Senin, 24 November 2025

PROYEK 7 – Membuat Mini Website Ekonomi Kreatif

 

PROYEK 7 – Membuat Mini Website Ekonomi Kreatif

 

Narasi:
Siswa dapat memanfaatkan keterampilan digital untuk membuat website sederhana yang menampilkan usaha ekonomi kreatif atau bisnis kecil.

Pertanyaan Problematis:

  1. Bagaimana cara menampilkan produk/jasa di website dengan menarik?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Apa strategi pemasaran digital yang sederhana tapi efektif?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana menulis deskripsi produk yang persuasif?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana memilih platform web/blog yang sesuai untuk usaha kecil?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  1. Bagaimana cara mengukur keberhasilan website?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Kegiatan Proyek:
Judul Proyek: “Creative Economy Mini Website”
Langkah-langkah:

 

1. Pembentukan Kelompok (3–4 siswa)

Tentukan peran:

  • Penulis konten/deskripsi
  • Desainer tampilan website
  • Fotografer / editor gambar
  • Presenter

 

2. Pilih Jenis Usaha Kreatif

Contoh:

  • Kerajinan tangan
  • Makanan ringan
  • Produk digital
  • Jasa kreatif

Tuliskan alasan memilih jenis usaha.

 

3. Buat Website / Blog

  • Gunakan platform gratis: WordPress, Blogger, atau Google Sites.
  • Buat halaman utama (Home) dan halaman produk.
  • Minimal tampilkan 3–5 produk dengan informasi:
    • Gambar produk
    • Nama & deskripsi singkat
    • Harga
    • Kontak atau cara pemesanan

 

4. Finalisasi & Publikasi

  • Pastikan tampilan menarik dan mudah dibaca.
  • Unggah website/blog ke platform yang digunakan.

 

5. Presentasi Kelas & Peer Review

  • Setiap kelompok mempresentasikan website di depan kelas.
  • Kelompok lain memberikan kritik dan saran perbaikan.
  • Catat masukan untuk pengembangan lebih lanjut.

 

Bahan/Peralatan yang Dibutuhkan

  • Laptop / PC
  • Platform WordPress / Blogger / Google Sites
  • Foto produk, deskripsi, dan harga
  • Akses internet

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital

  PROYEK 9 – Kampanye Anti-Hoaks Ekonomi & Literasi Digital     Narasi : Hoaks ekonomi digital dapat merugikan remaja. Siswa perl...