Minggu, 01 September 2024

Modul Belajar ADIWIYATA Kelas 9 dengan CP terbaru 2024. Mengadvokasi dan mempromosikan aksi nyata untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup

 

MODUL BELAJAR

Tahun Pelajaran 2024-2025

IDENTITAS MODUL

Guru

Drs.Sumarno

Satuan Pendidikan

SMPN 8 Malang

Jenjang/Kelas/Fase

SMP/IX/D

Tema

faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam

Submateri

Mengadvokasi dan mempromosikan aksi nyata untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup (Poster dan dipresentasikan).

Tahun Ajar

2024/2025

Alokasi Waktu

3 x 40 menit (3 JP)

Target Pendidik

32 orang

 

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu Menjelaskan berbagai upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam di Indonesia.

Profil Pelajar Pancasila

 

   Dimensi         : Berkebhinekaan global

Elemen          :

1)      Mengenal dan menghargai budaya

2)      Komunikasi dan interaksi antar budaya

3)      Refleksi    dan    tanggung    jawab    terhadap pengalaman kebhinekaan

4)      Berkeadilan sosial

Indikator di akhir fase

1)      Peserta   didik   mampu   menghargai   adanya perbedaan kebudayaan di loingkungan mereka

2)      Peserta  didik  mampu  berlaku  adil  kepada seluruh  teman  tanpa  memandang  latar belakang budaya

5.   Dimensi         : Bernalar ritis

Elemen          :

1)      Memperoleh  dan  memproses  informasi  dan gagasan

2)      Menganalisis dan mengevaluasi penalaran

3)      Mengevaluasi pemikiran sendiri

Indikator di akhir fase

1)      Peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

2)      Peserta  didik  mampu  mengambil  keputusan dan kesimpulan terhadap suatu masalah secara kritis

A. Pemahaman Kontekstual

Latar Belakang:

Isu lingkungan hidup global semakin mendesak untuk diatasi, mengingat dampaknya yang luas terhadap kehidupan manusia dan ekosistem. Perubahan iklim, polusi, deforestasi, dan hilangnya keanekaragaman hayati adalah beberapa contoh isu yang memerlukan perhatian dan aksi nyata dari semua pihak, termasuk individu, komunitas, dan pemerintah. Mengadvokasi dan mempromosikan aksi nyata melalui media yang efektif, seperti poster, dapat menjadi langkah awal yang penting dalam meningkatkan kesadaran dan mendorong tindakan nyata.

Tujuan:

Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengembangkan kepedulian dan kesadaran siswa terhadap isu-isu lingkungan hidup global, serta memberikan mereka keterampilan dalam mengadvokasi dan mempromosikan aksi nyata untuk menjaga kelestarian lingkungan melalui pembuatan dan presentasi poster.


B. Keterampilan yang Dikembangkan

1. Keterampilan Penelitian:

  • Pengumpulan Informasi: Siswa akan belajar cara mengumpulkan informasi yang relevan dan akurat mengenai isu-isu lingkungan hidup.
  • Evaluasi Sumber: Siswa akan mengembangkan kemampuan untuk mengevaluasi kualitas dan keandalan sumber informasi.

2. Keterampilan Desain dan Kreativitas:

  • Pembuatan Poster: Siswa akan belajar cara merancang poster yang efektif, dengan penggunaan elemen visual seperti warna, gambar, dan teks.
  • Kreativitas Visual: Siswa akan mengembangkan keterampilan dalam menggunakan elemen visual untuk menyampaikan pesan yang kuat dan jelas.

3. Keterampilan Komunikasi:

  • Presentasi: Siswa akan belajar cara mempresentasikan informasi dengan jelas dan persuasif di depan audiens.
  • Diskusi dan Tanya Jawab: Siswa akan mengembangkan kemampuan untuk menjawab pertanyaan dan terlibat dalam diskusi yang konstruktif.

4. Keterampilan Kolaborasi:

  • Kerja Tim: Siswa akan belajar bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
  • Pembagian Tugas: Siswa akan mengembangkan kemampuan untuk membagi tugas dan tanggung jawab secara efektif dalam kelompok.

Sarana dan Prasarana

Media: PPT, Video, internet

   Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD

   Lingkungan Belajar: Ruangan Kelas

   Sumber Belajar: Buku Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan.

Model Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)

Metode                        : Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.

KOMPETENSI INTI

Capaian Pembelajaran

Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana alam.

A. Tujuan Pembelajaran

Tujuan Kognitif:

  1. Siswa dapat menjelaskan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai aksi nyata yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Tujuan Afektif:

  1. Siswa menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan hidup.
  2. Siswa menghargai upaya individu, komunitas, dan pemerintah dalam menjaga lingkungan.

Tujuan Psikomotor:

  1. Siswa dapat membuat poster yang efektif dalam mengadvokasi dan mempromosikan aksi nyata untuk menjaga lingkungan.
  2. Siswa dapat mempresentasikan poster mereka dengan baik di depan kelas.

Pertanyaan pematik

·  Keberagaman Isu:

  1. "Apa saja isu-isu lingkungan hidup global yang kalian ketahui?"
  2. "Mengapa isu-isu tersebut penting untuk kita perhatikan?"

·  Penyebab dan Dampak:

  1. "Apa penyebab utama dari deforestasi dan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan?"
  2. "Bagaimana aktivitas manusia berkontribusi terhadap perubahan iklim dan polusi?"

 

 

 

LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

Persiapan/ Orientasi :

Guru membuka pelajaran  dengan salam,  membaca doa sebelum belajar.

Guru   menanyakan   kabar  dan  memeriksa  kehadiran peserta didik, kerapihan  seragam serta posisi tempat duduk sebagai sikap disiplin

Mengecek   kebersihan   kelas   dengan   memperhatikan tempat duduk apakah terdapat sampah.

 

Apersepsi:

Langkah Apersepsi:

  1. Diskusi Singkat: tentang pembuatan poster

C. Motivasi

Langkah Motivasi:

  1. Tujuan dan Dampak: Dorong siswa untuk berpikir tentang bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam mengatasi isu-isu lingkungan hidup global dan dampak positif yang dapat mereka ciptakan.

KEGIATAN INTI

Rencana Kegiatan Proyek

1. Pengenalan Proyek

Langkah:

  1. Guru menjelaskan tujuan proyek kepada siswa dan memberikan gambaran umum tentang apa yang akan mereka lakukan.
  2. Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil (4-5 siswa per kelompok).

2. Penelitian dan Diskusi Kelompok

Langkah:

1.      Setiap kelompok memilih salah satu topik berikut untuk poster mereka:

    • Pengurangan Penggunaan Plastik
    • Penanaman Pohon dan Reboisasi
    • Pengelolaan Sampah dan Daur Ulang
    • Konservasi Air
    • Energi Terbarukan
    • Pelestarian Satwa Liar

2.      Setiap kelompok melakukan penelitian untuk mengumpulkan informasi dan data yang relevan tentang topik mereka.

3.      Diskusikan dalam kelompok tentang apa yang telah mereka temukan dan putuskan pesan utama yang ingin mereka sampaikan melalui poster.

3. Pembuatan Poster

Langkah:

  1. Setiap kelompok membuat rancangan poster mereka, termasuk teks, gambar, dan elemen visual lainnya.
  2. Guru memberikan panduan tentang elemen desain yang efektif untuk poster, seperti penggunaan warna, font, dan tata letak.
  3. Setiap kelompok membuat poster mereka menggunakan alat dan bahan yang disediakan (kertas besar, spidol, pensil warna, dll.) atau perangkat digital jika memungkinkan.

4. Presentasi Poster

Langkah:

  1. Setiap kelompok mempersiapkan presentasi singkat (5-7 menit) tentang poster mereka, menjelaskan:
    • Topik yang dipilih dan alasan memilih topik tersebut.
    • Pesan utama yang ingin disampaikan.
    • Data dan informasi yang mendukung pesan tersebut.
    • Aksi nyata yang diadvokasi dalam poster.
  2. Setiap kelompok mempresentasikan poster mereka di depan kelas, diikuti dengan sesi tanya jawab.

5. Refleksi dan Evaluasi

Langkah:

  1. Guru memfasilitasi diskusi kelas tentang apa yang telah dipelajari dari proyek ini dan bagaimana setiap siswa dapat menerapkan aksi nyata dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Siswa menulis refleksi pribadi tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka merasa dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 8 Malang

 

 

Malang,   1 Juli 2024

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Sri Nuryani M.Pd.

NIP. 19661116 199003 2 009            

 

Drs Sumarno.

NIP. 1966308 200501 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar kerja siswa

 

Nama Kelompok:
Nama Anggota:
Tanggal:

Tema: Mengadvokasi dan Mempromosikan Aksi Nyata untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup


1. Penelitian dan Diskusi

Topik yang Dipilih:


Data dan Informasi yang Ditemukan:




Pesan Utama yang Ingin Disampaikan:



2. Rancangan Poster

Elemen Visual yang Digunakan:



Teks yang Digunakan:



3. Presentasi

Poin Utama dalam Presentasi:




4. Refleksi

Apa yang Saya Pelajari dari Proyek Ini:



Bagaimana Saya Dapat Berkontribusi dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan:




E. Kriteria Penilaian

Kreativitas dan Desain Poster:

  • Penggunaan warna, gambar, dan teks yang menarik.
  • Kejelasan pesan yang disampaikan.

Kualitas Informasi:

  • Ketepatan dan relevansi data dan informasi yang digunakan.
  • Kemampuan untuk menghubungkan data dengan pesan utama.

Keterampilan Presentasi:

  • Kejelasan dan keteraturan presentasi.
  • Kemampuan menjawab pertanyaan dari audiens.

Refleksi:

  • Kedalaman pemahaman tentang isu yang diangkat.
  • Komitmen untuk beraksi nyata dalam menjaga lingkungan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar