Kualitas
Sumber Daya Manusia Indonesia
SSK ( Sekolah Siaga Kependudukan )
Nama |
Drs. Sumarno |
Jenjang/Kelas |
SMP / 8 |
Sekolah |
SMPN 8 Malang |
Mapel |
IPS |
Alokasi waktu |
4 JP ( 2 X pertemuan ) |
Jumlah siswa |
32 Siswa |
Fase |
D |
Model pembelajaran/metode |
PBL , Group Investigation |
Sarana dan prasarana |
·
Komputer/Laptop ·
Koneksi Internet ·
HP · Peta
persebaran hasil tambang di Indonesia. |
Target peserta didik |
Peserta didik
reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi
ajar |
Profil pelajar Pancasila |
Bernalar kritis, Kreatif, Kebhinekaan global. |
Domain mapel |
Kondisi
Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam |
Tujuan Pembelajaran |
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu: Peserta
didik mampu menganalisis kualitas sumber daya manusia di Indonesia dengan
benar |
Pertanyaan
panduan |
1. Bagaimana
kualitas sumber daya manusia Indonesia pada saat ini? 2. Mengapa
jumlah penduduk dapat memengaruhi kualitas dan produktivitas? 3. Faktor
apa saja yang memengaruhinya? |
|
|
Pendahuluan |
1.
Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa. 2.
Guru dan peserta mengondisikan pembelajaran. Apersepsi Peserta
didik melihat video sumber daya manusia. Guru dapat menambahkan variasi
gambar menggunakan tayangan video dari
internet. Apersepsi juga dapat dilakukan dengan melibatkan aktivitas peserta didik. Peserta
didik difasilitasi guru mengaitkan gambar
dengan kegiatan belajar sebelumnya. Guru melanjutkan dengan memberikan motivasi terkait kualitas
SDM Indonesia. Motivasi: Sumber daya manusia Indonesia mayoritas masih dalam
kategori yang biasa saja, maka dari itu kita sebagai generasi penerus yang
akan memiliki pekerjaan ke depan sebaiknya berupaya untuk memperbaiki
kualitas sumber daya manusia di Indonesia agar dapat menaikkan kemajuan dan
kemakmuran negara. Peserta
didik dibantu guru menyimak gambaran tema dan tujuan pembelajaran dalam tema
01. |
Kegiatan inti |
1. Guru
menjelaskan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Kegiatan ini dimaksudkan
untuk memberikan pengalaman peserta didik bahwa jumlah penduduk memengaruhi
kualitas sumber daya manusia. Kemudian guru melakukan tanya jawab dengan
peserta didik terkait materi yang telah dijelaskan. 2. Secara
interaktif guru mengaitkan proses tanya jawab tersebut dengan orientasi
pembelajaran tentang kualitas sumber daya manusia Indonesia. |
Peserta
Didik Mengidentiikasi Masalah |
1) Setelah
peserta didik mengidentifikasi kualitas sumber daya manusia Indonesia,
selanjutnya guru mendorong peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang
mengarah pada HOTS. 2) Beberapa
pertanyaan yang diajukan, misalnya: Bagaimana kualitas sumber daya manusia
Indonesia pada saat ini? Mengapa jumlah penduduk dapat memengaruhi kualitas
dan produktivitas? Faktor apa saja yang memengaruhinya? |
Peserta
Didik Mengelola Informasi |
1.
Peserta didik membaca teks tentang kualitas
sumber daya manusia Indonesia. 2.
Guru memfasilitasi sumber lain misalnya
memberikan tautan internet yang mendukung penjelasan dan pendalaman sumber
belajar. tautan : SDM Unggul Industri
4.0 https://www.youtube.com/watch?v=c80mghJRlnk 3.
Untuk memperoleh informasi lebih luas peserta
didik juga dapat melakukan browsing kualitas
sumber daya manusia Indonesia. 4.
Guru dapat memberikan beberapa tautan berita,
tulisan, dan laporan video tentang
kualitas sumber daya manusia Indonesia. 5.
Peserta didik mengolah informasi secara
berkelompok di bawah bimbingan guru. Kegiatan ini dapat dilakukan secara
bervariasi, Menggunakan Group Investigation 6.
Guru dapat menggunakan
metode Group Investigation
yang mengembangkan peserta didik untuk berpikir kritis dan mampu bekerja sama dalam tim. Adapun langkah-langkah
dalam Group Investigation
: 1) Guru
membagi peserta didik ke dalam 8 kelompok yang terbagi masing-masing 4
peserta didik. 2) Guru
memberikan penjelasan terkait dengan tugas kualitas sumber daya manusia. 3) Peserta
didik memahami tugas yang diberikan oleh untuk 4) membuat
kliping macam-macam pekerjaan. 5) Peserta
didik melakukan pencarian berbagai pekerjaan di koran. 6) Guru
memantau proses kerja peserta didik dan memberikan bimbingan terkait dengan
pembuatan kliping yang dilakukan oleh peserta didik. 7) Setiap
kelompok melakukan analisis masing-masing pekerjaan yang telah ditemukan
dengan membuat sebuah kliping. 8) Setiap
kelompok menyusun presentasi untuk mengomunikasikan di depan kelas secara
bergilir. 7.
Guru membantu peserta didik untuk melakukan
refleksi dan evaluasi terhadap kliping yang telah dibuat. 8.
Peserta didik memilih dan mengorganisasikan
informasi yang diperoleh. 9.
Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar
peserta didik (kegiatan belajar). 10.
Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas
dengan baik. 11.
Guru membantu peserta didik menemukan sumber
belajar lainnya. Hal
tersebut bertujuan untuk mengembangkan kreativitas peserta didik dalam menganalisis kualitas sumber daya
manusia yang ada di Indonesia. |
Peserta Didik Merencanakan dan Mengembangkan Ide |
1. Hasil
pengolahan informasi disajikan dalam bentuk laporan/poster/karya lainnya. 2. Peserta
didik secara kelompok mengerjakan Lembar Aktivitas 9 untuk membuat kliping
tentang macam-macam pekerjaan di Indonesia. |
Peserta
Didik Melakukan Releksi dan Aksi |
1)
Dalam kelas atau melalui media berbasis
internet, peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan informasi. 2)
Guru memfasilitasi peserta didik menemukan
simpulan pembelajaran. 3)
Guru memberikan kesempatan ke peserta didik
untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan. 4)
Penguatan dan pengayaan dilakukan untuk
mengembangkan kompetensi peserta didik. |
Penutup |
Penilaian
pembelajaran dilakukan secara lisan atau tertulis. Peserta
didik melakukan refleksi pembelajaran berkaitan dengan sikap, pengetahuan,
dan keterampilan. Sikap Apakah
aku sudah melakukan pembelajaran secara bertanggung jawab? Inspirasi
dari pembelajaran tentang lembaga sosial dalam hidup saya adalah….. Pengetahuan: 1)
Apakah aku sudah mampu mengidentifikasi lembaga
sosial? 2)
Mengapa harus ada aturan di dalam masyarakat? 3)
Bagaimana jika tidak mematuhi aturan tersebut? Keterampilan : Apakah
aku sudah berhasil membuat esai/poster/karya lainnya tentang lembaga sosial? Refleksi
juga dapat dilakukan dengan cara lain, misalnya kuis tentang lembaga sosial,
menuliskan kompetensi yang diperoleh baik sikap,pengetahuan, dan
keterampilan. Dapat pula dengan menuliskan inspirasi
dan apa yang akan dilakukan pada masa mendatang. Tindak
lanjut dilakukan dengan mendorong peserta didik
mempelajari lebih lanjut dan informasi pembelajaran berikutnya tentang
peranan lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam. |
Doa dan penutup |
Siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya untuk mengakhiri kegiatan
pembelajara |
|
|
Pengayaan remedial |
Pembelajaran remedial dapat dilakukan dengan cara: 1.
pemberian
pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda, disesuaikan
dengan gaya belajar siswa; 2.
pemberian bimbingan
secara perorangan; 3.
pemberian
tugas-tugas atau latihan secara khusus, dimulai dengan tugas-tugas atau latihan sesuai dengan kemampuannya; 4.
pemanfaatan tutor
sebaya, yaitu siswa dibantu oleh teman sekelas yang telah tuntas dalam pembelajaran 5. materi Kualitas Sumber Daya Manusia di
Indonesia |
Peilaian |
1.
Penilaian ditekankan pada pengembangan sikap,
pengetahuan, dan keterampilan. 2.
Guru dapat menilai dengan teknik tes dan
nontes. Soal tes dikembangkan secara terstandar dan bertingkat. Soal tidak
hanya mengukur kemampuan tingkat rendah, tetapi menekankan pada kemampuan
berpikir tingkat tinggi. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan tes,
unjuk kerja, dan proyek. 3.
Penilaian formatif melalui tugas, dan kuis. 4.
Penilaian proyek yang dikerjakan peserta didik. 5.
Penilaian sikap dilakukan melalui observasi dan
jurnal penilaian sikap. |
Bahan bacaan peserta didik |
Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET,
DAN TEKNOLOGI BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAN PERBUKUAN PUSAT KURIKULUM
DAN PERBUKUAN. |
Kata kunci /
glosarium |
Keragaman sumber daya alam dapat diartikan sebagai banyaknya jenis atau bentuk yang berbeda-beda pada
setiap sumber daya alam guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contohnya, keragaman tumbuhan, hewan, ekosistem,
bahkan udara. Keragaman sosial budaya merupakan salah satu ciri khas dari kehidupan manusia di dunia
yang memiliki berbagai macam latar belakang dan identitas. Keragaman sosial budaya juga menunjukkan kekayaan
dan keunikan dari setiap bangsa dan negara. |
Daftar Pustaka |
1. Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset,
Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum
Dan Perbukuan. 2.
Supardi dkk tahun 2021, Buku
Panduan Guru SMP Kelas VIII Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan
Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan. 3.
Balai Pustaka, Kamus besar bahasa Indonesia. edisi ke 5 Badan
Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2018 4.
Maryunani. 2018. Pengelolaan Sumber Daya Alam
dan Pembangunan Ekonomi Secara Berkelanjutan. Malang: UB Press. |
Kepala SMP Negeri 8 Malang
Guru Mata Pelajaran
IPS
Sri
Nuryani M.Pd. Drs Sumarno.
NIP. 19661116
199003 2 009 NIP. 1966308
200501 1 006
Lembar Kerja
Siswa
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 8 Malang
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi
:
Kondisi Geografis
dan Pelestarian Sumber Daya Ala
Sub pokok bahasan : Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia
Alokasi Waktu : 4 JP (2 Pertemuan )
I.
Kerjakan dengan kelompok yang sudah kalian bentuk.
Aktivitas Kelompok 9
1. Buatlah kelompok
yang berisikan 4-5 orang peserta didik 2. Setiap kelompok membuat kliping macam-macam
pekerjaan 3. Carilah informasi melalui koran, majalah,
dan sebagainya 4. Tuliskan hasil diskusi kelompok dalam
bentuk kliping 5. Presentasikan di depan kelas didampingi
dengan guru. |
Aktifitas
Kelompok 10
1)
Carilah data
sebanyak 10 penduduk umur 20-35 tahun di lingkungan tempat tinggalmu. 2)
Catatlah latar
belakang pendidikan, pekerjaan, pengalaman kerja, dan penghasilan mereka
setiap bulan, rata-rata penghasilan penduduk perbulan, penghasilan tertinggi
dan terendah. 3)
Sajikan data
tersebut dalam sebuah tabel 4)
Selanjutnya
jawablah pertanyaan di bawah ini: b. Apakah penghasilan penduduk di tempat tinggalmu berbeda beda? c.
Mengapa
penghasilan penduduk tersebut berbeda-beda? d. Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan
penghasilan penduduk yang masih di bawah rata-rata? 5) Sajikan hasil analisismu dalam sebuah poster. 6) Presentasikan poster tersebut dengan model windows shopping. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar