Tahun
Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/VIII/D |
Tema |
Pergerakan nasional masa
pendudukan Belanda |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil
Pelajar Pancasila • Dimensi : Mandiri Elemen :
Pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir
fase 1) Peserta didik memiliki rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya
dan hasil
belajarnya • Dimensi : Bergotong-royong Elemen
: Kolaborasi Indikator di akhir
fase 1)
Peserta didik mampu
menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang
lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan
kelompok, memberi semangat kepada orang
lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama |
Pemahaman
Kontekstual: Pergerakan Nasional Indonesia 1.
Pengertian Pergerakan Nasional:
2.
Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia:
3.
Faktor-Faktor yang Mendorong Pergerakan Nasional:
4.
Dampak Pergerakan Nasional:
Keterampilan
dalam Studi Pergerakan Nasional Indonesia 1.
Keterampilan Analisis Sejarah:
2.
Keterampilan Pemikiran Kritis:
3.
Keterampilan Kolaborasi:
|
Sarana
dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD • Lingkungan
Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku
Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : PBL Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik mengenali
konsep dasar ilmu
sejarah yaitu manusia, ruang,
waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan
datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara |
Tujuan Pembelajaran 1.
Siswa
mampu menjelaskan pengertian pergerakan nasional serta faktor-faktor yang
mendorongnya. 2.
Siswa
mampu menganalisis pergerakan nasional di Indonesia dan dampaknya terhadap
perjuangan kemerdekaan. 3.
Siswa
mampu menilai informasi dan argumen secara kritis terkait pergerakan nasional
dan dampaknya terhadap Indonesia. 4.
Siswa
mampu mengaplikasikan nilai-nilai seperti refleksi, perencanaan, dan
pemikiran strategis dalam memahami pergerakan nasional. 5.
Siswa
dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang mempresentasikan
analisis mereka tentang pergerakan nasional dan dampaknya terhadap Indonesia. 6.
Siswa
mampu berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dalam tim untuk
mengeksplorasi dan mempresentasikan pergerakan nasional Indonesia. |
Pertanyaan
pematik 1.
Apa yang Anda ketahui tentang pergerakan nasional
di Indonesia? Mengapa rakyat Indonesia melakukan pergerakan nasional? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru
menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek
kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah.
·
Sajikan contoh sederhana tentang bagaimana
pergerakan nasional mengubah kehidupan masyarakat di Indonesia. Diskusikan
dengan siswa dampak dari peristiwa tersebut. ·
Tekankan bahwa mempelajari pergerakan nasional
adalah penting untuk memahami asal-usul dan perkembangan nasionalisme dan
perjuangan kemerdekaan Indonesia. |
KEGIATAN INTI |
Langkah-langkah: 1. Tahap Orientasi Masalah
2. Tahap Pengorganisasian Belajar
1.
Topik 1: Latar Belakang Munculnya Pergerakan
Nasional 2.
Topik 2: Budi Utomo sebagai Pelopor Pergerakan
Nasional 3.
Topik 3: Sarekat Islam dan Peranannya 4.
Topik 4: Indische Partij dan Ideologi
Kebangsaan 5.
Topik 5: Peran Perempuan dalam Pergerakan
Nasional 6.
Topik 6: Tantangan yang Dihadapi Organisasi
Pergerakan Nasional 7.
Topik 7: Kolaborasi dan Konflik Antar
Organisasi Pergerakan 8.
Topik 8: Dampak Pergerakan Nasional terhadap
Kemerdekaan 3. Tahap Investigasi Mandiri
4. Tahap Pengembangan dan Penyajian Solusi
5. Tahap Analisis dan Evaluasi Proses
Kegiatan Penutup, Refleksi, dan Tindak
Lanjut Penutup:
Refleksi:
Tindak Lanjut:
|
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501
1 006 |
Evaluasi dan Alat Evaluasi
1. Tes Tertulis:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman siswa tentang konsep pergerakan nasional dan dampaknya.
- Jenis Soal:
Pilihan ganda, isian singkat, dan esai.
Soal Pilihan Ganda:
- Organisasi pergerakan nasional
pertama yang didirikan di Indonesia adalah: a) Sarekat Islam b) Indische
Partij c) Partai Nasional Indonesia d) Budi Utomo
- Salah satu tokoh utama dalam
pergerakan nasional Indonesia yang juga menjadi proklamator kemerdekaan
adalah: a) Jenderal Sudirman b) Soekarno c) Sutan Syahrir d) Agus Salim
Soal Isian Singkat:
1.
Sebutkan
dua organisasi yang berperan penting dalam pergerakan nasional Indonesia.
2.
Jelaskan
peran kaum terpelajar dalam pergerakan nasional Indonesia.
Soal Esai:
1.
Analisis
dampak positif dan negatif dari pergerakan nasional terhadap perjuangan
kemerdekaan Indonesia.
2.
Diskusikan
bagaimana peran organisasi Budi Utomo dalam membangkitkan semangat nasionalisme
di kalangan rakyat Indonesia.
2. Proyek Kelompok:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis pergerakan nasional dan
bekerja sama dalam tim.
- Deskripsi:
Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan
analisis mereka tentang organisasi atau tokoh pergerakan nasional. Proyek
bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video
dokumenter.
Kriteria Penilaian Proyek:
- Kedalaman Analisis:
Apakah siswa mampu menganalisis pergerakan nasional secara mendalam?
- Kreativitas dan Inovasi:
Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
- Kualitas Presentasi:
Apakah presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
- Kerja Sama Tim:
Apakah seluruh anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?
3. Presentasi:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
- Deskripsi:
Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
Kriteria Penilaian Presentasi:
- Kejelasan dan Struktur
Presentasi: Apakah presentasi disampaikan
dengan jelas dan terstruktur?
- Penguasaan Materi:
Apakah siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
- Respons terhadap Pertanyaan:
Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?
- Visualisasi dan Media
Pendukung: Apakah visualisasi dan media
pendukung membantu memperjelas presentasi?
4. Kuesioner Refleksi:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses
pembelajaran.
- Deskripsi:
Siswa menjawab pertanyaan refleksi tentang pengalaman belajar mereka.
Pertanyaan Refleksi:
1.
Apa
yang Anda pelajari tentang pergerakan nasional melalui proyek ini?
2. Bagaimana proyek ini membantu Anda
memahami dampak pergerakan nasional terhadap berbagai aspek kehidupan?
3.
Apa
bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Mata Pelajaran : IPS
Kelas : VIII
Materi : Pergerakan nasional masa pendudukan
Belanda
Model Pembelajaran : Project-Based Learning (PBL)
Instruksi Umum:
- Bekerjalah dalam kelompok yang
telah ditentukan.
- Setiap kelompok akan menerima
satu tema terkait Sistem Ekonomi pada Masa Kolonial (Tanam Paksa, Sewa
Tanah)
- Ikuti langkah-langkah yang ada
di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
- Catat setiap langkah dan hasil
diskusi dalam lembar kerja ini.
- Bersiaplah untuk
mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.
Topik 1: Latar Belakang Munculnya
Pergerakan Nasional
- Apa saja faktor yang mendorong
munculnya organisasi pergerakan nasional di Indonesia?
- Bagaimana peran politik etis
dalam memunculkan kesadaran nasional?
- Mengapa pendidikan dianggap
sebagai kunci awal dalam perjuangan nasional?
Topik 2: Budi Utomo sebagai Pelopor
Pergerakan Nasional
- Apa tujuan utama pendirian
Budi Utomo, dan bagaimana peran Dr. Wahidin Sudirohusodo dalam organisasi
ini?
- Mengapa Budi Utomo fokus pada
pengembangan pendidikan dan budaya Jawa?
- Bagaimana dampak keberadaan
Budi Utomo terhadap pergerakan nasional lainnya?
Topik 3: Sarekat Islam dan
Peranannya
- Mengapa Sarekat Islam menjadi
organisasi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia?
- Apa perbedaan antara Sarekat
Islam dan organisasi sebelumnya, seperti Budi Utomo?
- Bagaimana pengaruh HOS
Tjokroaminoto dalam memajukan Sarekat Islam sebagai kekuatan politik?
Topik 4: Indische Partij dan
Ideologi Kebangsaan
- Apa tujuan utama yang ingin
dicapai oleh Indische Partij?
- Mengapa Indische Partij
mengalami tekanan kuat dari pemerintah kolonial Belanda?
- Bagaimana ide-ide kebangsaan
dalam Indische Partij memengaruhi perjuangan pergerakan nasional
berikutnya?
Topik 5: Peran Perempuan dalam
Pergerakan Nasional
- Bagaimana peran tokoh
perempuan seperti RA Kartini dan Dewi Sartika dalam pergerakan nasional?
- Mengapa pendidikan bagi
perempuan menjadi salah satu fokus penting dalam pergerakan nasional?
- Bagaimana keterlibatan
perempuan memperkuat perjuangan melawan penjajahan?
Topik 6: Tantangan yang Dihadapi
Organisasi Pergerakan Nasional
- Apa saja hambatan yang
dihadapi organisasi pergerakan nasional dalam menjalankan misinya?
- Bagaimana pemerintah kolonial
Belanda mencoba membendung pergerakan nasional?
- Apa yang dapat dipelajari dari
kegagalan beberapa organisasi pergerakan nasional?
Topik 7: Kolaborasi dan Konflik
Antar Organisasi Pergerakan
- Bagaimana hubungan antara
organisasi seperti Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Indische Partij?
- Apakah perbedaan ideologi di
antara organisasi-organisasi tersebut menghambat perjuangan nasional?
- Bagaimana semangat persatuan
akhirnya terbentuk dalam menghadapi penjajahan?
Topik 8: Dampak Pergerakan Nasional
terhadap Kemerdekaan
- Bagaimana pergerakan nasional
membantu membangun kesadaran kebangsaan di Indonesia?
- Apa dampak jangka panjang
organisasi pergerakan nasional terhadap perjuangan menuju kemerdekaan?
- Apa pelajaran yang dapat
diambil dari pergerakan nasional untuk generasi muda saat ini?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar