Senin, 03 Februari 2025

Modul ajar IPS Kelas 8 CP terbaru tahun 2024-2025, Modernisasi

 

Modul Ajar Semester Genap

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/VIII/D

Tema

  Modernisasi

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Profil Pelajar Pancasila

 

   Dimensi         : Mandiri

Elemen          :  Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik  memiliki  rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya dan hasil belajarnya

 

   Dimensi : Bergotong-royong

Elemen  : Kolaborasi

Indikator di akhir fase

1)           Peserta didik mampu menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan  dan mencapai tujuan kelompok, memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan Bersama

 

·         Elemen: Akhlak kepada Sesama

Indikator di Akhir Fase:

  1. Peserta didik menunjukkan sikap sopan santun dalam berinteraksi dengan orang lain.
  2. Peserta didik menghargai perbedaan dan menunjukkan sikap inklusif terhadap semua orang.

 

 

Pemahaman Konseptual: Modernisasi

1. Definisi Modernisasi:

·     Modernisasi adalah proses transformasi yang terjadi pada masyarakat dari kondisi tradisional menuju kondisi modern. Proses ini mencakup perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, dan teknologi.

2. Aspek-Aspek Modernisasi:

1.        Ekonomi: Perubahan dari ekonomi agraris ke ekonomi industri.

2.        Sosial: Perubahan dalam struktur sosial dan pola hidup masyarakat.

3.        Budaya: Perubahan dalam nilai, norma, dan gaya hidup.

4.        Politik: Perubahan dalam sistem pemerintahan dan partisipasi politik.

5.        Teknologi: Penggunaan teknologi canggih dalam berbagai aspek kehidupan.

3. Faktor-Faktor yang Mendorong Modernisasi:

1.      Globalisasi: Interaksi global yang mempercepat penyebaran ide dan teknologi.

2.      Pendidikan: Peningkatan akses dan kualitas pendidikan.

3.      Inovasi Teknologi: Penemuan dan penggunaan teknologi baru.

4.      Kebijakan Pemerintah: Kebijakan yang mendukung pembangunan dan modernisasi.

4. Dampak Modernisasi:

  • Positif:
    • Peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan.
    • Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan.
    • Peningkatan akses terhadap informasi dan pendidikan.
  • Negatif:
    • Kesenjangan sosial dan ekonomi.
    • Erosi budaya tradisional.
    • Degradasi lingkungan.

 

Keterampilan dalam Materi Modernisasi

1. Keterampilan Analisis Sosial:

·       Deskripsi: Kemampuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi modernisasi dan dampaknya terhadap masyarakat.

·       Aktivitas: Siswa dapat melakukan penelitian tentang dampak modernisasi di lingkungan mereka dan menganalisis faktor-faktor yang berperan.

2. Keterampilan Penelitian Sosial:

·       Deskripsi: Kemampuan untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan menyintesis informasi dari berbagai sumber terkait modernisasi.

·       Aktivitas: Siswa dapat melakukan studi kasus tentang perubahan yang terjadi akibat modernisasi dan menyusun laporan penelitian.

3. Keterampilan Berpikir Kritis:

·       Deskripsi: Kemampuan untuk menilai informasi secara kritis, mengidentifikasi berbagai perspektif, dan menyusun argumen yang didukung oleh bukti-bukti.

·       Aktivitas: Siswa dapat diberikan tugas untuk menulis esai yang membahas manfaat dan tantangan modernisasi dari berbagai sudut pandang.

4. Keterampilan Komunikasi:

·       Deskripsi: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan, dengan berbagai pihak tentang isu-isu modernisasi.

·       Aktivitas: Siswa dapat melakukan presentasi tentang hasil penelitian mereka mengenai modernisasi dan berpartisipasi dalam diskusi kelas.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : Two Stay Two Stray

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami proses interaksi sosial, lembaga sosial, dinamika sosial dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan.

.

Tujuan Pembelajaran

1.       Siswa mampu menjelaskan pengertian modernisasi, aspek-aspeknya, dan faktor-faktor yang mendorongnya.

2.       Siswa mampu menganalisis dampak positif dan negatif modernisasi terhadap individu dan masyarakat.

3.       Siswa dapat mengidentifikasi dan memberikan contoh kasus modernisasi yang relevan dalam kehidupan nyata.

4.       Siswa mampu menilai informasi secara kritis dan mengembangkan argumen yang didukung oleh bukti-bukti terkait modernisasi.

5.       Siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai positif seperti inovasi, adaptasi, dan kesetaraan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendukung proses modernisasi yang berkelanjutan.

 

Pertanyaan pematik

1.     Apa yang Anda ketahui tentang modernisasi? Bagaimana modernisasi terjadi dalam kehidupan sehari-hari?

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi:
Ajak siswa untuk berbagi pengalaman tentang perubahan yang mereka alami atau saksikan akibat modernisasi. Tanyakan bagaimana perubahan tersebut mempengaruhi kehidupan mereka dan lingkungan sekitar.

 

Motivasi:
Tekankan bahwa inovasi adalah salah satu kunci utama untuk mencapai modernisasi yang sukses. Ajak siswa untuk memahami bahwa dengan berinovasi, mereka dapat meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi pada kemajuan masyarakat.

KEGIATAN INTI

Kegiatan Inti dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray

Langkah-langkah:

  1. Pembagian Kelompok (10 menit):
    • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 4-5 orang.
    • Setiap kelompok diberikan satu tema spesifik terkait modernisasi untuk didiskusikan. Contoh tema bisa meliputi:
      • Modernisasi dalam aspek ekonomi
      • Modernisasi dalam aspek sosial
      • Modernisasi dalam aspek budaya
      • Modernisasi dalam aspek politik
      • Modernisasi dalam aspek teknologi
  2. Diskusi Kelompok (15 menit):
    • Dua siswa tetap berada di kelompok mereka untuk mendiskusikan dan mencatat poin-poin penting.
    • Dua siswa lainnya berpindah ke kelompok lain untuk mencari informasi tambahan dan berbagi pengetahuan dari kelompok mereka.
  3. Pertukaran Informasi (10 menit):
    • Setelah 10 menit, siswa yang berpindah kembali ke kelompok asal mereka dan berbagi informasi yang mereka peroleh dari kelompok lain.
    • Kelompok mendiskusikan dan mengintegrasikan informasi yang diperoleh untuk memperkaya pemahaman mereka.
  4. Presentasi Kelompok (15 menit):
    • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka kepada seluruh kelas.
    • Kelompok lain dapat memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman.

Kegiatan Penutup, Refleksi, dan Tindak Lanjut

  1. Ringkasan Guru:
    • Guru memberikan ringkasan singkat tentang poin-poin utama yang telah dibahas, menekankan pentingnya memahami modernisasi dan dampaknya terhadap masyarakat.
  2. Diskusi Reflektif:
    • Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
    • Pertanyaan reflektif bisa mencakup: "Apa yang paling mengejutkan atau menarik dari diskusi hari ini?" atau "Bagaimana kita bisa mengambil tindakan positif untuk mendukung modernisasi yang berkelanjutan?"
  3. Rencana Tindak Lanjut:
    • Guru mengajak siswa untuk berpikir tentang langkah konkret yang bisa mereka ambil untuk mendukung modernisasi yang berkelanjutan, seperti mendukung program pendidikan dan inovasi teknologi.

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

Evaluasi dan Alat Evaluasi

1. Tes Tertulis:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang konsep modernisasi dan faktor-faktornya.
  • Contoh Soal:
    1. Jelaskan definisi modernisasi dan sebutkan dua aspek utamanya.
    2. Apa saja faktor-faktor yang mendorong modernisasi dalam masyarakat?
    3. Berikan contoh dampak positif dan negatif dari modernisasi.

2. Proyek Kelompok:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan siswa dalam bekerja sama dan menerapkan pengetahuan tentang modernisasi dalam proyek kreatif.
  • Deskripsi: Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang modernisasi. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
  • Kriteria Penilaian:
    • Kedalaman analisis
    • Kreativitas dan inovasi
    • Kualitas presentasi
    • Kerja sama tim

3. Presentasi:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
  • Deskripsi: Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
  • Kriteria Penilaian:
    • Kejelasan dan struktur presentasi
    • Penguasaan materi
    • Respons terhadap pertanyaan
    • Visualisasi dan media pendukung

Rubrik Penilaian Proyek Kelompok:

  • Kedalaman Analisis (25%):
    • Sangat Baik (25): Analisis mendalam, data lengkap dan akurat.
    • Baik (20): Analisis baik, data cukup lengkap.
    • Cukup (15): Analisis cukup, data kurang lengkap.
    • Kurang (10): Analisis kurang mendalam, data tidak lengkap.
  • Kreativitas dan Inovasi (25%):
    • Sangat Baik (25): Ide sangat kreatif dan inovatif.
    • Baik (20): Ide kreatif dan inovatif.
    • Cukup (15): Ide cukup kreatif, tidak terlalu orisinal.
    • Kurang (10): Ide kurang kreatif dan tidak orisinal.
  • Kualitas Presentasi (25%):
    • Sangat Baik (25): Presentasi sangat jelas, struktur baik.
    • Baik (20): Presentasi jelas, struktur cukup baik.
    • Cukup (15): Presentasi cukup jelas, struktur kurang baik.
    • Kurang (10): Presentasi tidak jelas, struktur tidak baik.
  • Kerja Sama Tim (25%):
    • Sangat Baik (25): Kerja sama tim sangat baik, semua anggota berkontribusi.
    • Baik (20): Kerja sama tim baik, sebagian besar anggota berkontribusi.
    • Cukup (15): Kerja sama tim cukup, beberapa anggota berkontribusi.
    • Kurang (10): Kerja sama tim kurang, kontribusi tidak merata.

Kuesioner Refleksi:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran dan proyek.
  • Contoh Pertanyaan:
    1. Apa yang Anda pelajari tentang modernisasi melalui proyek ini?
    2. Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami dampak modernisasi terhadap berbagai aspek kehidupan?
    3. Apa bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
    4. Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

 

Mata Pelajaran            : IPS

Kelas                           : VIII

Materi                         : Modernisasi

Model Pembelajaran   : Two Stay Two Stray

 

Instruksi Umum:

  1. Bekerjalah dalam kelompok yang telah ditentukan.
  2. Setiap kelompok akan menerima satu tema terkait modernisasi untuk didiskusikan.
  3. Ikuti langkah-langkah yang ada di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
  4. Catat setiap langkah dan hasil diskusi dalam lembar kerja ini.
  5. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

 

Langkah-Langkah Kegiatan

Langkah 1: Pertanyaan Pemicu (10 Menit)

  • Diskusikan dalam kelompok: "Bagaimana modernisasi mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat?"
  • Catat hasil diskusi awal kalian di bawah ini:
    • Jawaban Diskusi Awal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 2: Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (10 Menit)

  • Apa yang sudah kalian ketahui tentang modernisasi?
    • Pengetahuan Awal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  • Apa yang perlu kalian pelajari lebih lanjut tentang modernisasi?
    • Kebutuhan Pengetahuan :……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...

Langkah 3: Diskusi Kelompok (Two Stay, Two Stray) (15 Menit)

  • Dua anggota kelompok tetap berada di kelompok asal untuk mendiskusikan tema yang diberikan.
  • Dua anggota lainnya berpindah ke kelompok lain untuk mencari informasi tambahan dan berbagi pengetahuan dari kelompok mereka.
  • Catat hasil diskusi dari kelompok asal dan kelompok lain di bawah ini:
    • Hasil Diskusi Kelompok Asal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Informasi dari Kelompok Lain :……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Langkah 4: Pertukaran Informasi dan Integrasi (10 Menit)

  • Siswa yang berpindah kembali ke kelompok asal mereka dan berbagi informasi yang diperoleh dari kelompok lain.
  • Integrasikan informasi yang diperoleh untuk memperkaya pemahaman kalian.
  • Catat hasil integrasi informasi di bawah ini:
    • Hasil Integrasi Informasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    •  

Langkah 5: Pengembangan dan Persiapan Presentasi (15 Menit)

  • Rancang presentasi yang memaparkan hasil diskusi dan temuan kalian.
  • Pilih format presentasi (poster, presentasi PowerPoint, atau lainnya).
  • Latih presentasi kalian dalam kelompok.
  • Catat ringkasan presentasi dan pembagian tugas presentasi di bawah ini:
    • Ringkasan Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Pembagian Tugas Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Panduan Tema Proyek

Tema Proyek:

  1. Studi Kasus Modernisasi dalam Aspek Ekonomi:
    • Lakukan penelitian tentang dampak modernisasi pada sektor ekonomi.
    • Analisis perubahan yang terjadi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
    • Jelaskan dampak positif dan negatif dari perubahan tersebut.
  2. Modernisasi dalam Aspek Sosial:
    • Identifikasi dan analisis berbagai perubahan sosial yang terjadi akibat modernisasi.
    • Gunakan data dari wawancara, survei, atau literatur untuk mendukung analisis kalian.
    • Berikan rekomendasi untuk mendukung modernisasi yang berkelanjutan dalam aspek sosial.
  3. Dampak Modernisasi dalam Aspek Budaya:
    • Teliti perubahan budaya yang terjadi akibat modernisasi.
    • Analisis dampak positif dan negatif dari perubahan budaya tersebut.
    • Berikan contoh kasus nyata dan solusi untuk menjaga keseimbangan antara modernisasi dan pelestarian budaya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar