PROYEK
1 – Literasi Digital dan Literasi Ekonomi
Narasi:
Di era digital, generasi muda memiliki akses luas terhadap informasi dan
peluang ekonomi online. Namun, kemampuan memanfaatkan literasi digital dan
literasi ekonomi dengan bijak sangat penting agar tidak terjebak hoaks,
penipuan online, atau keputusan ekonomi yang merugikan diri sendiri.
Pertanyaan Problematis:
- Bagaimana cara membedakan informasi ekonomi yang
benar dan hoaks di media digital?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa saja risiko ekonomi yang bisa terjadi jika
literasi digital rendah?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana literasi digital mempengaruhi keputusan
keuangan pribadi?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana generasi muda bisa memanfaatkan media
digital untuk memulai usaha kecil?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa dampak positif dan negatif media digital terhadap
perilaku konsumtif remaja?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Smart Economy”
Langkah-langkah:
- Bentuk kelompok 3–4 siswa.
- Pilih satu topik: edukasi ekonomi, tips berhemat,
atau peluang usaha digital.
- Telusuri informasi dari situs resmi dan media
tepercaya.
- Buat infografis digital atau poster
interaktif menggunakan Canva atau Piktochart.
- Presentasikan hasil proyek di kelas, sertakan alasan
sumber informasi dipilih.
Pilih Topik Proyek (1 dari 3)
- Cara Aman Bertransaksi Digital
- Mengelola Uang Jajan dengan Aplikasi Keuangan
- Mengenal Penipuan Digital dan Cara Menghindarinya
3. Pengumpulan Informasi
Siswa mencari informasi dari
sumber tepercaya:
- Situs resmi (OJK, BI, Kominfo, Kemendikbud)
- Aplikasi keuangan digital (contoh: Google Finance,
aplikasi dompet digital)
- Artikel berita kredibel
Catat:
- Fakta penting (minimal 5 poin)
- Contoh kasus nyata
- Alasan memilih sumber
4. Pembuatan Produk Digital
Kelompok membuat salah satu
produk berikut:
- Infografis Digital
- Poster Edukatif
- Video Edukasi 2 menit
- Slide Presentasi Digital
Gunakan Canva, CapCut, atau Google
Slides.
Isi minimal memuat:
- Definisi
- Penjelasan topik
- Tips praktis
- Contoh penerapan bagi siswa
- Sumber informasi
5. Presentasi Proyek
Setiap kelompok mempresentasikan
hasilnya selama 3–5 menit, mencakup:
- Ringkasan materi
- Produk digital
- Cara kerja atau cara menerapkan
- Alasan pemilihan sumber
6. Refleksi Singkat
Setiap siswa menjawab 3 pertanyaan:
- Apa hal baru yang saya pelajari tentang literasi
digital?
- Apa hal penting yang saya pahami tentang literasi
finansial?
- Bagaimana saya bisa menerapkan keduanya dalam
kehidupan sehari-hari?
Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop/PC atau tablet
- Akses internet
- Canva / Google Slides / CapCut
- Sumber informasi tepercaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar