Senin, 03 Februari 2025

Modul ajar IPS CP terbaru 2024-2025 kelas 8. Penjelajahan Samudra

 

Modul Ajar Semester Genap

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/VIII/D

Tema

Penjelajahan Samudra

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Profil Pelajar Pancasila

 

   Dimensi         : Mandiri

Elemen          :  Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik  memiliki  rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya dan hasil belajarnya

 

   Dimensi: Berkebhinekaan Global

      Elemen: Pemahaman Multikultural

      Indikator di Akhir Fase:

  1. Peserta didik memahami dan menghargai berbagai budaya di Indonesia dan dunia.
  2. Peserta didik mampu berinteraksi dan bekerja sama dengan orang dari berbagai latar belakang budaya dengan sikap yang inklusif.

 

·       Dimensi: Bernalar Kritis

      Elemen: Analisis

      Indikator di Akhir Fase:

  1. Peserta didik mampu mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dengan kritis.
  2. Peserta didik mampu menganalisis informasi secara objektif dan logis.

 

 

Pemahaman Kontekstual: Penjelajahan Samudra

1. Pengertian Penjelajahan Samudra:

  • Penjelajahan samudra adalah eksplorasi laut yang dilakukan oleh bangsa-bangsa atau individu untuk menemukan wilayah baru, mencari sumber daya, atau memperluas pengaruh politik dan ekonomi. Penjelajahan samudra sering kali melibatkan pelayaran jarak jauh melintasi lautan yang luas dan tak dikenal.

2. Sejarah Penjelajahan Samudra:

  • Era penjelajahan samudra dimulai pada abad ke-15 hingga abad ke-17, dengan negara-negara seperti Portugal dan Spanyol memimpin ekspedisi maritim. Beberapa penjelajah terkenal termasuk Christopher Columbus, Vasco da Gama, dan Ferdinand Magellan.

3. Faktor Pendorong Penjelajahan Samudra:

  • Ekonomi: Mencari jalur perdagangan baru, sumber daya alam, dan kekayaan.
  • Politik: Memperluas kekuasaan dan pengaruh kerajaan atau negara.
  • Agama: Menyebarkan agama dan keyakinan ke wilayah baru.
  • Teknologi: Kemajuan dalam navigasi dan teknologi kapal.

4. Dampak Penjelajahan Samudra:

  • Positif:
    • Penemuan wilayah baru dan pembukaan jalur perdagangan global.
    • Pertukaran budaya dan teknologi antarbangsa.
  • Negatif:
    • Penjajahan dan eksploitasi wilayah yang ditemukan.
    • Penyebaran penyakit dan konflik dengan penduduk asli.

 

Keterampilan dalam Penjelajahan Samudra

1. Keterampilan Penelitian Sejarah:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyintesis informasi dari berbagai sumber terkait penjelajahan samudra.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan penelitian tentang penjelajah terkenal dan menganalisis dampaknya terhadap dunia saat ini.

2. Keterampilan Berpikir Kritis:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menilai informasi secara kritis, mengidentifikasi berbagai perspektif, dan menyusun argumen yang didukung oleh bukti-bukti.
  • Aktivitas: Siswa dapat diberikan tugas untuk menulis esai yang membahas dampak positif dan negatif penjelajahan samudra dari berbagai sudut pandang.

3. Keterampilan Pemecahan Masalah:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah yang muncul selama penjelajahan samudra dan mencari solusi kreatif.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan simulasi atau studi kasus tentang tantangan yang dihadapi oleh para penjelajah dan cara mengatasinya.

4. Keterampilan Komunikasi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan, dengan berbagai pihak tentang isu-isu penjelajahan samudra.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan presentasi tentang hasil penelitian mereka mengenai penjelajahan samudra dan berpartisipasi dalam diskusi kelas.

5. Keterampilan Kolaborasi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, berbagi tugas, dan mencapai tujuan bersama terkait studi penjelajahan samudra.
  • Aktivitas: Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek tentang penjelajahan samudra dan mempresentasikan hasilnya.

6. Keterampilan Refleksi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk merefleksikan pengalaman belajar dan mengevaluasi proses serta hasil pembelajaran tentang penjelajahan samudra.
  • Aktivitas: Siswa dapat menulis jurnal refleksi tentang pemahaman mereka terhadap penjelajahan samudra dan bagaimana hal ini mempengaruhi pandangan mereka tentang dunia.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : PBL

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mengenali konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan, dalam menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara

Tujuan Pembelajaran.

1.       Siswa mampu menjelaskan pengertian penjelajahan samudra serta faktor-faktor yang mendorongnya.

2.       Siswa mampu menganalisis dampak positif dan negatif penjelajahan samudra terhadap dunia.

3.       Siswa mampu menilai informasi secara kritis terkait penjelajahan samudra dan mengembangkan argumen yang didukung oleh bukti-bukti.

4.       Siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai seperti refleksi, pemecahan masalah, dan pemikiran strategis dalam memahami penjelajahan samudra.

5.       Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek yang mempresentasikan analisis mereka tentang penjelajahan samudra dan dampaknya.

6.       Siswa mampu berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dalam tim untuk mengeksplorasi dan mempresentasikan penjelajahan samudra.

 

Pertanyaan pematik

1.     Apa yang Anda ketahui tentang penjelajahan samudra? Mengapa penjelajahan ini penting dalam sejarah dunia?

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

  1. Apersepsi dan Motivasi

·       Ajak siswa untuk berbagi pengalaman tentang perjalanan atau petualangan yang pernah mereka lakukan. Tanyakan bagaimana persiapan dan tantangan yang mereka hadapi selama perjalanan tersebut.

 

    • Motivasi siswa untuk berpikir tentang bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam memahami dan menghargai sejarah penjelajahan samudra.

KEGIATAN INTI

Langkah-langkah:

  1. Mulai dengan Pertanyaan Pemicu (10 menit):
    • Guru mengajukan pertanyaan pemicu: "Bagaimana penjelajahan samudra mempengaruhi dunia saat ini dan masa depan?"
    • Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk memberikan jawaban awal dan mencatat poin-poin penting.
  2. Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (15 menit):
    • Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi apa yang mereka ketahui dan apa yang perlu mereka pelajari lebih lanjut tentang penjelajahan samudra.
    • Setiap kelompok menyusun daftar pertanyaan penelitian yang akan mereka teliti.
  3. Penyusunan Rencana Proyek (10 menit):
    • Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil, dan setiap kelompok memilih atau diberikan satu proyek spesifik terkait penjelajahan samudra untuk dieksplorasi lebih lanjut. Contoh proyek bisa meliputi:
      • Studi kasus tentang tokoh penjelajah terkenal dan ekspedisi mereka.
      • Analisis dampak penjelajahan samudra terhadap perdagangan dan ekonomi global.
      • Proyek kreatif yang menggambarkan penjelajahan samudra dan dampaknya melalui berbagai media (misalnya, poster, video, esai).
  4. Penelitian dan Pengumpulan Data (30 menit):

Setiap kelompok melakukan penelitian melalui berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.

Siswa mendokumentasikan temuan mereka dalam jurnal kelompok dan mengumpulkan data yang relevan.

5.       Pengembangan Proyek (30 menit):

Kelompok siswa merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang penjelajahan samudra.

Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.

Siswa mempersiapkan presentasi proyek mereka.

6.       Presentasi Proyek (20 menit):

Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.

Kelompok lain dapat memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman.

7.       Kegiatan Penutup, Refleksi, dan Tindak Lanjut

Penutup:

Guru memberikan ringkasan singkat tentang poin-poin utama yang telah dibahas, menekankan pentingnya memahami penjelajahan samudra dan dampaknya terhadap dunia.

Guru mengucapkan terima kasih kepada siswa atas partisipasi aktif mereka dan mengapresiasi kerja keras dalam proyek.

Refleksi:

Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan reflektif bisa mencakup: "Apa yang paling mengejutkan atau menarik dari diskusi hari ini?" atau "Bagaimana pengetahuan tentang penjelajahan samudra membantu Anda memahami dunia saat ini?"

Tindak Lanjut:

Guru mengajak siswa untuk berpikir tentang langkah konkret yang bisa mereka ambil untuk memperdalam pemahaman mereka tentang sejarah penjelajahan samudra, seperti membaca lebih banyak literatur, mengikuti dokumenter sejarah, atau mengunjungi museum maritim.

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

Evaluasi dan Alat Evaluasi

1. Tes Tertulis:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang konsep penjelajahan samudra dan dampaknya.
  • Jenis Soal: Pilihan ganda, isian singkat, dan esai.

Soal Pilihan Ganda:

  1. Penjelajahan samudra dilakukan oleh bangsa-bangsa Eropa terutama untuk: a) Menemukan sumber daya baru b) Mengurangi populasi c) Meningkatkan seni dan budaya d) Mendirikan universitas
  2. Tokoh penjelajah terkenal dari Portugal adalah: a) Christopher Columbus b) Vasco da Gama c) Ferdinand Magellan d) James Cook

Soal Isian Singkat:

  1. Sebutkan dua faktor yang mendorong penjelajahan samudra.
  2. Jelaskan dampak penjelajahan samudra terhadap perdagangan global.

Soal Esai:

  1. Analisis dampak positif dan negatif dari penjelajahan samudra terhadap masyarakat dan dunia.
  2. Diskusikan bagaimana teknologi navigasi yang dikembangkan selama periode penjelajahan samudra mempengaruhi perjalanan maritim.

2. Proyek Kelompok:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis penjelajahan samudra dan bekerja sama dalam tim.
  • Deskripsi: Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang penjelajahan samudra. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.

Kriteria Penilaian Proyek:

  • Kedalaman Analisis: Apakah siswa mampu menganalisis penjelajahan samudra secara mendalam?
  • Kreativitas dan Inovasi: Apakah proyek menunjukkan ide-ide yang kreatif dan inovatif?
  • Kualitas Presentasi: Apakah presentasi jelas, terstruktur, dan menarik?
  • Kerja Sama Tim: Apakah seluruh anggota kelompok berkontribusi dalam proyek?

3. Presentasi:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
  • Deskripsi: Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.

Kriteria Penilaian Presentasi:

  • Kejelasan dan Struktur Presentasi: Apakah presentasi disampaikan dengan jelas dan terstruktur?
  • Penguasaan Materi: Apakah siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi?
  • Respons terhadap Pertanyaan: Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik?
  • Visualisasi dan Media Pendukung: Apakah visualisasi dan media pendukung membantu memperjelas presentasi?

4. Kuesioner Refleksi:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran.
  • Deskripsi: Siswa menjawab pertanyaan refleksi tentang pengalaman belajar mereka.

Contoh Pertanyaan Refleksi:

1.     Apa yang Anda pelajari tentang penjelajahan samudra melalui proyek ini?

2.     Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami dampak penjelajahan samudra terhadap berbagai aspek kehidupan?

3.     Apa bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?

4.     Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

 

 

Mata Pelajaran                  : IPS

Kelas                                : VIII

Materi                               : Penjelajahan Samudra

Model Pembelajaran          : Project-Based Learning (PBL)

 

 

Instruksi Umum:

  1. Bekerjalah dalam kelompok yang telah ditentukan.
  2. Setiap kelompok akan menerima satu tema terkait keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan untuk didiskusikan.
  3. Ikuti langkah-langkah yang ada di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
  4. Catat setiap langkah dan hasil diskusi dalam lembar kerja ini.
  5. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

 

 

Langkah-Langkah Kegiatan

Langkah 1: Pertanyaan Pemicu (10 Menit)

  • Diskusikan dalam kelompok:   "Bagaimana penjelajahan samudra mempengaruhi dunia saat ini dan masa depan?"
  •   Catat hasil diskusi awal kalian di bawah ini:
    • Jawaban Diskusi Awal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 2: Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (15 Menit)

  • Apa yang sudah kalian ketahui tentang penjelajahan samudra?
    • Pengetahuan Awal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

·       Apa yang perlu kalian pelajari lebih lanjut tentang penjelajahan samudra?

Kebutuhan Pengetahuan: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 3: Penyusunan Rencana Proyek (10 Menit)

  • Pilih atau terima tema proyek yang diberikan guru.
  • Jelaskan tujuan proyek kalian.
    • Tema Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Tujuan Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 4: Penelitian dan Pengumpulan Data (30 Menit)

  • Lakukan penelitian melalui berbagai sumber seperti buku, artikel, wawancara, atau survei.
  • Dokumentasikan temuan kalian.
    • Sumber Penelitian: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Temuan Penelitian: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 5: Pengembangan Proyek (30 Menit)

  • Rancang proyek yang akan mempresentasikan temuan dan analisis kalian tentang keterhubungan masa lampau, masa kini, dan masa depan.
  • Pilih format proyek (laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter).
    • Format Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Rencana Pengembangan Proyek: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Langkah 6: Persiapan Presentasi (20 Menit)

  • Siapkan presentasi proyek kalian.
  • Latih presentasi kalian dalam kelompok.
    • Ringkasan Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Pembagian Tugas Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Panduan Tema Proyek

Tema Proyek:

  1. Studi Kasus Tokoh Penjelajah Terkenal dan Ekspedisi Mereka:
    • Lakukan penelitian tentang tokoh penjelajah terkenal seperti Vasco da Gama, Christopher Columbus, atau Ferdinand Magellan.
    • Analisis ekspedisi mereka dan dampaknya terhadap dunia.
    • Berikan contoh konkret dan data pendukung.
  2. Analisis Dampak Penjelajahan Samudra terhadap Perdagangan dan Ekonomi Global:
    • Identifikasi bagaimana penjelajahan samudra mempengaruhi perdagangan dan ekonomi global.
    • Analisis dampak ekonomi dari penjelajahan samudra.
    • Gunakan data dan literatur untuk mendukung analisis kalian.
  3. Proyek Kreatif Menggambarkan Penjelajahan Samudra dan Dampaknya:
    • Pilih berbagai media seperti poster, video, atau esai.
    • Gambarkan bagaimana penjelajahan samudra mempengaruhi berbagai aspek kehidupan.
    • Gunakan data sejarah

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar