Modul Ajar Semester Genap
Tahun Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/VIII/D |
Tema |
Konflik sosial |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil Pelajar Pancasila • Dimensi
: Mandiri Elemen :
Pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir
fase 1) Peserta
didik memiliki rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya
dan hasil
belajarnya • Dimensi : Bergotong-royong Elemen : Kolaborasi Indikator di akhir
fase 1)
Peserta didik mampu
menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang
lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan
kelompok, memberi semangat kepada orang
lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama · Elemen: Akhlak kepada Sesama Indikator di
Akhir Fase:
|
Pemahaman
Konseptual: Konflik Sosial 1.
Definisi Konflik Sosial: Konflik
sosial adalah pertentangan atau perselisihan antara dua pihak atau lebih yang
disebabkan oleh perbedaan kepentingan, nilai, atau tujuan. Konflik sosial dapat
terjadi dalam berbagai konteks, seperti keluarga, komunitas, organisasi, atau
negara. 2.
Jenis-Jenis Konflik Sosial: 1.
Konflik
Intrapersonal:
Pertentangan yang terjadi dalam diri seseorang. 2.
Konflik
Interpersonal:
Pertentangan antara dua individu. 3.
Konflik
Antar-Kelompok:
Pertentangan antara dua kelompok atau lebih. 4.
Konflik
Struktural:
Pertentangan yang disebabkan oleh struktur sosial yang tidak adil. 3.
Penyebab Konflik Sosial: 1.
Perbedaan
Kepentingan:
Kepentingan yang berbeda antara individu atau kelompok. 2.
Perbedaan
Nilai dan Norma:
Nilai dan norma yang bertentangan antara individu atau kelompok. 3.
Ketidakadilan
Sosial:
Ketidakadilan dalam distribusi sumber daya atau kesempatan. 4.
Komunikasi
yang Buruk:
Kesalahpahaman atau kurangnya komunikasi yang efektif. 4.
Dampak Konflik Sosial: · Positif: o Mendorong perubahan sosial dan
inovasi. o Meningkatkan kesadaran akan
ketidakadilan dan masalah sosial. · Negatif: o
Menyebabkan
kerusakan fisik dan emosional. o
Menghancurkan hubungan sosial dan kerja
sama. 5.
Penyelesaian Konflik: 1.
Mediasi: Pihak ketiga membantu
menyelesaikan konflik. 2.
Negosiasi: Pihak yang terlibat
berkomunikasi untuk mencapai kesepakatan. 3.
Arbitrase: Pihak ketiga membuat keputusan
untuk menyelesaikan konflik. 4.
Kompromi: Kedua belah pihak mengurangi
tuntutan mereka untuk mencapai kesepakatan. Keterampilan
dalam Materi Konflik Sosial 1.
Keterampilan Analisis Sosial: · Deskripsi: Kemampuan untuk menganalisis
penyebab dan dampak konflik sosial. · Aktivitas: Siswa dapat melakukan analisis
kasus konflik sosial yang terjadi di lingkungan mereka dan memberikan solusi
untuk penyelesaiannya. 2.
Keterampilan Penelitian Sosial: ·
Deskripsi: Kemampuan untuk mengumpulkan,
mengevaluasi, dan menyintesis informasi dari berbagai sumber terkait konflik
sosial. ·
Aktivitas: Siswa dapat melakukan studi
kasus tentang konflik sosial tertentu dan menyusun laporan penelitian. 3.
Keterampilan Berpikir Kritis: ·
Deskripsi: Kemampuan untuk menilai
informasi secara kritis, mengidentifikasi berbagai perspektif, dan menyusun argumen
yang didukung oleh bukti-bukti. ·
Aktivitas: Siswa dapat diberikan tugas
untuk menulis esai yang membahas penyebab dan solusi konflik sosial dari
berbagai sudut pandang. |
Sarana dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor,
LKPD • Lingkungan
Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud
dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : Two Stay Two Stray Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik memahami
proses interaksi
sosial, lembaga sosial, dinamika sosial
dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk
untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan. . |
Tujuan pembelajaran 1.
Siswa
mampu menjelaskan pengertian konflik sosial, jenis-jenisnya, dan penyebabnya. 2.
Siswa
mampu menganalisis dampak positif dan negatif konflik sosial terhadap
individu dan masyarakat. 3.
Siswa
dapat mengidentifikasi dan memberikan contoh kasus konflik sosial yang
relevan dalam kehidupan nyata. 4.
Siswa
mampu menilai informasi secara kritis dan mengembangkan argumen yang didukung
oleh bukti-bukti terkait konflik sosial. 5.
Siswa
mampu mengaplikasikan nilai-nilai positif seperti toleransi, empati, dan
keadilan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengelola dan menyelesaikan
konflik sosial. |
Pertanyaan pematik 1. Dapatkah Anda memberikan contoh konflik sosial dalam aspek keluarga,
komunitas, atau negara yang pernah Anda lihat atau alami? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah. Apersepsi: Motivasi: |
KEGIATAN INTI |
Kegiatan Inti dengan Model
Pembelajaran Two Stay Two Stray Langkah-langkah:
Kegiatan Penutup, Refleksi, dan
Tindak Lanjut
kelanjutannya Baik, berikut adalah kelanjutan
dari kegiatan penutup, refleksi, tindak lanjut, evaluasi, dan Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) untuk materi "Konflik Sosial" dengan model
pembelajaran Two Stay Two Stray: Kegiatan Penutup, Refleksi, dan
Tindak Lanjut (Lanjutan)
|
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501
1 006 |
Evaluasi
dan Alat Evaluasi
1.
Tes Tertulis:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman siswa tentang konsep konflik sosial dan penyebabnya.
- Contoh
Soal:
- Jelaskan definisi konflik sosial dan sebutkan
dua jenis utamanya.
- Apa saja penyebab utama konflik sosial dalam masyarakat?
- Berikan contoh dampak positif dan negatif dari
konflik sosial.
2.
Proyek Kelompok:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan siswa dalam bekerja sama dan menerapkan pengetahuan
tentang konflik sosial dalam proyek kreatif.
- Deskripsi:
Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan
analisis mereka tentang konflik sosial. Proyek bisa berupa laporan
tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
- Kriteria
Penilaian:
- Kedalaman analisis
- Kreativitas dan inovasi
- Kualitas presentasi
- Kerja sama tim
3.
Presentasi:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
- Deskripsi:
Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
- Kriteria
Penilaian:
- Kejelasan dan struktur presentasi
- Penguasaan materi
- Respons terhadap pertanyaan
- Visualisasi dan media pendukung
Rubrik
Penilaian Proyek Kelompok:
- Kedalaman
Analisis (25%):
- Sangat Baik (25): Analisis mendalam, data
lengkap dan akurat.
- Baik (20): Analisis baik, data cukup lengkap.
- Cukup (15): Analisis cukup, data kurang
lengkap.
- Kurang (10): Analisis kurang mendalam, data
tidak lengkap.
- Kreativitas
dan Inovasi (25%):
- Sangat Baik (25): Ide sangat kreatif dan
inovatif.
- Baik (20): Ide kreatif dan inovatif.
- Cukup (15): Ide cukup kreatif, tidak terlalu
orisinal.
- Kurang (10): Ide kurang kreatif dan tidak
orisinal.
- Kualitas
Presentasi (25%):
- Sangat Baik (25): Presentasi sangat jelas,
struktur baik.
- Baik (20): Presentasi jelas, struktur cukup
baik.
- Cukup (15): Presentasi cukup jelas, struktur
kurang baik.
- Kurang (10): Presentasi tidak jelas, struktur
tidak baik.
- Kerja
Sama Tim (25%):
- Sangat Baik (25): Kerja sama tim sangat baik,
semua anggota berkontribusi.
- Baik (20): Kerja sama tim baik, sebagian besar
anggota berkontribusi.
- Cukup (15): Kerja sama tim cukup, beberapa anggota
berkontribusi.
- Kurang (10): Kerja sama tim kurang, kontribusi
tidak merata.
Kuesioner
Refleksi:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses
pembelajaran dan proyek.
- Contoh
Pertanyaan:
- Apa yang Anda pelajari tentang konflik sosial
melalui proyek ini?
- Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami
dampak konflik sosial terhadap berbagai aspek kehidupan?
- Apa bagian yang paling menantang dari proyek
ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
- Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim
Anda dalam proyek ini?
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas : VIII
Materi : Konflik
Sosial
Model
Pembelajaran : Two Stay
Two Stray
Instruksi
Umum:
- Bekerjalah dalam kelompok yang telah ditentukan.
- Setiap kelompok akan menerima satu tema terkait
konflik sosial untuk didiskusikan.
- Ikuti langkah-langkah yang ada di lembar kerja
ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
- Catat setiap langkah dan hasil diskusi dalam
lembar kerja ini.
- Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil diskusi
kalian di depan kelas.
Langkah-Langkah
Kegiatan
Langkah
1: Pertanyaan Pemicu (10 Menit)
- Diskusikan dalam kelompok: "Bagaimana
konflik sosial mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat?"
- Catat hasil diskusi awal kalian di bawah ini:
- Jawaban
Diskusi Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah
2: Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (10 Menit)
- Apa yang sudah kalian ketahui tentang konflik
sosial?
- Pengetahuan
Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa yang perlu kalian pelajari lebih lanjut
tentang konflik sosial?
- Kebutuhan
Pengetahuan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah
3: Diskusi Kelompok (Two Stay, Two Stray) (15 Menit)
- Dua anggota kelompok tetap berada di kelompok
asal untuk mendiskusikan tema yang diberikan.
- Dua anggota lainnya berpindah ke kelompok lain
untuk mencari informasi tambahan dan berbagi pengetahuan dari kelompok
mereka.
- Catat hasil diskusi dari kelompok asal dan
kelompok lain di bawah ini:
- Hasil
Diskusi Kelompok Asal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Informasi
dari Kelompok Lain:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah
4: Pertukaran Informasi dan Integrasi (10 Menit)
- Siswa yang berpindah kembali ke kelompok asal
mereka dan berbagi informasi yang diperoleh dari kelompok lain.
- Integrasikan informasi yang diperoleh untuk memperkaya
pemahaman kalian.
- Catat hasil integrasi informasi di bawah ini:
- Hasil
Integrasi Informasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………Langkah
5: Pengembangan dan Persiapan Presentasi (15 Menit)
- Rancang presentasi yang memaparkan hasil
diskusi dan temuan kalian.
- Pilih format presentasi (poster, presentasi
PowerPoint, atau lainnya).
- Latih presentasi kalian dalam kelompok.
- Catat ringkasan presentasi dan pembagian tugas
presentasi di bawah ini:
- Ringkasan
Presentasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Pembagian
Tugas Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Panduan
Tema Proyek
Tema
Proyek:
- Penyebab
Konflik Sosial:
- Identifikasi dan analisis penyebab utama
konflik sosial dalam masyarakat.
- Gunakan data dari wawancara, survei, atau
literatur untuk mendukung analisis kalian.
- Jelaskan dampak dari penyebab tersebut dan
berikan solusi untuk mengurangi konflik.
- Dampak
Konflik Sosial:
- Teliti dampak positif dan negatif dari konflik
sosial terhadap individu dan masyarakat.
- Berikan contoh kasus nyata dan analisis
dampaknya.
- Usulkan strategi untuk meminimalkan dampak
negatif konflik sosial.
- Penyelesaian
Konflik Sosial:
- Lakukan penelitian tentang berbagai metode
penyelesaian konflik sosial.
- Analisis keefektifan masing-masing metode
dalam konteks yang berbeda.
- Berikan contoh kasus nyata penyelesaian
konflik sosial dan pelajaran yang dapat diambil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar