Senin, 19 Agustus 2024

ANTI KORUPSI (Modul Belajar Anti Korupsi IPS kelas 8 Peran Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Manusia)

 

Modul 6

Peran Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Manusia

Nama

Drs. Sumarno

Jenjang/Kelas

SMP / 8

Sekolah

SMPN 8 Malang

Mapel

IPS

Alokasi waktu

3 JP ( 1 X pertemuan )

Jumlah siswa

32 Siswa

Fase

D

Model pembelajaran/metode

PBL , Team Games Tournament

Sarana dan prasarana

·       Komputer/Laptop

·       Koneksi Internet

·       HP

·       Kertas besar, spidol,selotip

·       Peta persebaran hasil tambang di Indonesia.

Target peserta didik

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar

Profil pelajar Pancasila

Bernalar kritis, Kreatif, Kebhinekaan global.

 

Domain mapel

Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu mendeskripsikan lembaga sosial dengan benar.

Pertanyaan panduan

 

1.      Mengapa perlu aturan di dalam masyarakat?

2.      Mengapa harus mematuhi aturan?

3.      Bagaimana jika tidak mematuhi aturan? 

 

Pendahuluan

1.                 Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa.

2.                 Guru dan peserta mengondisikan pembelajaran.

 

Apersepsi : Peserta didik dapat menceritakan pengalaman mereka  dalam mengikuti sebuah organisasi. Guru dapat menambahkan variasi gambar menggunakan tayangan video dari internet.

Apersepsi juga dapat dilakukan dengan melibatkan aktivitas peserta didik. Peserta

didik difasilitasi guru mengaitkan gambar dengan kegiatan belajar sebelumnya. Guru melanjutkan dengan memberikan motivasi terkait lembaga sosial.

 

Motivasi: Dengan adanya lembaga sosial, kehidupan akan lebih tertata dan dapat terlaksana dengan baik karena adanya suatu aturan atau norma yang mengatur tingkah laku masyarakat agar hubungan antara manusia di dalam suatu masyarakat terlaksana sebagaimana yang diharapkan.

 

Kegiatan inti

1.      Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari Lembar Aktivitas 11 untuk mengidentifikasi aturan yang terdapat dalam masyarakat. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman peserta didik bahwa setiap daerah mempunyai aturan yang berbeda.

2.      Proses tukar menukar hasil diskusi dapat dilakukan dalam waktu singkat, kemudian guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik terkait hasil identifikasi. Secara interaktif guru mengaitkan hasil identifikasi dengan orientasi pembelajaran tentang lembaga sosial..

Peserta Didik Mengidentiikasi Masalah

Setelah peserta didik mengidentifikasi berbagai aturan yang ada di dalam

Masyarakat, selanjutnya guru mendorong peserta didik mengajukan

berbagai pertanyaan yang mengarah pada HOTS.

Beberapa pertanyaan yang diajukan,

1.      Apa yang kamu ketahui tentang lembaga KPK

 

Peserta Didik Mengelola Informasi

Peserta didik membaca teks tentang lembaga sosial Peradilan (KPK)

Guru memfasilitasi sumber lain misalnya memberikan tautan internet yang mendukung penjelasan dan pendalaman sumber belajar.

Untuk memperoleh informasi lebih luas peserta didik juga dapat melakukan browsing  lembaga sosial. Guru dapat memberikan beberapa tautan berita, tulisan, dan laporan video tentang  kehidupan masyarakat Indonesia di dalam lembaga sosial

Peserta didik mengolah informasi secara berkelompok di bawah bimbingan guru. Kegiatan ini dapat dilakukan secara bervariasi, menggunakan Team Games Tournament

1. Kelompok Asal

a.   Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok, setiap satu kelompok terdiri dari 7 orang dengan cara berhitung.

b.  Peserta didik duduk mengelompok bersama kelompoknya masing-masing, lalu diarahkan untuk berdiskusi mengenai pencarian data/informasi guna mempelajari materi peranan Lembaga Sosial KPK dalam meningkatkan kwalitas sumber daya manusia.

c.   Guru mendampingi, membimbing, dan mengawasi peserta didik dalam kegiatan mencari data/informasi berdasarkan sumber  yang relevan

2. Tournament

a.   Guru mengajak peserta didik untuk bermain dalam pembelajaran melalui Team Games Tournament.

b.   Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok dengan melakukan games Tournament.

c.   Sebelumnya guru telah menyiapkan media pembelajaran lembar kerja berupa beberapa pertanyaan yang akan dijawab oleh masing masing kelompok peserta didik.

d.   Peserta didik kemudian menjawab pertanyaan pada media yang disediakan.

e.   Peserta didik mengikuti permainan dengan prosedur yang sama.

f.    Peserta didik harus menghentikan permainan jika sudah ada kelompok yang menjawab seluruh pertanyaan dengan mengangkat lembar kerja

3. Rekognisi Tim

1.      Guru melakukan penilaian hasil tournament atau permainan.

2.      Kelompok yang memperoleh nilai tertinggi mendapatkan reward dari guru.

3.      Peserta didik memilih dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh.

4.      Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar peserta didik (kegiatan belajar).

5.      Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas dengan baik.

6.      Guru membantu peserta didik menemukan sumber belajar lainnya.

Hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan kerja sama peserta didik dalam mendeskripsikan lembaga sosial.

Peserta Didik Merencanakan dan Mengembangkan Ide

Hasil pengolahan informasi disajikan dalam bentuk laporan/poster/karya lainnya.

Peserta didik secara kelompok mengerjakan Lembar Aktivitas 13 tentang lembaga sosial.

Peserta Didik Melakukan Releksi dan Aksi

1.      Dalam kelas atau melalui media berbasis internet peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan informasi.

2.      Guru memfasilitasi peserta didik menemukan simpulan pembelajaran

3.      Guru memberikan kesempatan ke peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.

4.      Penguatan dan pengayaan dilakukan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik.

Penutup

Penilaian pembelajaran dilakukan secara lisan atau tertulis.

Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran berkaitan dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Sikap

• Apakah aku sudah melakukan pembelajaran secara bertanggung jawab?

• Inspirasi dari pembelajaran tentang lembaga sosial dalam hidup saya adalah…..

Pengetahuan:

• Apakah aku sudah mampu mengidentifikasi lembaga sosial?

• Mengapa harus ada aturan di dalam masyarakat?

• Bagaimana jika tidak mematuhi aturan tersebut?

Keterampilan :

• Apakah aku sudah berhasil membuat esai/poster/karya lainnya tentang lembaga sosial?

Refleksi juga dapat dilakukan dengan cara lain, misalnya kuis tentang  lembaga sosial, menuliskan kompetensi yang diperoleh baik sikap,pengetahuan, dan keterampilan. Dapat pula dengan menuliskan inspirasi dan apa yang akan dilakukan pada masa mendatang.

Tindak lanjut dilakukan dengan mendorong peserta didik mempelajari lebih lanjut dan informasi pembelajaran berikutnya tentang peranan lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam.

Doa dan penutup

Siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya

 

Pengayaan remedial

Pembelajaran remedial dapat dilakukan dengan cara:

1.        pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda,  disesuaikan dengan gaya belajar siswa;

2.        pemberian bimbingan secara perorangan;

3.        pemberian tugas-tugas atau latihan secara khusus, dimulai dengan tugas-tugas

atau latihan sesuai dengan kemampuannya; pemanfaatan tutor sebaya, yaitu siswa dibantu oleh teman sekelas yang telah tuntas dalam pembelajaran

Penilaian

1.        Penilaian ditekankan pada pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

2.        Guru dapat menilai dengan teknik tes dan nontes. Soal tes dikembangkan secara terstandar dan bertingkat. Soal tidak hanya mengukur kemampuan tingkat rendah, tetapi menekankan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan tes, unjuk kerja, dan proyek.

3.        Penilaian formatif melalui tugas, dan kuis.

4.        Penilaian proyek yang dikerjakan peserta didik.

5.        Penilaian sikap dilakukan melalui observasi dan jurnal penilaian sikap.

Bahan bacaan peserta didik

Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

Kata kunci  /            glosarium

Keragaman sumber daya alam dapat diartikan sebagai banyaknya jenis atau bentuk yang berbeda-beda pada setiap sumber daya alam guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contohnya, keragaman tumbuhan, hewan, ekosistem, bahkan udara.

Keragaman sosial budaya merupakan salah satu ciri khas dari kehidupan manusia di dunia yang memiliki berbagai macam latar belakang dan identitas. Keragaman sosial budaya juga menunjukkan kekayaan dan keunikan dari setiap bangsa dan negara.

Lembaga KPK  adalah lembaga negara yang dibentuk dengan tujuan meningkatkan daya guna dan hasil guna terhadap upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. KPK bersifat independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan mana pun dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya

Daftar Pustaka

1.     Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

2.     Supardi dkk tahun 2021, Buku Panduan Guru SMP Kelas VIII Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

             Mengetahui

           Kepala SMP Negeri 8 Malang                                                           Guru Mata Pelajaran IPS

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.                                                                                 Drs Sumarno.

          NIP. 19661116 199003 2 009                                                               NIP. 1966308 200501 1 006

 

 Lampiran 1

Lembar Kerja Siswa

 

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 8 Malang

Mata Pelajaran                        : IPS

Kelas/Semester                        : VIII / Ganjil

Materi                                      : Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya A

Sub pokok bahasan              : Peran Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya   Manusia

Alokasi Waktu                        : 3 JP (2 Pertemuan )

 

 

I.     Kerjakan dengan kelompok yang sudah kalian bentuk.

 

 

Aktivitas Kelompok 11

 

1.      Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.

2.      Diskusikan tentang peranan lembaga  KPK

1.        Kelompok 1. Apa yang kamu ketahui tentang lembaga KPK? Bagaimana KPK bekerja dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia?

2.        Kelompok 2. Mengapa pemberantasan korupsi dianggap penting dalam pembangunan suatu negara? Bagaimana korupsi dapat merugikan masyarakat?

3.        Kelompok 3. Apa saja tugas dan wewenang utama KPK dalam melaksanakan tugasnya? Bagaimana KPK melakukan penyelidikan terhadap kasus korupsi?

4.        Kelompok 4. Siapa saja anggota KPK, dan bagaimana mereka dipilih? Apa persyaratan untuk menjadi anggota KPK?.

5.        Kelompok 5. Bicarakan salah satu kasus terkenal yang pernah ditangani oleh KPK dan hasilnya. Bagaimana kasus tersebut memengaruhi opini publik tentang KPK?

6.        Kelompok 6. Apa yang dapat kita lakukan sebagai warga negara untuk mendukung upaya KPK dalam pemberantasan korupsi? Bagaimana pentingnya partisipasi masyarakat dalam upaya ini?

7.        Kelompok 7. Apakah menurutmu KPK efektif dalam mengatasi korupsi di Indonesia? Apa saranmu untuk meningkatkan efektivitasnya dalam melaksanakan tugasnya?

8.        Kelompok 8. Dengan pertanyaan-pertanyaan ini, siswa SMP Kelas 8 dapat berdiskusi tentang peran dan pentingnya KPK dalam pemberantasan korupsi di Indonesia serta mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang lembaga tersebut.

3.      Gunakan sumber-sumber yang relevan.

4.      Presentasikan hasil kerjamu kepada kelompok lain

 

 

 

 

 

Kisi kisi materi diskusi

 

No

Soal  diskusi

Hasil yang diharapkan

1

Apa yang kamu ketahui tentang lembaga KPK? Bagaimana KPK bekerja dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia?

 

Penjelasan: Pertanyaan ini bertujuan untuk memahami pengetahuan awal siswa tentang KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan bagaimana lembaga ini beroperasi dalam upaya memerangi korupsi di Indonesia. Siswa dapat memberikan informasi dasar tentang KPK dan menggambarkan bagaimana KPK melakukan penyelidikan dan penindakan terhadap kasus korupsi

2

Mengapa pemberantasan korupsi dianggap penting dalam pembangunan suatu negara? Bagaimana korupsi dapat merugikan masyarakat?

 

Penjelasan: Pertanyaan ini mengajak siswa untuk memahami pentingnya pemberantasan korupsi dalam konteks pembangunan negara. Mereka dapat menjelaskan bagaimana korupsi dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, merugikan masyarakat dengan menghambat pelayanan publik, dan menghambat perkembangan sosial serta ekonomi suatu negara.

3

Apa saja tugas dan wewenang utama KPK dalam melaksanakan tugasnya? Bagaimana KPK melakukan penyelidikan terhadap kasus korupsi?

Penjelasan: Pertanyaan ini bertujuan untuk memahamkan siswa tentang peran KPK dalam mencegah dan mengatasi korupsi. Mereka bisa menjelaskan bahwa KPK memiliki wewenang untuk melakukan penyelidikan, penuntutan, dan pencegahan korupsi, serta bagaimana proses penyelidikan biasanya berlangsung.

4

Siapa saja anggota KPK, dan bagaimana mereka dipilih? Apa persyaratan untuk menjadi anggota KPK?

 

Penjelasan: Pertanyaan ini mengajak siswa untuk memahami struktur dan seleksi anggota KPK. Mereka dapat menjelaskan bahwa anggota KPK dipilih berdasarkan kualifikasi dan integritasnya, dan bahwa anggota KPK tidak boleh memiliki afiliasi politik atau konflik kepentingan.

5

Apa yang dimaksud dengan whistleblower, dan mengapa peran mereka penting dalam upaya pemberantasan korupsi? Bagaimana KPK melindungi whistleblower?

Penjelasan: Pertanyaan ini bertujuan untuk memahamkan siswa tentang peran penting whistleblower dalam mengungkap kasus korupsi. Mereka bisa menjelaskan bahwa whistleblower adalah individu yang melaporkan tindakan korupsi yang mereka saksikan, dan bagaimana KPK melindungi identitas dan keamanan whistleblower.

6

Bicarakan salah satu kasus terkenal yang pernah ditangani oleh KPK dan hasilnya. Bagaimana kasus tersebut memengaruhi opini publik tentang KPK?

Penjelasan: Pertanyaan ini mengajak siswa untuk menjelaskan kasus konkret yang pernah ditangani oleh KPK, seperti kasus-kasus terkenal korupsi. Mereka dapat membahas bagaimana penanganan kasus tersebut memengaruhi persepsi dan dukungan publik terhadap KPK

7

Apa yang dapat kita lakukan sebagai warga negara untuk mendukung upaya KPK dalam pemberantasan korupsi? Bagaimana pentingnya partisipasi masyarakat dalam upaya ini?

Penjelasan: Pertanyaan ini mengajak siswa untuk memikirkan peran mereka sebagai warga negara dalam mendukung KPK dan pemberantasan korupsi. Mereka bisa membahas pentingnya melaporkan tindakan korupsi yang mereka saksikan dan bagaimana mendukung integritas dalam kehidupan sehari-hari.

 

8

Apakah menurutmu KPK efektif dalam mengatasi korupsi di Indonesia? Apa saranmu untuk meningkatkan efektivitasnya dalam melaksanakan tugasnya?

Penjelasan: Pertanyaan ini mengajak siswa untuk mengembangkan pemikiran kritis tentang efektivitas KPK dan memberikan saran untuk meningkatkan kinerjanya. Mereka bisa mempertimbangkan apa yang telah berhasil dilakukan oleh KPK dan bagaimana mungkin meningkatkan transparansi, akuntabilitas, atau dukungan publik terhadap lembaga ini.

 

 

.

 

.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar