Senin, 24 November 2025

PROYEK 8 – Analisis Dampak Media Digital terhadap Ekonomi Remaja

 

PROYEK 8 – Analisis Dampak Media Digital terhadap Ekonomi Remaja

 

Narasi:
Media digital mempengaruhi perilaku ekonomi remaja: belanja online, investasi kecil, hingga peluang usaha. Siswa perlu menganalisis dampak positif dan negatifnya.

Pertanyaan Problematis:

  1. Bagaimana media digital memengaruhi keputusan ekonomi remaja?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa saja efek konsumtif dan kreatif dari media digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara mengatur pengeluaran digital pribadi?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana literasi ekonomi dapat mencegah kerugian finansial?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa peluang ekonomi yang bisa dimanfaatkan remaja secara digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Economy Impact Analysis”
Langkah-langkah:

 

1. Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)

Tentukan peran:

  • Pencatat data / pengelola polling
  • Analis data / pembuatan infografis
  • Penulis laporan
  • Presenter

 

2. Kumpulkan Data

  • Buat polling sederhana menggunakan Google Forms atau Excel.
  • Tanyakan pengaruh media digital terhadap kegiatan ekonomi teman sebaya, misal:
    • Membeli produk online
    • Menjual barang/jasa digital
    • Mengikuti promosi digital

 

3. Buat Laporan Analisis

  • Gunakan Canva atau Piktochart untuk membuat infografis digital.
  • Sertakan:
    • Ringkasan data polling
    • Temuan penting
    • Diagram atau grafik pendukung

 

4. Diskusi Kelas

  • Presentasikan temuan kepada kelas.
  • Diskusikan pengaruh positif dan negatif media digital terhadap kegiatan ekonomi remaja.

 

5. Buat Rekomendasi Bijak

  • Setiap kelompok menyusun 3–5 tips bijak menggunakan media digital untuk kegiatan ekonomi, misal:
    • Memilih transaksi yang aman
    • Mengelola pengeluaran dan pemasukan digital
    • Memanfaatkan platform digital untuk belajar dan berwirausaha

 

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop / PC
  • Google Forms / Excel
  • Canva / Piktochart
  • Akses internet

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital

  PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital     Narasi : Hoaks ekonomi digital dapat merugikan remaja. Siswa perl...