Senin, 03 Februari 2025

PROGRAM SIAR SAJAK (SISWA PINTAR SADAR PAJAK) SMPN 8 MALANG TAHUN

 

PROGRAM SIAR SAJAK (SISWA PINTAR SADAR PAJAK)

DALAM PEMBELAJARAN INTRAKURIKULER

 SMPN 8 MALANG TAHUN 2023/2024

 

 

NO

 

MAPEL

 

KELAS

/ SMT

 

CP

 

MATERI

 

TP

MODEL PEMBEL AJARAN

 

       ASESMEN

1.

PENDIDI KAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERT I

8

semest er 2

peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah salat, memahami konsep muʿāmalah, ribā, rukhshah, serta mengenal beberapa mazhab fikih.

Menghi ndari Riba dan Jual Beli dan Hutang Piutang

Peserta didik dapat menjelaskan konsep mu’amalah: jual beli, hutang piutang, dan riba sehingga dapat meningkatkan sadar pajak dalam bermuamalah

Peserta didik dapat membuat paparan mengenai jual beli, hutang-piutang, dan riba sehingga dapat menjalankan ajaran agama dalam bermuamalah sekaligus menumbuhkan sikap jujur, bertanggung jawab dan dapat dipercaya serta dapat meningkatkan sadar pajak dalam bermuamalah

Problem based learning

Formatif dengan teknik tes kinerja dan atau Produk

melalui LK dan atau intrumen cek kinerja/Produk infografis

2.

PPKn

7

Semest er 1

Elemen UUD NRI 1945 Peserta didik mampu memahami pentingnya norma dan aturan, menyeimbangkan hak dan kewajiban warga negara

Jenis- jenis Norma

Melalui tayangan video atau teks bacaan Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya taat membayar pajak kendaraan bermotor sebagai salah satu kewajiban warga negara.

Problem based learning

Formatif dengan teknik tes kinerja dan atau Produk

melalui LK dan atau intrumen cek kinerja/produk

Poster atau slogan (Canva)


 

3.

BAHASA INDONE SIA

8

semest er 1

Peserta didik mampu menganalisis                     informasi berupa gagasan, pikiran, , pandangan, arahan yang tepat dari berbagai jenis teks eksposisi audiovisual bentuk monolog

Teks Eksposis i

1.  Melalui teks eksposisi bertopik “Permasalahan Kesadaran Pajak Warga Malang”, peserta didik dapat bergotong royong dan bernalar kritis menganalisis informasi berupa gagasan dalam bentuk audiovisual secara kreatif

 

2.  Melalui teks eksposisi bertopik “Permasalahan Kesadaran Pajak Warga Malang”, peserta didik dapat bergotong royong dan bernalar kritis menentukan informasi berupa pikiran dalam bentuk audiovisual secara kreati

Problem based learning

A.  Asesmen Formatif dengan tes lisan melalui daftar pertanyaan Guru bertanyajawab bersama siswa tentang cara menentukan gagasan dan pikiran dalam teks eksposisi. Dari hasil tanya jawab, guru dapat melakukan observasi kemampuan peserta didik secara umum sehingga dapat menentukan atau menjadi acuan tindak lanjut pembelajaran berikutnya.

 

B.  Asesmen Sumatif dengan Penugasan melalui LKPD

1               Diperdengarkan teks eksposisi audiovisual bertopik “ Pentingnya Sadar Pajak Bagi Masyarakat” selanjutnya peserta didik secara mandiri menentukan kalimat utama

soal : Secara mandiri, tentukan kalimat utama teks yang kalian simak

2               Diperdengarkan teks eksposisi audiovisual bertopik “ Pentingnya Sadar Pajak Bagi Masyarakat” selanjutnya peserta didik secara mandiri menentukan gagasan teks

soal : Secara mandiri, tentukan gagasan teks yang kalian simak

3               Diperdengarkan teks eksposisi audiovisual bertopik “ Pentingnya Sadar Pajak Bagi Masyarakat” selanjutnya peserta didik secara mandiri menentukan


 

 

 

 

 

 

 

 

kalimat pendukung teks

soal :Secara mandiri, tentukan kalimat pendukung teks yang kalian simak

4               Diperdengarkan teks eksposisi audiovisual bertopik “ Pentingnya Sadar Pajak Bagi Masyarakat” selanjutnya peserta didik secara mandiri menentukan pikiran penulis dalam teks

soal : Secara mandiri, tentukan pikiran penulis teks yang kalian simak

5               Diperdengarkan teks eksposisi audiovisual bertopik “ Pentingnya Sadar Pajak Bagi Masyarakat” selanjutnya peserta didik secara mandiri menentukan opini teks

soal : Secara mandiri, tentukan opini teks yang kalian simak

6               Diperdengarkan teks eksposisi audiovisual bertopik “ Pentingnya Sadar Pajak Bagi Masyarakat” selanjutnya peserta didik secara mandiri menentukan pandangan penulis

soal: Secara mandiri, tentukan pandangan penulis teks yang kalian simak


 

4.

MATEM ATIKA

7

semest er 1

Peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah. Mereka dapat menerapkan operasi aritmetika pada bilangan real, dan memberikan estimasi/perkiraan dalam menyelesaikan masalah (termasuk berkaitan dengan literasi finansial).

Peserta didik dapat menggunakan faktorisasi prima dan pengertian rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah.

Bilangan (Aritmati ka Sosial)

Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menentukan pajak dari suatu masalah kontekstual dengan tepat sebagai upaya sadar pajak

Problem Based Learning

dengan penugasan LKPD (formatif kelompok) dan evaluasi (formatif individu)


 

5.

IPS

7

semest er 1

Elemen Pemahaman Konsep

 

Peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya

Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral

1.      Peserta didik dapat memiliki kesadaran dalam pembentukan diri sebagai makhluk  ekonomi yang bermoral.

2.      peserta didik memiliki bahwa membayar pajak merupakan wujud kegiatan ekonomi yang bermoral.

3.      Peserta didik dapat menganalisis fungsinya pajak dalam pembangunan nasional di Indonesia

 

Problem bestlearning

Formatif dengan tes tulis atau lisan atau penugasan

melalui soal tes tulis, atau daftar pertanyaan atau LK

8

Semest er 2

Elemen Pemahaman Konsep Peserta didik mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian.

Pemerta an Pemban gunan

1.    Peserta didik dapat mengidentifikasi beberapa peran masyarakat dalam  pembangunan.

 

2.    Peserta didik dapat menjelaskan peran dan gungsi masyarakat dalam pembangunan.

 

 

3.    peserta didik dapat menganalisis fungsi pajak  dalam pemerataan pembangunan.

Problem bestlearning

Formatif dengan tes, penugasan

melalui soal tes tulis, atau daftar pertanyaan atau LK

9

Semest er 2

Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan Masyarakat

Manfaat dan hambata n perdaga ngan internasi onal

1.    Siswa dapat menunjukan jenis jenis pergangan internasional

 

2.    siswa dapat menjelaskan  manfaat pajak perdagangan dalam pembangunan nasional.

 

 

3.    siswa dapat menganalisis jenis perdagangan internasional yang harus membayar pajak.

 

PBL

Formatif tes, Penugasan.

Projek.


 

6.

BAHASA INGGRIS

8

Semest er 1

Elemen Menulis- Mempresentasikan

Menggunakan contoh,mereka membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks informasi ( instructions on posters ), dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat.

Teks Informas i - POSTE R

Melalui memahami contoh, peserta didik kreatif menciptakan teks informasi - poster

( instructions on posters )dengan tema “Ayo membayar pajak “ ; menggunakan kalimat sederhana untuk menyusun argumen dan menjelaskan / mempertahankan suatu pendapat.

Discovery Learning

Produk ( Poster yang dibuat ) yang dibuat dengan teknik tes kinerja dan atau Produk

melalui LK dan atau intrumen cek kinerja/produk

7.

SENI BUDAYA

8

semest er 1

Menuangkan pengalamannya secara visual sebagai ekspresi kreatif dengan rinci, ditandai penguasaan ruang, proporsi dan gestur, baik secara mandiri dan/atau berkelompok.

Diharapkan pada akhir fase ini, proses kreatif dan kegiatan apresiasi peserta didik telah mencerminkan penguasaan terhadap bahan, alat, teknik, teknologi dan prosedur yang mewakili perasaan dan empati peserta didik. Selain itu, peserta didik juga dapat menyampaikan pesan lisan atau tertulis tentang karya seni rupa berdasarkan pada pengamatannya terhadap karya seni rupa tersebut.

teks informas i (POSTE R)

·       Menjelaskan pengertian karya seni rupa dua dimensi poster.

·       Menjelaskan kriteria karya poster dapat disebut sebagai karya desain.

·        Menganalisis prinsip dalam poster.

·       Menganalisis unsur-unsur dalam poster.

·       Membuat desain poster untuk sadar pajak kendaraan bermotor.

Project Based Learning (PBL)

terintegras i pembelajar an berdiferen siasi

Formatif

Produk poster yang dibuat dengan teknik tes kinerja dan atau Produk melalui LK dan atau intrumen cek kinerja/produk


 

8.

INFORM ATIKA / TIK

9

Semest er 1

Analisa Data

peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola, dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis untuk menginterpretasi dan memprediksi sekumpulan data dari situasi konkret sehari-hari yang berasal dari suatu sumber data dengan menggunakan perkakas TIK atau manual

Visualis asi Data

- Grafik

Melalui pengolahan data,

peserta didik kreatif menciptakan grafik/chart dengan tema “Masyarakat Sadar Membayar Pajak “dengan berbagai bentuk model chart

Discovery Learning

Formatif/Sumatif dengan teknik tes kinerja dan atau Produk grafik/chart melalui LK dan atau intrumen cek kinerja/produk

9

Bahasa Daerah

9/semester 2

Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

Teknik menulis skenario drama modern

 

Menulis skenario drama modern  dengan tema masyarakat sadar pajak

Project based Learning (PBL)

-        Melalui media audio visual Siswa diperlihatkan  drama modern mengenai masyarakat sadar pajak.

Secara individu siswa mencari tema  drama  modern.

-        Siswa melalui LKPD secara berkelompok membuat teks drama modern bertema masyarakat sadar pajak.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar