Senin, 03 Februari 2025

Modul ajar IPS CP terbaru 2024-2025 kelas 8. Jalur Rempah Nusantara - Sejarah dan Dampaknya terhadap Perdagangan Internasional

 

Modul Ajar Semester Genap

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/VIII/D

Tema

Jalur Rempah Nusantara - Sejarah dan Dampaknya terhadap Perdagangan Internasional

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Profil Pelajar Pancasila

 

   Dimensi: Berkebhinekaan Global

      Elemen: Pemahaman Multikultural

      Indikator di Akhir Fase:

  1. Peserta didik memahami dan menghargai berbagai budaya di Indonesia dan dunia.
  2. Peserta didik mampu berinteraksi dan bekerja sama dengan orang dari berbagai latar belakang budaya dengan sikap yang inklusif.

 

   Dimensi : Bergotong-royong

Elemen  : Kolaborasi

Indikator di akhir fase

1)           Peserta didik mampu menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan  dan mencapai tujuan kelompok, memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan Bersama

 

·       Dimensi: Bernalar Kritis

      Elemen: Analisis

      Indikator di Akhir Fase:

  1. Peserta didik mampu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dengan kritis.
  2. Peserta didik mampu menganalisis informasi secara objektif dan logis.

 

Pemahaman Kontekstual: Jalur Rempah Nusantara

1. Pengertian Jalur Rempah Nusantara:

  • Jalur Rempah Nusantara adalah rute perdagangan yang menghubungkan kepulauan Nusantara dengan berbagai wilayah di Asia, Afrika, dan Eropa. Rute ini digunakan untuk memperdagangkan rempah-rempah seperti cengkeh, pala, lada, dan kayu manis yang sangat dicari di pasar internasional.

2. Sejarah Jalur Rempah Nusantara:

  • Jalur Rempah Nusantara mulai berkembang pada abad ke-7 hingga abad ke-18, ketika bangsa-bangsa seperti Arab, India, Cina, Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris terlibat dalam perdagangan rempah-rempah.
  • Perdagangan rempah-rempah memicu penjelajahan samudra oleh bangsa-bangsa Eropa untuk mencari rute langsung ke Nusantara.

3. Faktor-Faktor yang Mendorong Perdagangan Rempah:

  • Ekonomi: Permintaan tinggi terhadap rempah-rempah di Eropa yang digunakan untuk bumbu masakan, obat-obatan, dan pengawetan makanan.
  • Politik: Keinginan bangsa-bangsa Eropa untuk menguasai sumber daya rempah-rempah dan mendominasi perdagangan.
  • Teknologi: Kemajuan dalam navigasi dan pembuatan kapal yang memungkinkan perjalanan maritim yang lebih jauh dan lebih aman.

4. Dampak Jalur Rempah terhadap Perdagangan Internasional:

  • Positif:
    • Peningkatan perdagangan global dan pertukaran budaya.
    • Penemuan wilayah-wilayah baru dan perkembangan ilmu navigasi.
  • Negatif:
    • Kolonialisme dan eksploitasi sumber daya serta penduduk asli.
    • Konflik dan peperangan antara bangsa-bangsa yang bersaing untuk menguasai perdagangan rempah.

 

Keterampilan dalam Studi Jalur Rempah Nusantara

1. Keterampilan Analisis Sejarah:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menganalisis peristiwa sejarah Jalur Rempah dan memahami dampaknya terhadap perdagangan internasional.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan penelitian tentang peran Jalur Rempah dalam sejarah perdagangan dan menganalisis dampaknya.

2. Keterampilan Pemikiran Kritis:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menilai informasi dan argumen secara kritis terkait Jalur Rempah dan dampaknya.
  • Aktivitas: Siswa dapat diberikan tugas untuk menulis esai yang menghubungkan peristiwa Jalur Rempah dengan perkembangan perdagangan internasional.

3. Keterampilan Penelitian:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan menyintesis informasi dari berbagai sumber terkait Jalur Rempah.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan studi kasus tentang jalur perdagangan rempah dan menyusun laporan penelitian.

4. Keterampilan Kolaborasi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, berbagi tugas, dan mencapai tujuan bersama terkait studi Jalur Rempah.
  • Aktivitas: Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek tentang Jalur Rempah dan dampaknya terhadap perdagangan internasional.

5. Keterampilan Refleksi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk merefleksikan pengalaman belajar dan mengevaluasi proses serta hasil pembelajaran tentang Jalur Rempah.
  • Aktivitas: Siswa dapat menulis jurnal refleksi tentang pemahaman mereka terhadap Jalur Rempah dan bagaimana hal ini mempengaruhi pandangan mereka tentang sejarah dan perdagangan internasional.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : PBL

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara

Tujuan Pembelajaran.

1.       Siswa mampu menjelaskan pengertian Jalur Rempah Nusantara serta faktor-faktor yang mendorong perdagangan rempah.

2.       Siswa mampu menganalisis peran Jalur Rempah dalam sejarah perdagangan internasional dan dampaknya terhadap dunia.

3.       Siswa mampu menilai informasi dan argumen secara kritis terkait Jalur Rempah dan dampaknya terhadap perdagangan internasional.

4.       Siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai seperti refleksi, perencanaan, dan pemikiran strategis dalam memahami Jalur Rempah.

5.       Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang mempresentasikan analisis mereka tentang Jalur Rempah dan dampaknya.

6.       Siswa mampu berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dalam tim untuk mengeksplorasi dan mempresentasikan Jalur Rempah.

7.       Siswa mampu merefleksikan pemahaman mereka tentang Jalur Rempah dan bagaimana pengetahuan ini mempengaruhi pandangan mereka tentang sejarah dan perdagangan internasional.

 

Pertanyaan pematik

1.     Apa yang Anda ketahui tentang Jalur Rempah Nusantara? Mengapa rempah-rempah sangat dicari di masa lalu?

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

  1. Apersepsi dan Motivasi

·         Ajak siswa untuk mengamati dan mengidentifikasi contoh-contoh produk di lingkungan sekitar mereka yang menggunakan rempah-rempah. Diskusikan asal-usul rempah-rempah tersebut dan bagaimana mereka sampai ke tangan konsumen.

 

    • Motivasi siswa untuk berpikir tentang bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam memahami dan menghargai sejarah Jalur Rempah.

KEGIATAN INTI

Langkah-langkah:

  1. Mulai dengan Pertanyaan Pemicu (10 menit):
    • Guru mengajukan pertanyaan pemicu: "Bagaimana Jalur Rempah Nusantara mempengaruhi perdagangan internasional?"
    • Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk memberikan jawaban awal dan mencatat poin-poin penting.
  2. Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (15 menit):
    • Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi apa yang mereka ketahui dan apa yang perlu mereka pelajari lebih lanjut tentang Jalur Rempah Nusantara.
    • Setiap kelompok menyusun daftar pertanyaan penelitian yang akan mereka teliti.
  3. Penyusunan Rencana Proyek (10 menit):
    • Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil, dan setiap kelompok memilih atau diberikan satu proyek spesifik terkait Jalur Rempah untuk dieksplorasi lebih lanjut. Contoh proyek bisa meliputi:
      • Studi kasus tentang rempah-rempah tertentu dan dampaknya terhadap perdagangan internasional.
      • Analisis dampak Jalur Rempah terhadap perdagangan dan ekonomi global.
      • Proyek kreatif yang menggambarkan Jalur Rempah dan dampaknya melalui berbagai media (misalnya, poster, video, esai).
  4. Penelitian dan Pengumpulan Data (30 menit):

·           Setiap kelompok melakukan penelitian melalui berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.

·           Siswa mendokumentasikan temuan mereka dalam jurnal kelompok dan mengumpulkan data yang relevan.

5.       Pengembangan Proyek (30 menit):

·           Kelompok siswa merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang Jalur Rempah Nusantara.

·           Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.

·           Siswa mempersiapkan presentasi proyek mereka.

6.       Presentasi Proyek (20 menit):

Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.

Kelompok lain dapat memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman.

Kegiatan Penutup, Refleksi, dan Tindak Lanjut

Penutup:

·     Guru memberikan ringkasan singkat tentang poin-poin utama yang telah dibahas, menekankan pentingnya memahami Jalur Rempah Nusantara dan dampaknya terhadap perdagangan internasional.

·     Guru mengucapkan terima kasih kepada siswa atas partisipasi aktif mereka dan mengapresiasi kerja keras dalam proyek.

Refleksi:

·       Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

·       Pertanyaan reflektif bisa mencakup: "Apa yang paling mengejutkan atau menarik dari diskusi hari ini?" atau "Bagaimana pengetahuan tentang Jalur Rempah membantu Anda memahami perdagangan internasional saat ini?"

Tindak Lanjut:

·       Guru mengajak siswa untuk berpikir tentang langkah konkret yang bisa mereka ambil untuk memperdalam pemahaman mereka tentang sejarah Jalur Rempah, seperti membaca lebih banyak literatur, mengikuti dokumenter sejarah, atau mengunjungi museum maritim.

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

Evaluasi dan Alat Evaluasi

1. Tes Tertulis:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang konsep Jalur Rempah dan dampaknya.
  • Jenis Soal: Pilihan ganda, isian singkat, dan esai.

Soal Pilihan Ganda:

  1. Jalur Rempah Nusantara digunakan untuk memperdagangkan rempah-rempah seperti: a) Emas dan perak b) Lada, cengkeh, pala, dan kayu manis c) Kapas dan sutra d) Batubara dan minyak bumi
  2. Bangsa Eropa yang pertama kali menguasai perdagangan rempah-rempah di Nusantara adalah: a) Inggris b) Portugis c) Belanda d) Spanyol

Soal Isian Singkat:

1.     Sebutkan dua rempah-rempah yang menjadi komoditas utama dalam perdagangan Jalur Rempah.

2.     Jelaskan dampak positif Jalur Rempah terhadap ekonomi global.

Soal Esai:

  1. Analisis dampak negatif dari Jalur Rempah terhadap masyarakat di Nusantara.
  2. Diskusikan bagaimana Jalur Rempah mempengaruhi hubungan antara Nusantara dan bangsa-bangsa Eropa.

2. Proyek Kelompok:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis Jalur Rempah dan bekerja sama dalam tim.
  • Deskripsi: Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang Jalur Rempah. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.

Kriteria Penilaian Proyek:

  1. Kedalaman Analisis: Apakah siswa mampu menganalisis Jalur Rempah secara mendalam?
  2. Kreativitas dan Inovasi: Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
  3. Kualitas Presentasi: Apakah presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
  4. Kerja Sama Tim: Apakah seluruh anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?

3. Presentasi:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
  • Deskripsi: Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.

Kriteria Penilaian Presentasi:

  1. Kejelasan dan Struktur Presentasi: Apakah presentasi disampaikan dengan jelas dan terstruktur?
  2. Penguasaan Materi: Apakah siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
  3. Respons terhadap Pertanyaan: Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?
  4. Visualisasi dan Media Pendukung: Apakah visualisasi dan media pendukung membantu memperjelas presentasi?

4. Kuesioner Refleksi:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran.
  • Deskripsi: Siswa menjawab pertanyaan refleksi tentang pengalaman belajar mereka.

Contoh Pertanyaan Refleksi:

1.     Apa yang Anda pelajari tentang Jalur Rempah melalui proyek ini?

2.     Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami dampak Jalur Rempah terhadap berbagai aspek kehidupan?

3.     Apa bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?

4.     Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

 

 

Mata Pelajaran                  : IPS

Kelas                                : VIII

Materi                               : Penjelajahan Samudra

Model Pembelajaran          : Project-Based Learning (PBL)

 

 

Instruksi Umum:

  1. Bekerjalah dalam kelompok yang telah ditentukan.
  2. Setiap kelompok akan menerima satu tema terkait keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan untuk didiskusikan.
  3. Ikuti langkah-langkah yang ada di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
  4. Catat setiap langkah dan hasil diskusi dalam lembar kerja ini.
  5. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

 

 

Langkah-Langkah Kegiatan

Langkah 1: Pertanyaan Pemicu (10 Menit)

  • Diskusikan dalam kelompok:   "Bagaimana Jalur Rempah Nusantara mempengaruhi perdagangan internasional?"
  • Catat hasil diskusi awal kalian di bawah ini:
    • Jawaban Diskusi Awal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 2: Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (15 Menit)

    • Apa yang sudah kalian ketahui tentang Jalur Rempah Nusantara?

Pengetahuan Awal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

·       Apa yang perlu kalian pelajari lebih lanjut tentang Jalur Rempah Nusantara?

Kebutuhan Pengetahuan: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 3: Penyusunan Rencana Proyek (10 Menit)

  • Pilih atau terima tema proyek yang diberikan guru.
  • Jelaskan tujuan proyek kalian.
    • Tema Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Tujuan Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 4: Penelitian dan Pengumpulan Data (30 Menit)

  • Lakukan penelitian melalui berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.
  • Dokumentasikan temuan kalian.
    • Sumber Penelitian: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Temuan Penelitian: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 5: Pengembangan Proyek (30 Menit)

  • Rancang proyek yang akan mempresentasikan temuan dan analisis kalian tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.
  • Pilih format proyek (laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter).
    • Format Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Rencana Pengembangan Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Langkah 6: Persiapan Presentasi (20 Menit)

  • Siapkan presentasi proyek kalian.
  • Latih presentasi kalian dalam kelompok.
    • Ringkasan Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Pembagian Tugas Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Panduan Tema Proyek

Tema Proyek:

1.     Studi Kasus Rempah-Rempah dan Dampaknya terhadap Perdagangan Internasional:

  1. Lakukan penelitian tentang rempah-rempah tertentu (misalnya, cengkeh atau lada).
  2. Analisis dampak perdagangan rempah-rempah tersebut terhadap perdagangan internasional.
  3. Berikan contoh konkret dan data pendukung.

2.     Analisis Dampak Jalur Rempah terhadap Perdagangan dan Ekonomi Global:

  1. Identifikasi bagaimana Jalur Rempah mempengaruhi perdagangan dan ekonomi global.
  2. Analisis dampak ekonomi dari Jalur Rempah.
  3. Gunakan data dan literatur untuk mendukung analisis kalian.

3.     Proyek Kreatif Menggambarkan Jalur Rempah dan Dampaknya:

  1. Pilih berbagai media seperti poster, video, atau esai.
  2. Gambarkan bagaimana Jalur Rempah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan.
  3. Gunakan data sejarah dan visualisasi untuk mendukung presentasi kalian.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar