Modul Ajar Semester Genap
Tahun Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/VIII/D |
Tema |
Mobilistas sosial |
Submateri |
Bentuk bentuk dinamika sosial |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil Pelajar Pancasila • Dimensi
: Mandiri Elemen :
Pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir
fase 1) Peserta
didik memiliki rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya
dan hasil
belajarnya • Dimensi : Bergotong-royong Elemen : Kolaborasi Indikator di akhir
fase 1)
Peserta didik mampu
menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang
lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan
kelompok, memberi semangat kepada orang
lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan Bersama · Dimensi:
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia Elemen:
Akhlak kepada Tuhan Yang Maha Esa Indikator
di Akhir Fase:
|
Pemahaman
Konseptual: Mobilitas Sosial 1.
Definisi Mobilitas Sosial:
2.
Jenis-Jenis Mobilitas Sosial:
3.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mobilitas Sosial:
4.
Dampak Mobilitas Sosial:
Keterampilan
dalam Mobilitas Sosial 1.
Keterampilan Analisis Sosial:
2.
Keterampilan Berpikir Kritis:
4.
Keterampilan Kolaborasi:
|
Sarana dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor,
LKPD • Lingkungan
Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud
dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : PBL { Problem Based
learning
} Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik memahami
proses interaksi
sosial, lembaga sosial, dinamika sosial
dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk
untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan. . |
Tujuan Pembelajaran. Peserta didik mampu:
|
Pertanyaan pematik 1. Apa yang Anda ketahui tentang mobilitas sosial? Bagaimana mobilitas
sosial terjadi dalam kehidupan sehari-hari? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah. Apersepsi: Motivasi: |
KEGIATAN INTI |
Kegiatan Inti
(Sintak PBL)
Kegiatan
Penutup dan Refleksi
|
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501
1 006 |
Evaluasi
dan Alat Evaluasi
1.
Tes Tertulis:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman siswa tentang konsep mobilitas sosial dan
faktor-faktornya.
- Contoh
Soal:
- Jelaskan
definisi mobilitas sosial dan sebutkan dua jenis utamanya.
- Apa
saja faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial dalam masyarakat?
- Berikan
contoh dampak positif dan negatif dari mobilitas sosial.
2.
Proyek Kelompok:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan siswa dalam bekerja sama dan menerapkan pengetahuan
tentang mobilitas sosial dalam proyek kreatif.
- Deskripsi:
Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan
analisis mereka tentang mobilitas sosial. Proyek bisa berupa laporan
tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
- Kriteria
Penilaian:
- Kedalaman
analisis
- Kreativitas
dan inovasi
- Kualitas
presentasi
- Kerja
sama tim
3.
Presentasi:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
- Deskripsi:
Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
- Kriteria
Penilaian:
- Kejelasan
dan struktur presentasi
- Penguasaan
materi
- Respons
terhadap pertanyaan
- Visualisasi
dan media pendukung
Rubrik
Penilaian Proyek Kelompok:
- Kedalaman
Analisis (25%):
- Sangat
Baik (25): Analisis mendalam, data lengkap dan akurat.
- Baik
(20): Analisis baik, data cukup lengkap.
- Cukup
(15): Analisis cukup, data kurang lengkap.
- Kurang
(10): Analisis kurang mendalam, data tidak lengkap.
- Kreativitas
dan Inovasi (25%):
- Sangat
Baik (25): Ide sangat kreatif dan inovatif.
- Baik
(20): Ide kreatif dan inovatif.
- Cukup
(15): Ide cukup kreatif, tidak terlalu orisinal.
- Kurang
(10): Ide kurang kreatif dan tidak orisinal.
- Kualitas
Presentasi (25%):
- Sangat
Baik (25): Presentasi sangat jelas, struktur baik.
- Baik
(20): Presentasi jelas, struktur cukup baik.
- Cukup
(15): Presentasi cukup jelas, struktur kurang baik.
- Kurang
(10): Presentasi tidak jelas, struktur tidak baik.
- Kerja
Sama Tim (25%):
- Sangat
Baik (25): Kerja sama tim sangat baik, semua anggota berkontribusi.
- Baik
(20): Kerja sama tim baik, sebagian besar anggota berkontribusi.
- Cukup
(15): Kerja sama tim cukup, beberapa anggota berkontribusi.
- Kurang
(10): Kerja sama tim kurang, kontribusi tidak merata.
Kuesioner
Refleksi:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses
pembelajaran dan proyek.
- Contoh
Pertanyaan:
- Apa
yang Anda pelajari tentang mobilitas sosial melalui proyek ini?
- Bagaimana
proyek ini membantu Anda memahami dampak mobilitas sosial terhadap
berbagai aspek kehidupan?
- Apa
bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda
mengatasinya?
- Bagaimana
Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Instruksi Umum:
- Bekerjalah dalam kelompok yang telah ditentukan.
- Setiap kelompok harus menyusun proyek berdasarkan
tema yang diberikan.
- Ikuti langkah-langkah yang ada di lembar kerja ini
untuk menyelesaikan proyek kalian.
- Catat setiap langkah dan hasil diskusi dalam lembar
kerja ini.
- Bersiaplah untuk mempresentasikan proyek kalian di
depan kelas.
Langkah-Langkah Proyek
Mobilitas Sosial
Langkah 1: Pertanyaan Pemicu
- Diskusikan dalam kelompok: "Bagaimana mobilitas
sosial mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat?"
- Catat hasil diskusi awal kalian di bawah ini:
- Jawaban Diskusi Awal: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 2: Identifikasi
Kebutuhan Pengetahuan
- Apa yang sudah kalian ketahui tentang mobilitas
sosial?
- Pengetahuan Awal:
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa yang perlu kalian pelajari lebih lanjut tentang
mobilitas sosial?
- Kebutuhan Pengetahuan:
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 3: Penyusunan Rencana
Proyek
- Pilih atau terima tema proyek yang diberikan guru.
- Jelaskan tujuan proyek kalian.
- Tema Proyek: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Tujuan Proyek : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Langkah 4: Penelitian dan
Pengumpulan Data
- Lakukan penelitian melalui berbagai sumber seperti
buku, artikel, wawancara, atau survei.
- Dokumentasikan temuan kalian.
- Sumber Penelitian: …………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Temuan Penelitian: …………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 5: Pengembangan Proyek
- Rancang proyek yang akan mempresentasikan temuan dan
analisis kalian.
- Pilih format proyek (laporan tertulis, poster,
presentasi PowerPoint, atau video dokumenter).
- Format Proyek: …………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Rencana Pengembangan Proyek: …………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 6: Persiapan Presentasi
- Siapkan presentasi proyek kalian.
- Latih presentasi kalian dalam kelompok.
- Ringkasan Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Pembagian Tugas Presentasi: …………………………………………………………………………………………………………………………………………
Panduan Proyek
Tema Proyek:
- Studi Kasus Mobilitas Sosial Vertikal:
- Lakukan penelitian tentang seorang individu yang
mengalami mobilitas sosial vertikal.
- Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan
status sosial individu tersebut.
- Jelaskan dampak dari perubahan tersebut terhadap
kehidupan individu dan masyarakat sekitarnya.
- Analisis Faktor-Faktor Mobilitas Sosial:
- Identifikasi dan analisis berbagai faktor yang
mempengaruhi mobilitas sosial dalam komunitas lokal kalian.
- Gunakan data dari wawancara, survei, atau literatur
untuk mendukung analisis kalian.
- Berikan rekomendasi untuk meningkatkan mobilitas
sosial dalam komunitas kalian.
- Dampak Kebijakan Pemerintah Terhadap Mobilitas
Sosial:
- Teliti kebijakan pemerintah yang mempengaruhi
mobilitas sosial di suatu negara.
- Analisis dampak kebijakan tersebut terhadap
individu dan masyarakat.
- Berikan contoh kebijakan yang berhasil dan yang
tidak berhasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar