Senin, 03 Februari 2025

Modul Ajar IPS Kelas 9, CP terbaru Tahun 2024-2025. Memahami Integrasi Bangsa dan Prinsip Kebhinekaan

 

Modul belajar

Tahun Pelajaran 2024-2025

 

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/IX/D

Tema

Memahami Integrasi Bangsa dan Prinsip Kebhinekaan

Submateri

konsep integrasi bangsa, pentingnya dalam masyarakat majemuk, dan tantangan yang dihadapi, dengan fokus pada prinsip kebhinekaan (Bhinneka Tunggal Ika).

.

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu Menjelaskan konsep integrasi bangsa, pentingnya dalam masyarakat majemuk, dan tantangan yang dihadapi, dengan fokus pada prinsip kebhinekaan (Bhinneka Tunggal Ika).

 

Profil Pelajar Pancasila

 

   Dimensi         : Berkebhinekaan global

Elemen          :

1)      Mengenal dan menghargai budaya

2)      Komunikasi dan interaksi antar budaya

3)      Refleksi    dan    tanggung    jawab    terhadap pengalaman kebhinekaan

4)      Berkeadilan sosial

Indikator di akhir fase

1)      Peserta   didik   mampu   menghargai   adanya perbedaan kebudayaan di loingkungan mereka

2)      Peserta  didik  mampu  berlaku  adil  kepada seluruh  teman  tanpa  memandang  latar belakang budaya

5.   Dimensi         : Bernalar ritis

Elemen          :

1)      Memperoleh  dan  memproses  informasi  dan gagasan

2)      Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

3)      Mengevaluasi pemikiran sendiri

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

2)      Peserta  didik  mampu  mengambil  keputusan dan kesimpulan terhadap suatu masalah secara kritis

Pemahaman Kontekstual

1.     Definisi dan Arti Integrasi Bangsa:

o   Memahami bahwa integrasi bangsa adalah proses menyatukan berbagai kelompok etnis, agama, dan budaya untuk membentuk satu kesatuan yang harmonis dan stabil.

o   Mengetahui bahwa integrasi bangsa penting untuk menciptakan kerukunan, stabilitas, dan kemajuan dalam masyarakat yang beragam seperti Indonesia.

2.     Prinsip Kebhinekaan:

o   Memahami bahwa prinsip kebhinekaan (Bhinneka Tunggal Ika) adalah semboyan yang mencerminkan keberagaman suku, agama, ras, dan budaya di Indonesia, dan menekankan bahwa meskipun berbeda-beda, tetap satu juga.

o   Mengetahui bahwa prinsip kebhinekaan telah menjadi fondasi penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sejak zaman kerajaan Majapahit.

3.     Pentingnya Integrasi Bangsa dan Kebhinekaan:

o   Menyadari bahwa integrasi bangsa dan kebhinekaan membantu mencegah konflik sosial dan mempromosikan harmoni dalam masyarakat.

o   Memahami bahwa menghargai dan merayakan perbedaan adalah kunci untuk menciptakan masyarakat yang inklusif dan toleran.

Keterampilan

1.     Keterampilan Analisis Kritis:

o   Mampu menganalisis situasi atau masalah yang berkaitan dengan integrasi bangsa dan kebhinekaan, serta mencari solusi yang mendukung prinsip kebhinekaan.

o   Mampu mengevaluasi kebijakan atau program yang mendukung integrasi bangsa dan memberikan saran untuk perbaikan.

2.     Keterampilan Berpikir Kreatif:

o   Mampu merancang kegiatan atau proyek yang mempromosikan integrasi bangsa dan kebhinekaan di lingkungan sekolah atau masyarakat.

o   Mampu menciptakan kampanye sosial atau media yang mengedukasi masyarakat tentang pentingnya integrasi bangsa dan kebhinekaan.

3.     Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi:

o   Mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda dan menunjukkan sikap toleransi.

o   Mampu bekerja sama dalam tim yang beragam untuk mencapai tujuan bersama yang mendukung integrasi bangsa dan kebhinekaan.

4.     Keterampilan Resolusi Konflik:

o   Mampu mengidentifikasi potensi konflik yang muncul dari perbedaan dan mencari cara untuk menyelesaikannya secara damai.

o   Mampu memfasilitasi dialog dan mediasi antara pihak-pihak yang berbeda untuk mencapai kesepahaman dan harmoni.

 

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam.

Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat menjelaskan peran individu, komunitas, dan pemerintah dalam menjaga integrasi bangsa.
  • Peserta didik dapat memberikan contoh konkret tindakan yang dapat dilakukan oleh masing-masing pihak.
  • Peserta didik dapat menganalisis tantangan integrasi bangsa di era modern.
  • Peserta didik dapat merancang solusi untuk mengatasi tantangan tersebut.

Pertanyaan pematik

1.          Bisakah Anda memberikan contoh bagaimana kebhinekaan terlihat dalam kehidupan sehari-hari Anda?

 

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Motivasi dan Apersepsi

  • Kegiatan:
    • Menayangkan video pendek tentang peristiwa-peristiwa yang menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa, seperti saat bencana alam atau ajang olahraga internasional.
    • Diskusi singkat: Apa yang kalian rasakan saat melihat video tersebut? Apa yang membuat kita bisa bersatu dalam kondisi seperti itu?
  • Tujuan:
    • Membangkitkan rasa nasionalisme dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.
    • Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan.

 

KEGIATAN INTI

Tahap 1: Orientasi pada Masalah

Guru menyampaikan masalah autentik, misalnya: "Bagaimana kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah maraknya berita hoaks dan ujaran kebencian yang disebarluaskan melalui media sosial?"

Tahap 2: Mengorganisasi untuk Belajar

Peserta didik dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil.

Setiap kelompok memilih salah satu isu sosial yang berkaitan dengan integrasi bangsa (misal: intoleransi, diskriminasi, konflik horizontal).

Tahap 3: Menyelidiki dan Mengumpulkan Informasi

Peserta didik mencari informasi tentang akar masalah, dampak, dan upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tahap 4: Membuat Produk

Peserta didik membuat produk yang kreatif, misalnya:

Kampanye media sosial untuk menyebarkan pesan positif tentang persatuan.

Rencana aksi untuk meningkatkan toleransi di sekolah.

Proposal proyek komunitas untuk mengatasi masalah sosial tertentu.

Tahap 5: Mempresentasikan dan Menilai

Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.

Peserta didik lain memberikan tanggapan dan penilaian.

4. Penutup

Refleksi:

Guru mengajak peserta didik untuk merefleksikan pengalaman belajar mereka.

Pertanyaan refleksi: Apa yang telah kalian pelajari hari ini? Bagaimana kalian dapat berkontribusi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa?

Tindak Lanjut:

Guru mendorong peserta didik untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

 

TTD Pak Marnostempel sekolahttd bu kepsek

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Evaluasi

1. Tes Tertulis:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang integrasi bangsa dan prinsip kebhinekaan.
  • Contoh Soal:
    1. Jelaskan arti dari semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" dan berikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Apa yang dimaksud dengan integrasi bangsa? Mengapa hal ini penting bagi Indonesia?
    3. Sebutkan tiga tantangan utama dalam menjaga integrasi bangsa di Indonesia dan bagaimana cara mengatasinya.

2. Proyek Kelompok:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan siswa dalam bekerja sama dan menerapkan prinsip integrasi bangsa dan kebhinekaan dalam kehidupan nyata.
  • Deskripsi: Siswa dalam kelompok merancang proyek yang mempromosikan integrasi bangsa dan kebhinekaan di lingkungan sekolah atau komunitas mereka. Proyek bisa berupa kampanye sosial, pembuatan poster, video edukatif, atau kegiatan komunitas.
  • Kriteria Penilaian:
    • Kreativitas dan inovasi
    • Relevansi dengan prinsip integrasi bangsa dan kebhinekaan
    • Kualitas presentasi dan pelaksanaan
    • Kerja sama tim

3. Presentasi:

  • Tujuan: Mengukur kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.
  • Deskripsi: Setiap kelompok mempresentasikan proyek mereka di depan kelas atau dalam acara sekolah.
  • Kriteria Penilaian:
    • Kejelasan dan struktur presentasi
    • Penguasaan materi
    • Respons terhadap pertanyaan
    • Visualisasi dan media pendukung

Alat Evaluasi

1. Rubrik Penilaian Proyek Kelompok:

  • Kreativitas dan Inovasi (25%):
    • Sangat Baik (25): Proyek sangat kreatif dan inovatif.
    • Baik (20): Proyek kreatif dan inovatif.
    • Cukup (15): Proyek cukup kreatif dan inovatif.
    • Kurang (10): Proyek kurang kreatif dan inovatif.
  • Relevansi dengan Prinsip Integrasi Bangsa dan Kebhinekaan (25%):
    • Sangat Baik (25): Proyek sangat relevan dengan prinsip integrasi bangsa dan kebhinekaan.
    • Baik (20): Proyek relevan dengan prinsip integrasi bangsa dan kebhinekaan.
    • Cukup (15): Proyek cukup relevan dengan prinsip integrasi bangsa dan kebhinekaan.
    • Kurang (10): Proyek kurang relevan dengan prinsip integrasi bangsa dan kebhinekaan.
  • Kualitas Presentasi dan Pelaksanaan (25%):
    • Sangat Baik (25): Presentasi sangat jelas dan pelaksanaan sangat baik.
    • Baik (20): Presentasi jelas dan pelaksanaan baik.
    • Cukup (15): Presentasi cukup jelas dan pelaksanaan cukup baik.
    • Kurang (10): Presentasi tidak jelas dan pelaksanaan kurang baik.
  • Kerja Sama Tim (25%):
    • Sangat Baik (25): Kerja sama tim sangat baik, semua anggota berkontribusi aktif.
    • Baik (20): Kerja sama tim baik, sebagian besar anggota berkontribusi aktif.
    • Cukup (15): Kerja sama tim cukup, beberapa anggota berkontribusi.
    • Kurang (10): Kerja sama tim kurang, kontribusi tidak merata.

2. Kuesioner Refleksi:

  • Tujuan: Mengukur pemahaman individu dan refleksi siswa terhadap proses pembelajaran dan proyek.
  • Contoh Pertanyaan:
    1. Apa yang Anda pelajari tentang integrasi bangsa dan prinsip kebhinekaan (Bhinneka Tunggal Ika) melalui proyek ini?
    2. Bagaimana proyek ini membantu Anda memahami pentingnya kebhinekaan dalam kehidupan sehari-hari?
    3. Apa bagian yang paling menantang dari proyek ini dan bagaimana Anda mengatasinya?
    4. Bagaimana Anda menilai kontribusi Anda dan tim Anda dalam proyek ini?

Lembar Kerja Diskusi Kelompok

Instruksi Umum:

  1. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok.
  2. Setiap kelompok diberikan tema yang berbeda untuk didiskusikan.
  3. Setiap kelompok harus menyusun hasil diskusi dalam bentuk presentasi yang akan dipresentasikan di depan kelas.
  4. Kelompok diminta untuk menyertakan contoh nyata, analisis, dan solusi atas tema yang dibahas.

 

Kelompok 1: Peran Pendidikan dalam Mewujudkan Kebhinekaan

  1. Apa peran pendidikan dalam mempromosikan prinsip kebhinekaan (Bhinneka Tunggal Ika) di Indonesia?
  2. Bagaimana sekolah dapat mendukung integrasi bangsa melalui kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler?
  3. Berikan contoh konkret program atau kegiatan di sekolah Anda yang mempromosikan kebhinekaan.

Kelompok 2: Peran Media Sosial dalam Mendukung Kebhinekaan

  1. Bagaimana media sosial dapat digunakan untuk mempromosikan prinsip kebhinekaan dan integrasi bangsa?
  2. Apa tantangan yang dihadapi dalam menggunakan media sosial untuk tujuan ini?
  3. Berikan contoh kampanye atau inisiatif di media sosial yang sukses mendukung kebhinekaan.

Kelompok 3: Tantangan dalam Menjaga Integrasi Bangsa

  1. Apa saja tantangan utama yang dihadapi Indonesia dalam menjaga integrasi bangsa?
  2. Bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut dengan berlandaskan prinsip kebhinekaan?
  3. Berikan contoh kasus nyata yang menunjukkan tantangan dalam menjaga integrasi bangsa dan solusi yang telah diterapkan.

Kelompok 4: Peran Budaya Lokal dalam Mendukung Kebhinekaan

  1. Bagaimana budaya lokal dapat mendukung prinsip kebhinekaan di Indonesia?
  2. Apa peran seni dan budaya dalam mempromosikan integrasi bangsa?
  3. Berikan contoh kegiatan budaya lokal yang berhasil mempromosikan kebhinekaan.

Kelompok 5: Kebijakan Pemerintah dalam Mendukung Integrasi Bangsa

  1. Apa saja kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk mendukung integrasi bangsa dan kebhinekaan?
  2. Bagaimana efektivitas kebijakan tersebut dalam menciptakan harmoni di masyarakat?
  3. Berikan contoh kebijakan yang berhasil mendukung integrasi bangsa dan kebhinekaan.

Kelompok 6: Peran Organisasi Masyarakat dalam Mempromosikan Kebhinekaan

  1. Apa peran organisasi masyarakat dalam mempromosikan prinsip kebhinekaan (Bhinneka Tunggal Ika)?
  2. Bagaimana organisasi masyarakat dapat berkontribusi dalam menjaga integrasi bangsa?
  3. Berikan contoh organisasi masyarakat yang berhasil mendukung kebhinekaan di Indonesia.

Kelompok 7: Pengaruh Globalisasi terhadap Kebhinekaan dan Integrasi Bangsa

  1. Bagaimana globalisasi mempengaruhi prinsip kebhinekaan dan integrasi bangsa di Indonesia?
  2. Apa tantangan yang dihadapi dalam menjaga kebhinekaan di era globalisasi?
  3. Berikan contoh bagaimana Indonesia dapat memanfaatkan globalisasi untuk mendukung kebhinekaan.

Kelompok 8: Peran Pemuda dalam Mewujudkan Kebhinekaan dan Integrasi Bangsa

  1. Bagaimana peran pemuda dalam mempromosikan prinsip kebhinekaan dan integrasi bangsa?
  2. Apa tindakan konkret yang dapat dilakukan oleh pemuda untuk mendukung kebhinekaan?
  3. Berikan contoh inisiatif atau gerakan pemuda yang berhasil mempromosikan kebhinekaan di Indonesia.

 

Instruksi Penyelesaian:

  1. Setiap kelompok harus mendiskusikan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas secara mendalam.
  2. Hasil diskusi harus disusun dalam bentuk presentasi yang akan dipresentasikan di depan kelas.
  3. Kelompok harus menyertakan contoh nyata, analisis, dan solusi atas tema yang dibahas dalam presentasi.
  4. Presentasi harus disertai dengan media pendukung seperti slide PowerPoint, poster, atau video.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar