Senin, 03 Februari 2025

Modul Ajar IPS CP terbaru 2024-2025 kelas 8, Dampak Dinamika Sosial terhadap Kehidupan Masyarakat

 

Modul Ajar Semester Genap

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/VIII/D

Tema

Dampak Dinamika Sosial terhadap Kehidupan Masyarakat

Submateri

Peserta didik memahami dinamika sosial, dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan.

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Profil Pelajar Pancasila

 

   Dimensi         : Mandiri

Elemen          :  Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik  memiliki  rasa tanggung jawab terhadap aktivitas belajarnya dan hasil belajarnya

 

   Dimensi : Bergotong-royong

Elemen  : Kolaborasi

Indikator di akhir fase

1)           Peserta didik mampu menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan  dan mencapai tujuan kelompok, memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan Bersama

 

·       Dimensi: Kebhinekaan Global

     Elemen: Kesadaran Global

     Indikator di Akhir Fase:

  1. Peserta didik menunjukkan sikap toleransi dan menghargai perbedaan budaya.
  2. Peserta didik mampu berinteraksi dengan orang dari berbagai latar belakang budaya dengan sikap terbuka.

 

Pemahaman Konseptual: Dampak Dinamika Sosial terhadap Kehidupan Masyarakat

1. Definisi Dinamika Sosial:

  • Dinamika sosial adalah perubahan atau proses yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat yang melibatkan individu, kelompok, dan institusi sosial. Perubahan ini mencakup norma, nilai, perilaku, serta interaksi sosial yang mempengaruhi kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

2. Dampak Dinamika Sosial terhadap Kehidupan Masyarakat:

  • Ekonomi:
    • Perubahan struktur ekonomi dan pola produksi dapat mempengaruhi distribusi kekayaan dan kesempatan kerja.
    • Dinamika sosial dapat mengarah pada pembaruan ekonomi seperti munculnya industri baru dan peluang bisnis.
    • Dampak negatif termasuk ketidakmerataan ekonomi dan peningkatan kemiskinan jika tidak dikelola dengan baik.
  • Sosial:
    • Perubahan dalam nilai dan norma sosial dapat mempengaruhi hubungan antarindividu dan kelompok.
    • Meningkatnya mobilitas sosial dapat memberikan kesempatan yang lebih luas bagi individu untuk meningkatkan status sosial mereka.
    • Konflik sosial dapat terjadi jika perbedaan nilai dan kepentingan tidak dikelola dengan baik.
  • Budaya:
    • Dinamika sosial dapat mempengaruhi kebudayaan dengan memperkenalkan elemen-elemen baru dan mendorong asimilasi budaya.
    • Dampak positif mencakup peningkatan kreativitas dan inovasi dalam seni dan budaya.
    • Dampak negatif termasuk erosi budaya lokal dan homogenisasi budaya.
  • Politik:
    • Perubahan dalam struktur politik dan partisipasi politik dapat mempengaruhi stabilitas dan efektivitas pemerintahan.
    • Dinamika sosial dapat mendorong reformasi politik dan demokratisasi.
    • Risiko termasuk konflik politik dan ketidakstabilan jika perubahan tidak dikelola dengan baik.
  • Lingkungan:
    • Perubahan dalam penggunaan lahan dan sumber daya alam dapat mempengaruhi lingkungan alam.
    • Dinamika sosial dapat mendorong kesadaran lingkungan dan upaya pelestarian.
    • Dampak negatif termasuk degradasi lingkungan dan bencana alam.

 

Keterampilan dalam Dampak Dinamika Sosial

1. Keterampilan Analisis Sosial:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika sosial dan dampaknya terhadap masyarakat.
  • Aktivitas: Siswa dapat melakukan penelitian tentang dampak dinamika sosial di lingkungan mereka dan menganalisis faktor-faktor yang berperan.

2. Keterampilan Berpikir Kritis:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk menilai informasi secara kritis, mengidentifikasi berbagai perspektif, dan menyusun argumen yang didukung oleh bukti-bukti.
  • Aktivitas: Siswa dapat diberikan tugas untuk menulis esai yang membahas dampak dinamika sosial dari berbagai sudut pandang.

3. Keterampilan Kolaborasi:

  • Deskripsi: Kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, berbagi tugas, dan mencapai tujuan bersama terkait studi dinamika sosial.
  • Aktivitas: Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk menyusun proyek tentang dampak dinamika sosial dalam masyarakat dan mempresentasikan hasilnya.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : Two Stay Two Stray

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami proses interaksi sosial, lembaga sosial, dinamika sosial dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan.

.

Tujuan Pembelajaran.

Peserta didik mampu:

  1. Siswa mampu menjelaskan pengertian dinamika sosial, aspek-aspeknya, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
  2. Siswa mampu menganalisis dampak positif dan negatif dinamika sosial terhadap individu dan masyarakat.
  3. Siswa dapat mengidentifikasi dan memberikan contoh kasus dinamika sosial yang relevan dalam kehidupan nyata.
  4. Siswa mampu menilai informasi secara kritis dan mengembangkan argumen yang didukung oleh bukti-bukti terkait dinamika sosial.
  5. Siswa mampu mengaplikasikan nilai-nilai positif seperti adaptasi, kerjasama, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghadapi dampak dinamika sosial.

Pertanyaan pematik

1.     Dapatkah Anda memberikan contoh perubahan sosial dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, atau politik yang pernah Anda lihat atau alami?

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi:
Ajak siswa untuk berbagi pengalaman tentang perubahan sosial yang mereka alami atau saksikan. Tanyakan bagaimana perubahan tersebut mempengaruhi kehidupan mereka dan lingkungan sekitar.

 

Motivasi:
Tekankan bahwa adaptasi adalah salah satu kunci utama untuk menghadapi dinamika sosial yang terus berubah. Ajak siswa untuk memahami bahwa dengan beradaptasi, mereka dapat menghadapi tantangan dan peluang yang muncul.

 

KEGIATAN INTI

Langkah-langkah:

  1. Pembagian Kelompok (10 menit):
    • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 4-5 orang.
    • Setiap kelompok diberikan satu tema spesifik terkait dinamika sosial untuk didiskusikan. Contoh tema bisa meliputi:
      • Dampak dinamika sosial terhadap ekonomi
      • Dampak dinamika sosial terhadap kehidupan sosial
      • Dampak dinamika sosial terhadap budaya
      • Dampak dinamika sosial terhadap politik
      • Dampak dinamika sosial terhadap lingkungan
  2. Diskusi Kelompok (15 menit):
    • Dua siswa tetap berada di kelompok mereka untuk mendiskusikan dan mencatat poin-poin penting.
    • Dua siswa lainnya berpindah ke kelompok lain untuk mencari informasi tambahan dan berbagi pengetahuan dari kelompok mereka.
  3. Pertukaran Informasi (10 menit):
    • Setelah 10 menit, siswa yang berpindah kembali ke kelompok asal mereka dan berbagi informasi yang mereka peroleh dari kelompok lain.
    • Kelompok mendiskusikan dan mengintegrasikan informasi yang diperoleh untuk memperkaya pemahaman mereka.
  4. Presentasi Kelompok (15 menit):
    • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka kepada seluruh kelas.
    • Kelompok lain dapat memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan untuk memperdalam pemahaman.

Kegiatan Penutup, Refleksi, dan Tindak Lanjut

  1. Ringkasan Guru:
    • Guru memberikan ringkasan singkat tentang poin-poin utama yang telah dibahas, menekankan pentingnya memahami dinamika sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat.
  2. Diskusi Reflektif:
    • Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
    • Pertanyaan reflektif bisa mencakup: "Apa yang paling mengejutkan atau menarik dari diskusi hari ini?" atau "Bagaimana kita bisa mengambil tindakan positif untuk menghadapi dinamika sosial secara konstruktif?"
  3. Rencana Tindak Lanjut:
    • Guru mengajak siswa untuk berpikir tentang langkah konkret yang bisa mereka ambil untuk menghadapi dampak dinamika sosial secara positif, seperti mengikuti program kesadaran masyarakat, mendukung proyek sosial, atau aktif dalam organisasi yang mempromosikan perubahan sosial.

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

Evaluasi dan Alat Evaluasi

1. Tes Tertulis:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang konsep dinamika sosial dan dampaknya.
  • Contoh Soal:
    1. Jelaskan definisi dinamika sosial dan sebutkan dua aspek utamanya.
    2. Apa saja faktor-faktor yang mendorong dinamika sosial dalam masyarakat?
    3. Berikan contoh dampak positif dan negatif dari dinamika sosial.

2. Proyek Kelompok:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan siswa dalam bekerja sama dan menerapkan pengetahuan tentang dinamika sosial dalam proyek kreatif.
  • Deskripsi: Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempresentasikan temuan dan analisis mereka tentang dampak dinamika sosial. Proyek bisa berupa laporan tertulis, poster, presentasi PowerPoint, atau video dokumenter.
  • Kriteria Penilaian:
    • Kedalaman analisis
    • Kreativitas dan inovasi
    • Kualitas presentasi
    • Kerja sama tim

3. Presentasi:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
  • Deskripsi: Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas.
  • Kriteria Penilaian:
    • Kejelasan dan struktur presentasi
    • Penguasaan materi
    • Respons terhadap pertanyaan
    • Visualisasi dan media pendukung

Rubrik Penilaian Proyek Kelompok:

  • Kedalaman Analisis (25%):
    • Sangat Baik (25): Analisis mendalam, data lengkap dan akurat.
    • Baik (20): Analisis baik, data cukup lengkap.
    • Cukup (15): Analisis cukup, data kurang lengkap.
    • Kurang (10): Analisis kurang mendalam, data tidak lengkap.
  • Kreativitas dan Inovasi (25%):
    • Sangat Baik (25): Ide sangat kreatif dan inovatif.
    • Baik (20): Ide kreatif dan inovatif.
    • Cukup (15): Ide cukup kreatif, tidak terlalu orisinal.
    • Kurang (10): Ide kurang kreatif dan tidak orisinal.
  • Kualitas Presentasi (25%):
    • Sangat Baik (25): Presentasi sangat jelas, struktur baik.
    • Baik (20): Presentasi jelas, struktur cukup baik.
    • Cukup (15): Presentasi cukup jelas, struktur kurang baik.
    • Kurang (10): Presentasi tidak jelas, struktur tidak baik.
  • Kerja Sama Tim (25%):
    • Sangat Baik (25): Kerja sama tim sangat baik, semua anggota berkontribusi.
    • Baik (20): Kerja sama tim baik, sebagian besar anggota berkontribusi.
    • Cukup (15): Kerja sama tim cukup, beberapa anggota berkontribusi.
    • Kurang (10): Kerja sama tim kurang, kontribusi tidak merata.

Kuesioner Refleksi:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran dan proyek.
  • Contoh Pertanyaan:
    1. Apa yang Anda pelajari tentang dampak dinamika sosial melalui proyek ini?
    2. Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami dampak dinamika sosial terhadap berbagai aspek kehidupan?
    3. Apa bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
    4. Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

 

Mata Pelajaran: IPS

Kelas: VIII

Materi: Dampak Dinamika Sosial terhadap Kehidupan Masyarakat

Model Pembelajaran: Two Stay Two Stray

Instruksi Umum:

  1. Bekerjalah dalam kelompok yang telah ditentukan.
  2. Setiap kelompok akan menerima satu tema terkait dampak dinamika sosial untuk didiskusikan.
  3. Ikuti langkah-langkah yang ada di lembar kerja ini untuk menyelesaikan tugas kalian.
  4. Catat setiap langkah dan hasil diskusi dalam lembar kerja ini.
  5. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

Langkah-Langkah Kegiatan

Langkah 1: Pertanyaan Pemicu (10 Menit)

  • Diskusikan dalam kelompok: "Bagaimana dinamika sosial mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat?"
  • Catat hasil diskusi awal kalian di bawah ini:
    • Jawaban Diskusi Awal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 2: Identifikasi Kebutuhan Pengetahuan (10 Menit)

  • Apa yang sudah kalian ketahui tentang dinamika sosial?
    • Pengetahuan Awal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

  • Apa yang perlu kalian pelajari lebih lanjut tentang dinamika sosial?
    • Kebutuhan Pengetahuan: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

Langkah 3: Diskusi Kelompok (Two Stay, Two Stray) (15 Menit)

  • Dua anggota kelompok tetap berada di kelompok asal untuk mendiskusikan tema yang diberikan.
  • Dua anggota lainnya berpindah ke kelompok lain untuk mencari informasi tambahan dan berbagi pengetahuan dari kelompok mereka.
  • Catat hasil diskusi dari kelompok asal dan kelompok lain di bawah ini:
    • Hasil Diskusi Kelompok Asal: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Informasi dari Kelompok Lain: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 4: Pertukaran Informasi dan Integrasi (10 Menit)

  • Siswa yang berpindah kembali ke kelompok asal mereka dan berbagi informasi yang diperoleh dari kelompok lain.
  • Integrasikan informasi yang diperoleh untuk memperkaya pemahaman kalian.
  • Catat hasil integrasi informasi di bawah ini:
    • Hasil Integrasi Informasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Langkah 5: Pengembangan dan Persiapan Presentasi (15 Menit)

  • Rancang presentasi yang memaparkan hasil diskusi dan temuan kalian.
  • Pilih format presentasi (poster, presentasi PowerPoint, atau lainnya).
  • Latih presentasi kalian dalam kelompok.
  • Catat ringkasan presentasi dan pembagian tugas presentasi di bawah ini:
    • Ringkasan Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    • Pembagian Tugas Presentasi: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Panduan Tema Proyek

Tema Proyek:

  1. Dampak Dinamika Sosial terhadap Ekonomi:
    • Identifikasi dan analisis dampak dinamika sosial terhadap ekonomi, seperti perubahan dalam struktur ekonomi, peluang kerja, dan distribusi kekayaan.
    • Gunakan data dari wawancara, survei, atau literatur untuk mendukung analisis kalian.
    • Jelaskan dampak positif dan negatif dari perubahan tersebut.
  2. Dampak Dinamika Sosial terhadap Kehidupan Sosial:
    • Teliti dampak dinamika sosial terhadap kehidupan sosial, seperti perubahan dalam nilai dan norma sosial, hubungan antarindividu, dan mobilitas sosial.
    • Berikan contoh kasus nyata dan analisis dampaknya.
    • Usulkan strategi untuk meminimalkan dampak negatif dan memanfaatkan dampak positif.
  3. Dampak Dinamika Sosial terhadap Budaya:
    • Lakukan penelitian tentang perubahan budaya yang terjadi akibat dinamika sosial.
    • Analisis dampak positif dan negatif dari perubahan budaya tersebut.
    • Berikan contoh kasus nyata dan solusi untuk menjaga keseimbangan antara dinamika sosial dan pelestarian budaya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar