PROYEK
4 – Literasi Keuangan Digital
Narasi:
Siswa belajar mengelola keuangan digital, termasuk penggunaan e-wallet,
transaksi online, dan pencatatan keuangan sederhana. Literasi ekonomi digital
membantu siswa menjadi generasi yang cerdas finansial.
Pertanyaan Problematis:
- Bagaimana cara mencatat transaksi digital dengan
benar?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa risiko keamanan transaksi online?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana cara membedakan kebutuhan dan keinginan
saat berbelanja online?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana teknologi mempermudah pengelolaan keuangan
pribadi?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana literasi digital berperan dalam menghindari
penipuan finansial?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Smart Digital Wallet”
Langkah-langkah:
1. Pembentukan Kelompok (3–4
siswa)
Tentukan peran:
- Pencatat transaksi
- Pengelola Excel/Google Sheet
- Analis pengeluaran
- Presenter
2. Simulasi Penggunaan E-Wallet
- Gunakan aplikasi e-wallet sekolah atau simulasi
digital.
- Setiap anggota melakukan minimal 5 transaksi
digital (misal: membeli snack, membayar transportasi, donasi).
- Catat semua transaksi lengkap dengan tanggal,
nominal, dan jenis pengeluaran.
3. Buat Laporan Keuangan
Digital
- Gunakan Excel atau Google Sheet.
- Buat tabel:
- Tanggal
- Nama transaksi
- Nominal
- Kategori: kebutuhan / keinginan
- Tambahkan grafik ringkas untuk visualisasi
pengeluaran.
4. Analisis Pengeluaran
- Bandingkan pengeluaran untuk kebutuhan vs
keinginan.
- Identifikasi pola boros atau efisien.
- Buat rekomendasi penghematan minimal 3 tips
praktis.
5. Presentasi Laporan Keuangan
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil laporan dan
rekomendasi.
- Jelaskan:
- Total pengeluaran kebutuhan vs keinginan
- Tips penghematan yang bisa diterapkan
- Diskusi kelas singkat untuk membandingkan hasil antar
kelompok.
Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop / PC
- Akses Google Sheet atau Excel
- Aplikasi simulasi e-wallet (contoh: Dompet Digital
sekolah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar