Tahun
Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/VIII/D |
Tema |
Perkembangan kolonialisme di
Indonesia |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil
Pelajar Pancasila • Dimensi : Mandiri Elemen :
Pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir
fase 1) Peserta didik memiliki rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya
dan hasil
belajarnya • Dimensi : Bergotong-royong Elemen
: Kolaborasi Indikator di akhir
fase 1)
Peserta didik mampu
menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang
lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan
kelompok, memberi semangat kepada orang
lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama |
Pemahaman
Kontekstual: Perkembangan Kolonialisme di Indonesia 1.
Pengertian Kolonialisme:
2.
Sejarah Kolonialisme di Indonesia:
3.
Faktor-Faktor yang Mendorong Kolonialisme:
4.
Dampak Kolonialisme di Indonesia:
Keterampilan
dalam Studi Perkembangan Kolonialisme di Indonesia 1.
Keterampilan Analisis Sejarah:
2.
Keterampilan Pemikiran Kritis:
3.
Keterampilan Kolaborasi:
|
Sarana
dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD • Lingkungan
Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku
Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : PBL Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik mengenali
konsep dasar ilmu
sejarah yaitu manusia, ruang,
waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan
datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara |
Tujuan Pembelajaran. 1.
Siswa
mampu menjelaskan pengertian kolonialisme serta faktor-faktor yang
mendorongnya. 2.
Siswa
mampu menganalisis perkembangan kolonialisme di Indonesia dan dampaknya
terhadap masyarakat dan ekonomi. 3.
Siswa
mampu menilai informasi dan argumen secara kritis terkait kolonialisme dan
dampaknya terhadap Indonesia. 4.
Siswa
mampu mengaplikasikan nilai-nilai seperti refleksi, perencanaan, dan
pemikiran strategis dalam memahami kolonialisme. 5.
Siswa
dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang mempresentasikan
analisis mereka tentang kolonialisme dan dampaknya terhadap Indonesia. 6.
Siswa
mampu berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dalam tim untuk
mengeksplorasi dan mempresentasikan perkembangan kolonialisme di Indonesia |
Pertanyaan
pematik 1.
Apa yang Anda ketahui tentang kolonialisme di
Indonesia? Mengapa bangsa Eropa datang ke Nusantara? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru
menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek
kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah.
Ajak
siswa untuk mengamati dan mengidentifikasi contoh-contoh peninggalan kolonial
di lingkungan sekitar mereka, seperti bangunan, jalan, atau nama tempat.
Diskusikan asal-usul peninggalan tersebut dan bagaimana mereka mempengaruhi
masyarakat saat ini.
|
KEGIATAN INTI |
Penutup:
Refleksi:
Tindak
Lanjut:
|
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501
1 006 |
Evaluasi dan Alat Evaluasi
1. Tes Tertulis:
- Tujuan: Mengukur pemahaman
siswa tentang konsep kolonialisme dan dampaknya.
- Jenis Soal: Pilihan ganda,
isian singkat, dan esai.
Soal Pilihan Ganda:
- Kolonialisme adalah sistem di
mana negara yang lebih kuat mengambil kendali dan menguasai wilayah lain
untuk: a) Membantu negara tersebut berkembang b) Mengeksploitasi sumber
daya alam dan tenaga kerja c) Menyebarkan ilmu pengetahuan d) Melindungi
negara tersebut dari serangan
- Bangsa Eropa yang pertama kali
menguasai perdagangan rempah-rempah di Nusantara adalah: a) Inggris b)
Portugis c) Belanda d) Spanyol
Soal Isian Singkat:
1.
Sebutkan
dua faktor yang mendorong bangsa Eropa untuk datang ke Nusantara.
2.
Jelaskan
dampak negatif dari kolonialisme terhadap masyarakat Indonesia.
Soal Esai:
1.
Analisis
dampak positif dan negatif dari kolonialisme terhadap masyarakat dan ekonomi
Indonesia.
2.
Diskusikan
bagaimana perlawanan terhadap kolonialisme mempengaruhi perjuangan kemerdekaan
Indonesia.
2. Proyek Kelompok:
- Tujuan: Mengukur kemampuan
siswa dalam menganalisis perkembangan kolonialisme di Indonesia dan
bekerja sama dalam tim.
- Deskripsi: Siswa dalam
kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka
tentang kolonialisme. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster,
presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
Kriteria Penilaian Proyek:
- Kedalaman Analisis: Apakah
siswa mampu menganalisis kolonialisme secara mendalam?
- Kreativitas dan Inovasi:
Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
- Kualitas Presentasi: Apakah
presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
- Kerja Sama Tim: Apakah seluruh
anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?
3. Presentasi:
- Tujuan: Mengukur kemampuan
komunikasi dan presentasi siswa.
- Deskripsi: Setiap kelompok
mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
Kriteria Penilaian Presentasi:
- Kejelasan dan Struktur
Presentasi: Apakah presentasi disampaikan dengan jelas dan terstruktur?
- Penguasaan Materi: Apakah
siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
- Respons terhadap Pertanyaan:
Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?
4. Kuesioner Refleksi:
- Tujuan: Mengukur pemahaman
individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran.
- Deskripsi: Siswa menjawab
pertanyaan refleksi tentang pengalaman belajar mereka.
Contoh Pertanyaan Refleksi:
1.
Apa
yang Anda pelajari tentang kolonialisme melalui proyek ini?
2.
Bagaimana
proyek ini membantu Anda memahami dampak kolonialisme terhadap berbagai aspek
kehidupan?
3.
Apa
bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
4.
Bagaimana
Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Mata Pelajaran : IPS
Kelas : VIII
Materi : Perkembangan Kolonialisme di
Indonesia
Model Pembelajaran : Project-Based Learning (PBL)
Instruksi Umum:
- Bekerjalah dalam kelompok yang
telah ditentukan.
- Setiap kelompok akan menerima
satu tema terkait keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan
untuk didiskusikan.
- Ikuti langkah-langkah yang ada
di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
- Catat setiap langkah dan hasil
diskusi dalam lembar kerja ini.
- Bersiaplah untuk
mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.
Langkah-Langkah Kegiatan
Langkah 1: Pertanyaan Pemicu (10
Menit)
- Diskusikan dalam kelompok: "Bagaimana perkembangan
kolonialisme di Indonesia mempengaruhi masyarakat dan ekonomi saat
ini?"
- Catat hasil diskusi awal
kalian di bawah ini:
- Jawaban Diskusi Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 2: Identifikasi Kebutuhan
Pengetahuan (15 Menit)
Apa yang sudah kalian ketahui
tentang kolonialisme di Indonesia?
Pengetahuan Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Apa
yang perlu kalian pelajari lebih lanjut tentang kolonialisme di Indonesia?
Kebutuhan
Pengetahuan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 3: Penyusunan Rencana
Proyek (10 Menit)
- Pilih atau terima tema proyek
yang diberikan guru.
- Jelaskan tujuan proyek kalian.
- Tema Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Tujuan Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 4: Penelitian dan
Pengumpulan Data (30 Menit)
- Lakukan penelitian melalui
berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.
- Dokumentasikan temuan kalian.
- Sumber Penelitian:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Temuan Penelitian:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 5: Pengembangan Proyek (30
Menit)
- Rancang proyek yang akan
mempresentasikan temuan dan analisis kalian tentang keterhubungan masa
lampau, masa kini, dan masa depan.
- Pilih format proyek (laporan
tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter).
- Format Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Rencana Pengembangan Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 6: Persiapan Presentasi (20
Menit)
- Siapkan presentasi proyek
kalian.
- Latih presentasi kalian dalam
kelompok.
- Ringkasan Presentasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Pembagian Tugas Presentasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Panduan Tema Proyek
Tema Proyek:
1.
Studi
Kasus Tokoh atau Peristiwa Penting dalam Sejarah Kolonialisme di Indonesia:
a)
Lakukan
penelitian tentang tokoh atau peristiwa penting dalam sejarah kolonialisme di
Indonesia, seperti Pangeran Diponegoro atau Perang Jawa.
b) Analisis dampak dari tokoh atau
peristiwa tersebut terhadap masyarakat dan ekonomi Indonesia.
c)
Berikan
contoh konkret dan data pendukung.
2.
Analisis
Dampak Kolonialisme terhadap Ekonomi dan Masyarakat Indonesia:
a)
Identifikasi
bagaimana kolonialisme mempengaruhi ekonomi dan masyarakat Indonesia.
b) Analisis dampak ekonomi dan sosial
dari kolonialisme di Indonesia.
c)
Gunakan
data dan literatur untuk mendukung analisis kalian.
3.
Proyek
Kreatif Menggambarkan Kolonialisme dan Dampaknya:
a)
Pilih
berbagai media seperti poster, video, atau esai.
b) Gambarkan bagaimana kolonialisme
mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di Indonesia.
c)
Gunakan
data sejarah dan visualisasi untuk mendukung presentasi kalian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar