Senin, 24 November 2025

PROYEK 1 – Literasi Digital dan Literasi Ekonomi

 

PROYEK 1 – Literasi Digital dan Literasi Ekonomi

Narasi:
Di era digital, generasi muda memiliki akses luas terhadap informasi dan peluang ekonomi online. Namun, kemampuan memanfaatkan literasi digital dan literasi ekonomi dengan bijak sangat penting agar tidak terjebak hoaks, penipuan online, atau keputusan ekonomi yang merugikan diri sendiri.

Pertanyaan Problematis:

  1. Bagaimana cara membedakan informasi ekonomi yang benar dan hoaks di media digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa saja risiko ekonomi yang bisa terjadi jika literasi digital rendah?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana literasi digital mempengaruhi keputusan keuangan pribadi?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana generasi muda bisa memanfaatkan media digital untuk memulai usaha kecil?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa dampak positif dan negatif media digital terhadap perilaku konsumtif remaja?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Smart Economy”
Langkah-langkah:

  1. Bentuk kelompok 3–4 siswa.
  2. Pilih satu topik: edukasi ekonomi, tips berhemat, atau peluang usaha digital.
  3. Telusuri informasi dari situs resmi dan media tepercaya.
  4. Buat infografis digital atau poster interaktif menggunakan Canva atau Piktochart.
  5. Presentasikan hasil proyek di kelas, sertakan alasan sumber informasi dipilih.

 

Pilih Topik Proyek (1 dari 3)

  1. Cara Aman Bertransaksi Digital
  2. Mengelola Uang Jajan dengan Aplikasi Keuangan
  3. Mengenal Penipuan Digital dan Cara Menghindarinya

 

3. Pengumpulan Informasi

Siswa mencari informasi dari sumber tepercaya:

  • Situs resmi (OJK, BI, Kominfo, Kemendikbud)
  • Aplikasi keuangan digital (contoh: Google Finance, aplikasi dompet digital)
  • Artikel berita kredibel

Catat:

  • Fakta penting (minimal 5 poin)
  • Contoh kasus nyata
  • Alasan memilih sumber

 

4. Pembuatan Produk Digital

Kelompok membuat salah satu produk berikut:

  • Infografis Digital
  • Poster Edukatif
  • Video Edukasi 2 menit
  • Slide Presentasi Digital

Gunakan Canva, CapCut, atau Google Slides.
Isi minimal memuat:

  • Definisi
  • Penjelasan topik
  • Tips praktis
  • Contoh penerapan bagi siswa
  • Sumber informasi

5. Presentasi Proyek

Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya selama 3–5 menit, mencakup:

  • Ringkasan materi
  • Produk digital
  • Cara kerja atau cara menerapkan
  • Alasan pemilihan sumber

 

6. Refleksi Singkat

Setiap siswa menjawab 3 pertanyaan:

  1. Apa hal baru yang saya pelajari tentang literasi digital?
  2. Apa hal penting yang saya pahami tentang literasi finansial?
  3. Bagaimana saya bisa menerapkan keduanya dalam kehidupan sehari-hari?

 

Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop/PC atau tablet
  • Akses internet
  • Canva / Google Slides / CapCut
  • Sumber informasi tepercaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital

  PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital     Narasi : Hoaks ekonomi digital dapat merugikan remaja. Siswa perl...