Tahun
Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/VIII/D |
Tema |
Dampak
Dinamika Sosial terhadap Kehidupan Masyarakat |
Submateri |
Peserta
didik memahami dinamika sosial, dan perubahan sistem sosial budaya dalam
masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip
kebhinekaan. |
Alokasi Waktu |
3 x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Profil
Pelajar Pancasila • Dimensi : Mandiri Elemen :
Pemahaman diri dan situasi yang
dihadapi Indikator di akhir
fase 1) Peserta didik memiliki rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya
dan hasil
belajarnya • Dimensi : Bergotong-royong Elemen
: Kolaborasi Indikator di akhir
fase 1)
Peserta didik mampu
menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang
lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan
kelompok, memberi semangat kepada orang
lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan Bersama ·
Dimensi:
Kebhinekaan Global Elemen: Kesadaran Global Indikator di Akhir Fase:
|
Pemahaman Konseptual: Dampak
Dinamika Sosial terhadap Kehidupan Masyarakat 1. Definisi Dinamika Sosial:
2. Dampak Dinamika Sosial
terhadap Kehidupan Masyarakat:
Keterampilan dalam Dampak
Dinamika Sosial 1. Keterampilan Analisis Sosial:
2. Keterampilan Berpikir Kritis:
3. Keterampilan Kolaborasi:
|
Sarana
dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD • Lingkungan
Belajar: Ruangan Kelas • Sumber Belajar: Buku
Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran : Two Stay Two Stray Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik memahami
proses interaksi
sosial, lembaga sosial, dinamika sosial
dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk
untuk mewujudkan integrasi
bangsa dengan prinsip kebhinekaan. . |
Tujuan Pembelajaran. Peserta didik mampu:
|
Pertanyaan
pematik 1.
Dapatkah Anda memberikan
contoh perubahan sosial dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, atau politik
yang pernah Anda lihat atau alami? |
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru
menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek
kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah. Apersepsi: Motivasi: |
KEGIATAN INTI |
Langkah-langkah:
Kegiatan
Penutup, Refleksi, dan Tindak Lanjut
|
Mengetahui, Kepala SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang, 1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116
199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501
1 006 |
Evaluasi dan Alat Evaluasi
1. Tes Tertulis:
- Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang konsep
dinamika sosial dan dampaknya.
- Contoh
Soal:
- Jelaskan definisi dinamika sosial dan sebutkan
dua aspek utamanya.
- Apa saja faktor-faktor yang mendorong dinamika
sosial dalam masyarakat?
- Berikan contoh dampak positif dan negatif dari
dinamika sosial.
2. Proyek Kelompok:
- Tujuan: Mengukur kemampuan siswa dalam bekerja sama
dan menerapkan pengetahuan tentang dinamika sosial dalam proyek kreatif.
- Deskripsi: Siswa dalam kelompok merancang proyek yang
mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang dampak dinamika
sosial. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi
PowerPoint, atau video dokumenter.
- Kriteria
Penilaian:
- Kedalaman analisis
- Kreativitas dan inovasi
- Kualitas presentasi
- Kerja sama tim
3. Presentasi:
- Tujuan: Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi
siswa.
- Deskripsi: Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka
di depan kelas.
- Kriteria
Penilaian:
- Kejelasan dan struktur presentasi
- Penguasaan materi
- Respons terhadap pertanyaan
- Visualisasi dan media pendukung
Rubrik Penilaian Proyek Kelompok:
- Kedalaman
Analisis (25%):
- Sangat Baik (25): Analisis mendalam, data
lengkap dan akurat.
- Baik (20): Analisis baik, data cukup lengkap.
- Cukup (15): Analisis cukup, data kurang
lengkap.
- Kurang (10): Analisis kurang mendalam, data
tidak lengkap.
- Kreativitas
dan Inovasi (25%):
- Sangat Baik (25): Ide sangat kreatif dan
inovatif.
- Baik (20): Ide kreatif dan inovatif.
- Cukup (15): Ide cukup kreatif, tidak terlalu
orisinal.
- Kurang (10): Ide kurang kreatif dan tidak
orisinal.
- Kualitas
Presentasi (25%):
- Sangat Baik (25): Presentasi sangat jelas,
struktur baik.
- Baik (20): Presentasi jelas, struktur cukup
baik.
- Cukup (15): Presentasi cukup jelas, struktur
kurang baik.
- Kurang (10): Presentasi tidak jelas, struktur
tidak baik.
- Kerja
Sama Tim (25%):
- Sangat Baik (25): Kerja sama tim sangat baik,
semua anggota berkontribusi.
- Baik (20): Kerja sama tim baik, sebagian besar
anggota berkontribusi.
- Cukup (15): Kerja sama tim cukup, beberapa
anggota berkontribusi.
- Kurang (10): Kerja sama tim kurang, kontribusi
tidak merata.
Kuesioner Refleksi:
- Tujuan: Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa
terhadap proses pembelajaran dan proyek.
- Contoh
Pertanyaan:
- Apa yang Anda pelajari tentang dampak dinamika
sosial melalui proyek ini?
- Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami
dampak dinamika sosial terhadap berbagai aspek kehidupan?
- Apa bagian yang paling menantang dari proyek
ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
- Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim
Anda dalam proyek ini?
Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
Mata Pelajaran: IPS
Kelas: VIII
Materi: Dampak Dinamika Sosial terhadap Kehidupan
Masyarakat
Model Pembelajaran: Two Stay Two Stray
Instruksi Umum:
- Bekerjalah dalam kelompok yang telah
ditentukan.
- Setiap kelompok akan menerima satu tema terkait
dampak dinamika sosial untuk didiskusikan.
- Ikuti langkah-langkah yang ada di lembar kerja
ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
- Catat setiap langkah dan hasil diskusi dalam
lembar kerja ini.
- Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil diskusi
kalian di depan kelas.
Langkah-Langkah Kegiatan
Langkah 1: Pertanyaan Pemicu (10
Menit)
- Diskusikan dalam kelompok: "Bagaimana
dinamika sosial mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat?"
- Catat hasil diskusi awal kalian di bawah ini:
- Jawaban
Diskusi Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 2: Identifikasi Kebutuhan
Pengetahuan (10 Menit)
- Apa yang sudah kalian ketahui tentang dinamika
sosial?
- Pengetahuan
Awal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa yang perlu kalian pelajari lebih lanjut
tentang dinamika sosial?
- Kebutuhan
Pengetahuan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 3: Diskusi Kelompok (Two
Stay, Two Stray) (15 Menit)
- Dua anggota kelompok tetap berada di kelompok
asal untuk mendiskusikan tema yang diberikan.
- Dua anggota lainnya berpindah ke kelompok lain
untuk mencari informasi tambahan dan berbagi pengetahuan dari kelompok
mereka.
- Catat hasil diskusi dari kelompok asal dan
kelompok lain di bawah ini:
- Hasil
Diskusi Kelompok Asal:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Informasi
dari Kelompok Lain:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 4: Pertukaran Informasi dan
Integrasi (10 Menit)
- Siswa yang berpindah kembali ke kelompok asal
mereka dan berbagi informasi yang diperoleh dari kelompok lain.
- Integrasikan informasi yang diperoleh untuk
memperkaya pemahaman kalian.
- Catat hasil integrasi informasi di bawah ini:
- Hasil
Integrasi Informasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Langkah 5: Pengembangan dan
Persiapan Presentasi (15 Menit)
- Rancang presentasi yang memaparkan hasil
diskusi dan temuan kalian.
- Pilih format presentasi (poster, presentasi
PowerPoint, atau lainnya).
- Latih presentasi kalian dalam kelompok.
- Catat ringkasan presentasi dan pembagian tugas
presentasi di bawah ini:
- Ringkasan
Presentasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Pembagian
Tugas Presentasi:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Panduan Tema Proyek
Tema Proyek:
- Dampak
Dinamika Sosial terhadap Ekonomi:
- Identifikasi dan analisis dampak dinamika
sosial terhadap ekonomi, seperti perubahan dalam struktur ekonomi,
peluang kerja, dan distribusi kekayaan.
- Gunakan data dari wawancara, survei, atau
literatur untuk mendukung analisis kalian.
- Jelaskan dampak positif dan negatif dari
perubahan tersebut.
- Dampak
Dinamika Sosial terhadap Kehidupan Sosial:
- Teliti dampak dinamika sosial terhadap
kehidupan sosial, seperti perubahan dalam nilai dan norma sosial,
hubungan antarindividu, dan mobilitas sosial.
- Berikan contoh kasus nyata dan analisis dampaknya.
- Usulkan strategi untuk meminimalkan dampak
negatif dan memanfaatkan dampak positif.
- Dampak
Dinamika Sosial terhadap Budaya:
- Lakukan penelitian tentang perubahan budaya
yang terjadi akibat dinamika sosial.
- Analisis dampak positif dan negatif dari
perubahan budaya tersebut.
- Berikan contoh kasus nyata dan solusi untuk
menjaga keseimbangan antara dinamika sosial dan pelestarian budaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar