Senin, 24 November 2025

PROYEK 6 – Etika Berpendapat Online

 

PROYEK 6 – Etika Berpendapat Online

 

Narasi:
Dalam dunia digital, etika berpendapat sangat penting agar opini tetap konstruktif dan tidak menimbulkan konflik atau perpecahan di masyarakat.

Pertanyaan Problematis:

  1. Apa perbedaan kritik dan provokasi di media digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana menghindari ujaran kebencian saat beropini online?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara menyampaikan pendapat yang kontroversial dengan aman?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa konsekuensi hukum dari komentar online yang tidak bertanggung jawab?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana generasi muda bisa mempromosikan diskusi sehat di media sosial?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Responsible Digital Opinion”
Langkah-langkah:

 

Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)

Tentukan peran:

  • Penulis artikel / skrip vlog
  • Pencari data dan fakta
  • Editor video / konten digital
  • Presenter / penyaji

 

2. Pilih Isu Sosial

  • Pilih satu isu kontroversial yang relevan, misal:
    • Sampah digital / data pribadi
    • Literasi keuangan digital
    • Etika berinternet

Tuliskan alasan memilih isu tersebut.

 

3. Buat Konten Digital

  • Pilih format:
    • Artikel blog (Blogger, WordPress)
    • Video vlog (YouTube, CapCut, Canva)
  • Pastikan konten memuat:
    • Opini kelompok
    • Fakta / data pendukung dari sumber tepercaya
    • Tips menjaga etika berpendapat

 

4. Publikasi & Diskusi

  • Unggah konten ke platform yang disepakati (blog kelas, YouTube privat, Google Classroom).
  • Diskusikan dengan kelompok lain untuk menerima umpan balik:
    • Apakah opini jelas dan didukung data?
    • Apakah etika berpendapat dijaga?

 

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop / PC / tablet
  • Platform blog atau vlog (Blogger, WordPress, YouTube)
  • Data/fakta terpercaya
  • Aplikasi editing video (Canva, CapCut)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital

  PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital     Narasi : Hoaks ekonomi digital dapat merugikan remaja. Siswa perl...