MODUL
PEMBELAJARAN TERINTEGRASI – IPS, PKn, & TIK (KELAS 9)
Soal Evaluasi Asesmen Sumatif Akhir Semester
Sekolah :
SMPN 8 Malang
Mata Pelajaran : IPS /
PKn / TIK (Terintegrasi)
Kelas/Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 1 Pekan
Tema IPS : Literasi
Digital & Literasi Ekonomi
Tema PKn :
Kebebasan Berpendapat di Era Digital
Tema TIK :
Pembuatan Web, Blog, dan Vlog
I. IDENTIFIKASI PESERTA DIDIK
- Aspek Pengetahuan Awal
·
Siswa memahami dasar literasi digital, literasi
ekonomi, dan kebebasan berpendapat.
·
Beberapa siswa masih kesulitan membedakan opini
dan fakta di media digital.
- Aspek Minat Belajar
·
Tertarik pada proyek digital, kolaborasi,
pembuatan website/blog/vlog, dan visualisasi data.
- Aspek Latar Belakang Sosial & Lingkungan
·
Aktif di media sosial, memiliki interaksi lintas
budaya di sekolah.
·
Beberapa siswa sudah terlibat dalam
organisasi/komunitas digital atau usaha kreatif.
- Aspek Kebutuhan Belajar
·
Panduan visual dan digital untuk memahami
literasi digital, literasi ekonomi, dan kebebasan berpendapat.
- Aspek Gaya Belajar
·
Mayoritas visual dan kinestetik; metode berbasis
proyek sangat sesuai.
- Aspek Emosional & Psikologis
·
Senang berekspresi kreatif, menulis opini, dan
menyampaikan pendapat secara digital.
- Aspek Sarana & Prasarana
·
Proyektor, komputer/laptop, akses internet,
platform digital (Google Classroom, Canva, Jamboard, Google Sheets/Excel).
II. MATERI PELAJARAN
|
Jenis Pengetahuan |
Materi |
|
Faktual |
Literasi digital, literasi
ekonomi, kebebasan berpendapat, pembuatan website/blog/vlog |
|
Konseptual |
Hubungan literasi digital &
ekonomi, kebebasan berpendapat dengan etika, penggunaan media digital secara
bertanggung jawab |
|
Prosedural |
Pengumpulan data, observasi,
pembuatan grafik digital, blog, atau vlog, pembuatan konten edukatif |
|
Metakognitif |
Refleksi diri, evaluasi opini
digital, penerapan literasi ekonomi dan digital, penilaian sikap etis dan
kreatif |
III. DIMENSI PROFIL LULUSAN
(DPL)
- DPL 1: Keimanan & Ketakwaan
- DPL 2: Kewargaan (toleransi, tanggung jawab)
- DPL 3: Penalaran Kritis (analisis informasi
digital)
- DPL 4: Kreativitas (konten digital,
website/blog/vlog)
- DPL 5: Kolaborasi (diskusi kelompok)
- DPL 8: Komunikasi (presentasi proyek,
publikasi digital)
IV. DESAIN PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran:
Siswa mampu
memahami literasi digital & ekonomi, menganalisis informasi digital,
menyampaikan pendapat secara etis, membuat website/blog/vlog, memvisualisasikan
data menjadi grafik digital, serta merefleksikan peran pribadi di era digital.
Lintas Disiplin Ilmu:
- IPS: Literasi digital & ekonomi, analisis
perilaku ekonomi remaja
- PKn: Kebebasan berpendapat, etika dan hukum
digital
- TIK: Pembuatan website, blog, vlog, dan
visualisasi data digital
Model Pembelajaran: Project
Based Learning (PjBL)
Strategi: Inkuiri, Kolaboratif, Digital
Metode:
- Observasi, studi kasus, diskusi kelompok, refleksi
diri
- Pembuatan poster, blog, website, vlog, grafik digital
- Presentasi proyek dan umpan balik
Pemanfaatan Digital:
- Google Sheets / Excel: visualisasi data
ekonomi dan literasi digital
- Canva / CapCut / InShot: poster, video
kampanye, konten edukatif
- Jamboard / Padlet: diskusi kolaboratif online
V. PENGALAMAN BELAJAR
Awal (Bermakna &
Menggembirakan, 13 menit)
- Menyapa siswa dan menayangkan video motivasi tentang
literasi digital dan ekonomi.
- Diskusi: “Bagaimana literasi digital dan ekonomi
memengaruhi kehidupanmu?”
- Motivasi membuat proyek digital yang mencerminkan
literasi ekonomi, kebebasan berpendapat, dan kreativitas digital.
Inti
- Memahami (Bermakna & Berkesadaran, 40 menit)
·
Contoh nyata literasi digital dan ekonomi di
sekolah dan masyarakat.
·
Diskusi tantangan generasi muda dalam
mengekspresikan opini digital dan mengelola keuangan digital.
·
Analisis kasus nyata: hoaks ekonomi, komentar
tak etis, perilaku konsumtif digital.
- Mengaplikasi (Menggembirakan, 35 menit)
·
Proyek kelompok:
- IPS: Analisis data literasi ekonomi &
digital → visualisasi grafik.
- PKn: Membuat artikel/blog atau vlog opini
etis.
- TIK: Membuat website/blog sederhana
menampilkan konten proyek.
Presentasi hasil proyek, peer review, dan umpan balik guru.
- Merefleksi (Berkesadaran, 20 menit)
·
Refleksi diri: “Langkah bijak apa yang bisa aku
lakukan dalam literasi digital, literasi ekonomi, dan berpendapat online?”
· Diskusi
kelas: komitmen tindakan nyata dan publikasi konten digital.
Penutup (5 menit)
·
Rangkuman materi: literasi digital &
ekonomi, kebebasan berpendapat, etika digital
· Refleksi
cepat: satu kata terkait pembelajaran hari ini
· Tindak
lanjut: proyek digital dipublikasikan di blog/website kelas
VI. ASESMEN PEMBELAJARAN
Asesmen Awal:
- Kuis singkat/pertanyaan lisan: literasi digital,
ekonomi, kebebasan berpendapat.
Asesmen Proses:
- Observasi kolaborasi & partisipasi siswa
- Penilaian grafik digital, blog, atau vlog
- Refleksi diri
Asesmen Akhir:
- Penilaian proyek digital (website/blog/vlog + grafik)
- Refleksi jurnal atau laporan narasi
- Rubrik Penilaian: Kreativitas, relevansi pesan,
kolaborasi, komunikasi
Malang,
18 November 2025
Guru
bidang studi
Drs.
Sumarno
NIP.
196603082005011006
PROYEK
1 – Literasi Digital dan Literasi Ekonomi
Narasi:
Di era digital, generasi muda memiliki akses luas terhadap informasi dan
peluang ekonomi online. Namun, kemampuan memanfaatkan literasi digital dan
literasi ekonomi dengan bijak sangat penting agar tidak terjebak hoaks,
penipuan online, atau keputusan ekonomi yang merugikan diri sendiri.
Pertanyaan Problematis:
- Bagaimana cara membedakan informasi ekonomi yang
benar dan hoaks di media digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa saja risiko ekonomi yang bisa terjadi jika
literasi digital rendah?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana literasi digital mempengaruhi keputusan
keuangan pribadi?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana generasi muda bisa memanfaatkan media
digital untuk memulai usaha kecil?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa dampak positif dan negatif media digital terhadap
perilaku konsumtif remaja?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Smart Economy”
Langkah-langkah:
- Bentuk kelompok 3–4 siswa.
- Pilih satu topik: edukasi ekonomi, tips berhemat,
atau peluang usaha digital.
- Telusuri informasi dari situs resmi dan media
tepercaya.
- Buat infografis digital atau poster
interaktif menggunakan Canva atau Piktochart.
- Presentasikan hasil proyek di kelas, sertakan alasan
sumber informasi dipilih.
Pilih Topik Proyek (1 dari 3)
- Cara Aman Bertransaksi Digital
- Mengelola Uang Jajan dengan Aplikasi Keuangan
- Mengenal Penipuan Digital dan Cara Menghindarinya
3. Pengumpulan Informasi
Siswa mencari informasi dari
sumber tepercaya:
- Situs resmi (OJK, BI, Kominfo, Kemendikbud)
- Aplikasi keuangan digital (contoh: Google Finance,
aplikasi dompet digital)
- Artikel berita kredibel
Catat:
- Fakta penting (minimal 5 poin)
- Contoh kasus nyata
- Alasan memilih sumber
4. Pembuatan Produk Digital
Kelompok membuat salah satu
produk berikut:
- Infografis Digital
- Poster Edukatif
- Video Edukasi 2 menit
- Slide Presentasi Digital
Gunakan Canva, CapCut, atau Google
Slides.
Isi minimal memuat:
- Definisi
- Penjelasan topik
- Tips praktis
- Contoh penerapan bagi siswa
- Sumber informasi
5. Presentasi Proyek
Setiap kelompok mempresentasikan
hasilnya selama 3–5 menit, mencakup:
- Ringkasan materi
- Produk digital
- Cara kerja atau cara menerapkan
- Alasan pemilihan sumber
6. Refleksi Singkat
Setiap siswa menjawab 3
pertanyaan:
- Apa hal baru yang saya pelajari tentang literasi
digital?
- Apa hal penting yang saya pahami tentang literasi
finansial?
- Bagaimana saya bisa menerapkan keduanya dalam
kehidupan sehari-hari?
Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop/PC atau tablet
- Akses internet
- Canva / Google Slides / CapCut
- Sumber informasi tepercaya
PROYEK
2 – Kebebasan Berpendapat di Era Digital
Narasi:
Media sosial memungkinkan setiap orang menyuarakan opini. Namun, kebebasan
berpendapat harus tetap memperhatikan etika, hukum, dan tanggung jawab sosial.
Siswa diajak memahami batasan dan cara menyampaikan pendapat secara bijak.
Pertanyaan Problematis:
- Apa batasan kebebasan berpendapat di media digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana cara mengekspresikan kritik tanpa
menyinggung orang lain?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa risiko hukum jika berpendapat sembarangan di
media sosial?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana cara mengidentifikasi berita palsu sebelum
berkomentar?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa peran generasi muda dalam menjaga diskusi online
tetap sehat?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Voice with Responsibility”
Langkah-langkah:
Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)
Tentukan peran anggota:
- Pencari data
- Penulis naskah/skrip
- Editor konten digital
- Presenter
2. Pilih Isu Sosial atau
Lingkungan
Kelompok memilih 1 isu yang
relevan di sekolah atau masyarakat, misalnya:
- Sampah plastik di lingkungan sekolah
- Perundungan (bullying)
- Penggunaan gadget berlebihan
- Hemat energi di kelas
- Disiplin dan kebersihan toilet sekolah
- Isu polusi udara atau banjir lokal
Tuliskan alasan memilih isu
tersebut (1–2 kalimat).
3. Pengumpulan Informasi &
Referensi
Tugas kelompok:
- Cari data, fakta, atau contoh kasus dari situs
tepercaya (Kominfo, Kemendikbud, KLHK, Kompas, BBC).
- Catat minimal 3 informasi penting untuk
mendukung opini.
- Tulis alasan memilih sumber (akurat, terbaru,
kredibel).
4. Pembuatan Produk Digital
Kelompok memilih salah satu bentuk
konten:
A. Artikel Blog
Isi minimal:
- Judul menarik
- Penjelasan isu
- Pendapat/solusi siswa
- Data atau referensi pendukung
- Ajakan bertindak (call to action)
B. Video Vlog (2 menit)
Langkah:
- Buat skrip singkat
- Rekam menggunakan HP
- Edit menggunakan CapCut/Canva/InShot
- Masukkan teks, gambar, atau grafik sederhana
- Cantumkan sumber data di akhir video
Produk yang dihasilkan harus:
- Berbahasa sopan
- Tidak menyerang pihak tertentu
- Berisi pendapat yang disertai fakta
5. Publikasi & Presentasi
Kelas
- Unggah ke blog kelas, Google Sites,
atau platform aman yang disediakan guru.
- Setiap kelompok mempresentasikan kontennya selama 3–4
menit.
- Kelompok lain memberi 1 pertanyaan atau tanggapan.
6. Refleksi Singkat Siswa
Jawab tiga pertanyaan:
- Bagaimana saya menggunakan media digital secara
bertanggung jawab?
- Apa yang saya pelajari tentang isu sosial/lingkungan
yang saya pilih?
- Bagaimana pendapat saya dapat memberikan dampak
positif bagi lingkungan sekitar?
Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop/PC atau tablet
- HP untuk merekam video
- Akses internet
- Platform blog: Blogger, WordPress, Google Sites
- Aplikasi edit video: CapCut, Canva, InShot
- Sumber data tepercaya
PROYEK
3 – Pembuatan Website/Blog Sekolah
Narasi:
Website dan blog merupakan media penting untuk menyebarkan informasi secara
profesional. Siswa belajar membuat platform digital sendiri untuk berbagi
konten positif, informasi pendidikan, atau karya ekonomi kreatif.
Pertanyaan Problematis:
- Apa saja elemen penting dalam website atau blog yang
menarik dan informatif?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana memilih topik yang tepat untuk target
audiens tertentu?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana etika menulis konten digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa saja tantangan teknis dalam membuat website/blog?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana cara mengukur efektivitas konten digital
yang dipublikasikan?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “My First Blog/Website”
Langkah-langkah:
1. Pembentukan Kelompok (3–4
siswa)
Tentukan peran:
- Penulis konten
- Desainer tampilan
- Pencari referensi
- Presenter
2. Pilih Topik Blog/Website
Pilih salah satu topik:
- Edukasi (tips belajar, pengetahuan umum,
lingkungan)
- Literasi Digital (keamanan digital, etika
online, penggunaan teknologi)
- Ekonomi Kreatif (konten kreator, UMKM digital,
ide usaha pelajar)
Tuliskan alasan memilih topik
tersebut.
3. Membuat Akun Platform Gratis
Pilih salah satu:
- WordPress.com
- Blogger.com
- Google Sites
Buat akun dan tentukan nama
blog/website.
4. Mendesain Halaman &
Membuat Konten
Kelompok membuat:
- Halaman utama (Home)
- Minimal 3 artikel atau konten berisi teks +
media
(misalnya tips, opini, edukasi, ulasan, atau informasi kreatif)
Tambahkan:
- Gambar bebas hak cipta (Pixabay, Unsplash)
- Video atau infografis sederhana
- Cantumkan sumber referensi yang digunakan
5. Finalisasi & Presentasi
Kelas
Setiap kelompok:
- Menampilkan tampilan website/blog
- Menjelaskan isi artikel
- Menceritakan proses pembuatan
- Menyebutkan referensi yang digunakan
Setelah itu lakukan peer review:
- Kelompok lain memberi kritik/saran singkat
- Berdiskusi mengenai kekuatan dan kelemahan blog
tersebut
Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop/PC atau tablet
- Akses internet
- Akun WordPress / Blogger / Google Sites
- Gambar, video, atau infografis bebas hak cipta
- Referensi konten terpercaya
PROYEK
4 – Literasi Keuangan Digital
Narasi:
Siswa belajar mengelola keuangan digital, termasuk penggunaan e-wallet,
transaksi online, dan pencatatan keuangan sederhana. Literasi ekonomi digital
membantu siswa menjadi generasi yang cerdas finansial.
Pertanyaan Problematis:
- Bagaimana cara mencatat transaksi digital dengan
benar?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa risiko keamanan transaksi online?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana cara membedakan kebutuhan dan keinginan
saat berbelanja online?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana teknologi mempermudah pengelolaan keuangan
pribadi?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana literasi digital berperan dalam menghindari
penipuan finansial?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Smart Digital Wallet”
Langkah-langkah:
1. Pembentukan Kelompok (3–4
siswa)
Tentukan peran:
- Pencatat transaksi
- Pengelola Excel/Google Sheet
- Analis pengeluaran
- Presenter
2. Simulasi Penggunaan E-Wallet
- Gunakan aplikasi e-wallet sekolah atau simulasi
digital.
- Setiap anggota melakukan minimal 5 transaksi
digital (misal: membeli snack, membayar transportasi, donasi).
- Catat semua transaksi lengkap dengan tanggal,
nominal, dan jenis pengeluaran.
3. Buat Laporan Keuangan
Digital
- Gunakan Excel atau Google Sheet.
- Buat tabel:
- Tanggal
- Nama transaksi
- Nominal
- Kategori: kebutuhan / keinginan
- Tambahkan grafik ringkas untuk visualisasi
pengeluaran.
4. Analisis Pengeluaran
- Bandingkan pengeluaran untuk kebutuhan vs
keinginan.
- Identifikasi pola boros atau efisien.
- Buat rekomendasi penghematan minimal 3 tips
praktis.
5. Presentasi Laporan Keuangan
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil laporan dan
rekomendasi.
- Jelaskan:
- Total pengeluaran kebutuhan vs keinginan
- Tips penghematan yang bisa diterapkan
- Diskusi kelas singkat untuk membandingkan hasil antar
kelompok.
Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop / PC
- Akses Google Sheet atau Excel
- Aplikasi simulasi e-wallet (contoh: Dompet Digital
sekolah)
PROYEK
5 – Kampanye Literasi Digital
Narasi:
Generasi muda perlu menyebarkan literasi digital kepada teman sebaya agar lebih
bijak dalam memanfaatkan media digital, menghindari hoaks, dan memanfaatkan
peluang ekonomi.
Pertanyaan Problematis:
- Bagaimana cara menyusun pesan kampanye digital yang
menarik?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa saja bentuk konten yang efektif untuk literasi
digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana cara mengukur keberhasilan kampanye
digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana memilih target audiens kampanye digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana kampanye digital dapat mendorong perubahan
perilaku positif?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Literacy Campaign”
Langkah-langkah:
Tentukan peran:
- Penulis konten
- Desainer poster/video
- Pengelola media sosial
- Evaluator kampanye
2. Pilih Tema Kampanye
- Bijak Berinternet (misal: etika online,
keamanan data, hoaks)
- Literasi Ekonomi Digital (misal: pengelolaan
uang digital, e-wallet, usaha online)
Tuliskan alasan memilih tema.
3. Buat Konten Kampanye
- Pilih salah satu format:
- Poster digital (Canva)
- Video pendek 2 menit (CapCut)
- Blog post / artikel singkat (Google Sites)
- Sertakan informasi yang benar, relevan, dan
menarik.
4. Publikasikan di Media Sosial
Sekolah
- Unggah konten ke platform yang disepakati (misal:
Instagram kelas, Google Classroom, blog sekolah).
5. Evaluasi Dampak Kampanye
- Gunakan polling, komentar, atau survei singkat untuk
menilai:
- Apakah pesan kampanye dipahami teman sekelas
- Tanggapan teman terhadap konten
- Diskusikan hasil evaluasi dan pelajaran yang didapat.
Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop / PC / tablet
- Akses Canva, CapCut, atau Google Sites
- Platform media sosial kelas (misal Instagram kelas)
- Data polling atau survei untuk evaluasi
PROYEK
6 – Etika Berpendapat Online
Narasi:
Dalam dunia digital, etika berpendapat sangat penting agar opini tetap
konstruktif dan tidak menimbulkan konflik atau perpecahan di masyarakat.
Pertanyaan Problematis:
- Apa perbedaan kritik dan provokasi di media digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana menghindari ujaran kebencian saat beropini
online?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana cara menyampaikan pendapat yang
kontroversial dengan aman?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa konsekuensi hukum dari komentar online yang tidak
bertanggung jawab?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana generasi muda bisa mempromosikan diskusi
sehat di media sosial?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Responsible Digital Opinion”
Langkah-langkah:
Pembentukan Kelompok (3–4
siswa)
Tentukan peran:
- Penulis artikel / skrip vlog
- Pencari data dan fakta
- Editor video / konten digital
- Presenter / penyaji
2. Pilih Isu Sosial
- Pilih satu isu kontroversial yang relevan, misal:
- Sampah digital / data pribadi
- Literasi keuangan digital
- Etika berinternet
Tuliskan alasan memilih isu
tersebut.
3. Buat Konten Digital
- Pilih format:
- Artikel blog (Blogger, WordPress)
- Video vlog (YouTube, CapCut, Canva)
- Pastikan konten memuat:
- Opini kelompok
- Fakta / data pendukung dari sumber tepercaya
- Tips menjaga etika berpendapat
4. Publikasi & Diskusi
- Unggah konten ke platform yang disepakati (blog
kelas, YouTube privat, Google Classroom).
- Diskusikan dengan kelompok lain untuk menerima umpan
balik:
- Apakah opini jelas dan didukung data?
- Apakah etika berpendapat dijaga?
Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop / PC / tablet
- Platform blog atau vlog (Blogger, WordPress, YouTube),Data/fakta
terpercaya Aplikasi editing video (Canva)
PROYEK
7 – Membuat Mini Website Ekonomi Kreatif
Narasi:
Siswa dapat memanfaatkan keterampilan digital untuk membuat website sederhana
yang menampilkan usaha ekonomi kreatif atau bisnis kecil.
Pertanyaan Problematis:
- Bagaimana cara menampilkan produk/jasa di website
dengan menarik?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa strategi pemasaran digital yang sederhana tapi
efektif?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana menulis deskripsi produk yang persuasif?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana memilih platform web/blog yang sesuai untuk
usaha kecil?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana cara mengukur keberhasilan website?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Creative Economy Mini Website”
Langkah-langkah:
1. Pembentukan Kelompok (3–4
siswa)
Tentukan peran:
- Penulis konten/deskripsi
- Desainer tampilan website
- Fotografer / editor gambar
- Presenter
2. Pilih Jenis Usaha Kreatif
Contoh:
- Kerajinan tangan
- Makanan ringan
- Produk digital
- Jasa kreatif
Tuliskan alasan memilih jenis
usaha.
3. Buat Website / Blog
- Gunakan platform gratis: WordPress, Blogger, atau
Google Sites.
- Buat halaman utama (Home) dan halaman produk.
- Minimal tampilkan 3–5 produk dengan informasi:
- Gambar produk
- Nama & deskripsi singkat
- Harga
- Kontak atau cara pemesanan
4. Finalisasi & Publikasi
- Pastikan tampilan menarik dan mudah dibaca.
- Unggah website/blog ke platform yang digunakan.
5. Presentasi Kelas & Peer
Review
- Setiap kelompok mempresentasikan website di depan
kelas.
- Kelompok lain memberikan kritik dan saran
perbaikan.
- Catat masukan untuk pengembangan lebih lanjut.
Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop / PC
- Platform WordPress / Blogger / Google Sites
- Foto produk, deskripsi, dan harga
- Akses internet
PROYEK
8 – Analisis Dampak Media Digital terhadap Ekonomi Remaja
Narasi:
Media digital mempengaruhi perilaku ekonomi remaja: belanja online, investasi
kecil, hingga peluang usaha. Siswa perlu menganalisis dampak positif dan
negatifnya.
Pertanyaan Problematis:
- Bagaimana media digital memengaruhi keputusan ekonomi
remaja?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa saja efek konsumtif dan kreatif dari media
digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana cara mengatur pengeluaran digital pribadi?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana literasi ekonomi dapat mencegah kerugian
finansial?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa peluang ekonomi yang bisa dimanfaatkan remaja
secara digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Economy Impact Analysis”
Langkah-langkah:
1. Pembentukan Kelompok (3–4
siswa)
Tentukan peran:
- Pencatat data / pengelola polling
- Analis data / pembuatan infografis
- Penulis laporan
- Presenter
2. Kumpulkan Data
- Buat polling sederhana menggunakan Google
Forms atau Excel.
- Tanyakan pengaruh media digital terhadap kegiatan
ekonomi teman sebaya, misal:
- Membeli produk online
- Menjual barang/jasa digital
- Mengikuti promosi digital
3. Buat Laporan Analisis
- Gunakan Canva atau Piktochart untuk
membuat infografis digital.
- Sertakan:
- Ringkasan data polling
- Temuan penting
- Diagram atau grafik pendukung
4. Diskusi Kelas
- Presentasikan temuan kepada kelas.
- Diskusikan pengaruh positif dan negatif media digital
terhadap kegiatan ekonomi remaja.
5. Buat Rekomendasi Bijak
- Setiap kelompok menyusun 3–5 tips bijak
menggunakan media digital untuk kegiatan ekonomi, misal:
- Memilih transaksi yang aman
- Mengelola pengeluaran dan pemasukan digital
- Memanfaatkan platform digital untuk belajar dan
berwirausaha
Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop / PC
- Google Forms / Excel
- Canva / Piktochart
- Akses internet
PROYEK
9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital
Narasi:
Hoaks ekonomi digital dapat merugikan remaja. Siswa perlu membuat kampanye
untuk mengedukasi teman sebaya agar cerdas literasi digital.
Pertanyaan Problematis:
- Bagaimana cara mengenali hoaks ekonomi di media
sosial?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa dampak negatif menyebarkan hoaks ekonomi?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana kampanye anti-hoaks dapat mempengaruhi
teman sebaya?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Media digital apa yang efektif digunakan untuk
kampanye?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana mengukur keberhasilan kampanye anti-hoaks?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Stop Digital Hoax”
Langkah-langkah: 1. Pembentukan Kelompok (3–4
siswa)
Tentukan peran:
- Penulis konten / naskah
- Desainer poster / editor video
- Pencari fakta dan referensi tepercaya
- Pengelola publikasi dan evaluasi
2. Pilih Tema Hoaks
- Pilih salah satu tema:
- Hoaks ekonomi digital
- Hoaks informasi digital lainnya
Tuliskan alasan memilih tema.
3. Buat Konten Edukatif
- Pilih format: poster, video pendek, atau blog post.
- Pastikan konten:
- Menyampaikan fakta yang benar
- Menjelaskan dampak hoaks
- Memberikan tips mengidentifikasi hoaks
4. Publikasi Konten
- Unggah ke platform sekolah atau media sosial kelas
(misal: Instagram kelas, Google Sites).
5. Evaluasi Kampanye
- Gunakan polling atau survei singkat untuk mengetahui:
- Pemahaman teman sekelas terhadap hoaks
- Efektivitas konten dalam mengedukasi
Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop / PC
- Canva / CapCut / Google Sites
- Sumber referensi terpercaya
- Platform media sosial kelas
KISI-KISI MODUL TERINTEGRASI
KELAS 9
|
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator |
Level Kognitif |
No. Soal |
Jenis Soal |
|
1 |
Literasi digital: memahami peran
teknologi dalam kehidupan sehari-hari |
Literasi digital |
1. Siswa dapat mendefinisikan
literasi digital dan perbedaannya dengan sekadar menggunakan gadget |
Level 2 / C2 |
1 |
P |
|
2. Siswa dapat menjelaskan
manfaat literasi digital dalam belajar dan ekonomi |
Level 3 / C3 |
2 |
PG |
|||
|
3. Siswa dapat menganalisis
dampak negatif penggunaan media digital yang tidak bijak |
Level 3 / C4 |
3 |
PG |
|||
|
4. Siswa dapat memberikan contoh
aplikasi literasi digital dalam kehidupan sehari-hari |
Level 2 / C3 |
4 |
PG Komplek |
|||
|
5. Siswa dapat mengevaluasi
peran literasi digital dalam pengambilan keputusan ekonomi |
Level 4 / C5 |
5 |
PG Komplek |
|||
|
2 |
Literasi ekonomi: memahami
perilaku ekonomi di era digital |
Literasi ekonomi |
1. Siswa dapat mendefinisikan
literasi ekonomi dan jenis transaksi digital |
Level 2 / C2 |
6 |
PG |
|
2. Siswa dapat menganalisis
pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumtif remaja |
Level 3 / C4 |
7 |
PG |
|||
|
3. Siswa dapat membuat tabel
atau grafik sederhana perilaku ekonomi remaja |
Level 3 / C3 |
8 |
Isian Singkat |
|||
|
4. Siswa dapat menyimpulkan data
ekonomi digital yang telah dikumpulkan |
Level 4 / C4 |
9 |
Isian Singkat |
|||
|
5. Siswa dapat menilai dampak
penggunaan uang digital terhadap pengelolaan keuangan pribadi |
Level 4 / C5 |
10 |
Isian Singkat |
|||
|
3 |
Kebebasan berpendapat di era
digital |
Hak dan batasan berpendapat |
1. Siswa dapat mendefinisikan
kebebasan berpendapat di era digital |
Level 2 / C2 |
11 |
Isian Singkat |
|
2. Siswa dapat menganalisis
perbedaan opini dan hoaks di media digital |
Level 3 / C4 |
12 |
Isian Singkat |
|||
|
3. Siswa dapat memberikan contoh
cara berpendapat yang etis di media sosial |
Level 3 / C3 |
13 |
Isian Singkat |
|||
|
4. Siswa dapat menyimpulkan
konsekuensi hukum dan sosial dari penyebaran informasi tidak benar |
Level 4 / C5 |
14 |
Isian Singkat |
|||
|
5. Siswa dapat mengevaluasi
sikap teman atau masyarakat terhadap opini digital yang disampaikan |
Level 4 / C5 |
15 |
Isian Singkat |
|||
|
4 |
Pembuatan Web, Blog, dan Vlog |
Konten digital |
1. Siswa dapat menjelaskan
perbedaan website, blog, dan vlog |
Level 2 / C2 |
16 |
Isian Singkat |
|
2. Siswa dapat menentukan topik
dan target audiens konten digital |
Level 3 / C3 |
17 |
Isian Singkat |
|||
|
3. Siswa dapat membuat konten
blog atau vlog sederhana |
Level 3 / C4 |
18 |
Isian Singkat |
|||
|
4. Siswa dapat mempublikasikan
konten ke platform digital |
Level 3 / C4 |
19 |
Isian Singkat |
|||
|
5. Siswa dapat mengevaluasi
efektivitas konten digital berdasarkan feedback audiens |
Level 4 / C5 |
20 |
Isian Singkat |
|||
|
5 |
Analisis data digital |
Grafik dan tabel |
1. Siswa dapat mengumpulkan data
literasi ekonomi atau digital |
Level 2 / C2 |
21 |
Isian Singkat |
|
2. Siswa dapat membuat tabel dan
grafik sederhana menggunakan Google Sheets / Excel |
Level 3 / C3 |
22 |
Isian Singkat |
|||
|
3. Siswa dapat menganalisis data
grafik untuk menarik kesimpulan |
Level 3 / C4 |
23 |
Isian Singkat |
|||
|
4. Siswa dapat menyajikan data
visual dalam blog atau website |
Level 3 / C4 |
24 |
Isian Singkat |
|||
|
5. Siswa dapat menilai
keakuratan dan relevansi data yang disajikan |
Level 4 / C5 |
25 |
Isian Singkat |
|||
|
6 |
Etika dan keamanan digital |
Keamanan & etika |
1. Siswa dapat menyebutkan
prinsip etika digital |
Level 2 / C2 |
26 |
Isian Singkat |
|
2. Siswa dapat menganalisis
risiko privasi dan keamanan data |
Level 3 / C4 |
27 |
Isian Singkat |
|||
|
3. Siswa dapat membuat peraturan
sederhana blog atau vlog yang aman |
Level 3 / C3 |
28 |
Isian Singkat |
|||
|
4. Siswa dapat mengevaluasi
sikap etis pengguna media sosial |
Level 4 / C5 |
29 |
Isian Singkat |
|||
|
5. Siswa dapat menyusun tips
penggunaan media digital yang aman dan etis |
Level 4 / C5 |
30 |
Isian Singkat |
|||
|
7 |
Literasi ekonomi digital |
Keuangan digital |
1. Siswa dapat menjelaskan
konsep e-wallet dan transaksi digital |
Level 2 / C2 |
31 |
Isian Singkat |
|
2. Siswa dapat menganalisis
pengeluaran pribadi berbasis data digital |
Level 3 / C4 |
32 |
Isian Singkat |
|||
|
3. Siswa dapat membuat catatan
pengeluaran digital |
Level 3 / C3 |
33 |
Isian Singkat |
|||
|
4. Siswa dapat menilai
keuntungan dan risiko transaksi digital |
Level 4 / C5 |
34 |
Isian Singkat |
|||
|
5. Siswa dapat menyusun strategi
pengelolaan uang digital |
Level 4 / C5 |
35 |
Isian Singkat |
|||
|
8 |
Kreativitas digital |
Konten kreatif |
1. Siswa dapat menentukan tema
konten digital menarik |
Level 2 / C2 |
36 |
Isian Singkat |
|
2. Siswa dapat mengidentifikasi
target audiens |
Level 2 / C2 |
37 |
Isian Singkat |
|||
|
3. Siswa dapat membuat
poster/blog/vlog kreatif |
Level 3 / C4 |
38 |
Isian Singkat |
|||
|
4. Siswa dapat mempresentasikan
konten digital kepada kelas |
Level 3 / C4 |
39 |
Isian Singkat |
|||
|
5. Siswa dapat mengevaluasi
konten teman berdasarkan kriteria kreatif dan informatif |
Level 4 / C5 |
40 |
Isian Singkat |
|||
|
9 |
Kolaborasi dan komunikasi |
Proyek digital |
1. Siswa dapat bekerja sama
dalam tim membuat konten digital |
Level 3 / C3 |
41 |
Isian Singkat |
|
2. Siswa dapat membagi tugas
sesuai kemampuan masing-masing |
Level 3 / C3 |
42 |
Isian Singkat |
|||
|
3. Siswa dapat menyampaikan
hasil proyek secara komunikatif |
Level 3 / C4 |
43 |
Isian Singkat |
|||
|
4. Siswa dapat memberi dan
menerima masukan secara konstruktif |
Level 4 / C5 |
44 |
Isian Singkat |
|||
|
5. Siswa dapat merefleksikan
pengalaman kerja tim dan komunikasi |
Leve |
KISI-KISI PROYEK KELAS 9 –
MODUL TERINTEGRASI IPS, PKn, TIK
|
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator Unjuk Kerja |
Level Kognitif |
No. Soal / Proyek |
Jenis Penilaian |
|
1 |
Menunjukkan pemahaman literasi
digital dan etika penggunaannya |
Literasi digital |
Siswa dapat mengamati penggunaan
media digital di sekolah, membuat laporan dan poster tentang literasi digital
yang bertanggung jawab |
C3 / Level 3 |
1 |
Proyek / Observasi & Poster |
|
2 |
Menganalisis literasi ekonomi di
era digital |
Literasi ekonomi |
Siswa dapat mengumpulkan data
pengeluaran digital, membuat tabel dan grafik visualisasi, serta menganalisis
pengaruhnya terhadap perilaku konsumtif |
C4 / Level 4 |
2 |
Proyek / Tabel & Grafik
Digital |
|
3 |
Menunjukkan pemahaman kebebasan
berpendapat di era digital |
Hak dan batasan berpendapat |
Siswa dapat membuat konten
digital (blog/vlog) yang menyampaikan opini secara etis, dan menganalisis
konten teman |
C4 / Level 4 |
3 |
Proyek / Blog/Vlog &
Analisis |
|
4 |
Mengaplikasikan nilai Pancasila
dalam interaksi sosial |
Nilai Pancasila & interaksi
sosial |
Siswa dapat mengamati perilaku
di sekolah yang mencerminkan nilai Pancasila, menyajikan data dalam grafik
digital, dan menganalisis dampak sosialnya |
C3 / Level 3 |
4 |
Proyek / Observasi & Grafik |
|
5 |
Mengidentifikasi dan
menganalisis interaksi sosial dalam kelompok |
Interaksi sosial dalam kelompok
belajar |
Siswa dapat mengidentifikasi
interaksi sosial, dinamika kelompok, dan konflik, kemudian memvisualisasikan
data dalam bentuk grafik digital |
C4 / Level 4 |
5 |
Proyek / Observasi & Grafik |
|
6 |
Membuat konten digital kreatif |
Pembuatan Web, Blog, dan Vlog |
Siswa dapat merancang web/blog
atau membuat vlog sesuai tema proyek, mempublikasikan konten, dan
mempresentasikan hasilnya |
C4 / Level 4 |
6 |
Proyek / Desain & Publikasi
Digital |
|
7 |
Mengelola data digital untuk
proyek |
Pengolahan data digital |
Siswa dapat mengumpulkan data
literasi digital atau ekonomi, membuat tabel dan grafik digital menggunakan
Excel/Sheets, serta menyimpulkan hasilnya |
C4 / Level 4 |
7 |
Proyek / Spreadsheet &
Analisis |
|
8 |
Menunjukkan sikap etis dalam
penggunaan media digital |
Etika dan keamanan digital |
Siswa dapat menyusun aturan
penggunaan media digital yang aman, membuat poster atau video edukatif, dan
menyajikan tips keamanan digital |
C5 / Level 5 |
8 |
Proyek / Poster / Video Edukatif |
|
9 |
Bekerja sama dan berkomunikasi
dalam proyek digital |
Kolaborasi & komunikasi |
Siswa dapat bekerja sama dalam
tim membuat konten digital, membagi tugas, menyampaikan hasil proyek secara
komunikatif, dan merefleksikan pengalaman kerja tim |
C5 / Level 5 |
9 |
Proyek / Kolaborasi, Presentasi,
& Refleksi |
Keterangan:
- Proyek / Observasi & Grafik → siswa melakukan
observasi langsung, mengumpulkan data, dan memvisualisasikan dalam grafik
digital.
- Proyek / Blog/Vlog & Analisis → siswa
membuat konten digital (blog atau vlog) dan mengevaluasi konten teman.
- C3-C5 → Level kognitif Taksonomi Bloom:
- C3 = Menerapkan
- C4 = Menganalisis / Membuat
- C5 = Mengevaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar