PROYEK
9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital
Narasi:
Hoaks ekonomi digital dapat merugikan remaja. Siswa perlu membuat kampanye
untuk mengedukasi teman sebaya agar cerdas literasi digital.
Pertanyaan Problematis:
- Bagaimana cara mengenali hoaks ekonomi di media
sosial?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa dampak negatif menyebarkan hoaks ekonomi?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana kampanye anti-hoaks dapat mempengaruhi
teman sebaya?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Media digital apa yang efektif digunakan untuk
kampanye?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Bagaimana mengukur keberhasilan kampanye anti-hoaks?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Stop Digital Hoax”
Langkah-langkah: 1. Pembentukan Kelompok (3–4
siswa)
Tentukan peran:
- Penulis konten / naskah
- Desainer poster / editor video
- Pencari fakta dan referensi tepercaya
- Pengelola publikasi dan evaluasi
2. Pilih Tema Hoaks
- Pilih salah satu tema:
- Hoaks ekonomi digital
- Hoaks informasi digital lainnya
Tuliskan alasan memilih tema.
3. Buat Konten Edukatif
- Pilih format: poster, video pendek, atau blog post.
- Pastikan konten:
- Menyampaikan fakta yang benar
- Menjelaskan dampak hoaks
- Memberikan tips mengidentifikasi hoaks
4. Publikasi Konten
- Unggah ke platform sekolah atau media sosial kelas
(misal: Instagram kelas, Google Sites).
5. Evaluasi Kampanye
- Gunakan polling atau survei singkat untuk mengetahui:
- Pemahaman teman sekelas terhadap hoaks
- Efektivitas konten dalam mengedukasi
Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan
- Laptop / PC
- Canva / CapCut / Google Sites
- Sumber referensi terpercaya
- Platform media sosial kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar