublikasikan konten ke platform digital

Level 3 / C4

19

Isian Singkat

5. Siswa dapat mengevaluasi efektivitas konten digital berdasarkan feedback audiens

Level 4 / C5

20

Isian Singkat

5

Analisis data digital

Grafik dan tabel

1. Siswa dapat mengumpulkan data literasi ekonomi atau digital

Level 2 / C2

21

Isian Singkat

2. Siswa dapat membuat tabel dan grafik sederhana menggunakan Google Sheets / Excel

Level 3 / C3

22

Isian Singkat

3. Siswa dapat menganalisis data grafik untuk menarik kesimpulan

Level 3 / C4

23

Isian Singkat

4. Siswa dapat menyajikan data visual dalam blog atau website

Level 3 / C4

24

Isian Singkat

5. Siswa dapat menilai keakuratan dan relevansi data yang disajikan

Level 4 / C5

25

Isian Singkat

6

Etika dan keamanan digital

Keamanan & etika

1. Siswa dapat menyebutkan prinsip etika digital

Level 2 / C2

26

Isian Singkat

2. Siswa dapat menganalisis risiko privasi dan keamanan data

Level 3 / C4

27

Isian Singkat

3. Siswa dapat membuat peraturan sederhana blog atau vlog yang aman

Level 3 / C3

28

Isian Singkat

4. Siswa dapat mengevaluasi sikap etis pengguna media sosial

Level 4 / C5

29

Isian Singkat

5. Siswa dapat menyusun tips penggunaan media digital yang aman dan etis

Level 4 / C5

30

Isian Singkat

7

Literasi ekonomi digital

Keuangan digital

1. Siswa dapat menjelaskan konsep e-wallet dan transaksi digital

Level 2 / C2

31

Isian Singkat

2. Siswa dapat menganalisis pengeluaran pribadi berbasis data digital

Level 3 / C4

32

Isian Singkat

3. Siswa dapat membuat catatan pengeluaran digital

Level 3 / C3

33

Isian Singkat

4. Siswa dapat menilai keuntungan dan risiko transaksi digital

Level 4 / C5

34

Isian Singkat

5. Siswa dapat menyusun strategi pengelolaan uang digital

Level 4 / C5

35

Isian Singkat

8

Kreativitas digital

Konten kreatif

1. Siswa dapat menentukan tema konten digital menarik

Level 2 / C2

36

Isian Singkat

2. Siswa dapat mengidentifikasi target audiens

Level 2 / C2

37

Isian Singkat

3. Siswa dapat membuat poster/blog/vlog kreatif

Level 3 / C4

38

Isian Singkat

4. Siswa dapat mempresentasikan konten digital kepada kelas

Level 3 / C4

39

Isian Singkat

5. Siswa dapat mengevaluasi konten teman berdasarkan kriteria kreatif dan informatif

Level 4 / C5

40

Isian Singkat

9

Kolaborasi dan komunikasi

Proyek digital

1. Siswa dapat bekerja sama dalam tim membuat konten digital

Level 3 / C3

41

Isian Singkat

2. Siswa dapat membagi tugas sesuai kemampuan masing-masing

Level 3 / C3

42

Isian Singkat

3. Siswa dapat menyampaikan hasil proyek secara komunikatif

Level 3 / C4

43

Isian Singkat

4. Siswa dapat memberi dan menerima masukan secara konstruktif

Level 4 / C5

44

Isian Singkat

5. Siswa dapat merefleksikan pengalaman kerja tim dan komunikasi

Leve

 

 

KISI-KISI PROYEK KELAS 9 – MODUL TERINTEGRASI IPS, PKn, TIK

No

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Unjuk Kerja

Level Kognitif

No. Soal / Proyek

Jenis Penilaian

1

Menunjukkan pemahaman literasi digital dan etika penggunaannya

Literasi digital

Siswa dapat mengamati penggunaan media digital di sekolah, membuat laporan dan poster tentang literasi digital yang bertanggung jawab

C3 / Level 3

1

Proyek / Observasi & Poster

2

Menganalisis literasi ekonomi di era digital

Literasi ekonomi

Siswa dapat mengumpulkan data pengeluaran digital, membuat tabel dan grafik visualisasi, serta menganalisis pengaruhnya terhadap perilaku konsumtif

C4 / Level 4

2

Proyek / Tabel & Grafik Digital

3

Menunjukkan pemahaman kebebasan berpendapat di era digital

Hak dan batasan berpendapat

Siswa dapat membuat konten digital (blog/vlog) yang menyampaikan opini secara etis, dan menganalisis konten teman

C4 / Level 4

3

Proyek / Blog/Vlog & Analisis

4

Mengaplikasikan nilai Pancasila dalam interaksi sosial

Nilai Pancasila & interaksi sosial

Siswa dapat mengamati perilaku di sekolah yang mencerminkan nilai Pancasila, menyajikan data dalam grafik digital, dan menganalisis dampak sosialnya

C3 / Level 3

4

Proyek / Observasi & Grafik

5

Mengidentifikasi dan menganalisis interaksi sosial dalam kelompok

Interaksi sosial dalam kelompok belajar

Siswa dapat mengidentifikasi interaksi sosial, dinamika kelompok, dan konflik, kemudian memvisualisasikan data dalam bentuk grafik digital

C4 / Level 4

5

Proyek / Observasi & Grafik

6

Membuat konten digital kreatif

Pembuatan Web, Blog, dan Vlog

Siswa dapat merancang web/blog atau membuat vlog sesuai tema proyek, mempublikasikan konten, dan mempresentasikan hasilnya

C4 / Level 4

6

Proyek / Desain & Publikasi Digital

7

Mengelola data digital untuk proyek

Pengolahan data digital

Siswa dapat mengumpulkan data literasi digital atau ekonomi, membuat tabel dan grafik digital menggunakan Excel/Sheets, serta menyimpulkan hasilnya

C4 / Level 4

7

Proyek / Spreadsheet & Analisis

8

Menunjukkan sikap etis dalam penggunaan media digital

Etika dan keamanan digital

Siswa dapat menyusun aturan penggunaan media digital yang aman, membuat poster atau video edukatif, dan menyajikan tips keamanan digital

C5 / Level 5

8

Proyek / Poster / Video Edukatif

9

Bekerja sama dan berkomunikasi dalam proyek digital

Kolaborasi & komunikasi

Siswa dapat bekerja sama dalam tim membuat konten digital, membagi tugas, menyampaikan hasil proyek secara komunikatif, dan merefleksikan pengalaman kerja tim

C5 / Level 5

9

Proyek / Kolaborasi, Presentasi, & Refleksi

 

 Keterangan:

  • Proyek / Observasi & Grafik → siswa melakukan observasi langsung, mengumpulkan data, dan memvisualisasikan dalam grafik digital.
  • Proyek / Blog/Vlog & Analisis → siswa membuat konten digital (blog atau vlog) dan mengevaluasi konten teman.
  • C3-C5 → Level kognitif Taksonomi Bloom:
    • C3 = Menerapkan
    • C4 = Menganalisis / Membuat
    • C5 = Mengevaluasi

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan Projek TERINTEGRASI – IPS, PKn, & TIK (KELAS 9) Pengganti ASAS

  MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI – IPS, PKn, & TIK (KELAS 9) Soal Evaluasi Asesmen Sumatif Akhir Semester     Sekolah          ...