Senin, 03 Februari 2025

Modul Ajar IPS Kelas 9, CP terbaru Tahun 2024-2025. Peristiwa penting dalam sejarah global Tantangan diera global

 

 

Modul belajar

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/IX/D

Tema

Peristiwa penting dalam sejarah global Tantangan diera global

Submateri

Berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Profil Pelajar Pancasila

 

Dimensi         : Bernalar ritis

Elemen          :

1)      Memperoleh  dan  memproses  informasi  dan gagasan

2)      Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

3)      Mengevaluasi pemikiran sendiri

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

2)      Peserta  didik  mampu  mengambil  keputusan dan kesimpulan terhadap suatu masalah secara kritis

Dimensi         : Kreatif

Elemen          :

1)      Menghasilkan gagasan yang orisinil

2)      Menghasilkan    karya    dan    tindakan    yang orisinil

3)      Memiliki  keluwesan  berpikir dalam  mencari alternatif solusi permasalahan

Indikator di akhir fase

1)      Peserta  didik  mampu  menghasilkan  gagasan atau ide yang orisinil

        2)       Peserta didik mampu mencari alternatif solusi permasalahan yang dihadapi

Pemahaman Kontekstual

1. Definisi Tantangan di Era Global:

  • Era global merujuk pada periode di mana negara-negara di seluruh dunia semakin terhubung dan saling bergantung melalui globalisasi. Tantangan di era global mencakup berbagai isu kompleks yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk ekonomi, politik, sosial, lingkungan, dan teknologi.

2. Aspek-Aspek Tantangan di Era Global:

  • Ekonomi: Ketimpangan ekonomi, perdagangan internasional yang tidak adil, dan krisis keuangan global.
  • Sosial dan Budaya: Penyebaran budaya global yang dapat mengancam budaya lokal, serta isu-isu identitas dan integrasi sosial.
  • Politik: Ketegangan geopolitik, konflik internasional, dan tantangan dalam menciptakan kebijakan global yang efektif.
  • Lingkungan: Perubahan iklim, polusi, dan degradasi lingkungan yang memerlukan kerja sama internasional untuk diatasi.
  • Teknologi: Revolusi teknologi yang cepat, ancaman keamanan siber, dan kesenjangan akses teknologi.

3. Contoh Tantangan di Era Global:

  • Perubahan Iklim: Pemanasan global dan perubahan pola cuaca yang mengancam keberlanjutan lingkungan dan kehidupan manusia.
  • Migrasi Global: Perpindahan besar-besaran penduduk akibat konflik, kemiskinan, dan perubahan iklim yang menimbulkan tantangan dalam integrasi sosial dan keamanan.
  • Penyebaran Penyakit: Pandemi global seperti COVID-19 yang mempengaruhi kesehatan masyarakat dan stabilitas ekonomi.
  • Ketimpangan Ekonomi: Kesenjangan antara negara maju dan berkembang, serta antara kelompok kaya dan miskin di dalam negara.
  • Keamanan Siber: Ancaman terhadap data pribadi dan infrastruktur penting yang memerlukan perlindungan dan regulasi ketat.

4. Dampak Positif dan Negatif Tantangan di Era Global:

  • Positif:
    • Kesadaran global tentang isu-isu penting seperti perubahan iklim dan hak asasi manusia.
    • Inovasi teknologi yang dapat mengatasi masalah global.
    • Kerja sama internasional yang dapat memperkuat hubungan antarnegara.
  • Negatif:
    • Kerentanan terhadap krisis global yang dapat mempengaruhi banyak negara.
    • Kesenjangan ekonomi dan sosial yang semakin lebar.
    • Ketidakstabilan politik dan keamanan yang disebabkan oleh konflik internasional.

Keterampilan

1. Keterampilan Analisis Kritis:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menganalisis tantangan di era global dari berbagai perspektif, termasuk ekonomi, sosial, budaya, politik, dan lingkungan.
  • Aktivitas: Siswa dapat diberikan tugas untuk menganalisis contoh kasus tantangan global dan mengidentifikasi dampak positif dan negatifnya.

2. Keterampilan Penelitian:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan menyintesis informasi dari berbagai sumber.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan penelitian tentang isu-isu global seperti perubahan iklim, migrasi, atau keamanan siber dan dampaknya terhadap masyarakat.

3. Keterampilan Berpikir Kritis:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menilai informasi secara kritis, mengidentifikasi berbagai perspektif, dan menyusun argumen yang didukung oleh bukti-bukti.
  • Aktivitas: Siswa dapat diberikan tugas untuk menulis esai yang membahas keuntungan dan kerugian dari berbagai tantangan di era global.

4. Keterampilan Presentasi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menyusun dan menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens.
  • Aktivitas: Siswa dapat mempersiapkan dan mempresentasikan hasil penelitian mereka tentang tantangan global kepada kelas, menggunakan alat bantu visual seperti slide PowerPoint atau peta.

5. Keterampilan Kolaborasi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, berbagi tugas, dan mencapai tujuan bersama.
  • Aktivitas: Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek tentang solusi untuk mengatasi tantangan global, misalnya membuat poster atau video dokumenter.

6. Keterampilan Komunikasi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan, dengan berbagai pihak.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan wawancara dengan tokoh masyarakat atau ahli untuk mendapatkan informasi tambahan tentang tantangan global.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : PBL

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara.

Tujuan Pembelajaran

1)     Siswa mampu menjelaskan definisi dan berbagai aspek tantangan di era global, termasuk ekonomi, sosial, budaya, politik, dan lingkungan.

2)     Siswa mampu menganalisis dampak positif dan negatif dari berbagai tantangan global terhadap kehidupan masyarakat.

3)     Siswa dapat mengidentifikasi dan memberikan contoh kasus yang relevan terkait tantangan global, baik dari dalam maupun luar negeri.

4)     Siswa mampu menilai informasi secara kritis dan mengembangkan argumen yang didukung oleh bukti-bukti terkait tantangan global.

5)     Siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai positif seperti kerja sama internasional, keberlanjutan, dan kesadaran lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan pematik

1)     Dapatkah Anda memberikan contoh tantangan global yang pernah Anda dengar atau alami? Bagaimana tantangan tersebut diatasi?

 

 

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi :

Ajak siswa untuk mengamati dan mengidentifikasi contoh-contoh tantangan global di lingkungan sekitar mereka, seperti perubahan cuaca yang ekstrem, penggunaan energi terbarukan, atau kegiatan sosial yang berkaitan dengan hak asasi manusia.

Motivasi:

Tekankan pentingnya sikap terbuka dan toleransi terhadap budaya dan pandangan yang berbeda sebagai bagian dari solusi menghadapi tantangan global. Sampaikan bahwa dengan memahami dan menghargai perbedaan, kita dapat menciptakan dunia yang lebih harmonis.Jadi, mari kita belajar dan memahami peran kita masing-masing dalam menanggulangi perubahan iklim. Ingatlah, masa depan yang cerah ada di tangan kita. Ayo kita mulai dari sekarang, karena perubahan besar dimulai dari langkah kecil yang kita ambil hari ini, tentang desa yang berhasil memitigasi banjir dengan menanam mangrove di pesisir pantai mereka

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Inti dengan Model Two Stay Two Stray

 

Langkah-langkah:

1.     Pembagian Kelompok (10 menit):

o   Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok yang masing-masing terdiri dari 4-5 orang.

o   Setiap kelompok diberikan satu tema spesifik terkait tantangan di era global untuk didiskusikan. Berikut adalah tema-tema untuk masing-masing kelompok:

Kelompok 1: Perubahan Iklim dan Dampaknya

Kelompok 2: Migrasi Global dan Isu Pengungsi

Kelompok 3: Keamanan Siber di Era Digital

Kelompok 4: Ketimpangan Ekonomi dan Sosial

Kelompok 5: Penyebaran Penyakit Global

Kelompok 6: Polusi dan Degradasi Lingkungan

Kelompok 7: Pengaruh Media Sosial dalam Masyarakat Global

Kelompok 8: Krisis Energi dan Sumber Daya Alam

 

2.     Diskusi Kelompok (15 menit):

o   Dua siswa tetap berada di kelompok mereka untuk mendiskusikan dan mencatat poin-poin penting.

o   Dua siswa lainnya berpindah ke kelompok lain untuk mencari informasi tambahan dan berbagi pengetahuan dari kelompok mereka.

3.     Pertukaran Informasi (10 menit):

o   Setelah 10 menit, siswa yang berpindah kembali ke kelompok asal mereka dan berbagi informasi yang mereka peroleh dari kelompok lain.

o   Kelompok mendiskusikan dan mengintegrasikan informasi yang diperoleh untuk memperkaya pemahaman mereka.

4.     Presentasi Kelompok (15 menit):

o   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka kepada seluruh kelas.

o   Kelompok lain dapat memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman.

Kegiatan Penutup dan Refleksi

1.     Ringkasan Guru:

o   Guru memberikan ringkasan singkat tentang poin-poin utama yang telah dibahas, menekankan pentingnya memahami tantangan di era global dan dampaknya terhadap berbagai aspek kehidupan.

2.     Diskusi Reflektif:

o   Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

o   Pertanyaan reflektif bisa mencakup: "Apa yang paling mengejutkan atau menarik dari diskusi hari ini?" atau "Bagaimana kita bisa mengambil tindakan positif dalam menghadapi tantangan global?"

3.     Rencana Tindak Lanjut:

o   Guru mengajak siswa untuk berpikir tentang langkah konkret yang bisa mereka ambil untuk mendukung keberlanjutan dalam konteks tantangan global, seperti menjadi konsumen yang bijak, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, atau meningkatkan kesadaran lingkungan.

: Refleksi

Refleksi diri:

    • Setiap siswa melakukan refleksi diri tentang pembelajaran yang telah dilakukan, seperti:
      1. Apa yang telah dipelajari?
      2. Bagaimana proses belajarnya?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?

Refleksi kelompok:

    • Setiap kelompok melakukan refleksi tentang kerja sama dan kinerja kelompok, seperti:
      1. Bagaimana kerja sama antar anggota kelompok?
      2. Apakah semua anggota kelompok berkontribusi secara aktif?
      3. Apa yang dapat diperbaiki untuk kerja sama kelompok selanjutnya?

Evaluasi dan Alat Evaluasi

1. Tes Tertulis:

·       Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang tantangan di era global.

·       Contoh Soal:

1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan perubahan iklim dan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan.

2.     Apa saja penyebab utama migrasi global dan bagaimana pengaruhnya terhadap negara asal dan tujuan?

3.     Bagaimana perkembangan teknologi informasi mempengaruhi keamanan siber di era digital?

2. Proyek Kelompok:

·       Tujuan: Mengukur kemampuan siswa dalam bekerja sama dan menerapkan pengetahuan tentang tantangan global dalam proyek kreatif.

·       Deskripsi: Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang tantangan di era global. Proyek bisa berupa poster, video dokumenter, presentasi PowerPoint, atau artikel.

·       Kriteria Penilaian:

o   Kedalaman analisis

o   Kreativitas dan inovasi

o   Kualitas presentasi

o   Kerja sama tim

3. Presentasi:

·       Tujuan: Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.

·       Deskripsi: Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas atau dalam pameran sekolah.

·       Kriteria Penilaian:

o   Kejelasan dan struktur presentasi

o   Penguasaan materi

o   Respons terhadap pertanyaan

o   Visualisasi dan media pendukung

Rubrik Penilaian Proyek Kelompok:

·       Kedalaman Analisis (25%):

o   Sangat Baik (25): Analisis mendalam, data lengkap dan akurat.

o   Baik (20): Analisis baik, data cukup lengkap.

o   Cukup (15): Analisis cukup, data kurang lengkap.

o   Kurang (10): Analisis kurang mendalam, data tidak lengkap.

·       Kreativitas dan Inovasi (25%):

o   Sangat Baik (25): Ide sangat kreatif dan inovatif.

o   Baik (20): Ide kreatif dan inovatif.

o   Cukup (15): Ide cukup kreatif, tidak terlalu orisinal.

o   Kurang (10): Ide kurang kreatif dan tidak orisinal.

·       Kualitas Presentasi (25%):

o   Sangat Baik (25): Presentasi sangat jelas, struktur baik.

o   Baik (20): Presentasi jelas, struktur cukup baik.

o   Cukup (15): Presentasi cukup jelas, struktur kurang baik.

o   Kurang (10): Presentasi tidak jelas, struktur tidak baik.

·       Kerja Sama Tim (25%):

o   Sangat Baik (25): Kerja sama tim sangat baik, semua anggota berkontribusi.

o   Baik (20): Kerja sama tim baik, sebagian besar anggota berkontribusi.

o   Cukup (15): Kerja sama tim cukup, beberapa anggota berkontribusi.

o   Kurang (10): Kerja sama tim kurang, kontribusi tidak merata.

Kuesioner Refleksi:

·       Tujuan: Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran dan proyek.

·       Contoh Pertanyaan:

1.     Apa yang Anda pelajari tentang tantangan di era global melalui proyek ini?

2.     Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami dampak tantangan global terhadap berbagai aspek kehidupan?

3.     Apa bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?

4.     Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?

 

ttd bu kepsekTTD Pak Marnostempel sekolah

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar kerja siswa

Lembar Kerja Siswa

Nama: ___________________ Kelas: _______________ Tanggal: _______________

Lembar Kerja Diskusi Kelompok

Kelompok 1: Perubahan Iklim dan Dampaknya

  1. Apa penyebab utama dari perubahan iklim dan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan?
  2. Bagaimana perubahan iklim mempengaruhi kehidupan manusia dan ekosistem?
  3. Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak perubahan iklim?

Kelompok 2: Migrasi Global dan Isu Pengungsi

  1. Apa penyebab utama migrasi global dan bagaimana pengaruhnya terhadap negara asal dan tujuan?
  2. Bagaimana tantangan yang dihadapi oleh pengungsi dalam proses migrasi?
  3. Apa yang bisa dilakukan untuk membantu pengungsi dan migran?

Kelompok 3: Keamanan Siber di Era Digital

  1. Apa saja ancaman keamanan siber yang ada di era digital saat ini?
  2. Bagaimana dampak dari serangan siber terhadap individu dan organisasi?
  3. Apa langkah-langkah yang bisa diambil untuk meningkatkan keamanan siber?

Kelompok 4: Ketimpangan Ekonomi dan Sosial

  1. Apa penyebab utama ketimpangan ekonomi dan sosial di era global?
  2. Bagaimana ketimpangan ekonomi mempengaruhi kehidupan masyarakat?
  3. Apa upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketimpangan ekonomi dan sosial?

Kelompok 5: Penyebaran Penyakit Global

  1. Bagaimana penyebaran penyakit global seperti pandemi COVID-19 mempengaruhi kehidupan masyarakat?
  2. Apa langkah-langkah yang bisa diambil untuk mencegah penyebaran penyakit global?
  3. Bagaimana kerjasama internasional dapat membantu mengatasi penyebaran penyakit global?

Kelompok 6: Polusi dan Degradasi Lingkungan

  1. Apa penyebab utama polusi dan degradasi lingkungan di era global?
  2. Bagaimana polusi dan degradasi lingkungan mempengaruhi kesehatan manusia dan ekosistem?
  3. Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi polusi dan memperbaiki lingkungan?

 

Kelompok 7: Pengaruh Media Sosial dalam Masyarakat Global

  1. Bagaimana media sosial mempengaruhi penyebaran informasi dan budaya dalam konteks global?
  2. Apa saja dampak positif dan negatif dari media sosial terhadap masyarakat global?
  3. Bagaimana cara mengoptimalkan dampak positif media sosial sambil meminimalkan dampak negatifnya?

Kelompok 8: Krisis Energi dan Sumber Daya Alam

  1. Apa penyebab utama krisis energi dan sumber daya alam di era global?
  2. Bagaimana krisis energi mempengaruhi kehidupan masyarakat dan ekonomi global?
  3. Apa langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasi krisis energi dan memastikan keberlanjutan sumber daya alam?

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar