Tahun
Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/VIII/D |
Tema |
Konsep Keterhubungan Masa Lampau,
Masa Kini, dan Masa Depan |
Submateri |
Peserta
didik memahami dinamika sosial, dan perubahan sistem sosial budaya dalam
masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip
kebhinekaan. |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil
Pelajar Pancasila • Dimensi : Mandiri Elemen :
Pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir
fase 1) Peserta didik memiliki rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya
dan hasil
belajarnya • Dimensi:
Berkebhinekaan Global Elemen: Pemahaman Multikultural Indikator di Akhir Fase:
·
Dimensi:
Kreatif Elemen: Berpikir Kritis Indikator di Akhir Fase:
|
Pemahaman
Konseptual: Konsep Keterhubungan Masa Lampau, Masa Kini, dan Masa Depan 1.
Pengertian Keterhubungan Masa Lampau, Masa Kini, dan Masa Depan:
2.
Elemen-Elemen Keterhubungan:
3.
Pentingnya Konsep Keterhubungan:
Keterampilan
dalam Keterhubungan Masa Lampau, Masa Kini, dan Masa Depan 1.
Keterampilan Analisis Sejarah:
2.
Keterampilan Pemikiran Kritis:
3.
Keterampilan Perencanaan dan Pengambilan Keputusan:
4.
Keterampilan Kolaborasi:
5.
Keterampilan Refleksi:
|
Sarana
dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD • Lingkungan
Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku
Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : PBL Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik memahami
proses interaksi
sosial, lembaga sosial, dinamika sosial
dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk
untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan. |
Tujuan Pembelajaran. Peserta didik mampu:
|
Pertanyaan
pematik 1.
Dapatkah Anda memberikan contoh peristiwa sejarah
yang mempengaruhi kondisi saat ini dan masa depan? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru
menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek
kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah.
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan Pembelajaran Langkah-langkah: 1.
Mulai dengan Pertanyaan Pemicu (10 menit): 1.
Guru mengajukan pertanyaan pemicu: "Bagaimana
peristiwa masa lampau mempengaruhi kondisi saat ini dan masa depan?" 2.
Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk
memberikan jawaban awal dan mencatat poin-poin penting. 2.
Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (15
menit): 1.
Siswa melakukan diskusi kelompok untuk
mengidentifikasi apa yang mereka ketahui dan apa yang perlu mereka pelajari
lebih lanjut tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan. 2.
Setiap kelompok menyusun daftar pertanyaan penelitian
yang akan mereka teliti. 3.
Penyusunan Rencana Proyek (10 menit): 1.
Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil, dan setiap
kelompok memilih atau diberikan satu proyek spesifik terkait keterhubungan
masa lampau, masa kini, dan masa depan untuk dieksplorasi lebih lanjut.
Contoh proyek bisa meliputi: 1.
Studi kasus tentang peristiwa sejarah dan dampaknya
terhadap kondisi saat ini. 2.
Analisis peristiwa masa kini dan prediksinya untuk
masa depan. 3.
Proyek kreatif yang menggambarkan keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan masa depan melalui berbagai media
(misalnya, poster, video, esai). 4.
Penelitian dan Pengumpulan Data (30 menit): 1.
Setiap kelompok melakukan penelitian melalui berbagai
sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei. 2.
Siswa mendokumentasikan temuan mereka dalam jurnal
kelompok dan mengumpulkan data yang relevan. 5.
Pengembangan Proyek (30 menit): 1.
Kelompok siswa merancang proyek yang mempresentasikan
temuan dan analisis mereka tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan
masa depan. 2.
Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster,
presentasi PowerPoint, atau video dokumenter. 3.
Siswa mempersiapkan presentasi proyek mereka. 6.
Presentasi Proyek (20 menit): 1.
Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di
depan kelas. 2.
Kelompok lain dapat memberikan umpan balik dan
mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman. Kegiatan
Penutup:
Refleksi:
Tindak
Lanjut:
|
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501
1 006 |
Evaluasi
1. Tes Tertulis:
- Tujuan: Mengukur pemahaman
siswa tentang konsep keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.
- Jenis Soal: Pilihan ganda,
isian singkat, dan esai.
Soal Pilihan Ganda:
- Keterhubungan masa lampau,
masa kini, dan masa depan menggambarkan: a) Peristiwa masa lalu yang tidak
berpengaruh pada masa kini b) Hubungan antara masa lampau, kondisi saat
ini, dan masa depan c) Peristiwa masa kini yang mempengaruhi masa lalu d)
Hubungan antara masa depan dan masa kini saja
Soal Isian Singkat:
- Jelaskan bagaimana peristiwa
sejarah dapat mempengaruhi kondisi masa kini.
- Berikan contoh konkret dari
kehidupan Anda yang menunjukkan keterhubungan masa lampau, masa kini, dan
masa depan.
Soal Esai:
- Analisis dampak revolusi
industri pada perkembangan teknologi masa kini dan prediksinya untuk masa
depan.
- Diskusikan bagaimana pemahaman
tentang sejarah dapat membantu dalam perencanaan masa depan yang lebih
baik.
2. Proyek Kelompok:
- Tujuan: Mengukur kemampuan
siswa dalam menganalisis keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa
depan serta bekerja sama dalam tim.
- Deskripsi: Siswa dalam
kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka
tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan. Proyek bisa
berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video
dokumenter.
Kriteria Penilaian Proyek:
- Kedalaman Analisis: Apakah
siswa mampu menganalisis keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa
depan secara mendalam?
- Kreativitas dan Inovasi:
Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
- Kualitas Presentasi: Apakah
presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
- Kerja Sama Tim: Apakah seluruh
anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?
3. Presentasi:
- Tujuan: Mengukur kemampuan
komunikasi dan presentasi siswa.
- Deskripsi: Setiap kelompok
mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
Kriteria Penilaian Presentasi:
- Kejelasan dan Struktur
Presentasi: Apakah presentasi disampaikan dengan jelas dan terstruktur?
- Penguasaan Materi: Apakah
siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
- Respons terhadap Pertanyaan:
Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?
- Visualisasi dan Media
Pendukung: Apakah visualisasi dan media pendukung membantu memperjelas
presentasi?
4. Kuesioner Refleksi:
- Tujuan: Mengukur pemahaman
individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran.
- Deskripsi: Siswa menjawab
pertanyaan refleksi tentang pengalaman belajar mereka.
Pertanyaan Refleksi:
1.
Apa
yang Anda pelajari tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan
melalui proyek ini?
2.
Bagaimana
proyek ini membantu Anda memahami dampak peristiwa sejarah terhadap kondisi
saat ini dan masa depan?
3.
Apa
bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
4.
Bagaimana
Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Mata Pelajaran: IPS
Kelas: VIII
Materi: Konsep Keterhubungan Masa
Lampau, Masa Kini, dan Masa Depan
Model Pembelajaran: Project-Based
Learning (PBL)
Instruksi Umum:
- Bekerjalah dalam kelompok yang
telah ditentukan.
- Setiap kelompok akan menerima
satu tema terkait keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan
untuk didiskusikan.
- Ikuti langkah-langkah yang ada
di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
- Catat setiap langkah dan hasil
diskusi dalam lembar kerja ini.
- Bersiaplah untuk
mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.
Langkah-Langkah Kegiatan
Langkah 1: Pertanyaan Pemicu (10
Menit)
- Diskusikan dalam kelompok:
"Bagaimana peristiwa masa lampau mempengaruhi kondisi saat ini dan
masa depan?"
- Catat hasil diskusi awal
kalian di bawah ini:
- Jawaban Diskusi Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 2: Identifikasi Kebutuhan
Pengetahuan (15 Menit)
- Apa yang sudah kalian ketahui
tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan?
- Pengetahuan Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa yang perlu kalian pelajari
lebih lanjut tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan?
- Kebutuhan Pengetahuan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 3: Penyusunan Rencana
Proyek (10 Menit)
- Pilih atau terima tema proyek
yang diberikan guru.
- Jelaskan tujuan proyek kalian.
- Tema Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Tujuan Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 4: Penelitian dan
Pengumpulan Data (30 Menit)
- Lakukan penelitian melalui
berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.
- Dokumentasikan temuan kalian.
- Sumber Penelitian:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Temuan Penelitian:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 5: Pengembangan Proyek (30
Menit)
- Rancang proyek yang akan
mempresentasikan temuan dan analisis kalian tentang keterhubungan masa
lampau, masa kini, dan masa depan.
- Pilih format proyek (laporan
tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter).
- Format Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Rencana Pengembangan Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 6: Persiapan Presentasi (20
Menit)
- Siapkan presentasi proyek
kalian.
- Latih presentasi kalian dalam
kelompok.
- Ringkasan Presentasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Pembagian Tugas Presentasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Panduan Tema Proyek
Tema Proyek:
- Studi Kasus Peristiwa Sejarah
dan Dampaknya terhadap Kondisi Saat Ini:
- Lakukan penelitian tentang
peristiwa sejarah tertentu.
- Analisis dampak peristiwa
tersebut terhadap kondisi saat ini.
- Berikan contoh konkret dan
data pendukung.
- Analisis Peristiwa Masa Kini
dan Prediksinya untuk Masa Depan:
- Identifikasi peristiwa masa
kini yang memiliki dampak besar terhadap masa depan.
- Analisis bagaimana peristiwa
tersebut dapat mempengaruhi masa depan.
- Gunakan data dan literatur
untuk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar