Senin, 09 September 2024

Media Pembelajaran KARTU DAN AMPLOP Prilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

 







LAPORAN

Pembuatan Media Pembelajaran

 

 

 





 

KARTU DAN AMPLOP

Prilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

 

 

 

 

 

 

 


PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN

SMP NEGERI 22

(PUBLIC JUNIOR HIGH SCHOOL 22)

Jl. Eltari Villa Gunung Buring Telp. (0341)-717905 Malang 65138

e-mail : smp22-mlg.sch.id

2014

Oleh:

 

Drs. Sumarno

NIP.196603082005011006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


           

                                                                                                                                   

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

 

Alat Peraga berjudul “KARTU DAN AMPLOP yang dibuat oleh:

Drs. Sumarno.

disyahkan pada tanggal 8 Maret 2014 oleh Kepala SMP Negeri 22 Malang.

 

 

                                                                         Malang, 8 Maret 2014

                                                                         Kepala  SMP Negeri 22 Malang,

 

 

 

                                                                         Anny Yulistyowati, S.Pd., M.M.                                                                                                                  NIP  19620713 198112 2 001                                                                                   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                    ii

LEMBAR PERNYATAAN

 

 

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, pembuat Alat Peraga berjudul

Kartu dan Amplop

MENYATAKAN bahwa alat peraga ini benar-benar asli hasil karya dari :

Drs. Sumarno

 

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan rasa tanggung jawab.

 

 

                                                              Malang, 8 Maret 2014

                                                                                     Pembuat

 

 

 

                                                                                     Dsr. SUMARNO.

                                                                                     NIP  196603082005011006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                    iii

KATA PENGANTAR

 

 

            Puji syukur kehadirat Allah swt bahwa kami dapat menyelesaikan Laporan Pembuatan Media Pembelajaran  berjudul Kartu dan Amplop”. Berawal dari keinginan saya sebagai seorang guru IPS yang berusaha untuk memberikan kesan yang mendalam pada siswa sehingga siswa akan sellu mengingatnya dan sekaligus memberikan kemudahan bagi siswa untuk menampilkan sikap positif Pancasila dalam kehidupan di sekolah, keluarga dan masyarakat  maka dibuatlah alat peraga ini sebagai media yang memudahkan siswa dalam mengenal dan menghafal.  Diharapkan dengan penggunaan media belajar KARTU DAN AMPLOP  ini siswa dapat memahami kehidupan masyarakat pra sejarah di Indonesia.

            Sehubungan dengan hal ini, kami menyampaikan terima kasih kepada:

1.     Kepala SMP Negeri 22 Malang, Ibu Anny Yulistyowati, S.Pd, M.M., yang memberikan dukungan penuh terhadap pembuatan media ini.

2.     Seluruh siswa yang telah mengikuti dan mendapatkan materi pelajaran pada kompetensi dasar Menjalsakna kehidupan pada masa pra sejarah di Indonesia

 

Semoga yang dihasilkan akan bermanfaat untuk lembaga dan siswa-siswi SMPN 22 Malang serta dijadikan sebagai amalan yang sholih.

 

 

                                                                                     Malang, 14 Agustus 2013

                                                          

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                    iv

DAFTAR ISI

 

 

 

Halaman Judul ..........................................................................................           i

Halaman Pengesahan ...............................................................................            ii

Halaman Pernyataan ................................................................................            iii

Kata Pengantar .........................................................................................            iv

Daftar Isi ...................................................................................................           v

1.     Nama Alat Peraga .........................................................................           1

2.     Tujuan Pembelajaran ....................................................................           1

3.     Materi Pembelajaran ....................................................................            1

4.     Bentuk media yang digunakan  ....................................................            2

5.     Pesan yang terkandung .................................................................           2

6.     Rancangan pembuatan media .......................................................           2

7.     Kronologi penggunaan media ……………………………………          3

8.     Kunci Jawaban ………………………………………………… .           4

9.     Lampiran 1 ………………………………………………………           6

10.  Lampiran 2 ………………………………………………………           9

11.  Lampiran 3 ………………………………………………………         11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                    v


1.     Nama Alat peraga

 

Mata Pelajaran                         : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester                        : VIII/1

Standar Kompetensi            : 1.Menampilkan Perilaku yang sesuai dengan Nilai-nilai Pancasila

Kompetensi Dasar                    : 1.4 . Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila

                                                          dalam kehidupan bermasyarakat

Indikator                                    :

·      Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan pribadi dan keluarga

·      Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan lingkungan sekolah

·      Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan masyarakat

AlokasiWaktu                            : 2 x 40”

Nama Media                               : Kelompok Berpasangan

A.    Tujuan Pembelajaran

 

Setelah proses pembelajaran siswa dapat

·        Memberikan contoh  sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan pribadi dan keluarga

·        Memberikan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan kehidupan lingkungan sekolah

·        Memberikan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan masyarakat

 

B.    Materi Pembelajaran

·        Contoh  sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan pribadi dan keluarga

1.      Menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan keluarga

2.      Saling mencintai sesama anggota keluarga

3.      Menolak semua pengaruh idiologi /faham yang bertentangan dengan Pancasila

4.      Percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

5.      Berusaha mempelajari dan menghayati nilai-nilai Pancasila

6.      Bertekad selalu mematuhi peraturan keluarga

7.      Bertekad untuk selalu menghormati semua anggota keluarga

·        Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan lingkungan sekolah

1.      Dapat menerima pendapat siswa lain yang berbeda dengan dirinya

2.      Saling Menghormati hak-hak siswa lain

3.      Selalu menghindarkan diri dari perkelahian

4.      Mengakui persamaan derajat, hal dan kewajiban diantara sesama teman

5.      Semua warga sekolah wajib menjaga persatuan dan kesatuan

6.      Seorang guru tidak boleh melakukan kekerasan pada siswa

7.      Semua warga sekolah wajib menghormati agama /kepercayaan teman/orang lain

·        Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan kehidupan masyarakat

1.      Memperhatikan hak-hak orang lain

2.      Mementingkan persatuan

3.      Menjunjung tinggi demokrasi, dan memperhatikan keadilan sosial bagi semua anggota masyarakat

4.      Mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban diantara sesama warga masyarakat

5.      Menjaga keamanan dan ketertiban serta persatuan dan kesatuan

6.      Saling mencintai sesama warga masyarakat

7.      Menolak idiologi yang bertentangan dengan Pancasila 

 

C.  Bentuk Media Yang Digunakan  : Menyesuaikan Kartu dengan Amplop (Kartu 

                                                                Berpasangan)

D.  Pesan Yang Terkandung Dalam Media 

Dengan belajar menggunakan Media Menyesuaikan Kartu dan Amplop maka diharapkan siswa dapat mengamalkan nilai-nilai postif Pancasila dalam lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan di lingkungan masyarakat.

E.  Rancangan Pembuatan Media

1.            Menyediakan 3 amplop dimana masing-masing amplop bertuliskan

1)     sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan pribadi dan keluarga

2)     sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan lingkungan sekolah

3)     sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan kehidupan masyarakat

      2.     Membuat Kartu sejumlah 18 untuk masing-masing kelompok ( kelas dibagi menjadi 5 kelompok )

3.     Masing-masing kartu bertuliskan :

1)     Menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan keluarga

2)     Saling mencintai sesama anggota keluarga

3)     Percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

4)     Berusaha mempelajari dan menghayati nilai-nilai Pancasila

5)     Bertekad selalu mematuhi peraturan keluarga

6)     Bertekad untuk selalu menghormati semua anggota keluarga

7)     Memperhatikan hak-hak orang lain

8)     Mementingkan persatuan

9)     Menjunjung tinggi demokrasi, dan memperhatikan keadilan sosial bagi semua anggota masyarakat

10)  Mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban diantara sesama warga masyarakat

11)  Menjaga keamanan dan ketertiban serta persatuan dan kesatuan

12)  Saling mencintai sesama warga masyarakat

13)  Dapat menerima pendapat siswa lain yang berbeda dengan dirinya

14)  Saling Menghormati hak-hak siswa lain

15)  Selalu menghindarkan diri dari perkelahian

16)  Mengakui persamaan derajat, hal dan kewajiban diantara sesama teman

17)  Seorang guru tidak boleh melakukan kekerasan pada siswa

18)  Semua warga sekolah wajib menghormati agama /kepercayaan teman/orang lain

19)  Semua warga sekolah wajib menjaga persatuan dan kesatuan

20)  Menolak idiologi yang bertentangan dengan Pancasila

21)  Menolak semua pengaruh idiologi /faham yang bertentangan dengan Pancasil

Bahan yang diperlukan

ü  Karton

ü  Gunting

ü  Lem

 

 

 

F. Kronologi Penggunaan Media

1)     Kelas dibagi menjadi 5 kelompok jumlah masing-masing kelompok disesuaikan dengan jumlah rombongan berlajar

2)     Setiap Kelompok mendapat 3 Amplop dan satu bendel Kartu

3)     Sebelum dibagikan pada masing-masing anggota kelompok kartu dikocok terlebih dahulu.

4)     Kemudian kartu dibagikan pada masing-masing anggota sampai habis secara tertutup.

5)     Kemudian kartu dibuka bersama-sama dengan kelompok yang lain.

6)     Masing-masing anggota kelompok tidak boleh menunjukkan kartu pada teman yang lain.

7)     Masig-masing anggota memasukkan kartu kedalam amplop yang sesuai antara pesan yang ada di kartu dengan pesan yan ada di amplop.

8)     Setiap kelompok yang selesai ditulis kecepatannya dan dihargai nilai.

9)     Setelah selesai seluruh kelompok kemudian dinilai oleh kelompok lain dengan

       cara silang, nilai diberikan pada guru. Kemudian masing-masing kelompok memberikan alasan score yang diperolehnya dan letak kesalahannya dengan ditanggapioleh kelompok lain. Guru memberikan nilai akhir pada masing-masing kelompok setelah mendengar alasan masing-masing kelompok.

 

 

 

                                                                 

 

                                                                                         

  

 

 

                 

 

Lampiran. 1

BENTUK KARTU BERPASANGAN

 

 

Menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan keluarga

 

 

Saling mencintai sesama anggota keluarga

 

 

 

Percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

Berusaha mempelajari, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila

 

 

Bertekad selalu mematuhi peraturan keluarga

 

 

 

Bertekad untuk selalu menghormati semua anggota keluarga

 

 

Memperhatikan hak-hak orang lain

 

 

 

Mementingkan persatuan dan kesatuan

 

 

Menjunjung tinggi demokrasi, dan memperhatikan keadilan sosial bagi semua anggota masyarakat

 

Mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban diantara sesama warga

 

 

 

Menjaga keamanan dan ketertiban serta persatuan dan kesatuan

 

 

Saling mencintai sesama warga masyarakat

 

 

 

Dapat menerima pendapat siswa lain yang berbeda dengan dirinya

 

 

Saling Menghormati hak-hak siswa lain

 

 

 

Selalu menghindarkan diri dari perkelahian

 

 

 

Mengakui persamaan derajat, hal dan kewajiban diantara sesama teman

 

 

Seorang guru tidak boleh melakukan kekerasan pada siswa

 

 

Semua warga sekolah wajib menghormati agama /kepercayaan teman/orang lain

 

 

Semua warga sekolah wajib menjaga persatuan dan kesatuan

 

 

Menolak idiologi yang

bertentangan dengan Pancasila

 

Menolak semua pengaruh idiologi /faham yang bertentangan dengan Pancasil

 

 

 

 

Lampiran 2

Kotak 1

 

 

 

 

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan pribadi

dan keluarga

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan

lingkungan sekolah

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan kehidupan

 masyarakat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kotak 2

 

 

 

 

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan pribadi

dan keluarga

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan

lingkungan sekolah

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan kehidupan

 masyarakat

 

 

                                                     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Kotak 3

 

 

 

 

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan pribadi

dan keluarga

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan

lingkungan sekolah

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan kehidupan

 masyarakat

 

 

 

                           

 

 

 

 

 

  Kotak 4

 

 

 

 

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan pribadi

dan keluarga

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan

lingkungan sekolah

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan kehidupan

 masyarakat

 

 

                                                           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan pribadi

dan keluarga

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan

lingkungan sekolah

 

sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan kehidupan

 masyarakat

 

 

  Kotak 5

                                       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 

 

 

 

Lampiran 3

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar