Modul Belajar Adiwiyata
Pemanfaatan
lingkungan sekitar
ADIWIYATA
Nama |
Drs. Sumarno |
Jenjang/Kelas |
SMP / 8 |
Sekolah |
SMPN 8 Malang |
Mapel |
IPS |
Alokasi waktu |
6 JP ( 3 X pertemuan ) |
Jumlah siswa |
32 Siswa |
Fase |
D |
Model pembelajaran/metode |
PBL , Think Pair Share |
Sarana dan prasarana |
·
Komputer/Laptop ·
Koneksi Internet ·
HP · Kertas besar, spidol,selotip · Peta
persebaran hasil tambang di Indonesia. |
Target peserta didik |
Peserta didik
reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi
ajar |
Profil pelajar Pancasila |
Bernalar kritis, Kreatif, Kebhinekaan global. |
Domain mapel |
Kemajemukan
Masyarakat Indonesia |
Tujuan Pembelajaran |
Setelah mengikuti pembelajaran ini, Peserta didik
dapat menganalisis pemanfaatan lingkungan sekitar dalam aktivitas ekonomi. |
Pertanyaan
panduan |
1. Bagaimana
potensi ekonomi yang ada di lingkungan tempat tinggalmu? 2. Mengapa
pemanfaatan lingkungan sekitar berhubungan dengan potensi di daerah tersebut?
3. Bagaimana
keuntungan yang bisa diunggulkan dari masing-masing wilayah tertentu dalam
pemanfaatan lingkungan sekitar? |
|
|
Pendahuluan |
1.
Guru dan peserta didik mengucapkan salam dan doa. 2.
Guru dan peserta mengondisikan pembelajaran. Apersepsi : Peserta
didik melihat video tentang pemanfaatan sampah menjadi produk
yang benilai guna. Guru dapat menambahkan variasi gambar dari internet atau dokumntasi pribadi
yang dimiliki guru. Guru
juga dapat menceritakan kepada peserta didik tentang pemanfaatan lingkungan sekitar untuk memenhuhi kebutuhan
ekonomi melalui contoh yang ada
di lingkungan sekitar. Guru juga dapat melakukan tanya jawab kepada peserta didik tentang
pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai
potensi unggulan dari wilayah tersebut. tautan video: https://www.youtube.com/watch?v=1U52FMZa7g Peserta
didik difasilitasi guru mengaitkan gambar, video, atau cerita dengan kegiatan belajar yang akan dipelajari. Guru
melanjutkan dengan memberikan
motivasi pemanfaatan lingkungan secara bijak, bertanggung
jawab dan berkelanjutan. |
Kegiatan inti |
1. Guru
menjelaskan tentang petunjuk kerja dan tugas dari Lembar Aktivitas kelompok 5
untuk mendalami materi pemanfaatan lingkungan sekitar. 2. Tugas
ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi sebanyak-banyaknya potensi alam, mata
pencaharian dan jenis produksi sesuai dengan gambar yang telah disajikan. 3. Hasil
identifikasi dituliskan dan dikumpulkan kepada guru. 4. Kemudian
guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik hasil identifikasi peserta
didik. |
Peserta
Didik Mengidentiikasi Masalah |
Selanjutnya
guru mendorong peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang mengarah
pada HOTS. Beberapa pertanyaan yang
diajukan misalnya: 1. Bagaimana
potensi ekonomi yang ada di lingkungan tempat tinggalmu? 2. Mengapa
pemanfaatan lingkungan sekitar berhubungan dengan potensi di daerah tersebut?
3. Bagaimana
keuntungan yang bisa diunggulkan dari masing-masing wilayah tertentu dalam
pemanfaatan lingkungan sekitar? |
Peserta
Didik Mengelola Informasi |
Peserta
didik membaca pemanfaatan lingkungan sekitar dalam memenuhi kebutuhan ekonomi
masyarakat di daerah atau wilayah tertentu. Guru
memfasilitasi sumber lain misalnya memberikan tautan internet yang mendukung
penjelasan dan pendalaman sumber belajar. Contoh tautan: https://www.youtube.com/watch?v=f-vshHBFbe8 Untuk
memperoleh informasi lebih luas peserta didik juga dapat melakukan browsing pemanfaatan lingkungan sekitar di berbagai
wilayah di Indonesia dengan melihat karakteritik wilayahnya masingmasing. Guru
dapat memberikan beberapa tautan berita tulisan dan laporan vidioa tentang
pemanfaatan lingkungan sekitar dalam memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat di
daerah tersebut. Peserta
didik mengolah informasi secara berkelompok di bawah bimbingan guru. Kegiatan
ini dapat dilakukan secara bervariasi, dengan menggunakan metode Think Pair Share, pembelajaran ini bertujuan untuk
mendorong peserta didik memiliki keterampilan abad
21 yaitu 4C (Critical thinking,
collaboration, creativity dan communication)
Think (Berpikir) 1. Guru
memberikan penjelasan terkait materi dan penugasan yang akan diselesaikan
sesuai dengan Lembar Aktivitas Kelompok 5. 2. Peserta
didik diarahkan untuk memperdalam materi dengan mencari tambahan
materi dari buku, internet, atau bahan ajar lainnya. 3. Peserta
didik mempunyai kesempatan 15 menit untuk mempersiapkan jawaban secara
individu. Pada tahap ini diharapkan mampu meningkatkan
kemandirian peserta didik. Pair (Berpasangan) 1.
Guru mendampingi peserta didik dalam
pembentukan kelompok. Kelompok kecil terdiri dari 2 orang atau berpasangan secara bebas, namun diutamakan teman
satu bangku, dapat juga dengan
menggunakan nomor urut presensi secara acak. Peserta didik secara berpasangan
melakukan diskusi untuk menyatukan
opini terkait pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap penjelajahan
samudera khususnya di Indonesia. 2.
Tahap ini mengajarkan peserta didik untuk
meningkatkan keterampilan
kolaborasi atau kerja sama. Share (Berbagi) 1. Peserta
didik mempresentasikan hasil pekerjaan dan melakukan diskusi dengan kelompok
lainnya. Apabila terdapat perbedaan dapat ditambahkan pada
hasil diskusi. Pada tahap ini peserta didik diharapkan mampu mengembangkan kemampuan
mengomunikasikan hasil diskusi dengan baik. 2. Guru
dan peserta didik bersama-sama menarik kesimpulan terkait pengaruh
kondisi geografis terhadap penjelajahan samudera
di Indonesia agar menemukan hasil kesepakatan diskusi. 3. Peserta
didik memilih dan mengorganisasikan informasi yang diperoleh. ·
Guru membimbing dan mengarahkan proses belajar
peserta didik (kegiatan belajar). ·
Guru memastikan peserta didik mengerjakan tugas
dengan baik. |
Peserta Didik Merencanakan dan Mengembangkan Ide |
1.
Hasil pengolahan informasi disajikan dalam
bentuk laporan/poster/karya lainnya. 2.
Peserta didik secara mandiri membuat esai
tentang pengelolaan lingkungan hidup yang bijak dan bertanggung jawab. Dalam
kegiatan ini dapat guru dapat menekankan nilai-nilai karakter peserta didik
untuk menanamkan nilai peduli dengan lingkungan, bertanggung jawab, dan
kemandirian. |
Peserta
Didik Melakukan Releksi dan Aksi |
a)
Dalam kelas atau melalui media berbasis
internet peserta didik mengomunikasikan hasil pengolahan informasi. b)
Guru memfasilitasi peserta didik menemukan
simpulan pembelajaran. c)
Guru memberikan kesempatan ke peserta didik
untuk mengajukan pendapat atau pertanyaan. d)
Penguatan dan pengayaan dilakukan untuk
mengembangkan kompetensi peserta didik. |
Penutup |
Penilaian
pembelajaran dilakukan secara lisan atau tertulis. Peserta
didik melakukan refleksi pembelajaran berkaitan dengan sikap, pengetahuan,
dan keterampilan. Sikap 1. Apakah
aku sudah melakukan pembelajaran secara bertanggung jawab dan mandiri? 2. Inspirasi
dari pembelajaran tentang proses geografi dan aktivitas ekonomi dalam hidup
saya adalah… 3. Apakah
aku sudah mengumpulkan tugas sesuai ketentuan dan tepat
waktu? 4. Apakah
esai yang saya buat merupakan karya orisinil? Pengetahuan: 1. Apakah
aku sudah mampu mengidentifikasi berbagai potensi lingkungan sekitar dalam
memenuhi kebutuhan ekonomi? 2. Bagaimana
cara memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai bagian dari pemenuhan aktivitas ekonomi
masyarakat? 3. Bagaimana
mengelola lingkungan sekitar untuk mempertahankan keberlanjutan dan
kelestarian lingkungan? Keterampilan : 1. Apakah
aku sudah berhasil membuat esai dengan tema pengelolaan lingkungan hidup
secara bijak dan bertanggung? 2. Apakah
karya tersebut merupakan karya orisinil dan dikerjakan secara mandiri? Refleksi : juga bisa dilakukan dengan cara lain,
misalnya kuis sesuai materi, menuliskan hasil kompetensi yang diperoleh baik
sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dapat pula dengan menuliskan inspirasi
yang diperoleh dan akan dilakukan pada masa mendatang. Tindak
lanjut : dilakukan dengan mendorong peserta didik
mempelajari lebih lanjut dan informasi pembelajaran berikutnya tentang
perdagangan antarpulau. |
Doa dan penutup |
Siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya |
|
|
Pengayaan remedial |
Pembelajaran
remedial dapat dilakukan dengan cara: 1.
pemberian pembelajaran ulang
dengan metode dan media yang berbeda,
disesuaikan dengan gaya belajar siswa; 2.
pemberian bimbingan secara
perorangan; 3.
pemberian tugas-tugas atau
latihan secara khusus, dimulai dengan tugas-tugas atau
latihan sesuai dengan kemampuannya; pemanfaatan tutor sebaya, yaitu siswa
dibantu oleh teman sekelas yang telah tuntas dalam pembelajaran 4.
Materi di bawah ini merupakan informasi penting yang dapat
digunakan untuk mengembangkan kompetensi yang dipelajari peserta didik dalam
buku teks. Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi
Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajawali Press. materi Pemanfaatan
Lingkungan Sekitar |
Penilaian |
1.
Penilaian ditekankan pada pengembangan sikap, pengetahuan,
dan keterampilan. 2.
Guru dapat menilai dengan teknik tes dan nontes. Soal tes
dikembangkan secara terstandar dan bertingkat. Soal tidak hanya mengukur
kemampuan tingkat rendah, tetapi menekankan pada kemampuan berpikir tingkat
tinggi. Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan tes, unjuk kerja, dan
proyek. 3.
Penilaian formatif melalui tugas, dan kuis. 4.
Penilaian proyek yang dikerjakan peserta didik. 5.
Penilaian sikap dilakukan melalui observasi dan jurnal
penilaian sikap. |
Bahan bacaan peserta didik |
Supardi dkk tahun 2021, Buku siswa IPS, Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan
Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan. |
Lampiran 1
Lembar Kerja
Siswa
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 8 Malang
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi
:
Kemajemukan
Masyarakat Indonesi
Sub pokok bahasan : Pemanfaatan lingkungan sekitar
Alokasi Waktu : 4 JP (2 Pertemuan )
I.
Kerjakan LKPD berikut.
Aktifitas kelompok
1.
Bentuklah kelompok yang beranggotakan 4 orang!
2.
Amati dan perhatikan gambar di bawah ini!
1. Tuliskan
perbedaan antara cuaca dan iklim berdasarkan dengan pemahaman yang sudah kalian
ketahui!
2.
Berdasarkan gambar di atas, analisislah beberapa
aspek dari masing masing tempat tersebut yang dapat digunakan sebagai kegiatan
ekonomi berdasarkan dengan karakteristik wilayah tersebut!
No |
Aspek |
Pengunungan |
Pantai |
1 |
Potensi
alam |
1.
Kopi |
1.
|
2.
|
2. |
||
3.
|
3. |
||
2 |
Mata
pencarian |
1 |
1 |
2 |
2 |
||
3 |
3 |
||
3 |
Jenis
produksi |
1.Kopi
bubuk |
1 |
2 |
2 |
||
3 |
3 |
Aktivitas
Individu 6
1)
Buatlah sebuah laporan
sederhana yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup.
2)
Pilihlah salah satu tema
sebagai berikut:
a)
Pengelolaan lingkungan
hidup bijak dan bertanggung jawab.
b)
Pelestarian lingkungan
untuk generasi mendatang.
c)
Lindungi hutan sebagai
potensi negara.
d)
Usahaku mewujudkan
sekolah bersih
e)
Tentang pemanfaatan
sampah menjadi produk yang benilai guna
3)
Tuliskan pokok pikiran
dan ide yang di tulis dalam laporan tersebut!
4)
Laporan yang dibuat
merupakan hasil tulisan sendiri dan tidak meniru tulisan orang lain.
5)
Laporan boleh ditulis
tangan atau diketik pada kertas ukuran folio.
6)
Kump ulkan tugas kepada
gurumu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar