Tahun
Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/VIII/D |
Tema |
Penjelajahan Samudra |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil
Pelajar Pancasila • Dimensi : Mandiri Elemen :
Pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir
fase 1) Peserta didik memiliki rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya
dan hasil
belajarnya • Dimensi:
Berkebhinekaan Global Elemen: Pemahaman Multikultural Indikator di Akhir Fase:
·
Dimensi:
Bernalar Kritis Elemen: Analisis Indikator di Akhir Fase:
|
Pemahaman
Kontekstual: Penjelajahan Samudra 1.
Pengertian Penjelajahan Samudra:
2.
Sejarah Penjelajahan Samudra:
3.
Faktor Pendorong Penjelajahan Samudra:
4.
Dampak Penjelajahan Samudra:
Keterampilan
dalam Penjelajahan Samudra 1.
Keterampilan Penelitian Sejarah:
2.
Keterampilan Berpikir Kritis:
3.
Keterampilan Pemecahan Masalah:
4.
Keterampilan Komunikasi:
5.
Keterampilan Kolaborasi:
6.
Keterampilan Refleksi:
|
Sarana
dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD • Lingkungan
Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku
Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : PBL Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik mengenali
konsep dasar ilmu
sejarah yaitu manusia, ruang,
waktu, kronologi, perubahan, dalam
menganalisis keterhubungan
antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan
datang ketika mempelajari sejarah
lokal dan toponimi wilayah serta berbagai
peristiwa atau kejadian penting
dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara |
Tujuan Pembelajaran. 1.
Siswa
mampu menjelaskan pengertian penjelajahan samudra serta faktor-faktor yang
mendorongnya. 2.
Siswa
mampu menganalisis dampak positif dan negatif penjelajahan samudra terhadap
dunia. 3.
Siswa
mampu menilai informasi secara kritis terkait penjelajahan samudra dan
mengembangkan argumen yang didukung oleh bukti-bukti. 4.
Siswa
mampu mengaplikasikan nilai-nilai seperti refleksi, pemecahan masalah, dan
pemikiran strategis dalam memahami penjelajahan samudra. 5.
Siswa
dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang mempresentasikan
analisis mereka tentang penjelajahan samudra dan dampaknya. 6.
Siswa
mampu berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dalam tim untuk
mengeksplorasi dan mempresentasikan penjelajahan samudra. |
Pertanyaan
pematik 1.
Apa yang Anda ketahui tentang penjelajahan samudra?
Mengapa penjelajahan ini penting dalam sejarah dunia? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru
menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek
kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah.
·
Ajak siswa untuk berbagi pengalaman tentang
perjalanan atau petualangan yang pernah mereka lakukan. Tanyakan bagaimana
persiapan dan tantangan yang mereka hadapi selama perjalanan tersebut.
|
KEGIATAN INTI |
Langkah-langkah:
Setiap
kelompok melakukan penelitian melalui berbagai sumber seperti buku, artikel,
wawancara, atau survei. Siswa
mendokumentasikan temuan mereka dalam jurnal kelompok dan mengumpulkan data
yang relevan. 5.
Pengembangan Proyek (30 menit): Kelompok
siswa merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka
tentang penjelajahan samudra. Proyek
bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video
dokumenter. Siswa
mempersiapkan presentasi proyek mereka. 6.
Presentasi Proyek (20 menit): Setiap
kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas. Kelompok
lain dapat memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan untuk memperdalam
pemahaman. 7.
Kegiatan Penutup, Refleksi, dan Tindak
Lanjut Penutup: Guru
memberikan ringkasan singkat tentang poin-poin utama yang telah dibahas,
menekankan pentingnya memahami penjelajahan samudra dan dampaknya terhadap
dunia. Guru
mengucapkan terima kasih kepada siswa atas partisipasi aktif mereka dan
mengapresiasi kerja keras dalam proyek. Refleksi: Guru
mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan
bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pertanyaan
reflektif bisa mencakup: "Apa yang paling mengejutkan atau menarik dari
diskusi hari ini?" atau "Bagaimana pengetahuan tentang penjelajahan
samudra membantu Anda memahami dunia saat ini?" Tindak
Lanjut: Guru
mengajak siswa untuk berpikir tentang langkah konkret yang bisa mereka ambil
untuk memperdalam pemahaman mereka tentang sejarah penjelajahan samudra,
seperti membaca lebih banyak literatur, mengikuti dokumenter sejarah, atau
mengunjungi museum maritim. |
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501
1 006 |
Evaluasi dan Alat Evaluasi
1. Tes Tertulis:
- Tujuan: Mengukur pemahaman
siswa tentang konsep penjelajahan samudra dan dampaknya.
- Jenis Soal: Pilihan ganda,
isian singkat, dan esai.
Soal Pilihan Ganda:
- Penjelajahan samudra dilakukan
oleh bangsa-bangsa Eropa terutama untuk: a) Menemukan sumber daya baru b)
Mengurangi populasi c) Meningkatkan seni dan budaya d) Mendirikan
universitas
- Tokoh penjelajah terkenal dari
Portugal adalah: a) Christopher Columbus b) Vasco da Gama c) Ferdinand
Magellan d) James Cook
Soal Isian Singkat:
- Sebutkan dua faktor yang
mendorong penjelajahan samudra.
- Jelaskan dampak penjelajahan
samudra terhadap perdagangan global.
Soal Esai:
- Analisis dampak positif dan
negatif dari penjelajahan samudra terhadap masyarakat dan dunia.
- Diskusikan bagaimana teknologi
navigasi yang dikembangkan selama periode penjelajahan samudra
mempengaruhi perjalanan maritim.
2. Proyek Kelompok:
- Tujuan: Mengukur kemampuan
siswa dalam menganalisis penjelajahan samudra dan bekerja sama dalam tim.
- Deskripsi: Siswa dalam
kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka
tentang penjelajahan samudra. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster,
presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
Kriteria Penilaian Proyek:
- Kedalaman Analisis: Apakah
siswa mampu menganalisis penjelajahan samudra secara mendalam?
- Kreativitas dan Inovasi:
Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
- Kualitas Presentasi: Apakah
presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
- Kerja Sama Tim: Apakah seluruh
anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?
3. Presentasi:
- Tujuan: Mengukur kemampuan
komunikasi dan presentasi siswa.
- Deskripsi: Setiap kelompok
mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
Kriteria Penilaian Presentasi:
- Kejelasan dan Struktur
Presentasi: Apakah presentasi disampaikan dengan jelas dan terstruktur?
- Penguasaan Materi: Apakah
siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
- Respons terhadap Pertanyaan:
Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?
- Visualisasi dan Media
Pendukung: Apakah visualisasi dan media pendukung membantu memperjelas
presentasi?
4. Kuesioner Refleksi:
- Tujuan: Mengukur pemahaman
individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran.
- Deskripsi: Siswa menjawab
pertanyaan refleksi tentang pengalaman belajar mereka.
Contoh Pertanyaan Refleksi:
1.
Apa
yang Anda pelajari tentang penjelajahan samudra melalui proyek ini?
2.
Bagaimana
proyek ini membantu Anda memahami dampak penjelajahan samudra terhadap berbagai
aspek kehidupan?
3.
Apa
bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
4.
Bagaimana
Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Mata Pelajaran : IPS
Kelas : VIII
Materi : Penjelajahan Samudra
Model Pembelajaran : Project-Based Learning (PBL)
Instruksi Umum:
- Bekerjalah dalam kelompok yang
telah ditentukan.
- Setiap kelompok akan menerima
satu tema terkait keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan
untuk didiskusikan.
- Ikuti langkah-langkah yang ada
di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
- Catat setiap langkah dan hasil
diskusi dalam lembar kerja ini.
- Bersiaplah untuk
mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.
Langkah-Langkah Kegiatan
Langkah 1: Pertanyaan Pemicu (10
Menit)
- Diskusikan dalam kelompok: "Bagaimana penjelajahan samudra
mempengaruhi dunia saat ini dan masa depan?"
- Catat hasil diskusi awal kalian di bawah
ini:
- Jawaban Diskusi Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 2: Identifikasi Kebutuhan
Pengetahuan (15 Menit)
- Apa yang sudah kalian ketahui
tentang penjelajahan samudra?
- Pengetahuan Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
·
Apa
yang perlu kalian pelajari lebih lanjut tentang penjelajahan samudra?
Kebutuhan
Pengetahuan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 3: Penyusunan Rencana
Proyek (10 Menit)
- Pilih atau terima tema proyek
yang diberikan guru.
- Jelaskan tujuan proyek kalian.
- Tema Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Tujuan Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 4: Penelitian dan
Pengumpulan Data (30 Menit)
- Lakukan penelitian melalui
berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.
- Dokumentasikan temuan kalian.
- Sumber Penelitian:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Temuan Penelitian:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 5: Pengembangan Proyek (30
Menit)
- Rancang proyek yang akan
mempresentasikan temuan dan analisis kalian tentang keterhubungan masa
lampau, masa kini, dan masa depan.
- Pilih format proyek (laporan
tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter).
- Format Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Rencana Pengembangan Proyek:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 6: Persiapan Presentasi (20
Menit)
- Siapkan presentasi proyek
kalian.
- Latih presentasi kalian dalam
kelompok.
- Ringkasan Presentasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Pembagian Tugas Presentasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Panduan Tema Proyek
Tema Proyek:
- Studi Kasus Tokoh Penjelajah
Terkenal dan Ekspedisi Mereka:
- Lakukan penelitian tentang
tokoh penjelajah terkenal seperti Vasco da Gama, Christopher Columbus,
atau Ferdinand Magellan.
- Analisis ekspedisi mereka dan
dampaknya terhadap dunia.
- Berikan contoh konkret dan
data pendukung.
- Analisis Dampak Penjelajahan
Samudra terhadap Perdagangan dan Ekonomi Global:
- Identifikasi bagaimana
penjelajahan samudra mempengaruhi perdagangan dan ekonomi global.
- Analisis dampak ekonomi dari
penjelajahan samudra.
- Gunakan data dan literatur
untuk mendukung analisis kalian.
- Proyek Kreatif Menggambarkan
Penjelajahan Samudra dan Dampaknya:
- Pilih berbagai media seperti
poster, video, atau esai.
- Gambarkan bagaimana
penjelajahan samudra mempengaruhi berbagai aspek kehidupan.
- Gunakan data sejarah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar