Tahun
Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/VIII/D |
Tema |
Pergerakan nasional masa
pendudukan Jepang |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil
Pelajar Pancasila • Dimensi : Mandiri Elemen :
Pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir
fase 1) Peserta didik memiliki rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya
dan hasil
belajarnya • Dimensi : Bergotong-royong Elemen
: Kolaborasi Indikator di akhir
fase 1)
Peserta didik mampu
menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang
lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan
kelompok, memberi semangat kepada orang
lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan Bersama ·
Dimensi:
Berkebhinekaan Global Elemen: Pemahaman Multikultural Indikator di Akhir Fase:
|
Pemahaman
Kontekstual: Pergerakan Nasional Indonesia pada Masa Pendudukan Jepang 1.
Pengertian Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang:
2.
Sejarah Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang:
3.
Faktor-Faktor yang Mendorong Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang:
4.
Dampak Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang:
Keterampilan
dalam Studi Pergerakan Nasional Indonesia pada Masa Pendudukan Jepang 1.
Keterampilan Analisis Sejarah:
2.
Keterampilan Pemikiran Kritis:
3.
Keterampilan Kolaborasi:
|
Sarana
dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD • Lingkungan
Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku
Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : PBL Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik mengenali
konsep dasar ilmu
sejarah yaitu manusia, ruang,
waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan
datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara |
Tujuan Pembelajaran 1.
Siswa
mampu menjelaskan pengertian pergerakan nasional serta faktor-faktor yang
mendorongnya pada masa pendudukan Jepang. 2.
Siswa
mampu menganalisis pergerakan nasional di Indonesia pada masa pendudukan
Jepang serta dampaknya terhadap perjuangan kemerdekaan. 3.
Siswa
mampu menilai informasi dan argumen secara kritis terkait pergerakan nasional
dan dampaknya terhadap Indonesia pada masa pendudukan Jepang. 4.
Siswa
mampu mengaplikasikan nilai-nilai seperti refleksi, perencanaan, dan
pemikiran strategis dalam memahami pergerakan nasional pada masa pendudukan
Jepang. 5.
Siswa
dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang mempresentasikan
analisis mereka tentang pergerakan nasional dan dampaknya terhadap Indonesia
pada masa pendudukan Jepang. |
Pertanyaan
pematik 1.
Apa yang Anda ketahui tentang pergerakan nasional
di Indonesia pada masa pendudukan Jepang? Mengapa rakyat Indonesia melakukan
pergerakan nasional pada masa ini? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru
menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek
kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah.
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan Pendahuluan (10 menit) 1. Kegiatan Inti (65 menit) A. Pembentukan Kelompok dan Penyampaian
Masalah
1.
Topik 1: Latar Belakang Pendudukan Jepang di
Indonesia 2.
Topik 2: Kebijakan Jepang terhadap Indonesia 3.
Topik 3: Peran Organisasi Bentukan Jepang
dalam Pergerakan Nasional 4.
Topik 4: Pendidikan dan Propaganda pada Masa
Pendudukan Jepang 5.
Topik 5: Dampak Pendudukan Jepang terhadap
Rakyat Indonesia 6.
Topik 6: Pemberontakan terhadap Jepang 7.
Topik 7: Janji Kemerdekaan dari Jepang 8.
Topik 8: Dampak Pendudukan Jepang terhadap
Pergerakan Nasional B. Diskusi Kelompok Awal
C. Penyusunan dan Presentasi Hasil
Diskusi
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
|
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501
1 006 |
Evaluasi dan Alat Evaluasi
1. Tes Tertulis:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman siswa tentang konsep pergerakan nasional pada masa
pendudukan Jepang dan dampaknya.
- Jenis Soal:
Pilihan ganda, isian singkat, dan esai.
Contoh Soal Pilihan Ganda:
- Organisasi yang dibentuk oleh
Jepang untuk memobilisasi tenaga kerja dan mendukung propaganda adalah: a)
Budi Utomo b) Sarekat Islam c) Putera (Pusat Tenaga Rakyat) d) Partai
Nasional Indonesia
- Salah satu tokoh utama dalam
pergerakan nasional Indonesia pada masa pendudukan Jepang adalah: a) Sutan
Syahrir b) Kartini c) Tjipto Mangunkusumo d) Soekarno
Contoh Soal Isian Singkat:
- Sebutkan dua organisasi yang
berperan penting dalam pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang.
- Jelaskan peran Soekarno dalam
memobilisasi rakyat Indonesia selama masa pendudukan Jepang.
Contoh Soal Esai:
- Analisis dampak positif dan
negatif dari pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang terhadap
perjuangan kemerdekaan Indonesia.
- Diskusikan bagaimana
propaganda Jepang mempengaruhi pergerakan nasional di Indonesia.
2. Proyek Kelompok:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis pergerakan nasional pada masa
pendudukan Jepang dan bekerja sama dalam tim.
- Deskripsi:
Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan
analisis mereka tentang organisasi atau tokoh pergerakan nasional pada
masa pendudukan Jepang. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster,
presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
Kriteria Penilaian Proyek:
- Kedalaman Analisis:
Apakah siswa mampu menganalisis pergerakan nasional pada masa pendudukan
Jepang secara mendalam?
- Kreativitas dan Inovasi:
Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
- Kualitas Presentasi:
Apakah presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
- Kerja Sama Tim:
Apakah seluruh anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?
3. Presentasi:
- Tujuan:
Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
- Deskripsi:
Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
Kriteria Penilaian Presentasi:
- Kejelasan dan Struktur
Presentasi: Apakah presentasi disampaikan
dengan jelas dan terstruktur?
- Penguasaan Materi:
Apakah siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
- Respons terhadap Pertanyaan:
Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?
- Visualisasi dan Media
Pendukung: Apakah visualisasi dan media
pendukung membantu memperjelas presentasi?
4. Kuesioner Refleksi:
- Tujuan:
Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses
pembelajaran.
- Deskripsi:
Siswa menjawab pertanyaan refleksi tentang pengalaman belajar mereka.
Contoh Pertanyaan Refleksi:
- Apa yang Anda pelajari tentang
pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang melalui proyek ini?
- Bagaimana proyek ini membantu
Anda memahami dampak pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang
terhadap berbagai aspek kehidupan?
- Apa bagian yang paling
menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
- Bagaimana Anda menilai
kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Mata Pelajaran : IPS
Kelas : VIII
Materi : Pergerakan nasional masa pendudukan Jepang
Model Pembelajaran : Project-Based Learning (PBL)
Instruksi Umum:
- Bekerjalah dalam kelompok yang
telah ditentukan.
- Setiap kelompok akan menerima
satu tema terkait Sistem Ekonomi pada Masa Kolonial (Tanam Paksa, Sewa
Tanah)
- Ikuti langkah-langkah yang ada
di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
- Catat setiap langkah dan hasil
diskusi dalam lembar kerja ini.
- Bersiaplah untuk
mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.
Topik 1: Latar Belakang Pendudukan
Jepang di Indonesia
- Mengapa Jepang dengan cepat
dapat menguasai Indonesia pada tahun 1942?
- Bagaimana strategi Jepang
menarik simpati rakyat Indonesia saat pertama kali datang?
- Apa dampak kekalahan Belanda
terhadap kondisi politik dan sosial di Indonesia?
Topik 2: Kebijakan Jepang terhadap
Indonesia
- Apa saja kebijakan utama yang
diterapkan Jepang di Indonesia, terutama di bidang ekonomi dan tenaga
kerja?
- Bagaimana pelaksanaan kerja
paksa (Romusha) memengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia?
- Apa tujuan Jepang membentuk
organisasi seperti PUTERA dan Keibodan?
Topik 3: Peran Organisasi Bentukan
Jepang dalam Pergerakan Nasional
- Apa tujuan Jepang membentuk
organisasi seperti PUTERA dan Jawa Hokokai?
- Bagaimana tokoh-tokoh nasional
memanfaatkan organisasi Jepang untuk perjuangan kemerdekaan?
- Apakah organisasi-organisasi
ini lebih membantu Jepang atau justru menjadi sarana perjuangan nasional?
Topik 4: Pendidikan dan Propaganda
pada Masa Pendudukan Jepang
- Bagaimana kebijakan Jepang di
bidang pendidikan memengaruhi masyarakat Indonesia?
- Apa saja bentuk propaganda
Jepang untuk menarik dukungan rakyat?
- Bagaimana rakyat merespons
propaganda Jepang yang menjanjikan kemerdekaan?
Topik 5: Dampak Pendudukan Jepang
terhadap Rakyat Indonesia
- Bagaimana kehidupan ekonomi
masyarakat berubah akibat kebijakan Jepang?
- Apa dampak pendudukan Jepang
terhadap kondisi sosial dan budaya Indonesia?
- Apakah pendudukan Jepang
memberikan manfaat jangka panjang bagi perjuangan nasional?
Topik 6: Pemberontakan terhadap
Jepang
- Apa yang menyebabkan rakyat
Indonesia melakukan pemberontakan terhadap Jepang?
- Bagaimana pemberontakan PETA
di Blitar menjadi simbol perlawanan terhadap Jepang?
- Apa saja hambatan yang
dihadapi rakyat Indonesia dalam melakukan perlawanan terhadap Jepang?
Topik 7: Janji Kemerdekaan dari Jepang
- Apa motivasi Jepang
menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia pada tahun 1944?
- Bagaimana janji kemerdekaan
ini memengaruhi semangat nasionalisme di kalangan rakyat?
- Apakah janji tersebut tulus
atau hanya sekadar taktik Jepang?
Topik 8: Dampak Pendudukan Jepang
terhadap Pergerakan Nasional
- Bagaimana pendudukan Jepang
membantu mempersiapkan Indonesia untuk merdeka?
- Apa pelajaran yang dapat
diambil dari pergerakan nasional selama masa pendudukan Jepang?
- Bagaimana pengalaman di masa
pendudukan Jepang memengaruhi strategi perjuangan setelah kemerdekaan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar