MODUL BELAJAR
Tahun Pelajaran 2024-2025
IDENTITAS MODUL |
|
Guru |
Drs.Sumarno |
Satuan
Pendidikan |
SMPN 8 Malang |
Jenjang/Kelas/Fase |
SMP/IX/D |
Tema |
faktor aktivitas manusia terhadap perubahan iklim dan potensi bencana
alam |
Submateri |
Mengadvokasi dan mempromosikan aksi nyata untuk menjaga
kelestarian lingkungan hidup (Poster dan dipresentasikan). |
Tahun Ajar |
2024/2025 |
Alokasi Waktu |
3
x 40 menit (3 JP) |
Target Pendidik |
32 orang |
Kompetensi Awal Peserta
didik mampu Menjelaskan berbagai upaya
pemanfaatan dan pelestarian potensi sumber
daya alam di Indonesia. |
Profil Pelajar Pancasila • Dimensi :
Berkebhinekaan global Elemen : 1) Mengenal dan menghargai budaya 2) Komunikasi dan interaksi antar
budaya 3) Refleksi dan tanggung jawab
terhadap
pengalaman kebhinekaan 4) Berkeadilan sosial Indikator di akhir
fase 1) Peserta
didik mampu
menghargai
adanya
perbedaan kebudayaan
di loingkungan mereka 2) Peserta didik
mampu
berlaku
adil kepada seluruh
teman tanpa memandang
latar belakang budaya 5. Dimensi : Bernalar
ritis Elemen : 1) Memperoleh
dan memproses informasi
dan gagasan 2) Menganalisis dan
mengevaluasi
penalaran 3) Mengevaluasi pemikiran sendiri Indikator di akhir
fase 1) Peserta didik memiliki rasa ingin tahu
yang tinggi 2) Peserta didik
mampu
mengambil
keputusan
dan kesimpulan
terhadap suatu
masalah secara
kritis |
A. Pemahaman Kontekstual Latar
Belakang: Isu
lingkungan hidup global semakin mendesak untuk diatasi, mengingat dampaknya
yang luas terhadap kehidupan manusia dan ekosistem. Perubahan iklim, polusi,
deforestasi, dan hilangnya keanekaragaman hayati adalah beberapa contoh isu
yang memerlukan perhatian dan aksi nyata dari semua pihak, termasuk individu,
komunitas, dan pemerintah. Mengadvokasi dan mempromosikan aksi nyata melalui
media yang efektif, seperti poster, dapat menjadi langkah awal yang penting
dalam meningkatkan kesadaran dan mendorong tindakan nyata. Tujuan: Tujuan
dari proyek ini adalah untuk mengembangkan kepedulian dan kesadaran siswa
terhadap isu-isu lingkungan hidup global, serta memberikan mereka
keterampilan dalam mengadvokasi dan mempromosikan aksi nyata untuk menjaga
kelestarian lingkungan melalui pembuatan dan presentasi poster. B. Keterampilan yang Dikembangkan 1.
Keterampilan Penelitian:
2.
Keterampilan Desain dan Kreativitas:
3.
Keterampilan Komunikasi:
4.
Keterampilan Kolaborasi:
|
Sarana dan Prasarana Media: PPT, Video, internet • Alat dan bahan: Laptop, proyektor, LKPD • Lingkungan Belajar: Ruangan
Kelas • Sumber Belajar: Buku
Paket Kelas VII Kemendikbud dan sumber lain yang relevan. |
Model Pembelajaran
: Problem Based
Learning (PBL) Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab,
presentasi. |
KOMPETENSI INTI |
Capaian Pembelajaran Peserta didik memahami keberagaman kondisi geografis Indonesia, konektivitas antar ruang terhadap upaya pemanfaatan dan
pelestarian potensi sumber daya alam, faktor aktivitas manusia terhadap perubahan
iklim dan potensi bencana alam. |
A. Tujuan Pembelajaran
Tujuan Kognitif:
Tujuan Afektif:
Tujuan Psikomotor:
|
Pertanyaan pematik · Keberagaman Isu:
· Penyebab dan Dampak:
|
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN |
Persiapan/ Orientasi : • Guru membuka
pelajaran dengan salam,
membaca doa sebelum belajar. • Guru
menanyakan kabar dan memeriksa
kehadiran peserta didik, kerapihan
seragam
serta posisi tempat duduk
sebagai sikap disiplin
• Mengecek kebersihan
kelas dengan memperhatikan
tempat duduk apakah terdapat sampah. Apersepsi: Langkah
Apersepsi:
C. Motivasi Langkah
Motivasi:
|
KEGIATAN INTI |
Rencana Kegiatan Proyek
1. Pengenalan Proyek
Langkah:
2. Penelitian dan Diskusi Kelompok
Langkah: 1.
Setiap
kelompok memilih salah satu topik berikut untuk poster mereka:
2.
Setiap
kelompok melakukan penelitian untuk mengumpulkan informasi dan data yang
relevan tentang topik mereka. 3.
Diskusikan
dalam kelompok tentang apa yang telah mereka temukan dan putuskan pesan utama
yang ingin mereka sampaikan melalui poster. 3. Pembuatan Poster
Langkah:
4. Presentasi Poster
Langkah:
5. Refleksi dan Evaluasi
Langkah:
|
Mengetahui, Kepala
SMP Negeri 8 Malang |
|
Malang,
1 Juli 2024 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
Sri Nuryani M.Pd. NIP. 19661116 199003 2 009 |
|
Drs Sumarno. NIP. 1966308 200501 1 006 |
Lembar
kerja siswa
Nama Kelompok:
Nama
Anggota:
Tanggal:
Tema:
Mengadvokasi dan Mempromosikan Aksi Nyata untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan
Hidup
1. Penelitian dan Diskusi
Topik yang Dipilih:
Data dan Informasi yang Ditemukan:
Pesan Utama yang Ingin Disampaikan:
2. Rancangan Poster
Elemen Visual yang Digunakan:
Teks yang Digunakan:
3. Presentasi
Poin Utama dalam Presentasi:
4. Refleksi
Apa yang Saya Pelajari dari Proyek Ini:
Bagaimana Saya Dapat Berkontribusi dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan:
E. Kriteria Penilaian
Kreativitas dan Desain Poster:
- Penggunaan warna, gambar, dan teks yang menarik.
- Kejelasan pesan yang disampaikan.
Kualitas Informasi:
- Ketepatan dan relevansi data dan informasi yang
digunakan.
- Kemampuan untuk menghubungkan data dengan pesan
utama.
Keterampilan Presentasi:
- Kejelasan dan keteraturan presentasi.
- Kemampuan menjawab pertanyaan dari audiens.
Refleksi:
- Kedalaman pemahaman tentang isu yang diangkat.
- Komitmen untuk beraksi nyata dalam menjaga
lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar