Senin, 24 November 2025

PROYEK 4 – Literasi Keuangan Digital

 

PROYEK 4 – Literasi Keuangan Digital

 

Narasi:
Siswa belajar mengelola keuangan digital, termasuk penggunaan e-wallet, transaksi online, dan pencatatan keuangan sederhana. Literasi ekonomi digital membantu siswa menjadi generasi yang cerdas finansial.

Pertanyaan Problematis:

  1. Bagaimana cara mencatat transaksi digital dengan benar?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa risiko keamanan transaksi online?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara membedakan kebutuhan dan keinginan saat berbelanja online?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana teknologi mempermudah pengelolaan keuangan pribadi?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana literasi digital berperan dalam menghindari penipuan finansial?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Smart Digital Wallet”
Langkah-langkah:

 

1. Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)

Tentukan peran:

  • Pencatat transaksi
  • Pengelola Excel/Google Sheet
  • Analis pengeluaran
  • Presenter

 

2. Simulasi Penggunaan E-Wallet

  • Gunakan aplikasi e-wallet sekolah atau simulasi digital.
  • Setiap anggota melakukan minimal 5 transaksi digital (misal: membeli snack, membayar transportasi, donasi).
  • Catat semua transaksi lengkap dengan tanggal, nominal, dan jenis pengeluaran.

 

3. Buat Laporan Keuangan Digital

  • Gunakan Excel atau Google Sheet.
  • Buat tabel:
    • Tanggal
    • Nama transaksi
    • Nominal
    • Kategori: kebutuhan / keinginan
  • Tambahkan grafik ringkas untuk visualisasi pengeluaran.

 

4. Analisis Pengeluaran

  • Bandingkan pengeluaran untuk kebutuhan vs keinginan.
  • Identifikasi pola boros atau efisien.
  • Buat rekomendasi penghematan minimal 3 tips praktis.

 

5. Presentasi Laporan Keuangan

  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil laporan dan rekomendasi.
  • Jelaskan:
    • Total pengeluaran kebutuhan vs keinginan
    • Tips penghematan yang bisa diterapkan
  • Diskusi kelas singkat untuk membandingkan hasil antar kelompok.

 

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop / PC
  • Akses Google Sheet atau Excel
  • Aplikasi simulasi e-wallet (contoh: Dompet Digital sekolah)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital

  PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital     Narasi : Hoaks ekonomi digital dapat merugikan remaja. Siswa perl...