Senin, 19 Agustus 2024

SSK ( Sekolah Siaga Kependudukan ) Modul Belajar IPS Kelas 8 Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia

Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia

SSK ( Sekolah Siaga Kependudukan ) 

Nama

Drs. Sumarno

Jenjang/Kelas

SMP / 8

Sekolah

SMPN 8 Malang

Mapel

IPS

Alokasi waktu

4 JP ( 2 X pertemuan )

Jumlah siswa

32 Siswa

Fase

D

Model pembelajaran/metode

PBL , Group Investigation

Sarana dan prasarana

·       Komputer/Laptop

·       Koneksi Internet

·       HP

·       Peta persebaran hasil tambang di Indonesia.

Target peserta didik

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar

Profil pelajar Pancasila

Bernalar kritis, Kreatif, Kebhinekaan global.

 

 

Domain mapel

Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan

mampu:

Peserta didik mampu menganalisis kualitas sumber daya manusia di Indonesia dengan benar

Pertanyaan panduan

 

1.      Bagaimana kualitas sumber daya manusia Indonesia pada saat ini?

2.      Mengapa jumlah penduduk dapat memengaruhi kualitas dan produktivitas?

3.      Faktor apa saja yang memengaruhinya?

 

Pendahuluan

1.                 Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa.

2.                 Guru dan peserta mengondisikan pembelajaran.

 

Apersepsi Peserta didik melihat video sumber daya manusia. Guru dapat menambahkan variasi gambar menggunakan tayangan video dari internet. Apersepsi juga dapat dilakukan dengan melibatkan aktivitas peserta didik.

Peserta didik difasilitasi guru mengaitkan gambar dengan kegiatan belajar sebelumnya. Guru melanjutkan dengan memberikan motivasi terkait kualitas SDM Indonesia.

 

Motivasi: Sumber daya manusia Indonesia mayoritas masih dalam kategori yang biasa saja, maka dari itu kita sebagai generasi penerus yang akan memiliki pekerjaan ke depan sebaiknya berupaya untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia di Indonesia agar dapat menaikkan kemajuan dan kemakmuran negara.

Peserta didik dibantu guru menyimak gambaran tema dan tujuan pembelajaran dalam tema 01.

 

Kegiatan inti

1.      Guru menjelaskan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman peserta didik bahwa jumlah penduduk memengaruhi kualitas sumber daya manusia. Kemudian guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik terkait materi yang telah dijelaskan.

2.      Secara interaktif guru mengaitkan proses tanya jawab tersebut dengan orientasi pembelajaran tentang kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Peserta Didik Mengidentiikasi Masalah

1)      Setelah peserta didik mengidentifikasi kualitas sumber daya manusia Indonesia, selanjutnya guru mendorong peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang mengarah pada HOTS.

2)      Beberapa pertanyaan yang diajukan, misalnya: Bagaimana kualitas sumber daya manusia Indonesia pada saat ini? Mengapa jumlah penduduk dapat memengaruhi kualitas dan produktivitas? Faktor apa saja yang memengaruhinya?

Peserta Didik Mengelola Informasi

1.     Peserta didik membaca teks tentang kualitas sumber daya manusia Indonesia.

2.     Guru memfasilitasi sumber lain misalnya memberikan tautan internet yang mendukung penjelasan dan pendalaman sumber belajar. tautan : SDM Unggul Industri 4.0 https://www.youtube.com/watch?v=c80mghJRlnk

3.     Untuk memperoleh informasi lebih luas peserta didik juga dapat melakukan browsing  kualitas sumber daya manusia Indonesia.

4.     Guru dapat memberikan beberapa tautan berita, tulisan, dan laporan video tentang  kualitas sumber daya manusia Indonesia.

5.     Peserta didik mengolah informasi secara berkelompok di bawah bimbingan guru. Kegiatan ini dapat dilakukan secara bervariasi, Menggunakan Group Investigation

6.     Guru dapat menggunakan metode Group Investigation yang mengembangkan peserta didik untuk berpikir kritis dan mampu bekerja sama dalam tim. Adapun langkah-langkah dalam Group Investigation :

1)      Guru membagi peserta didik ke dalam 8 kelompok yang terbagi masing-masing 4 peserta didik.

2)      Guru memberikan penjelasan terkait dengan tugas kualitas sumber daya manusia.

3)      Peserta didik memahami tugas yang diberikan oleh untuk

4)      membuat kliping macam-macam pekerjaan.

5)      Peserta didik melakukan pencarian berbagai pekerjaan di koran.

6)      Guru memantau proses kerja peserta didik dan memberikan bimbingan terkait dengan pembuatan kliping yang dilakukan oleh peserta didik.

7)      Setiap kelompok melakukan analisis masing-masing pekerjaan yang telah ditemukan dengan membuat sebuah kliping.

8)      Setiap kelompok menyusun presentasi untuk mengomunikasikan di depan kelas secara bergilir.

7.     Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi dan evaluasi terhadap kliping yang telah dibuat.

8.     Peserta didik memilih dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh.

9.     Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar peserta didik (kegiatan belajar).

10. Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas dengan baik.

11. Guru membantu peserta didik menemukan sumber belajar lainnya.

Hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan kreativitas peserta didik dalam menganalisis kualitas sumber daya manusia yang ada di Indonesia.

Peserta Didik Merencanakan dan Mengembangkan Ide

1.      Hasil pengolahan informasi disajikan dalam bentuk laporan/poster/karya lainnya.

2.      Peserta didik secara kelompok mengerjakan Lembar Aktivitas 9 untuk membuat kliping tentang macam-macam pekerjaan di Indonesia.

Peserta Didik Melakukan Releksi dan Aksi

1)        Dalam kelas atau melalui media berbasis internet, peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan informasi.

2)        Guru memfasilitasi peserta didik menemukan simpulan pembelajaran.

3)        Guru memberikan kesempatan ke peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.

4)        Penguatan dan pengayaan dilakukan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik.

Penutup

Penilaian pembelajaran dilakukan secara lisan atau tertulis.

Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran berkaitan dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Sikap

Apakah aku sudah melakukan pembelajaran secara bertanggung jawab?

Inspirasi dari pembelajaran tentang lembaga sosial dalam hidup saya adalah…..

Pengetahuan:

1)   Apakah aku sudah mampu mengidentifikasi lembaga sosial?

2)   Mengapa harus ada aturan di dalam masyarakat?

3)   Bagaimana jika tidak mematuhi aturan tersebut?

Keterampilan :

Apakah aku sudah berhasil membuat esai/poster/karya lainnya tentang lembaga sosial?

Refleksi juga dapat dilakukan dengan cara lain, misalnya kuis tentang lembaga sosial, menuliskan kompetensi yang diperoleh baik sikap,pengetahuan, dan keterampilan. Dapat pula dengan menuliskan inspirasi dan apa yang akan dilakukan pada masa mendatang.

Tindak lanjut dilakukan dengan mendorong peserta didik mempelajari lebih lanjut dan informasi pembelajaran berikutnya tentang peranan lembaga sosial dalam pemanfaatan sumber daya alam.

Doa dan penutup

Siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya untuk mengakhiri kegiatan pembelajara

 

Pengayaan remedial

Pembelajaran remedial dapat dilakukan dengan cara:

1.     pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda,  disesuaikan dengan gaya belajar siswa;

2.     pemberian bimbingan secara perorangan;

3.     pemberian tugas-tugas atau latihan secara khusus, dimulai dengan tugas-tugas

atau latihan sesuai dengan kemampuannya;

4.     pemanfaatan tutor sebaya, yaitu siswa dibantu oleh teman sekelas yang telah

tuntas dalam pembelajaran

5.     materi Kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia

Peilaian

1.        Penilaian ditekankan pada pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

2.        Guru dapat menilai dengan teknik tes dan nontes. Soal tes dikembangkan secara terstandar dan bertingkat. Soal tidak hanya mengukur kemampuan tingkat rendah, tetapi menekankan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan tes, unjuk kerja, dan proyek.

3.        Penilaian formatif melalui tugas, dan kuis.

4.        Penilaian proyek yang dikerjakan peserta didik.

5.        Penilaian sikap dilakukan melalui observasi dan jurnal penilaian sikap.

Bahan bacaan peserta didik

Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAN PERBUKUAN PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN.

Kata kunci  /            glosarium

Keragaman sumber daya alam dapat diartikan sebagai banyaknya jenis atau bentuk yang berbeda-beda pada setiap sumber daya alam guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contohnya, keragaman tumbuhan, hewan, ekosistem, bahkan udara.

Keragaman sosial budaya merupakan salah satu ciri khas dari kehidupan manusia di dunia yang memiliki berbagai macam latar belakang dan identitas. Keragaman sosial budaya juga menunjukkan kekayaan dan keunikan dari setiap bangsa dan negara.

Daftar Pustaka

1.     Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

2.     Supardi dkk tahun 2021, Buku Panduan Guru SMP Kelas VIII Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

3.     Balai Pustaka, Kamus besar bahasa Indonesia. edisi ke 5 Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2018

4.     Maryunani. 2018. Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Pembangunan Ekonomi Secara Berkelanjutan. Malang: UB Press.

 

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 8 Malang                                                            Guru Mata Pelajaran IPS

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.                                                                                 Drs Sumarno.

NIP. 19661116 199003 2 009                                                              NIP. 1966308 200501 1 006

                                                              

 

 Lampiran 1

Lembar Kerja Siswa

 

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 8 Malang

Mata Pelajaran                        : IPS

Kelas/Semester                        : VIII / Ganjil

Materi                                      : Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Ala

Sub pokok bahasan              : Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia

Alokasi Waktu                        : 4 JP (2 Pertemuan )

 

 

I.     Kerjakan dengan kelompok yang sudah kalian bentuk.

 

 

Aktivitas Kelompok 9

 

1. Buatlah kelompok yang berisikan 4-5 orang peserta didik

2.  Setiap kelompok membuat kliping macam-macam pekerjaan

3.  Carilah informasi melalui koran, majalah, dan sebagainya

4.  Tuliskan hasil diskusi kelompok dalam bentuk kliping

5.  Presentasikan di depan kelas didampingi dengan guru.

 

Aktifitas Kelompok 10

 

1)   Carilah data sebanyak 10 penduduk umur 20-35 tahun di lingkungan tempat tinggalmu.

2)   Catatlah latar belakang pendidikan, pekerjaan, pengalaman kerja, dan penghasilan mereka setiap bulan, rata-rata penghasilan penduduk perbulan, penghasilan tertinggi dan terendah.

3)   Sajikan data tersebut dalam sebuah tabel 

4)   Selanjutnya jawablah pertanyaan di bawah ini:

b.    Apakah penghasilan penduduk di tempat tinggalmu berbeda beda?

c.    Mengapa penghasilan penduduk tersebut berbeda-beda?

d.   Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penghasilan penduduk yang masih di bawah rata-rata?

5)   Sajikan hasil analisismu dalam sebuah poster.

6)   Presentasikan poster tersebut dengan model windows shopping.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar