MODUL BELAJAR
Tahun Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/IX/D |
Tema |
Sekitar Proklamasi Kemerdekaan |
CP |
Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia,
ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara
masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional, dan global terkait asal-usul nenek moyang
bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara. . |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Kompetensi Awal Peserta didik
mampu Menjelaskan berbagai upaya
pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber
daya alam di Indonesia. |
Profil Pelajar Pancasila • Dimensi
: Berkebhinekaan global Elemen : 1) Mengenal dan menghargai budaya 2) Komunikasi dan interaksi antar
budaya 3) Refleksi
dan tanggung jawab
terhadap
pengalaman kebhinekaan 4) Berkeadilan sosial Indikator di akhir fase 1) Peserta didik mampu
menghargai
adanya
perbedaan kebudayaan
di loingkungan mereka 2) Peserta
didik mampu berlaku adil kepada seluruh
teman tanpa memandang
latar belakang budaya 5. Dimensi : Bernalar
ritis Elemen : 1) Memperoleh dan
memproses
informasi dan
gagasan 2) Menganalisis dan
mengevaluasi
penalaran 3) Mengevaluasi pemikiran sendiri Indikator di akhir fase 1) Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang
tinggi 2) Peserta
didik mampu mengambil
keputusan
dan kesimpulan
terhadap suatu
masalah secara
kritis |
Pemahaman
Kontekstual
Keterampilan
|
Sarana
dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor,
LKPD • Lingkungan Belajar: Ruangan
Kelas • Sumber Belajar: Buku
Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : Metode: Two Stay, Two Stray Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Tujuan Pembelajaran
|
Pertanyaan
pematik Mengapa menurut
Anda Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 sangat penting
bagi bangsa Indonesia? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Apersepsi:
Motivasi:
|
KEGIATAN INTI |
Langkah-langkah:
Kegiatan Penutup dan Refleksi
. |
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
NIP. 1966308 200501 1 006 |
Evaluasi dan Alat Evaluasi
1. Tes Tertulis:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman siswa tentang peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan.
- Contoh
Soal:
- Jelaskan latar belakang sejarah yang
mempengaruhi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
- Apa isi teks Proklamasi Kemerdekaan dan siapa
saja yang membacakannya?
- Bagaimana reaksi masyarakat Indonesia terhadap
Proklamasi Kemerdekaan?
2. Proyek Kelompok:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan siswa dalam bekerja sama dan menerapkan pengetahuan
sejarah dalam proyek kreatif.
- Deskripsi:
Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan
analisis mereka tentang peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan. Proyek
bisa berupa poster, video dokumenter, presentasi PowerPoint, atau artikel.
- Kriteria
Penilaian:
- Kedalaman analisis
- Kreativitas dan inovasi
- Kualitas presentasi
- Kerja sama tim
3. Presentasi:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
- Deskripsi:
Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas atau dalam
pameran sekolah.
- Kriteria
Penilaian:
- Kejelasan dan struktur presentasi
- Penguasaan materi
- Respons terhadap pertanyaan
- Visualisasi dan media pendukung
Rubrik Penilaian Proyek Kelompok:
- Kedalaman
Analisis (25%):
- Sangat Baik (25): Analisis mendalam, data
lengkap dan akurat.
- Baik (20): Analisis baik, data cukup lengkap.
- Cukup (15): Analisis cukup, data kurang
lengkap.
- Kurang (10): Analisis kurang mendalam, data
tidak lengkap.
- Kreativitas
dan Inovasi (25%):
- Sangat Baik (25): Ide sangat kreatif dan
inovatif.
- Baik (20): Ide kreatif dan inovatif.
- Cukup (15): Ide cukup kreatif, tidak terlalu
orisinal.
- Kurang (10): Ide kurang kreatif dan tidak
orisinal.
- Kualitas
Presentasi (25%):
- Sangat Baik (25): Presentasi sangat jelas,
struktur baik.
- Baik (20): Presentasi jelas, struktur cukup
baik.
- Cukup (15): Presentasi cukup jelas, struktur
kurang baik.
- Kurang (10): Presentasi tidak jelas, struktur
tidak baik.
- Kerja
Sama Tim (25%):
- Sangat Baik (25): Kerja sama tim sangat baik,
semua anggota berkontribusi.
- Baik (20): Kerja sama tim baik, sebagian besar
anggota berkontribusi.
- Cukup (15): Kerja sama tim cukup, beberapa
anggota berkontribusi.
- Kurang (10): Kerja sama tim kurang, kontribusi
tidak merata.
Kuesioner Refleksi:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses
pembelajaran dan proyek.
- Contoh
Pertanyaan:
- Apa yang Anda pelajari tentang peristiwa
sekitar Proklamasi Kemerdekaan melalui proyek ini?
- Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami
pentingnya sejarah kemerdekaan Indonesia?
- Apa bagian yang paling menantang dari proyek
ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
- Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim
Anda dalam proyek ini?
Lembar Kerja Siswa (LK)
Instruksi Umum:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang
masing-masing terdiri dari 4 orang.
- Setiap kelompok akan diberikan satu aspek dari
peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan untuk didiskusikan dan
dianalisis.
- Setiap kelompok harus menyusun hasil diskusi
dalam bentuk presentasi yang akan dipresentasikan di depan kelas.
- Dua siswa tetap di kelompok mereka, sementara
dua lainnya berpindah ke kelompok lain untuk mencari informasi tambahan.
Lembar Kerja Diskusi Kelompok
Kelompok 1: Latar Belakang Sejarah Proklamasi
- Apa
latar belakang sosial dan politik yang mempengaruhi Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia?
- Bagaimana
kondisi masyarakat Indonesia sebelum Proklamasi?
- Berikan
contoh peristiwa penting yang memicu Proklamasi Kemerdekaan.
Kelompok 2: Peran Tokoh-Tokoh Penting
- Siapa
saja tokoh penting yang terlibat dalam Proklamasi Kemerdekaan?
- Apa
kontribusi masing-masing tokoh tersebut dalam peristiwa Proklamasi?
- Berikan
contoh tindakan atau peran spesifik dari tokoh-tokoh tersebut yang
berdampak signifikan.
Kelompok 3: Reaksi Masyarakat terhadap
Proklamasi
- Bagaimana
reaksi masyarakat Indonesia terhadap Proklamasi Kemerdekaan?
- Apa
yang terjadi di berbagai daerah setelah Proklamasi?
- Berikan
contoh nyata reaksi masyarakat yang mendukung Proklamasi.
Kelompok 4: Reaksi Masyarakat terhadap
Proklamasi
- Bagaimana
reaksi masyarakat Indonesia terhadap Proklamasi Kemerdekaan?
- Apa
yang terjadi di berbagai daerah setelah Proklamasi?
- Berikan
contoh nyata reaksi masyarakat yang mendukung Proklamasi.
Kelompok 5: Peran Pemuda dalam Proklamasi
- Bagaimana
peran pemuda dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan?
- Apa
tindakan konkret yang dilakukan oleh pemuda untuk mendukung Proklamasi?
- Berikan
contoh gerakan pemuda yang berdampak signifikan dalam mendukung
Proklamasi.
Kelompok 6: Dampak Proklamasi terhadap
Situasi Politik
- Bagaimana
Proklamasi Kemerdekaan mempengaruhi situasi politik di Indonesia?
- Apa
dampak politik jangka panjang dari Proklamasi Kemerdekaan?
- Berikan
contoh perubahan politik yang terjadi akibat Proklamasi ini.
Kelompok 7: Peran Wanita dalam Proklamasi
- Apa
peran wanita dalam peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan?
- Siapa
saja tokoh wanita yang berkontribusi dalam peristiwa ini?
- Berikan
contoh tindakan atau peran spesifik dari wanita yang berdampak signifikan
dalam peristiwa Proklamasi.
Kelompok 8: Dampak Sosial dan Ekonomi
Proklamasi
- Bagaimana
Proklamasi Kemerdekaan mempengaruhi situasi sosial dan ekonomi di
Indonesia?
- Apa
perubahan sosial dan ekonomi yang terjadi setelah Proklamasi ini?
- Berikan
contoh nyata perubahan sosial dan ekonomi yang terjadi akibat Proklamasi
Kemerdekaan.
Lembar Kerja Siswa (LK) - Format Umum
Instruksi Umum:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang
masing-masing terdiri dari 4 orang.
- Setiap kelompok akan diberikan satu aspek dari
peristiwa sekitar Proklamasi Kemerdekaan untuk didiskusikan dan
dianalisis.
- Setiap kelompok harus menyusun hasil diskusi
dalam bentuk presentasi yang akan dipresentasikan di depan kelas.
- Dua siswa tetap di kelompok mereka, sementara
dua lainnya berpindah ke kelompok lain untuk mencari informasi tambahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar