Senin, 03 Februari 2025

Modul ajar IPS CP terbaru 2024-2025 kelas 8. Perkembangan kolonialisme di Indonesia

 

Modul Ajar Semester Genap

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/VIII/D

Tema

Perkembangan kolonialisme di Indonesia

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Profil Pelajar Pancasila

 

   Dimensi         : Mandiri

Elemen          :  Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik  memiliki  rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya dan hasil belajarnya

 

   Dimensi : Bergotong-royong

Elemen  : Kolaborasi

Indikator di akhir fase

1)           Peserta didik mampu menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan  dan mencapai tujuan kelompok, memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama

 

Pemahaman Kontekstual: Perkembangan Kolonialisme di Indonesia

1. Pengertian Kolonialisme:

  • Kolonialisme adalah sistem di mana negara yang lebih kuat mengambil kendali dan menguasai wilayah lain yang lebih lemah untuk mengeksploitasi sumber daya alam, tenaga kerja, dan pasar dari wilayah tersebut.

2. Sejarah Kolonialisme di Indonesia:

  • Kolonialisme di Indonesia dimulai pada abad ke-16 ketika bangsa Eropa seperti Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris datang ke Nusantara untuk mencari rempah-rempah.
  • Belanda menjadi kekuatan kolonial dominan melalui Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) dan kemudian pemerintahan kolonial Hindia Belanda yang berlangsung hingga Indonesia merdeka pada tahun 1945.

3. Faktor-Faktor yang Mendorong Kolonialisme:

  • Ekonomi: Keinginan untuk menguasai sumber daya alam seperti rempah-rempah, emas, dan hasil bumi lainnya.
  • Politik: Ambisi untuk memperluas wilayah kekuasaan dan pengaruh politik di Asia Tenggara.
  • Sosial: Penyebaran agama Kristen dan misi untuk "memperadabkan" penduduk asli.
  • Teknologi: Kemajuan dalam navigasi, pembuatan kapal, dan persenjataan yang memungkinkan perjalanan maritim yang lebih jauh dan lebih aman.

4. Dampak Kolonialisme di Indonesia:

  • Positif:
    • Pengenalan teknologi dan sistem pendidikan Barat.
    • Pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, dan pelabuhan.
  • Negatif:
    • Eksploitasi sumber daya alam dan tenaga kerja.
    • Penindasan dan diskriminasi terhadap penduduk asli.
    • Perlawanan dan konflik bersenjata yang menyebabkan penderitaan dan korban jiwa.

Keterampilan dalam Studi Perkembangan Kolonialisme di Indonesia

1. Keterampilan Analisis Sejarah:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menganalisis peristiwa sejarah kolonialisme dan memahami dampaknya terhadap masyarakat Indonesia.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan penelitian tentang periode kolonial tertentu dan menganalisis dampaknya terhadap masyarakat dan ekonomi Indonesia.

2. Keterampilan Pemikiran Kritis:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menilai informasi dan argumen secara kritis terkait kolonialisme.
  • Aktivitas: Siswa dapat diberikan tugas untuk menulis esai yang menghubungkan peristiwa kolonialisme dengan dampaknya pada masyarakat Indonesia saat itu dan sekarang.

3. Keterampilan Kolaborasi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, berbagi tugas, dan mencapai tujuan bersama terkait studi kolonialisme.
  • Aktivitas: Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek tentang perkembangan kolonialisme di Indonesia dan mempresentasikan hasilnya.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : PBL

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara

Tujuan Pembelajaran.

1.       Siswa mampu menjelaskan pengertian kolonialisme serta faktor-faktor yang mendorongnya.

2.       Siswa mampu menganalisis perkembangan kolonialisme di Indonesia dan dampaknya terhadap masyarakat dan ekonomi.

3.       Siswa mampu menilai informasi dan argumen secara kritis terkait kolonialisme dan dampaknya terhadap Indonesia.

4.       Siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai seperti refleksi, perencanaan, dan pemikiran strategis dalam memahami kolonialisme.

5.       Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang mempresentasikan analisis mereka tentang kolonialisme dan dampaknya terhadap Indonesia.

6.       Siswa mampu berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dalam tim untuk mengeksplorasi dan mempresentasikan perkembangan kolonialisme di Indonesia

Pertanyaan pematik

1.     Apa yang Anda ketahui tentang kolonialisme di Indonesia? Mengapa bangsa Eropa datang ke Nusantara?

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

  1. Apersepsi dan Motivasi

Ajak siswa untuk mengamati dan mengidentifikasi contoh-contoh peninggalan kolonial di lingkungan sekitar mereka, seperti bangunan, jalan, atau nama tempat. Diskusikan asal-usul peninggalan tersebut dan bagaimana mereka mempengaruhi masyarakat saat ini.

 

    • Motivasi siswa untuk tidak takut menghadapi tantangan dalam memahami kolonialisme. Ingatkan mereka bahwa dengan pemikiran strategis dan refleksi, mereka dapat mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.

KEGIATAN INTI

  1. Mulai dengan Pertanyaan Pemicu (10 menit):
    • Guru mengajukan pertanyaan pemicu: "Bagaimana perkembangan kolonialisme di Indonesia mempengaruhi masyarakat dan ekonomi saat ini?"
    • Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk memberikan jawaban awal dan mencatat poin-poin penting.
  2. Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (15 menit):
    • Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi apa yang mereka ketahui dan apa yang perlu mereka pelajari lebih lanjut tentang kolonialisme di Indonesia.
    • Setiap kelompok menyusun daftar pertanyaan penelitian yang akan mereka teliti.
  3. Penyusunan Rencana Proyek (10 menit):
    • Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil, dan setiap kelompok memilih atau diberikan satu proyek spesifik terkait kolonialisme di Indonesia untuk dieksplorasi lebih lanjut. Contoh proyek bisa meliputi:
      • Studi kasus tentang tokoh atau peristiwa penting dalam sejarah kolonialisme di Indonesia.
      • Analisis dampak kolonialisme terhadap ekonomi dan masyarakat Indonesia.
      • Proyek kreatif yang menggambarkan kolonialisme dan dampaknya melalui berbagai media (misalnya, poster, video, esai).
  4. Penelitian dan Pengumpulan Data (30 menit):
    • Setiap kelompok melakukan penelitian melalui berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.
    • Siswa mendokumentasikan temuan mereka dalam jurnal kelompok dan mengumpulkan data yang relevan.
  1. Pengembangan Proyek (30 menit):
    • Kelompok siswa merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang perkembangan kolonialisme di Indonesia.
    • Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
    • Siswa mempersiapkan presentasi proyek mereka.
  2. Presentasi Proyek (20 menit):
    • Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
    • Kelompok lain dapat memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman.

 

Penutup:

  • Guru memberikan ringkasan singkat tentang poin-poin utama yang telah dibahas, menekankan pentingnya memahami perkembangan kolonialisme di Indonesia dan dampaknya terhadap masyarakat dan ekonomi.

Refleksi:

  • Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pertanyaan reflektif bisa mencakup: "Apa yang paling mengejutkan atau menarik dari diskusi hari ini?" atau "Bagaimana pengetahuan tentang kolonialisme membantu Anda memahami sejarah Indonesia saat ini?"

Tindak Lanjut:

  • Guru mengajak siswa untuk berpikir tentang langkah konkret yang bisa mereka ambil untuk memperdalam pemahaman mereka tentang sejarah kolonialisme di Indonesia, seperti membaca lebih banyak literatur, mengikuti dokumenter sejarah, atau mengunjungi museum sejarah.

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

Evaluasi dan Alat Evaluasi

1. Tes Tertulis:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang konsep kolonialisme dan dampaknya.
  • Jenis Soal: Pilihan ganda, isian singkat, dan esai.

Soal Pilihan Ganda:

  1. Kolonialisme adalah sistem di mana negara yang lebih kuat mengambil kendali dan menguasai wilayah lain untuk: a) Membantu negara tersebut berkembang b) Mengeksploitasi sumber daya alam dan tenaga kerja c) Menyebarkan ilmu pengetahuan d) Melindungi negara tersebut dari serangan
  2. Bangsa Eropa yang pertama kali menguasai perdagangan rempah-rempah di Nusantara adalah: a) Inggris b) Portugis c) Belanda d) Spanyol

Soal Isian Singkat:

1.     Sebutkan dua faktor yang mendorong bangsa Eropa untuk datang ke Nusantara.

2.     Jelaskan dampak negatif dari kolonialisme terhadap masyarakat Indonesia.

Soal Esai:

1.     Analisis dampak positif dan negatif dari kolonialisme terhadap masyarakat dan ekonomi Indonesia.

2.     Diskusikan bagaimana perlawanan terhadap kolonialisme mempengaruhi perjuangan kemerdekaan Indonesia.

2. Proyek Kelompok:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis perkembangan kolonialisme di Indonesia dan bekerja sama dalam tim.
  • Deskripsi: Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang kolonialisme. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.

Kriteria Penilaian Proyek:

  • Kedalaman Analisis: Apakah siswa mampu menganalisis kolonialisme secara mendalam?
  • Kreativitas dan Inovasi: Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
  • Kualitas Presentasi: Apakah presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
  • Kerja Sama Tim: Apakah seluruh anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?

3. Presentasi:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
  • Deskripsi: Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.

Kriteria Penilaian Presentasi:

  • Kejelasan dan Struktur Presentasi: Apakah presentasi disampaikan dengan jelas dan terstruktur?
  • Penguasaan Materi: Apakah siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
  • Respons terhadap Pertanyaan: Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?

4. Kuesioner Refleksi:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran.
  • Deskripsi: Siswa menjawab pertanyaan refleksi tentang pengalaman belajar mereka.

Contoh Pertanyaan Refleksi:

1.     Apa yang Anda pelajari tentang kolonialisme melalui proyek ini?

2.     Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami dampak kolonialisme terhadap berbagai aspek kehidupan?

3.     Apa bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?

4.     Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?

 

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

 

 

Mata Pelajaran                  : IPS

Kelas                                : VIII

Materi                               : Perkembangan Kolonialisme di Indonesia

Model Pembelajaran          : Project-Based Learning (PBL)

 

 

Instruksi Umum:

  1. Bekerjalah dalam kelompok yang telah ditentukan.
  2. Setiap kelompok akan menerima satu tema terkait keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan untuk didiskusikan.
  3. Ikuti langkah-langkah yang ada di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
  4. Catat setiap langkah dan hasil diskusi dalam lembar kerja ini.
  5. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

 

 

Langkah-Langkah Kegiatan

Langkah 1: Pertanyaan Pemicu (10 Menit)

  • Diskusikan dalam kelompok:   "Bagaimana perkembangan kolonialisme di Indonesia mempengaruhi masyarakat dan ekonomi saat ini?"
  • Catat hasil diskusi awal kalian di bawah ini:
    • Jawaban Diskusi Awal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 2: Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (15 Menit)

Apa yang sudah kalian ketahui tentang kolonialisme di Indonesia?

Pengetahuan Awal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Apa yang perlu kalian pelajari lebih lanjut tentang kolonialisme di Indonesia?

Kebutuhan Pengetahuan: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 3: Penyusunan Rencana Proyek (10 Menit)

  • Pilih atau terima tema proyek yang diberikan guru.
  • Jelaskan tujuan proyek kalian.
    • Tema Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Tujuan Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 4: Penelitian dan Pengumpulan Data (30 Menit)

  • Lakukan penelitian melalui berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.
  • Dokumentasikan temuan kalian.
    • Sumber Penelitian: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Temuan Penelitian: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 5: Pengembangan Proyek (30 Menit)

  • Rancang proyek yang akan mempresentasikan temuan dan analisis kalian tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.
  • Pilih format proyek (laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter).
    • Format Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Rencana Pengembangan Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Langkah 6: Persiapan Presentasi (20 Menit)

  • Siapkan presentasi proyek kalian.
  • Latih presentasi kalian dalam kelompok.
    • Ringkasan Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Pembagian Tugas Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Panduan Tema Proyek

Tema Proyek:

1.     Studi Kasus Tokoh atau Peristiwa Penting dalam Sejarah Kolonialisme di Indonesia:

a)        Lakukan penelitian tentang tokoh atau peristiwa penting dalam sejarah kolonialisme di Indonesia, seperti Pangeran Diponegoro atau Perang Jawa.

b)       Analisis dampak dari tokoh atau peristiwa tersebut terhadap masyarakat dan ekonomi Indonesia.

c)        Berikan contoh konkret dan data pendukung.

2.     Analisis Dampak Kolonialisme terhadap Ekonomi dan Masyarakat Indonesia:

a)        Identifikasi bagaimana kolonialisme mempengaruhi ekonomi dan masyarakat Indonesia.

b)       Analisis dampak ekonomi dan sosial dari kolonialisme di Indonesia.

c)        Gunakan data dan literatur untuk mendukung analisis kalian.

3.     Proyek Kreatif Menggambarkan Kolonialisme dan Dampaknya:

a)        Pilih berbagai media seperti poster, video, atau esai.

b)       Gambarkan bagaimana kolonialisme mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di Indonesia.

c)        Gunakan data sejarah dan visualisasi untuk mendukung presentasi kalian.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar