Senin, 03 Februari 2025

Modul ajar IPS CP terbaru 2024-2025 kelas 8. Pergerakan nasional masa pendudukan Jepang

 

Modul Ajar Semester Genap

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/VIII/D

Tema

Pergerakan nasional masa pendudukan Jepang

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Profil Pelajar Pancasila

 

   Dimensi         : Mandiri

Elemen          :  Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik  memiliki  rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya dan hasil belajarnya

 

   Dimensi : Bergotong-royong

Elemen  : Kolaborasi

Indikator di akhir fase

1)           Peserta didik mampu menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan  dan mencapai tujuan kelompok, memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan Bersama

 

·       Dimensi: Berkebhinekaan Global

      Elemen: Pemahaman Multikultural

      Indikator di Akhir Fase:

  1. Peserta didik memahami dan menghargai berbagai budaya di Indonesia dan dunia.
  2. Peserta didik mampu berinteraksi dan bekerja sama dengan orang dari berbagai latar belakang budaya dengan sikap yang inklusif.

 

 

Pemahaman Kontekstual: Pergerakan Nasional Indonesia pada Masa Pendudukan Jepang

1. Pengertian Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang:

  • Pergerakan Nasional pada masa pendudukan Jepang adalah usaha yang dilakukan oleh rakyat Indonesia untuk mencapai kemerdekaan di bawah penjajahan Jepang selama Perang Dunia II. Meskipun Jepang awalnya mengklaim sebagai "saudara tua" dan pembebas dari kolonialisme Barat, pada akhirnya mereka juga menindas rakyat Indonesia.

2. Sejarah Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang:

  • Masa pendudukan Jepang di Indonesia berlangsung dari tahun 1942 hingga 1945. Selama periode ini, pergerakan nasional mengalami perubahan strategi dan pendekatan. Tokoh-tokoh seperti Soekarno, Mohammad Hatta, dan Sutan Syahrir berperan penting dalam memobilisasi rakyat dan membentuk organisasi untuk mendukung kemerdekaan.
  • Organisasi seperti Putera (Pusat Tenaga Rakyat) dan Jawa Hokokai digunakan oleh Jepang untuk memobilisasi tenaga kerja, tetapi juga dimanfaatkan oleh para nasionalis untuk menyebarkan ide-ide kemerdekaan.

3. Faktor-Faktor yang Mendorong Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang:

  • Politik: Kekejaman dan penindasan oleh tentara Jepang, serta kesempatan untuk memanfaatkan situasi perang untuk memperjuangkan kemerdekaan.
  • Ekonomi: Kekurangan bahan makanan dan eksploitasi sumber daya alam oleh Jepang.
  • Sosial: Kesadaran akan identitas nasional dan semangat untuk merdeka.
  • Pendidikan: Pemanfaatan propaganda Jepang untuk menyebarkan ide-ide nasionalisme dan mempersiapkan rakyat untuk kemerdekaan.

4. Dampak Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang:

  • Positif:
    • Meningkatkan semangat nasionalisme dan kesiapan untuk merdeka.
    • Membentuk dasar bagi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.
  • Negatif:
    • Kerugian jiwa dan harta benda akibat penindasan oleh tentara Jepang.
    • Eksploitasi dan penindasan terhadap rakyat Indonesia.

Keterampilan dalam Studi Pergerakan Nasional Indonesia pada Masa Pendudukan Jepang

1. Keterampilan Analisis Sejarah:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menganalisis peristiwa sejarah pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang dan memahami dampaknya terhadap perjuangan kemerdekaan.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan penelitian tentang organisasi dan tokoh penting serta menganalisis dampaknya terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.

2. Keterampilan Pemikiran Kritis:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menilai informasi dan argumen secara kritis terkait pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang.
  • Aktivitas: Siswa dapat diberikan tugas untuk menulis esai yang menghubungkan peristiwa pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang dengan dampaknya pada masyarakat Indonesia.

3. Keterampilan Kolaborasi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, berbagi tugas, dan mencapai tujuan bersama terkait studi pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang.
  • Aktivitas: Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek tentang pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang dan mempresentasikan hasilnya.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : PBL

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara

Tujuan Pembelajaran

1.    Siswa mampu menjelaskan pengertian pergerakan nasional serta faktor-faktor yang mendorongnya pada masa pendudukan Jepang.

2.    Siswa mampu menganalisis pergerakan nasional di Indonesia pada masa pendudukan Jepang serta dampaknya terhadap perjuangan kemerdekaan.

3.    Siswa mampu menilai informasi dan argumen secara kritis terkait pergerakan nasional dan dampaknya terhadap Indonesia pada masa pendudukan Jepang.

4.    Siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai seperti refleksi, perencanaan, dan pemikiran strategis dalam memahami pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang.

5.    Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang mempresentasikan analisis mereka tentang pergerakan nasional dan dampaknya terhadap Indonesia pada masa pendudukan Jepang.

Pertanyaan pematik

1.      Apa yang Anda ketahui tentang pergerakan nasional di Indonesia pada masa pendudukan Jepang? Mengapa rakyat Indonesia melakukan pergerakan nasional pada masa ini?

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

  • Apersepsi: Guru menampilkan gambar kondisi Indonesia pada masa pendudukan Jepang (1942-1945) dan bertanya:
    • Apa yang Anda ketahui tentang masa pendudukan Jepang di Indonesia?
    • Apa peran Jepang dalam mempercepat atau memperlambat kemerdekaan Indonesia?
  • Motivasi: Guru menyampaikan pentingnya memahami peristiwa ini sebagai bagian dari sejarah perjuangan bangsa.

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

 

1. Kegiatan Inti (65 menit)

A. Pembentukan Kelompok dan Penyampaian Masalah

  • Siswa dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari 4 orang.
  • Guru memberikan lembar kerja kelompok (LKS) dengan subtopik berbeda, seperti:

1.       Topik 1: Latar Belakang Pendudukan Jepang di Indonesia

2.       Topik 2: Kebijakan Jepang terhadap Indonesia

3.       Topik 3: Peran Organisasi Bentukan Jepang dalam Pergerakan Nasional

4.       Topik 4: Pendidikan dan Propaganda pada Masa Pendudukan Jepang

5.       Topik 5: Dampak Pendudukan Jepang terhadap Rakyat Indonesia

6.       Topik 6: Pemberontakan terhadap Jepang

7.       Topik 7: Janji Kemerdekaan dari Jepang

8.       Topik 8: Dampak Pendudukan Jepang terhadap Pergerakan Nasional

 

B. Diskusi Kelompok Awal

  • Dua siswa dalam setiap kelompok bertugas mendalami materi kelompok mereka (Stay).
  • Dua siswa lainnya bertugas mengunjungi kelompok lain (Stray) untuk mencari informasi tambahan.
  • Setelah kunjungan selesai, siswa yang melakukan Stray kembali ke kelompok asal untuk menyampaikan informasi yang mereka dapatkan.

C. Penyusunan dan Presentasi Hasil Diskusi

  • Kelompok menyusun laporan singkat berdasarkan diskusi.
  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)

  • Refleksi: Guru bersama siswa merangkum pembelajaran hari ini:
    • Apa yang dapat kita pelajari dari kebijakan Jepang terhadap Indonesia?
    • Bagaimana pendudukan Jepang memengaruhi perjuangan menuju kemerdekaan?
  • Evaluasi: Siswa mengerjakan kuis singkat terkait materi pembelajaran.
  • Penutup: Guru memberikan apresiasi atas partisipasi siswa dan memberikan tugas rumah: mencari informasi tentang tokoh pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang.

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

Evaluasi dan Alat Evaluasi

1. Tes Tertulis:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang konsep pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang dan dampaknya.
  • Jenis Soal: Pilihan ganda, isian singkat, dan esai.

Contoh Soal Pilihan Ganda:

  1. Organisasi yang dibentuk oleh Jepang untuk memobilisasi tenaga kerja dan mendukung propaganda adalah: a) Budi Utomo b) Sarekat Islam c) Putera (Pusat Tenaga Rakyat) d) Partai Nasional Indonesia
  2. Salah satu tokoh utama dalam pergerakan nasional Indonesia pada masa pendudukan Jepang adalah: a) Sutan Syahrir b) Kartini c) Tjipto Mangunkusumo d) Soekarno

Contoh Soal Isian Singkat:

  1. Sebutkan dua organisasi yang berperan penting dalam pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang.
  2. Jelaskan peran Soekarno dalam memobilisasi rakyat Indonesia selama masa pendudukan Jepang.

Contoh Soal Esai:

  1. Analisis dampak positif dan negatif dari pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.
  2. Diskusikan bagaimana propaganda Jepang mempengaruhi pergerakan nasional di Indonesia.

2. Proyek Kelompok:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang dan bekerja sama dalam tim.
  • Deskripsi: Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang organisasi atau tokoh pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.

Kriteria Penilaian Proyek:

  • Kedalaman Analisis: Apakah siswa mampu menganalisis pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang secara mendalam?
  • Kreativitas dan Inovasi: Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
  • Kualitas Presentasi: Apakah presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
  • Kerja Sama Tim: Apakah seluruh anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?

3. Presentasi:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
  • Deskripsi: Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.

Kriteria Penilaian Presentasi:

  • Kejelasan dan Struktur Presentasi: Apakah presentasi disampaikan dengan jelas dan terstruktur?
  • Penguasaan Materi: Apakah siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
  • Respons terhadap Pertanyaan: Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?
  • Visualisasi dan Media Pendukung: Apakah visualisasi dan media pendukung membantu memperjelas presentasi?

4. Kuesioner Refleksi:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran.
  • Deskripsi: Siswa menjawab pertanyaan refleksi tentang pengalaman belajar mereka.

Contoh Pertanyaan Refleksi:

  1. Apa yang Anda pelajari tentang pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang melalui proyek ini?
  2. Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami dampak pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang terhadap berbagai aspek kehidupan?
  3. Apa bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
  4. Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

 

 

Mata Pelajaran                  : IPS

Kelas                                : VIII

Materi                               : Pergerakan nasional masa pendudukan Jepang

Model Pembelajaran          : Project-Based Learning (PBL)

 

 

Instruksi Umum:

  1. Bekerjalah dalam kelompok yang telah ditentukan.
  2. Setiap kelompok akan menerima satu tema terkait Sistem Ekonomi pada Masa Kolonial (Tanam Paksa, Sewa Tanah)
  3. Ikuti langkah-langkah yang ada di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
  4. Catat setiap langkah dan hasil diskusi dalam lembar kerja ini.
  5. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

 

Topik 1: Latar Belakang Pendudukan Jepang di Indonesia

  1. Mengapa Jepang dengan cepat dapat menguasai Indonesia pada tahun 1942?
  2. Bagaimana strategi Jepang menarik simpati rakyat Indonesia saat pertama kali datang?
  3. Apa dampak kekalahan Belanda terhadap kondisi politik dan sosial di Indonesia?

Topik 2: Kebijakan Jepang terhadap Indonesia

  1. Apa saja kebijakan utama yang diterapkan Jepang di Indonesia, terutama di bidang ekonomi dan tenaga kerja?
  2. Bagaimana pelaksanaan kerja paksa (Romusha) memengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia?
  3. Apa tujuan Jepang membentuk organisasi seperti PUTERA dan Keibodan?

Topik 3: Peran Organisasi Bentukan Jepang dalam Pergerakan Nasional

  1. Apa tujuan Jepang membentuk organisasi seperti PUTERA dan Jawa Hokokai?
  2. Bagaimana tokoh-tokoh nasional memanfaatkan organisasi Jepang untuk perjuangan kemerdekaan?
  3. Apakah organisasi-organisasi ini lebih membantu Jepang atau justru menjadi sarana perjuangan nasional?

Topik 4: Pendidikan dan Propaganda pada Masa Pendudukan Jepang

  1. Bagaimana kebijakan Jepang di bidang pendidikan memengaruhi masyarakat Indonesia?
  2. Apa saja bentuk propaganda Jepang untuk menarik dukungan rakyat?
  3. Bagaimana rakyat merespons propaganda Jepang yang menjanjikan kemerdekaan?

Topik 5: Dampak Pendudukan Jepang terhadap Rakyat Indonesia

  1. Bagaimana kehidupan ekonomi masyarakat berubah akibat kebijakan Jepang?
  2. Apa dampak pendudukan Jepang terhadap kondisi sosial dan budaya Indonesia?
  3. Apakah pendudukan Jepang memberikan manfaat jangka panjang bagi perjuangan nasional?

Topik 6: Pemberontakan terhadap Jepang

  1. Apa yang menyebabkan rakyat Indonesia melakukan pemberontakan terhadap Jepang?
  2. Bagaimana pemberontakan PETA di Blitar menjadi simbol perlawanan terhadap Jepang?
  3. Apa saja hambatan yang dihadapi rakyat Indonesia dalam melakukan perlawanan terhadap Jepang?

Topik 7: Janji Kemerdekaan dari Jepang

  1. Apa motivasi Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia pada tahun 1944?
  2. Bagaimana janji kemerdekaan ini memengaruhi semangat nasionalisme di kalangan rakyat?
  3. Apakah janji tersebut tulus atau hanya sekadar taktik Jepang?

Topik 8: Dampak Pendudukan Jepang terhadap Pergerakan Nasional

  1. Bagaimana pendudukan Jepang membantu mempersiapkan Indonesia untuk merdeka?
  2. Apa pelajaran yang dapat diambil dari pergerakan nasional selama masa pendudukan Jepang?
  3. Bagaimana pengalaman di masa pendudukan Jepang memengaruhi strategi perjuangan setelah kemerdekaan?

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar