Tahun
Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/VIII/D |
Tema |
Sistem Ekonomi pada Masa Kolonial
(Tanam Paksa, Sewa Tanah) |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil
Pelajar Pancasila • Dimensi : Mandiri Elemen :
Pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir
fase 1) Peserta didik memiliki rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya
dan hasil
belajarnya • Dimensi : Bergotong-royong Elemen
: Kolaborasi Indikator di akhir
fase 1)
Peserta didik mampu
menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang
lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan
kelompok, memberi semangat kepada orang
lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama |
Pemahaman
Kontekstual: Sistem Ekonomi pada Masa Kolonial 1.
Pengertian Tanam Paksa:
2.
Pengertian Sewa Tanah:
3.
Sejarah Penerapan Tanam Paksa dan Sewa Tanah:
4.
Faktor-Faktor yang Mendorong Penerapan Sistem Ekonomi Kolonial:
5.
Dampak Sistem Ekonomi Kolonial:
Keterampilan
dalam Studi Sistem Ekonomi pada Masa Kolonial 1.
Keterampilan Analisis Sejarah:
2.
Keterampilan Pemikiran Kritis:
3.
Keterampilan Penelitian:
4.
Keterampilan Kolaborasi:
5.
Keterampilan Refleksi:
|
Sarana
dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD • Lingkungan
Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku
Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : PBL Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik mengenali
konsep dasar ilmu
sejarah yaitu manusia, ruang,
waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan
datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara |
Tujuan Pembelajaran. 1.
Siswa
mampu menjelaskan pengertian Tanam Paksa dan Sewa Tanah serta faktor-faktor
yang mendorong penerapannya. 2.
Siswa
mampu menganalisis penerapan sistem Tanam Paksa dan Sewa Tanah serta
dampaknya terhadap masyarakat dan ekonomi Indonesia. 3.
Siswa
mampu menilai informasi dan argumen secara kritis terkait sistem ekonomi
kolonial dan dampaknya terhadap Indonesia. 4.
Siswa
mampu mengaplikasikan nilai-nilai seperti refleksi, perencanaan, dan
pemikiran strategis dalam memahami sistem ekonomi kolonial. 5.
Siswa
dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang mempresentasikan
analisis mereka tentang sistem ekonomi kolonial dan dampaknya terhadap
Indonesia. 6.
Siswa
mampu berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dalam tim untuk
mengeksplorasi dan mempresentasikan sistem ekonomi kolonial. |
Pertanyaan
pematik 1.
Apa yang Anda ketahui tentang Tanam Paksa dan Sewa
Tanah? Mengapa pemerintah kolonial Belanda menerapkan sistem ini? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru
menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek
kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah.
·
Sajikan contoh sederhana tentang bagaimana
Tanam Paksa atau Sewa Tanah mengubah kehidupan masyarakat di Indonesia.
Diskusikan dengan siswa dampak dari peristiwa tersebut.
|
KEGIATAN INTI |
Langkah-langkah:
Topik
Diskusi 1: Pengenalan Sistem Tanam Paksa (Cultuurstelsel) Topik
Diskusi 2: Dampak Tanam Paksa terhadap Masyarakat Indonesia Topik
Diskusi 3: Pengenalan Sistem Sewa Tanah (Landrentestelsel) Topik
Diskusi 4: Dampak Sewa Tanah terhadap Masyarakat Indonesia Topik
Diskusi 5: Perbandingan Tanam Paksa dan Sewa Tanah Topik
Diskusi 6: Perlawanan terhadap Sistem Ekonomi Kolonial Topik
Diskusi 7: Pengaruh Sistem Ekonomi Kolonial terhadap Pertanian Topik
Diskusi 8: Warisan Sistem Ekonomi Kolonial
Kegiatan
Penutup, Refleksi, dan Tindak Lanjut Penutup:
Refleksi:
Tindak
Lanjut:
|
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501
1 006 |
Evaluasi dan Alat Evaluasi
1. 1. Tes Tertulis:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman siswa tentang konsep Tanam Paksa dan Sewa Tanah serta
dampaknya.
- Jenis Soal:
Pilihan ganda, isian singkat, dan esai.
Soal Pilihan Ganda:
- Tanam Paksa adalah sistem
ekonomi yang diterapkan oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia pada
abad ke-19 di mana petani diwajibkan untuk: a) Membayar pajak tanah b)
Menanam tanaman pangan c) Menanam tanaman ekspor dan menyerahkannya kepada
pemerintah kolonial d) Mengirim tenaga kerja ke luar negeri
- Sistem Sewa Tanah
diperkenalkan oleh: a) Portugis b) Inggris c) Belanda d) Spanyol
Soal Isian Singkat:
1.
Sebutkan
dua tanaman ekspor yang wajib ditanam dalam sistem Tanam Paksa.
2.
Jelaskan
dampak negatif dari sistem Sewa Tanah terhadap petani lokal.
Soal Esai:
1.
Analisis
dampak positif dan negatif dari sistem Tanam Paksa terhadap masyarakat dan
ekonomi Indonesia.
2.
Diskusikan
bagaimana sistem Sewa Tanah mempengaruhi kehidupan petani di Jawa.
2. Proyek Kelompok:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis sistem ekonomi kolonial dan
bekerja sama dalam tim.
- Deskripsi:
Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan
analisis mereka tentang Tanam Paksa atau Sewa Tanah. Proyek bisa berupa
laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
Kriteria Penilaian Proyek:
- Kedalaman Analisis:
Apakah siswa mampu menganalisis sistem ekonomi kolonial secara mendalam?
- Kreativitas dan Inovasi:
Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
- Kualitas Presentasi:
Apakah presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
- Kerja Sama Tim:
Apakah seluruh anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?
3. Presentasi:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
- Deskripsi:
Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
Kriteria Penilaian Presentasi:
- Kejelasan dan Struktur
Presentasi: Apakah presentasi disampaikan
dengan jelas dan terstruktur?
- Penguasaan Materi:
Apakah siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
- Respons terhadap Pertanyaan:
Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?
- Visualisasi dan Media
Pendukung: Apakah visualisasi dan media
pendukung membantu memperjelas presentasi?
4. Kuesioner Refleksi:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses
pembelajaran.
- Deskripsi:
Siswa menjawab pertanyaan refleksi tentang pengalaman belajar mereka.
Contoh Pertanyaan Refleksi:
1.
Apa
yang Anda pelajari tentang Tanam Paksa dan Sewa Tanah melalui proyek ini?
2.
Bagaimana
proyek ini membantu Anda memahami dampak sistem ekonomi kolonial terhadap
berbagai aspek kehidupan?
3.
Apa
bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
4.
Bagaimana
Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Mata Pelajaran : IPS
Kelas : VIII
Materi : Sistem Ekonomi pada Masa Kolonial
(Tanam Paksa, Sewa Tanah)
Model Pembelajaran : Project-Based Learning (PBL)
Instruksi Umum:
- Bekerjalah dalam kelompok yang
telah ditentukan.
- Setiap kelompok akan menerima
satu tema terkait Sistem Ekonomi pada Masa Kolonial (Tanam Paksa, Sewa
Tanah)
- Ikuti langkah-langkah yang ada
di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
- Catat setiap langkah dan hasil
diskusi dalam lembar kerja ini.
- Bersiaplah untuk
mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.
Topik Diskusi 1: Pengenalan Sistem
Tanam Paksa (Cultuurstelsel)
- Apa yang dimaksud dengan
sistem Tanam Paksa, dan mengapa sistem ini diterapkan oleh pemerintah
kolonial Belanda?
- Bagaimana mekanisme
pelaksanaan Tanam Paksa di Indonesia, dan tanaman apa saja yang wajib
ditanam oleh petani?
- Apa tujuan utama dari sistem
Tanam Paksa, dan bagaimana sistem ini mempengaruhi perekonomian Belanda?
Topik Diskusi 2: Dampak Tanam Paksa
terhadap Masyarakat Indonesia
- Bagaimana sistem Tanam Paksa
mempengaruhi kehidupan petani di Indonesia? Berikan contoh konkret.
- Apa saja dampak sosial dari
sistem Tanam Paksa terhadap masyarakat Indonesia?
- Bagaimana respons masyarakat
Indonesia terhadap penerapan Tanam Paksa, dan apa bentuk perlawanan yang
muncul?
Topik Diskusi 3: Pengenalan Sistem
Sewa Tanah (Landrentestelsel)
- Apa yang dimaksud dengan
sistem Sewa Tanah, dan kapan serta oleh siapa sistem ini diperkenalkan?
- Bagaimana cara sistem Sewa
Tanah diberlakukan, dan apa yang diharuskan oleh petani dalam sistem ini?
- Apa tujuan utama dari sistem
Sewa Tanah, dan bagaimana sistem ini mempengaruhi perekonomian kolonial?
Topik Diskusi 4: Dampak Sewa Tanah
terhadap Masyarakat Indonesia
- Bagaimana sistem Sewa Tanah
mempengaruhi kondisi ekonomi petani di Indonesia? Berikan contoh konkret.
- Apa saja dampak sosial dari
sistem Sewa Tanah terhadap masyarakat Indonesia?
- Bagaimana perubahan dalam
sistem pajak tanah mempengaruhi struktur sosial di desa-desa di Indonesia?
Topik Diskusi 5: Perbandingan Tanam
Paksa dan Sewa Tanah
- Apa perbedaan utama antara
sistem Tanam Paksa dan Sewa Tanah dalam hal mekanisme pelaksanaannya?
- Bagaimana kedua sistem ini
mempengaruhi kehidupan petani, dan mana yang lebih membebani petani lokal?
- Apakah ada persamaan dalam
tujuan ekonomi kedua sistem ini? Jelaskan.
Topik Diskusi 6: Perlawanan
terhadap Sistem Ekonomi Kolonial
- Bagaimana masyarakat Indonesia
menanggapi dan melawan sistem Tanam Paksa dan Sewa Tanah?
- Apa peran tokoh-tokoh lokal
dalam perlawanan terhadap sistem ekonomi kolonial?
- Bagaimana bentuk perlawanan
ini mempengaruhi kebijakan kolonial di kemudian hari?
Topik Diskusi 7: Pengaruh Sistem
Ekonomi Kolonial terhadap Pertanian
- Bagaimana Tanam Paksa
mempengaruhi produksi pertanian lokal selain tanaman ekspor yang diwajibkan?
- Bagaimana perubahan sistem
pertanian selama masa kolonial berdampak pada ketahanan pangan di
Indonesia?
- Apakah ada inovasi pertanian
yang muncul sebagai respons terhadap sistem ekonomi kolonial? Jelaskan.
Topik Diskusi 8: Warisan Sistem
Ekonomi Kolonial
- Bagaimana warisan Tanam Paksa
dan Sewa Tanah masih terasa dalam sistem ekonomi Indonesia saat ini?
- Bagaimana studi tentang sistem
ekonomi kolonial dapat membantu kita memahami tantangan ekonomi yang
dihadapi Indonesia saat ini?
- Apakah ada pelajaran yang bisa
diambil dari sistem ekonomi kolonial untuk mencegah eksploitasi di masa
depan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar