Aktivitas 1
Perkenalan :
Mengenali dan membangun
kesadaran murid terhadap isu sampah global, lokal dan disekolah |
Berekayasa
dan berteknologi untuk membangun NKRI – Sampahku masa depanku Oleh : Drs. Sumarno SMPN 8 Malang |
Waktu: 90 menit Bahan: Artikel, slide presentasi Peran Guru: Fasilitator |
Persiapan:
1.
https://www.antaranews.com/berita/794905/malang-darurat-sampah
https://www.youtube.com/watch?v=cT17BrcBSBs |
||
Pelaksanaan:
a.
menyajikan
vidio tentang sampah Vidio : https://www.youtube.com/watch?v=cT17BrcBSBs b.
memberikan
beberapa pertanyaan pemantik yang bisa dipakai: 1)
Apa itu sampah? 2)
Mengapa manusia menghailkan sampah? 3)
Apa dampak dari sampah yang kita hasilkan bagi lingkungan 4)
Apa yang dimaksud dengan masalah sampah? Bagaimana contohnya? 2. Guru memperkenalkan tema projek dan
menegaskan relevansi masalah sampah saat ini terhadap murid, serta mengaitkan peran
murid dalam menjaga kebersihan ligkungan baik dirumah maupun disekolah
Artikel : 1.
https://www.antaranews.com/berita/794905/malang-darurat-sampah 2.
https://www.youtube.com/watch?v=cT17BrcBSBs
( vidio tentang sampah )
|
||
|
||
Tugas mandiri 1 : |
1. murid
diminta untuk mengidentifikasi jenis jenis sampah yang ada disekolah 2. mengklasifikasi
jenis jenis sampah |
Murid diijinkan untuk mencari dan mengidentifikasi diluar kelas
dilingkungan sekolah |
Lembar kerja analisis artikel
dan vidio
Kelas :
….
Nama kelompok :
1. ………………………..
2………………………….
3………………………….
4………………………….
1.
No |
Anlisis |
Hasil identifikasi masalah (Tulis masalah yang dtimbulkan sampah sebanyak mungkin) |
Penyebab masalah |
Rencana solusi |
1 |
Artikel |
1………………………………………… 2. 3. dll |
|
|
2 |
Vidio |
1. 2. 3. dll |
|
|
2.
Masalah
yang dipilih |
penyebab |
Alasan
pemilihan masalah |
Rencana
solusi |
1.
|
|
|
|
3.
Mempresentasikan hasil analisis artikel dan
vidio
Eksplorasi Isu:
Melihat lingkungan
sekitar, riset mandiri dan terpadu mengenai jenis jenis sampah dilingkungan
sekolah |
Berekayasa
dan berteknologi untuk membangun NKRI – Sampahku masa depanku
Oleh : Drs. Sumarno SMPN 8 Malang |
Waktu: 90 menit Bahan: Artikel, slide presentasi Peran Guru: Fasilitator |
Persiapan:
http://youtube.com/watch?v=rvP6E8YK2GY |
||
Pelaksanaan:
a)
Setelah
menonton video ini, siswa diminta untuk berdiskusi dalam kelompok yang sudah
dibentuk sebelumnya. Adapun guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk
memandu murid dalam diskusi. Mengerjakan LK 2 b)
Apakah
murid melihat isu sampah di lingkungan terdekat mereka? c)
Apa
perasaan mereka setelah mengetahui bahwa sampah memiliki dampak signifikan
terhadap keberlangsungan hidup? d)
Apa
saja aksi sehari-hari yang ternyata menyumbang volume sampah terhadap
lingkungan? e)
Aksi
apa yang sudah dilakukan dalam upaya mengurangi Sampah dunia?
|
||
|
||
Tugas mandiri 1 : |
1. murid
diminta untuk mengidentifikasi jenis jenis sampah yang ada disekolah 2. mengklasifikasi
jenis jenis sampah |
Murid diijinkan untuk mencari dan mengidentifikasi diluar kelas
dilingkungan sekolah |
Lembar kerja 2
Kelas :
….
Nama kelompok :
1. ………………………..
2………………………….
3………………………….
4………………………….
No |
Masalah |
Jawaban |
1 |
Apa
saja jenis jenis sampah ? |
|
2 |
Apa
penyebab dari masalah sampah ? |
|
3 |
Apa
itu masalah sampah |
|
4 |
Apakah
sampah merupakan masalah ? |
|
5 |
Bagaimana
cara mengatasi masalah sampah ? |
|
6 |
Mempresntasikan hasil kerja kelompok tentang pemahaman awal masalah
sampah |
Refleksi awal :
Diskusi kritis mengenai
temuan jenis jenis sampah dilingkungan sekolah
|
Berekayasa
dan berteknologi untuk membangun NKRI – Sampahku masa depanku
Oleh : Drs. Sumarno SMPN 8 Malang |
Waktu: 90 menit Bahan: Artikel, slide presentasi Peran Guru: Fasilitator |
Persiapan:
https://www.youtube.com/watch?v=FovUyjn2NKk |
||
Pelaksanaan:
1)
Apa saja jenis sampah yang ada dilingkungan
sekolah 2)
Apakah
menurutmu sampah yang ada disekolah sudah mencapai titik yang tidak dapat
diubah/ditolong? Apakah sudah terlambat bagi kita untuk menanggulangi jumlah
sampah? 3)
Apakah
aksi yang kita lakukan sekarang untuk mengurangi jumlah volume sampah? 4)
Menurutmu
aksi apa saja yang nyata dan dapat berhasil dalam mengurangi jumlah sampah? 5)
Menurutmu
apa yang dapat kita lakukan dengan segera untuk mengolah sampah dari masalah
menjadi peluang?
|
||
|
||
Tugas mandiri 3 : |
1.
mengklasifikasi jenis jenis sampah |
Murid diijinkan untuk mencari dan mengidentifikasi diluar kelas
dilingkungan sekolah |
Lembar kerja 3
Kelas :
….
Nama kelompok :
1. ………………………..
2………………………….
3………………………….
4………………………….
1) Apa
saja jenis sampah yang ada dilingkungan sekolah
Jenis jenis sampah yang ada dilingkungan sekolah
No |
Jenis jenis sampah dilingkungan sekolah |
Sumber sampah |
Masalah yang ditimbukan |
Rencana solusi |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
2.
Pilih salah satu jenis sampah yang kalian pilih
untuk dicarikan solusi dan pemanfaatannya
Jenis
sampah yang terpilih |
Sumber
sampah dan masalah yang ditimbulkan |
Alasan
pemilihan masalah |
Rencana
solusi /
bisa berupa proyek kegiatan pengolahan, pemanfaatan dll |
Nilai
positif dari pemanfaatan sampah tersebut |
1.
|
|
|
|
|
1.
Apakah
menurutmu sampah yang ada disekolah sudah mencapai titik yang tidak dapat
diubah/ditolong? |
|
2.
Apakah
sudah terlambat bagi kita untuk menanggulangi jumlah sampah? |
|
3.
Apakah
aksi yang kita lakukan sekarang untuk mengurangi jumlah volume sampah? |
|
4.
Menurutmu
aksi apa saja yang nyata dan dapat berhasil dalam mengurangi jumlah sampah? |
|
5.
Menurutmu
apa yang dapat kita lakukan dengan segera untuk mengolah sampah dari masalah
menjadi peluang?
|
|
Tahapan
Kontekstualisasi:
diskusi kritis mengenai
isu yang didapatkan dari hasil pengumpulan data.
|
Berekayasa
dan berteknologi untuk membangun NKRI – Sampahku masa depanku
Oleh : Drs. Sumarno SMPN 8 Malang |
Waktu: 90 menit Bahan: Artikel, slide presentasi Peran Guru: Fasilitator |
Persiapan:
https://www.youtube.com/watch?v=qqPRduwuUzs |
||
Pelaksanaan:
|
||
|
||
Tugas mandiri 4 : |
1.
Mencari solusi dari masalah yang ditemukan |
Siswa bersama merencanakan langkah kegiatan berikutnya |
Lembar kerja 4
Kelas :
….
Nama kelompok :
1. ………………………..
2………………………….
3………………………….
4………………………….
1.
Pilih salah satu jenis sampah yang kalian pilih
untuk dicarikan solusi dan pemanfaatannya
Jenis
sampah yang terpilih |
Sumber
sampah dan masalah yang ditimbulkan |
Alasan
pemilihan masalah |
Rencana
solusi |
Nilai
positif dari pemanfaatan sampah tersebut |
1.
|
|
|
|
|
2.
Rencana kegiatan pengolahan sampah hasil temuan
yang dipilih
Jenis Sampah |
|
Nama kegiatan |
|
Alat dan bahan |
|
Langkah – langkah kegiatan/ pembuatan
produk |
|
Lama kegiatan |
|
Manfaat yang diperoleh |
|
Nilai ekonomis |
|
Siswa dengan
kelompoknya mulai mempersiapkan dan mengumpulkan bahan untuk kegiatan proyek
yang akan dilaksanakan pada hari berikutnya. |
Tahapan Aksi:
Bersama-sama mewujudkan
pelajaran yang didapatkan oleh murid melalui aksi nyata
|
Berekayasa
dan berteknologi untuk membangun NKRI – Sampahku masa depanku
Oleh : Drs. Sumarno SMPN 8 Malang |
Waktu: 90 menit Bahan: Artikel, slide presentasi Peran Guru: Fasilitator |
Persiapan:
|
||
Pelaksanaan:
4. Setiap kelompok diberikan waktu 120 - 160
menit untuk melakukan aksi, pastikan siswa juga melakukan dokumentasi dari
aktivitas yang dilakukan di kelompok untuk ditunjukkan ketika pameran hasil
aksi
|
||
|
||
Tugas mandiri 4 : |
1.
Mencari solusi dari masalah yang ditemukan |
Siswa bersama merencanakan langkah kegiatan berikutnya |
Lembar kerja 5
Kelas :
….
Nama kelompok :
1. ………………………..
2………………………….
3………………………….
4………………………….
1.
Dokumentasi kegiatan
2.
Mempersiapkan poster kegiatan
Aktivitas 6
Tahapan Aksi:
Merancang Pameran Hasil
Aksi: Menentukan rencana
pameran, merencanakan visual yang digunakan dalam pameran |
Berekayasa
dan berteknologi untuk membangun NKRI – Sampahku masa depanku
Oleh : Drs. Sumarno SMPN 8 Malang |
Waktu: 90 menit Bahan: Artikel, slide presentasi Peran Guru: Fasilitator |
Persiapan:
|
||
Pelaksanaan:
|
||
|
||
Tugas mandiri 4 : |
1.
merencanakan pameran aksi |
Siswa bersama merencanakan langkah kegiatan berikutnya |
Lembar kerja 6
Kelas :
….
Nama kelompok :
1. ………………………..
2………………………….
3………………………….
4………………………….
1.
Pembuatan poster untuk menunjang kegiatan
pameran aksi (misal
poster/infografis/peta pikiran/video)
- siswa dapat juga membawa alat atau contoh hasil aksi yang mereka
lakukan, misalnya pot berisi tanaman/sayuran yang ditanam bersama; hasil
kompos buatan bersama; hasil poster buatan bersama untuk hemat listrik/air
di sekolah
Aktivitas 7
Tahapan Aksi:
Pameran Aksi |
Berekayasa
dan berteknologi untuk membangun NKRI – Sampahku masa depanku
Oleh : Drs. Sumarno SMPN 8 Malang |
Waktu: 90 menit Bahan: Artikel, slide presentasi Peran Guru: Fasilitator |
Persiapan:
|
||
Pelaksanaan:
|
||
|
||
Tugas mandiri 4 : |
1.
merencanakan pameran aksi |
Siswa bersama merencanakan langkah kegiatan berikutnya |
Lembar kerja 6
Kelas :
….
Nama kelompok :
1. ………………………..
2………………………….
3………………………….
4………………………….
Lembar Umpan balik
Kampanye
Aksi Projek mnguarai masalah sampah |
Contoh
Perilaku |
Terlihat/Belum
Terlihat |
Catatan |
Kejelasan
solusi aksi |
Murid
memberikan solusi aksi yang jelas, berdasarkan fakta dan riset, serta mampu
menjelaskan manfaat dari aksi ini untuk komunitas sekolah |
||
Penggunaan
visual dalam presentasi |
Murid
menggunakan visual yang memantik perhatian pengunjung dan tetap memperhatikan
agar fokus pengunjung tetap kepadanya dan bukan hanya membaca presentasi |
||
Berikan
umpan balikmu untuk pemateri: |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar