Modul Ajar Semester Genap
Tahun Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/VIII/D |
Tema |
Modernisasi |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil Pelajar Pancasila • Dimensi
: Mandiri Elemen :
Pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir
fase 1) Peserta
didik memiliki rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya
dan hasil
belajarnya • Dimensi : Bergotong-royong Elemen : Kolaborasi Indikator di akhir
fase 1)
Peserta didik mampu
menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang
lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan
kelompok, memberi semangat kepada orang
lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan Bersama ·
Elemen:
Akhlak kepada Sesama Indikator
di Akhir Fase:
|
Pemahaman
Konseptual: Modernisasi 1.
Definisi Modernisasi: ·
Modernisasi
adalah proses transformasi yang terjadi pada masyarakat dari kondisi
tradisional menuju kondisi modern. Proses ini mencakup perubahan dalam
berbagai aspek kehidupan, seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, dan
teknologi. 2.
Aspek-Aspek Modernisasi: 1.
Ekonomi:
Perubahan dari ekonomi agraris ke ekonomi industri. 2.
Sosial:
Perubahan dalam struktur sosial dan pola hidup masyarakat. 3.
Budaya:
Perubahan dalam nilai, norma, dan gaya hidup. 4.
Politik:
Perubahan dalam sistem pemerintahan dan partisipasi politik. 5.
Teknologi:
Penggunaan teknologi canggih dalam berbagai aspek kehidupan. 3.
Faktor-Faktor yang Mendorong Modernisasi: 1. Globalisasi: Interaksi global
yang mempercepat penyebaran ide dan teknologi. 2. Pendidikan: Peningkatan akses dan
kualitas pendidikan. 3. Inovasi Teknologi: Penemuan dan
penggunaan teknologi baru. 4. Kebijakan Pemerintah: Kebijakan
yang mendukung pembangunan dan modernisasi. 4.
Dampak Modernisasi:
Keterampilan
dalam Materi Modernisasi 1.
Keterampilan Analisis Sosial: ·
Deskripsi:
Kemampuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi modernisasi dan
dampaknya terhadap masyarakat. ·
Aktivitas:
Siswa dapat melakukan penelitian tentang dampak modernisasi di lingkungan
mereka dan menganalisis faktor-faktor yang berperan. 2.
Keterampilan Penelitian Sosial: ·
Deskripsi:
Kemampuan untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan menyintesis informasi dari
berbagai sumber terkait modernisasi. ·
Aktivitas:
Siswa dapat melakukan studi kasus tentang perubahan yang terjadi akibat
modernisasi dan menyusun laporan penelitian. 3.
Keterampilan Berpikir Kritis: ·
Deskripsi:
Kemampuan untuk menilai informasi secara kritis, mengidentifikasi berbagai
perspektif, dan menyusun argumen yang didukung oleh bukti-bukti. ·
Aktivitas:
Siswa dapat diberikan tugas untuk menulis esai yang membahas manfaat dan
tantangan modernisasi dari berbagai sudut pandang. 4.
Keterampilan Komunikasi: ·
Deskripsi:
Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan,
dengan berbagai pihak tentang isu-isu modernisasi. ·
Aktivitas:
Siswa dapat melakukan presentasi tentang hasil penelitian mereka mengenai
modernisasi dan berpartisipasi dalam diskusi kelas. |
Sarana dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor,
LKPD • Lingkungan
Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud
dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : Two Stay Two Stray Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik memahami
proses interaksi
sosial, lembaga sosial, dinamika sosial
dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk
untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan. . |
Tujuan Pembelajaran 1. Siswa mampu menjelaskan
pengertian modernisasi, aspek-aspeknya, dan faktor-faktor yang mendorongnya. 2. Siswa mampu menganalisis dampak
positif dan negatif modernisasi terhadap individu dan masyarakat. 3. Siswa dapat mengidentifikasi dan
memberikan contoh kasus modernisasi yang relevan dalam kehidupan nyata. 4. Siswa mampu menilai informasi
secara kritis dan mengembangkan argumen yang didukung oleh bukti-bukti
terkait modernisasi. 5. Siswa mampu mengaplikasikan
nilai-nilai positif seperti inovasi, adaptasi, dan kesetaraan dalam kehidupan
sehari-hari untuk mendukung proses modernisasi yang berkelanjutan. |
Pertanyaan pematik 1. Apa yang Anda ketahui tentang modernisasi? Bagaimana modernisasi
terjadi dalam kehidupan sehari-hari? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah. Apersepsi: Motivasi: |
KEGIATAN INTI |
Kegiatan Inti dengan Model
Pembelajaran Two Stay Two Stray Langkah-langkah:
Kegiatan Penutup, Refleksi, dan
Tindak Lanjut
|
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501
1 006 |
Evaluasi
dan Alat Evaluasi
1.
Tes Tertulis:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman siswa tentang konsep modernisasi dan faktor-faktornya.
- Contoh
Soal:
- Jelaskan definisi modernisasi dan sebutkan dua
aspek utamanya.
- Apa saja faktor-faktor yang mendorong
modernisasi dalam masyarakat?
- Berikan contoh dampak positif dan negatif dari
modernisasi.
2.
Proyek Kelompok:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan siswa dalam bekerja sama dan menerapkan pengetahuan
tentang modernisasi dalam proyek kreatif.
- Deskripsi:
Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan
analisis mereka tentang modernisasi. Proyek bisa berupa laporan tertulis,
poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
- Kriteria
Penilaian:
- Kedalaman analisis
- Kreativitas dan inovasi
- Kualitas presentasi
- Kerja sama tim
3.
Presentasi:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
- Deskripsi:
Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
- Kriteria
Penilaian:
- Kejelasan dan struktur presentasi
- Penguasaan materi
- Respons terhadap pertanyaan
- Visualisasi dan media pendukung
Rubrik
Penilaian Proyek Kelompok:
- Kedalaman
Analisis (25%):
- Sangat Baik (25): Analisis mendalam, data
lengkap dan akurat.
- Baik (20): Analisis baik, data cukup lengkap.
- Cukup (15): Analisis cukup, data kurang
lengkap.
- Kurang (10): Analisis kurang mendalam, data
tidak lengkap.
- Kreativitas
dan Inovasi (25%):
- Sangat Baik (25): Ide sangat kreatif dan
inovatif.
- Baik (20): Ide kreatif dan inovatif.
- Cukup (15): Ide cukup kreatif, tidak terlalu
orisinal.
- Kurang (10): Ide kurang kreatif dan tidak
orisinal.
- Kualitas
Presentasi (25%):
- Sangat Baik (25): Presentasi sangat jelas,
struktur baik.
- Baik (20): Presentasi jelas, struktur cukup
baik.
- Cukup (15): Presentasi cukup jelas, struktur
kurang baik.
- Kurang (10): Presentasi tidak jelas, struktur
tidak baik.
- Kerja
Sama Tim (25%):
- Sangat Baik (25): Kerja sama tim sangat baik,
semua anggota berkontribusi.
- Baik (20): Kerja sama tim baik, sebagian besar
anggota berkontribusi.
- Cukup (15): Kerja sama tim cukup, beberapa
anggota berkontribusi.
- Kurang (10): Kerja sama tim kurang, kontribusi
tidak merata.
Kuesioner
Refleksi:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses
pembelajaran dan proyek.
- Contoh
Pertanyaan:
- Apa yang Anda pelajari tentang modernisasi
melalui proyek ini?
- Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami
dampak modernisasi terhadap berbagai aspek kehidupan?
- Apa bagian yang paling menantang dari proyek
ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
- Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim
Anda dalam proyek ini?
Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas : VIII
Materi :
Modernisasi
Model
Pembelajaran : Two Stay
Two Stray
Instruksi
Umum:
- Bekerjalah dalam kelompok yang telah
ditentukan.
- Setiap kelompok akan menerima satu tema terkait
modernisasi untuk didiskusikan.
- Ikuti langkah-langkah yang ada di lembar kerja
ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
- Catat setiap langkah dan hasil diskusi dalam
lembar kerja ini.
- Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil diskusi
kalian di depan kelas.
Langkah-Langkah
Kegiatan
Langkah
1: Pertanyaan Pemicu (10 Menit)
- Diskusikan dalam kelompok: "Bagaimana
modernisasi mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat?"
- Catat hasil diskusi awal kalian di bawah ini:
- Jawaban
Diskusi Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah
2: Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (10 Menit)
- Apa yang sudah kalian ketahui tentang
modernisasi?
- Pengetahuan
Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa yang perlu kalian pelajari lebih lanjut
tentang modernisasi?
- Kebutuhan
Pengetahuan :……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
Langkah
3: Diskusi Kelompok (Two Stay, Two Stray) (15 Menit)
- Dua anggota kelompok tetap berada di kelompok
asal untuk mendiskusikan tema yang diberikan.
- Dua anggota lainnya berpindah ke kelompok lain
untuk mencari informasi tambahan dan berbagi pengetahuan dari kelompok
mereka.
- Catat hasil diskusi dari kelompok asal dan
kelompok lain di bawah ini:
- Hasil
Diskusi Kelompok Asal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Informasi
dari Kelompok Lain :……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Langkah
4: Pertukaran Informasi dan Integrasi (10 Menit)
- Siswa yang berpindah kembali ke kelompok asal
mereka dan berbagi informasi yang diperoleh dari kelompok lain.
- Integrasikan informasi yang diperoleh untuk
memperkaya pemahaman kalian.
- Catat hasil integrasi informasi di bawah ini:
- Hasil
Integrasi Informasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah
5: Pengembangan dan Persiapan Presentasi (15 Menit)
- Rancang presentasi yang memaparkan hasil
diskusi dan temuan kalian.
- Pilih format presentasi (poster, presentasi
PowerPoint, atau lainnya).
- Latih presentasi kalian dalam kelompok.
- Catat ringkasan presentasi dan pembagian tugas
presentasi di bawah ini:
- Ringkasan
Presentasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Pembagian
Tugas Presentasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Panduan
Tema Proyek
Tema
Proyek:
- Studi
Kasus Modernisasi dalam Aspek Ekonomi:
- Lakukan penelitian tentang dampak modernisasi
pada sektor ekonomi.
- Analisis perubahan yang terjadi dan
faktor-faktor yang mempengaruhinya.
- Jelaskan dampak positif dan negatif dari
perubahan tersebut.
- Modernisasi
dalam Aspek Sosial:
- Identifikasi dan analisis berbagai perubahan
sosial yang terjadi akibat modernisasi.
- Gunakan data dari wawancara, survei, atau
literatur untuk mendukung analisis kalian.
- Berikan rekomendasi untuk mendukung
modernisasi yang berkelanjutan dalam aspek sosial.
- Dampak
Modernisasi dalam Aspek Budaya:
- Teliti perubahan budaya yang terjadi akibat
modernisasi.
- Analisis dampak positif dan negatif dari
perubahan budaya tersebut.
- Berikan contoh kasus nyata dan solusi untuk
menjaga keseimbangan antara modernisasi dan pelestarian budaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar