PROYEK
2 – Kebebasan Berpendapat di Era Digital
Narasi:
Media sosial memungkinkan setiap orang menyuarakan opini. Namun, kebebasan
berpendapat harus tetap memperhatikan etika, hukum, dan tanggung jawab sosial.
Siswa diajak memahami batasan dan cara menyampaikan pendapat secara bijak.
Pertanyaan Problematis:
- Apa batasan kebebasan berpendapat di media digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana cara mengekspresikan kritik tanpa
menyinggung orang lain?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa risiko hukum jika berpendapat sembarangan di
media sosial?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana cara mengidentifikasi berita palsu sebelum
berkomentar?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa peran generasi muda dalam menjaga diskusi online
tetap sehat?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Voice with Responsibility”
Langkah-langkah:
Pembentukan Kelompok (3–4
siswa)
Tentukan peran anggota:
- Pencari data
- Penulis naskah/skrip
- Editor konten digital
- Presenter
2. Pilih Isu Sosial atau
Lingkungan
Kelompok memilih 1 isu yang
relevan di sekolah atau masyarakat, misalnya:
- Sampah plastik di lingkungan sekolah
- Perundungan (bullying)
- Penggunaan gadget berlebihan
- Hemat energi di kelas
- Disiplin dan kebersihan toilet sekolah
- Isu polusi udara atau banjir lokal
Tuliskan alasan memilih isu
tersebut (1–2 kalimat).
3. Pengumpulan Informasi &
Referensi
Tugas kelompok:
- Cari data, fakta, atau contoh kasus dari situs
tepercaya (Kominfo, Kemendikbud, KLHK, Kompas, BBC).
- Catat minimal 3 informasi penting untuk
mendukung opini.
- Tulis alasan memilih sumber (akurat, terbaru,
kredibel).
4. Pembuatan Produk Digital
Kelompok memilih salah satu bentuk
konten:
A. Artikel Blog
Isi minimal:
- Judul menarik
- Penjelasan isu
- Pendapat/solusi siswa
- Data atau referensi pendukung
- Ajakan bertindak (call to action)
B. Video Vlog (2 menit)
Langkah:
- Buat skrip singkat
- Rekam menggunakan HP
- Edit menggunakan CapCut/Canva/InShot
- Masukkan teks, gambar, atau grafik sederhana
- Cantumkan sumber data di akhir video
Produk yang dihasilkan harus:
- Berbahasa sopan
- Tidak menyerang pihak tertentu
- Berisi pendapat yang disertai fakta
5. Publikasi & Presentasi
Kelas
- Unggah ke blog kelas, Google Sites,
atau platform aman yang disediakan guru.
- Setiap kelompok mempresentasikan kontennya selama 3–4
menit.
- Kelompok lain memberi 1 pertanyaan atau tanggapan.
6. Refleksi Singkat Siswa
Jawab tiga pertanyaan:
- Bagaimana saya menggunakan media digital secara
bertanggung jawab?
- Apa yang saya pelajari tentang isu sosial/lingkungan
yang saya pilih?
- Bagaimana pendapat saya dapat memberikan dampak
positif bagi lingkungan sekitar?
Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop/PC atau tablet
- HP untuk merekam video
- Akses internet
- Platform blog: Blogger, WordPress, Google Sites
- Aplikasi edit video: CapCut, Canva, InShot
- Sumber data tepercaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar