Modul
belajar
Tahun
Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/IX/D |
Tema |
Peristiwa penting dalam sejarah
global Tantangan diera global |
Submateri |
Berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil
Pelajar Pancasila Dimensi
: Bernalar
ritis Elemen : 1) Memperoleh
dan memproses informasi
dan gagasan 2) Menganalisis dan mengevaluasi penalaran 3) Mengevaluasi
pemikiran sendiri Indikator di akhir
fase 1) Peserta didik memiliki rasa ingin tahu
yang tinggi 2) Peserta didik
mampu
mengambil
keputusan
dan kesimpulan
terhadap suatu
masalah secara
kritis Dimensi
: Kreatif Elemen : 1) Menghasilkan gagasan yang orisinil 2) Menghasilkan
karya dan tindakan yang
orisinil 3) Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif
solusi permasalahan Indikator di akhir fase 1) Peserta didik
mampu
menghasilkan gagasan atau
ide yang orisinil 2) Peserta didik mampu
mencari alternatif solusi
permasalahan yang dihadapi |
Pemahaman Kontekstual 1. Definisi Tantangan di Era Global:
2. Aspek-Aspek Tantangan di Era Global:
3. Contoh Tantangan di Era Global:
4. Dampak Positif dan Negatif Tantangan di
Era Global:
Keterampilan 1. Keterampilan Analisis Kritis:
2. Keterampilan Penelitian:
3. Keterampilan Berpikir Kritis:
4. Keterampilan Presentasi:
5. Keterampilan Kolaborasi:
6. Keterampilan Komunikasi:
|
Sarana dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor,
LKPD • Lingkungan
Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud
dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : PBL Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik mengenali
konsep dasar ilmu
sejarah yaitu manusia, ruang,
waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan
datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara. |
Tujuan Pembelajaran 1) Siswa mampu
menjelaskan definisi dan berbagai aspek tantangan di era global, termasuk
ekonomi, sosial, budaya, politik, dan lingkungan. 2) Siswa mampu menganalisis dampak positif dan
negatif dari berbagai tantangan global terhadap kehidupan masyarakat. 3) Siswa dapat mengidentifikasi dan memberikan contoh
kasus yang relevan terkait tantangan global, baik dari dalam maupun luar
negeri. 4) Siswa mampu menilai informasi secara kritis dan
mengembangkan argumen yang didukung oleh bukti-bukti terkait tantangan
global. 5) Siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai positif
seperti kerja sama internasional, keberlanjutan, dan kesadaran lingkungan
dalam kehidupan sehari-hari. |
Pertanyaan pematik 1) Dapatkah Anda
memberikan contoh tantangan global yang pernah Anda dengar atau alami?
Bagaimana tantangan tersebut diatasi? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Pendahuluan Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah. Apersepsi : Ajak
siswa untuk mengamati dan mengidentifikasi contoh-contoh tantangan global di
lingkungan sekitar mereka, seperti perubahan cuaca yang ekstrem, penggunaan
energi terbarukan, atau kegiatan sosial yang berkaitan dengan hak asasi
manusia. Motivasi: Tekankan
pentingnya sikap terbuka dan toleransi terhadap budaya dan pandangan yang
berbeda sebagai bagian dari solusi menghadapi tantangan global. Sampaikan
bahwa dengan memahami dan menghargai perbedaan, kita dapat menciptakan dunia
yang lebih harmonis.Jadi, mari kita belajar dan memahami peran kita
masing-masing dalam menanggulangi perubahan iklim. Ingatlah, masa depan yang
cerah ada di tangan kita. Ayo kita mulai dari sekarang, karena perubahan
besar dimulai dari langkah kecil yang kita ambil hari ini, tentang
desa yang berhasil memitigasi banjir dengan menanam mangrove di pesisir
pantai mereka |
KEGIATAN INTI |
Kegiatan Inti dengan Model Two Stay Two
Stray
Langkah-langkah:
1.
Pembagian Kelompok (10 menit):
o Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok yang
masing-masing terdiri dari 4-5 orang.
o Setiap kelompok diberikan satu tema spesifik terkait
tantangan di era global untuk didiskusikan. Berikut adalah tema-tema untuk
masing-masing kelompok:
Kelompok
1: Perubahan Iklim dan Dampaknya
Kelompok
2: Migrasi Global dan Isu Pengungsi
Kelompok
3: Keamanan Siber di Era Digital
Kelompok
4: Ketimpangan Ekonomi dan Sosial
Kelompok
5: Penyebaran Penyakit Global
Kelompok
6: Polusi dan Degradasi Lingkungan
Kelompok
7: Pengaruh Media Sosial dalam Masyarakat Global
Kelompok
8: Krisis Energi dan Sumber Daya Alam
2.
Diskusi Kelompok (15 menit):
o Dua siswa tetap berada di kelompok mereka untuk
mendiskusikan dan mencatat poin-poin penting.
o Dua siswa lainnya berpindah ke kelompok lain untuk
mencari informasi tambahan dan berbagi pengetahuan dari kelompok mereka.
3.
Pertukaran Informasi (10 menit):
o Setelah 10 menit, siswa yang berpindah kembali ke
kelompok asal mereka dan berbagi informasi yang mereka peroleh dari kelompok
lain.
o Kelompok mendiskusikan dan mengintegrasikan informasi
yang diperoleh untuk memperkaya pemahaman mereka.
4.
Presentasi Kelompok (15 menit):
o Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka
kepada seluruh kelas.
o Kelompok lain dapat memberikan umpan balik dan
mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman.
Kegiatan Penutup dan Refleksi
1.
Ringkasan Guru:
o Guru memberikan ringkasan singkat tentang poin-poin
utama yang telah dibahas, menekankan pentingnya memahami tantangan di era
global dan dampaknya terhadap berbagai aspek kehidupan.
2.
Diskusi Reflektif:
o Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang
telah mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari.
o Pertanyaan reflektif bisa mencakup: "Apa yang
paling mengejutkan atau menarik dari diskusi hari ini?" atau
"Bagaimana kita bisa mengambil tindakan positif dalam menghadapi
tantangan global?"
3.
Rencana Tindak Lanjut:
o Guru mengajak siswa untuk berpikir tentang langkah
konkret yang bisa mereka ambil untuk mendukung keberlanjutan dalam konteks
tantangan global, seperti menjadi konsumen yang bijak, berpartisipasi dalam
kegiatan sosial, atau meningkatkan kesadaran lingkungan.
|
: Refleksi Refleksi
diri:
Refleksi
kelompok:
|
Evaluasi dan Alat Evaluasi 1. Tes Tertulis: ·
Tujuan:
Mengukur pemahaman siswa tentang tantangan di era global. ·
Contoh
Soal: 1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan perubahan iklim dan bagaimana dampaknya terhadap
lingkungan. 2. Apa
saja penyebab utama migrasi global dan bagaimana pengaruhnya terhadap negara
asal dan tujuan? 3. Bagaimana
perkembangan teknologi informasi mempengaruhi keamanan siber di era digital? 2. Proyek Kelompok: ·
Tujuan:
Mengukur kemampuan siswa dalam bekerja sama dan menerapkan pengetahuan
tentang tantangan global dalam proyek kreatif. ·
Deskripsi: Siswa
dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis
mereka tentang tantangan di era global. Proyek bisa berupa poster, video
dokumenter, presentasi PowerPoint, atau artikel. ·
Kriteria
Penilaian: o
Kedalaman analisis o
Kreativitas dan inovasi o
Kualitas presentasi o
Kerja sama tim 3. Presentasi: ·
Tujuan:
Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa. ·
Deskripsi: Setiap
kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas atau dalam pameran
sekolah. ·
Kriteria
Penilaian: o
Kejelasan dan struktur presentasi o
Penguasaan materi o
Respons terhadap pertanyaan o
Visualisasi dan media pendukung Rubrik Penilaian Proyek Kelompok: ·
Kedalaman
Analisis (25%): o
Sangat Baik (25): Analisis mendalam, data lengkap
dan akurat. o
Baik (20): Analisis baik, data cukup lengkap. o
Cukup (15): Analisis cukup, data kurang lengkap. o
Kurang (10): Analisis kurang mendalam, data tidak
lengkap. ·
Kreativitas
dan Inovasi (25%): o
Sangat Baik (25): Ide sangat kreatif dan inovatif. o
Baik (20): Ide kreatif dan inovatif. o
Cukup (15): Ide cukup kreatif, tidak terlalu
orisinal. o
Kurang (10): Ide kurang kreatif dan tidak
orisinal. ·
Kualitas
Presentasi (25%): o
Sangat Baik (25): Presentasi sangat jelas,
struktur baik. o
Baik (20): Presentasi jelas, struktur cukup baik. o
Cukup (15): Presentasi cukup jelas, struktur
kurang baik. o
Kurang (10): Presentasi tidak jelas, struktur
tidak baik. ·
Kerja
Sama Tim (25%): o
Sangat Baik (25): Kerja sama tim sangat baik,
semua anggota berkontribusi. o
Baik (20): Kerja sama tim baik, sebagian besar
anggota berkontribusi. o
Cukup (15): Kerja sama tim cukup, beberapa anggota
berkontribusi. o
Kurang (10): Kerja sama tim kurang, kontribusi
tidak merata. Kuesioner Refleksi: ·
Tujuan:
Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran
dan proyek. ·
Contoh
Pertanyaan: 1. Apa
yang Anda pelajari tentang tantangan di era global melalui proyek ini? 2. Bagaimana
proyek ini membantu Anda memahami dampak tantangan global terhadap berbagai
aspek kehidupan? 3. Apa
bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya? 4. Bagaimana
Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini? |
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501
1 006 |
Lembar
kerja siswa
Lembar
Kerja Siswa
Nama: ___________________ Kelas: _______________ Tanggal: _______________
Lembar
Kerja Diskusi Kelompok
Kelompok
1: Perubahan Iklim dan Dampaknya
- Apa
penyebab utama dari perubahan iklim dan bagaimana dampaknya terhadap
lingkungan?
- Bagaimana
perubahan iklim mempengaruhi kehidupan manusia dan ekosistem?
- Apa
yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak perubahan iklim?
Kelompok
2: Migrasi Global dan Isu Pengungsi
- Apa
penyebab utama migrasi global dan bagaimana pengaruhnya terhadap negara
asal dan tujuan?
- Bagaimana
tantangan yang dihadapi oleh pengungsi dalam proses migrasi?
- Apa
yang bisa dilakukan untuk membantu pengungsi dan migran?
Kelompok
3: Keamanan Siber di Era Digital
- Apa
saja ancaman keamanan siber yang ada di era digital saat ini?
- Bagaimana
dampak dari serangan siber terhadap individu dan organisasi?
- Apa
langkah-langkah yang bisa diambil untuk meningkatkan keamanan siber?
Kelompok
4: Ketimpangan Ekonomi dan Sosial
- Apa
penyebab utama ketimpangan ekonomi dan sosial di era global?
- Bagaimana
ketimpangan ekonomi mempengaruhi kehidupan masyarakat?
- Apa
upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketimpangan ekonomi dan sosial?
Kelompok
5: Penyebaran Penyakit Global
- Bagaimana
penyebaran penyakit global seperti pandemi COVID-19 mempengaruhi kehidupan
masyarakat?
- Apa
langkah-langkah yang bisa diambil untuk mencegah penyebaran penyakit
global?
- Bagaimana
kerjasama internasional dapat membantu mengatasi penyebaran penyakit
global?
Kelompok
6: Polusi dan Degradasi Lingkungan
- Apa
penyebab utama polusi dan degradasi lingkungan di era global?
- Bagaimana
polusi dan degradasi lingkungan mempengaruhi kesehatan manusia dan
ekosistem?
- Apa
yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi dan memperbaiki lingkungan?
Kelompok
7: Pengaruh Media Sosial dalam Masyarakat Global
- Bagaimana
media sosial mempengaruhi penyebaran informasi dan budaya dalam konteks
global?
- Apa
saja dampak positif dan negatif dari media sosial terhadap masyarakat
global?
- Bagaimana
cara mengoptimalkan dampak positif media sosial sambil meminimalkan dampak
negatifnya?
Kelompok
8: Krisis Energi dan Sumber Daya Alam
- Apa
penyebab utama krisis energi dan sumber daya alam di era global?
- Bagaimana
krisis energi mempengaruhi kehidupan masyarakat dan ekonomi global?
- Apa
langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasi krisis energi dan
memastikan keberlanjutan sumber daya alam?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar