Senin, 19 Agustus 2024

PROJEK P5. SAMPAHKU MASA DEPANKU

 

Aktivitas 1

Perkenalan :

Mengenali dan membangun kesadaran murid terhadap isu sampah global, lokal dan disekolah

Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI

Sampahku masa depanku

 

Oleh : Drs. Sumarno

SMPN 8 Malang

Waktu: 90 menit

Bahan: Artikel, slide presentasi

Peran Guru: Fasilitator

 

Persiapan:

  1. Guru mengumpulkan artikel koran (digital/cetak) yang membahas secara kritis isu sampah global, lokal dan disekolah

1.       https://www.antaranews.com/berita/794905/malang-darurat-sampah

  1. Guru menyusun beberapa pertanyaan dasar tentang masalah sampah yang ada disekolah
  2. Guru menyajikan video tentang sampah dan penanganannya

https://www.youtube.com/watch?v=cT17BrcBSBs

 

Pelaksanaan:

  1. Guru memulai projek ini dengan menanyakan kepada murid apa yang mereka tahu mengenai sampah dengan :

a.       menyajikan vidio tentang sampah Vidio    : https://www.youtube.com/watch?v=cT17BrcBSBs

b.      memberikan beberapa pertanyaan pemantik yang bisa dipakai:

1)   Apa itu sampah?

2)   Mengapa manusia menghailkan sampah?

3)   Apa dampak dari sampah yang kita hasilkan bagi lingkungan

4)   Apa yang dimaksud dengan masalah sampah? Bagaimana contohnya?

2.       Guru memperkenalkan tema projek dan menegaskan relevansi masalah sampah  saat ini terhadap murid, serta mengaitkan peran murid dalam menjaga kebersihan ligkungan baik dirumah maupun disekolah

  1. Murid dibagi dalam 6 kelompok dan setiap kelompok menganalisa semua artikel dan video yang telah disiapkan guru, kemudian membuat peta pikiran mengenai keterkaitan dari semua artikel yang dibaca

Artikel :

1.       https://www.antaranews.com/berita/794905/malang-darurat-sampah

2.       https://www.youtube.com/watch?v=cT17BrcBSBs ( vidio tentang sampah )

  1. Murid melakukan gallery walk untuk melihat ringkasan dari kelompok lain sebagai referensi tambahan
  2. Murid melakukan presentai hasil diskusi kelompok tentang analisis artikel

 

 

Tugas mandiri 1 :

1.       murid diminta untuk mengidentifikasi jenis jenis sampah yang ada disekolah

2.       mengklasifikasi jenis jenis sampah

 

Murid diijinkan untuk mencari dan mengidentifikasi diluar kelas dilingkungan sekolah

 

Lembar kerja analisis artikel dan vidio

Kelas                           : ….

Nama kelompok    : 1. ………………………..

                                        2………………………….

                                        3………………………….

                                        4………………………….

1.

No

Anlisis

Hasil identifikasi masalah

(Tulis masalah yang dtimbulkan sampah sebanyak mungkin)

Penyebab masalah

Rencana solusi

1

Artikel

 

 

 

 

1…………………………………………

2.

3.

dll

 

 

 

 

2

Vidio

 

 

 

 

1.

2.

3.

dll

 

 

 

 

2.

Masalah yang dipilih

penyebab

Alasan pemilihan masalah

Rencana solusi

1.        

 

 

 

 

 

 

3.                   Mempresentasikan hasil analisis artikel dan vidio

 

 Aktivitas 2

Eksplorasi Isu:

Melihat lingkungan sekitar, riset mandiri dan terpadu mengenai jenis jenis sampah dilingkungan sekolah

Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI

Sampahku masa depanku

 

Oleh : Drs. Sumarno

SMPN 8 Malang

Waktu: 90 menit

Bahan: Artikel, slide presentasi

Peran Guru: Fasilitator

 

Persiapan:

  1. Guru mempersiapkan siswa untuk dpat menerima materi
  2. Guru menyusun beberapa pertanyaan dasar tentang masalah sampah yang ada disekolah
  3. Guru menyajikan video tentang sampah dan penanganannya

http://youtube.com/watch?v=rvP6E8YK2GY

 

Pelaksanaan:

  1. Guru meyampaikan materi tentang sampah dan permasalahannya
  2. Guru memutar video mengenai sampah dislingkungan sekolah  

a)        Setelah menonton video ini, siswa diminta untuk berdiskusi dalam kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya. Adapun guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk memandu murid dalam diskusi. Mengerjakan LK 2

b)        Apakah murid melihat isu sampah di lingkungan terdekat mereka?

c)         Apa perasaan mereka setelah mengetahui bahwa sampah memiliki dampak signifikan terhadap keberlangsungan hidup?

d)        Apa saja aksi sehari-hari yang ternyata menyumbang volume sampah terhadap lingkungan?

e)        Aksi apa yang sudah dilakukan dalam upaya mengurangi Sampah dunia?

  1. Murid mengadakan diskusi bersama dipandu oleh guru mengenai temuan dan hasil diskusi setiap kelompok, guru dapat merangkum jawaban murid ke dalam poster/di papan tulis/slide presentasi
  2. Murid kembali kepada kelompoknya dan mendiskusikan hubungan sebab akibat dari banyaknya sampah dengan tingkat kesadaran siswa akan bahaya sampah. Murid dapat menggambarkan hubungan sebab akibat ini dengan poster/peta pikiran/cerita bergambar

 

 

Tugas mandiri 1 :

1.       murid diminta untuk mengidentifikasi jenis jenis sampah yang ada disekolah

2.       mengklasifikasi jenis jenis sampah

 

Murid diijinkan untuk mencari dan mengidentifikasi diluar kelas dilingkungan sekolah

 

 

 

 

 

Lembar kerja 2

Kelas                           : ….

Nama kelompok    : 1. ………………………..

                                        2………………………….

                                        3………………………….

                                       4………………………….

No

Masalah

Jawaban

1

Apa saja jenis jenis sampah ?

 

 

 

 

 

2

Apa penyebab dari masalah sampah ?

 

 

 

 

 

 

3

Apa itu masalah sampah

 

 

 

 

 

 

4

Apakah sampah merupakan masalah ?

 

 

 

 

 

 

5

Bagaimana cara mengatasi masalah sampah ?

 

 

 

 

 

 

6

Mempresntasikan hasil kerja kelompok tentang pemahaman awal masalah sampah

 


 Aktivitas 3

Refleksi awal :

Diskusi kritis mengenai temuan jenis jenis sampah dilingkungan sekolah

 

Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI

Sampahku masa depanku

 

Oleh : Drs. Sumarno

SMPN 8 Malang

Waktu: 90 menit

Bahan: Artikel, slide presentasi

Peran Guru: Fasilitator

 

Persiapan:

  1. Guru mempersiapkan siswa untuk dapat menerima materi
  2. Guru menyusun beberapa pertanyaan dasar tentang masalah sampah yang ada disekolah
  3. Guru menyajikan video tentang sampah dan penanganannya

https://www.youtube.com/watch?v=FovUyjn2NKk

 

Pelaksanaan:

  1. Guru menjelaskan bahwa pada sesi ini akan difokuskan kepada diskusi dari hasil kerja kelompok serta riset yang telah dijalankan murid. Guru akan memandu dengan pertanyaan terbuka. Tidak ada jawaban benar atau salah, dan tujuan dari diskusi ini adalah murid bebas mengutarakan pendapatnya mengenai jenis jenis sampah yang ada dilingkungan sekolah
  2. Sebelum diskusi dimulai, siswa dapat mencari data tentang jenis jenis sampah ada disekitar lingkungan sekolah.
  3. Guru juga menyediakan waktu bagi siswa untuk mencari data tentang sampah agar dapat menggunakannya dalam proses diskusi bersama
  4. Diskusi kritis dipandu oleh guru dimulai, dengan panduan pertanyaan yang dapat digunakan adalah;

1)             Apa saja jenis sampah yang ada dilingkungan sekolah

2)             Apakah menurutmu sampah yang ada disekolah sudah mencapai titik yang tidak dapat diubah/ditolong? Apakah sudah terlambat bagi kita untuk menanggulangi jumlah sampah?

3)             Apakah aksi yang kita lakukan sekarang untuk mengurangi jumlah volume sampah?

4)             Menurutmu aksi apa saja yang nyata dan dapat berhasil dalam mengurangi jumlah sampah?

5)             Menurutmu apa yang dapat kita lakukan dengan segera untuk mengolah sampah dari masalah menjadi peluang?

  1. Selama proses diskusi, guru menjadi fasilitator agar diskusi terus berjalan, menguatkan murid bahwa tidak ada jawaban benar salah dan mendukung murid untuk melihat kembali data agar jawaban murid berdasarkan data yang ada
  2. Murid kemudian mengisi lembar refleksi sebagai penutup aktivitas

 

 

Tugas mandiri 3 :

1.       mengklasifikasi jenis jenis sampah

 

Murid diijinkan untuk mencari dan mengidentifikasi diluar kelas dilingkungan sekolah

 

 

 

Lembar kerja 3

Kelas                           : ….

Nama kelompok    : 1. ………………………..

                                        2………………………….

                                        3………………………….

                                       4………………………….

1)      Apa saja jenis sampah yang ada dilingkungan sekolah

Jenis jenis sampah yang ada dilingkungan sekolah

No

Jenis jenis sampah dilingkungan sekolah

Sumber sampah

Masalah yang ditimbukan

Rencana solusi

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

2.       Pilih salah satu jenis sampah yang kalian pilih untuk dicarikan solusi dan pemanfaatannya

Jenis sampah yang terpilih

Sumber sampah dan masalah yang ditimbulkan

Alasan pemilihan masalah

Rencana solusi

/ bisa berupa proyek kegiatan pengolahan, pemanfaatan dll

Nilai positif dari pemanfaatan sampah tersebut

1.        

 

 

 

 

 

 

 

1.       Apakah menurutmu sampah yang ada disekolah sudah mencapai titik yang tidak dapat diubah/ditolong?

 

2.       Apakah sudah terlambat bagi kita untuk menanggulangi jumlah sampah?

 

 

3.       Apakah aksi yang kita lakukan sekarang untuk mengurangi jumlah volume sampah?

 

 

4.       Menurutmu aksi apa saja yang nyata dan dapat berhasil dalam mengurangi jumlah sampah?

 

 

5.       Menurutmu apa yang dapat kita lakukan dengan segera untuk mengolah sampah dari masalah menjadi peluang?

 

 

 

 Aktivitas 4

Tahapan Kontekstualisasi:

diskusi kritis mengenai isu yang didapatkan dari hasil pengumpulan data.

 

Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI

Sampahku masa depanku

 

Oleh : Drs. Sumarno

SMPN 8 Malang

Waktu: 90 menit

Bahan: Artikel, slide presentasi

Peran Guru: Fasilitator

 

Persiapan:

  1. Guru mempersiapkan siswa untuk membuat rencana aksi
  2. Guru mendampingi siswa dalam merumuskan rencana aksi kedalam proyek kegiatan
  3. Guru menyajikan video tentang teknologi pengolahan sampah

https://www.youtube.com/watch?v=qqPRduwuUzs

 

Pelaksanaan:

  1. Pelaksanaan:
  2. Guru memberikan waktu bagi setiap kelompok untuk mengumpulkan hasil temuannya satu jenis sampah yang ada dilingkungan sekolah, dan mendiskusikannya di dalam kelompok
  3. Setiap kelompok membuat rencana kegiatan dari satu sampah yang sudah dipilih untuk   dicarikan solusi dari masahnya ( solusi bisa berupa upaya pencegahan, pemanfaatan, pengolahan atau menciptakan teknologi untuk pengolahan)
  4. Rencana kegiatan bisa ditulis dalam kertas kwarto ukuran besar kemudian ditempel
  5. siswa secara berkelompok kemudian mempresentasikan hasil temuan dan memilih satu jenis sampah untuk dicarikan solusi tersebut dalam bentuk rencana kegiatan yang akan dilakukan
  6. siswa melakukan Gallery Walk, dimana dua anggota tetap berada di kelompok untuk menjelaskan program kerja kelompoknya. Anggota lainnya akan berkunjung dan melihat program kerja (poster ) dari kelompok lainnya dan memberikan umpan balik atau komentar dari hasil temuannya. Berikan waktu gallery walk ini selama kurang lebih 15 menit
  7. Setelah Gallery Walk selesai dilakukan, semua anggota kelompok kemudian bergabung kembali dan mendiskusikan hasil umpan balik yang didapatkan dari kelompok lain. Berikan waktu bagi murid untuk menambah informasi di poster sesuai umpan balik untuk memperjelas dan memperkaya poster sekitar 15 menit

 

 

Tugas mandiri 4 :

1.       Mencari solusi dari masalah yang ditemukan

 

Siswa bersama merencanakan langkah kegiatan berikutnya

 

 

 

 

 

 

 

Lembar kerja 4

Kelas                           : ….

Nama kelompok    : 1. ………………………..

                                        2………………………….

                                        3………………………….

                                       4………………………….

1.       Pilih salah satu jenis sampah yang kalian pilih untuk dicarikan solusi dan pemanfaatannya

Jenis sampah yang terpilih

Sumber sampah dan masalah yang ditimbulkan

Alasan pemilihan masalah

Rencana solusi

Nilai positif dari pemanfaatan sampah tersebut

1.        

 

 

 

 

 

 

 

2.       Rencana kegiatan pengolahan sampah hasil temuan yang dipilih

Jenis Sampah

 

 

Nama kegiatan

 

 

Alat dan bahan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah – langkah kegiatan/ pembuatan produk

 

 

 

 

 

 

 

Lama kegiatan

 

 

Manfaat yang diperoleh

 

 

 

Nilai ekonomis

 

 

 

Siswa dengan kelompoknya mulai mempersiapkan dan mengumpulkan bahan untuk kegiatan proyek yang akan dilaksanakan pada hari berikutnya.

 

 

 Aktivitas 5

Tahapan Aksi:

Bersama-sama mewujudkan pelajaran yang didapatkan oleh murid melalui aksi nyata

 

Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI

Sampahku masa depanku

 

Oleh : Drs. Sumarno

SMPN 8 Malang

Waktu: 90 menit

Bahan: Artikel, slide presentasi

Peran Guru: Fasilitator

 

Persiapan:

  1. Guru mempersiapkan siswa untuk mewujudkan aksi nyata
  2. Guru mendampingi siswa dalam mewujudkan aksi nyata kedalam proyek kegiatan

Pelaksanaan:

  1. Pelaksanaan:
  2. Guru memberikan waktu bagi setiap kelompok untuk membuat  satu jenis aksi yang sudah dipilih dengan  kelompoknya
  3. Setiap kelompok bersama sama (bekerjasama dalam membuat aksi ) siswa diberi waktu selama 160 menit

4.       Setiap kelompok diberikan waktu 120 - 160 menit untuk melakukan aksi, pastikan siswa juga melakukan dokumentasi dari aktivitas yang dilakukan di kelompok untuk ditunjukkan ketika pameran hasil aksi

  1. Guru berkeliling untuk mensupervisi aksi yang sedang dilakukan dan juga turut mendokumentasikan aktivitas untuk pameran hasil karya yang akan dilaksanakan berikutnya
  2. siswa secara berkelompok kemudian mempresentasikan langkah langkah kegitan aksinya
  3. siswa melakukan Gallery Walk, dimana dua anggota tetap berada di kelompok untuk menjelaskan program kerja kelompoknya. Anggota lainnya akan berkunjung dan melihat program kerja (poster ) dari kelompok lainnya dan memberikan umpan balik atau komentar dari hasil temuannya. Berikan waktu gallery walk ini selama kurang lebih 15 menit
  4. Setelah Gallery Walk selesai dilakukan, semua anggota kelompok kemudian bergabung kembali dan mendiskusikan hasil umpan balik yang didapatkan dari kelompok lain. Berikan waktu bagi murid untuk menambah informasi di poster sesuai umpan balik untuk memperjelas dan memperkaya poster sekitar 15 menit

 

 

Tugas mandiri 4 :

1.       Mencari solusi dari masalah yang ditemukan

 

Siswa bersama merencanakan langkah kegiatan berikutnya

 

 

 

 

 

 

Lembar kerja 5

Kelas                           : ….

Nama kelompok    : 1. ………………………..

                                        2………………………….

                                        3………………………….

                                       4………………………….

 

1.       Dokumentasi kegiatan

 

 

 

2.       Mempersiapkan poster kegiatan

 

Aktivitas 6

Tahapan Aksi:

Merancang Pameran Hasil Aksi:

Menentukan rencana pameran, merencanakan visual yang digunakan dalam pameran

 

Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI

Sampahku masa depanku

 

Oleh : Drs. Sumarno

SMPN 8 Malang

Waktu: 90 menit

Bahan: Artikel, slide presentasi

Peran Guru: Fasilitator

 

Persiapan:

  1. Guru mengatur jadwal gelar hasil aksi ini agar dapat disaksikan dan disimak oleh komunitas sekolah
  2. Guru mengatur alur gelar hasil aksi, menentukan ruang kelas/lokasi di sekitar sekolah untuk presentasi murid, menyiapkan alat yang diperlukan

Pelaksanaan:

 

  1. Guru memulai sesi dengan mengingatkan dengan mengulang kembali intisari dan/atau menanyakan kepada murid pelajaran yang sudah didapat dari aktivitas sebelumnya (terutama dari hasil kegiatan yang telah dilakukan)
  2. Secara berkelompok murid kemudian menentukan hal apa saja yang ingin dipamerkan dalam perjalanan projek ini. Aspek penting yang dapat ditampilkan;
  3. Keadaan Awal: menjelaskan mengenai masalah yang didapat dari hasil pemilihan masalah
  4. Tahap Perencanaan Aksi: berisi proses mengambil keputusan melakukan solusi aksi yang ditawarkan
  5. Tahap Aksi: berisi proses kampanye aksi dan melakukan aksi bersama di sekolah
  6. Tahap Refleksi & Evaluasi: berisi hasil refleksi murid terhadap keberhasilan aksi yang dilakukan dan upaya agar aksi ini berkelanjutan
  7. Setiap aspek dapat digambarkan/dijelaskan dengan bantuan elemen visual yang disepakati oleh setiap kelompok (misal poster/infografis/peta pikiran/video)
  8. Setiap kelompok mendiskusikan dengan guru rencana pameran aksi untuk kelompok tersebut, hingga mungkin bentuk penyusunan meja/pokok untuk menampilkan poster/hasil karya kelompoknya
  9. siswa dapat juga membawa alat atau contoh hasil aksi yang mereka lakukan, misalnya pot berisi tanaman/sayuran yang ditanam bersama; hasil kompos buatan bersama; hasil poster buatan bersama untuk hemat listrik/air di sekolah

 

 

Tugas mandiri 4 :

1.       merencanakan pameran aksi

 

Siswa bersama merencanakan langkah kegiatan berikutnya

 

 

 

Lembar kerja 6

Kelas                           : ….

Nama kelompok    : 1. ………………………..

                                        2………………………….

                                        3………………………….

                                       4………………………….

 

1.       Pembuatan poster untuk menunjang kegiatan pameran aksi (misal poster/infografis/peta pikiran/video)

  1. siswa dapat juga membawa alat atau contoh hasil aksi yang mereka lakukan, misalnya pot berisi tanaman/sayuran yang ditanam bersama; hasil kompos buatan bersama; hasil poster buatan bersama untuk hemat listrik/air di sekolah

 

Aktivitas 7

Tahapan Aksi:

Pameran Aksi  

Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI

Sampahku masa depanku

 

Oleh : Drs. Sumarno

SMPN 8 Malang

Waktu: 90 menit

Bahan: Artikel, slide presentasi

Peran Guru: Fasilitator

 

Persiapan:

  1. Guru mengkoordinasikan lokasi tempat murid akan memamerkan poster/hasil karya dari aksi yang sudah dilakukan
  2. Guru mengundang seluruh komunitas sekolah untuk mengunjungi pameran hasil aksi dari murid

Pelaksanaan:

 

  1. Murid yang terlibat dalam projek ini siap siaga berdiri di samping poster untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pengunjung (yang berasal dari pimpinan sekolah, guru, orang tua, siswa, komunitas)
  2. Pengunjung bebas mendatangi setiap kelompok, menanyakan proses projek, dari hasil riset hingga solusi aksi yang ditawarkan dan keberhasilan aksi di komunitas sekolah
  3. Sediakan lembar umpan balik yang dapat diisi oleh pengunjung untuk setiap kelompok (dicetak dan diperbanyak atau bisa menggunakan kode QR agar dapat diisi secara digital -- umpan balik )

 

Tugas mandiri 4 :

1.       merencanakan pameran aksi

 

Siswa bersama merencanakan langkah kegiatan berikutnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar kerja 6

Kelas                           : ….

Nama kelompok    : 1. ………………………..

                                        2………………………….

                                        3………………………….

                                       4………………………….

Lembar Umpan balik

Kampanye Aksi Projek mnguarai masalah sampah

Contoh Perilaku

Terlihat/Belum Terlihat

Catatan

Kejelasan solusi aksi

Murid memberikan solusi aksi yang jelas, berdasarkan fakta dan riset, serta mampu menjelaskan manfaat dari aksi ini untuk komunitas sekolah

Penggunaan visual dalam presentasi

Murid menggunakan visual yang memantik perhatian pengunjung dan tetap memperhatikan agar fokus pengunjung tetap kepadanya dan bukan hanya membaca presentasi

Berikan umpan balikmu untuk pemateri:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar