Senin, 24 November 2025

PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital

 

PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital

 

 

Narasi:
Hoaks ekonomi digital dapat merugikan remaja. Siswa perlu membuat kampanye untuk mengedukasi teman sebaya agar cerdas literasi digital.

Pertanyaan Problematis:

  1. Bagaimana cara mengenali hoaks ekonomi di media sosial?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa dampak negatif menyebarkan hoaks ekonomi?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana kampanye anti-hoaks dapat mempengaruhi teman sebaya?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Media digital apa yang efektif digunakan untuk kampanye?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana mengukur keberhasilan kampanye anti-hoaks?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Stop Digital Hoax”
Langkah-langkah: 1. Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)

Tentukan peran:

  • Penulis konten / naskah
  • Desainer poster / editor video
  • Pencari fakta dan referensi tepercaya
  • Pengelola publikasi dan evaluasi

 

2. Pilih Tema Hoaks

  • Pilih salah satu tema:
    • Hoaks ekonomi digital
    • Hoaks informasi digital lainnya

Tuliskan alasan memilih tema.

 

3. Buat Konten Edukatif

  • Pilih format: poster, video pendek, atau blog post.
  • Pastikan konten:
    • Menyampaikan fakta yang benar
    • Menjelaskan dampak hoaks
    • Memberikan tips mengidentifikasi hoaks

 

4. Publikasi Konten

  • Unggah ke platform sekolah atau media sosial kelas (misal: Instagram kelas, Google Sites).

 

5. Evaluasi Kampanye

  • Gunakan polling atau survei singkat untuk mengetahui:
    • Pemahaman teman sekelas terhadap hoaks
    • Efektivitas konten dalam mengedukasi

 

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop / PC
  • Canva / CapCut / Google Sites
  • Sumber referensi terpercaya
  • Platform media sosial kelas

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital

  PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital     Narasi : Hoaks ekonomi digital dapat merugikan remaja. Siswa perl...