Senin, 03 Februari 2025

Modul ajar IPS CP terbaru 2024-2025 kelas 8. Perlawanan Kolonialisme di Indonesia

 

Modul Ajar Semester Genap

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/VIII/D

Tema

Perlawanan Kolonialisme di Indonesia

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Profil Pelajar Pancasila

 

   Dimensi         : Mandiri

Elemen          :  Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Indikator di akhir fase

1)       Peserta didik  memiliki  rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya dan hasil belajarnya

 

   Dimensi: Bernalar Kritis

       Elemen: Analisis

       Indikator di Akhir Fase:

  1. Peserta didik mampu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dengan kritis.
  2. Peserta didik mampu menganalisis informasi secara objektif dan logis.

 

·       Dimensi: Berkebhinekaan Global

Elemen: Keadilan Sosial

         Indikator di Akhir Fase:

  1. Peserta didik menunjukkan kepedulian terhadap isu-isu sosial dan berusaha untuk mencapai keadilan sosial.
  2. Peserta didik mampu mengenali ketidakadilan sosial dan berpartisipasi dalam upaya untuk mengatasinya.

 

 

 

Pemahaman Kontekstual: Perlawanan Kolonialisme di Indonesia

1. Pengertian Perlawanan Kolonialisme:

  • Perlawanan kolonialisme adalah upaya yang dilakukan oleh masyarakat dan tokoh-tokoh Indonesia untuk melawan penjajahan dan penindasan yang dilakukan oleh bangsa kolonial seperti Belanda, Inggris, dan Jepang.

2. Sejarah Perlawanan Kolonialisme di Indonesia:

  • Perlawanan terhadap penjajahan terjadi di berbagai wilayah Indonesia dan dilakukan oleh berbagai tokoh dan pemimpin dengan latar belakang yang berbeda. Beberapa tokoh penting dalam perlawanan kolonialisme antara lain Sultan Agung, Pangeran Diponegoro, Imam Bonjol, Pattimura, Sisingamangaraja, Sultan Baabullah, dan tokoh perlawanan melawan Inggris seperti Sultan Mahmud Badaruddin II, serta perlawanan melawan Jepang oleh tokoh-tokoh seperti Soekarno dan Sutan Syahrir.

3. Faktor-Faktor yang Mendorong Perlawanan:

  • Ekonomi: Eksploitasi sumber daya alam dan penindasan ekonomi terhadap rakyat.
  • Politik: Ketidakadilan dan kebijakan kolonial yang menindas.
  • Sosial: Penolakan terhadap budaya dan agama asing yang dipaksakan oleh penjajah.
  • Nasionalisme: Semangat untuk merdeka dan mengusir penjajah dari tanah air.

4. Dampak Perlawanan Kolonialisme:

  • Positif:
    • Meningkatkan kesadaran nasional dan semangat perjuangan.
    • Menginspirasi perjuangan kemerdekaan di masa depan.
  • Negatif:
    • Kerugian jiwa dan harta benda.
    • Konflik dan ketidakstabilan sosial.

Keterampilan dalam Studi Perlawanan Kolonialisme di Indonesia

1. Keterampilan Analisis Sejarah:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menganalisis peristiwa sejarah perlawanan kolonialisme dan memahami dampaknya terhadap perjuangan kemerdekaan.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan penelitian tentang tokoh-tokoh perlawanan dan menganalisis dampaknya terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.

2. Keterampilan Pemikiran Kritis:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menilai informasi dan argumen secara kritis terkait perlawanan kolonialisme.
  • Aktivitas: Siswa dapat diberikan tugas untuk menulis esai yang menghubungkan peristiwa perlawanan dengan dampaknya pada masyarakat Indonesia.

3. Keterampilan Penelitian:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan menyintesis informasi dari berbagai sumber terkait perlawanan kolonialisme.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan studi kasus tentang tokoh atau peristiwa penting dalam sejarah perlawanan kolonialisme di Indonesia dan menyusun laporan penelitian.

4. Keterampilan Kolaborasi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, berbagi tugas, dan mencapai tujuan bersama terkait studi perlawanan kolonialisme.
  • Aktivitas: Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek tentang perlawanan kolonialisme di Indonesia dan mempresentasikan hasilnya.

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : PBL

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara

Tujuan pembelajaran

1.          Siswa mampu menjelaskan pengertian perlawanan kolonialisme serta faktor-faktor yang mendorongnya.

2.          Siswa mampu menganalisis perlawanan terhadap kolonialisme di Indonesia dan dampaknya terhadap perjuangan kemerdekaan.

3.          Siswa mampu menilai informasi dan argumen secara kritis terkait perlawanan kolonialisme dan dampaknya terhadap Indonesia.

4.          Siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai seperti refleksi, perencanaan, dan pemikiran strategis dalam memahami perlawanan kolonialisme.

5.          Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang mempresentasikan analisis mereka tentang perlawanan kolonialisme dan dampaknya terhadap Indonesia.

6.          Siswa mampu berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dalam tim untuk mengeksplorasi dan mempresentasikan perlawanan kolonialisme di Indonesia.

7.          Siswa mampu merefleksikan pemahaman mereka tentang perlawanan kolonialisme dan bagaimana pengetahuan ini mempengaruhi pandangan mereka tentang sejarah dan nasionalisme Indonesia.

Pertanyaan pematik

1.      Apa yang Anda ketahui tentang perlawanan kolonialisme di Indonesia? Mengapa rakyat Indonesia melakukan perlawanan terhadap penjajah?

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

  1. Apersepsi dan Motivasi

·     Sajikan contoh sederhana tentang bagaimana perlawanan kolonialisme mengubah kehidupan masyarakat di Indonesia. Diskusikan dengan siswa dampak dari peristiwa tersebut.

 

·     Motivasi siswa untuk berpikir tentang bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam memahami dan menghargai sejarah perlawanan kolonialisme di Indonesia.

 

KEGIATAN INTI

Langkah-langkah:

  1. Mulai dengan Pertanyaan Pemicu (10 menit):
    • Guru mengajukan pertanyaan pemicu: "Bagaimana perlawanan terhadap kolonialisme mempengaruhi perjuangan kemerdekaan Indonesia?"
    • Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk memberikan jawaban awal dan mencatat poin-poin penting.
  2. Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (15 menit):
    • Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi apa yang mereka ketahui dan apa yang perlu mereka pelajari lebih lanjut tentang perlawanan kolonialisme di Indonesia.
    • Setiap kelompok menyusun daftar pertanyaan penelitian yang akan mereka teliti.
  3. Penyusunan Rencana Proyek (10 menit):
    • Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil, dan setiap kelompok memilih atau diberikan satu proyek spesifik terkait perlawanan kolonialisme di Indonesia untuk dieksplorasi lebih lanjut. proyek  meliputi:
      • Topik Diskusi 1: Perlawanan Sultan Agung
      • Topik Diskusi 2: Perang Diponegoro
      • Topik Diskusi 3: Perlawanan Imam Bonjol
      • Topik Diskusi 4: Perlawanan Pattimura
      • Topik Diskusi 5: Perlawanan Sisingamangaraja
      • Topik Diskusi 6: Perlawanan Sultan Baabullah
      • Topik Diskusi 7: Perlawanan Tokoh Melawan Inggris
      • Topik Diskusi 8: Perlawanan Melawan Jepang
  4. Penelitian dan Pengumpulan Data (30 menit):
    • Setiap kelompok melakukan penelitian melalui berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.
    • Siswa mendokumentasikan temuan mereka dalam jurnal kelompok dan mengumpulkan data yang relevan.
  5. Pengembangan Proyek (30 menit):
    • Kelompok siswa merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang perlawanan kolonialisme.
    • Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
    • Siswa mempersiapkan presentasi proyek mereka.
  6. Presentasi Proyek (20 menit):
    • Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
    • Kelompok lain dapat memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman.

Kegiatan Penutup, Refleksi, dan Tindak Lanjut

Penutup:

  1. Guru memberikan ringkasan singkat tentang poin-poin utama yang telah dibahas, menekankan pentingnya memahami perlawanan kolonialisme dan dampaknya terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.
  2. Guru mengucapkan terima kasih kepada siswa atas partisipasi aktif mereka dan mengapresiasi kerja keras dalam proyek.

Refleksi:

  1. Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Pertanyaan reflektif bisa mencakup: "Apa yang paling mengejutkan atau menarik dari diskusi hari ini?" atau "Bagaimana pengetahuan tentang perlawanan kolonialisme membantu Anda memahami perjuangan kemerdekaan Indonesia saat ini?"

Tindak Lanjut:

  1. Guru mengajak siswa untuk berpikir tentang langkah konkret yang bisa mereka ambil untuk memperdalam pemahaman mereka tentang sejarah perlawanan kolonialisme di Indonesia, seperti membaca lebih banyak literatur, mengikuti dokumenter sejarah, atau mengunjungi museum sejarah.

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

Evaluasi dan Alat Evaluasi

1. Tes Tertulis:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang konsep perlawanan kolonialisme dan dampaknya.
  • Jenis Soal: Pilihan ganda, isian singkat, dan esai.

Soal Pilihan Ganda:

  1. Pangeran Diponegoro adalah tokoh perlawanan yang terkenal karena: a) Melawan penjajah Inggris di Sumatera b) Memimpin Perang Jawa melawan Belanda c) Melawan penjajah Portugis di Maluku d) Memimpin perlawanan di Kalimantan
  2. Perlawanan Patimura di Maluku dipicu oleh: a) Penindasan dan eksploitasi oleh pemerintah kolonial Belanda b) Penjajahan oleh bangsa Portugis c) Konflik internal antar suku d) Perebutan kekuasaan di kerajaan lokal

Soal Isian Singkat:

1.       Sebutkan dua faktor yang mendorong perlawanan rakyat Indonesia terhadap kolonialisme.

2.       Jelaskan dampak sosial dari perlawanan Sultan Agung terhadap penjajah Belanda.

Soal Esai:

1.       Analisis dampak positif dan negatif dari perlawanan kolonialisme terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.

2.       Diskusikan bagaimana perlawanan Imam Bonjol mempengaruhi perjuangan kemerdekaan di Sumatera Barat.

2. Proyek Kelompok:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis perlawanan kolonialisme dan bekerja sama dalam tim.
  • Deskripsi: Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang perlawanan terhadap kolonialisme. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.

Kriteria Penilaian Proyek:

  • Kedalaman Analisis: Apakah siswa mampu menganalisis perlawanan kolonialisme secara mendalam?
  • Kreativitas dan Inovasi: Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
  • Kualitas Presentasi: Apakah presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
  • Kerja Sama Tim: Apakah seluruh anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?

3. Presentasi:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
  • Deskripsi: Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.

Kriteria Penilaian Presentasi:

  • Kejelasan dan Struktur Presentasi: Apakah presentasi disampaikan dengan jelas dan terstruktur?
  • Penguasaan Materi: Apakah siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
  • Respons terhadap Pertanyaan: Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?
  • Visualisasi dan Media Pendukung: Apakah visualisasi dan media pendukung membantu memperjelas presentasi?

4. Kuesioner Refleksi:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran.
  • Deskripsi: Siswa menjawab pertanyaan refleksi tentang pengalaman belajar mereka.

Pertanyaan Refleksi:

1.       Apa yang Anda pelajari tentang perlawanan kolonialisme melalui proyek ini?

2.       Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami dampak perlawanan kolonialisme terhadap perjuangan kemerdekaan?

3.       Apa bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?

4.       Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

 

 

Mata Pelajaran                     : IPS

Kelas                                       : VIII

Materi                                    : Perlawanan Kolonialisme di Indonesia

Model Pembelajaran           : Project-Based Learning (PBL)

 

 

Instruksi Umum:

  1. Bekerjalah dalam kelompok yang telah ditentukan.
  2. Setiap kelompok akan menerima satu tema terkait Sistem Ekonomi pada Masa Kolonial (Tanam Paksa, Sewa Tanah)
  3. Ikuti langkah-langkah yang ada di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
  4. Catat setiap langkah dan hasil diskusi dalam lembar kerja ini.
  5. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

Topik Diskusi 1: Perlawanan Sultan Agung

  1. Bagaimana strategi Sultan Agung dalam melawan penjajah Belanda dan apa yang membuat perlawanan ini begitu signifikan?
  2. Apa dampak dari perlawanan Sultan Agung terhadap masyarakat Jawa pada masa itu?
  3. Bagaimana perlawanan Sultan Agung mempengaruhi perjuangan kemerdekaan Indonesia di masa mendatang?

Topik Diskusi 2: Perang Diponegoro

  1. Apa penyebab utama terjadinya Perang Diponegoro dan bagaimana strategi Pangeran Diponegoro dalam memimpin perlawanan?
  2. Bagaimana dampak Perang Diponegoro terhadap masyarakat Jawa dan pemerintahan kolonial Belanda?
  3. Apa warisan yang ditinggalkan oleh Pangeran Diponegoro bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia?

Topik Diskusi 3: Perlawanan Imam Bonjol

  1. Apa latar belakang perlawanan Imam Bonjol terhadap penjajah Belanda dan bagaimana strategi yang digunakan dalam perlawanan tersebut?
  2. Bagaimana dampak Perang Padri yang dipimpin oleh Imam Bonjol terhadap masyarakat Minangkabau?
  3. Apa peran dan kontribusi Imam Bonjol dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia?

Topik Diskusi 4: Perlawanan Pattimura

  1. Bagaimana latar belakang perlawanan Pattimura di Maluku dan apa penyebab utama perlawanan tersebut?
  2. Bagaimana strategi Pattimura dalam memimpin perlawanan dan apa hasil dari perlawanan tersebut?
  3. Apa dampak perlawanan Pattimura terhadap masyarakat Maluku dan bagaimana perlawanan ini dikenang dalam sejarah Indonesia?

Topik Diskusi 5: Perlawanan Sisingamangaraja

  1. Apa yang memotivasi Sisingamangaraja untuk melawan penjajah Belanda dan bagaimana strategi yang digunakan dalam perlawanan tersebut?
  2. Bagaimana dampak perlawanan Sisingamangaraja terhadap masyarakat Batak dan pemerintahan kolonial Belanda?
  3. Apa warisan yang ditinggalkan oleh Sisingamangaraja bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia?

Topik Diskusi 6: Perlawanan Sultan Baabullah

  1. Bagaimana latar belakang dan penyebab perlawanan Sultan Baabullah di Ternate terhadap penjajah Portugis?
  2. Bagaimana strategi Sultan Baabullah dalam memimpin perlawanan dan apa hasil dari perlawanan tersebut?
  3. Apa dampak perlawanan Sultan Baabullah terhadap masyarakat Maluku dan bagaimana perlawanan ini mempengaruhi hubungan dengan Portugis?

Topik Diskusi 7: Perlawanan Tokoh Melawan Inggris

  1. Bagaimana perlawanan Sultan Mahmud Badaruddin II terhadap penjajah Inggris di Palembang mempengaruhi masyarakat setempat?
  2. Apa strategi yang digunakan dalam perlawanan tokoh-tokoh lokal terhadap penjajah Inggris di berbagai wilayah Indonesia?
  3. Bagaimana perlawanan melawan Inggris berkontribusi terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia?

Topik Diskusi 8: Perlawanan Melawan Jepang

  1. Bagaimana peran Soekarno dan Sutan Syahrir dalam melawan penjajah Jepang selama masa pendudukan Jepang di Indonesia?
  2. Bagaimana strategi yang digunakan oleh para tokoh perlawanan melawan Jepang untuk membangkitkan semangat nasionalisme di kalangan rakyat Indonesia?
  3. Bagaimana perlawanan melawan Jepang mempengaruhi perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945?

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar