PROGRAM SIAR SAJAK
(SISWA PINTAR SADAR PAJAK)
DALAM PEMBELAJARAN INTRAKURIKULER
SMPN 8 MALANG
TAHUN 2023/2024
NO |
MAPEL |
KELAS / SMT |
CP |
MATERI |
TP |
MODEL PEMBEL
AJARAN |
ASESMEN |
1. |
PENDIDI KAN AGAMA ISLAM
DAN BUDI PEKERT
I |
8 semest er 2 |
peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah salat, memahami konsep muʿāmalah, ribā, rukhshah, serta
mengenal beberapa mazhab fikih. |
Menghi ndari
Riba dan Jual Beli
dan Hutang Piutang |
Peserta didik dapat menjelaskan konsep mu’amalah: jual beli, hutang piutang, dan riba sehingga dapat meningkatkan sadar pajak dalam bermuamalah Peserta didik dapat membuat
paparan mengenai jual
beli, hutang-piutang, dan
riba sehingga dapat menjalankan ajaran agama dalam bermuamalah sekaligus menumbuhkan sikap
jujur, bertanggung jawab
dan dapat dipercaya serta dapat meningkatkan sadar pajak dalam bermuamalah |
Problem based learning |
Formatif dengan teknik tes kinerja dan
atau Produk melalui LK dan atau
intrumen cek kinerja/Produk infografis |
2. |
PPKn |
7 Semest er 1 |
Elemen UUD NRI 1945 Peserta didik mampu memahami pentingnya norma dan aturan, menyeimbangkan hak dan kewajiban warga negara |
Jenis- jenis Norma |
Melalui tayangan
video atau teks bacaan Peserta
didik dapat menjelaskan pentingnya
taat membayar pajak kendaraan
bermotor sebagai salah satu
kewajiban warga negara. |
Problem based learning |
Formatif dengan teknik tes kinerja dan
atau Produk melalui LK dan atau
intrumen cek kinerja/produk Poster atau slogan (Canva) |
3. |
BAHASA INDONE SIA |
8 semest er 1 |
Peserta didik mampu
menganalisis informasi berupa gagasan, pikiran, , pandangan, arahan
yang tepat dari berbagai
jenis teks eksposisi audiovisual bentuk
monolog |
Teks Eksposis i |
1. Melalui
teks eksposisi bertopik “Permasalahan
Kesadaran Pajak Warga Malang”,
peserta didik dapat bergotong
royong dan bernalar kritis menganalisis
informasi berupa gagasan dalam
bentuk audiovisual secara kreatif 2. Melalui
teks eksposisi bertopik “Permasalahan
Kesadaran Pajak Warga Malang”,
peserta didik dapat bergotong
royong dan bernalar kritis menentukan
informasi berupa pikiran dalam bentuk
audiovisual secara kreati |
Problem based
learning |
A. Asesmen
Formatif dengan tes lisan melalui
daftar pertanyaan Guru bertanyajawab bersama siswa tentang cara menentukan gagasan dan pikiran dalam teks eksposisi. Dari hasil tanya jawab, guru dapat melakukan observasi kemampuan peserta didik secara umum sehingga dapat menentukan atau menjadi
acuan tindak lanjut
pembelajaran berikutnya. B. Asesmen
Sumatif dengan Penugasan melalui
LKPD 1
Diperdengarkan teks
eksposisi audiovisual bertopik “ Pentingnya
Sadar Pajak Bagi Masyarakat”
selanjutnya peserta didik secara
mandiri menentukan kalimat utama soal
: Secara mandiri, tentukan kalimat
utama teks yang kalian simak 2
Diperdengarkan teks
eksposisi audiovisual bertopik “ Pentingnya
Sadar Pajak Bagi Masyarakat”
selanjutnya peserta didik secara mandiri
menentukan gagasan teks soal : Secara mandiri, tentukan gagasan
teks yang kalian
simak 3
Diperdengarkan teks
eksposisi audiovisual bertopik “ Pentingnya
Sadar Pajak Bagi Masyarakat”
selanjutnya peserta didik secara mandiri menentukan |
|
|
|
|
|
|
|
kalimat pendukung teks soal :Secara
mandiri, tentukan kalimat pendukung
teks yang kalian simak 4
Diperdengarkan teks
eksposisi audiovisual bertopik “ Pentingnya
Sadar Pajak Bagi Masyarakat”
selanjutnya peserta didik secara mandiri
menentukan pikiran penulis dalam teks soal
: Secara mandiri, tentukan pikiran
penulis teks yang kalian simak 5
Diperdengarkan teks
eksposisi audiovisual bertopik “ Pentingnya
Sadar Pajak Bagi Masyarakat”
selanjutnya peserta didik secara mandiri
menentukan opini teks soal : Secara mandiri, tentukan
opini teks yang kalian simak 6
Diperdengarkan teks
eksposisi audiovisual bertopik “ Pentingnya
Sadar Pajak Bagi Masyarakat”
selanjutnya peserta didik secara mandiri
menentukan pandangan penulis soal: Secara mandiri, tentukan pandangan penulis teks yang kalian simak |
4. |
MATEM ATIKA |
7 semest er 1 |
Peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan
bilangan bulat, bilangan
rasional dan irasional,
bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah. Mereka dapat menerapkan operasi aritmetika
pada bilangan real, dan
memberikan estimasi/perkiraan
dalam menyelesaikan
masalah (termasuk
berkaitan dengan literasi finansial). Peserta didik
dapat menggunakan
faktorisasi prima dan pengertian rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah. |
Bilangan (Aritmati ka Sosial) |
Melalui diskusi
kelompok, peserta didik dapat
menentukan pajak dari suatu masalah
kontekstual dengan tepat sebagai upaya sadar pajak |
Problem Based
Learning |
dengan penugasan LKPD
(formatif kelompok) dan evaluasi
(formatif individu) |
5. |
IPS |
7 semest er 1 |
Elemen
Pemahaman Konsep Peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya |
Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang
bermoral |
1. Peserta didik dapat memiliki kesadaran dalam pembentukan
diri sebagai makhluk ekonomi yang bermoral. 2. peserta didik memiliki bahwa
membayar pajak merupakan wujud kegiatan ekonomi yang bermoral. 3. Peserta didik dapat menganalisis fungsinya pajak dalam
pembangunan nasional di Indonesia |
Problem
bestlearning |
Formatif dengan tes tulis atau
lisan atau penugasan melalui soal tes
tulis, atau daftar pertanyaan atau LK |
8 Semest er 2 |
Elemen Pemahaman
Konsep Peserta didik mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. |
Pemerta an Pemban gunan |
1.
Peserta didik
dapat mengidentifikasi beberapa peran
masyarakat dalam pembangunan. 2.
Peserta didik
dapat menjelaskan peran dan gungsi masyarakat dalam pembangunan. 3. peserta didik dapat menganalisis fungsi pajak dalam pemerataan pembangunan. |
Problem
bestlearning |
Formatif dengan tes, penugasan melalui soal tes
tulis, atau daftar pertanyaan atau LK |
||
9 Semest er 2 |
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga,
pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial
dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan,
dan kesejahteraan Masyarakat |
Manfaat dan hambata n perdaga ngan
internasi onal |
1.
Siswa dapat menunjukan
jenis jenis pergangan internasional 2.
siswa dapat
menjelaskan manfaat pajak perdagangan dalam
pembangunan nasional. 3.
siswa dapat
menganalisis jenis perdagangan internasional yang harus membayar pajak. |
PBL |
Formatif tes, Penugasan. Projek. |
6. |
BAHASA INGGRIS |
8 Semest er 1 |
Elemen Menulis- Mempresentasikan Menggunakan contoh,mereka membuat perencanaan,
menulis, dan menyajikan teks informasi (
instructions on posters ), dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk
untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat. |
Teks Informas i - POSTE R |
Melalui
memahami contoh, peserta didik
kreatif menciptakan teks informasi - poster ( instructions on posters )dengan tema
“Ayo membayar pajak “ ; menggunakan kalimat sederhana untuk menyusun argumen dan menjelaskan / mempertahankan suatu
pendapat. |
Discovery Learning |
Produk ( Poster yang dibuat ) yang dibuat dengan teknik tes kinerja dan atau
Produk melalui LK dan atau
intrumen cek kinerja/produk |
7. |
SENI BUDAYA |
8 semest er 1 |
Menuangkan pengalamannya secara visual sebagai ekspresi kreatif dengan rinci, ditandai penguasaan ruang, proporsi dan gestur, baik secara mandiri dan/atau berkelompok. Diharapkan pada akhir fase ini, proses kreatif dan kegiatan apresiasi peserta didik telah mencerminkan penguasaan terhadap bahan, alat, teknik, teknologi dan prosedur yang mewakili perasaan dan empati peserta didik. Selain itu, peserta didik juga dapat menyampaikan pesan lisan atau tertulis tentang karya seni rupa berdasarkan pada pengamatannya terhadap karya
seni rupa tersebut. |
teks informas i (POSTE R) |
·
Menjelaskan
pengertian karya seni rupa dua
dimensi poster. ·
Menjelaskan
kriteria karya poster dapat disebut sebagai karya desain. ·
Menganalisis prinsip dalam poster. ·
Menganalisis
unsur-unsur dalam poster. ·
Membuat
desain poster untuk sadar pajak kendaraan
bermotor. |
Project Based
Learning (PBL) terintegras
i pembelajar an berdiferen siasi |
Formatif Produk
poster yang dibuat dengan teknik
tes kinerja dan atau Produk melalui LK dan atau intrumen cek
kinerja/produk |
8. |
INFORM ATIKA / TIK |
9 Semest er 1 |
Analisa Data peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola,
dan menganalisis data secara
efisien, terstruktur, dan
sistematis untuk menginterpretasi
dan memprediksi sekumpulan data dari situasi konkret sehari-hari yang berasal dari suatu sumber data dengan menggunakan perkakas TIK atau manual |
Visualis asi
Data - Grafik |
Melalui pengolahan data, peserta didik kreatif
menciptakan grafik/chart dengan tema “Masyarakat Sadar Membayar Pajak “dengan berbagai bentuk model chart |
Discovery Learning |
Formatif/Sumatif
dengan teknik tes kinerja dan atau
Produk grafik/chart melalui LK
dan atau intrumen cek kinerja/produk |
9 |
Bahasa
Daerah |
9/semester 2 |
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
Teknik
menulis skenario drama modern |
Menulis
skenario drama modern dengan tema masyarakat sadar pajak |
Project
based Learning (PBL) |
-
Melalui media audio visual Siswa diperlihatkan drama modern
mengenai masyarakat sadar pajak. Secara individu siswa mencari tema drama
modern. -
Siswa melalui LKPD
secara berkelompok membuat teks drama modern bertema masyarakat sadar pajak. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar