Senin, 24 November 2025

PROYEK 5 – Kampanye Literasi Digital

 

PROYEK 5 – Kampanye Literasi Digital

 

Narasi:
Generasi muda perlu menyebarkan literasi digital kepada teman sebaya agar lebih bijak dalam memanfaatkan media digital, menghindari hoaks, dan memanfaatkan peluang ekonomi.

Pertanyaan Problematis:

  1. Bagaimana cara menyusun pesan kampanye digital yang menarik?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa saja bentuk konten yang efektif untuk literasi digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara mengukur keberhasilan kampanye digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana memilih target audiens kampanye digital?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana kampanye digital dapat mendorong perubahan perilaku positif?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Digital Literacy Campaign”
Langkah-langkah:

 

Tentukan peran:

  • Penulis konten
  • Desainer poster/video
  • Pengelola media sosial
  • Evaluator kampanye

 

2. Pilih Tema Kampanye

  • Bijak Berinternet (misal: etika online, keamanan data, hoaks)
  • Literasi Ekonomi Digital (misal: pengelolaan uang digital, e-wallet, usaha online)

Tuliskan alasan memilih tema.

 

3. Buat Konten Kampanye

  • Pilih salah satu format:
    • Poster digital (Canva)
    • Video pendek 2 menit (CapCut)
    • Blog post / artikel singkat (Google Sites)
  • Sertakan informasi yang benar, relevan, dan menarik.

 

4. Publikasikan di Media Sosial Sekolah

  • Unggah konten ke platform yang disepakati (misal: Instagram kelas, Google Classroom, blog sekolah).

 

5. Evaluasi Dampak Kampanye

  • Gunakan polling, komentar, atau survei singkat untuk menilai:
    • Apakah pesan kampanye dipahami teman sekelas
    • Tanggapan teman terhadap konten
  • Diskusikan hasil evaluasi dan pelajaran yang didapat.

 

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop / PC / tablet
  • Akses Canva, CapCut, atau Google Sites
  • Platform media sosial kelas (misal Instagram kelas)
  • Data polling atau survei untuk evaluasi

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital

  PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital     Narasi : Hoaks ekonomi digital dapat merugikan remaja. Siswa perl...