Dinamika
Kependudukan
(SSK ) Sekolah Siaga Kependudukan
Nama |
Drs. Sumarno |
Jenjang/Kelas |
SMP / 8 |
Sekolah |
SMPN 8 Malang |
Mapel |
IPS |
Alokasi waktu |
6 JP ( 3 X pertemuan ) |
Jumlah siswa |
32 Siswa |
Fase |
D |
Model pembelajaran/metode |
PBL,
saintifik |
Sarana dan prasarana |
·
Komputer/Laptop ·
Koneksi Internet ·
HP · Kertas besar, spidol,selotip · Peta
persebaran hasil tambang di Indonesia. |
Target peserta didik |
Peserta didik
reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi
ajar |
Profil pelajar Pancasila |
Bernalar kritis, Kreatif, Kebhinekaan global. |
Domain mapel |
Kemajemukan
Masyarakat Indonesia |
|||||||||
Tujuan Pembelajaran |
Setelah mengikuti pembelajaran ini, Peserta didik
dapat 1. Mengidentifikasi
faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk dengan benar 2. Menganalisis
perkembangan kependudukan di Indonesia dengan benar |
|||||||||
Pertanyaan
panduan |
1. Bagaimana
kondisi partumbuhan penduduk Indonesia saat ini? 2. Bagaimana
upaya menyeimbangkan pertumbuhan penduduk dengan kualitas penduduk? 3. Bagaimana
upaya untuk menekan pertumbuhan penduduk? |
|||||||||
|
||||||||||
Pendahuluan |
1.
Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa. 2.
Guru dan peserta mengondisikan pembelajaran. Apersepsi : 1. Peserta
didik melihat video tentang asal usul keluarga siswa SMPN 8 Malang. 2. Guru
juga dapat menceritakan kepada peserta
didik tentang konsep kependudukan secara sederhana sesuai dengan lingkungan sekitar misalnya menceritakan
tentang kelahiran dan kematian. 3. Guru
juga dapat melakukan tanya jawab kepada peserta didik
tentang pertumbuhan penduduk di lingkungan tempat tinggal peserta didik. 4. Apresepsi
juga dapat dilakukan dengan melibatkan peserta didik dengan menunjuk peserta
didik untuk menceritakan jumlah anggota keluarganya. 5. Peserta
didik difasilitasi guru mengaitkan gambar, video, atau cerita dengan kegiatan
belajar yang akan dipelajari. 6. Guru
melanjutkan dengan memberikan motivasi peningkatan jumlah penduduk yang besar
harus diimbangi dengan peningkatan kualitas penduduk dalam berbagai aspek. 7. Peserta
didik dibantu guru menyimak gambaran tema dan tujuan pembelajaran dalam tema 02 pada pertemuan 27,
28, 29 tentang perdagangan
antarpulau. |
|||||||||
Kegiatan inti |
·
Guru menmpilkan sebuah vidio tentan
kependudukan di Indonesia 9 berita dari kompas.com) mendalami materi kependudukan
di Indonesia. ·
peserta didik mengidentifikasi hasil tayangan
vidio kemudian menyampaikan hasil identifikasinya ·
Kegiatan
ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kepada peserta didik berbagai
permasalahan penduduk di Indonesia ·
Kemudian guru melakukan tanya jawab dengan
peserta didik tentang hasil identifikasi terkait vidio yang telah dilihat. |
|||||||||
Peserta
Didik Mengidentiikasi Masalah |
Selanjutnya
guru mendorong peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang mengarah
pada HOTS. Beberapa pertanyaan yang diajukan misalnya: 1) Bagaimana
kondisi partumbuhan penduduk Indonesia saat ini? 2) Bagaimana
upaya menyeimbangkan pertumbuhan penduduk dengan kualitas penduduk? 3) Bagaimana
upaya untuk menekan pertumbuhan penduduk? |
|||||||||
Peserta
Didik Mengelola Informasi |
·
Peserta didik membaca teks tentang dinamika
kependudukan yang terdiri dari faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk,
piramida penduduk, komposisi penduduk, dan pertumbuhan dan kualitas penduduk.
·
Guru memfasilitasi sumber lain misalnya
memberikan tautan internet yang mendukung
penjelasan dan pendalaman sumber belajar. ·
Untuk memperoleh informasi lebih luas peserta
didik juga dapat melakukan studi
literasi dan browsing di
internet berkaitan dengan dinamika
kependudukan yang meliputi komposisi penduduk, pertumbuhan dan kualitas penduduk. Guru
dapat memberikan beberapa tautan
berita, tulisan, dan laporan video tentang kependudukan. ·
Peserta didik mengolah informasi secara
berkelompok di bawah bimbingan guru.
Kegiatan ini dapat dilakukan secara bervariasi, dengan
pemecahan masalah menggunakan
model Problem Based Learning ·
(Pembelajaran Berbasis Masalah) untuk mendorong
peserta didik memiliki keterampilan abad 21 yaitu 4 C (Critical thinking, collaboration,
creativity dan communication) dalam membahas suatu
topik. Berikut adalah langkah-langkah PBL: 1.
Guru membagi kelompok dengan masing-masing
berjumlah 4-6 orang. Guru dapat membagi kelompok dengan cara yang bervariasi.
2.
Kelompok dapat ditunjuk oleh guru, dapat juga
teman sebangku, dan dapat juga diacak sesuai dengankebijakan guru. 3.
Guru menjelaskan tugas yang akan dikerjakan
yaitu 1.
Kelompok 1. Tampilkan rool playing
contoh migrasi nasional. (6 siswa ) 2.
Kelompok 2. Tampilkan rool playing
contoh migrasi Internasional ( 4 siswa ) 3.
Kelompok 3. Gambarkan Jika pertumbuhan penduduk yang seimbang antara angka kelahiran dan angka kematian. Maka
gambar kan bentuk piramidanya. Dan berikan alasan mengapa bentuk piramidanya
seperti itu. (4 Siswa ) 4.
Kelompok 4. Gambarkan Jika pertumbuhan penduduk pada suatu wilayah tertentu
dimana angka kelahiran tinggi dan angka kematian rendah maka gambarkan bentuk
piramidanya,dan berikan alasan mengapa bentuk piramidanya seperti itu. (4
siswa ) 5.
Kelompok 5. Gambarkan Piramida ini menggambarkan pertumbuhan penduduk di
suatu wilayah yang mana angka kelahiran mengalami penurunan dengan tingkat
kematian yang rendah. piramidanya,dan berikan alasan mengapa bentuk
piramidanya seperti itu. ( 4 siswa ) 6.
Kelompok 6 dan kelompok 7. Setelah membaca
artikel yang telah disediakan, diskusikan permasalahan berikut.
(4 siswa ) 1)
Apa permasalahan kependudukan yang muncul dalam
artikel yang kalian temukan! 2)
Mengapa
permasalahan kependudukan tersebut dapat terjadi? 3)
Apa yang terjadi setelah ada permasalahan
kependudukan tersebut? Jelaskan! 4)
Bagaimana upaya untuk mengatasi permasalahan
kependudukan tersebut?
4.
Guru memberikan contoh artikel sebagai acuan
peserta didik dalam mencari artikel yang bersangkutan. 5.
Guru membimbing peserta didik untuk
menganalisis dan menyelidiki artikel tersebut untuk menjawab pertanyaan yang
sudah terlampir dalam Lembar aktivitas. yang ada di Padlet 6.
Peserta didik menyajikan hasil analisis
penyelesaian masalah dalam bentuk
kertas kerja yang ditulis di selembar kertas. 7.
Peserta didik mempresentasikan hasil analisis
di kelas secara bergiliran sebagai perwakilan dari kelompok. Peserta didik
dari kelompok lain boleh memberikan tanggapan dan pertanyaan terkait hasil
analisis tersebut. 8.
Guru membantu peserta didik untuk melakukan
refleksi dan evaluasi terhadap hasil analisis pemecahan masalah tentang
permasalahan kependudukan di Indonesia. Artikel: Permasalahan Kependudukan di Indonesia Di Indonesia, terdapat sejumlah
permasalahan yang muncul dalam dinamika penduduk yang dapat berdampak
signifikan pada perkembangan negara ini. Salah satu permasalahan utama adalah
pertumbuhan penduduk yang tinggi. Meskipun laju pertumbuhan penduduk
Indonesia telah mengalami penurunan sejak tahun 1980-an, jumlah penduduk yang
besar masih menjadi beban dalam penyediaan layanan kesehatan, pendidikan,
lapangan kerja, dan infrastruktur. Ketidakseimbangan antara
pertumbuhan penduduk dan ketersediaan sumber daya menciptakan tekanan yang
signifikan pada sektor-sektor ini, terutama di daerah perkotaan. Selain itu,
permasalahan lainnya adalah ketidaksetaraan dalam distribusi penduduk. Mayoritas
penduduk Indonesia terpusat di pulau Jawa, yang menciptakan tekanan
berlebihan pada pulau ini, sementara pulau-pulau lainnya mengalami pertumbuhan
penduduk yang lebih lambat. Hal ini mengakibatkan kesenjangan regional dalam
akses terhadap layanan dasar, peluang pekerjaan, dan infrastruktur. Upaya
untuk mengatasi permasalahan ini memerlukan perencanaan dan kebijakan yang
cermat untuk mengarahkan pertumbuhan penduduk ke daerah-daerah yang kurang
berkembang, serta upaya untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk secara
merata di seluruh negeri. ·
Peserta didik memilih dan mengorganisasikan
informasi yang diperoleh. ·
Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar
peserta didik (kegiatan belajar). ·
Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas
dengan baik. |
|||||||||
Peserta Didik Merencanakan dan Mengembangkan Ide |
1.
Hasil pengolahan informasi disajikan dalam
bentuk laporan/poster/karya lainnya. 2.
Peserta didik secara mandiri mengerjakan sebuah
mini penelitian sesuai dengan Lembar Aktivitas 11 yang berkaitan dengan data
kependudukan masyarakat lingkungan tempat tinggal. 3.
Peserta didik akan mencari informasi secara
mandiri untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan Lembar Aktivitas 11.
Kemudian data akan diolah dengan menggambarkan bentuk komposisi
penduduknya. Kegiatan Lembar Aktivitas
11 ini akan menekankan nilai-nilai karakter jujur dalam proses pengerjaan,
kreativitas berpikir, dan tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas tersebut. |
|||||||||
Peserta
Didik Melakukan Releksi dan Aksi |
a)
Dalam kelas atau melalui media berbasis
internet peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan informasi. b)
Guru memfasilitasi peserta didik menemukan
simpulan pembelajaran. c)
Guru memberikan kesempatan ke peserta didik
untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan. d)
Penguatan dan pengayaan dilakukan untuk
mengembangkan kompetensi peserta didik. |
|||||||||
Penutup |
·
Penilaian pembelajaran dilakukan secara lisan
atau tertulis. ·
Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran
berkaitan dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sikap 1. Apakah
aku sudah melakukan pembelajaran secara bertanggung jawab dengan tugas
mandiri dan kelompok? 2. Apakah
aku sudah mengumpulkan tugas sesuai ketentuan dan tepat waktu? 3. Apakah
saya sudah berdoa dalam setiap pembelajaran di mulai? 4. Apakah
saya selalu masuk kelas tepat waktu? Pengetahuan: 1. Apakah
aku sudah mampu memahami konsep dinamika kependudukan? 2. Bagaimana
kondisi kependudukan di Indonesia? 3. Bagaimana
hubungan antara pertumbuhan penduduk dengan kualitas penduduk? 4. Bagaimana
upaya yang dilakukan untuk mengatasi pertumbuhan yang besar? Keterampilan : Apakah
sudah mengerjakan mini penelitian dengan baik dan disusun sesuai dengan
ketentuan yang dilakukan? Refleksi : juga bisa
dilakukan dengan cara lain, misalnya kuis, menuliskan hasil kompetensi yang
diperoleh baik sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dapat pula dengan
menuliskan inspirasi yang diperoleh dan akan dilakukan pada masa mendatang. Tindak lanjut :
dilakukan dengan mendorong peserta didik mempelajari lebih lanjut dan
informasi pembelajaran berikutnya tentang proses keragaman masyarakat
Indonesia. |
|||||||||
Doa dan penutup |
Siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya |
|||||||||
|
||||||||||
Pengayaan remedial |
Pembelajaran
remedial dapat dilakukan dengan cara: 1.
pemberian pembelajaran ulang
dengan metode dan media yang berbeda,
disesuaikan dengan gaya belajar siswa; 2.
pemberian bimbingan secara
perorangan; 3.
pemberian tugas-tugas atau
latihan secara khusus, dimulai dengan tugas-tugas atau
latihan sesuai dengan kemampuannya; pemanfaatan tutor sebaya, yaitu siswa
dibantu oleh teman sekelas yang telah tuntas dalam pembelajaran 4.
Materi di bawah ini merupakan informasi penting yang dapat
digunakan untuk mengembangkan kompetensi yang dipelajari peserta didik dalam
buku teks. Rujukan lain: Mantra, I. 2002. Demografi Umum. Yogyakarta:
Gadjahmada University Press. Dinamika Penduduk |
|||||||||
Penilaian |
1.
Penilaian ditekankan pada pengembangan sikap, pengetahuan,
dan keterampilan. 2.
Guru dapat menilai dengan teknik tes dan nontes. Soal tes
dikembangkan secara terstandar dan bertingkat. Soal tidak hanya mengukur
kemampuan tingkat rendah, tetapi menekankan pada kemampuan berpikir tingkat
tinggi. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan tes, unjuk kerja, dan
proyek. 3.
Penilaian formatif melalui tugas, dan kuis. 4.
Penilaian proyek yang dikerjakan peserta didik. 5.
Penilaian sikap dilakukan melalui observasi dan jurnal
penilaian sikap. |
|||||||||
Bahan bacaan peserta didik |
Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan
Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan. |
|||||||||
Kata kunci /
glosarium |
Dinamika Penduduk adalah perubahan / pertumbuhan jumlah
penduduk dari waktu ke waktu, hal ini disebabkan karena adanya peristiwa
kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk Bonus demografi merupakan suatu keadaan dimana terjadi peningkatan
penduduk sebuah negara pada usia produktif yaitu berkisar antara 16 hingga 65
tahun.
Peningkatan tersebut diikuti pula dengan menurunnya angka kelahiran serta
kematian. Kualitas
penduduk adalah kondisi penduduk dalam aspek fisik dan nonfisik yang
meliputi derajat kesehatan, pendidikan, pekerjaan, produktivitas, tingkat
sosial, ketahanan, kemandirian, kecerdasan, sebagai ukuran dasar untuk
mengembangkan kemampuan dan menikmati kehidupan sebagai manusia yang
bertakwa, berbudaya, |
|||||||||
Daftar Pustaka |
1. Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan
Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan. 2.
Supardi
dkk tahun 2021, Buku Panduan Guru SMP
Kelas VIII Jakarta. Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan
Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan. 3.
Balai
Pustaka, Kamus besar bahasa Indonesia. edisi ke 5 Badan Pengembangan dan
Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2018 |
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 8 Malang
Guru Mata Pelajaran
IPS
Sri
Nuryani M.Pd. Drs Sumarno.
NIP. 19661116
199003 2 009 NIP. 1966308
200501 1 006
Lampiran 1
Lembar Kerja
Siswa
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 8 Malang
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi
:
Kemajemukan
Masyarakat Indonesi
Sub pokok bahasan : Dinamika Kependudukan
Alokasi Waktu : 3 JP (1 Pertemuan )
I.
Kerjakan LKPD berikut.
kerjakan dengan kelompokmu.
Kelompok 1. Tampilkan rool playing contoh
migrasi nasional yang terdiri dari :
1. Trasnmigrasi
2. Urbanisasi
3. Ruralisasi
4. Sirkulasi
Gunakan Peralatan yang sudah
disediakan berupa kertas, Spidol untuk menulis, baik sebagai nama negara maupun
kota dan desa serta identitas orang, turis asing, TKW/TKI. pastikan ada satu
siswa yang bertindak sebagai Narator yang menjelaskan kegiatan siswa yang lain.
Kelompok 2. Tampilkan rool playing contoh migrasi Internasional yang terdiri
dari :
1.
imigrasi
2.
Emigrasi
3.
Remigrasi
Gunakan Peralatan yang sudah
disediakan berupa kertas, Spidol untuk menulis, baik sebagai nama negara maupun
kota dan desa serta identitas orang, turis asing, TKW/TKI dsb.
pastikan ada satu siswa yang
bertindak sebagai Narator yang menjelaskan kegiatan siswa yang lain.
Tugas kelompok 3
Gambarkan piramida Jika pertumbuhanpenduduk yang seimbang antara angka kelahiran dan
angka kematian. Maka gambarkan bentuk piramidanya. Dan berikan alasan mengapa
bentuk
piramidanya seperti itu.
Tugas kelompok 4
Gambarkan piramida
Jika pertumbuhan penduduk pada
suatu wilayah tertentu dimana angka kelahiran tinggi dan angka kematian rendah
maka gambarkan bentuk piramidanya, dan berikan alasan mengapa bentuk
piramidanya seperti itu
Tugas kelompok 5
Gambarkan piramida
Piramida ini menggambarkan
pertumbuhan penduduk di suatu wilayah yang mana angka
kelahiran mengalami penurunan
dengan tingkat kematian yang rendah. piramidanya, dan berikan alasan mengapa
bentuk piramidanya sepertiitu.
Tugas kelompok 6 dan 7
Setelah membaca artikel yang telah
disediakan, diskusikan permasalahan berikut.
1.
Apa permasalahan kependudukan yang
muncul dalama rtikel yang kalian temukan!
2.
Mengapa permasalahan kependudukan
tersebut dapat terjadi?
3.
Apa yang terjadi setelah ada
permasalahan kependudukan tersebut? Jelaskan!
4.
Bagaimana upaya untuk mengatasi
permasalahan kependudukan tersebut?
Artikel dinamika penduduk
Di Indonesia, terdapat sejumlah
permasalahan yang muncul dalam dinamika penduduk yang
dapat berdampak signifikan pada
perkembangan negara ini. Salah satu permasalahan utama
adalah pertumbuhan penduduk yang
tinggi. Meskipun laju pertumbuhan penduduk Indonesia
telah mengalami penurunan sejak
tahun 1980-an, jumlah penduduk yang besar masih menjadi
beban dalam penyediaan layanan
kesehatan, pendidikan, lapangan kerja, dan infrastruktur.
Ketidakseimbangan antara pertumbuhan
penduduk dan ketersediaan sumber daya
menciptakan tekanan yang signifikan
pada sektor-sektor ini, terutama di daerah perkotaan.
Selain itu, permasalahan lainnya
adalah ketidaksetaraan dalam distribusi penduduk.
Mayoritas penduduk Indonesia
terpusat di pulau Jawa, yang menciptakan tekanan berlebihan
pada pulau ini, sementara
pulau-pulau lainnya mengalami pertumbuhan penduduk yang lebih
lambat. Hal ini mengakibatkan
kesenjangan regional dalam akses terhadap layanan dasar,
peluang pekerjaan, dan infrastruktur.
Upaya untuk mengatasi permasalahan ini memerlukan
perencanaan dan kebijakan yang
cermat untuk mengarahkan pertumbuhan penduduk ke
daerah-daerah yang kurang
berkembang, serta upaya untuk meningkatkan kualitas hidup
penduduk secara merata di seluruh
negeri.
Post tes dengan menggunakan Team game turnamen dengan
menggunakan worldwall dengan melakukan game 3 babak dimana masing masing babak
terdiri dari 2 siswa dari masing masing kelompok, secara bergantian pemenang
ditentukan apabila kelompok memiliki nilai yang tertinggi dari 3 babak tersebut
Babak 1. https://wordwall.net/resource/62876706
Babak 2. https://wordwall.net/resource/62876357
babak 3. https://wordwall.net/resource/62903253
Aktivitas
Individu
1.
Carilah
informasi tentang data penduduk di lingkungan sekitar tempat tinggalmu yang
meliputi:
a.
data
jumlah penduduk
b.
angka
pertumbuhan penduduk
c.
angka
kelahiran dan kematian
d.
data
migrasi penduduk
2.
Setelah
mendapatkan data penduduk di lingkungan tempat tinggalmu,kemudian susunlah
komposisi penduduk berdasarkan dengan usia dan jumlah kelamin!
3.
Bagaimana
kondisi pertumbuhan penduduk yang terjadi di lingkungan sekitar tempat
tinggalmu? Deskripsikan sesuai dengan kondisi yang ada!
4.
Kemudian
analisislah dinamika penduduk yang terjadi di lingkungan tempat tinggalmu baik
dari jumlah penduduknya, komposisi penduduk dan kualitas penduduk!
5.
Kerjakan
di lembar kertas kerja kalian masing-masing!
6.
Presentasikan
di depan kelas dan mintalah masukan dari guru dan teman sekelasmu!
Lampiran 1
Lembar Kerja
Siswa
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 8 Malang
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi
:
Kemajemukan
Masyarakat Indonesi
Sub pokok bahasan : Dinamika Kependudukan
Alokasi Waktu : 3 JP (1 Pertemuan )
I.
Kerjakan LKPD berikut.
1.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan dinamika penduduk!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Apa yang dimaksud dengan angka kelahiran total (Total Fertility Rate,
TFR) dan bagaimana mengukurnya?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.
Jelaskan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi migrasi penduduk.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.
Jelaskan dampak dari perubahan komposisi usia penduduk terhadap ekonomi
suatu negara.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Apa yang dimaksud dengan piramida penduduk?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6.
Apa yang dimaksud dengan piramida penduduk muda dan piramida penduduk
tua? Bagaimana pengaruhnya terhadap suatu negara?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7.
Apa yang dapat kita simpulkan jika suatu negara memiliki piramida
penduduk yang lebar di bagian bawah dan menyempit di bagian atas?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
8.
Jelaskan perbedaan antara migrasi internal dan migrasi internasional
dan sebutkan faktor-faktor yang mendorong migrasi penduduk.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
9.
Apa yang dimaksud dengan kebijakan keluarga berencana (KB) dan apa
tujuannya?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
10.
Bagaimana komposisi usia penduduk berdampak pada suatu negara?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
kegiatan pembelajaran lesson study
Kegiatan pembelajaran lesson study di kelas 8 H
Tidak ada komentar:
Posting Komentar