Senin, 19 Agustus 2024

PAJAK. RPP IPS tentang Pajak ( Lembaga Keuangan untuk Kesejahteraan Rakyat)

 

Lembaga Keuangan untuk Kesejahteraan Rakyat

Nama

Drs. Sumarno

Jenjang/Kelas

SMP / 8

Sekolah

SMPN 8 Malang

Mapel

IPS

Alokasi waktu

3 JP ( 1 X pertemuan )

Jumlah siswa

32 Siswa

Fase

D

Model pembelajaran/metode

Think, pair, share

Sarana dan prasarana

·       Komputer/Laptop

·       Koneksi Internet

·       HP

·       Kertas besar, spidol,selotip

·       Peta persebaran hasil tambang di Indonesia.

Target peserta didik

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar

Profil pelajar Pancasila

Bernalar kritis, Kreatif, Kebhinekaan global.

 

 

Domain mapel

Kondisi Geografis dan Pemerataan Ekonomi

Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat mendeskripsikan lembaga keuangan.

2. Peserta didik dapat menganalisis manfaat lembaga keuangan

Pertanyaan panduan

 

1.      Mengapa perlu lembaga keuangan?

2.      Apa lembaga keuangan non bank itu?

3.      Mengapa lembaga keuangan perlu membayar pajak ? 

 

Pendahuluan

1.                 Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa.

2.                 Guru dan peserta mengondisikan pembelajaran.

 

Apersepsi : Peserta didik melihat gambar lembaga keuangan yang ditampilkan oleh guru. Selain itu, Guru dapat menanyakan kepada  peserta didik “Apakah kalian pernah mengunjungi Bank?

Apa transaksi yang pernah kalian lakukan?”. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berbagi pengalamannya. Hal tersebut dapat

membatu peserta didik memahami materi yang akan dipelajari.

1.      Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk memaksimalkan

layanan perbankan untuk menunjang kemampuan finansial contohnya

investasi dan menabung.

2.      Peserta didik  dibantu guru menyimak gambaran tema dan tujuan

pembelajaran dalam  Tema 03.

Guru menginformasikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 53 dan 54 tentang lembaga keuangan di Indonesia. untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

 

Motivasi: Dengan adanya lembaga keuangan, kehidupan akan lebih tertata dan dapat terlaksana dengan baik karena adanya suatu aturan atau norma yang mengatur tingkah laku masyarakat agar hubungan antara manusia di dalam suatu masyarakat terlaksana sebagaimana yang diharapkan.

 

Kegiatan inti

3.      Guru menjelaskan petunjuk Lembar Aktivitas 17 terkait penjelasan Jenis lembaga keuangan dan contohnya. Pada aktivitas 18, Guru dapat mengarahkan peserta didik untuk mandiri dalam tentang materi lembaga keuangan salah satunya lembaga keuangan bukan bank yaitu koperasi.

4.      Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan materi terkait perkoperasian di Indonesia. Peserta didik diberikan kesempatan untuk menganalisis pengaruh perkoperasian di Indonesia.

5.      Apakah koperasi memiliki pajak?

Secara umum, besaran pajak koperasi yang harus dibayar ditentukan berdasarkan tarif pajak yang ditetapkan oleh pemerintah. Tarif pajak ini berbeda-beda tergantung besaran omset dan laba fiscal koperasi yang berbeda juga.

6.      Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman peserta

didik bahwa setiap kondisi alam memiliki pengaruh terhadap aktivitas

kehidupan masyarakat. Proses tukar menukar hasil dapat dilakukan dalam

waktu singkat, kemudian guru melakukan tanya jawab dengan peserta

didik terkait hasil identifikasi.

7.      Secara interaktif guru  mengaitkan hasil

identifikasi dengan jenis-jenis lembaga keuangan.

Peserta Didik Mengidentiikasi Masalah

Setelah peserta didik mengidentifikasi berbagai aturan yang ada di dalam

Masyarakat, selanjutnya guru mendorong peserta didik mengajukan

berbagai pertanyaan yang mengarah pada HOTS.

Beberapa pertanyaan yang diajukan,

1.      Mengapa lembaga keuangan menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung perekonomian di Indonesia?

2.      Bagaimana peran lembaga keuangan dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di Indonesia?

3.      Mengapa dalam lembaga keungan harus ada pajak penghasilan ?

4.     Apa fungsi dari pajak yang dipungut dari lembaga keuangan ?

Peserta Didik Mengelola Informasi

·         Peserta didik dapat melihat gambar/video yang dipersiapkan oleh guru untuk mengetahui jenis lembaga keuangan di Indonesia atau persiapan lembaga keuangan menghadapi tantangan global.

·         Guru memfasilitasi sumber lain misalnya memberikan tautan internet yang mendukung penjelasan dan pendalaman sumber belajar.

·         Contoh tautan : Persiapan Perbankan dan SDM Hadapi Ekonomi Digital  https://youtu.be/B4OCqa_VrEY dan https://www.bi.go.id/

·         Untuk memperoleh informasi lebih luas, peserta didik juga dapat melakukan browsing tentang berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan lembaga keuangan dalam menunjang perekonomian di masyarakat. Guru dapat memberikan beberapa tautan berita atau artikel yang memberikan informasi Indonesia terbaru.

·         Peserta didik mengolah informasi secara berkelompok di bawah bimbingan guru. Kegiatan ini dilakukan dengan Think Pair Share dalam pemecahan masalah.

Think (Berpikir)

·         Guru memberikan penjelasan terkait materi dan penugasan yang akan diselesaikan.

·         Peserta didik diarahkan untuk memperdalam materi dengan mencari tambahan materi dari buku, internet, atau bahan ajar  lainnya.

·         Peserta didik mempunyai kesempatan 5 menit untuk mempersiapkan jawaban secara individu. Pada tahap ini diharapkan mampu meningkatkan kemandirian peserta didik.

Pair (Berpasangan)

·         Guru mendampingi peserta didik dalam pembentukan kelompok. Kelompok kecil terdiri dari 2 orang atau berpasangan secara bebas, namun diutamakan teman satu bangku.

·         Peserta didik secara berpasangan melakukan diskusi untuk membahas jenis lembaga keuangan bank dan contohnya. Tahap ini mengajarkan peserta didik untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi atau kerja sama.

Share (Berbagi)

·         Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan dan melakukan diskusi dengan kelompok lainnya. Apabila terdapat perbedaan dapat ditambahkan pada hasil diskusi.

·         Pada tahap ini peserta didik diharapkan mampu mengembangkan kemampuan mengomunikasikan hasil diskusi dengan baik.

·         Guru dan peserta didik bersama-sama menarik kesimpulan terkait  lembaga keuangan bank di Indonesia agar menemukan hasil kesepakatan diskusi.

·         Peserta didik memilih dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh.

·         Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar  peserta didik (kegiatan belajar).

·         Guru memastikan peserta mengerjakan tugas dengan baik.

Peserta Didik Merencanakan dan Mengembangkan Ide

·         Hasil pengolahan informasi disajikan dalam bentuk laporan/poster/karya lainnya.

·         Peserta didik secara mandiri mampu melaporkan wawancara yang dilakukan dengan orang lain yang memahami kegiatan keuangan sistem asuransi atau perbankan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dengan melakukan wawancara dengan pihak lain.

Peserta Didik Melakukan Releksi dan Aksi

1.      Dalam kelas atau melalui media berbasis internet peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan informasi.

2.      Guru memfasilitasi peserta didik menemukan simpulan pembelajaran

3.      Guru memberikan kesempatan ke peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.

4.      Penguatan dan pengayaan dilakukan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik.

Penutup

Penilaian pembelajaran dilakukan secara lisan atau tertulis.

Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran berkaitan dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Sikap

• Apakah aku sudah melakukan pembelajaran secara bertanggung jawab?

• Inspirasi dari pembelajaran tentang lembaga sosial dalam hidup saya adalah…..

Pengetahuan:

• Apakah aku sudah mampu mengidentifikasi lembaga keuangan ?

• Mengapa harus ada pajak dalam lembaga keuangan?

• Bagaimana jika tidak membayar pajak ?

Keterampilan :

• Apakah aku sudah berhasil membuat esai/poster/karya lainnya tentang lembaga sosial?

Refleksi dapat dilakukan dengan cara lain, misalnya menuliskan hasil kompetensi yang diperoleh baik sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Peserta didik dapat menuliskan pandangan yang diperoleh setelah mempelajari materi.

Tindak lanjut dilakukan dengan mendorong peserta didik mempelajari lebih lanjut dan informasi pembelajaran berikutnya tentang pembanguan Indonesia dalam bidang perekonomian.

Peserta didik dapat membaca artikel yang berhubungan dengan kondisi perekonomian masyarakat saat ini.

Doa dan penutup

Siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya

 

Pengayaan remedial

Pembelajaran remedial dapat dilakukan dengan cara:

1.        pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda,  disesuaikan dengan gaya belajar siswa;

2.        pemberian bimbingan secara perorangan;

3.        pemberian tugas-tugas atau latihan secara khusus, dimulai dengan tugas-tugas

atau latihan sesuai dengan kemampuannya; pemanfaatan tutor sebaya, yaitu siswa dibantu oleh teman sekelas yang telah tuntas dalam pembelajaran

4.        Materi di bawah ini merupakan informasi penting yang dapat digunakan untuk mengembangkan kompetensi yang dipelajari peserta didik dalam buku teks. Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajawali Press.

Penilaian

1.        Penilaian ditekankan pada pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

2.        Guru dapat menilai dengan teknik tes dan nontes. Soal tes dikembangkan secara terstandar dan bertingkat. Soal tidak hanya mengukur kemampuan tingkat rendah, tetapi menekankan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan tes, unjuk kerja, dan proyek.

3.        Penilaian formatif melalui tugas, dan kuis.

4.        Penilaian proyek yang dikerjakan peserta didik.

5.        Penilaian sikap dilakukan melalui observasi dan jurnal penilaian sikap.

Bahan bacaan peserta didik

Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

Kata kunci  /            glosarium

Apakah koperasi memiliki pajak?

Secara umum, besaran pajak koperasi yang harus dibayar ditentukan berdasarkan tarif pajak yang ditetapkan oleh pemerintah. Tarif pajak ini berbeda-beda tergantung besaran omset dan laba fiscal koperasi yang berbeda juga.

Pembagian SHU koperasi apakah kena pajak?

Sisa Hasil Usaha koperasi yang berasal dari kegiatan usaha yang semata-mata dari dan untuk anggota sebagaimana dimaksud dalam butir 2 huruf a sampai dengan huruf g tersebut di atas, tidak termasuk sebagai Obyek Pajak Pajak Penghasilan bagi koperasi sesuai dengan ketentuan Pasal 6 ayat (1) huruf e Undang-undang Pajak

Daftar Pustaka

1.     Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

2.     Supardi dkk tahun 2021, Buku Panduan Guru SMP Kelas VIII Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

3.     Balai Pustaka, Kamus besar bahasa Indonesia. edisi ke 5 Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2018

 

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 8 Malang                                                            Guru Mata Pelajaran IPS

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.                                                                                 Drs Sumarno.

NIP. 19661116 199003 2 009                                                              NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1

Lembar Kerja Siswa

 

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 8 Malang

Mata Pelajaran                        : IPS

Kelas/Semester                        : VIII / Genap

Materi                                      : Kondisi Geografis dan Pemerataan Ekonomi

  Sub pokok bahasan              : Lembaga Keuangan untuk Kesejahteraan Rakyat

 

Alokasi Waktu                        : 4 JP (2 Pertemuan )

 

 

I.     Kerjakan dengan kelompok yang sudah kalian bentuk.

 

Aktivitas Kelompok

 

1.      Bentuklah kelompok dengan anggota 2-3 orang.

2.      Diskusikan tentang peranan lembaga  keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank berikut

3.      Lembaga BANK terdiri dari :

(Kel 1) bank sentral,

(kel 2) bank perkriditan rakyat (BPR),

(kel 3) bank umum,

(kel 4). bank umum milik negara,

(kel 5) bank umum milik swast anasional,

(6) bank umum milik swasta asing,

(7) bank umum milik campuran, Lembaga bukan bank :

(8). lembaga pembiayaan,

(9). asuransi,

(10) koperasi

(11) DJP ( Direktorat jendral  pajak/ ditjen pajak)  

(12) Apa fungsi dari pajak yang dipungut dari lembaga keuangan

4.      Setiap kelompok mengerjakan sesuai dengan tema kelompoknya

5.      Gunakan sumber-sumber belajar yang relevan.

6.      Jelaskan peran dan fungsi masing-masing lembaga tersebut disertai contohnya.

7.      Diskusikan dengan model Think, Pair, share.

8.      Presentasikan hasil kerjamu kepada kelompok lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Text Box: Lembar Aktivitas individu 

Untuk memahami materi koperasi lebih lanjut, carilah informasi tambahan
dari buku atau media internet. 
1. Carilah materi tentang yang berkaitan dengan koperasi!
a. tujuan koperasi
b. prinsip koperasi
c. jenis dan contoh koperasi.
d. pajak dalam koperasi
e. bagaimana pengaruh adanya koperasi bagi kelangsungan kehidupan masyarakat?
2. Catat hasil pekerjaanmu di lembar kerja.
3. Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan teman sebangkumu.
4. Mintalah masukan dan bimbingan guru.
 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar