Tahun Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/VIII/D |
Tema |
Perlawanan
Kolonialisme di Indonesia |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil Pelajar Pancasila • Dimensi : Mandiri Elemen :
Pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir
fase 1) Peserta
didik memiliki rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya
dan hasil
belajarnya • Dimensi: Bernalar Kritis Elemen: Analisis Indikator di Akhir Fase:
·
Dimensi:
Berkebhinekaan Global Elemen: Keadilan Sosial Indikator di Akhir Fase:
|
Pemahaman Kontekstual: Perlawanan
Kolonialisme di Indonesia 1. Pengertian Perlawanan Kolonialisme:
2. Sejarah Perlawanan Kolonialisme di
Indonesia:
3. Faktor-Faktor yang Mendorong Perlawanan:
4. Dampak Perlawanan Kolonialisme:
Keterampilan dalam Studi Perlawanan
Kolonialisme di Indonesia 1. Keterampilan Analisis Sejarah:
2. Keterampilan Pemikiran Kritis:
3. Keterampilan Penelitian:
4. Keterampilan Kolaborasi:
|
Sarana
dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor,
LKPD • Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud
dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : PBL Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
presentasi. |
KOMPETENSI
INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik mengenali
konsep dasar ilmu
sejarah yaitu manusia, ruang,
waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan
datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara |
Tujuan
pembelajaran 1.
Siswa
mampu menjelaskan pengertian perlawanan kolonialisme serta faktor-faktor yang
mendorongnya. 2.
Siswa
mampu menganalisis perlawanan terhadap kolonialisme di Indonesia dan
dampaknya terhadap perjuangan kemerdekaan. 3.
Siswa
mampu menilai informasi dan argumen secara kritis terkait perlawanan
kolonialisme dan dampaknya terhadap Indonesia. 4.
Siswa
mampu mengaplikasikan nilai-nilai seperti refleksi, perencanaan, dan
pemikiran strategis dalam memahami perlawanan kolonialisme. 5.
Siswa
dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang mempresentasikan
analisis mereka tentang perlawanan kolonialisme dan dampaknya terhadap
Indonesia. 6.
Siswa
mampu berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dalam tim untuk
mengeksplorasi dan mempresentasikan perlawanan kolonialisme di Indonesia. 7.
Siswa
mampu merefleksikan pemahaman mereka tentang perlawanan kolonialisme dan
bagaimana pengetahuan ini mempengaruhi pandangan mereka tentang sejarah dan
nasionalisme Indonesia. |
Pertanyaan
pematik 1.
Apa yang Anda ketahui tentang
perlawanan kolonialisme di Indonesia? Mengapa rakyat Indonesia melakukan
perlawanan terhadap penjajah? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek
kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah.
·
Sajikan contoh sederhana tentang bagaimana
perlawanan kolonialisme mengubah kehidupan masyarakat di Indonesia.
Diskusikan dengan siswa dampak dari peristiwa tersebut. ·
Motivasi siswa untuk berpikir tentang
bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam memahami dan menghargai sejarah
perlawanan kolonialisme di Indonesia. |
KEGIATAN INTI |
Langkah-langkah:
Kegiatan Penutup, Refleksi, dan Tindak
Lanjut Penutup:
Refleksi:
Tindak Lanjut:
|
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata
Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
Evaluasi
dan Alat Evaluasi
1. Tes
Tertulis:
- Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang konsep
perlawanan kolonialisme dan dampaknya.
- Jenis
Soal:
Pilihan ganda, isian singkat, dan esai.
Soal
Pilihan Ganda:
- Pangeran
Diponegoro adalah tokoh perlawanan yang terkenal karena: a) Melawan
penjajah Inggris di Sumatera b) Memimpin Perang Jawa melawan Belanda c)
Melawan penjajah Portugis di Maluku d) Memimpin perlawanan di Kalimantan
- Perlawanan
Patimura di Maluku dipicu oleh: a) Penindasan dan eksploitasi oleh
pemerintah kolonial Belanda b) Penjajahan oleh bangsa Portugis c) Konflik
internal antar suku d) Perebutan kekuasaan di kerajaan lokal
Soal Isian
Singkat:
1.
Sebutkan dua faktor yang mendorong perlawanan
rakyat Indonesia terhadap kolonialisme.
2.
Jelaskan dampak sosial dari perlawanan Sultan
Agung terhadap penjajah Belanda.
Soal Esai:
1.
Analisis dampak positif dan negatif dari
perlawanan kolonialisme terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.
2.
Diskusikan bagaimana perlawanan Imam Bonjol
mempengaruhi perjuangan kemerdekaan di Sumatera Barat.
2. Proyek
Kelompok:
- Tujuan: Mengukur kemampuan siswa dalam
menganalisis perlawanan kolonialisme dan bekerja sama dalam tim.
- Deskripsi: Siswa dalam kelompok merancang proyek
yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang perlawanan
terhadap kolonialisme. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster,
presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
Kriteria
Penilaian Proyek:
- Kedalaman
Analisis:
Apakah siswa mampu menganalisis perlawanan kolonialisme secara mendalam?
- Kreativitas
dan Inovasi:
Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
- Kualitas
Presentasi:
Apakah presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
- Kerja
Sama Tim:
Apakah seluruh anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?
3.
Presentasi:
- Tujuan: Mengukur kemampuan komunikasi dan
presentasi siswa.
- Deskripsi: Setiap kelompok mempresentasikan proyek
mereka di depan kelas.
Kriteria
Penilaian Presentasi:
- Kejelasan
dan Struktur Presentasi:
Apakah presentasi disampaikan dengan jelas dan terstruktur?
- Penguasaan
Materi:
Apakah siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
- Respons
terhadap Pertanyaan:
Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?
- Visualisasi
dan Media Pendukung:
Apakah visualisasi dan media pendukung membantu memperjelas presentasi?
4.
Kuesioner Refleksi:
- Tujuan: Mengukur pemahaman individu dan refleksi
siswa terhadap proses pembelajaran.
- Deskripsi: Siswa menjawab pertanyaan refleksi
tentang pengalaman belajar mereka.
Pertanyaan
Refleksi:
1.
Apa yang Anda pelajari tentang perlawanan
kolonialisme melalui proyek ini?
2.
Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami
dampak perlawanan kolonialisme terhadap perjuangan kemerdekaan?
3.
Apa bagian yang paling menantang dari proyek
ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
4.
Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim
Anda dalam proyek ini?
Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD)
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas : VIII
Materi : Perlawanan
Kolonialisme di Indonesia
Model
Pembelajaran : Project-Based
Learning (PBL)
Instruksi
Umum:
- Bekerjalah
dalam kelompok yang telah ditentukan.
- Setiap
kelompok akan menerima satu tema terkait Sistem Ekonomi pada Masa Kolonial
(Tanam Paksa, Sewa Tanah)
- Ikuti
langkah-langkah yang ada di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas
kalian.
- Catat
setiap langkah dan hasil diskusi dalam lembar kerja ini.
- Bersiaplah
untuk mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.
Topik
Diskusi 1: Perlawanan Sultan Agung
- Bagaimana
strategi Sultan Agung dalam melawan penjajah Belanda dan apa yang membuat
perlawanan ini begitu signifikan?
- Apa
dampak dari perlawanan Sultan Agung terhadap masyarakat Jawa pada masa
itu?
- Bagaimana
perlawanan Sultan Agung mempengaruhi perjuangan kemerdekaan Indonesia di
masa mendatang?
Topik
Diskusi 2: Perang Diponegoro
- Apa
penyebab utama terjadinya Perang Diponegoro dan bagaimana strategi
Pangeran Diponegoro dalam memimpin perlawanan?
- Bagaimana
dampak Perang Diponegoro terhadap masyarakat Jawa dan pemerintahan
kolonial Belanda?
- Apa
warisan yang ditinggalkan oleh Pangeran Diponegoro bagi perjuangan
kemerdekaan Indonesia?
Topik
Diskusi 3: Perlawanan Imam Bonjol
- Apa
latar belakang perlawanan Imam Bonjol terhadap penjajah Belanda dan
bagaimana strategi yang digunakan dalam perlawanan tersebut?
- Bagaimana
dampak Perang Padri yang dipimpin oleh Imam Bonjol terhadap masyarakat
Minangkabau?
- Apa
peran dan kontribusi Imam Bonjol dalam sejarah perjuangan kemerdekaan
Indonesia?
Topik
Diskusi 4: Perlawanan Pattimura
- Bagaimana
latar belakang perlawanan Pattimura di Maluku dan apa penyebab utama
perlawanan tersebut?
- Bagaimana
strategi Pattimura dalam memimpin perlawanan dan apa hasil dari perlawanan
tersebut?
- Apa
dampak perlawanan Pattimura terhadap masyarakat Maluku dan bagaimana
perlawanan ini dikenang dalam sejarah Indonesia?
Topik
Diskusi 5: Perlawanan Sisingamangaraja
- Apa
yang memotivasi Sisingamangaraja untuk melawan penjajah Belanda dan
bagaimana strategi yang digunakan dalam perlawanan tersebut?
- Bagaimana
dampak perlawanan Sisingamangaraja terhadap masyarakat Batak dan
pemerintahan kolonial Belanda?
- Apa
warisan yang ditinggalkan oleh Sisingamangaraja bagi perjuangan
kemerdekaan Indonesia?
Topik
Diskusi 6: Perlawanan Sultan Baabullah
- Bagaimana
latar belakang dan penyebab perlawanan Sultan Baabullah di Ternate
terhadap penjajah Portugis?
- Bagaimana
strategi Sultan Baabullah dalam memimpin perlawanan dan apa hasil dari
perlawanan tersebut?
- Apa
dampak perlawanan Sultan Baabullah terhadap masyarakat Maluku dan
bagaimana perlawanan ini mempengaruhi hubungan dengan Portugis?
Topik
Diskusi 7: Perlawanan Tokoh Melawan Inggris
- Bagaimana
perlawanan Sultan Mahmud Badaruddin II terhadap penjajah Inggris di
Palembang mempengaruhi masyarakat setempat?
- Apa
strategi yang digunakan dalam perlawanan tokoh-tokoh lokal terhadap
penjajah Inggris di berbagai wilayah Indonesia?
- Bagaimana
perlawanan melawan Inggris berkontribusi terhadap perjuangan kemerdekaan
Indonesia?
Topik
Diskusi 8: Perlawanan Melawan Jepang
- Bagaimana
peran Soekarno dan Sutan Syahrir dalam melawan penjajah Jepang selama masa
pendudukan Jepang di Indonesia?
- Bagaimana
strategi yang digunakan oleh para tokoh perlawanan melawan Jepang untuk
membangkitkan semangat nasionalisme di kalangan rakyat Indonesia?
- Bagaimana
perlawanan melawan Jepang mempengaruhi perjalanan menuju kemerdekaan
Indonesia pada tahun 1945?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar