Senin, 03 Februari 2025

Modul ajar IPS CP terbaru 2024-2025 kelas 8, Mobilistas sosial

 

Modul Ajar Semester Genap

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/VIII/D

Tema

  Mobilistas sosial

Submateri

Bentuk bentuk dinamika sosial

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Profil Pelajar Pancasila

 

   Dimensi         : Mandiri

Elemen          :  Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik  memiliki  rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya dan hasil belajarnya

 

   Dimensi : Bergotong-royong

Elemen  : Kolaborasi

Indikator di akhir fase

1)           Peserta didik mampu menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan  dan mencapai tujuan kelompok, memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan Bersama

 

·     Dimensi: Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

     Elemen: Akhlak kepada Tuhan Yang Maha Esa

     Indikator di Akhir Fase:

  1. Peserta didik menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Peserta didik melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing secara rutin.

 

 

Pemahaman Konseptual: Mobilitas Sosial

1. Definisi Mobilitas Sosial:

  • Mobilitas sosial adalah pergerakan individu atau kelompok dari satu posisi sosial ke posisi sosial lainnya dalam stratifikasi sosial. Ini dapat melibatkan perubahan status ekonomi, pendidikan, pekerjaan, atau kekuasaan.

2. Jenis-Jenis Mobilitas Sosial:

  • Mobilitas Vertikal:
    • Mobilitas Vertikal Naik: Perpindahan individu atau kelompok ke status sosial yang lebih tinggi (misalnya, dari karyawan menjadi manajer).
    • Mobilitas Vertikal Turun: Perpindahan individu atau kelompok ke status sosial yang lebih rendah (misalnya, dari manajer menjadi karyawan).
  • Mobilitas Horizontal:
    • Perpindahan individu atau kelompok ke posisi sosial yang setara (misalnya, berpindah pekerjaan dengan gaji dan status yang sama).
  • Mobilitas Intragenerasi:
    • Perubahan status sosial yang terjadi dalam kehidupan individu yang sama (misalnya, seorang individu yang naik dari posisi karyawan menjadi manajer dalam karirnya).
  • Mobilitas Antargenerasi:
    • Perubahan status sosial dari satu generasi ke generasi berikutnya (misalnya, anak yang memiliki status sosial lebih tinggi daripada orang tuanya).

3. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mobilitas Sosial:

  • Pendidikan: Tingkat pendidikan sering kali berhubungan dengan peluang mobilitas sosial.
  • Ekonomi: Kondisi ekonomi individu atau keluarga dapat mempengaruhi kesempatan untuk naik atau turun dalam stratifikasi sosial.
  • Pekerjaan: Jenis dan status pekerjaan mempengaruhi posisi sosial seseorang.
  • Kebijakan Pemerintah: Kebijakan publik seperti program pendidikan dan lapangan pekerjaan dapat memfasilitasi mobilitas sosial.
  • Sosial dan Budaya: Nilai-nilai budaya dan norma sosial dapat mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap mobilitas sosial.

4. Dampak Mobilitas Sosial:

  • Positif:
    • Peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan individu.
    • Pengembangan diri dan potensi individu.
    • Peningkatan stabilitas sosial dan ekonomi.
  • Negatif:
    • Ketidakstabilan sosial jika mobilitas sosial yang tinggi menciptakan ketimpangan.
    • Ketegangan sosial antara kelas sosial yang berbeda.

Keterampilan dalam Mobilitas Sosial

1. Keterampilan Analisis Sosial:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial dan dampaknya terhadap masyarakat.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan penelitian tentang mobilitas sosial di lingkungan mereka dan menganalisis faktor-faktor yang berperan.

2. Keterampilan Berpikir Kritis:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menilai informasi secara kritis, mengidentifikasi berbagai perspektif, dan menyusun argumen yang didukung oleh bukti-bukti.
  • Aktivitas: Siswa dapat diberikan tugas untuk menulis esai yang membahas manfaat dan tantangan mobilitas sosial dari berbagai sudut pandang.

4. Keterampilan Kolaborasi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, berbagi tugas, dan mencapai tujuan bersama terkait studi mobilitas sosial.
  • Aktivitas: Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek tentang mobilitas sosial dalam masyarakat dan mempresentasikan hasilnya.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : PBL { Problem Based learning }

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami proses interaksi sosial, lembaga sosial, dinamika sosial dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan.

.

Tujuan Pembelajaran.

Peserta didik mampu:

  1. Siswa mampu menjelaskan pengertian mobilitas sosial, jenis-jenisnya, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  2. Siswa mampu menganalisis dampak positif dan negatif mobilitas sosial terhadap individu dan masyarakat.
  3. Siswa dapat mengidentifikasi dan memberikan contoh kasus mobilitas sosial yang relevan dalam kehidupan nyata.
  4. Siswa mampu menilai informasi secara kritis dan mengembangkan argumen yang didukung oleh bukti-bukti terkait mobilitas sosial.
  5. Siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai positif seperti kerja keras, kejujuran, dan kesetaraan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai mobilitas sosial yang adil.

Pertanyaan pematik

1.     Apa yang Anda ketahui tentang mobilitas sosial? Bagaimana mobilitas sosial terjadi dalam kehidupan sehari-hari?

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi:
Berbagi pengalaman tentang perubahan status sosial yang mereka alami atau saksikan. Tanyakan bagaimana perubahan tersebut mempengaruhi kehidupan mereka dan lingkungan sekitar.

 

Motivasi:
Tekankan bahwa pendidikan adalah salah satu kunci utama untuk mencapai mobilitas sosial yang positif. Ajak siswa untuk memahami bahwa dengan belajar dan bekerja keras, mereka dapat meningkatkan status sosial mereka.

KEGIATAN INTI

Kegiatan Inti (Sintak PBL)

  1. Mulai dengan Pertanyaan Pemicu:
    • Guru mengajukan pertanyaan pemicu: "Bagaimana mobilitas sosial mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat?"
  2. Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan:
    • Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi apa yang mereka ketahui dan apa yang perlu mereka pelajari lebih lanjut tentang mobilitas sosial.
  3. Penyusunan Rencana Proyek:
    • Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil, dan setiap kelompok memilih atau diberikan satu proyek spesifik terkait mobilitas sosial untuk dieksplorasi lebih lanjut. Contoh proyek bisa meliputi:
      • Studi kasus tentang individu yang mengalami mobilitas sosial vertikal.
      • Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial dalam komunitas lokal.
      • Riset tentang dampak kebijakan pemerintah terhadap mobilitas sosial di negara tertentu.
  4. Penelitian dan Pengumpulan Data:
    • Setiap kelompok melakukan penelitian melalui berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei. Siswa mendokumentasikan temuan mereka dalam jurnal kelompok.
    • Guru memberikan panduan dan dukungan selama proses penelitian.
  5. Pengembangan Proyek:
    • Kelompok siswa merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang mobilitas sosial. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
  6. Presentasi Proyek:
    • Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
    • Kelompok lain dapat memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman.

Kegiatan Penutup dan Refleksi

  1. Ringkasan Guru:
    • Guru memberikan ringkasan singkat tentang poin-poin utama yang telah dibahas, menekankan pentingnya memahami mobilitas sosial dan dampaknya terhadap masyarakat.
  2. Diskusi Reflektif:
    • Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
    • Pertanyaan reflektif bisa mencakup: "Apa yang paling mengejutkan atau menarik dari proyek ini?" atau "Bagaimana kita bisa mengambil tindakan positif untuk mendukung mobilitas sosial yang adil?"
  3. Rencana Tindak Lanjut:
    • Guru mengajak siswa untuk berpikir tentang langkah konkret yang bisa mereka ambil untuk mendukung mobilitas sosial yang adil dan merata, seperti mendukung program pendidikan dan pelatihan keterampilan.

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Evaluasi dan Alat Evaluasi

1. Tes Tertulis:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang konsep mobilitas sosial dan faktor-faktornya.
  • Contoh Soal:
    1. Jelaskan definisi mobilitas sosial dan sebutkan dua jenis utamanya.
    2. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial dalam masyarakat?
    3. Berikan contoh dampak positif dan negatif dari mobilitas sosial.

2. Proyek Kelompok:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan siswa dalam bekerja sama dan menerapkan pengetahuan tentang mobilitas sosial dalam proyek kreatif.
  • Deskripsi: Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang mobilitas sosial. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
  • Kriteria Penilaian:
    • Kedalaman analisis
    • Kreativitas dan inovasi
    • Kualitas presentasi
    • Kerja sama tim

3. Presentasi:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
  • Deskripsi: Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
  • Kriteria Penilaian:
    • Kejelasan dan struktur presentasi
    • Penguasaan materi
    • Respons terhadap pertanyaan
    • Visualisasi dan media pendukung

Rubrik Penilaian Proyek Kelompok:

  • Kedalaman Analisis (25%):
    • Sangat Baik (25): Analisis mendalam, data lengkap dan akurat.
    • Baik (20): Analisis baik, data cukup lengkap.
    • Cukup (15): Analisis cukup, data kurang lengkap.
    • Kurang (10): Analisis kurang mendalam, data tidak lengkap.
  • Kreativitas dan Inovasi (25%):
    • Sangat Baik (25): Ide sangat kreatif dan inovatif.
    • Baik (20): Ide kreatif dan inovatif.
    • Cukup (15): Ide cukup kreatif, tidak terlalu orisinal.
    • Kurang (10): Ide kurang kreatif dan tidak orisinal.
  • Kualitas Presentasi (25%):
    • Sangat Baik (25): Presentasi sangat jelas, struktur baik.
    • Baik (20): Presentasi jelas, struktur cukup baik.
    • Cukup (15): Presentasi cukup jelas, struktur kurang baik.
    • Kurang (10): Presentasi tidak jelas, struktur tidak baik.
  • Kerja Sama Tim (25%):
    • Sangat Baik (25): Kerja sama tim sangat baik, semua anggota berkontribusi.
    • Baik (20): Kerja sama tim baik, sebagian besar anggota berkontribusi.
    • Cukup (15): Kerja sama tim cukup, beberapa anggota berkontribusi.
    • Kurang (10): Kerja sama tim kurang, kontribusi tidak merata.

Kuesioner Refleksi:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran dan proyek.
  • Contoh Pertanyaan:
    1. Apa yang Anda pelajari tentang mobilitas sosial melalui proyek ini?
    2. Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami dampak mobilitas sosial terhadap berbagai aspek kehidupan?
    3. Apa bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
    4. Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja Siswa (LKS)

 

 

Instruksi Umum:

  1. Bekerjalah dalam kelompok yang telah ditentukan.
  2. Setiap kelompok harus menyusun proyek berdasarkan tema yang diberikan.
  3. Ikuti langkah-langkah yang ada di lembar kerja ini untuk menyelesaikan proyek kalian.
  4. Catat setiap langkah dan hasil diskusi dalam lembar kerja ini.
  5. Bersiaplah untuk mempresentasikan proyek kalian di depan kelas.

 

Langkah-Langkah Proyek Mobilitas Sosial

Langkah 1: Pertanyaan Pemicu

  • Diskusikan dalam kelompok: "Bagaimana mobilitas sosial mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat?"
  • Catat hasil diskusi awal kalian di bawah ini:
    • Jawaban Diskusi Awal: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 2: Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan

  • Apa yang sudah kalian ketahui tentang mobilitas sosial?
    • Pengetahuan Awal:
    • ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  • Apa yang perlu kalian pelajari lebih lanjut tentang mobilitas sosial?
    • Kebutuhan Pengetahuan:
    • ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Langkah 3: Penyusunan Rencana Proyek

  • Pilih atau terima tema proyek yang diberikan guru.
  • Jelaskan tujuan proyek kalian.
    • Tema Proyek: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Tujuan Proyek : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Langkah 4: Penelitian dan Pengumpulan Data

  • Lakukan penelitian melalui berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.
  • Dokumentasikan temuan kalian.
    • Sumber Penelitian: …………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Temuan Penelitian: …………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 5: Pengembangan Proyek

  • Rancang proyek yang akan mempresentasikan temuan dan analisis kalian.
  • Pilih format proyek (laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter).
    • Format Proyek: …………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Rencana Pengembangan Proyek: …………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 6: Persiapan Presentasi

  • Siapkan presentasi proyek kalian.
  • Latih presentasi kalian dalam kelompok.
    • Ringkasan Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Pembagian Tugas Presentasi: …………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

Panduan Proyek

Tema Proyek:

  1. Studi Kasus Mobilitas Sosial Vertikal:
    • Lakukan penelitian tentang seorang individu yang mengalami mobilitas sosial vertikal.
    • Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan status sosial individu tersebut.
    • Jelaskan dampak dari perubahan tersebut terhadap kehidupan individu dan masyarakat sekitarnya.
  2. Analisis Faktor-Faktor Mobilitas Sosial:
    • Identifikasi dan analisis berbagai faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial dalam komunitas lokal kalian.
    • Gunakan data dari wawancara, survei, atau literatur untuk mendukung analisis kalian.
    • Berikan rekomendasi untuk meningkatkan mobilitas sosial dalam komunitas kalian.
  3. Dampak Kebijakan Pemerintah Terhadap Mobilitas Sosial:
    • Teliti kebijakan pemerintah yang mempengaruhi mobilitas sosial di suatu negara.
    • Analisis dampak kebijakan tersebut terhadap individu dan masyarakat.
    • Berikan contoh kebijakan yang berhasil dan yang tidak berhasil.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar