PROYEK
5 – Kampanye Literasi Digital
Narasi:
Generasi muda perlu menyebarkan literasi digital kepada teman sebaya agar lebih
bijak dalam memanfaatkan media digital, menghindari hoaks, dan memanfaatkan
peluang ekonomi.
Pertanyaan Problematis:
- Bagaimana cara menyusun pesan kampanye digital yang
menarik?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa saja bentuk konten yang efektif untuk literasi
digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana cara mengukur keberhasilan kampanye
digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana memilih target audiens kampanye digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana kampanye digital dapat mendorong perubahan
perilaku positif?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Literacy Campaign”
Langkah-langkah:
Tentukan peran:
- Penulis konten
- Desainer poster/video
- Pengelola media sosial
- Evaluator kampanye
2. Pilih Tema Kampanye
- Bijak Berinternet (misal: etika online,
keamanan data, hoaks)
- Literasi Ekonomi Digital (misal: pengelolaan
uang digital, e-wallet, usaha online)
Tuliskan alasan memilih tema.
3. Buat Konten Kampanye
- Pilih salah satu format:
- Poster digital (Canva)
- Video pendek 2 menit (CapCut)
- Blog post / artikel singkat (Google Sites)
- Sertakan informasi yang benar, relevan, dan
menarik.
4. Publikasikan di Media Sosial
Sekolah
- Unggah konten ke platform yang disepakati (misal:
Instagram kelas, Google Classroom, blog sekolah).
5. Evaluasi Dampak Kampanye
- Gunakan polling, komentar, atau survei singkat untuk
menilai:
- Apakah pesan kampanye dipahami teman sekelas
- Tanggapan teman terhadap konten
- Diskusikan hasil evaluasi dan pelajaran yang didapat.
Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop / PC / tablet
- Akses Canva, CapCut, atau Google Sites
- Platform media sosial kelas (misal Instagram kelas)
- Data polling atau survei untuk evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar