Senin, 03 Februari 2025

Modul ajar IPS CP terbaru 2024-2025 kelas 8. Konsep Keterhubungan Masa Lampau, Masa Kini, dan Masa Depan

Modul Ajar Semester Genap

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/VIII/D

Tema

Konsep Keterhubungan Masa Lampau, Masa Kini, dan Masa Depan

Submateri

Peserta didik memahami dinamika sosial, dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan.

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Profil Pelajar Pancasila

 

   Dimensi         : Mandiri

Elemen          :  Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik  memiliki  rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya dan hasil belajarnya

 

   Dimensi: Berkebhinekaan Global

      Elemen: Pemahaman Multikultural

      Indikator di Akhir Fase:

  1. Peserta didik memahami dan menghargai berbagai budaya di Indonesia dan dunia.
  2. Peserta didik mampu berinteraksi dan bekerja sama dengan orang dari berbagai latar belakang budaya dengan sikap yang inklusif.

 

·       Dimensi: Kreatif

       Elemen: Berpikir Kritis

       Indikator di Akhir Fase:

  1. Peserta didik mampu mengidentifikasi masalah dan mencari solusi kreatif.
  2. Peserta didik mampu berpikir terbuka dan menerima ide-ide baru.

 

 

Pemahaman Konseptual: Konsep Keterhubungan Masa Lampau, Masa Kini, dan Masa Depan

1. Pengertian Keterhubungan Masa Lampau, Masa Kini, dan Masa Depan:

  • Keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan adalah konsep yang menggambarkan bagaimana peristiwa dan perkembangan di masa lalu mempengaruhi kondisi saat ini dan membentuk masa depan.
  • Konsep ini menekankan pentingnya memahami sejarah dan konteks untuk membuat keputusan yang lebih baik di masa kini dan merencanakan masa depan.

2. Elemen-Elemen Keterhubungan:

  • Masa Lampau: Peristiwa, budaya, dan perubahan yang telah terjadi dan membentuk masyarakat dan individu.
  • Masa Kini: Kondisi dan situasi saat ini yang dipengaruhi oleh masa lampau dan berfungsi sebagai dasar untuk masa depan.
  • Masa Depan: Potensi dan kemungkinan yang dapat terjadi berdasarkan tindakan dan keputusan yang diambil di masa kini.

3. Pentingnya Konsep Keterhubungan:

  • Membantu memahami asal-usul dan perkembangan berbagai fenomena sosial, politik, dan budaya.
  • Memungkinkan perencanaan yang lebih baik dengan mempertimbangkan pengalaman masa lalu dan kondisi saat ini.
  • Mendorong pemikiran kritis dan refleksi tentang bagaimana tindakan saat ini akan mempengaruhi masa depan.

Keterampilan dalam Keterhubungan Masa Lampau, Masa Kini, dan Masa Depan

1. Keterampilan Analisis Sejarah:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menganalisis peristiwa sejarah dan memahami bagaimana peristiwa tersebut mempengaruhi masa kini dan masa depan.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan penelitian tentang peristiwa sejarah tertentu dan menganalisis dampaknya terhadap kondisi saat ini.

2. Keterampilan Pemikiran Kritis:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menilai informasi dan argumen secara kritis, serta menghubungkan peristiwa masa lampau dengan kondisi masa kini dan prediksi masa depan.
  • Aktivitas: Siswa dapat diberikan tugas untuk menulis esai yang menghubungkan peristiwa sejarah dengan isu-isu kontemporer dan masa depan.

3. Keterampilan Perencanaan dan Pengambilan Keputusan:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk merencanakan tindakan di masa kini dengan mempertimbangkan pengalaman masa lalu dan dampak di masa depan.
  • Aktivitas: Siswa dapat merancang proyek yang melibatkan perencanaan strategis berdasarkan analisis sejarah dan prediksi masa depan.

4. Keterampilan Kolaborasi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, berbagi tugas, dan mencapai tujuan bersama terkait studi keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.
  • Aktivitas: Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang menghubungkan peristiwa sejarah dengan kondisi saat ini dan masa depan.

5. Keterampilan Refleksi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk merefleksikan pengalaman belajar dan mengevaluasi proses serta hasil pembelajaran tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.
  • Aktivitas: Siswa dapat menulis jurnal refleksi tentang pemahaman mereka terhadap konsep keterhubungan dan bagaimana hal ini mempengaruhi pandangan mereka tentang masyarakat.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : PBL

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami proses interaksi sosial, lembaga sosial, dinamika sosial dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan.

Tujuan Pembelajaran.

Peserta didik mampu:

  1. Siswa mampu menjelaskan pengertian keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan serta elemen-elemennya.
  2. Siswa mampu menganalisis bagaimana peristiwa sejarah mempengaruhi kondisi saat ini dan masa depan.
  3. Siswa mampu menilai informasi dan argumen secara kritis serta menghubungkan peristiwa sejarah dengan kondisi masa kini dan prediksi masa depan.
  4. Siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai seperti refleksi, perencanaan, dan pemikiran strategis dalam memahami keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.
  5. Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang mempresentasikan analisis mereka tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.
  6. Siswa mampu berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dalam tim untuk mengeksplorasi dan mempresentasikan keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.

 

Pertanyaan pematik

1.     Dapatkah Anda memberikan contoh peristiwa sejarah yang mempengaruhi kondisi saat ini dan masa depan?

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

  1. Apersepsi dan Motivasi
    • "Hari ini kita akan membahas bagaimana peristiwa masa lalu mempengaruhi kehidupan kita saat ini dan masa depan kita. Sebelum kita mulai, saya ingin mengajak kalian untuk berbagi pengalaman pribadi. Pikirkanlah tentang suatu peristiwa atau pengalaman dari masa lalu kalian yang berdampak besar pada kehidupan kalian saat ini. Bagaimana peristiwa itu memengaruhi keputusan dan rencana masa depan kalian?"

 

    • Tekankan bahwa mempelajari sejarah adalah penting untuk memahami asal-usul dan perkembangan berbagai fenomena sosial, politik, dan budaya. Ajak siswa untuk memahami bahwa dengan mempelajari sejarah, mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik di masa kini dan masa depan.

KEGIATAN INTI

Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah:

1.     Mulai dengan Pertanyaan Pemicu (10 menit):

1.     Guru mengajukan pertanyaan pemicu: "Bagaimana peristiwa masa lampau mempengaruhi kondisi saat ini dan masa depan?"

2.     Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk memberikan jawaban awal dan mencatat poin-poin penting.

2.     Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (15 menit):

1.     Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi apa yang mereka ketahui dan apa yang perlu mereka pelajari lebih lanjut tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.

2.     Setiap kelompok menyusun daftar pertanyaan penelitian yang akan mereka teliti.

3.     Penyusunan Rencana Proyek (10 menit):

1.     Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil, dan setiap kelompok memilih atau diberikan satu proyek spesifik terkait keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan untuk dieksplorasi lebih lanjut. Contoh proyek bisa meliputi:

1.     Studi kasus tentang peristiwa sejarah dan dampaknya terhadap kondisi saat ini.

2.     Analisis peristiwa masa kini dan prediksinya untuk masa depan.

3.     Proyek kreatif yang menggambarkan keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa depan melalui berbagai media (misalnya, poster, video, esai).

4.     Penelitian dan Pengumpulan Data (30 menit):

1.     Setiap kelompok melakukan penelitian melalui berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.

2.     Siswa mendokumentasikan temuan mereka dalam jurnal kelompok dan mengumpulkan data yang relevan.

5.     Pengembangan Proyek (30 menit):

1.     Kelompok siswa merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.

2.     Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.

3.     Siswa mempersiapkan presentasi proyek mereka.

6.     Presentasi Proyek (20 menit):

1.     Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.

2.     Kelompok lain dapat memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman.

Kegiatan Penutup:

  1. Ringkasan Guru (5 menit):
    • Guru memberikan ringkasan singkat tentang poin-poin utama yang telah dibahas selama kegiatan inti.
    • Menekankan pentingnya memahami keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa depan dalam membuat keputusan yang lebih baik.
  2. Diskusi Kelas (5 menit):
    • Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang pelajaran yang paling berkesan dari kegiatan ini.
    • Siswa berbagi pandangan mereka tentang bagaimana pemahaman tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Refleksi:

  1. Pertanyaan Refleksi (5 menit):
    • Guru memberikan beberapa pertanyaan refleksi kepada siswa:
      • Apa yang paling mengejutkan atau menarik dari diskusi dan proyek hari ini?
      • Bagaimana pemahaman tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan mempengaruhi pandangan Anda tentang masyarakat?
      • Apa langkah konkret yang bisa Anda ambil untuk menerapkan pemahaman ini dalam kehidupan sehari-hari?
  2. Penulisan Jurnal Refleksi (10 menit):
    • Siswa menulis jurnal refleksi tentang pengalaman belajar mereka.
    • Siswa mencatat hal-hal yang mereka pelajari, tantangan yang dihadapi, dan bagaimana mereka mengatasinya.

Tindak Lanjut:

  1. Rencana Tindak Lanjut (5 menit):
    • Guru mengajak siswa untuk berpikir tentang langkah-langkah konkret yang dapat mereka ambil untuk menerapkan pemahaman tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.
    • Contoh langkah konkret bisa berupa partisipasi dalam kegiatan sejarah lokal, membaca buku sejarah tambahan, atau berdiskusi dengan keluarga tentang pengalaman masa lalu dan rencana masa depan.
  2. Proyek Jangka Panjang:
    • Guru memberikan opsi proyek jangka panjang bagi siswa yang ingin mendalami lebih lanjut tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.
    • Proyek ini bisa berupa penelitian lanjutan, penyusunan buku harian sejarah keluarga, atau pembuatan video dokumenter tentang peristiwa sejarah lokal.

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

Evaluasi

1. Tes Tertulis:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang konsep keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.
  • Jenis Soal: Pilihan ganda, isian singkat, dan esai.

Soal Pilihan Ganda:

  1. Keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan menggambarkan: a) Peristiwa masa lalu yang tidak berpengaruh pada masa kini b) Hubungan antara masa lampau, kondisi saat ini, dan masa depan c) Peristiwa masa kini yang mempengaruhi masa lalu d) Hubungan antara masa depan dan masa kini saja

Soal Isian Singkat:

  1. Jelaskan bagaimana peristiwa sejarah dapat mempengaruhi kondisi masa kini.
  2. Berikan contoh konkret dari kehidupan Anda yang menunjukkan keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.

Soal Esai:

  1. Analisis dampak revolusi industri pada perkembangan teknologi masa kini dan prediksinya untuk masa depan.
  2. Diskusikan bagaimana pemahaman tentang sejarah dapat membantu dalam perencanaan masa depan yang lebih baik.

2. Proyek Kelompok:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan serta bekerja sama dalam tim.
  • Deskripsi: Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.

Kriteria Penilaian Proyek:

  • Kedalaman Analisis: Apakah siswa mampu menganalisis keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan secara mendalam?
  • Kreativitas dan Inovasi: Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
  • Kualitas Presentasi: Apakah presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
  • Kerja Sama Tim: Apakah seluruh anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?

3. Presentasi:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
  • Deskripsi: Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.

Kriteria Penilaian Presentasi:

  • Kejelasan dan Struktur Presentasi: Apakah presentasi disampaikan dengan jelas dan terstruktur?
  • Penguasaan Materi: Apakah siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
  • Respons terhadap Pertanyaan: Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?
  • Visualisasi dan Media Pendukung: Apakah visualisasi dan media pendukung membantu memperjelas presentasi?

4. Kuesioner Refleksi:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran.
  • Deskripsi: Siswa menjawab pertanyaan refleksi tentang pengalaman belajar mereka.

 

Pertanyaan Refleksi:

1.     Apa yang Anda pelajari tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan melalui proyek ini?

2.     Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami dampak peristiwa sejarah terhadap kondisi saat ini dan masa depan?

3.     Apa bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?

4.     Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?

 

 

 

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

 

 

Mata Pelajaran: IPS

Kelas: VIII

Materi: Konsep Keterhubungan Masa Lampau, Masa Kini, dan Masa Depan

Model Pembelajaran: Project-Based Learning (PBL)

 

 

Instruksi Umum:

  1. Bekerjalah dalam kelompok yang telah ditentukan.
  2. Setiap kelompok akan menerima satu tema terkait keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan untuk didiskusikan.
  3. Ikuti langkah-langkah yang ada di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
  4. Catat setiap langkah dan hasil diskusi dalam lembar kerja ini.
  5. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

 

 

Langkah-Langkah Kegiatan

Langkah 1: Pertanyaan Pemicu (10 Menit)

  • Diskusikan dalam kelompok: "Bagaimana peristiwa masa lampau mempengaruhi kondisi saat ini dan masa depan?"
  • Catat hasil diskusi awal kalian di bawah ini:
    • Jawaban Diskusi Awal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 2: Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (15 Menit)

  • Apa yang sudah kalian ketahui tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan?
    • Pengetahuan Awal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  • Apa yang perlu kalian pelajari lebih lanjut tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan?
    • Kebutuhan Pengetahuan: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 3: Penyusunan Rencana Proyek (10 Menit)

  • Pilih atau terima tema proyek yang diberikan guru.
  • Jelaskan tujuan proyek kalian.
    • Tema Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Tujuan Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 4: Penelitian dan Pengumpulan Data (30 Menit)

  • Lakukan penelitian melalui berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.
  • Dokumentasikan temuan kalian.
    • Sumber Penelitian: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Temuan Penelitian: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 5: Pengembangan Proyek (30 Menit)

  • Rancang proyek yang akan mempresentasikan temuan dan analisis kalian tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.
  • Pilih format proyek (laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter).
    • Format Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Rencana Pengembangan Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Langkah 6: Persiapan Presentasi (20 Menit)

  • Siapkan presentasi proyek kalian.
  • Latih presentasi kalian dalam kelompok.
    • Ringkasan Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Pembagian Tugas Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

 

Panduan Tema Proyek

Tema Proyek:

  1. Studi Kasus Peristiwa Sejarah dan Dampaknya terhadap Kondisi Saat Ini:
    • Lakukan penelitian tentang peristiwa sejarah tertentu.
    • Analisis dampak peristiwa tersebut terhadap kondisi saat ini.
    • Berikan contoh konkret dan data pendukung.
  2. Analisis Peristiwa Masa Kini dan Prediksinya untuk Masa Depan:
    • Identifikasi peristiwa masa kini yang memiliki dampak besar terhadap masa depan.
    • Analisis bagaimana peristiwa tersebut dapat mempengaruhi masa depan.
    • Gunakan data dan literatur untuk

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar