Senin, 19 Agustus 2024

(SSK ) Sekolah Siaga Kependudukan Modul IPS Kelas 8 Dinamika Kependudukan


Dinamika Kependudukan

(SSK ) Sekolah Siaga Kependudukan 

Nama

Drs. Sumarno

Jenjang/Kelas

SMP / 8

Sekolah

SMPN 8 Malang

Mapel

IPS

Alokasi waktu

6 JP ( 3 X pertemuan )

Jumlah siswa

32 Siswa

Fase

D

Model pembelajaran/metode

PBL, saintifik

Sarana dan prasarana

·       Komputer/Laptop

·       Koneksi Internet

·       HP

·       Kertas besar, spidol,selotip

·       Peta persebaran hasil tambang di Indonesia.

Target peserta didik

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar

Profil pelajar Pancasila

Bernalar kritis, Kreatif, Kebhinekaan global.

 

 

Domain mapel

Kemajemukan Masyarakat Indonesia

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, Peserta didik dapat

1.      Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk dengan benar

2.      Menganalisis perkembangan kependudukan di Indonesia dengan benar

Pertanyaan panduan

 

1.      Bagaimana kondisi partumbuhan penduduk Indonesia saat ini?

2.      Bagaimana upaya menyeimbangkan pertumbuhan penduduk dengan kualitas penduduk?

3.      Bagaimana upaya untuk menekan pertumbuhan penduduk?

 

Pendahuluan

1.                 Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa.

2.                 Guru dan peserta mengondisikan pembelajaran.

 

Apersepsi :

1.      Peserta didik melihat video tentang asal usul keluarga siswa SMPN 8 Malang.

2.      Guru juga dapat menceritakan kepada peserta didik tentang konsep kependudukan secara sederhana sesuai dengan lingkungan sekitar misalnya menceritakan tentang kelahiran dan kematian.

3.      Guru juga dapat melakukan tanya jawab kepada peserta didik tentang pertumbuhan penduduk di lingkungan tempat tinggal peserta didik.

4.      Apresepsi juga dapat dilakukan dengan melibatkan peserta didik dengan menunjuk peserta didik untuk menceritakan jumlah anggota keluarganya.

5.      Peserta didik difasilitasi guru mengaitkan gambar, video, atau cerita dengan kegiatan belajar yang akan dipelajari.

6.      Guru melanjutkan dengan memberikan motivasi peningkatan jumlah penduduk yang besar harus diimbangi dengan peningkatan kualitas penduduk dalam berbagai aspek.

7.      Peserta didik dibantu guru menyimak gambaran tema dan tujuan pembelajaran dalam tema 02 pada pertemuan 27, 28, 29 tentang perdagangan antarpulau.

Kegiatan inti

·         Guru menmpilkan sebuah vidio tentan kependudukan di Indonesia 9 berita dari kompas.com) mendalami materi kependudukan di Indonesia.

·         peserta didik mengidentifikasi hasil tayangan vidio kemudian menyampaikan hasil identifikasinya

·          Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kepada peserta didik berbagai permasalahan penduduk di Indonesia

·         Kemudian guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik tentang hasil identifikasi terkait vidio yang telah dilihat.

Peserta Didik Mengidentiikasi Masalah

Selanjutnya guru mendorong peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang mengarah pada HOTS. Beberapa pertanyaan yang diajukan misalnya:

1)      Bagaimana kondisi partumbuhan penduduk Indonesia saat ini?

2)      Bagaimana upaya menyeimbangkan pertumbuhan penduduk dengan kualitas penduduk?

3)      Bagaimana upaya untuk menekan pertumbuhan penduduk?

Peserta Didik Mengelola Informasi

·           Peserta didik membaca teks tentang dinamika kependudukan yang terdiri dari faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk, piramida penduduk, komposisi penduduk, dan pertumbuhan dan kualitas penduduk.

·           Guru memfasilitasi sumber lain misalnya memberikan tautan internet

yang mendukung penjelasan dan pendalaman sumber belajar.

·           Untuk memperoleh informasi lebih luas peserta didik juga dapat melakukan studi literasi dan browsing di internet berkaitan dengan dinamika kependudukan yang meliputi komposisi penduduk, pertumbuhan dan kualitas penduduk. Guru dapat memberikan beberapa tautan berita, tulisan, dan laporan video tentang kependudukan.

·           Peserta didik mengolah informasi secara berkelompok di bawah bimbingan guru. Kegiatan ini dapat dilakukan secara bervariasi, dengan pemecahan masalah

menggunakan model Problem Based Learning

·           (Pembelajaran Berbasis Masalah) untuk mendorong peserta didik memiliki keterampilan abad 21 yaitu 4 C (Critical thinking, collaboration, creativity dan communication) dalam membahas suatu topik. Berikut adalah langkah-langkah PBL:

1.             Guru membagi kelompok dengan masing-masing berjumlah 4-6 orang. Guru dapat membagi kelompok dengan cara yang bervariasi.

2.             Kelompok dapat ditunjuk oleh guru, dapat juga teman sebangku, dan dapat juga diacak sesuai dengankebijakan guru.

3.             Guru menjelaskan tugas yang akan dikerjakan yaitu

1.        Kelompok 1. Tampilkan rool playing contoh migrasi nasional. (6 siswa )

2.        Kelompok 2. Tampilkan rool playing contoh migrasi Internasional ( 4 siswa )

3.        Kelompok 3. Gambarkan Jika pertumbuhan penduduk yang seimbang antara angka kelahiran dan angka kematian. Maka gambar kan bentuk piramidanya. Dan berikan alasan mengapa bentuk piramidanya seperti itu. (4 Siswa )

4.        Kelompok 4. Gambarkan Jika pertumbuhan penduduk pada suatu wilayah tertentu dimana angka kelahiran tinggi dan angka kematian rendah maka gambarkan bentuk piramidanya,dan berikan alasan mengapa bentuk piramidanya seperti itu. (4 siswa )

5.        Kelompok 5. Gambarkan Piramida ini menggambarkan pertumbuhan penduduk di suatu wilayah yang mana angka kelahiran mengalami penurunan dengan tingkat kematian yang rendah. piramidanya,dan berikan alasan mengapa bentuk piramidanya seperti itu. ( 4 siswa )

6.        Kelompok 6 dan kelompok 7. Setelah membaca artikel yang telah disediakan, diskusikan permasalahan berikut. (4 siswa )

1)             Apa permasalahan kependudukan yang muncul dalam artikel yang kalian temukan!

2)             Mengapa permasalahan kependudukan tersebut dapat terjadi?

3)             Apa yang terjadi setelah ada permasalahan kependudukan tersebut?  Jelaskan!

4)             Bagaimana upaya untuk mengatasi permasalahan kependudukan tersebut?

Diferensiasi Proses

Visual

Auditori

Kinestetik

 

 

 

Menggunakan refrensi buku paket IPS atau sumber bacaan yang ada di https://sumarnoguritno.blogspot.com/2023/10/artikel-dinamika-penduduk.html

 

 

 

 

 

Menggunakan referensi dari Video.

https://www.youtube.com/watch?v=MbfLrwAMA_c

dan audio untuk artikel

https://drive.google.com/file/d/18ijQi4ZfyTHLzmy-ZCIy9-ZjEjgM9KsV/view

 

 

 

 

Dengan mengamati langsung di Lingkungan sekitar peserta didik dengan menggunakan roolplaying.

 

 

4.             Guru memberikan contoh artikel sebagai acuan peserta didik dalam mencari artikel yang bersangkutan.  

5.             Guru membimbing peserta didik untuk menganalisis dan menyelidiki artikel tersebut untuk menjawab pertanyaan yang sudah terlampir dalam Lembar aktivitas. yang ada di Padlet

6.             Peserta didik menyajikan hasil analisis penyelesaian masalah  dalam bentuk kertas kerja yang ditulis di selembar kertas.

7.             Peserta didik mempresentasikan hasil analisis di kelas secara bergiliran sebagai perwakilan dari kelompok. Peserta didik dari kelompok lain boleh memberikan tanggapan dan pertanyaan terkait hasil analisis tersebut.

8.             Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi dan evaluasi terhadap hasil analisis pemecahan masalah tentang permasalahan kependudukan di Indonesia.

 

Artikel:

 

Permasalahan Kependudukan di Indonesia

Di Indonesia, terdapat sejumlah permasalahan yang muncul dalam dinamika penduduk yang dapat berdampak signifikan pada perkembangan negara ini. Salah satu permasalahan utama adalah pertumbuhan penduduk yang tinggi. Meskipun laju pertumbuhan penduduk Indonesia telah mengalami penurunan sejak tahun 1980-an, jumlah penduduk yang besar masih menjadi beban dalam penyediaan layanan kesehatan, pendidikan, lapangan kerja, dan infrastruktur.

Ketidakseimbangan antara pertumbuhan penduduk dan ketersediaan sumber daya

menciptakan tekanan yang signifikan pada sektor-sektor ini, terutama di daerah perkotaan. Selain itu, permasalahan lainnya adalah ketidaksetaraan dalam distribusi penduduk. Mayoritas penduduk Indonesia terpusat di pulau Jawa, yang menciptakan tekanan berlebihan pada pulau ini, sementara pulau-pulau lainnya mengalami pertumbuhan penduduk yang lebih lambat. Hal ini mengakibatkan kesenjangan regional dalam akses terhadap layanan dasar, peluang pekerjaan, dan infrastruktur. Upaya untuk mengatasi permasalahan ini memerlukan

perencanaan dan kebijakan yang cermat untuk mengarahkan pertumbuhan penduduk ke daerah-daerah yang kurang berkembang, serta upaya untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk secara merata di seluruh negeri.

 

 

·         Peserta didik memilih dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh.

·         Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar peserta didik (kegiatan belajar).

·         Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas dengan baik.

Peserta Didik Merencanakan dan Mengembangkan Ide

1.        Hasil pengolahan informasi disajikan dalam bentuk laporan/poster/karya lainnya.

2.        Peserta didik secara mandiri mengerjakan sebuah mini penelitian sesuai dengan Lembar Aktivitas 11 yang berkaitan dengan data kependudukan masyarakat lingkungan tempat tinggal.

3.        Peserta didik akan mencari informasi secara mandiri untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan Lembar Aktivitas 11. Kemudian data akan diolah dengan menggambarkan bentuk komposisi penduduknya.  Kegiatan Lembar Aktivitas 11 ini akan menekankan nilai-nilai karakter jujur dalam proses pengerjaan, kreativitas berpikir, dan tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Peserta Didik Melakukan Releksi dan Aksi

a)        Dalam kelas atau melalui media berbasis internet peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan informasi.

b)        Guru memfasilitasi peserta didik menemukan simpulan pembelajaran.

c)        Guru memberikan kesempatan ke peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.

d)       Penguatan dan pengayaan dilakukan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik.

Penutup

·       Penilaian pembelajaran dilakukan secara lisan atau tertulis.

·       Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran berkaitan dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Sikap

1.      Apakah aku sudah melakukan pembelajaran secara bertanggung jawab dengan tugas mandiri dan kelompok?

2.      Apakah aku sudah mengumpulkan tugas sesuai ketentuan dan tepat waktu?

3.      Apakah saya sudah berdoa dalam setiap pembelajaran di mulai?

4.      Apakah saya selalu masuk kelas tepat waktu?

Pengetahuan:

1.      Apakah aku sudah mampu memahami konsep dinamika kependudukan?

2.      Bagaimana kondisi kependudukan di Indonesia?

3.      Bagaimana hubungan antara pertumbuhan penduduk dengan kualitas penduduk?

4.      Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi pertumbuhan yang besar?

Keterampilan :

Apakah sudah mengerjakan mini penelitian dengan baik dan disusun sesuai dengan ketentuan yang dilakukan?

Refleksi : juga bisa dilakukan dengan cara lain, misalnya kuis, menuliskan hasil kompetensi yang diperoleh baik sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dapat pula dengan menuliskan inspirasi yang diperoleh dan akan dilakukan pada masa mendatang.

Tindak lanjut : dilakukan dengan mendorong peserta didik mempelajari lebih lanjut dan informasi pembelajaran berikutnya tentang proses keragaman masyarakat Indonesia.

Doa dan penutup

Siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya

 

Pengayaan remedial

Pembelajaran remedial dapat dilakukan dengan cara:

1.        pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda,  disesuaikan dengan gaya belajar siswa;

2.        pemberian bimbingan secara perorangan;

3.        pemberian tugas-tugas atau latihan secara khusus, dimulai dengan tugas-tugas

atau latihan sesuai dengan kemampuannya; pemanfaatan tutor sebaya, yaitu siswa dibantu oleh teman sekelas yang telah tuntas dalam pembelajaran

4.        Materi di bawah ini merupakan informasi penting yang dapat digunakan untuk mengembangkan kompetensi yang dipelajari peserta didik dalam buku teks. Rujukan lain: Mantra, I. 2002. Demografi Umum. Yogyakarta: Gadjahmada University Press. Dinamika Penduduk

Penilaian

1.        Penilaian ditekankan pada pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

2.        Guru dapat menilai dengan teknik tes dan nontes. Soal tes dikembangkan secara terstandar dan bertingkat. Soal tidak hanya mengukur kemampuan tingkat rendah, tetapi menekankan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan tes, unjuk kerja, dan proyek.

3.        Penilaian formatif melalui tugas, dan kuis.

4.        Penilaian proyek yang dikerjakan peserta didik.

5.        Penilaian sikap dilakukan melalui observasi dan jurnal penilaian sikap.

Bahan bacaan peserta didik

Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

Kata kunci  /            glosarium

Dinamika Penduduk adalah perubahan / pertumbuhan jumlah penduduk dari waktu ke waktu, hal ini disebabkan karena adanya peristiwa kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk

Bonus demografi merupakan suatu keadaan dimana terjadi peningkatan penduduk sebuah negara pada usia produktif yaitu berkisar antara 16 hingga 65 tahun. Peningkatan tersebut diikuti pula dengan menurunnya angka kelahiran serta kematian.

Kualitas penduduk adalah kondisi penduduk dalam aspek fisik dan nonfisik yang meliputi derajat kesehatan, pendidikan, pekerjaan, produktivitas, tingkat sosial, ketahanan, kemandirian, kecerdasan, sebagai ukuran dasar untuk mengembangkan kemampuan dan menikmati kehidupan sebagai manusia yang bertakwa, berbudaya,

Daftar Pustaka

1.     Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

2.     Supardi dkk tahun 2021, Buku Panduan Guru SMP Kelas VIII Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

3.     Balai Pustaka, Kamus besar bahasa Indonesia. edisi ke 5 Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2018

 

 

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 8 Malang                                                            Guru Mata Pelajaran IPS

 

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.                                                                                 Drs Sumarno.

NIP. 19661116 199003 2 009                                                              NIP. 1966308 200501 1 006

                                                               

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Lampiran 1

 

Lembar Kerja Siswa

 

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 8 Malang

Mata Pelajaran                        : IPS

Kelas/Semester                        : VIII / Ganjil

Materi                                      : Kemajemukan Masyarakat Indonesi

Sub pokok bahasan              : Dinamika Kependudukan

Alokasi Waktu                        : 3 JP (1 Pertemuan )

 

I.     Kerjakan LKPD berikut.

 

kerjakan dengan kelompokmu.

Kelompok 1. Tampilkan rool playing contoh migrasi nasional yang terdiri dari :

1. Trasnmigrasi

2. Urbanisasi

3. Ruralisasi

4. Sirkulasi

Gunakan Peralatan yang sudah disediakan berupa kertas, Spidol untuk menulis, baik sebagai nama negara maupun kota dan desa serta identitas orang, turis asing, TKW/TKI. pastikan ada satu siswa yang bertindak sebagai Narator yang menjelaskan kegiatan siswa yang lain.

 

Kelompok 2. Tampilkan rool playing contoh migrasi Internasional yang terdiri dari :

1.    imigrasi

2.    Emigrasi

3.    Remigrasi

Gunakan Peralatan yang sudah disediakan berupa kertas, Spidol untuk menulis, baik sebagai nama negara maupun kota dan desa serta identitas orang, turis asing, TKW/TKI dsb.

pastikan ada satu siswa yang bertindak sebagai Narator yang menjelaskan kegiatan siswa yang lain.

 

Tugas kelompok 3

Gambarkan piramida Jika pertumbuhanpenduduk yang seimbang antara angka kelahiran dan angka kematian. Maka gambarkan bentuk piramidanya. Dan berikan alasan mengapa bentuk

piramidanya seperti itu.

 

Tugas kelompok 4

Gambarkan piramida

Jika pertumbuhan penduduk pada suatu wilayah tertentu dimana angka kelahiran tinggi dan angka kematian rendah maka gambarkan bentuk piramidanya, dan berikan alasan mengapa bentuk piramidanya seperti itu

 

Tugas kelompok 5

Gambarkan piramida

Piramida ini menggambarkan pertumbuhan penduduk di suatu wilayah yang mana angka

kelahiran mengalami penurunan dengan tingkat kematian yang rendah. piramidanya, dan berikan alasan mengapa bentuk piramidanya sepertiitu.

 

Tugas kelompok 6 dan 7

Setelah membaca artikel yang telah disediakan, diskusikan permasalahan berikut.

1.        Apa permasalahan kependudukan yang muncul dalama rtikel yang kalian temukan!

2.        Mengapa permasalahan kependudukan tersebut dapat terjadi?

3.        Apa yang terjadi setelah ada permasalahan kependudukan tersebut? Jelaskan!

4.        Bagaimana upaya untuk mengatasi permasalahan kependudukan tersebut?

 

Artikel dinamika penduduk

Di Indonesia, terdapat sejumlah permasalahan yang muncul dalam dinamika penduduk yang

dapat berdampak signifikan pada perkembangan negara ini. Salah satu permasalahan utama

adalah pertumbuhan penduduk yang tinggi. Meskipun laju pertumbuhan penduduk Indonesia

telah mengalami penurunan sejak tahun 1980-an, jumlah penduduk yang besar masih menjadi

beban dalam penyediaan layanan kesehatan, pendidikan, lapangan kerja, dan infrastruktur.

Ketidakseimbangan antara pertumbuhan penduduk dan ketersediaan sumber daya

menciptakan tekanan yang signifikan pada sektor-sektor ini, terutama di daerah perkotaan.

Selain itu, permasalahan lainnya adalah ketidaksetaraan dalam distribusi penduduk.

Mayoritas penduduk Indonesia terpusat di pulau Jawa, yang menciptakan tekanan berlebihan

pada pulau ini, sementara pulau-pulau lainnya mengalami pertumbuhan penduduk yang lebih

lambat. Hal ini mengakibatkan kesenjangan regional dalam akses terhadap layanan dasar,

peluang pekerjaan, dan infrastruktur. Upaya untuk mengatasi permasalahan ini memerlukan

perencanaan dan kebijakan yang cermat untuk mengarahkan pertumbuhan penduduk ke

daerah-daerah yang kurang berkembang, serta upaya untuk meningkatkan kualitas hidup

penduduk secara merata di seluruh negeri.

 

Post tes dengan menggunakan Team game turnamen dengan menggunakan worldwall dengan melakukan game 3 babak dimana masing masing babak terdiri dari 2 siswa dari masing masing kelompok, secara bergantian pemenang ditentukan apabila kelompok memiliki nilai yang tertinggi dari 3 babak tersebut

 

Babak 1. https://wordwall.net/resource/62876706

         

Babak 2. https://wordwall.net/resource/62876357

           

 

 

 

 

 

 

 

babak 3. https://wordwall.net/resource/62903253

        

 

 

 

Aktivitas Individu

 

1.             Carilah informasi tentang data penduduk di lingkungan sekitar tempat tinggalmu yang meliputi:

a.         data jumlah penduduk

b.        angka pertumbuhan penduduk

c.         angka kelahiran dan kematian

d.       data migrasi penduduk

2.             Setelah mendapatkan data penduduk di lingkungan tempat tinggalmu,kemudian susunlah komposisi penduduk berdasarkan dengan usia dan jumlah kelamin!

3.             Bagaimana kondisi pertumbuhan penduduk yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggalmu? Deskripsikan sesuai dengan kondisi yang ada!

4.             Kemudian analisislah dinamika penduduk yang terjadi di lingkungan tempat tinggalmu baik dari jumlah penduduknya, komposisi penduduk dan kualitas penduduk!

5.             Kerjakan di lembar kertas kerja kalian masing-masing!

6.             Presentasikan di depan kelas dan mintalah masukan dari guru dan teman sekelasmu!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Lampiran 1

 

Lembar Kerja Siswa

 

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 8 Malang

Mata Pelajaran                        : IPS

Kelas/Semester                        : VIII / Ganjil

Materi                                      : Kemajemukan Masyarakat Indonesi

Sub pokok bahasan              : Dinamika Kependudukan

Alokasi Waktu                        : 3 JP (1 Pertemuan )

 

 

I.         Kerjakan LKPD berikut.

 

1.                 Jelaskan apa yang dimaksud dengan dinamika penduduk!

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2.                 Apa yang dimaksud dengan angka kelahiran total (Total Fertility Rate, TFR) dan bagaimana mengukurnya?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.                 Jelaskan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi migrasi penduduk.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

4.                 Jelaskan dampak dari perubahan komposisi usia penduduk terhadap ekonomi suatu negara.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

5.                 Apa yang dimaksud dengan piramida penduduk?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

6.                 Apa yang dimaksud dengan piramida penduduk muda dan piramida penduduk tua? Bagaimana pengaruhnya terhadap suatu negara?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

7.                 Apa yang dapat kita simpulkan jika suatu negara memiliki piramida penduduk yang lebar di bagian bawah dan menyempit di bagian atas?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

8.                 Jelaskan perbedaan antara migrasi internal dan migrasi internasional dan sebutkan faktor-faktor yang mendorong migrasi penduduk.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

9.                 Apa yang dimaksud dengan kebijakan keluarga berencana (KB) dan apa tujuannya?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

10.            Bagaimana komposisi usia penduduk berdampak pada suatu negara?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kegiatan pembelajaran lesson study

 

 

Kegiatan pembelajaran lesson study di kelas 8 H

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar