RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 8 Malang
Mata Pelajaran :
IPS
Kelas/Semester :
VII / Genap
Materi :
Aktifitas manusia dalam memenuhi kebutuhan
Sub
pokok bahasan : Produksi
Alokasi Waktu : 4 JP (2 Pertemuan )
Nama |
Drs.
Sumarno |
Jenjang/Kelas |
SMP
/ 8 |
Sekolah |
SMPN 8 Malang |
Mapel |
IPS |
Alokasi waktu |
6
JP ( 3 X pertemuan ) |
Jumlah siswa |
32
Siswa |
Fase |
D |
Model pembelajaran/metode |
PBL |
Sarana
dan prasarana |
·
Komputer/Laptop ·
Koneksi Internet ·
HP |
Target peserta didik |
Peserta didik reguler/tipikal: umum,
tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar |
Profil
pelajar Pancasila |
Bernalar
kritis, Kreatif, Kebhinekaan global. |
||
Domainmapel |
Kemajemukan
Masyarakat Indonesia |
||
Tujuan
Pembelajaran |
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning peserta didik
dapat Mengintegrasikan peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia |
||
Pertanyaan panduan |
1.
Bagaimana manusia
memnuhi kebutuhan ? 2.
Mengapa kita harus
lebih banyak pemanfaatan SDA dilingkungan sekitar? 3. SDA apa yang ada di tempat tinggalmu? |
1. Langkah-langkahPembelajaran
Apersepsi |
Persiapan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran
dengan berdoa, Mengajak peserta
didik untuk
memperhatikan kegiatan yang dilakukan
masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dengan berbagai cara diantaranya membuat hasil kreativitas dari barang bekas untuk dijadikan mainan anak-anak |
|||
Sintak |
Kegiatan Pembelajaran |
|||
Orientasi peserta didik kepada
masalah |
dengan pertanyaan tersebut diharapkan mampu mengajak peserta
didik mengamatigambar yang disajikan pada prawacana. yang tersaji dari Vidio
yang dibagikan oleh
guru melalui google Class room dan vidio pembelajaran
Gambar macam macam minuman dari hasil
kebun . |
|||
Mengorganisasikan peserta
didik |
·
Guru memastikan bahwa semua siswa tergabung kedalam kelas melalui google
classroom. ·
Siswa dikelompokan dalam
5 kelompok untuk
yang pembelajaran luring. ·
Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang Macam macam minuman yang terbuat dari hasil kebun sekolah |
|||
(pengumpulan
data) |
Melaksanakan pembelajaran dengan memperhatikan vidio yang disampaikan oleh guru melalui google class room, siswa mengamati dan
memperhatikan vidio tersebut serta mencatat hal-hal yang dianggap penting 1. Peserta
didik mencari data macam macam tanaman hasil kebun sekolah yang bisa
digunakan untuk membuat minuman 2. Peserta
didik mencari dari berbagai sumber tentang manfaat minuman yang akan dibuat. |
|||
Mengasosiasi
dan
mengkomunikasika n |
1.
Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk
mengalisis tentang
manfaat minuman / makanan yang akan
dibuat dan tingkat kesulitannya dibandingkan dengan manfaatnya 2.
Peserta didik dapat menyampaikan pertanyaan dan hal yang belum diketahuinya melalui google meet 3.
Guru memberikan jawab dan penjelasan dari umpan balik siswa |
|||
Menganalisa |
Dari definisi yang dibuat oleh peserta didik, Peserta
didik diminta untuk mendifinikan proses pembuatan minuman atau makanan yang
berasal dari kebun sekolah serta kandungan gizinya dan manfaatnya. |
|||
Penutup dan umpan balik |
Guru dan peserta didik bersama sama membuat kesimpulan tentang manfaat dari
minuman atau makanan bila dikaitkan dengan kegiatan produksiEvaluasi tes Peserta didik diajak untuk membuat berbagai minuman atau
makanan berbahan dasar tanaman hasil kebun sekolah, kemudian menyajikan dan
mempresentasikan hasil pekerjaannya. |
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 8 Malang
Guru Mata Pelajaran IPS
Sri Nuryani M.Pd.
Drs
Sumarno.
NIP. 19661116 199003 2 009 NIP. 1966308
200501 1 006
Kelompok Nama 1.
………………………………………… 2 .………………………………………… 3. ………………………………………… 4.
…………………………………………
Lampiran 1
Lembar
Kerja Siswa
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 8 Malang
Mata Pelajaran :
IPS
Kelas/Semester :
VII / Genap
Materi :
Aktifitas manusia dalam memenuhi kebutuhan
Sub
pokok bahasan : Produksi
Alokasi Waktu : 4 JP (2 Pertemuan )
I.
Kerjakan dengan kelompok yang
sudah kalian bentuk.
1.
Identifikasi beberapa tanaman yang ada ditaman (disekolah
dandihalaman rumah kamu)
No |
Nama Tanaman |
Jenis Tanaman |
1 |
|
|
2 |
|
|
3 |
|
|
4 |
|
|
5 |
|
|
dst |
|
|
II.
Dari beberapa jenis tanaman yang sudah kalian identifikasi
cari dari berbagai sumber manfaat dari beberapa tanaman tersebut
No |
Nama Tanaman |
Manfaat |
Kandungan (Nutrisi/vitamin dll) |
1 |
|
|
|
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
4 |
|
|
|
5 |
|
|
|
dst |
|
|
|
III.
Rencana
kegiatan pemanfaatan tanaman yang dapat dikonsumsi dan mempunyai nilai ekonomis
No |
Nama kegiatan |
Rencana Kegiatan |
Alat dan bahan kegiatan |
1 |
……………………… ……………………… ……………………… ……………………… ……………………… |
………………………………. ………………………………. ………………………………. ………………………………. ………………………………. |
………………….. ………………….. ………………….. ………………….. ………………….. |
Proses
pembuatan minuma berbahan dasar jahe dari kebun sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar