Minggu, 14 Desember 2025

Break down CP Terbaru bidang studi IPS berdasarkan KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH NOMOR 046/H/KR/2025

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

NOMOR 046/H/KR/2025

TENTANG

CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,

JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH

 

D. Capaian Pembelajaran

1. Fase D (Umumnya untuk kelas VII, VIII, IX SMP/MTs/Program Paket B)

Pada akhir Fase D, murid memiliki kemampuan sebagai berikut.

 

1.1 Pemahaman Konsep

Menjelaskan keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antarruang terhadapnupaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam; memprediksi dampak perubahan iklim terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi terhadap perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana untuk menunjang sustainable development goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global; mengidentifikasi upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, Lembaga keuangan, perdagangan internasional; menelaah peran masyarakat dan negara dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara maju; mengelaborasi proses interaksi sosial, Lembaga sosial, dinamika sosial dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan; menjelaskan konsep dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi,  perubahan; menganalisis  keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara.

1.2. Keterampilan Proses

Menerapkan pemahaman konsep melalui pendekatan keterampilan proses dengan cara mengamati fenomena dan peristiwa secara sistematis dengan menggunakan pancaindra serta menemukan persamaan dan perbedaannya; menanya dengan panduan pendidik, mengajukan pertanyaan untuk menggali dan klarifikasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan memprediksinya; mengumpulkan informasi secara berkolaborasi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, mengumpulkan  informasi dengan sumber primer, dan mendokumentasikannya;  berkolaborasi, mengolah informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu;  menguji dan menerapkan konsep melalui eksperimen, simulasi, studi kasus, atau situasi nyata untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan; mengevaluasi dan merefleksi serta melakukan perbaikan untuk menarik simpulan hasil penyelidikan dengan tepat; mengomunikasikan dan menyajikan hasil penyelidikan dengan menggunakan media informasi yang tepat; dan menyusun rencana tidak lanjut dari hasil penyelidikan yang telah dihasilkan secara kolaboratif.

Breakdown Capaian Pembelajaran ke dalam beberapa pokok bahasan terpisah berdasarkan substansi materinya:

1. Keberagaman Kondisi Geografis dan Konektivitas Antar Ruang

  • 1.1. Keberagaman kondisi geografis Indonesia

*    Gunung, dataran rendah, pesisir, kepulauan

*    Dampak terhadap kehidupan masyarakat

  • 1.2. Konektivitas antar ruang

*    Transportasi dan komunikasi

*    Perdagangan antarwilayah dan dampaknya terhadap pemerataan pembangunan

  • 1.3. Pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam

*    Sumber daya alam terbarukan dan tak terbarukan

*    Upaya pelestarian berbasis kearifan lokal dan teknologi

 

2. Aktivitas Manusia, Perubahan Iklim, dan Bencana Alam

  • 2.1. Faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim

*    Deforestasi, urbanisasi, emisi gas rumah kaca

*    Industri dan transportasi

  • 2.2. Potensi bencana alam di Indonesia

*    Gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, banjir, tanah longsor

*    Pemetaan wilayah rawan bencana

  • 2.3. Prediksi dampak perubahan iklim terhadap kehidupan

*    Dampak ekonomi: gagal panen, kelangkaan air

*    Dampak sosial dan budaya: migrasi, hilangnya tradisi

*    Contoh global dan lokal

  • 2.4. Adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dan bencana

*    Sistem peringatan dini

*    Program mitigasi berbasis sekolah dan masyarakat

*    Keterkaitan dengan SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan)

 

3. Kegiatan Ekonomi dan Pemenuhan Kebutuhan

  • 3.1. Upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ekonomi

*    Produksi, distribusi, konsumsi

*    Contoh kegiatan ekonomi lokal

  • 3.2. Harga dan pasar

*    Permintaan dan penawaran

*    Peran pasar tradisional dan modern

  • 3.3. Lembaga keuangan

*    Bank dan koperasi

*    Fintech dan ekonomi digital

  • 3.4. Perdagangan internasional

*    Ekspor dan impor

*    Dampak perdagangan global terhadap ekonomi lokal

 

4. Pertumbuhan Ekonomi dan Era Digital

  • 4.1. Peran masyarakat dan negara dalam pertumbuhan ekonomi digital

*    UMKM berbasis teknologi

*    E-commerce dan transformasi digital

  • 4.2. Potensi Indonesia menjadi negara maju

*    Bonus demografi

*    Inovasi dan ketahanan ekonomi

*    Tantangan dan peluang globalisasi

 

5. Interaksi Sosial dan Integrasi Bangsa

  • 5.1. Konsep dan bentuk interaksi sosial

*    Asosiatif dan disosiatif

*    Interaksi dalam masyarakat majemuk

  • 5.2. Lembaga sosial dan dinamika sosial

*    Keluarga, pendidikan, agama, hukum

*    Konflik dan penyelesaiannya

  • 5.3. Perubahan sosial budaya dan integrasi bangsa

*    Globalisasi, modernisasi

*    Prinsip Bhinneka Tunggal Ika

*    Tantangan terhadap persatuan

 

6. Konsep Dasar dan Kajian Sejarah

  • 6.1. Konsep dasar ilmu sejarah

*    Manusia, ruang, waktu, kronologi, dan perubahan

  • 6.2. Keterhubungan waktu dalam sejarah

*    Masa lalu, kini, dan yang akan datang

*    Fungsi sejarah dalam kehidupan

  • 6.3. Kajian sejarah lokal dan toponimi wilayah

*    Nama tempat dan sejarah daerah

*    Legenda, mitos, dan fakta sejarah

  • 6.4. Asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah

*    Teori migrasi

*    Jalur rempah dan pengaruhnya terhadap dunia

*    Dampak kolonialisme

 

Pembagian materi hasil breakdown Capaian Pembelajaran IPS sesuai tingkatan kelas VII, VIII, dan IX SMP. Pembagian ini mempertimbangkan:

  • Urutan konsep dari konkret ke abstrak
  • Tingkat kompleksitas dan kedalaman materi
  • Kesesuaian perkembangan kognitif siswa
  • Keterkaitan tema antarkelas (progresif dan spiral)

6.2

 

Kelas VII – Memahami Lingkungan Sosial dan Geografis Terdekat

Tema Umum: Diri dan Lingkungan Sekitar

1. Keberagaman Kondisi Geografis Indonesia

  • 1.1 Keberagaman kondisi geografis Indonesia
  • 1.2 Dampak kondisi geografis terhadap kehidupan masyarakat

2. Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial

  • 5.1 Konsep dan bentuk interaksi sosial
  • 5.2 Lembaga sosial dan fungsinya

3. Kegiatan Ekonomi Masyarakat Sekitar

  • 3.1 Upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ekonomi dasar
  • 3.2 Produksi, distribusi, konsumsi skala lokal

4. Konsep Dasar Ilmu Sejarah

  • 6.1 Konsep dasar sejarah: manusia, ruang, waktu, kronologi
  • 6.2 Perbedaan masa lalu, masa kini, dan masa depan dalam kehidupan siswa

 

Kelas VIII – Masyarakat dan Perkembangannya

Tema Umum: Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Budaya dalam Masyarakat

1. Konektivitas dan Potensi SDA

2. Interaksi Sosial dan Dinamika Sosial

3. Kegiatan Ekonomi dan Lembaga Keuangan

4. Kajian Sejarah Lokal dan Nasional

 

Kelas IX – Tantangan Global dan Keberlanjutan

Tema Umum: Adaptasi, Inovasi, dan Keberlanjutan dalam Kehidupan

1. Aktivitas Manusia, Perubahan Iklim dan Bencana

2. Pertumbuhan Ekonomi dan Transformasi Digital

3. Integrasi Nasional dan Bhinneka Tunggal Ika

4. Kajian Sejarah sebagai Refleksi Bangsa

 

Keterangan

  • Materi kelas 7 berfokus pada pengantar konsep dan lingkup lokal.
  • Kelas 8 menjembatani antara lokal dan nasional, serta memperkenalkan keragaman dan perubahan sosial-ekonomi.
  • Kelas 9 diarahkan untuk berpikir kritis terhadap isu global, pembangunan berkelanjutan, dan sejarah kebangsaan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Faktor Penyebab Keberagaman Geografis dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Masyarakat

  Faktor Penyebab Keberagaman Geografis dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Masyarakat Keberagaman geografis merujuk pada variasi bentang a...