Dinamika Kependudukan
SSK ) Sekolah Siaga Kependudukan
Nama |
Drs. Sumarno |
Jenjang/Kelas |
SMP / 8 |
Sekolah |
SMPN 8 Malang |
Mapel |
IPS |
Alokasi waktu |
6 JP ( 3 X pertemuan ) |
Jumlah siswa |
32 Siswa |
Fase |
D |
Model pembelajaran/metode |
Problem Based Learning |
Sarana dan prasarana |
·
Komputer/Laptop ·
Koneksi Internet ·
HP · Kertas besar, spidol,selotip · Peta
persebaran hasil tambang di Indonesia. |
Target peserta didik |
Peserta didik reguler/tipikal:
umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar |
Profil pelajar Pancasila |
Bernalar kritis, Kreatif, Kebhinekaan global. |
Domain mapel |
Kemajemukan
Masyarakat Indonesia |
Tujuan Pembelajaran |
Setelah mengikuti pembelajaran ini, Peserta didik
dapat 1. Mengidentifikasi
faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk dengan benar 2. Menganalisis
perkembangan kependudukan di Indonesia dengan benar |
Pertanyaan
panduan |
1. Bagaimana
kondisi partumbuhan penduduk Indonesia saat ini? 2. Bagaimana
upaya menyeimbangkan pertumbuhan penduduk dengan kualitas penduduk? 3. Bagaimana
upaya untuk menekan pertumbuhan penduduk? |
|
|
Pendahuluan |
1.
Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa. 2.
Guru dan peserta mengondisikan pembelajaran. Apersepsi : 1. Peserta
didik melihat video tentang gambaran penduduk di Indonesia. 2. Guru
dapat menambahkan variasi foto dari internet atau dokumentasi pribadi yang dimiliki guru. Guru juga dapat
menceritakan kepada peserta didik
tentang konsep kependudukan secara sederhana sesuai dengan lingkungan sekitar misalnya menceritakan
tentang kelahiran dan kematian. 3. Guru
juga dapat melakukan tanya jawab kepada peserta didik
tentang pertumbuhan penduduk di lingkungan tempat tinggal peserta didik. 4. Apresepsi
juga dapat dilakukan dengan melibatkan aktivitas peserta didik dengan
menunjuk peserta didik untuk menceritakan jumlah anggota keluarganya. 5. Peserta
didik difasilitasi guru mengaitkan gambar, video, atau cerita dengan kegiatan
belajar yang akan dipelajari. 6. Guru
melanjutkan dengan memberikan motivasi peningkatan jumlah penduduk yang besar
harus diimbangi dengan peningkatan kualitas penduduk dalam berbagai aspek. 7. Peserta
didik dibantu guru menyimak gambaran tema dan tujuan pembelajaran dalam tema 02 pada pertemuan 27,
28, 29 tentang perdagangan
antarpulau. |
Kegiatan inti |
·
Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan
tugas dari Lembar Aktivitas kelompok 10 atau Lembar Aktivitas 1 untuk
mendalami materi kependudukan di Indonesia. Kegiatan ini dimaksudkan untuk
memberikan pengalaman kepada peserta didik berbagai permasalahan penduduk di
Indonesia melalui artikel yang telah dicari. Diskusikan artikel tersebut
dengan pasangannya dan dituliskan ke dalam buku untuk dipresentasikan secara
acak. ·
Kemudian guru melakukan tanya jawab dengan
peserta didik tentang hasil diskusi terkait artikel yang telah
dipresentasikan |
Peserta
Didik Mengidentiikasi Masalah |
Selanjutnya
guru mendorong peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang mengarah
pada HOTS. Beberapa pertanyaan yang diajukan misalnya: 1) Bagaimana
kondisi partumbuhan penduduk Indonesia saat ini? 2) Bagaimana
upaya menyeimbangkan pertumbuhan penduduk dengan kualitas penduduk? 3) Bagaimana
upaya untuk menekan pertumbuhan penduduk? |
Peserta
Didik Mengelola Informasi |
Peserta
didik membaca teks tentang dinamika kependudukan yang terdiri dari
faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk, piramida penduduk, komposisi
penduduk, dan pertumbuhan dan kualitas penduduk. Guru
memfasilitasi sumber lain misalnya memberikan tautan internet yang
mendukung penjelasan dan pendalaman sumber belajar. Untuk
memperoleh informasi lebih luas peserta didik juga dapat melakukan studi literasi dan browsing di internet berkaitan
dengan dinamika kependudukan
yang meliputi komposisi penduduk, pertumbuhan
dan kualitas penduduk. Guru dapat memberikan beberapa
tautan berita, tulisan, dan laporan video tentang kependudukan. Peserta
didik mengolah informasi secara berkelompok di bawah bimbingan guru. Kegiatan ini dapat dilakukan
secara bervariasi, dengan pemecahan masalah menggunakan
model Problem Based Learning (Pembelajaran
Berbasis Masalah) untuk mendorong peserta didik memiliki keterampilan abad 21
yaitu 4 C (Critical thinking,
collaboration, creativity dan communication) dalam membahas suatu
topik. Berikut adalah langkah-langkah PBL: 1.
Guru membagi kelompok dengan masing-masing
berjumlah 5 orang. Guru dapat membagi kelompok dengan cara yang bervariasi. 2.
Kelompok dapat ditunjuk oleh guru, dapat juga teman
sebangku, dan dapat juga diacak sesuai dengankebijakan guru. 3.
Guru menjelaskan tugas yang akan dikerjakan
yaitu pemecahan masalah yang berkaitan dengan Lembar Aktivitas 10. 4.
Guru memberikan contoh artikel sebagai acuan
peserta didik dalam mencari artikel yang bersangkutan. 5.
Peserta didik secara berkelompok diinstruksikan
untuk mencari contoh artikel permasalahan kependudukan di Indonesia. 6.
Guru membimbing peserta didik untuk
menganalisis dan menyelidiki artikel tersebut untuk menjawab pertanyaan yang sudah
terlampir dalam Lembar aktivitas 10. 7.
Peserta didik menyajikan hasil analisis
penyelesaian masalah dalam bentuk
kertas kerja yang ditulis di selembar kertas. 8.
Peserta didik mempresentasikan hasil analisis
di kelas secara bergiliran sebagai perwakilan dari kelompok. Peserta didik
dari kelompok lain boleh memberikan tanggapan dan pertanyaan terkait hasil
analisis tersebut. 9.
Guru membantu peserta didik untuk melakukan
refleksi dan evaluasi terhadap hasil analisis pemecahan masalah tentang permasalahan
kependudukan di Indonesia. Artikel: Permasalahan Kependudukan di Indonesia KOMPAS.com
- Indonesia merupakan salah satu negara yang jumlah penduduknya sangat besar.
Sebagai negara kepulauan, penduduk Indonesia tersebar diberbagai provinsi
yang ada di Indonesia. Jumlah penduduk yang ada di setiap provinsi berbeda
dan jumlahnya terus bertambah. Pertumbuhan penduduk yang besar dan persebaran
tidak merata menjadi sumber permasalahan di Indonesia. Masalah kependudukan
di Indonesia dalam buku Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan karya Nommy
Horas Thombang Siahaan (2004), perkembangan jumlah penduduk negara-negara di
dunia khususnya negara-negara sedang berkembang selama dasawarsa terakhir ini
sangat terasa pesatnya. Masalah kependudukan di negara Indonesia
ditandai oleh tiga hal, yakni jumlah penduduk yang kian meningkat Jumlah
penduduk Indonesia kurang lebih 160 juta jiwa. Hasil sensus pada 1980 berjumlah
147 juta jiwa dengan persentasi pertumbuhan sebesar 2,34 persen pertahun.
Tapi berdasarkan sensus penduduk pada 2000, jumlah penduduk Indonesia menjadi
203,4 juta jiwa dengan laju pertumbuhan 1,35 persen pertahun. Penyebaran
penduduk sangat timpang. Di Pulau Jawa yang hanya 7 persen dari seluruh luas
daratan Indonesia bermukim kurang lebih 120 juta jiwa penduduk. Tingkat kepadatannya
sekitar 700 jiwa perkilometer persegi. Dibandingkan Sumatra, Kalimantan,
Irian atau Maluku yang masing-masing hanya 88,20 dan 8 per kilometer persegi.
Situasi itu merupakan tantangan raksasa kependudukan. Situasi struktur umur
penduduk kurang menguntungkan Jumlah penduduk kebanyakan berumur muda dan itu
akan menjadi yang tantangan berat bagi pembangunan. Di Indonesia menurut
sensus penduduk pada 1980 jumlah penduduk yang berumur muda kurang lebih
berjumlah 100 juta. Tolak ukur yang biasa dipergunakan untuk menentukan umur
muda adalah 30 tahun ke bawah. Dari jumlah itu, sepertiganya berusia di bawah
15 tahun. Jumlah anak yang berada di bawah usia lima tahun sekitar 22 juta
orang. Menurut sensur penduduk pada 2000, struktur umur penduduk dikelompokan
dalam tiga kelompok, yakni kelompok umur muda 0-14 tahun: sebanyak 36,6
persen, kelompok umur produktif (15-64 tahun) 59,6 persen, kelompok umur tua
(65 tahun) atau lebih 3,8 persen. Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (Kemdikbud), perkembangan jumlah penduduk dunia yang sangat cepat
ini akan menimbulkan ledakan penduduk. Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi
tidak diimbangi dengan ketersediaan berbagai sarana dan prasarana,
fasilitas-fasilitas umum. Selain itu tidak diimbangi dengan pencapaian kualitas
SDM yang tinggi, maka akan muncul dampak atau permasalahan. Jika terus
menerus dibiarkan maka akan terjadi
ledakan penduduk. Ledakan penduduk sebagai akibat pertumbuhan penduduk yang
cepat dan memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan sosial-ekonomi
masyarakat Besarnya jumlah penduduk yang besar itu menjadi masalah dan
memiliki dampak positif maupun negatif. Di mana berpotensi terjadinya konflik
dan benturan antara berbagai kepentingan kelompok. Selain itu permasalahan penyediaan tenaga kerja dan sumber
daya alam. Penyediaan lapangan pekerjaan sangatlah minim sehingga timbul pengangguran. Sumber artikel: “Permasalahan Kependudukan di
Indonesia”,https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/08/174500069/permasalahan-kependudukan-di-indonesia?page=all.
Penulis: Ari Welianto | Editor : Ari Welianto ·
Peserta didik memilih dan mengorganisasikan
informasi yang diperoleh. ·
Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar
peserta didik (kegiatan belajar). ·
Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas
dengan baik. |
Peserta Didik Merencanakan dan Mengembangkan Ide |
1.
Hasil pengolahan informasi disajikan dalam
bentuk laporan/poster/karya lainnya. 2.
Peserta didik secara mandiri mengerjakan sebuah
mini penelitian sesuai dengan Lembar Aktivitas 11 yang berkaitan dengan data
kependudukan masyarakat lingkungan tempat tinggal. 3.
Peserta didik akan mencari informasi secara
mandiri untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan Lembar Aktivitas 11.
Kemudian data akan diolah dengan menggambarkan bentuk komposisi
penduduknya. Kegiatan Lembar Aktivitas
11 ini akan menekankan nilai-nilai karakter jujur dalam proses pengerjaan,
kreativitas berpikir, dan tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas tersebut. |
Peserta
Didik Melakukan Releksi dan Aksi |
a)
Dalam kelas atau melalui media berbasis
internet peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan informasi. b)
Guru memfasilitasi peserta didik menemukan
simpulan pembelajaran. c)
Guru memberikan kesempatan ke peserta didik
untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan. d)
Penguatan dan pengayaan dilakukan untuk
mengembangkan kompetensi peserta didik. |
Penutup |
·
Penilaian pembelajaran dilakukan secara lisan
atau tertulis. ·
Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran
berkaitan dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sikap 1. Apakah
aku sudah melakukan pembelajaran secara bertanggung jawab dengan tugas
mandiri dan kelompok? 2. Apakah
aku sudah mengumpulkan tugas sesuai ketentuan dan tepat waktu? 3. Apakah
saya sudah berdoa dalam setiap pembelajaran di mulai? 4. Apakah
saya selalu masuk kelas tepat waktu? Pengetahuan: 1. Apakah
aku sudah mampu memahami konsep dinamika kependudukan? 2. Bagaimana
kondisi kependudukan di Indonesia? 3. Bagaimana
hubungan antara pertumbuhan penduduk dengan kualitas penduduk? 4. Bagaimana
upaya yang dilakukan untuk mengatasi pertumbuhan yang besar? Keterampilan : Apakah
sudah mengerjakan mini penelitian dengan baik dan disusun sesuai dengan
ketentuan yang dilakukan? Refleksi : juga bisa
dilakukan dengan cara lain, misalnya kuis, menuliskan hasil kompetensi yang
diperoleh baik sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dapat pula dengan
menuliskan inspirasi yang diperoleh dan akan dilakukan pada masa mendatang. Tindak lanjut :
dilakukan dengan mendorong peserta didik mempelajari lebih lanjut dan
informasi pembelajaran berikutnya tentang proses keragaman masyarakat
Indonesia. |
Doa dan penutup |
Siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya |
|
|
Pengayaan remedial |
Pembelajaran
remedial dapat dilakukan dengan cara: 1.
pemberian pembelajaran ulang
dengan metode dan media yang berbeda,
disesuaikan dengan gaya belajar siswa; 2.
pemberian bimbingan secara
perorangan; 3.
pemberian tugas-tugas atau
latihan secara khusus, dimulai dengan tugas-tugas atau
latihan sesuai dengan kemampuannya; pemanfaatan tutor sebaya, yaitu siswa
dibantu oleh teman sekelas yang telah tuntas dalam pembelajaran 4.
Materi di bawah ini merupakan informasi penting yang dapat
digunakan untuk mengembangkan kompetensi yang dipelajari peserta didik dalam
buku teks. Rujukan lain: Mantra, I. 2002. Demografi Umum. Yogyakarta:
Gadjahmada University Press. Dinamika Penduduk |
Penilaian |
1.
Penilaian ditekankan pada pengembangan sikap, pengetahuan,
dan keterampilan. 2.
Guru dapat menilai dengan teknik tes dan nontes. Soal tes
dikembangkan secara terstandar dan bertingkat. Soal tidak hanya mengukur
kemampuan tingkat rendah, tetapi menekankan pada kemampuan berpikir tingkat
tinggi. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan tes, unjuk kerja, dan proyek. 3.
Penilaian formatif melalui tugas, dan kuis. 4.
Penilaian proyek yang dikerjakan peserta didik. 5.
Penilaian sikap dilakukan melalui observasi dan jurnal
penilaian sikap. |
Bahan bacaan peserta didik |
Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan
Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan. |
Kata kunci /
glosarium |
Dinamika Penduduk adalah perubahan / pertumbuhan jumlah
penduduk dari waktu ke waktu, hal ini disebabkan karena adanya peristiwa
kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk Bonus demografi merupakan suatu keadaan dimana terjadi peningkatan
penduduk sebuah negara pada usia produktif yaitu berkisar antara 16 hingga 65
tahun.
Peningkatan tersebut diikuti pula dengan menurunnya angka kelahiran serta
kematian. Kualitas
penduduk adalah kondisi penduduk dalam aspek fisik dan nonfisik yang
meliputi derajat kesehatan, pendidikan, pekerjaan, produktivitas, tingkat
sosial, ketahanan, kemandirian, kecerdasan, sebagai ukuran dasar untuk
mengembangkan kemampuan dan menikmati kehidupan sebagai manusia yang
bertakwa, berbudaya, |
Daftar Pustaka |
1. Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan
Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan. 2.
Supardi
dkk tahun 2021, Buku Panduan Guru SMP
Kelas VIII Jakarta. Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan
Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan. 3.
Balai
Pustaka, Kamus besar bahasa Indonesia. edisi ke 5 Badan Pengembangan dan
Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2018 |
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 8 Malang
Guru Mata Pelajaran
IPS
Sri Nuryani M.Pd. Drs Sumarno.
NIP. 19661116 199003 2 009 NIP. 1966308
200501 1 006
Lampiran 1
Lembar Kerja
Siswa
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 8 Malang
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi
:
Kemajemukan
Masyarakat Indonesi
Sub pokok bahasan : Dinamika Kependudukan
Alokasi Waktu : 4 JP (2 Pertemuan )
I.
Kerjakan LKPD berikut.
Aktifitas kelompok 10
1.
Bentuklah kelompok
yang terdiri dari dua orang!
2. Carilah artikel yang berkaitan dengan permasalahan penduduk di
Indonesia di internet!
3. Tuliskan sumber artikel yang didapatkan dan bawalah artikel
tersebut untuk didiskusikan di kelas!
4. Tuliskan hasil diskusi sesuai dengan format pada tabel di bawah
ini pada kertas kerja yang sudah disediakan oleh guru!
a) Apa permasalahan kependudukan yang muncul dalam artikel yang
kalian temukan!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
b) Mengapa permasalahan kependudukan tersebut dapat terjadi?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
c) Apa yang terjadi setelah ada permasalahan kependudukan tersebut?
Jelaskan!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
d) Bagaimana upaya untuk mengatasi permasalahan kependudukan
tersebut?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Presentasikan hasil diskusi di depan kelas!
Aktivitas
Individu
1.
Carilah
informasi tentang data penduduk di lingkungan sekitar tempat tinggalmu yang
meliputi:
a.
data
jumlah penduduk
b.
angka
pertumbuhan penduduk
c.
angka
kelahiran dan kematian
d. data migrasi penduduk
2.
Setelah
mendapatkan data penduduk di lingkungan tempat tinggalmu,kemudian susunlah
komposisi penduduk berdasarkan dengan usia dan jumlah kelamin!
3.
Bagaimana
kondisi pertumbuhan penduduk yang terjadi di lingkungan sekitar tempat
tinggalmu? Deskripsikan sesuai dengan kondisi yang ada!
4.
Kemudian
analisislah dinamika penduduk yang terjadi di lingkungan tempat tinggalmu baik
dari jumlah penduduknya, komposisi penduduk dan kualitas penduduk!
5.
Kerjakan
di lembar kertas kerja kalian masing-masing!
6.
Presentasikan
di depan kelas dan mintalah masukan dari guru dan teman sekelasmu!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar