Senin, 24 November 2025

PROYEK 2 – Kebebasan Berpendapat di Era Digital

 

PROYEK 2 – Kebebasan Berpendapat di Era Digital

 

Narasi:
Media sosial memungkinkan setiap orang menyuarakan opini. Namun, kebebasan berpendapat harus tetap memperhatikan etika, hukum, dan tanggung jawab sosial. Siswa diajak memahami batasan dan cara menyampaikan pendapat secara bijak.

Pertanyaan Problematis:

  1. Apa batasan kebebasan berpendapat di media digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara mengekspresikan kritik tanpa menyinggung orang lain?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa risiko hukum jika berpendapat sembarangan di media sosial?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara mengidentifikasi berita palsu sebelum berkomentar?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa peran generasi muda dalam menjaga diskusi online tetap sehat?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Voice with Responsibility”
Langkah-langkah:

 

Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)

Tentukan peran anggota:

  • Pencari data
  • Penulis naskah/skrip
  • Editor konten digital
  • Presenter

 

2. Pilih Isu Sosial atau Lingkungan

Kelompok memilih 1 isu yang relevan di sekolah atau masyarakat, misalnya:

  • Sampah plastik di lingkungan sekolah
  • Perundungan (bullying)
  • Penggunaan gadget berlebihan
  • Hemat energi di kelas
  • Disiplin dan kebersihan toilet sekolah
  • Isu polusi udara atau banjir lokal

Tuliskan alasan memilih isu tersebut (1–2 kalimat).

 

3. Pengumpulan Informasi & Referensi

Tugas kelompok:

  • Cari data, fakta, atau contoh kasus dari situs tepercaya (Kominfo, Kemendikbud, KLHK, Kompas, BBC).
  • Catat minimal 3 informasi penting untuk mendukung opini.
  • Tulis alasan memilih sumber (akurat, terbaru, kredibel).

 

4. Pembuatan Produk Digital

Kelompok memilih salah satu bentuk konten:

A. Artikel Blog

Isi minimal:

  • Judul menarik
  • Penjelasan isu
  • Pendapat/solusi siswa
  • Data atau referensi pendukung
  • Ajakan bertindak (call to action)

B. Video Vlog (2 menit)

Langkah:

  • Buat skrip singkat
  • Rekam menggunakan HP
  • Edit menggunakan CapCut/Canva/InShot
  • Masukkan teks, gambar, atau grafik sederhana
  • Cantumkan sumber data di akhir video

Produk yang dihasilkan harus:

  • Berbahasa sopan
  • Tidak menyerang pihak tertentu
  • Berisi pendapat yang disertai fakta

 

5. Publikasi & Presentasi Kelas

  • Unggah ke blog kelas, Google Sites, atau platform aman yang disediakan guru.
  • Setiap kelompok mempresentasikan kontennya selama 3–4 menit.
  • Kelompok lain memberi 1 pertanyaan atau tanggapan.

 

6. Refleksi Singkat Siswa

Jawab tiga pertanyaan:

  1. Bagaimana saya menggunakan media digital secara bertanggung jawab?
  2. Apa yang saya pelajari tentang isu sosial/lingkungan yang saya pilih?
  3. Bagaimana pendapat saya dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar?

 

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop/PC atau tablet
  • HP untuk merekam video
  • Akses internet
  • Platform blog: Blogger, WordPress, Google Sites
  • Aplikasi edit video: CapCut, Canva, InShot
  • Sumber data tepercaya

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital

  PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital     Narasi : Hoaks ekonomi digital dapat merugikan remaja. Siswa perl...