Tahun
Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/VIII/D |
Tema |
Jalur Rempah Nusantara - Sejarah
dan Dampaknya terhadap Perdagangan Internasional |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil
Pelajar Pancasila • Dimensi:
Berkebhinekaan Global Elemen: Pemahaman Multikultural Indikator di Akhir Fase:
• Dimensi : Bergotong-royong Elemen
: Kolaborasi Indikator di akhir
fase 1)
Peserta didik mampu
menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang
lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan
kelompok, memberi semangat kepada orang
lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan Bersama ·
Dimensi:
Bernalar Kritis Elemen: Analisis Indikator di Akhir Fase:
|
Pemahaman
Kontekstual: Jalur Rempah Nusantara 1.
Pengertian Jalur Rempah Nusantara:
2.
Sejarah Jalur Rempah Nusantara:
3.
Faktor-Faktor yang Mendorong Perdagangan Rempah:
4.
Dampak Jalur Rempah terhadap Perdagangan Internasional:
Keterampilan
dalam Studi Jalur Rempah Nusantara 1.
Keterampilan Analisis Sejarah:
2.
Keterampilan Pemikiran Kritis:
3.
Keterampilan Penelitian:
4.
Keterampilan Kolaborasi:
5.
Keterampilan Refleksi:
|
Sarana
dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD • Lingkungan
Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku
Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : PBL Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik mengenali
konsep dasar ilmu
sejarah yaitu manusia, ruang,
waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan
datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara |
Tujuan Pembelajaran. 1.
Siswa
mampu menjelaskan pengertian Jalur Rempah Nusantara serta faktor-faktor yang
mendorong perdagangan rempah. 2.
Siswa
mampu menganalisis peran Jalur Rempah dalam sejarah perdagangan internasional
dan dampaknya terhadap dunia. 3.
Siswa
mampu menilai informasi dan argumen secara kritis terkait Jalur Rempah dan
dampaknya terhadap perdagangan internasional. 4.
Siswa
mampu mengaplikasikan nilai-nilai seperti refleksi, perencanaan, dan
pemikiran strategis dalam memahami Jalur Rempah. 5.
Siswa
dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang mempresentasikan
analisis mereka tentang Jalur Rempah dan dampaknya. 6.
Siswa
mampu berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dalam tim untuk
mengeksplorasi dan mempresentasikan Jalur Rempah. 7.
Siswa
mampu merefleksikan pemahaman mereka tentang Jalur Rempah dan bagaimana
pengetahuan ini mempengaruhi pandangan mereka tentang sejarah dan perdagangan
internasional. |
Pertanyaan
pematik 1.
Apa yang Anda ketahui tentang Jalur Rempah
Nusantara? Mengapa rempah-rempah sangat dicari di masa lalu? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru
menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek
kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah.
·
Ajak siswa untuk mengamati dan
mengidentifikasi contoh-contoh produk di lingkungan sekitar mereka yang
menggunakan rempah-rempah. Diskusikan asal-usul rempah-rempah tersebut dan
bagaimana mereka sampai ke tangan konsumen.
|
KEGIATAN INTI |
Langkah-langkah:
·
Setiap kelompok melakukan penelitian melalui
berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei. ·
Siswa mendokumentasikan temuan mereka dalam
jurnal kelompok dan mengumpulkan data yang relevan. 5.
Pengembangan Proyek (30 menit): ·
Kelompok siswa merancang proyek yang
mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang Jalur Rempah Nusantara. ·
Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster,
presentasi PowerPoint, atau video dokumenter. ·
Siswa mempersiapkan presentasi proyek mereka. 6.
Presentasi Proyek (20 menit): Setiap
kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas. Kelompok
lain dapat memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan untuk memperdalam
pemahaman. Kegiatan
Penutup, Refleksi, dan Tindak Lanjut Penutup: ·
Guru memberikan ringkasan singkat tentang
poin-poin utama yang telah dibahas, menekankan pentingnya memahami Jalur
Rempah Nusantara dan dampaknya terhadap perdagangan internasional. ·
Guru mengucapkan terima kasih kepada siswa
atas partisipasi aktif mereka dan mengapresiasi kerja keras dalam proyek. Refleksi: ·
Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa
yang telah mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan
dalam kehidupan sehari-hari. ·
Pertanyaan reflektif bisa mencakup: "Apa
yang paling mengejutkan atau menarik dari diskusi hari ini?" atau
"Bagaimana pengetahuan tentang Jalur Rempah membantu Anda memahami
perdagangan internasional saat ini?" Tindak
Lanjut: ·
Guru mengajak siswa untuk berpikir tentang
langkah konkret yang bisa mereka ambil untuk memperdalam pemahaman mereka
tentang sejarah Jalur Rempah, seperti membaca lebih banyak literatur,
mengikuti dokumenter sejarah, atau mengunjungi museum maritim. |
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501
1 006 |
Evaluasi dan Alat Evaluasi
1. Tes Tertulis:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman siswa tentang konsep Jalur Rempah dan dampaknya.
- Jenis Soal:
Pilihan ganda, isian singkat, dan esai.
Soal Pilihan Ganda:
- Jalur Rempah Nusantara
digunakan untuk memperdagangkan rempah-rempah seperti: a) Emas dan perak
b) Lada, cengkeh, pala, dan kayu manis c) Kapas dan sutra d) Batubara dan
minyak bumi
- Bangsa Eropa yang pertama kali
menguasai perdagangan rempah-rempah di Nusantara adalah: a) Inggris b)
Portugis c) Belanda d) Spanyol
Soal Isian Singkat:
1.
Sebutkan
dua rempah-rempah yang menjadi komoditas utama dalam perdagangan Jalur Rempah.
2.
Jelaskan
dampak positif Jalur Rempah terhadap ekonomi global.
Soal Esai:
- Analisis dampak negatif dari
Jalur Rempah terhadap masyarakat di Nusantara.
- Diskusikan bagaimana Jalur
Rempah mempengaruhi hubungan antara Nusantara dan bangsa-bangsa Eropa.
2. Proyek Kelompok:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis Jalur Rempah dan bekerja sama
dalam tim.
- Deskripsi:
Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan
analisis mereka tentang Jalur Rempah. Proyek bisa berupa laporan tertulis,
poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
Kriteria Penilaian Proyek:
- Kedalaman Analisis:
Apakah siswa mampu menganalisis Jalur Rempah secara mendalam?
- Kreativitas dan Inovasi:
Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
- Kualitas Presentasi:
Apakah presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
- Kerja Sama Tim:
Apakah seluruh anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?
3. Presentasi:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
- Deskripsi:
Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
Kriteria Penilaian Presentasi:
- Kejelasan dan Struktur
Presentasi: Apakah presentasi disampaikan
dengan jelas dan terstruktur?
- Penguasaan Materi:
Apakah siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
- Respons terhadap Pertanyaan:
Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?
- Visualisasi dan Media
Pendukung: Apakah visualisasi dan media
pendukung membantu memperjelas presentasi?
4. Kuesioner Refleksi:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses
pembelajaran.
- Deskripsi:
Siswa menjawab pertanyaan refleksi tentang pengalaman belajar mereka.
Contoh Pertanyaan Refleksi:
1.
Apa
yang Anda pelajari tentang Jalur Rempah melalui proyek ini?
2.
Bagaimana
proyek ini membantu Anda memahami dampak Jalur Rempah terhadap berbagai aspek
kehidupan?
3.
Apa
bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
4.
Bagaimana
Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Mata Pelajaran : IPS
Kelas : VIII
Materi : Penjelajahan Samudra
Model Pembelajaran : Project-Based Learning (PBL)
Instruksi Umum:
- Bekerjalah dalam kelompok yang
telah ditentukan.
- Setiap kelompok akan menerima
satu tema terkait keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan
untuk didiskusikan.
- Ikuti langkah-langkah yang ada
di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
- Catat setiap langkah dan hasil
diskusi dalam lembar kerja ini.
- Bersiaplah untuk
mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.
Langkah-Langkah Kegiatan
Langkah 1: Pertanyaan Pemicu (10
Menit)
- Diskusikan dalam kelompok: "Bagaimana Jalur Rempah Nusantara
mempengaruhi perdagangan internasional?"
- Catat hasil diskusi awal
kalian di bawah ini:
- Jawaban Diskusi Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 2: Identifikasi Kebutuhan
Pengetahuan (15 Menit)
- Apa yang sudah kalian ketahui
tentang Jalur Rempah Nusantara?
Pengetahuan Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
·
Apa
yang perlu kalian pelajari lebih lanjut tentang Jalur Rempah Nusantara?
Kebutuhan
Pengetahuan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 3: Penyusunan Rencana
Proyek (10 Menit)
- Pilih atau terima tema proyek
yang diberikan guru.
- Jelaskan tujuan proyek kalian.
- Tema Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Tujuan Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 4: Penelitian dan
Pengumpulan Data (30 Menit)
- Lakukan penelitian melalui
berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.
- Dokumentasikan temuan kalian.
- Sumber Penelitian:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Temuan Penelitian:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 5: Pengembangan Proyek (30
Menit)
- Rancang proyek yang akan
mempresentasikan temuan dan analisis kalian tentang keterhubungan masa
lampau, masa kini, dan masa depan.
- Pilih format proyek (laporan
tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter).
- Format Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Rencana Pengembangan Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 6: Persiapan Presentasi (20
Menit)
- Siapkan presentasi proyek
kalian.
- Latih presentasi kalian dalam
kelompok.
- Ringkasan Presentasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Pembagian Tugas Presentasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Panduan Tema Proyek
Tema Proyek:
1.
Studi
Kasus Rempah-Rempah dan Dampaknya terhadap Perdagangan Internasional:
- Lakukan penelitian tentang
rempah-rempah tertentu (misalnya, cengkeh atau lada).
- Analisis dampak perdagangan
rempah-rempah tersebut terhadap perdagangan internasional.
- Berikan contoh konkret dan
data pendukung.
2.
Analisis
Dampak Jalur Rempah terhadap Perdagangan dan Ekonomi Global:
- Identifikasi bagaimana Jalur
Rempah mempengaruhi perdagangan dan ekonomi global.
- Analisis dampak ekonomi dari
Jalur Rempah.
- Gunakan data dan literatur
untuk mendukung analisis kalian.
3.
Proyek
Kreatif Menggambarkan Jalur Rempah dan Dampaknya:
- Pilih berbagai media seperti
poster, video, atau esai.
- Gambarkan bagaimana Jalur
Rempah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan.
- Gunakan data sejarah dan
visualisasi untuk mendukung presentasi kalian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar