KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
NOMOR 046/H/KR/2025
TENTANG
CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,
JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
D. Capaian
Pembelajaran
1. Fase D
(Umumnya untuk kelas VII, VIII, IX SMP/MTs/Program Paket B)
Pada akhir Fase
D, murid memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.1 Pemahaman
Konsep
Menjelaskan keberagaman kondisi
geografis Indonesia, konektivitas antarruang terhadapnupaya pemanfaatan dan
pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap
perubahan iklim dan potensi bencana alam; memprediksi dampak perubahan iklim terhadap
kehidupan ekonomi, sosial, budaya masyarakat serta merefleksikan pola adaptasi terhadap
perubahan iklim dan upaya mitigasi bencana untuk menunjang sustainable development
goals (SDGs) dalam konteks lokal, regional, dan global; mengidentifikasi upaya masyarakat
dalam memenuhi kebutuhannya melalui kegiatan ekonomi, harga, pasar, Lembaga keuangan,
perdagangan internasional; menelaah peran masyarakat dan negara dalam mendorong
pertumbuhan ekonomi di era digital, serta potensi Indonesia menjadi negara
maju; mengelaborasi proses interaksi sosial, Lembaga sosial, dinamika sosial
dan perubahan sistem sosial budaya dalam masyarakat yang majemuk untuk
mewujudkan integrasi bangsa dengan prinsip kebhinekaan; menjelaskan konsep
dasar ilmu sejarah yaitu manusia, ruang, waktu, kronologi, perubahan; menganalisis keterhubungan antara masa lampau, masa kini, dan
masa yang akan datang ketika mempelajari sejarah lokal dan toponimi wilayah
serta berbagai peristiwa atau kejadian penting dalam lingkup lokal, nasional
dan global terkait asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah
nusantara.
1.2. Keterampilan Proses
Menerapkan pemahaman konsep
melalui pendekatan keterampilan proses dengan cara mengamati fenomena dan
peristiwa secara sistematis dengan menggunakan pancaindra serta menemukan
persamaan dan perbedaannya; menanya dengan panduan pendidik, mengajukan
pertanyaan untuk menggali dan klarifikasi informasi, serta mencari tahu
penyebab dan memprediksinya; mengumpulkan informasi secara berkolaborasi, merencanakan
dan melakukan penyelidikan, mengumpulkan informasi dengan sumber primer, dan
mendokumentasikannya; berkolaborasi,
mengolah informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu; menguji dan menerapkan konsep melalui
eksperimen, simulasi, studi kasus, atau situasi nyata untuk memperkuat
pemahaman dan keterampilan; mengevaluasi dan merefleksi serta melakukan
perbaikan untuk menarik simpulan hasil penyelidikan dengan tepat; mengomunikasikan
dan menyajikan hasil penyelidikan dengan menggunakan media informasi yang
tepat; dan menyusun rencana tidak lanjut dari hasil penyelidikan yang telah
dihasilkan secara kolaboratif.
Breakdown Capaian Pembelajaran ke dalam beberapa pokok
bahasan terpisah berdasarkan substansi materinya:
1. Keberagaman
Kondisi Geografis dan Konektivitas Antar Ruang
- 1.1. Keberagaman kondisi geografis Indonesia
Gunung,
dataran rendah, pesisir, kepulauan
Dampak
terhadap kehidupan masyarakat
- 1.2. Konektivitas antar ruang
Transportasi
dan komunikasi
Perdagangan
antarwilayah dan dampaknya terhadap pemerataan pembangunan
- 1.3. Pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya
alam
Sumber
daya alam terbarukan dan tak terbarukan
Upaya
pelestarian berbasis kearifan lokal dan teknologi
2. Aktivitas
Manusia, Perubahan Iklim, dan Bencana Alam
- 2.1. Faktor aktivitas manusia terhadap perubahan
iklim
Deforestasi,
urbanisasi, emisi gas rumah kaca
Industri
dan transportasi
- 2.2. Potensi bencana alam di Indonesia
Gempa
bumi, tsunami, letusan gunung api, banjir, tanah longsor
Pemetaan
wilayah rawan bencana
- 2.3. Prediksi dampak perubahan iklim terhadap
kehidupan
Dampak
ekonomi: gagal panen, kelangkaan air
Dampak
sosial dan budaya: migrasi, hilangnya tradisi
Contoh
global dan lokal
- 2.4. Adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dan
bencana
Sistem
peringatan dini
Program
mitigasi berbasis sekolah dan masyarakat
Keterkaitan
dengan SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan)
3. Kegiatan
Ekonomi dan Pemenuhan Kebutuhan
- 3.1. Upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhan
ekonomi
Produksi,
distribusi, konsumsi
Contoh
kegiatan ekonomi lokal
- 3.2. Harga dan pasar
Permintaan
dan penawaran
Peran
pasar tradisional dan modern
- 3.3. Lembaga keuangan
Bank
dan koperasi
Fintech
dan ekonomi digital
- 3.4. Perdagangan internasional
Ekspor
dan impor
Dampak
perdagangan global terhadap ekonomi lokal
4. Pertumbuhan
Ekonomi dan Era Digital
- 4.1. Peran masyarakat dan negara dalam pertumbuhan
ekonomi digital
UMKM
berbasis teknologi
E-commerce
dan transformasi digital
- 4.2. Potensi Indonesia menjadi negara maju
Bonus
demografi
Inovasi
dan ketahanan ekonomi
Tantangan
dan peluang globalisasi
5. Interaksi
Sosial dan Integrasi Bangsa
- 5.1. Konsep dan bentuk interaksi sosial
Asosiatif
dan disosiatif
Interaksi
dalam masyarakat majemuk
- 5.2. Lembaga sosial dan dinamika sosial
Keluarga,
pendidikan, agama, hukum
Konflik
dan penyelesaiannya
- 5.3. Perubahan sosial budaya dan integrasi bangsa
Globalisasi,
modernisasi
Prinsip
Bhinneka Tunggal Ika
Tantangan
terhadap persatuan
6. Konsep Dasar
dan Kajian Sejarah
- 6.1. Konsep dasar ilmu sejarah
Manusia,
ruang, waktu, kronologi, dan perubahan
- 6.2. Keterhubungan waktu dalam sejarah
Masa
lalu, kini, dan yang akan datang
Fungsi
sejarah dalam kehidupan
- 6.3. Kajian sejarah lokal dan toponimi wilayah
Nama
tempat dan sejarah daerah
Legenda,
mitos, dan fakta sejarah
- 6.4. Asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan
jalur rempah
Teori
migrasi
Jalur
rempah dan pengaruhnya terhadap dunia
Dampak
kolonialisme
Pembagian materi hasil breakdown
Capaian Pembelajaran IPS sesuai tingkatan kelas VII, VIII, dan IX SMP.
Pembagian ini mempertimbangkan:
- Urutan
konsep dari konkret ke abstrak
- Tingkat
kompleksitas dan kedalaman materi
- Kesesuaian
perkembangan kognitif siswa
- Keterkaitan
tema antarkelas (progresif dan spiral)
6.2
Kelas
VII – Memahami Lingkungan Sosial dan Geografis Terdekat
Tema Umum: Diri dan Lingkungan Sekitar
1. Keberagaman Kondisi Geografis Indonesia
- 1.1
Keberagaman kondisi geografis Indonesia
- 1.2 Dampak
kondisi geografis terhadap kehidupan masyarakat
2. Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial
- 5.1 Konsep
dan bentuk interaksi sosial
- 5.2 Lembaga
sosial dan fungsinya
3. Kegiatan Ekonomi Masyarakat Sekitar
- 3.1 Upaya
masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ekonomi dasar
- 3.2
Produksi, distribusi, konsumsi skala lokal
4. Konsep Dasar Ilmu Sejarah
- 6.1 Konsep
dasar sejarah: manusia, ruang, waktu, kronologi
- 6.2
Perbedaan masa lalu, masa kini, dan masa depan dalam kehidupan siswa
Kelas VIII – Masyarakat dan Perkembangannya
Tema Umum: Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Budaya dalam Masyarakat
1. Konektivitas dan Potensi SDA
- 1.2 Konektivitas antar ruang: transportasi dan
komunikasi
- 1.3 Pemanfaatan dan pelestarian potensi
sumber daya alam
2. Interaksi Sosial dan Dinamika Sosial
- 5.2 Dinamika sosial dalam masyarakat majemuk
- 5.3 Perubahan sosial budaya:
globalisasi dan modernisasi
3. Kegiatan Ekonomi dan Lembaga Keuangan
- 3.3 Lembaga keuangan: bank, koperasi, fintech
- 3.4 Perdagangan internasional dan
dampaknya
4. Kajian Sejarah Lokal dan Nasional
- 6.3 Toponimi wilayah dan sejarah lokal
- 6.4 Asal-usul nenek moyang dan jalur
rempah Nusantara
Kelas IX – Tantangan Global dan Keberlanjutan
Tema Umum: Adaptasi, Inovasi, dan Keberlanjutan dalam Kehidupan
1. Aktivitas Manusia, Perubahan Iklim dan
Bencana
- 2.1 Faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim
- 2.2 Potensi dan jenis bencana alam
- 2.3 Dampak perubahan iklim terhadap
ekonomi, sosial, budaya
- 2.4 Adaptasi dan mitigasi perubahan
iklim (terkait SDGs)
2. Pertumbuhan Ekonomi dan Transformasi
Digital
- 4.1 Peran masyarakat dan negara dalam pertumbuhan
ekonomi digital
- 4.2 Potensi Indonesia menjadi negara
maju
3. Integrasi Nasional dan Bhinneka Tunggal
Ika
- 5.3 Integrasi bangsa dalam masyarakat majemuk
- 5.4 Prinsip kebhinekaan dalam dinamika
sosial
4. Kajian Sejarah sebagai Refleksi Bangsa
- 6.2 Analisis hubungan masa lalu, kini, dan akan
datang
- 6.3 Studi peristiwa penting lokal,
nasional, dan global
Keterangan
- Materi kelas
7 berfokus pada pengantar
konsep dan lingkup lokal.
- Kelas 8
menjembatani antara
lokal dan nasional, serta memperkenalkan keragaman dan perubahan
sosial-ekonomi.
- Kelas 9
diarahkan untuk berpikir
kritis terhadap isu global, pembangunan berkelanjutan, dan sejarah
kebangsaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar