Senin, 19 Agustus 2024

(SSK ) Sekolah Siaga Kependudukan. Modul belajar IPS Kelas 8 Dinamika Kepndudukan

                                                             Dinamika Kependudukan

SSK ) Sekolah Siaga Kependudukan

Nama

Drs. Sumarno

Jenjang/Kelas

SMP / 8

Sekolah

SMPN 8 Malang

Mapel

IPS

Alokasi waktu

6 JP ( 3 X pertemuan )

Jumlah siswa

32 Siswa

Fase

D

Model pembelajaran/metode

Problem Based Learning

 

Sarana dan prasarana

·       Komputer/Laptop

·       Koneksi Internet

·       HP

·       Kertas besar, spidol,selotip

·       Peta persebaran hasil tambang di Indonesia.

Target peserta didik

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar

Profil pelajar Pancasila

Bernalar kritis, Kreatif, Kebhinekaan global.

 

 

Domain mapel

Kemajemukan Masyarakat Indonesia

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, Peserta didik dapat

1.      Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk dengan benar

2.      Menganalisis perkembangan kependudukan di Indonesia dengan benar

Pertanyaan panduan

 

1.      Bagaimana kondisi partumbuhan penduduk Indonesia saat ini?

2.      Bagaimana upaya menyeimbangkan pertumbuhan penduduk dengan kualitas penduduk?

3.      Bagaimana upaya untuk menekan pertumbuhan penduduk?

 

Pendahuluan

1.                 Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa.

2.                 Guru dan peserta mengondisikan pembelajaran.

 

Apersepsi :

1.      Peserta didik melihat video tentang gambaran penduduk di Indonesia.

2.      Guru dapat menambahkan variasi foto dari internet atau dokumentasi pribadi yang dimiliki guru. Guru juga dapat menceritakan kepada peserta didik tentang konsep kependudukan secara sederhana sesuai dengan lingkungan sekitar misalnya menceritakan tentang kelahiran dan kematian.

3.      Guru juga dapat melakukan tanya jawab kepada peserta didik tentang pertumbuhan penduduk di lingkungan tempat tinggal peserta didik.

4.      Apresepsi juga dapat dilakukan dengan melibatkan aktivitas peserta didik dengan menunjuk peserta didik untuk menceritakan jumlah anggota keluarganya.

5.      Peserta didik difasilitasi guru mengaitkan gambar, video, atau cerita dengan kegiatan belajar yang akan dipelajari.

6.      Guru melanjutkan dengan memberikan motivasi peningkatan jumlah penduduk yang besar harus diimbangi dengan peningkatan kualitas penduduk dalam berbagai aspek.

7.      Peserta didik dibantu guru menyimak gambaran tema dan tujuan pembelajaran dalam tema 02 pada pertemuan 27, 28, 29 tentang perdagangan antarpulau.

Kegiatan inti

·         Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari Lembar Aktivitas kelompok 10 atau Lembar Aktivitas 1 untuk mendalami materi kependudukan di Indonesia. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kepada peserta didik berbagai permasalahan penduduk di Indonesia melalui artikel yang telah dicari. Diskusikan artikel tersebut dengan pasangannya dan dituliskan ke dalam buku untuk dipresentasikan secara acak.

·         Kemudian guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik tentang hasil diskusi terkait artikel yang telah dipresentasikan

Peserta Didik Mengidentiikasi Masalah

Selanjutnya guru mendorong peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang mengarah pada HOTS. Beberapa pertanyaan yang diajukan misalnya:

1)      Bagaimana kondisi partumbuhan penduduk Indonesia saat ini?

2)      Bagaimana upaya menyeimbangkan pertumbuhan penduduk dengan kualitas penduduk?

3)      Bagaimana upaya untuk menekan pertumbuhan penduduk?

Peserta Didik Mengelola Informasi

Peserta didik membaca teks tentang dinamika kependudukan yang terdiri dari faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk, piramida penduduk, komposisi penduduk, dan pertumbuhan dan kualitas penduduk.

Guru memfasilitasi sumber lain misalnya memberikan tautan internet

yang mendukung penjelasan dan pendalaman sumber belajar.

Untuk memperoleh informasi lebih luas peserta didik juga dapat melakukan studi literasi dan browsing di internet berkaitan dengan dinamika kependudukan yang meliputi komposisi penduduk, pertumbuhan dan kualitas penduduk. Guru dapat memberikan beberapa tautan berita, tulisan, dan laporan video tentang kependudukan.

Peserta didik mengolah informasi secara berkelompok di bawah bimbingan guru. Kegiatan ini dapat dilakukan secara bervariasi, dengan pemecahan masalah

menggunakan model Problem Based Learning

(Pembelajaran Berbasis Masalah) untuk mendorong peserta didik memiliki keterampilan abad 21 yaitu 4 C (Critical thinking, collaboration, creativity dan communication) dalam membahas suatu topik. Berikut adalah langkah-langkah PBL:

1.    Guru membagi kelompok dengan masing-masing berjumlah 5 orang. Guru dapat membagi kelompok dengan cara yang bervariasi.

2.    Kelompok dapat ditunjuk oleh guru, dapat juga teman sebangku, dan dapat juga diacak sesuai dengankebijakan guru.

3.    Guru menjelaskan tugas yang akan dikerjakan yaitu pemecahan masalah yang berkaitan dengan Lembar Aktivitas 10.

4.    Guru memberikan contoh artikel sebagai acuan peserta didik dalam mencari artikel yang bersangkutan.

5.    Peserta didik secara berkelompok diinstruksikan untuk mencari contoh artikel permasalahan kependudukan di Indonesia.

6.    Guru membimbing peserta didik untuk menganalisis dan menyelidiki artikel tersebut untuk menjawab pertanyaan yang sudah terlampir dalam Lembar aktivitas 10.

7.    Peserta didik menyajikan hasil analisis penyelesaian masalah  dalam bentuk kertas kerja yang ditulis di selembar kertas.

8.    Peserta didik mempresentasikan hasil analisis di kelas secara bergiliran sebagai perwakilan dari kelompok. Peserta didik dari kelompok lain boleh memberikan tanggapan dan pertanyaan terkait hasil analisis tersebut.

9.    Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi dan evaluasi terhadap hasil analisis pemecahan masalah tentang permasalahan kependudukan di Indonesia.

 

Artikel:

 

Permasalahan Kependudukan di Indonesia

 

KOMPAS.com - Indonesia merupakan salah satu negara yang jumlah penduduknya sangat besar. Sebagai negara kepulauan, penduduk Indonesia tersebar diberbagai provinsi yang ada di Indonesia. Jumlah penduduk yang ada di setiap provinsi berbeda dan jumlahnya terus bertambah. Pertumbuhan penduduk yang besar dan persebaran tidak merata menjadi sumber permasalahan di Indonesia. Masalah kependudukan di Indonesia dalam buku Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan karya Nommy Horas Thombang Siahaan (2004), perkembangan jumlah penduduk negara-negara di dunia khususnya negara-negara sedang berkembang selama dasawarsa terakhir ini sangat terasa pesatnya.

Masalah kependudukan di negara Indonesia ditandai oleh tiga hal, yakni jumlah penduduk yang kian meningkat Jumlah penduduk Indonesia kurang lebih 160 juta jiwa. Hasil sensus pada 1980 berjumlah 147 juta jiwa dengan persentasi pertumbuhan sebesar 2,34 persen pertahun. Tapi berdasarkan sensus penduduk pada 2000, jumlah penduduk Indonesia menjadi 203,4 juta jiwa dengan laju pertumbuhan 1,35 persen pertahun. Penyebaran penduduk sangat timpang. Di Pulau Jawa yang hanya 7 persen dari seluruh luas daratan Indonesia bermukim kurang lebih 120 juta jiwa penduduk. Tingkat kepadatannya sekitar 700 jiwa perkilometer persegi. Dibandingkan Sumatra, Kalimantan, Irian atau Maluku yang masing-masing hanya 88,20 dan 8 per kilometer persegi. Situasi itu merupakan tantangan raksasa kependudukan. Situasi struktur umur penduduk kurang menguntungkan Jumlah penduduk kebanyakan berumur muda dan itu akan menjadi yang tantangan berat bagi pembangunan. Di Indonesia menurut sensus penduduk pada 1980 jumlah penduduk yang berumur muda kurang lebih berjumlah 100 juta. Tolak ukur yang biasa dipergunakan untuk menentukan umur muda adalah 30 tahun ke bawah. Dari jumlah itu, sepertiganya berusia di bawah 15 tahun. Jumlah anak yang berada di bawah usia lima tahun sekitar 22 juta orang. Menurut sensur penduduk pada 2000, struktur umur penduduk dikelompokan dalam tiga kelompok, yakni kelompok umur muda 0-14 tahun: sebanyak 36,6 persen, kelompok umur produktif (15-64 tahun) 59,6 persen, kelompok umur tua (65 tahun) atau lebih 3,8 persen.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), perkembangan jumlah penduduk dunia yang sangat cepat ini akan menimbulkan ledakan penduduk. Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi tidak diimbangi dengan ketersediaan berbagai sarana dan prasarana, fasilitas-fasilitas umum. Selain itu tidak diimbangi dengan pencapaian kualitas SDM yang tinggi, maka akan muncul dampak atau permasalahan. Jika terus menerus dibiarkan  maka akan terjadi ledakan penduduk. Ledakan penduduk sebagai akibat pertumbuhan penduduk yang cepat dan memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan sosial-ekonomi masyarakat Besarnya jumlah penduduk yang besar itu menjadi masalah dan memiliki dampak positif maupun negatif. Di mana berpotensi terjadinya konflik dan benturan antara berbagai kepentingan kelompok. Selain

itu permasalahan penyediaan tenaga kerja dan sumber daya alam. Penyediaan lapangan pekerjaan sangatlah minim sehingga timbul pengangguran.

Sumber artikel: “Permasalahan Kependudukan di Indonesia”,https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/08/174500069/permasalahan-kependudukan-di-indonesia?page=all. Penulis: Ari Welianto | Editor : Ari Welianto

·         Peserta didik memilih dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh.

·         Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar peserta didik (kegiatan belajar).

·         Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas dengan baik.

Peserta Didik Merencanakan dan Mengembangkan Ide

1.        Hasil pengolahan informasi disajikan dalam bentuk laporan/poster/karya lainnya.

2.        Peserta didik secara mandiri mengerjakan sebuah mini penelitian sesuai dengan Lembar Aktivitas 11 yang berkaitan dengan data kependudukan masyarakat lingkungan tempat tinggal.

3.        Peserta didik akan mencari informasi secara mandiri untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan Lembar Aktivitas 11. Kemudian data akan diolah dengan menggambarkan bentuk komposisi penduduknya.  Kegiatan Lembar Aktivitas 11 ini akan menekankan nilai-nilai karakter jujur dalam proses pengerjaan, kreativitas berpikir, dan tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Peserta Didik Melakukan Releksi dan Aksi

a)        Dalam kelas atau melalui media berbasis internet peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan informasi.

b)        Guru memfasilitasi peserta didik menemukan simpulan pembelajaran.

c)        Guru memberikan kesempatan ke peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.

d)       Penguatan dan pengayaan dilakukan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik.

Penutup

·       Penilaian pembelajaran dilakukan secara lisan atau tertulis.

·       Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran berkaitan dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Sikap

1.      Apakah aku sudah melakukan pembelajaran secara bertanggung jawab dengan tugas mandiri dan kelompok?

2.      Apakah aku sudah mengumpulkan tugas sesuai ketentuan dan tepat waktu?

3.      Apakah saya sudah berdoa dalam setiap pembelajaran di mulai?

4.      Apakah saya selalu masuk kelas tepat waktu?

Pengetahuan:

1.      Apakah aku sudah mampu memahami konsep dinamika kependudukan?

2.      Bagaimana kondisi kependudukan di Indonesia?

3.      Bagaimana hubungan antara pertumbuhan penduduk dengan kualitas penduduk?

4.      Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi pertumbuhan yang besar?

Keterampilan :

Apakah sudah mengerjakan mini penelitian dengan baik dan disusun sesuai dengan ketentuan yang dilakukan?

Refleksi : juga bisa dilakukan dengan cara lain, misalnya kuis, menuliskan hasil kompetensi yang diperoleh baik sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dapat pula dengan menuliskan inspirasi yang diperoleh dan akan dilakukan pada masa mendatang.

Tindak lanjut : dilakukan dengan mendorong peserta didik mempelajari lebih lanjut dan informasi pembelajaran berikutnya tentang proses keragaman masyarakat Indonesia.

Doa dan penutup

Siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya

 

Pengayaan remedial

Pembelajaran remedial dapat dilakukan dengan cara:

1.        pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda,  disesuaikan dengan gaya belajar siswa;

2.        pemberian bimbingan secara perorangan;

3.        pemberian tugas-tugas atau latihan secara khusus, dimulai dengan tugas-tugas

atau latihan sesuai dengan kemampuannya; pemanfaatan tutor sebaya, yaitu siswa dibantu oleh teman sekelas yang telah tuntas dalam pembelajaran

4.        Materi di bawah ini merupakan informasi penting yang dapat digunakan untuk mengembangkan kompetensi yang dipelajari peserta didik dalam buku teks. Rujukan lain: Mantra, I. 2002. Demografi Umum. Yogyakarta: Gadjahmada University Press. Dinamika Penduduk

Penilaian

1.        Penilaian ditekankan pada pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

2.        Guru dapat menilai dengan teknik tes dan nontes. Soal tes dikembangkan secara terstandar dan bertingkat. Soal tidak hanya mengukur kemampuan tingkat rendah, tetapi menekankan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan tes, unjuk kerja, dan proyek.

3.        Penilaian formatif melalui tugas, dan kuis.

4.        Penilaian proyek yang dikerjakan peserta didik.

5.        Penilaian sikap dilakukan melalui observasi dan jurnal penilaian sikap.

Bahan bacaan peserta didik

Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

Kata kunci  /            glosarium

Dinamika Penduduk adalah perubahan / pertumbuhan jumlah penduduk dari waktu ke waktu, hal ini disebabkan karena adanya peristiwa kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk

Bonus demografi merupakan suatu keadaan dimana terjadi peningkatan penduduk sebuah negara pada usia produktif yaitu berkisar antara 16 hingga 65 tahun. Peningkatan tersebut diikuti pula dengan menurunnya angka kelahiran serta kematian.

Kualitas penduduk adalah kondisi penduduk dalam aspek fisik dan nonfisik yang meliputi derajat kesehatan, pendidikan, pekerjaan, produktivitas, tingkat sosial, ketahanan, kemandirian, kecerdasan, sebagai ukuran dasar untuk mengembangkan kemampuan dan menikmati kehidupan sebagai manusia yang bertakwa, berbudaya,

Daftar Pustaka

1.     Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

2.     Supardi dkk tahun 2021, Buku Panduan Guru SMP Kelas VIII Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

3.     Balai Pustaka, Kamus besar bahasa Indonesia. edisi ke 5 Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2018

 

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 8 Malang                                                          Guru Mata Pelajaran IPS

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.                                                                               Drs Sumarno.

NIP. 19661116 199003 2 009                                                             NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Lampiran 1

 

Lembar Kerja Siswa

 

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 8 Malang

Mata Pelajaran                        : IPS

Kelas/Semester                        : VIII / Ganjil

Materi                                      : Kemajemukan Masyarakat Indonesi

Sub pokok bahasan              : Dinamika Kependudukan

Alokasi Waktu                        : 4 JP (2 Pertemuan )

 

I.     Kerjakan LKPD berikut.

 

Aktifitas kelompok 10

 

 

1.        Bentuklah kelompok yang terdiri dari dua orang!

2.       Carilah artikel yang berkaitan dengan permasalahan penduduk di Indonesia di internet!

3.       Tuliskan sumber artikel yang didapatkan dan bawalah artikel tersebut untuk didiskusikan di kelas!

4.       Tuliskan hasil diskusi sesuai dengan format pada tabel di bawah ini pada kertas kerja yang sudah disediakan oleh guru!

a)     Apa permasalahan kependudukan yang muncul dalam artikel yang kalian temukan!

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

b)    Mengapa permasalahan kependudukan tersebut dapat terjadi?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

c)     Apa yang terjadi setelah ada permasalahan kependudukan tersebut? Jelaskan!

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

d)    Bagaimana upaya untuk mengatasi permasalahan kependudukan tersebut?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

5.       Presentasikan hasil diskusi di depan kelas!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aktivitas Individu

 

1.             Carilah informasi tentang data penduduk di lingkungan sekitar tempat tinggalmu yang meliputi:

a.         data jumlah penduduk

b.        angka pertumbuhan penduduk

c.         angka kelahiran dan kematian

d.       data migrasi penduduk

2.             Setelah mendapatkan data penduduk di lingkungan tempat tinggalmu,kemudian susunlah komposisi penduduk berdasarkan dengan usia dan jumlah kelamin!

3.             Bagaimana kondisi pertumbuhan penduduk yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggalmu? Deskripsikan sesuai dengan kondisi yang ada!

4.             Kemudian analisislah dinamika penduduk yang terjadi di lingkungan tempat tinggalmu baik dari jumlah penduduknya, komposisi penduduk dan kualitas penduduk!

5.             Kerjakan di lembar kertas kerja kalian masing-masing!

6.             Presentasikan di depan kelas dan mintalah masukan dari guru dan teman sekelasmu!

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar