Senin, 19 Agustus 2024

ADIWIYATA IPS. Modul Belajar IPS. Kelas 8. Pemanfaatan lingkungan Sekitar Kurukulum Merdeka.


Modul Belajar Adiwiyata

Pemanfaatan lingkungan sekitar

ADIWIYATA 

Nama

Drs. Sumarno

Jenjang/Kelas

SMP / 8

Sekolah

SMPN 8 Malang

Mapel

IPS

Alokasi waktu

6 JP ( 3 X pertemuan )

Jumlah siswa

32 Siswa

Fase

D

Model pembelajaran/metode

PBL , Think Pair Share

Sarana dan prasarana

·       Komputer/Laptop

·       Koneksi Internet

·       HP

·       Kertas besar, spidol,selotip

·       Peta persebaran hasil tambang di Indonesia.

Target peserta didik

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar

Profil pelajar Pancasila

Bernalar kritis, Kreatif, Kebhinekaan global.

 

 

Domain mapel

Kemajemukan Masyarakat Indonesia

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, Peserta didik dapat menganalisis pemanfaatan lingkungan sekitar dalam aktivitas ekonomi.

Pertanyaan panduan

 

1.      Bagaimana potensi ekonomi yang ada di lingkungan tempat tinggalmu?

2.      Mengapa pemanfaatan lingkungan sekitar berhubungan dengan potensi di daerah tersebut?

3.      Bagaimana keuntungan yang bisa diunggulkan dari masing-masing wilayah tertentu dalam pemanfaatan lingkungan sekitar?

 

Pendahuluan

1.                 Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa.

2.                 Guru dan peserta mengondisikan pembelajaran.

 

Apersepsi :

Peserta didik melihat video tentang pemanfaatan sampah menjadi produk yang benilai guna. Guru dapat menambahkan variasi gambar dari internet atau dokumntasi pribadi yang dimiliki guru.

Guru juga dapat menceritakan kepada peserta didik tentang pemanfaatan lingkungan sekitar untuk memenhuhi kebutuhan ekonomi melalui contoh yang ada di lingkungan sekitar. Guru juga dapat melakukan tanya jawab kepada peserta didik tentang pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai potensi unggulan dari wilayah tersebut. tautan video: https://www.youtube.com/watch?v=1U52FMZa7g

Peserta didik difasilitasi guru mengaitkan gambar, video, atau cerita dengan kegiatan belajar yang akan dipelajari.

Guru melanjutkan dengan memberikan motivasi pemanfaatan lingkungan secara bijak, bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Kegiatan inti

1.      Guru menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari Lembar Aktivitas kelompok 5 untuk mendalami materi pemanfaatan lingkungan sekitar.

2.      Tugas ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi sebanyak-banyaknya potensi alam, mata pencaharian dan jenis produksi sesuai dengan gambar yang telah disajikan.

3.      Hasil identifikasi dituliskan dan dikumpulkan kepada guru.

4.      Kemudian guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik hasil identifikasi peserta didik.

Peserta Didik Mengidentiikasi Masalah

Selanjutnya guru mendorong peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang mengarah pada HOTS.  Beberapa pertanyaan yang diajukan misalnya:

1.      Bagaimana potensi ekonomi yang ada di lingkungan tempat tinggalmu?

2.      Mengapa pemanfaatan lingkungan sekitar berhubungan dengan potensi di daerah tersebut?

3.      Bagaimana keuntungan yang bisa diunggulkan dari masing-masing wilayah tertentu dalam pemanfaatan lingkungan sekitar?

Peserta Didik Mengelola Informasi

Peserta didik membaca pemanfaatan lingkungan sekitar dalam memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat di daerah atau wilayah tertentu.

Guru memfasilitasi sumber lain misalnya memberikan tautan internet yang mendukung penjelasan dan pendalaman sumber belajar. Contoh tautan: https://www.youtube.com/watch?v=f-vshHBFbe8

Untuk memperoleh informasi lebih luas peserta didik juga dapat melakukan browsing  pemanfaatan lingkungan sekitar di berbagai wilayah di Indonesia dengan melihat karakteritik wilayahnya masingmasing.

Guru dapat memberikan beberapa tautan berita tulisan dan laporan vidioa tentang pemanfaatan lingkungan sekitar dalam memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat di daerah tersebut.

Peserta didik mengolah informasi secara berkelompok di bawah bimbingan guru. Kegiatan ini dapat dilakukan secara bervariasi, dengan menggunakan metode Think Pair Share, pembelajaran  ini bertujuan untuk mendorong peserta didik memiliki keterampilan abad 21 yaitu 4C (Critical thinking, collaboration, creativity dan communication)

Think (Berpikir)

1.      Guru memberikan penjelasan terkait materi dan penugasan yang akan diselesaikan sesuai dengan Lembar Aktivitas Kelompok 5.

2.      Peserta didik diarahkan untuk memperdalam materi dengan mencari tambahan materi dari buku, internet, atau bahan ajar  lainnya.

3.      Peserta didik mempunyai kesempatan 15 menit untuk mempersiapkan jawaban secara individu. Pada tahap ini diharapkan mampu meningkatkan kemandirian peserta didik.

 Pair (Berpasangan)

1.      Guru mendampingi peserta didik dalam pembentukan kelompok. Kelompok kecil terdiri dari 2 orang atau berpasangan secara bebas, namun diutamakan teman satu bangku, dapat juga dengan menggunakan nomor urut presensi secara acak. Peserta didik secara berpasangan melakukan diskusi untuk menyatukan opini terkait pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap penjelajahan samudera khususnya di Indonesia.

2.      Tahap ini mengajarkan peserta didik untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi atau kerja sama.

 Share (Berbagi)

1.      Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan dan melakukan diskusi dengan kelompok lainnya. Apabila terdapat perbedaan dapat ditambahkan pada hasil diskusi. Pada tahap ini peserta didik diharapkan mampu mengembangkan kemampuan mengomunikasikan hasil diskusi dengan baik.

2.      Guru dan peserta didik bersama-sama menarik kesimpulan terkait pengaruh kondisi geografis terhadap penjelajahan  samudera di Indonesia agar menemukan hasil kesepakatan diskusi.

3.      Peserta didik memilih dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh.

·       Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar peserta didik (kegiatan belajar).

·       Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas dengan baik.

Peserta Didik Merencanakan dan Mengembangkan Ide

1.        Hasil pengolahan informasi disajikan dalam bentuk laporan/poster/karya lainnya.

2.        Peserta didik secara mandiri membuat esai tentang pengelolaan lingkungan hidup yang bijak dan bertanggung jawab. Dalam kegiatan ini dapat guru dapat menekankan nilai-nilai karakter peserta didik untuk menanamkan nilai peduli dengan lingkungan, bertanggung jawab, dan kemandirian.

Peserta Didik Melakukan Releksi dan Aksi

a)        Dalam kelas atau melalui media berbasis internet peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan informasi.

b)        Guru memfasilitasi peserta didik menemukan simpulan pembelajaran.

c)        Guru memberikan kesempatan ke peserta didik untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan.

d)       Penguatan dan pengayaan dilakukan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik.

Penutup

Penilaian pembelajaran dilakukan secara lisan atau tertulis.

Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran berkaitan dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Sikap

1.      Apakah aku sudah melakukan pembelajaran secara bertanggung jawab dan mandiri?

2.      Inspirasi dari pembelajaran tentang proses geografi dan aktivitas ekonomi dalam hidup saya adalah…

3.      Apakah aku sudah mengumpulkan tugas sesuai ketentuan dan  tepat waktu?

4.      Apakah esai yang saya buat merupakan karya orisinil?

Pengetahuan:

1.      Apakah aku sudah mampu mengidentifikasi berbagai potensi lingkungan sekitar dalam memenuhi kebutuhan ekonomi?

2.      Bagaimana cara memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai bagian  dari pemenuhan aktivitas ekonomi masyarakat?

3.      Bagaimana mengelola lingkungan sekitar untuk mempertahankan keberlanjutan dan kelestarian lingkungan?

Keterampilan :

1.      Apakah aku sudah berhasil membuat esai dengan tema pengelolaan lingkungan hidup secara bijak dan bertanggung?

2.      Apakah karya tersebut merupakan karya orisinil dan dikerjakan secara mandiri?

Refleksi  : juga bisa dilakukan dengan cara lain, misalnya kuis sesuai materi, menuliskan hasil kompetensi yang diperoleh baik sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dapat pula dengan menuliskan inspirasi yang diperoleh dan akan dilakukan pada masa mendatang.

Tindak lanjut : dilakukan dengan mendorong peserta didik mempelajari lebih lanjut dan informasi pembelajaran berikutnya tentang perdagangan antarpulau.

Doa dan penutup

Siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya

 

Pengayaan remedial

Pembelajaran remedial dapat dilakukan dengan cara:

1.        pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda,  disesuaikan dengan gaya belajar siswa;

2.        pemberian bimbingan secara perorangan;

3.        pemberian tugas-tugas atau latihan secara khusus, dimulai dengan tugas-tugas

atau latihan sesuai dengan kemampuannya; pemanfaatan tutor sebaya, yaitu siswa dibantu oleh teman sekelas yang telah tuntas dalam pembelajaran

4.        Materi di bawah ini merupakan informasi penting yang dapat digunakan untuk mengembangkan kompetensi yang dipelajari peserta didik dalam buku teks. Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajawali Press. materi Pemanfaatan Lingkungan Sekitar

Penilaian

1.        Penilaian ditekankan pada pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

2.        Guru dapat menilai dengan teknik tes dan nontes. Soal tes dikembangkan secara terstandar dan bertingkat. Soal tidak hanya mengukur kemampuan tingkat rendah, tetapi menekankan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan tes, unjuk kerja, dan proyek.

3.        Penilaian formatif melalui tugas, dan kuis.

4.        Penilaian proyek yang dikerjakan peserta didik.

5.        Penilaian sikap dilakukan melalui observasi dan jurnal penilaian sikap.

Bahan bacaan peserta didik

Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Lampiran 1

 

Lembar Kerja Siswa

 

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 8 Malang

Mata Pelajaran                        : IPS

Kelas/Semester                        : VIII / Ganjil

Materi                                      : Kemajemukan Masyarakat Indonesi

Sub pokok bahasan              : Pemanfaatan lingkungan sekitar

Alokasi Waktu                        : 4 JP (2 Pertemuan )

 

I.     Kerjakan LKPD berikut.

 

Aktifitas kelompok

1.      Bentuklah kelompok yang beranggotakan 4 orang!

2.      Amati dan perhatikan gambar di bawah ini!

1.      Tuliskan perbedaan antara cuaca dan iklim berdasarkan dengan pemahaman yang sudah kalian ketahui!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Berdasarkan gambar di atas, analisislah beberapa aspek dari masing masing tempat tersebut yang dapat digunakan sebagai kegiatan ekonomi berdasarkan dengan karakteristik wilayah tersebut!

No

Aspek

Pengunungan

Pantai

1

Potensi alam

1.     Kopi

1.                   

2.      

2.

3.      

      3.

2

Mata pencarian

1

1

2

2

3

3

3

Jenis produksi

1.Kopi bubuk

1

2

2

3

3

 

 

 

 

 

 

 

Aktivitas Individu 6

 

1)             Buatlah sebuah laporan sederhana yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup.

2)             Pilihlah salah satu tema sebagai berikut:

a)        Pengelolaan lingkungan hidup bijak dan bertanggung jawab.

b)        Pelestarian lingkungan untuk generasi mendatang.

c)        Lindungi hutan sebagai potensi negara.

d)       Usahaku mewujudkan sekolah bersih

e)        Tentang pemanfaatan sampah menjadi produk yang benilai guna

3)             Tuliskan pokok pikiran dan ide yang di tulis dalam laporan tersebut!

4)             Laporan yang dibuat merupakan hasil tulisan sendiri dan tidak meniru tulisan orang lain.

5)             Laporan boleh ditulis tangan atau diketik pada kertas ukuran folio.

6)             Kump ulkan tugas kepada gurumu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar